in ,

Karakter dan Sifat Golongan Darah A yang Dikenal Baik dan Bijak

Sumber: Pexels

Sifat Golongan Darah A – Apakah Grameds memiliki teman dengan golongan darah A? Atau Grameds adalah orang dengan golongan darah A? Apakah Grameds mengetahui, bahwa sifat dan karakter seseorang dapat dibaca melalui golongan darahnya.

Contohnya seperti sifat golongan darah A yang dikenal baik dan bijaksana. Melihat sifat dan karakter seseorang melalui golongan darah ini pertama kali dipopulerkan oleh Profesor Jepang yaitu Takeji Furukawa pada sekitar tahun 1930-an.

Meskipun belum ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa golongan darah dapat menentukan sifat dan karakter seseorang, akan tetapi kaitan antara golongan darah dengan sifat seseorang cukup banyak dipercaya oleh masyarakat. Setiap golongan darah yang berbeda, memiliki sifat khasnya yang berbeda pula.

Nah, seperti apa sifat golongan darah A selain dikenal baik dan bijaksana? Simak penjelasannya berikut ini!

Sifat Golongan Darah A dalam Hubungan Sosial

sifat golongan darah a
Sumber: Pexels

Sifat golongan darah A dapat dilihat dari hubungan sosial yang ia jalin dengan orang lain. Salah satu sifat yang dimiliki oleh golongan darah A ketika berada bersama orang lain adalah sabar, sopan, perhatian, cinta damai sekaligus sensitif. Golongan darah A biasanya adalah sosok yang tidak menyukai drama serta tidak ingin menjadi sumber drama permasalahan.

Apabila golongan darah A terlibat dalam hubungan pertemanan, maka golongan darah A termasuk tipe teman yang sertia serta dapat dipercaya. Seseorang dengan golongan darah A biasanya juga sering menjadi pendengar yang baik bagi temannya. Mereka adalah seseorang yang cukup mudah akrab dengan orang lain.

Namun sayangnya, karena terlalu peduli dan sering berkorban untuk orang lain, pemilik golongan darah A cenderung lupa atau tidak mempedulikan kepentingan serta kebahagiaannya sendiri.

Apabila teman dari golongan darah A sedang kesulitan, maka mereka dapat mengandalkan teman yang bergolongan darah A.

Pemilik golongan darah A tidak suka menunjukan emosinya serta lebih memilih untuk menyembunyikan perasaannya tentang berbagai hal dari orang lain. Namun pada akhirnya, mereka akan berbagai perasaan kepada orang yang mereka percayai dan ketika merasa nyaman saja.

Hal ini jugalah yang membuat para pemilik golongan darah A tidak suka bertengkar maupun menimbulkan pertengkaran dengan siapa pun. Orang dengan golongan darah A juga tidak suka melanggar peraturan yang telah ditetapkan, selain itu mereka peduli pada etika serta standar sosial.

Pada umumnya, seseorang yang memiliki golongan darah A lebih menyukai barang yang bersih, rapi serta ditaruh sesuai dengan tempatnya. Oleh karena itulah, banyak orang yang mengalami OCD biasanya adalah seseorang yang memiliki golongan darah A.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Meskipun golongan darah A adalah orang yang cinta domain serta sabar, akan tetapi pemilik golongan darah A biasanya adalah sosok yang terlalu sensitif.

Sifat Golongan Darah A dalam Hal Percintaan

sifat golongan darah a
Sumber: Pexels

Perempuan yang memiliki golongan darah A biasanya cenderung sulit beradaptasi dengan perubahan yang terjadi serta cenderung sulit untuk merasa puas serta dipuaskan oleh pasangannya. Bisa dikatakan pula, bahwa perempuan dengan golongan darah A cukup sulit didapatkan.

Meskipun sulit didapatkan, akan tetapi perempuan golongan darah A adalah tipe yang setia pada pasangannya. Sebagai pasangan, perempuan golongan darah A akan rela memberikan yang terbaik hanya untuk pasangannya. Akan tetapi, jika pasangannya berkhianat pada mereka, maka golongan darah A akan lebih sulit untuk memaafkan.

