in

Apa Itu Introvert? Simak Ciri, Sifat & Kepribadian Introvert

Stereotip seseorang terhadap pemilik sifat introvert seringkali dianggap egois, sombong, antisosial, pemalu padahal tidak semua introvert bersifat yang anda pikirkan. Ada beberapa orang sebenarnya dia bukan pemalu, pandai berbicara tetapi  di momen tertentu ia merasa seperti berkepribadian introvert tanpa sadar dan baru bisa memahami seiring berjalannya waktu. Adapun seseorang yang berada di sekitar banyak orang yang dimana ia merasakan dirinya terlihat lelah. Jadi introvert itu seperti apa sih?

Penelitian eksplorasi ini berawal dari Carl Jung yang mendefinisikan introvert sebagai “Energi psikis yang terarah dari dalam diri”. Banyak orang menganggap introvert sebagai introspektif (refleksi diri / merenung), sifat tersebut lebih berkaitan dengan daya imajinasi yang tinggi.

Demikian, kepekaan seseorang juga tidak terkait dengan bagaimana penilaian mereka pada seorang introvert / ekstrovert.

Apa itu Introvert

Introvert (1)

Introvert pada dasarnya adalah seseorang yang suka berada di lingkungan yang tidak begitu ramai, ia membutuhkan waktu sendiri untuk merasa recharge (mendapatkan energi) kembali.

Kebalikannya dengan ekstrovert ketika dia merasa bosan cara untuk me-recharge biasanya ia menyibukan diri dengan mencari keramaian atau bersosialisasi .

Seseorang dilahirkan mempunyai sifat yang berbeda-beda, biasanya kepribadian ini biasanya dipengaruhi oleh faktor keturunan sifat kedua orang tua, lingkungan dan pola asuh. Tetapi jika orang tua, guru dan orang lain mendukung kebaikannya maka ia akan tumbuh dengan rasa percaya diri. Tapi ketika saat merasa diejek, intimidasi atau hal negatif lainnya mungkin seorang introvert ini akan merasa cemas terkadang merasa berpura-pura menjadi bukan dirinya sendiri.

CIRI-CIRI KEPRIBADIAN INTROVERT

Introvert (1)

Untuk mengenal kepribadian introvert secara mendalam, ada beberapa ciri yang sering membuat seseorang tersebut dikatakan introvert, misalnya:

1. Sibuk Sendiri Dengan Waktunya

Hal utama yang paling terasa seorang introvert adalah lebih sering menyendiri, karena disaat sendiri ia merasa lebih bersemangat mengerjakan sesuatu dan fokus dengan apa yang dikerjakannya.

 

Selain itu introvert sering menikmati dan fokus saat ia membaca, menulis, melukis, mendengarkan juga fokus pada imajinasi.  Yang mungkin saja kita tak bayangkan sebelumnya ia  melakukan aktivitas melukis dengan gambaran indah. Terkadang di kegiatan lain ia melakukan pekerjaan secara sendiri agar tidak merepotkan orang lain.

 

2. Menghargai Privasi

Privasi adalah masalah pribadi dan harus dihormati sebaik mungkin. Apapun yang bersifat “privasi” itu memang sangat sensitif, apalagi ketika seseorang bercerita kepadamu mungkin saja kamu adalah bagian yang ia percayai untuk menjadi pendengar baik.

 



Biasanya orang yang mempunyai sifat introvert lebih menjaga privasinya, maka dari itu beruntunglah kamu menjadi pendengar seorang introvert karena kamu mungkin orang yang terpilih sebagai orang yang jujur dan penyimpan rahasia yang baik.

 

3. Memiliki Lingkar Pertemanan Sedikit 

Introvert tidak selalu ingin sendirian di hari-harinya. Mereka mungkin lebih suka pertemanan kecil dan intim dengan orang-orang yang mereka kenal untuk bersosialisasi. Pertemanan seorang introvert bukan karena ia tak ingin banyak teman tapi ia lebih memilih teman yang satu frekuensi (sepemikiran) dan menjaga hubungan pertemanan mereka berkualitas.

 

4. Sensitif, Intropeksi Dan Rasa Ingin Tahu

Introvert memiliki proses pemikiran batin yang sangat aktif yang begitu peka. Itu pun menuntun mereka menuju intropeksi diri dan meneliti hal-hal yang kurang pas. Selain itu rasa pengetahuan yang tinggi menjadi seorang introvert sering banyak mencari informasi melalui membaca, mendengarkan dengan seksama yang membuat dirinya lebih merasa tenang jika mendapatkan jawaban yang puas.

 

5. Suka Mengungkapkan Dengan Cara Menulis Daripada Berbicara

Pikiran yang ada di kepala seorang introvert sering merasa tidak terstruktur ketika akan diucapkan, bisa saja introvert mengungkapkan dengan bicara jika memang sangat perlu dikatakan saat itu “urgent”, tapi salah satu meluruskan isi pikirannya adalah dengan cara menulis. Introvert lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan pemikiran dan pilihan kata, sehingga ia lebih merasa yakin dengan apa yang ada dipikirannya setelah dicurahkan ke dalam buku tulis.

 

6. Bekerja Sendiri

Dalam hal melakukan pekerjaan ia lebih suka bekerja sendiri daripada berkelompok, bukannya tidak ingin bekerja sama hanya saja saat melakukan sendiri lebih fokus dan terperinci. Karena saat menyendiri seorang introvert lebih produktivitas, yang ia sukai dengan cara mengolah pikirannya dengan maksimal dan merasa tenang jika melakukannya sendiri. Meskipun bekerja sendirian seorang introvert selalu menerima pendapat yang sekiranya lebih baik.

 

KEISTIMEWAAN MENJADI SEORANG INTROVERT 

Introvert (1)

Tak ada yang sempurna di dunia ini, pasti ada kekurangan & kelebihan tapi gak usah minder ya! Mulai pahami diri sendiri kelebihan sifat yang ada di diri kamu baik atau buruk, kembangkan menjadi kesan yang positif. Meskipun introvert selalu khas dengan kesendirian yang artinya introvert mempunyai sifat yang mandiri. Selain itu ada beberapa keistimewaan kepribadian introvert yaitu:

 

1. Pemimpin Yang Baik

Biasanya seorang introvert selalu memikirkan jalan keluar yang ia mulai. Mengenali masalahnya, menganalisa dugaan permasalahan, mencari bagaimana memecahkan masalahnya, dan melakukan tindakan nyata.

 

Seperti beberapa tokoh Introvert yang menjadikan inspirasi berpengaruh di dunia seperti Mark Zuckerberg (seorang programer dan pengusaha Internet yang membuat situs jejaring sosial Facebook), Bill Gates (seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft) dan Albert Einstein (penemu teori relativitas & ilmuwan fisika).

 

Siapa sangka penemu dan ilmuwan tersebut adalah seorang introvert, yang memanfaatkan kelebihannya (pikirannya) menjadi suatu hal yang luar biasa.

 

2. Pendengar Yang Baik

Tidak banyak orang bisa menjadi pendengar yang baik, terkadang memang kenyataannya sulit meskipun hanya untuk mendengar, apalagi biasanya sebagian orang yang berkepribadian ekstrovert lebih sering memotong pembicaraan seseorang.



 

Ketika seseorang bercerita,  introvert akan mendengarkan dengan cara seksama, membayangkan, dan berpikir untuk mengolah informasi lalu memberikan respon atau masukan. Maka dari itu introvert cenderung memerlukan waktu untuk memikirkan dahulu pertanyaan sebelum ia menyampaikan pernyataan dan solusi.

 

3. Penulis Yang Hebat

Siapa yang tak asing dengan film fiksi Harry Potter yang sangat terkenal dari masa ke masa? Di balik film Harry Potter ini terdapat penulis yang jenius, imajinatif dengan pemikiran yang luas yaitu J.K Rowling.

 

Tak salah jika banyak nominasi yang ia dapat, detail alur cerita yang ia buat menjadikan film tersebut menjadi imajinasi yang luar biasa para pecinta layar lebar, selain novel Harry Potter ia menulis novel lainnya dengan genre detektif, jauh berbeda dari film Harry Potter itu sendiri, dan siapa sangka nama penulisnya pun memakai nama alias yaitu Robert Galbraith.

J.K Rowling ini seorang yang introvert dengan cara mengembangkan imajinasi dan memaksimalkan potensinya .

 

Lihat Buku Robert Galbraith: https://www.gramedia.com/products/ulat-sutra-the-silkworm

 

Lihat Buku J.K Rowling : https://www.gramedia.com/products/harry-potter-dan-batu-bertuah-ket-cetak-ulang-cover-baru

 

4. Menyukai Hal Sederhana



Mencium aroma petrichor (tanah basah setelah hujan), melihat pelangi yang jarang muncul, mendengar suara cuitan burung di pagi hari mungkin sebagian orang menganggap ini hal yang sepele / sering mengabaikannya.

 

Tetapi introvert sangat senang dan merasa bahagia menemukan keistimewaan yang nyata jika alam bersenandung dan menampilkan keindahan yang alami. Sederhana tetapi menyentuh perasaan membuat introvert merasa bahagia.Selain keistimewaan seorang introvert selalu ada kelemahan di setiap kepribadian, salah satunya yaitu:

 

KELEMAHAN DALAM DIRI INTROVERT

Introvert (1)

1. Lebih Sering Mengalah

Meskipun introvert pemikir yang detail, terkadang ketika suatu ide orang lain menurut dia tidak pas dengan pikirannya akan membuat perbedaan pendapat, karena introvert lebih suka ketenangan agar tidak terjadi adu argumen. Yang akhirnya introvert lebih sering mengalah mendahulukan pikiran orang lain.

 

2. Berpikir Berlebihan (Overthinking) / Cemas

Secara tak sadar introvert selalu memikirkan rumit yang sebenarnya tidak usah dipikirkan, pemikiran akan idenya selalu ingin sempurna tetapi memendam pemikirannya sendiri. Tak salah jika introvert selalu memikirkan jawaban secara gamblang karena takut akan hal komunikasi yang kurang baik (miss communication) apalagi secara verbal. Yang akhirnya malah menjadi bumerang sendiri untuk berpikir keras, hingga ketika jatuh sakit pun ia tidak sadari.

 

3. Gak Enakan

Suatu waktu ketika berniat untuk makan nasi padang di jam istirahat, temanmu memberi saran akan makan soto. Terkadang susah menolak alias “gak enakan” meskipun sudah kamu usulkan untuk makan nasi padang, tetapi temanmu menolak dan tetap ingin beli soto alhasil kamu mengikuti kemauan temanmu. Sebenarnya, tidak masalah jika mengatakan “tidak/tidak mau” yang jadi masalah kebiasaan “gak enakan” yang bikin hatimu tak tenang. Masih banyak hal lainnya yang membuat introvert “gak enakan” biasanya tergantung kondisi.

 

4. Menarik Diri Di Lingkungan Sosial Dan Kurang Banyak Bicara

Seringnya introvert menutup diri dari kehidupan sosial, ia lebih memilih 1-3 hari berdiam diri dirumah daripada bermain dengan kelompok sekolah untuk hangout. Karena sebagai introvert sangat melelahkan jika hanya sekedar berbicara yang tak begitu penting, kecuali berbicara yang sangat penting itupun hanya dengan beberapa orang saja.

Seorang yang introvert cenderung memikirkan poin-poin penting untuk dibicarakan. Meskipun di pikiran banyak kata-kata yang terangkai, introvert tidak terlalu banyak berbicara jika memang harus mengatakan yang tidak penting.

 

BEBERAPA PEKERJAAN YANG COCOK UNTUK SEORANG INTROVERT 

Introvert (1)

Saat mencari pekerjaan, introvert harus mencari posisi yang memungkinkan mereka bekerja secara mandiri, bukan dalam kelompok. Penting juga bagi introvert untuk menemukan pekerjaan yang memungkinkan mereka bekerja di tempat yang tenang, dan mereka diberi kesempatan untuk bekerja dengan orang-orang berpikiran terbuka dan teman pendengar yang baik.

Secara umum, introvert bekerja paling baik jika mereka diberi kesempatan untuk fokus pada satu tugas dalam satu waktu, daripada diminta untuk melakukan banyak tugas dan mengalihkan perhatian mereka di terlalu banyak tempat sekaligus. Ada banyak rekomendasi pekerjaan bagus untuk introvert di luar sana. Dilansir dari wellandgood.com, pekerjaan ini cocok untuk yang mendominasi introvert, pelatih karier Maggie Mistal  dan  Kimberly Lucht, merekomendasikan 10 karier hebat untuk introvert:

 

1.  Akuntan 

berurusan dengan angka setiap hari dan perlu dirinci, sifat introvert yang umum, untuk memastikan pekerjaan itu akurat. Selain itu akuntan harus dapat mengamati keadaan yang selalu berubah-ubah mengikuti perkembangan, karena pekerjaan ini berhubungan dengan sehari-hari.

 

2. Penulis Lepas / Freelance Writer

Hal ini sangat menarik bagi para introvert untuk mengembangkan imajinasinya dan mampu memperbanyak kosakata dalam cerita. Selain itu , introvert lebih cenderung mengekspresikan diri mereka secara tertulis daripada secara verbal. “Introvert biasanya menjadi penulis yang luar biasa, selain itu kemampuan untuk menginformasikan secara detail menjadi kelebihan kepribadian introvert ini” Ucap Lucht.

 

3. Profesional Medis

Mistal merekomendasikan lingkungan medis untuk introvert yang terkendali. Keamanan kerja menjadikan bagian yang pas, dan ruang untuk tumbuh bersama kolega mereka. “Ruang dokter,  dan dokter gigi juga menjadi lingkungan tim yang kecil dengan pasien jangka panjang yang stabil sehingga introvert bisa merasa nyaman dan dengan pertemuan waktu yang fleksibel”,katanya.

 

4. Analis Data

Mistal mengatakan pekerjaan yang berfokus pada “angka, rumus, dan spreadsheet” paling cocok untuk introvert. Jika Anda tidak tertarik untuk berinteraksi dengan orang tetapi senang melihat bagaimana mereka berfungsi melalui Google Analytics, ini bisa menjadi cara yang baik.

 

5. Fotografer Jalanan

Sangat baik untuk introvert yang berpikiran kreatif. menggunakan keterampilan fotografi untuk memotret lanskap yang indah mungkin jauh lebih nyaman daripada dunia fotografi pernikahan yang ramai dan riuh.

 

6. Insinyur

Pemecahan masalah analitis, penelitian, menemukan, dan menganalisis kriteria faktual sangat penting untuk pekerjaan insinyur – ini semua adalah tugas yang biasa introvert.

 

7. Profesional IT

IT membutuhkan pemecahan masalah yang sangat mendetail, teknis, dan rumit yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi dan waktu tenang yang jauh dari gangguan. Seorang introvert sejati akan menikmati kesendirian ini, meningkatkan produktivitas  dalam memecahkan seperti coding syntax.

 

8. Ilmuwan

Bekerja dalam ilmu mungkin memungkinkan pilihan untuk berpikir introvert. Mistal menegaskan bahwa tipe introvert ini bekerja paling baik ketika mereka menggunakan imajinasi, merumuskan hipotesis, dan menyusun konsep.

 

9. Pengusaha

Jika Anda seorang introvert yang berpikir dan terus menunda proyek besar-besaran itu, sekarang bisa menjadi saat yang tepat untuk mewujudkannya. “Introvert, menurut pengalaman saya, juga paling mungkin berhasil menjalankan bisnis dan menjadi bos bagi diri mereka sendiri karena mereka tidak segan-segan melaksanakan proyek sendirian” kata Lucht.

 

10. Asisten Virtual

Posisi yang menggunakan alat seperti internet dan media lain yang menyediakan koneksi sosial tidak langsung adalah teman Anda. “Pekerjaan jarak jauh bagus untuk jenis ini, karena mereka akan menghargai bekerja sendiri dan tidak akan merasa terisolasi,” kata Mistal.

Meskipun 10 rekomendasi pekerjaan diatas tidak hanya untuk  orang-orang introvert, tapi siapapun juga bisa. Apapun pekerjaannya kenyamanan dan ketenangan adalah keuntungan besar bagi siapapun.

 

Kesimpulan Mengenai Kepribadian Introvert

Kepribadian introvert memiliki kecenderungan untuk melihat – meneliti sebelum mereka mengambil keputusan. Membuat keputusan pun tidak mudah, introvert tidak membuat keputusan dengan tergesa-gesa yang artinya introvert cenderung membuat keputusan yang lebih baik. Mereka membalikkan keadaan dalam diri mereka dengan jutaan kali sebelum bergerak maju, untuk memastikan bahwa mereka meminimalkan risiko dan memaksimalkan pilihan yang terbaik.

Dukungan orang tua dapat mendorong mereka untuk menjadi diri mereka sendiri, dan mengajari mereka keterampilan sosial yang baik. Jadi sekarang setelah membaca ini kamu memiliki wawasan tentang apa artinya menjadi seorang introvert. Semoga ini menghilangkan stigma dan stereotip negatif apa pun yang mungkin kamu miliki tentang tipe kepribadian ini.

Selain itu, tidak ada salahnya menjadi seorang introvert. Karena semua yang ada dalam diri ini terdapat sifat yang luar biasa. Jika kalian merasa introvert dan ingin lebih percaya diri, kalian bisa baca buku referensi disini ya :

Kategori : Pengembangan diri

Nama Buku : Aku seorang introver

Lihat Buku: https://www.gramedia.com/products/aku-seorang-introver-bonus-introvert-planner

 

Kategori : Pengembangan diri

Nama Buku : Tak Masalah Jadi Orang Introver

Lihat Buku: https://www.gramedia.com/products/quiet-impact-tak-masalah-jadi-orang-introver

 

Artikel Terkait Mengenai Introvert

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy