Tips dan Trik

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membaca Buku?

Written by Umam

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membaca Buku? – Menemukan waktu yang tepat untuk membaca pada dasarnya bisa dilakukan kapan saja. Tidak ada ketentuan khusus bahwa membaca harus pada jam segini dan segitu, apalagi membaca buku. Kamu dapat menentukan waktu yang cocok untuk digunakan membaca.

Bagi beberapa orang, membaca buku sebenarnya bisa digunakan sebagai salah satu sarana untuk bersantai atau istilah kerennya sekarang adalah healing. Seorang yang sering membaca buku akan mudah mendapatkan tambahan ilmu serta pengetahuan. Hal ini tentu sangat berbeda dengan kebiasaan membaca atau menemukan informasi melalui media sosial.

Pada saat membaca buku, setiap orang diketahui memiliki waktu yang berbeda-beda untuk membaca buku. Ada yang suka membaca buku saat sebelum beraktivitas, di sela-sela aktivitas, bahkan yang paling banyak yakni setelah rutinitas atau menjelang tidur. Hal ini dikarenakan tidak ada waktu yang tepat untuk membaca dengan baik dan benar.

A. Waktu yang Tepat untuk Membaca Buku

Buku kita tahu merupakan salah sumber terbaik untuk menemukan sebuah ilmu pengetahuan. Hanya saja, seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat atau yang lebih kita dikenal dengan era digital, minat membaca generasi muda kian mengalami penurunan.

Nah, bagi kamu yang baru saja ingin memulai baca buku, Kamu dapat mencoba membaca buku pada beberapa waktu berikut. Dengan mencoba beberapa waktu yang tepat untuk membaca buku berikut ini, diharapkan kamu dapat lebih konsisten dan lebih semangat dalam membaca buku atau mencari ilmu pengetahuan.

Nah, berikut ini adalah beberapa waktu yang untuk membaca buku yang perlu kamu tahu, antara lain yaitu:

1. Saat Fajar atau Pagi Hari

Pertama, waktu yang tepat untuk membaca buku adalah di pagi hari atau lebih tepatnya pada waktu fajar. Membaca di pagi hari akan lebih menjadikan seseorang lebih fokus dalam memahami sesuatu. Hal ini dikarenakan suasana fajar atau pagi yang sangat tenang.

Selain itu, suara ayam berkokok dan udara yang masih segar dapat menjadikan aktivitas membaca menjadi lebih nikmat. Ditambah lagi dengan suasana jalan yang masih sepi dan belum ada kendaraan lalu lalang, otak akan terasa lebih fokus dan sangat cocok untuk mendapatkan sebuah ilmu.

Bagi sebagian orang, pagi hari menjadi waktu yang paling tepat untuk membaca buku. Membaca buku juga bisa menjadi salah satu aktivitas pilihan terbaik sebelum memulai aktivitas. Tidak hanya itu, waktu pagi hari adalah waktu yang tepat bagi otak untuk menerima serta memahami bacaan.

Pada saat pagi, kondisi pikiran serta perasaan masih segar dan hangat sehingga sangat cocok apabila dimulai dengan kegiatan membaca buku. Hanya saja, waktu ini kurang sesuai bagi beberapa orang yang memiliki kebiasaan bangun cepat dan langsung memulai aktivitasnya. Terlebih lagi, bagi mereka yang bangun tidur harus segera bersiap ke sekolah atau bekerja dengan jadwal pagi hari yang telah ditentukan.

2. Ketika Turun Hujan

Kemudian, waktu yang tepat untuk membaca buku adalah pada saat turun hujan. Banyak orang yang menyukai suasana pada saat turun hujan karena bisa memberikan perasaan hangat dan lebih syahdu untuk kegiatan membaca

Hujan bisa dikatakan sebagai sebuah obat untuk menenangkan jiwa dan pikiran. Hujan dapat menjadikan suasana menjadi lebih dingin dan tenang. Hal ini tentu sangat cocok untuk orang suka membuat imajinasi dan mencari inspirasi di sela-sela aktivitas kesehariannya. Selain itu, hujan juga bisa membuat seseorang menjadi lebih sensitif, misalnya saja seperti teringat dengan masa lalu.

Selain itu, daya pikir otak yang tercipta pada saat hujan turun akan mengalami peningkatan tiga kali lipat karena suasana yang nyaman. Maka dari itu, teman yang cocok pada saat hujan tentu saja adalah buku dan secangkir minuman hangat menjadi kombinasi yang sangat syahdu.

3. Sehabis Mandi

Selanjutnya, waktu yang tepat untuk membaca buku adalah saat kamu habis mandi. Ketika kamu habis mandi, kamu akan memiliki badan dan pikiran yang lebih fresh daripada sebelumnya. Tentu saja, waktu ini sangat cocok untuk digunakan membaca buku.

Misalnya saja, pada saat kamu bangun di pagi hari. Apabila kamu masih merasakan rasa ngantuk dan susah untuk diajak beraktivitas. Mandi bisa jadi obat yang mujarab untuk menghilangkan rasa kantuk sekaligus membuat pikiran menjadi lebih segar. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa salah satu penyebab seseorang tidak membaca buku dikarenakan rasa malas. Namun, ada juga beberapa orang yang tidak membaca buku karena rasa bosan.

Sebagian besar orang yang tidak terlalu menyukai aktivitas membaca buku memiliki anggapan bahwa tulisan yang kecil dan banyak akan sangat cepat memunculkan rasa kantuk. Maka dari itu, mandi dapat digunakan sebagai obat atau solusi untuk menghilangkan rasa kantuk dan rasa bosan. Beberapa orang juga mengaku bisa mengatasi berbagai hambatan sehingga lebih fokus untuk memulai baca buku.

4. Saat Dini Hari

Waktu yang tepat untuk membaca buku berikutnya adalah pada saat dini hari atau saat menjelang tidur malam. Misalnya saja, apabila di saat hendak tidur namun mata masih terjaga, kamu bisa mencoba untuk membaca buku untuk mendapatkan ketenangan di malam hari. Hal ini pun dipercaya akan lebih efektif untuk meningkatkan kualitas tidur.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Di era sekarang, banyak orang yang dilanda insomnia atau kesusahan tidur karena pikiran yang berkecamuk di waktu dini hari. Apabila dikaji secara harfiah, dini hari bisa memiliki arti sebagai sebuah kesunyian dan waktu tidur bagi dunia. Kesunyian dan keheningan tanpa suara sendiri sangat bisa digunakan untuk memunculkan suasana yang baik untuk tidur.

Oleh karena itu, apabila kamu sering terjaga dan sulit tidur, membaca buku bisa jadi obat untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Namun, bisa jadi dengan membaca buku, kamu akan lebih susah untuk tidur karena pikiran yang semakin berkecamuk. Kamu bisa memilih buku yang ringan seperti novel atau tentang mindfulness.

5. Bangun Tidur

Terakhir, berbeda dengan di waktu pagi hari. Waktu yang paling tepat untuk membaca buku ini adalah pada saat kamu bangun dari tidur. Ketika bangun tidur, otak akan lebih terpacu untuk menemukan berbagai kegiatan yang hendak dilakukan selanjutnya.

Maka dari itu, hal pertama yang perlu kamu hindari di saat bangun tidur tidak direkomendasi untuk memegang. Mengoperasi ponsel pada saat bangun dari tidur diketahui akan semakin meningkatkan rasa malas untuk bangun atau beranjak tempat tidur.

Bangun tidur pada dasarnya adalah waktu yang paling untuk produktif seseorang, entah bangun tidur di pagi hari, siang hari, sore hari, maupun malam hari. Rasa bangun tidur akan menjadikan kamu lebih mudah fokus. Pantas saja, waktu ini sangat cocok untuk digunakan membaca buku.

B. Cara Meluangkan Waktu untuk Membaca Buku

Setelah mengetahui pentingnya membaca buku dan waktu yang tepat untuk membaca buku. Pada bagian ini, kita akan membahas tentang cara yang paling efektif untuk meluangkan waktu membaca buku. Tentu saja, merencanakan waktu membaca waktu bisa jadi akan sangat mudah, hanya saja tanpa motivasi yang kuat, maka rencana tersebut bisa jadi akan sia-sia.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Nah, berikut ini akan disajikan beberapa cara meluangkan waktu untuk membaca buku. Dengan menerapkan cara ini, kamu dijamin akan lebih memiliki motivasi yang kuat untuk bisa meluangkan sedikit waktu untuk baca buku. Beberapa cara tersebut, antara lain sebagai berikut:

1. Selalu Membawa Buku

Cara pertama meluangkan waktu untuk membaca buku adalah selalu membawa buku atau sumber bacaan lainnya. Pada saat kamu hendak bepergian ke mana pun, kamu bisa secara sengaja membaca buku yang tengah kamu baca. Dengan membiasakan diri berada di dekat buku, maka kamu akan lebih mudah untuk tertarik membaca sebuah buku.

Selain itu, ada banyak situasi yang bisa menjadikan kamu seharusnya bisa membaca buku. Misalnya saja, pada saat kamu berada di perjalanan menuju suatu tempat, atau ketika sedang berada di dalam antrian menunggu sebuah panggilan. Waktu berdiam diri tersebut tentu akan lebih bermanfaat apabila kamu gunakan untuk membaca buku atau sumber bacaan tertentu, meskipun itu hanya sebentar.

2. Membaca Buku secara Digital

Cara kedua agar kamu bisa meluangkan waktu untuk membaca buku yaitu memiliki buku elektronik atau biasa disebut ebook di ponsel pintar. Apabila membawa buku ke manapun kamu pergi cukup merepotkan, kamu bisa memaksimalkan ponsel pintar untuk menyimpan berbagai jenis buku secara digital atau elektronik.

Di era kemajuan teknologi informasi seperti sekarang, membaca buku secara digital lebih diminati. Selain praktis dan tidak makan tempat, buku digital juga terbilang lebih murah daripada harga yang dipatok untuk buku cetak. Buku digital akan sangat cocok bagi kamu yang memiliki waktu cukup padat, tetapi tetap ingin meluangkan waktu untuk membaca buku. Beberapa orang juga lebih menyukai buku digital karena bisa mengurangi penggunaan kertas secara berlebihan.

3. Membaca pada Malam Hari atau Pagi Hari

Cara ketiga yang bisa membuat Kamu memiliki waktu luang untuk membaca buku adalah saat malam hari atau pagi hari. Selain bisa dilakukan di sela-sela aktivitas harian, kamu bisa mencoba membaca buku di waktu malam hari setelah beraktivitas atau pagi hari sebelum beraktivitas.

Pada dua waktu tersebut, seseorang biasanya tak terlalu melakukan banyak aktivitas. Maka dari itu, salah satu hal baik yang bisa digunakan untuk mengisi waktu luang adalah dengan membaca buku. Aktivitas membaca buku pada dasarnya tidak perlu lama-lama, kamu cukup meluangkan waktu setengah jam atau lima belas menit. Hal yang terpenting adalah membaca buku dilakukan secara konsisten.

4. Singkirkan Hal-hal yang Mengganggu

Keempat, cara meluangkan waktu untuk membaca buku adalah dengan menyingkirkan berbagai hal yang bisa mengganggu. Beberapa hal yang diketahui bisa memunculkan gangguan pada saat membaca buku, yaitu media sosial, hp, atau game. Tiga hal tersebut dianggap bisa mengubah fokus kamu yang awalnya untuk membaca buku menjadi menikmati waktu bersama ponsel pintar.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin serius membaca buku, kamu dapat menjauhkan terlebih dahulu segala perangkat elektronik yang bisa mengganggu fokus. Gangguan ini sendiri lebih dikenal sebagai distraksi, distraksi dari ponsel pintar sangat berpotensi untuk merenggut waktu kosongmu yang seharusnya bisa digunakan untuk aktivitas bermanfaat, misalnya seperti membaca beberapa lembar halaman buku.

5. Menetapkan Target

Cara meluangkan waktu untuk membaca buku berikutnya adalah dengan menetapkan target dalam membaca buku. Cara ini bisa kamu lakukan dengan menetapkan sebuah target yang jelas perihal waktu untuk menyelesaikan bacaan.

Misalnya saja seperti pada saat kamu ingin menghabiskan dua buku dalam satu bulan. Maka, kamu bisa membuat agenda membaca buku setiap hari minimal 30 menit. Dengan cara seperti itu, baik secara tidak sadar maupun sadar, kamu akan lebih terpacu untuk secara konsisten meluangkan waktu memenuhi target dalam membaca buku.

6. Bergabung dengan Komunitas Membaca

Kemudian, cara yang bisa kamu lakukan agar bisa meluangkan waktu untuk membaca buku adalah dengan bergabung dalam komunitas baca buku. Komunitas baca buku sendiri sekarang lebih banyak dikenal sebagai pegiat literasi. Ada banyak sekali pegiat literasi di Indonesia, hanya saja komunitas ini masih belum terlalu menarik minat masyarakat di berbagai daerah.

Dengan memiliki teman dengan hobi yang sama, yaitu membaca buku. Maka kamu akan lebih mudah untuk berinteraksi terkait aktivitas membacamu. Apabila kamu cocok bergabung dengan komunitas baca buku, kamu akan menjadi lebih tertarik dan lebih semangat untuk menghabiskan waktu dengan membaca buku.

Selain meningkatkan semangat membaca buku, kamu juga akan memiliki pengalaman baru yang didapat dari cerita membaca pertemananmu. Sesama anggota komunitas baca buku akan saling menyemangati satu sama lain. Hal ini tentu saja efektif untuk meningkatkan keinginan untuk membaca buku secara konsisten.

7. Membaca Jenis Buku Favoritmu

Cara terakhir meluangkan waktu untuk membaca buku adalah membaca jenis buku yang kamu sukai. Sebelum kamu membaca, salah satu faktor yang paling kuat untuk menjadikan seseorang tertarik membaca buku adalah rasa penasaran atau rasa suka terhadap sesuatu.

Buku merupakan hal yang mampu memberikan jawaban secara jelas dan mendalam terkait sesuatu yang ingin kamu ketahui. Nah, bagi kamu yang ingin memulai membaca buku, kamu bisa mengawalinya berdasarkan topik atau tema yang kamu sukai. Cara ini dipercaya sangat efektif agar kamu bisa memiliki kebiasaan membaca tidak terasa memberatkan, malah justru menyenangkan.

Kamu bisa mencari berbagai buku menarik di Gramedia.com. Gramedia.com menyediakan berbagai jenis buku yang sesuai dengan keinginanmu. Yuk kumpulkan buku-buku favoritmu agar pada saat kamu memiliki waktu senggang, kamu bisa langsung membacanya.

Demikianlah adalah pembahasan tentang waktu yang tepat untuk membaca buku sekaligus beberapa cara meluangkan waktu untuk membaca buku. Sederet penjelasan tersebut, bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa lebih menggunakan waktu dengan aktivitas yang berkualitas.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien