in

Urutan Skincare untuk Kulit Kering Terbaik yang Harus Dilakukan!

https://demurebeauty.in/
Urutan Skincare untuk Kulit Kering
Sumber: pixabay.com/iqbalnuril

Urutan skincare untuk kulit kering – Mempunyai kulit yang bersih dan sehat menjadi impian semua orang. Demi mewujudkannya, Anda perlu melakukan berbagai usaha perawatan kulit yang tepat. Untuk menentukan metode perawatan kulit yang cocok untuk Anda, perlu diketahui terlebih dahulu jenis kulit apa yang Anda miliki.

Setiap orang memiliki jenis atau tipe kulit wajah yang berbeda-beda, yang juga dapat berubah seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, jenis kulit wajah juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor genetik, faktor lingkungan, dan penyakit tertentu.

Struktur dan jenis kulit wajah yang dimiliki manusia juga ditentukan oleh sejumlah faktor, yakni kandungan air pada kulit yang memengaruhi elastisitas kulit, kandungan minyak yang memengaruhi nutrisi dan kondisi kulit, serta tingkat kepekaan kulit terhadap bahan atau zat tertentu. Kulit manusia secara umum terbagi menjadi 5 jenis, yaitu tipe kulit normal, kering, berminyak, kombinasi, dan sensitif.

Supaya Grameds lebih paham tentang jenis kulit manusia, di bawah ini telah diuraikan penjelasannya. Tidak hanya itu yang akan dibahas, tetapi kita juga akan membahas urutan skincare untuk kulit kering. Jadi, Simak artikel ini sampai selesai ya!

5 Jenis Kulit Wajah

Urutan Skincare untuk Kulit Kering
Sumber: pixabay.com/Nika_Akin

1. Kulit normal

Tipe kulit normal merupakan tipe kulit yang tak mengalami kondisi atau masalah yang berlebihan. Seseorang yang mempunyai jenis kulit normal, tingkat sebum atau minyaknya dan tingkat hidrasi pada kulitnya seimbang.

Maka dari itu, jenis kulit ini tidak terlalu kering dan tidak berminyak. Secara keseluruhan, tingkat kelembapan tipe kulit normal dikatakan pas.

Oleh karena memiliki tingkat kelembapan yang pas, kulit normal secara umum akan jarang mengalami masalah kulit seperti pori-pori yang tampak besar, kusam, atau hiperpigmentasi. Adapun ciri-ciri tipe kulit normal, yaitu jarang muncul jerawat, tekstur kulit terasa lembut dan kenyal, dan kulit terasa bersih dan segar.

2. Kulit berminyak

Jenis kulit yang berminyak cenderung terlihat licin dan mengkilap akibat produksi minyak atau sebum berlebihan pada wajah. Umumnya, seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak cenderung sering masalah kulit seperti bruntusan, jerawat, komedo akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak, kotoran, dan kosmetik.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Adapun ciri-ciri tipe kulit berminyak, yakni pori-pori besar, tekstur kulit sedikit kasar dan tidak rata, wajah seringkali tampak mengkilap, dan rentan muncul jerawat atau mengalami breakout.

3. Kulit kering

Jenis kulit berikutnya ialah kulit kering. jenis kulit kering memiliki tingkat kelembapan yang rendah. Oleh karena itu, orang yang memiliki tipe kulit kering kerap kali menghadapi masalah kulit, yaitu mudah iritasi, sehingga rentan mengalami kemerahan dan jerawat.

Ciri-ciri jenis kulit kering, yaitu pori-pori tak terlihat, mudah mengalami kemerahan atau meradang, mudah gatal, dan tekstur kulit pecah-pecah, kasar, serta kencang.

4. Kulit kombinasi

Jenis kulit kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak dengan kulit kering. Seseorang yang memiliki jenis kulit kombinasi, kondisi kulitnya berminyak di area T-zone, yaitu area dahi, hidung, dan dagu, serta kulit yang kering di area pipi. Jenis kulit kombinasi bisa dipengaruhi oleh faktor genetik dan meningkatnya hormon selama masa pubertas.

5. Kulit sensitif

Pada dasarnya, kulit sensitif adalah jenis kulit yang mudah mengalami iritasi akibat tingkat kepekaannya sangat rendah terhadap banyak hal.

Jenis kulit sensitif mudah mengalami berbagai masalah, seperti gatal, alergi, dan iritasi sebagai reaksi atas berbagai faktor, seperti makanan, lingkungan, dan produk perawatan kulit atau kosmetik yang digunakan.

Ciri-ciri tipe kulit sensitif, yakni kulit sering mengalami kemerahan, mudah gatal, terasa kencang, sering terasa kering sampai mengelupas, dan seringkali merasakan sensasi perih.

Nah, itu dia Grameds 5 jenis kulit beserta ciri-cirinya. Kalau Grameds memiliki jenis kulit yang mana, nih? Apapun jenis kulit Anda, menjaga kesehatan kulit tentunya menjadi prioritas. Sebab, hal ini juga terkait dengan keseluruhan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Menjaga kesehatan kulit bisa dilakukan dengan bantuan tenaga profesional seperti dokter kulit, dengan pergi ke klinik kecantikan, atau bisa juga dilakukan secara mandiri dengan menggunakan berbagai produk perawatan kulit atau skincare.

Apa yang dimaksud dengan skincare? Mengutip dari Law Insider, perawatan kulit atau skincare adalah penggunaan preparat kosmetik, tonik, krim, antiseptik, losion, atau produk lainnya pada bagian kulit kepala, wajah, leher, lengan, tangan, dan juga payudara.

Penggunaan produk tersebut bisa dilakukan dengan pembersihan, pemijatan, stimulasi, pencukuran rambut noninvasif, dengan tujuan untuk mempercantik kulit pada tubuh. Tujuan dilakukannya perawatan kulit ialah untuk menutrisi kulit, juga menghindari paparan sinar matahari yang berlebih.

Fakta-Fakta Skincare 

Urutan Skincare untuk Kulit Kering
Sumber: pixabay.com/pmvchamara

Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa perawatan kulit dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai produk skincare dan melakukan kegiatan yang mencegah kulit Anda tersiksa dalam kondisi tertentu, seperti kering, hiperpigmentasi, penuaan, dan lain sebagainya.

Mengutip dari Simply Skin Esthetics, ada sejumlah fakta menarik tentang skincare. Skincare tidak hanya tentang mengoleskan produk tertentu ke kulit saja, tetapi juga melakukan langkah-langkah perawatan yang menyangkut pola hidup sehari-hari. Adapun fakta skincare adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan produk pelembap supaya kulit tidak kering 

Jika kulit Anda terasa kering, jangan menunda untuk oleskan produk yang berfungsi untuk menghidrasi, untuk mengembalikan kelembapan kulit Anda. Terutama ketika Anda baru keluar dari kamar mandi. Sebab, mandi bisa menyebabkan kulit Anda menjadi lebih kering akibat mengangkat minyak yang ada di lapisan kulit.

2. Gunakan sunscreen untuk menjaga kulit dari penuaan 

Salah satu langkah wajib dalam proses perawatan kulit adalah dengan memakai sunscreen atau tabir surya setiap hari. Upaya ini dilakukan untuk menjaga kulit Anda dari penuaan. Jika Anda khawatir sunscreen dapat menyebabkan kulit Anda berjerawat, pilihlah produk yang khusus untuk kulit berjerawat.

Produk khusus untuk kulit berjerawat biasanya mengandung seng, tidak berminyak, dan tidak menyebabkan iritasi. Maka itu, produk menjadi ideal untuk kulit yang rentan timbul jerawat atau sensitif.

Sama seperti individu yang memiliki kulit cerah, orang yang berkulit gelap juga tetap membutuhkan perlindungan tabir surya, supaya terhindari dari kerusakan akibat sinar matahari, juga mengurangi risiko terkena kanker kulit.

3. Eksfoliasi kulit membuat kulit menjadi lebih halus

Jika kulit Anda terasa kasar, cobalah untuk melakukan eksfoliasi, yaitu mengangkat sel kulit mati. Saat Anda mengangkat sel kulit mati dengan bahan eksfoliator ke permukaan kulit, maka proses itu akan merangsang pembentukan kulit yang baru.

Eksfoliasi tak boleh dilakukan setiap hari, tetapi dianjurkan dilakukan secara teratur, seperti satu sampai dua kali dalam seminggu, tergantung jumlah kandungan bahan eksfoliator yang digunakan.

4. Menggunakan skincare tak hanya di bagian wajah 

Penggunaan produk skincare tak boleh dilakukan hanya di wajah saja, tetapi juga sampai ke bagian leher. Sebab, leher juga masih menjadi bagian dari wajah yang tidak boleh dilupakan. Maka itu, jangan lupa untuk menggunakan produk skincare hingga bagian leher.

5. Perawatan harus disesuaikan dengan masalah kulit 

Anda harus mengenal terlebih dahulu masalah kulit Anda, sebelum akhirnya memilih produk skincare. Anda juga perlu mengenal jenis kulit Anda sendiri, supaya tidak salah dalam memilih produk skincare. Anda bisa mengetahui hal-hal tersebut melalui pengamatan pribadi atau bertanya kepada tenaga profesional.

6. Alkohol membuat kulit dehidrasi 

Mengurangi konsumsi alkohol akan sangat membantu meningkatkan kesehatan dan tampilan kulit Anda. Sebab, alkohol disinyalir bisa membuat kulit terasa kering, bahkan menimbulkan kerutan.

7. Kurang tidur membuat kulit menjadi stres 

Kurangnya jam tidur bisa menyebabkan kulit Anda stres. Akibatnya, kulit akan mengalami berbagai masalah, seperti kulit kusam atau muncul jerawat yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur waktu tidur Anda dengan baik, supaya kulit bisa beregenerasi dan pulih pada keesokan harinya.

8. Kafein membuat kulit kering 

Apakah Anda memiliki jenis kulit kering? Jika ya, sayangnya, Anda disarankan menghindari atau mengurangi konsumsi kafein. Sebab, kafein mungkin menjadi penyebab kulit menjadi kering.

Setelah mengenal sejumlah fakta skincare, kita akan lebih lanjut mempelajari tentang urutan penggunaan produk perawatan kecantikan bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering. Simak penjelasannya di bawah ini!

Urutan Skincare untuk Kulit Kering

Kulit yang kering diakibatkan oleh kondisi kulit yang kehilangan air terlalu cepat. Hal ini bisa dipicu oleh kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi. Selain itu, terdapat sejumlah faktor yang bisa menjadi pemicu seseorang mengalami kulit yang kering, seperti kondisi lingkungan, usia, kebiasaan mandi, dan juga riwayat kesehatan.

Untuk merawat jenis kulit wajah yang kering, Anda perlu menggunakan pembersih wajah yang memiliki kandungan yang mampu melembapkan kulit wajah, seperti emolien. Selain itu, Anda juga perlu menghindari produk skincare yang mengandung alkohol dan pewangi. Urutan skincare untuk kulit yang kering adalah sebagai berikut.

1. Mengonsumsi banyak air mineral 

Hal pertama yang harus dilakukan dalam upaya merawat kulit yang kering adalah mempersiapkan kondisi kulit dengan mengonsumsi air mineral yang cukup. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga terhindar dari kondisi kulit yang kering. Selain mengonsumsi air mineral, Anda juga perlu mengonsumsi berbagai macam sayur dan buah supaya kebutuhan vitamin dan mineral yang menjaga kesehatan kulit bisa terpenuhi.

2. Membersihkan kulit dengan benar

Setelah selesai beraktivitas, terutama jika beraktivitas di luar ruangan seharian, pastikan setelah itu, Anda membersihkan kulit dengan benar. Perlu diingat untuk membersihkan kulit dengan lembut dan jangan terlalu lama menggosoknya, supaya tidak membuat kulit menjadi semakin kering.

3. Memilih produk skincare yang tepat

Dalam merawat kulit, Anda juga perlu memilih produk yang tepat. Para pemilik kulit kering tidak disarankan untuk menggunakan produk skincare yang mengandung alkohol dan pewangi. Selain itu, pemilik jenis kulit kering juga disarankan untuk memilih produk-produk skincare yang bersifat lembut atau gentle.

Pastikan juga untuk memilih produk skincare yang mampu menghidrasi kulit Anda. Dan hindari mencuci wajah atau mandi terlalu lama, serta menggunakan air panas. Sebab, semua hal tersebut bisa menyebabkan kulit Anda lebih kering.

4. Selalu menggunakan produk pelembab dan sunscreen

Langkah yang satu ini tak hanya wajib dilakukan oleh pemilik jenis kulit kering saja, tetapi untuk semua jenis kulit. Pada pagi hari, setelah membersihkan wajah dan tubuh, Anda harus menggunakan produk pelembab dan juga tabir surya. Pelembab tentunya berfungsi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Sedangkan, sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit.

Untuk perawatan kulit wajah, Anda bisa menggunakan toner dan serum yang fungsinya melembabkan wajah, sebelum akhirnya menggunakan moisturizer. Setelah menggunakan seluruh produk tersebut, akhiri dengan lapisan sunscreen.

Untuk perawatan kulit tubuh, Anda bisa menggunakan produk pelembab seperti body lotion, body cream, atau body serum di seluruh tubuh, termasuk tangan dan juga kaki. Anda juga bisa memilih menggunakan pelembab tubuh yang mempunyai kandungan tabir surya untuk langkah yang lebih praktis dan fungsi yang menyeluruh. Waktu terbaik untuk menggunakan pelembab adalah tiga menit setelah mencuci wajah atau mandi.

Nah, itu dia Grameds urutan rutinitas skincare untuk kulit kering. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda para pemilik kulit kering. Bagi Grameds yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang perawatan kulit, Anda bisa belajar dengan membaca berbagai buku yang tersedia di Gramedia.com. Yuk dapatkan bukunya sekarang!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku Terkait

Skincare 101

Urutan Skincare untuk Kulit Kering

Cantik itu sehat, dan sehat itu cantik. Ini adalah tren kulit pada masa ini. Cantik dengan bermodalkan riasan kosmetik tidak lagi menjadi primadona. Cantik juga tidak lagi identik dengan mahal dan rumit. Dengan perawatan sederhana yang tepat, Anda bisa memperoleh kecantikan yang sesungguhnya, yakni kulit yang bersih, sehat, dan bercahaya. Tidak memandang apapun jenis dan masalah kulit Anda, selalu ada solusi untuk setiap permasalahan.

Dalam buku Skincare 101 ini, akan dijelaskan tentang, tahapan lengkap perawatan kulit sesuai dengan jenisnya (normal, berminyak, kering, dan kombinasi), ramuan alami untuk kulit yang dapat dibuat sendiri di rumah, rangkaian perawatan anti penuaan, rekomendasi makanan sumber nutrisi untuk kulit, daftar kandungan dalam kosmetik beserta skala urutannya, dan cara memilih klinik kecantikan yang sesuai.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    74% 487 / 658
  • Belum
    18% 122 / 658
  • Masukkan keranjang
    7% 49 / 658

All About Skincare

Urutan Skincare untuk Kulit Kering

Buku All About Skincare akan membahas segala hal yang ingin Anda ketahui tentang skincare. Mulai dari mengenal jenis kulit wajah Anda, mengenal kandungan-kandungan yang ada dalam produk skincare, termasuk bahan-bahan apa saja yang harus dihindari, rekomendasi makanan yang bisa memberikan nutrisi bagi kulit Anda, dan bagaimana cara menggunakan produk-produk skincare dengan benar dan tepat, sehingga manfaatnya terserap maksimal untuk kulit Anda.

Menjawab segala pertanyaan dan permasalahan kulit yang sering dialami, buku ini hadir sebagai teman yang akan memberi tahu lebih dalam mengenai merawat kulit wajah menggunakan produk skincare. Anda tak perlu khawatir lagi untuk mencari referensi dalam merawat kulit wajah, karena buku ini akan membahas tentang bagaimana mengenal kulit wajah Anda, kandungan skincare yang harus dihindari, rekomendasi makanan sumber nutrisi untuk kulit, dan bagaimana memakai skincare secara baik dan tepat sesuai jenis kulit. Yuk segera dapatkan buku ini dan dapatkan kulit sehat impian Anda.

Perawatan Kecantikan Kulit

Buku Perawatan Kecantikan Kulit ini ditulis bagi Anda yang berminat memasuki dan memperdalam pengetahuan, serta keterampilan dalam bidang aesthetic treatment dan cosmetology. Mulai dari tingkat yang paling dasar sampai perkembangan terkini. Di dalam buku ini, akan disajikan dasar-dasar perawatan kecantikan secara komprehensif. Mulai dari dasar yang perlu diketahui para terapis dalam menjalankan tugasnya, menggunakan berbagai alat penunjang dengan tepat dan terampil, sampai sikap tubuh yang tepat dalam berinteraksi dengan pelanggan.

Secara singkat, buku ini benar-benar menjadi pegangan yang tepat bagi para terapis kecantikan ataupun siapa saja yang bergerak di dunia kecantikan. Buku ini disusun secara cermat, berdasarkan metode yang dikembangkan selama bertahun-tahun. Dan seluruh materinya disajikan dalam bahasa yang lugas dan sederhana, sehingga mudah dipahami serta dipraktikkan. Yuk dapatkan bukunya sekarang!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    74% 487 / 658
  • Belum
    18% 122 / 658
  • Masukkan keranjang
    7% 49 / 658

Penulis: Gabriel

Rujukan:

https://www.alodokter.com/kenali-jenis-kulit-wajah-dan-cara-merawatnya-di-sini

https://www.kompas.com/tren/read/2022/08/14/190500565/mengenal-apa-itu-skincare-dan-13-fakta-di-dalamnya?page=all

https://www.halodoc.com/artikel/ini-urutan-skincare-routine-untuk-pemilik-kulit-kering

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda