in

Sifat dan Karakter Zodiak Scorpio yang Kompleks dan Misterius.

pixabay

Bagi kamu yang berzodiak Scorpio, mungkin sudah terbiasa disebut sebagai orang yang misterius, kompleks, atau “lebih dewasa dari usiamu”. Benarkah yang mereka katakan? Apakah sifat dan karakter zodiak Scorpio sama atau justru ada yang berbeda?

Kemisteriusan seorang Scorpio datang dari unsur planet Pluto yang dianggap sebagai lambang bagi hal-hal yang misterius. Di samping itu, zodiak ini memiliki elemen air yang membawa sifat kompleks ke dalam diri Scorpio. Alasannya karena emosi dan perasaan mempunyai pengaruh yang kuat ketika elemen air melakukan sebuah tindakan. Tak ayal orang lain akan kesusahan untuk menebak sikapnya.

Masih ada lagi sifat dan karakter zodiak Scorpio yang harus kamu tahu, apalagi jika kamu sedang memiliki hubungan dengan zodiak berlambang kalajengking ini atau kamu adalah seorang Scorpio itu sendiri.

Sifat umum Seorang Zodiak Scorpio

Secara umum, Scorpio adalah sosok yang terkenal pekerja keras, tekun, dan ambisius. Mereka juga senang membela kaum yang lebih lemah, rendah hati, serta dermawan. Ketika berkaitan dengan keyakinan, Scorpio sangat berpegang teguh pada peraturan dan nilai yang mereka yakini.

Sementara saat berhubungan dengan orang lain, Scorpio justru mudah cemburu dan curiga pada orang lain. Meski begitu, sebenarnya mereka ini tipe yang setia pada pasangan. Mau tahu bagaimana sifat umum zodiak Scorpio yang lainnya? Baca buku Seni Membaca Zodiak karya Claudia Sabrina. Buku ini memberikan jawaban tentang kepercayaan bahwa zodiak dapat memprediksi berbagai hal di kehidupan seorang manusia.

beli sekarang

Karakter positif Zodiak Scorpio

Scorpio terkenal dengan keras kepala namun di saat yang bersamaan mereka juga memiliki banyak sifat positif. Sifat-sifat ini membuat Scorpio sering dipercaya sebagai sahabat yang baik oleh orang-orang di sekitarnya.

1. Gigih dan fokus mencapai tujuan

Pantang menyerah alias gigih adalah salah satu karakteristik Scorpio yang paling terkenal. Ketika mereka menginginkan sesuatu, Scorpio akan terus mengejarnya dan tidak akan setengah-setengah. Bisa dikatakan tidak banyak yang bisa menghentikan mereka dari tujuan yang sudah mereka tetapkan.

2. Berani

Scorpio juga terkenal dengan keberaniannya. Ketika keluarga atau sahabat mereka berada dalam kesulitan, Scorpio tidak akan berpikir dua kali untuk menolong. Sesulit apa pun situasinya, bahkan jika perlu melewati setiap bahaya. Tidak perlu diragukan lagi, Scorpio adalah teman terbaik dalam kesulitan apa pun.

3. Loyal

Mereka yang berzodiak Scorpio sangat sulit memberikan kepercayaan kepada orang lain. Akan tetapi, sekali mereka percaya, Scorpio bisa menjadi sangat loyal. Bahkan bila perlu mendedikasikan sebagian besar kehidupannya untuk orang yang dia percaya.

Inilah yang menjadi “magnet” bagi para Scorpio. Singkatnya, Scorpio bisa menjadi pasangan yang diandalkan juga seorang teman yang sangat setia.

4. Jujur

Scorpio juga sangat jujur. Bahkan bisa jadi terlalu jujur karena mereka selalu mengatakan yang sebenarnya. Baik atau buruk, tanpa memedulikan hal-hal yang tidak penting—seperti perasaan orang lain—baik kepada orang-orang di sekitarnya atau dirinya sendiri.

Jika kamu mencari teman curhat yang baik dan menenangkan hati, sepertinya Scorpio bukan salah satunya. Karena bisa jadi kamu akan disalahkan atau bahkan diceramahi. Tapi Scorpio sangat benci ketika tahu bahwa mereka sedang dibohongi dan tidak bisa mentoleransinya sedikit pun. Oleh sebab itu, Scorpio tidak bisa berteman dengan pembohong.

5. Ambisius

Scorpio juga dikenal memiliki sifat yang ambisius. Mereka menerapkan goals yang tinggi dan berjuang keras untuk mencapainya seorang diri. Scorpio juga biasanya tidak menetapkan batas, atau bahkan tidak melihat ada batasan dalam kehidupannya.

Di samping itu, mereka tidak mau mendengar orang lain menilai bahwa goal yang sudah mereka tetapkan adalah sesuatu yang tidak mungkin.

Karakter negatif Zodiak Scorpio

Scorpio memiliki sifat-sifat negatif yang harus kamu tahu, karena mungkin beberapa diantaranya tidak sesuai dengan harapanmu. Sebagai contoh, mereka merupakan pribadi yang cukup kejam pada orang yang dianggap sebagai musuhnya dan juga pendendam.

1. Jealous (Cemburu)

Scorpio bisa merasakan berbagai hal dengan sangat kuat, termasuk kecemburuan. Mereka biasanya lebih cepat merasakan cemburu. Alasannya karena mereka berpikir bahwa tekad dan kecerdasannya bisa membawa mereka ke apa yang mereka mau.

Mereka juga suka membandingkan pencapaian orang lain dengan dirinya sendiri. Dan perlu kamu ingat, Scorpio sering menganggap segala hal sebagai sebuah kompetisi.

2. Tertutup

Zodiak kalajengking ini tidak pernah menunjukkan hal-hal yang sangat penting kepada orang lain. Terutama jika orang tersebut belum mendapatkan kepercayaan mereka. Meskipun dalam berinteraksi, mereka selalu bersifat jujur.

Hanya saja Scorpio menyembunyikan perasaan, ide-ide, dan rencana yang mereka miliki dari orang lain. Ini dilakukan agar mereka bisa merasa aman jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan—seperti dibohongi. Sayang sekali sifat ini membuat Scorpio merasa kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

3. Pemarah

Scorpio akan merasa sangat marah saat mereka merasa sedang dikhianati. Tidak ada yang bisa melebihi marahnya seorang Scorpio. Bahkan dalam titik tertentu, kemarahan ini bisa menjadi dendam.

4. Pemegang Kendali

Seorang Scorpio menyukai berada dalam posisi yang memegang kendali. Alasannya karena mereka merasa tahu apa yang terbaik dan sering kali ini membuat orang-orang di sekitarnya berada di bawah kendalinya tanpa sadar.

Karena alasan ini pula Scorpio sangat tidak menyukai jika berada dalam kendali orang lain. Sebisa mungkin mereka harus memegang kendali terhadap semua situasi.

5. Keras kepala

Keras kepala dalam arti positif menunjukkan bahwa Scorpio memegang teguh prinsip dan nilai-nilai yang mereka miliki. Akan tetapi, di balik hal itu, mereka juga sulit untuk mengubah pikiran serta ide-ide yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sifat ini membuat mereka fokus pada apa yang mereka sukai dan membuatnya kesulitan mencoba hal-hal yang baru. Bahkan Scorpio kesulitan untuk mengakui nasihat serta sudut pandang dari orang lain.

6. Mudah curiga

Orang yang berzodiak Scorpio tidak mudah percaya dan sering merasa curiga pada orang lain. Bahkan, jika pasangannya ketahuan berbohong Scorpio akan sulit untuk memberikan kepercayaannya kembali.

Mereka lebih menghargai kejujuran daripada permintaan maaf setelah melakukan sebuah kebohongan. Terlebih, Scorpio sulit memberikan kesempatan baru untuk orang-orang yang pernah membuatnya kecewa.

Perbedaan sifat dan karakteristik Zodiak Scorpio pria dan wanita

Sifat umum yang sudah disebutkan di atas bisa ditemukan baik dalam diri pria maupun wanita yang berzodiak Scorpio. Akan tetapi ada juga beberapa hal yang berbeda diantara keduanya. Simak penjelasannya di bawah ini:

Sifat dan karakter zodiak Scorpio wanita

1. Fokus pada detail

Seorang wanita Scorpio biasanya sulit untuk menepis fakta bahwa dia memiliki aura misterius, serta sensualitas yang menjadi “magnet” bagi orang lain. Selain itu, mereka juga bukan tipe yang mudah merasa puas dengan perkenalan semata.

Mereka fokus pada detail, sehingga lebih menghargai perkenalan yang intens dan juga lebih terbuka. Sebagai kompensasinya, mereka akan memberikan perhatian kepada siapa saja yang bisa menyanggupinya.

Ngomong-ngomong soal detail, seorang detektif juga sangat fokus pada detail-detail kecil. Seperti yang diceritakan dalam buku Pembunuhan Zodiak Tokyo (The Tokyo Zodiac Murders) karya Soji Shimada. Kisah tentang seorang detektif eksentrik memecahkan misteri yang tak tersentuh selama 40 tahun.

beli sekarang

2. Erat dengan hal-hal yang berbau magis

Scorpio wanita, memiliki kaitan erat dengan berbagai hal yang berbau magis dan menyeramkan. Bahkan ada istilah “Queens of Underworld” yang disematkan kepada seorang Scorpio wanita. Karena sifat yang kedua ini, mereka bukan termasuk orang yang senang menghindari kerasnya hidup.

3. Super sensitif

Salah satu sifat dan karakter zodiak Scorpio yang paling terlihat adalah super sensitif. Seorang Scorpio wanita bisa merasakan berbagai emosi dengan sangat intens, meskipun tidak semua emosi tersebut diekspresikan kepada orang lain secara terbuka.

Akibatnya, orang lain—utamanya laki-laki—akan kesulitan untuk dapat memahami perasaan mereka. Sering kali ekspresi yang tampak tidak merepresentasikan apa yang sedang para Scorpio wanita rasakan dalam dirinya.

Sifat dan karakter zodiak Scorpio pria

1. Pemberontak

Sangat jarang ditemukan pria Scorpio dengan sifat yang penurut, utamanya pada norma-norma masyarakat dan hal-hal magis. Namun perlu diingat juga bahwa tidak semua Scorpio pria memiliki sifat ini. Bahkan dibalik sifat pemberontaknya, terdapat kehangatan yang menyenangkan.

2. Senang menyendiri

Scorpio pria sangat senang menyendiri dan merenung. Tak jarang mereka merasa overthinking dengan berbagai hal yang terjadi dalam hidupnya, hanya saja tidak banyak yang ditunjukan kepada orang-orang di sekitarnya. Namun di lingkungannya, pria scorpio lebih identik dengan identitasnya sebagai badboy.

Sifat dan karakter zodiak Scorpio dalam sebuah hubungan

Seperti yang kamu tahu, dalam sebuah hubungan Scorpio bisa jadi sangat sulit untuk ditangani terlebih mereka punya sifat tertutup. Karena itu, dengan mengetahui apa yang mereka rasakan bisa membantu kamu menjalin hubungan yang lebih intens. Bahkan mungkin kamu bisa menjadi partner yang jauh lebih baik lagi.

Nah berikut ini sifat dan karakter zodiak Scorpio berdasarkan jenis hubungannya:

Hubungan yang romantis

Dalam sebuah hubungan yang romantis, Scorpio cenderung menjadi tradisional dan mementingkan komitmen yang serius. Mereka memberikan perasaan cinta dan loyal, namun untuk sebuah keromantisan, Scorpio dapat menyerahkan semua yang dia miliki kepada pasangannya.

Karena itu Scorpio juga ingin mengetahui dengan jelas posisi mereka dalam sebuah hubungan. Tidak ada yang ambigu dan abu-abu bagi seorang Scorpio. Serta mereka tidak berkompromi dengan hubungan yang main-main dan manipulasi.

Hubungan yang platonis

Dalam hubungan yang sifatnya platonis, Scorpio akan mencoba mengambil kendali secara natural. Sesuai dengan pengertiannya, hubungan yang platonis adalah hubungan tanpa ketertarikan seksual. Seorang Scorpio yang berada dalam hubungan ini lebih senang dengan perasaan serta intelegensi.

Dalam arti lain, kamu bisa mempunyai hubungan dengan seorang Scorpio melalui kepintaran dan perasaan yang kuat.

Hubungan profesional

Dalam bekerja, sifat seorang Scorpio tidak akan membiarkan apapun menghalangi jalannya. Mereka dapat berkembang dalam pekerjaan karena ada kompetisi yang memicunya. Bahkan bila diperlukan, mereka akan mendorong dirinya untuk melebihi batasnya sendiri untuk mencapai tujuan dan kesuksesan.

Sayangnya, Scorpio juga bisa menjadi seseorang yang licik dan tidak akan menahan diri jika ada sesuatu atau seseorang yang menghalangi rencana mereka.

Tips untuk kamu yang ingin menjalin hubungan dengan seorang Scorpio

Pertama, jujur dan kuatkan diri.

Dua hal ini sangat penting untuk kamu miliki jika ingin berhubungan dengan seorang Scorpio. Kamu harus bisa menunjukkan bahwa kamu mampu bertahan menghadapi mereka dengan segala sifat dan karakternya.

Selain itu, Scorpio juga akan sangat menghargai orang-orang yang jujur dan berani mengatakan semuanya tanpa menahan diri. Karena bagi mereka kejujuran adalah nilai yang sangat penting dan kunci utama dari karakter mereka sendiri.

Bahkan seorang Scorpio bisa menunjukkan perasaan tidak sukanya kepada orang yang senang berbohong tanpa pikir panjang.

Kedua, mau memahami sifat dan karakter mereka.

Jika kamu ingin berhubungan dengan seorang Scorpio, kamu harus bisa memahami sifat dan karakter mereka. Terlebih sifat keras dan senang mengkritiknya. Biar bagaimanapun itu adalah dua sifat umum yang dimiliki zodiak Scorpio.

Belajarlah memahami asal dan penyebab sifat ini karena biasanya yang menjadi penyebab adalah perasaan insecure terhadap diri mereka sendiri atau pun hubungannya.

Ketiga, dukung mereka mencapai tujuannya

Scorpio memang memiliki sifat untuk mendominasi secara natural, namun mereka juga bisa menghormati orang lain. Khususnya orang-orang yang mendukung mereka mencapai tujuannya. Jika kamu bisa mendukung mereka sambil mengejar tujuanmu sendiri, mereka bahkan akan lebih menghormatimu.

Mereka menganggap orang seperti itu setara dengan mereka sendiri dan menghindarkan perasaan superior.

Keempat, bantu mereka mengendalikan egonya

Ego seorang Scorpio bisa menjadi bumerang bagi dirinya sendiri jika dibiarkan begitu saja. Besar kemungkinan ego yang semakin besar membuat mereka menjadi tidak terkendali dan melakukan apa saja untuk memuaskannya.

Kamu bisa menjadi orang yang jujur dan mengingatkan mereka untuk mengendalikan diri sendiri. Namun sampaikan dengan cara yang baik karena Scorpio adalah orang yang sangat sensitif.

Jika kamu ingin mengenal seorang Scorpio lebih jauh lagi, kamu bisa membaca buku #Letmetellyouastory About Zodiac karya Alexander Thian. Alex sering mempelajari karakter manusia melalui zodiaknya. Bagaimana dia melakukannya, ya?

beli sekarang

Saran bagi Scorpio

  1. Tidak semua orang senang dikendalikan setiap waktu. Belajarlah untuk mengontrol apa yang bisa kamu kendalikan, seperti tanggung jawabmu di lingkungan kerja, akan tetapi belajarlah mengurangi kendali dalam hubunganmu dengan orang lain. Buka diri dan pikiran untuk mendengarkan orang lain daripada menjadi orang yang keras kepala.
  2. Jangan merasa takut dengan emosimu sendiri. Mengekspresikan emosi. Kamu adalah orang yang emosional dan senang mengkomunikasikan perasaanmu secara jelas dengan orang-orang di sekitarmu. Hal ini yang akan membantu kamu menjalin hubungan lebih baik dengan orang lain.
  3. Banyak bergaul dengan orang-orang dengan selera humor yang baik. Mungkin selera humor mu cenderung mengarah ke dark jokes—meskipun sebenarnya cukup cerdas juga—namun alangkah lebih baik jika kamu belajar dari orang yang easy going.
  4. Belajar memaafkan juga penting. Kamu hidup tidak sendirian dan tentu saja ada kalanya kamu merasa sakit karena sikap orang lain. Namun kamu bisa memaafkan mereka dan menjaga hubungan yang baik dengan banyak orang.
  5. Rayakan dan hargai kesuksesanmu, namun jangan sampai menyombongkan diri. Kamu bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang kamu anggap penting dalam hidupmu. Dengan begitu kamu bisa menunjukkan bahwa kamu juga peduli orang di sekitarmu.

Wah ternyata kompleks juga ya sifat dan karakter zodiak Scorpio ini. Kalau kamu sedang menjalin hubungan dengannya perlu berhati-hati agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Sampai bertemu kembali di artikel tentang zodiak lainnya Grameds!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq