Tips dan Trik

Manajemen Waktu: Pengertian, Karakteristik, dan Caranya

Manajemen Waktu: Pengertian, Karakteristik, dan Caranya 1
Written by Nandy

Manajemen Waktu – Untuk memenuhi setiap rencana atau tugas, keputusan untuk manajemen waktu sangat dibutuhkan, dari beberapa menit, hingga beberapa tahun. Maka dari itu, hal khusus dalam sebuah perencanaan adalah manajemen waktu. Waktu adalah salah satu sumber daya yang tidak bisa direproduksi dan tidak dapat diambil alih. Manajemen waktu di dalam sebuah perencanaan kegiatan merupakan suatu teknik untuk mengatur dan meningkatkan penggunaan waktu secara efektif. Untuk lebih jelasnya, simak hal-hal dasar mengenai manajemen waktu di bawah ini.

 

Pengertian manajemen waktu

Kemampuan untuk fokus dan memprioritaskan sebuah tugas adalah kunci bagi siapapun yang ingin mempertahankan produktivitas di manapun. Masing-masing dari kita tentunya memiliki tugas-tugas yang ingin dan harus dikerjakan dalam beraktivitas sehari-hari. Untuk mencapai target dari tugas-tugas yang dikerjakan, kita harus paham mengenai manajemen waktu. Manajemen waktu adalah suatu proses untuk melakukan kontrol atas waktu dengan batas tertentu untuk melakukan tugas tertentu. Manajemen waktu adalah kemampuan untuk merencanakan dan menggunakan waktu semaksimal mungkin.

Menurut hukum Pareto 20/80, 20% adalah waktu yang digunakan untuk bekerja secara efisien, sedangkan 80% nya tidak. Lalu kenapa hanya 20% saja yang efektif? Dan bagaimana cara meningkatkan efektifitas waktu yang digunakan? Berdasarkan hukum Pareto, jika semakin banyak waktu kerja yang efektif, maka semakin banyak pula pekerjaannya. Namun hal ini dinilai tidak benar, banyaknya dan kualitas tugas yang dikerjakan dipengaruhi oleh profesionalisme, kualifikasi, dan pengalaman. Untuk mencapai efisiensi yang baik, perlu landasan yang kokoh seperti, motivasi yang tinggi dan juga minat.

 

Pengertian manajemen waktu menurut para ahli

 

    • Menurut Atkinson, manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan berbagai bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan dengan terencana agar seseorang mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

 

    • Menurut Forsyth, manajemen waktu adalah sebuah cara untuk membuat waktu terkendali sehingga dapat menciptakan efektivitas dan produktivitas.

 

    • Menurut Akram, manajemen waktu adalah kemampuan menggunakan waktu dengan efektif dan efisien untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

 

    • Menurut Orr, manajemen waktu adalah pemanfaatan waktu untuk melakukan hal-hal yang dianggap penting dan sudah certat di tabel kerja.

 

    • Menurut Leman, manajemen waktu adalah penggunaan dan pemanfaatan waktu sebaik mungkin dengan membuat rencana aktivitas yang tersusun.

 

    • Menurut Davidson, manajemen waktu adalah sebuah cara untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dimana seseorang bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan cerdas.

 

    • Menurut Frederick Winslow Taylor, manajemen waktu adalah sebuah proses pencapaian tujuan utama kehidupan sebagai hasil dari mengenyampingkan kegiatan yang kurang bermanfaat dan memakan banyak waktu.

Sifat waktu

Manajemen Waktu: Pengertian, Karakteristik, dan Caranya 2

Waktu adalah perkembangan keberadaan dan peristiwa dari masa lalu ke masa depan. Berikut adalah karakteristik dari waktu;

1. Tidak disengaja

Waktu sering kali dideskripsikan sebagai dimensi keempat dari panjang, lebar dan tinggi. Tidak seperti dimensi lainya, berjalannya waktu adalah ketidaksengajaan. Secara teori, kamu bisa berhenti di satu titik luar angkasa, dan berdiri di sana sementara planet bumi tetap berputar.

gramedia back to kampus

2. Tidak dapat diubah

waktu terjadi sebagai urutan kejadian yang tidak dapat diubah sehingga begitu sesuatu terjadi, sesuatu itu tidak bisa tidak terjadi. Ada hubungan di antara kejadian yang disebut sebab akibat yang mana sesuatu di masa lampau mempengaruhi apa yang terjadi di masa sekarang, namun hal yang terjadi di masa depan tidak dapat mempengaruhi masa lampau.

3. Sesuatu yang dibutuhkan

Waktu adalah suatu hal yang menjadi persyaratan agar segala sesuatu terjadi. Dengan kata lain, tidak ada yang terjadi dalam sekejap tanpa perkembangan waktu.

4. Dapat dihitung

Waktu dapat diukur dengan satuan yang disebut detik. Waktu adalah pengukuran yang penting untuk hampir setiap pekerjaan manusia termasuk sains, seni, bisnis dan kegiatan sehari-hari.

5. Waktu yang mutlak

Waktu yang mutlak adalah gagasan bahwa waktu konstan di seluruh alam semesta untuk semua pengamat. ini adalah dasar untuk sistem fisika yang dikemukakan oleh Sir Isaac Newton yang dikenal sebagai Hukum Newton.

 

Karakteristik manajemen waktu yang sukses

1. Evaluasi

Luangkan beberapa hari untuk mencatat waktu yang telah digunakan untuk mengerjakan tugas sehari-hari. Tentukan apa yang ingin dicapai, kemudian tandai aktivitas yang tidak termasuk dalam kategori tersebut. Catat apa saja yang mengganggu atau menghalangi dalam pencapaian tujuan secara tepat waktu. Catat juga tugas-tugas yang bisa disederhanakan untuk menghemat waktu.

2. Rencana dan prioritas

Luangkan waktu di awal hari dan di malam hari setiap hari untuk membuat rencana dengan memprioritaskan tugas berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Jika ada proyek besar, bagi menjadi proyek-proyek kecil supaya tidak kewalahan. Bawalah kemanapun agenda atau jadwal agar tetap fokus dan ingat dengan hal-hal yang ingin dikerjakan. Ketika di penghujung hari ada tugas yang belum selesai, jangan panik. Pindahkan tugas yang belum selesai ke hari berikutnya.

3. Eliminasi pencurian waktu

Hapus gangguan-gangguan yang mengganggu produktivitas keseharian kamu. Jadwalkan beberapa waktu untuk menjawab email, membalas panggilan telepon atau sms. Kecuali jika ada panggilan darurat terjadi. Hal ini untuk menghindari gangguan oleh panggilan dan pesan yang datang sepanjang hari. Hindari juga menyelam ke dalam media sosial di saat jam kerja. Kurangi mengobrol dengan rekan kerja supaya tujuan yang ingin kamu capai bisa terwujud.

4. Delegasi

Jika ada proyek yang besar, delegasikan tugas kepada bawahan atau rekan kerja. Hal ini memungkinkan rekan kerja atau bawahan kamu mempelajari keterampilan baru, selain itu hal ini juga tidak akan menghabiskan waktu kamu seharian. Jika ada rekan kerja atau bawahan yang siap membantu, jangan tolak, terima bantuan tersebut untuk menghemat waktu.

5. Katakan tidak

Belajarlah untuk mengatakan tidak dengan cara yang sopan. Hal ini berlaku untuk menolak pekerjaan atau aktivitas tambahan yang tidak sesuai dengan tujuan kamu. Bergabung dengan teman-teman hanya karena merasa tidak enak dapat menghabiskan waktu berharga kamu yang lebih baik digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas penting.

6. Rehat

Beristirahat merupakan hal yang penting bagi setiap manusia. Buatlah jadwal untuk beristirahat dan menjernihkan pikiran. Rencanakan olahraga yang teratur dan masukkan ke dalam rutinitas harian atau mingguan kamu supaya tetap sehat dan bugar. Konsumsi juga makanan-makanan yang sehat dan hindari junk food yang bisa menyebabkan lesu dan kurang fokus. Berhentilah bekerja jika sudah merasa lelah, jangan sampai pekerjaan juga memakan waktu istirahat kita yang berharga.

 

Dampak manajemen waktu yang buruk

manajemen waktuTampaknya bagi manusia, waktu dalam sehari saja tidak cukup untuk mengerjakan berbagai macam tugas dalam sehari. Sebetulnya, dengan kemajuan teknologi saat ini, seharus nya manusia menjadi lebih produktif secara umum. Namun, ada beberapa situasi di mana kecanggihan teknologi ini menghambat produktivitas, yaitu ketika manusia tidak bisa memanfaatkan teknologi dengan benar. Jika seseorang tidak bisa memanajemen waktu dengan baik, ada beberapa dampak buruk yang terjadi diantaranya;

1. Penundaan

Apakah kamu sering menunda-nunda pekerjaan kamu? Atau malah kamu sulit untuk memulai suatu pekerjaan? Sebetulnya, hanya diperlukan langkah kecil untuk mendapatkan motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Contohnya, jika kamu ingin pergi ke tempat gym untuk berolahraga, yang kamu lakukan hanyalah perlu berjalan keluar. Ketika sekali kamu memulai, pastikan kamu menyelesaikan pekerjaan tersebut.

2. Kurang tidur

Ketika kamu tidak bisa memanajemen waktu dengan baik, kamu pasti akan mengalami jadwal tidur yang berantakan. Tentunya hal ini akan berdampak pada kesehatan kamu. Selain itu, jika tidur kamu tidak cukup bisa menyebabkan terhambatnya aktivitas dan kamu menjadi kurang fokus. Cobalah untuk menjadwalkan pekerjaan mu, jika sudah waktunya untuk tidur, jangan ditunda. Pertahankan jadwal tidur yang konsisten.

3. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan kurang berolahraga

Alasan umum bagi sebagian banyak orang untuk tidak berolahraga adalah tidak mempunyai waktu yang cukup. Padahal sebetulnya itu hanyalah manajemen waktu yang kurang baik. orang -orang yang tidak memanajemen waktu dengan baik juga cenderung makan makanan instan yang tentunya tidak baik untuk tubuh dalam jangka panjang. Jika kamu tidak merawat tubuh kamu, pikiran kamu akan mudah lelah dan kemungkinan besar kamu tidak akan mendapatkan manfaat dari waktumu.

4. Kurang berenergi

Jika kamu merasa tidak fokus dan tidak bersemangat, itu merupakan tanda-tanda kamu kurang memanfaatkan waktu dengan baik. Evaluasi apa saja kegiatan yang kamu lakukan dalam sehari ketika di malam atau di pagi hari. Dengan begitu kamu akan kembali fokus dan bersemangat untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan.

5. Tidak tepat waktu

Tidak tepat waktu merupakan salah satu akibat dari manajemen waktu yang buruk. Jika kamu datang terlambat atau pergi lebih awal dari kanor, kamu mungkin meninggalkan hal-hal yang produktif di sana. Selain itu, penting untuk menyamakan jadwal dengan rekan kerja jika kamu bekerja bersama orang lain.

6. Terburu-buru

Apakah kamu sering mengerjakan pekerjaan dengan terburu-buru? Kamu mungkin menentukan tenggat waktu yang tidak realistis atau tunduk pada komitmen yang berlebihan. Cobalah untuk mengatur waktu dengan baik, jangan katakan ‘ya’ dengan semua rencana yang ada.

7. Disorganisasi

Kamu mungkin merasa bahwa diri kamu tidak teratur. Seperti tidur di pagi hari dan bekerja di malam hari, atau mungkin kamu terlalu lama berselancar di media sosial sehingga memakan waktu pekerjaan atau waktu tidur kamu. Hal-hal seperti itu dapat memperburuk manajemen waktu kamu, cobalah catat pekerjaan yang ingin kamu kerjakan dan tentukan waktu pengerjaannya supaya waktu sehari-harimu tetap teratur.

8. Waktu kerja dan hidup yang tidak seimbang

Apakah kamu terlalu banyak bekerja? Atau terlalu banyak bersenang-senang di luar? Jika iya, berarti kamu memiliki manajemen waktu yang buruk. Tidak ada salahnya untuk bersenang-senang, namun jangan lupakan juga pekerjaan atau tujuan yang ingin kamu capai. Coba manajemen waktu mu dengan kerja dan kehidupan yang seimbang sehingga kamu merasa akan lebih produktif setiap harinya.

9. Multitasking

Salah satu tanda jika manajemen waktu kamu buruk adalah multitasking. Ketika kamu sedang mengerjakan satu pekerjaan dan fokus kamu teralihkan ke pekerjaan lain, cobalah untuk tidak teralihkan. Hal ini akan menimbulkan pekerjaan yang tidak selesai dengan baik dan menghambat produktivitas.

 

Manfaat manajemen waktu

Mengelola waktu dengan baik memungkinkan seseorang untuk melakukan pekerjaan yang benar dan waktu yang tepat. Manajemen waktu memiliki peran penting dalam kehidupan pribadi maupun profesional seseorang. Berikut beberapa manfaat manajemen waktu.

1. Manajemen waktu membuat seseorang menjadi tepat waktu dan disiplin.

Untuk memanfaatkan waktu dengan baik, seseorang harus menyiapkan deretan rencana tugas-tugas apa yang ingin dikerjakan ketika di pagi hari atau malam hari. Hal ini akan memberikan seseorang pemahaman tentang apa saja yang ia kerjakan, dengan begitu akan menghasilkan pekerjaan yang baik.

2. Manajemen waktu membuat seseorang menjadi lebih rapi atau terorganisir.

Menjaga barang-barang sesuai dengan tempatnya meminimalisir waktu untuk mencari-cari barang tersebut jika dibutuhkan. Orang dengan manajemen waktu yang baik akan menjaga meja kerjanya atau area belajarnya menjadi lebih bersih dan teratur.

3. Manajemen waktu meningkatkan moral seseorang dan menjadi lebih percaya diri.

Sebagai hasil dari manajemen waktu yang baik, seseorang akan menyelesaikan tugas dalam waktu yang ditentukan dan menjadikannya terdepan di antara anggota tim lainnya. Orang-orang yang memahami waktu akan dipandang tinggi dan selalu menjadi pusat perhatian.

4. Manajemen waktu bisa mengurangi kadar stres dan kecemasan.

Orang-orang yang bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dinilai memiliki kadar stres dan kecemasan yang lebih rendah dibanding orang lain. Perlu diingat ketika mengerjakan sesuatu untuk tetap fokus karena tidak ada gunanya untuk menunda-nunda. Setelah pekerjaan selesai kamu akan memiliki banyak waktu untuk keluarga, sahabat dan kerabat lainnya.

Rekomendasi Buku Manajemen Waktu

Agar Anda dapat lebih memanfaatkan waktu dengan lebih baik lagi, Gramedia memiliki beberapa buku terkait dengan manajemen waktu. Berikut buku rekomendasinya:

1. Seni Mengelola Waktu

seni mengelola waktu

Manajemen Waktu: Pengertian, Karakteristik, dan Caranya 3

Satu-satunya hal yang tidak berhenti di dunia ini adalah waktu. la terus bcrjalan tanpa mengenal lelah, bahkan ia bisa terlewat begitu saja ketika kita lengah atau terlena karena sangat menikmati suatu momen atau mungkin ketika merasa bosan karena sesuatu yang ditunggu tak kunjung datang. Waktu, bisa menjadi jahat ataupun sebaliknya, tergantung bagaimana cara kita menyikapi dan meli hatnya. “Time is a created thing. To say ‘I don’t have time,’ is like saying, ‘I don’t want to.” Kutipan dari Lao Tzu mengingatkan kita bahwa waktu itu adalah persoalan untuk menciptakan sesuatu.

Sampai kapan kita akan menyangkal bahwa kita tidak mempunyai waktu, sedangkan pada faktanya ada banyak sekali waktu yang bisa dihabiskan dalam hidup ini? Apakah Anda akan merasa bahagia jika hidup seperti itu terus-menerus? Simak bagaimana cara yang tepat untuk mengatur waktu di hidup Anda lewat buku ini. Tak hanya itu, Anda juga akan belajar bagaimana cara yang tepat untuk menghabiskan tiap detik, menit, dan jam dalam hidup Anda tanpa adanya penyesalan.

2. Merdeka Mengatur Waktu

merdeka mengatur waktu



Manajemen Waktu: Pengertian, Karakteristik, dan Caranya 3

Lahirnya buku ini dilatarbelakangi oleh keprihatinannya melihat banyak orang begitu kewalahan mengatur waktu, harus pontang-panting, dan tampak sangat sibuk. Akibatnya, banyak hal lain yang terabaikan, dan bahkan berpotensi menimbulkan banyak kerugian.

Padahal persoalannya ada pada pengelolaan waktu, yang sebetulnya merupakan perkara yang sederhana saja. Diawali dengan membenahi pikiran lalu membenahi cara hidup dan mengubah kebiasaan, di situlah letak rahasianya. Bagaimana caranya? Bisa disimak dalam buku ini

3. Lalai Waktu? No Way!

Lalai Waktu? No Way!

Manajemen Waktu: Pengertian, Karakteristik, dan Caranya 3

Waktu dan kesempatan adalah pemberian Tuhan, bukan ada dengan sendirinya. Sebab banyak orang yang tak diberikan kesempatan setelah membuangnya walau ia merengek-rengek memintanya kembali, kemudian hanya penyesalan yang ada. Meremehkan waktu sama dengan meremehkan pemberian Tuhan. Padahal manusia hanyalah makhluk yang menggantungkan dirinya kepada takdir Tuhan. Tampaknya, kita harus banyak belajar tentang memunculkan kesadaran bagaimana memanfaatkan waktu dengan baik, dan mengisinya dengan kebaikan.

Kita juga harus banyak belajar tentang optimisme, bangkit dari kegagalan, berpikir pisitif atas segala kejadian, berpikir kreatif dalam menemukan jalan keluar, dan tentunya kita harus banyak belajar tentang makna kehidupan ini. Sebab itulah buku ini hadir, bukan maksud untuk menggurui, tapi ingin sama-sama mengingatkan bahwa hidup di dunia hanya sekali agar kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya, termasuk dalam menggunakan waktu dan kesempatan. Semoga kehadiran buku ini memberikan semangat dalam menjalani hidup dan bisa memberikan dampak positif bagi para pembacanya, terutama bagi saya untuk terus memperbaiki diri. Lalai Waktu? No Way!

 

Cara manajemen waktu Yang Baik

Ada beberapa metode yang dapat membantu memanajemen waktu dengan baik. Yang pertama adalah, membuat deretan kegiatan-kegiatan dan mengurutkan mana yang paling penting dan mana yang kurang penting untuk dikerjakan. Mana yang harus diselesaikan secepat mungkin, mana yang tidak perlu diselesaikan secepatnya. Jika kamu tidak membuat rencana seperti ini, tugas-tugas yang ada akan menjadi ‘urgent’.

  • Setiap orang memiliki ritme dan ciri khasnya sendiri. Beberapa orang ada yang cenderung bekerja lebih baik jika saat-saat tertekan dan biasanya akan menimbulkan kreativitas di saat-saat tertekan. Ada juga orang yang bisa bekerja lebih baik jika punya waktu yang lebih lama karena akan lebih teliti dalam pekerjaannya. Jadi penting untuk mencari tahu manajemen waktu yang seperti apa dan teknik bekerja apa yang paling efektif untuk kamu dan tim kamu.

 

  • Manajemen waktu yang tepat memungkinkan kita untuk mencapai tujuan kita sehingga kita merasa bahwa kita memiliki kehidupan yang seimbang. Ada beberapa cara untuk memanajemen waktu pekerjaan, yang pertama, alokasikan 60% dari waktu untuk pekerjaan yang sudah terencana dan sisakan 40% untuk waktu yang tak terduga. Yang kedua, selalu jaga ketepatan waktu, dengan begitu akan memungkinkan kita untuk membuat rencana yang lebih efektif di masa mendatang.

 

  • Yang ketiga, bagilah aktivitas menjadi aktivitas pendek, sedang dan jangka panjang dengan indikasi waktu masing-masing. Yang keempat, rencanakan jumlah pekerjaan yang benar-benar bisa diselesaikan dalam waktu yang ditentukan. Yang kelima, pastikan untuk bekerja di tempat yang tenang tanpa ada gangguan dari luar. Jika ketika bekerja kamu mendapat banyak gangguan dari luar, tentunya akan menghambat pekerjaan atau bahkan produktivitas kamu.

Dalam sistem perencanaan atau manajemen waktu, sangat penting untuk memprioritaskan tugas-tugas yang ingin dikerjakan, tentukan dan urutkan pekerjaan sesuai dengan tingkat kepentingannya masing-masing.

Materi & Buku Terkait Manajemen Operasional

1. Buku Terkait 2. Materi Terkait

Sumber:

  1. Scott Shpak. 2014. What Are Six Characteristics of Successful Time Management?. Diakses dari https://mom.com/baby/16591-what-are-six-characteristics-successful-time-management
  2. Gea, Antonius Atosokhi. 2014. Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora Vol. 5 no.2

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

3 Comments

Leave a Comment