Ketika sekali dikhianati, maka perempuan dengan golongan darah A tidak akan segan untuk meninggalkan pasangannya serta tidak akan memperdulikan mereka. Oleh karena itu, perempuan dengan golongan darah A tidak jarang dicap egois.

Sementara itu, laki-laki dengan golongan darah A cenderung memiliki sifat yang ramah serta menawan. Sebagian besar dari laki-laki yang memiliki golongan darah A adalah seorang introvert.

Selain itu, laki-laki dengan golongan darah A juga dikenal memiliki ekspektasi yang cukup tinggi dalam hidupnya, termasuk dalam hal percintaan. Laki-laki dengan golongan darah A akan berusaha untuk mewujudkan ekspektasi tersebut menjadi kenyataan.

Namun sebenarnya, laki-laki dengan golongan darah A adalah sosok yang sensitif serta rapuh. Ketika mereka disakiti maupun dikhianati oleh seseorang, mereka akan membutuhkan waktu lebih lama dari orang lain untuk berusaha move on dari suatu hubungan.

Laki-laki yang memiliki golongan darah A biasanya adalah sosok yang tidak mudah jatuh cinta dengan orang lain. Ketika mereka mencintai orang lain dan ditinggalkan oleh orang tersebut, maka sulit bagi mereka untuk mencari pasangan baru.

Sifat Golongan Darah A di Tempat Kerja

sifat golongan darah a
Sumber: Pexels

Golongan darah A dikenal sebagai sosok yang memiliki sifat tenang, bijaksana serta bertanggung jawab dalam lingkungan kerjanya. Ketika mengerjakan suatu pekerjaan, golongan darah A adalah seseorang dengan tipe yang kooperatif, kreatif, bersungguh-sungguh, serta maksimal.

Segala hal yang dikerjakan oleh mereka akan terorganisir dengan baik. Sehingga dapat dikatakan, bahwa karakter dari golongan darah A adalah orang yang dapat diandalkan terutama apabila berkaitan dengan pekerjaan.

Mereka dapat bekerja sama dengan orang lain dengan baik. Akan tetapi ada beberapa waktu ketika golongan darah A memilih untuk menyendiri dan tidak ingin mendengarkan pendapat orang lain.

Di lingkungan kerja, seseorang dengan golongan darah A adalah orang yang bersikap sangat rasional serta terkontrol. Mereka memiliki formula sendiri untuk menjalani hidupnya serta akan mematuhi formula tersebut. Selain itu, mereka cenderung memiliki opini yang tidak dapat disanggah oleh orang lain.

Pemilik golongan darah A juga dikenal sebagai sosok yang kaku, sombong, serta angkuh. Selain itu, karena mereka adalah sosok yang terorganisir, terkadang mereka cenderung tidak mampu mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan.

Karena apabila dipaksakan, mereka akan mudah merasa stres. Di sisi lain, sifat golongan darah A yang suka menyembunyikan perasaan juga sering berdampak pada kondisi mentalnya di lingkungan kerja yang memberi banyak tekanan.

https://www.gramedia.com/products/diet-sehat-mudah-berdasarkan-golongan-darah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Sifat Golongan Darah A Secara Umum

sifat golongan darah a
Sumber: Pexels

Selain beberapa sifat yang dimiliki oleh golongan darah A dalam berbagai aspek, seperti hubungan sosial, pekerjaan hingga percintaan, ada sifat umum lain yang dimiliki oleh seseorang dengan golongan darah A. Berikut beberapa sifat umum yang dimiliki oleh seseorang yang memiliki golongan darah A.

1. Sangat Terorganisir

Seseorang dengan golongan darah A adalah orang yang sangat terorganisir. Mereka tidak akan melakukan suatu hal tanpa memiliki rencananya yang cukup matang.

Contohnya seperti ketika mereka ingin berkencan dengan kekasihnya, maka mereka akan merencanakan tempat tujuan untuk kencan, bagaimana cara untuk sampai ke tempat tersebut, kegiatan apa yang dilakukan dan lain sebagainya.

Mereka akan mendetail ketika merencanakan suatu hal dan tidak akan melakukan suatu hal dengan mendadak. Sifatnya yang sangat terorganisir ini, dinilai akan sangat berguna ketika mereka masuk ke lingkungan kerja. Selain terorganisir, mereka juga tidak segan membantu rekan kerjanya untuk menyusun serta mengelola tugas kecil.

2. Sosok yang Bijaksana

Selain terorganisir, orang yang memiliki golongan darah A adalah sosok yang bijaksana. Sebelum memutuskan suatu hal, mereka akan menimbang setiap pilihan dan melihat apakah ada sisi positif dan negatif dari setiap pilihannya.

Selain itu, mereka akan memikirkan dengan matang pilihan mana yang terbaik. Karena hal itulah, mereka selalu merencanakan suatu hal dengan matang dan rapi. Agar tidak ada hal yang terlewatkan atau membuat orang lain kecewa.

Detail dan sering memperhatikan hal-hal kecil
Orang dengan golongan darah A adalah sosok yang detail dan selalu memperhatikan hal-hal kecil. Karena sifat ini pula, mereka sering kali dianggap sebagai seseorang yang cerewet dan terlalu pemilih.

3. Disiplin

Salah satu sifat positif yang dimiliki oleh seseorang dengan golongan darah A yang lain adalah disiplin. Mereka selalu menaati peraturan dan tidak suka apabila harus melakukan kegiatan yang menyalahi peraturan. Mereka menyukai kedisiplinan, sebab mereka selalu ingin hidup dengan tenang serta nyaman.

4. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Golongan darah A adalah sosok yang dikenal memiliki jiwa kepemimpinan. Mereka adalah orang-orang yang tidak keberatan ketika dituntut untuk bekerja keras serta diberikan beban tanggung jawab yang cukup besar. Apabila berada dalam sebuah kelompok, mereka akan menunjukan daya tariknya sebagai seseorang dengan jiwa kepemimpinan yang dapat dipercaya.

Apabila tidak ditunjuk sebagai pemimpin, maka mereka akan mencari hal yang dapat membantu kelompok tersebut dan secara sukarela berperan sebagai asisten pemimpin.

Sebagai seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan, golongan darah A selalu berani mengungkapkan pendapat jika diperlukan dan akan meringkas sesuatu hal yang cukup kompleks, sehingga orang lain akan lebih mudah memahami dirinya.

Sehingga tidak heran, apabila orang dengan golongan darah A selalu menghasilkan kesimpulan ketika sedang berdiskusi atau memberikan kesempatan pada orang lain untuk menyatakan pendapatnya.

Tidak hanya itu, golongan darah A adalah orang yang cemerlang dan memiliki kemampuan dalam berkonsentrasi yang cukup tinggi. Sehingga mereka mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik dan menjadi pemimpin yang berprestasi.

5. Penyabar serta Jujur

Golongan darah A juga terkenal memiliki sifat yang sabar serta jujur. Ketika menghadapi suatu permasalahan, maka mereka akan bersabar menghadapinya serta berusaha mencari solusi yang baik.

Di sisi lain, mereka adalah orang yang jujur dan tidak pernah berbohong. Karena bagi mereka, disiplin dan berperilaku jujur adalah hal yang utama. Karena dua sifat ini pula, orang dengan golongan darah A sangat cocok menjadi seorang pemimpin dan banyak dikagumi oleh orang.

6. Selalu Berusaha Bersikap Adil

Orang dengan golongan darah A, tidak jarang ditunjuk sebagai seorang pemimpin atau orang yang memiliki peran penting dalam kelompok atau pekerjaannya. Oleh karena itulah, ketika menghadapi kolega atau temannya, mereka akan selalu berusaha bersikap adil.

Mereka tidak ingin memicu permasalahan atau konflik karena telah mengambil keputusan yang salah dan bisa merugikan anggota atau koleganya. Mereka akan berusaha mengambil keputusan yang tidak membebankan salah satu pihak dan mencari jalan keluar terbaik yang membuat semua orang nyaman.

7. Perhatian pada Orang Sekitarnya

Orang dengan golongan darah A adalah sosok yang perhatian pada orang-orang di sekitarnya. Ia tidak akan segan memperhatikan orang lain dan hal ini tidak hanya ia tunjukan pada kekasihnya saja, akan tetapi juga pada teman serta saudaranya.

Ketika berteman atau dekat dengan orang golongan darah A, maka Grameds dapat merasakan kasih sayang yang Ia berikan tidak ada habisnya. Karena sifat inilah, orang-orang di sekitar golongan darah A juga menyayangi mereka.

8. Berpendirian Teguh

Sebagai seorang pemimpin, orang yang dapat dipercaya, serta sosok yang selalu disiplin, golongan darah A adalah tipe orang yang memiliki pendirian teguh. Ketika memiliki pendapat, maka mereka akan menyampaikan pendapatnya dengan tegas, runtut, dan jelas. Karena mereka yakin bahwa pendapatnya memiliki dasar yang kuat dan alasan yang jelas. Karena hal ini pula, orang dengan golongan darah A biasanya suka mengikuti workshop atau diskusi dengan banyak orang.

9. Pandai Menyembunyikan Perasaan

Meskipun ia suka berada di sekeliling orang-orang yang Ia cintai dan senantiasa menunjukan kasih sayang, akan tetapi orang dengan golongan darah cenderung lebih suka menyembunyikan perasaannya.

Mereka mungkin adalah orang yang peduli dengan orang sekitar dan selalu menanyakan kabar atau perasaan orang lain, akan tetapi ketika orang lain melakukan hal yang sama, mereka justru memilih untuk menyembunyikan apa yang mereka rasakan.

Orang dengan golongan darah A akan terbuka dan berani mengungkapkan perasaan, ketika mereka merasa sudah nyaman serta cukup dekat dengan orang tersebut.

Sifat Negatif Golongan Darah A

sifat golongan darah a
Sumber: Pexels

Golongan darah A sama seperti orang dengan golongan darah lain, selain memiliki sifat positif, mereka juga tidak luput dari kesalahan serta memiliki sifat negatif. Berikut beberapa sifat negatif yang dimiliki oleh golongan darah A.

1. Keras Kepala

Pemilik golongan darah A cenderung dikenal memiliki sifat yang cukup keras kepala. Mereka cenderung sering menunjukan sikap egoisnya pada orang di sekitarnya.

Mereka percaya bahwa pendapatnya memiliki dasar yang jelas dan tidak terbantahkan. Oleh karena itu, mereka juga selalu ingin didengar tanpa mau mendengarkan orang lain.

2. Emosional

Golongan darah A sangat dikenal memiliki sifat negatif satu ini, yaitu emosional. Mereka kesulitan untuk mengendalikan amarahnya. Sehingga ketika ada suatu hal yang membuat dirinya merasa kesal, mereka tidak segan akan meluapkan emosinya saat itu juga.

Sifat negatif satu ini tidak jarang membuat orang di sekitarnya kaget, karena melihat ledakan amarah yang tidak terkendalikan.

3. Mudah Tersinggung

Ciri khas dari seorang golongan darah A adalah teliti serta mendetail. Mereka sangat memperhatikan hal kecil yang dilakukan oleh orang lain pada diri mereka. Sehingga, mereka cenderung lebih mudah tersinggung ketika orang lain memperlakukan dirinya tidak sesuai dengan yang mereka harapkan.

Tidak hanya itu, mereka juga sering memikirkan perkataan serta sikap orang lain secara berlebihan. Sehingga mereka kesulitan memendam perasaan ketika merasa tersinggung atas perkataan maupun sikap orang lain.

4. Pesimis

Pesimis adalah salah satu sifat negatif yang dimiliki oleh orang golongan darah A. Mereka sering merasa kurang percaya diri akan kemampuan yang mereka miliki. Biasanya, sebelum mencoba mereka sering memikirkan kemungkinan gagal yang akan terjadi, alih-alih berusaha mencoba. Karena ini pula, mereka sering mengalami stres akibat memikirkan hal yang belum terjadi.

Itulah sifat golongan darah A dari berbagai aspek hingga sifat negatif dan positifnya. Grameds yang tertarik untuk mengenali kepribadian orang lain atau hal-hal tentang golongan darah, bisa mencari tahu informasinya lebih lanjut dengan membaca buku.

https://www.gramedia.com/products/diet-sehat-golongan-darah-a-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Selain sifat golongan darah A, Grameds bisa membaca buku lain terkait kepribadian seseorang atau aspek lain tentang golongan darah dengan mengunjungi Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.