in

Arti Circle Pertemanan, Manfaat, dan Ciri Circle Pertemanan

Arti Circle Pertemanan, Manfaat, dan Ciri Circle Pertemanan – Circle pertemanan atau lingkaran pertemanan ternyata mengandung makna lain dibalik kata-katanya. Apabila diterjemahkan, kata circle yang berasal dari bahasa Inggris memang berarti lingkaran. Tapi sebenarnya arti lingkaran di sini memiliki arti yang lebih terbatas dan mendalam.

Arti Circle Pertemanan

Llingkaran pertemanan apabila diterjemahkan secara harfiah bisa berupa

circle pertemanan artinya kelompok atau juga jaringan pertemanan.

sedangkan circle pertemanan di sini memiliki arti yang khusus. Apabila istilah tersebut digunakan dalam konteks pertemanan, berarti lingkaran ini mengacu pada kelompok atau pergaulan yang terbatas. Biasanya kelompok terbatas ini memiliki hobi dan tujuan yang sama. Bisa berupa kesukaan mengoleksi sesuatu, kelompok pecinta olahraga, tanaman, atau bahkan pertemanan karena penyuka kehidupan bebas.

Oleh karena itu, perlu hati-hati dalam memilih circle pertemanan karena bisa saja terjebak pada satu kebiasaan yang negatif. Karena sifatnya yang terbatas, biasanya pertemanan ini menyukai hal yang sama, dan bisa yang positif atau juga negatif. Contohnya seperti bergabung dengan kelompok aliran sesat atau berteman dengan geng yang memiliki pergaulan bebas.

Memang sangat menyenangkan memiliki banyak teman, tapi tetap saja seharusnya jangan asal berteman. Terutama untuk anak-anak baru memasuki usia pubertas harus dipantau pertemanannya. Pada usia ini anak-anak cenderung lebih percaya pada orang di luar rumahnya sendiri, dalam artian pada temannya. Celakanya, anak-anak ini karena usia mudanya jadi kurang pertimbangan ketika membina sebuah hubungan.

Peran orang tua sangat penting dalam memantau dan mengontrol aktivitas mereka. Pada usia puber, anak sangat rentan kondisi psikisnya. Hal tersebut salah satunya disebabkan pula oleh berubahnya hormonal dalam tubuh mereka. Perubahan hormon menyebabkan beberapa bagian dari tubuh juga ikut berubah, juga kondisi emosional mereka yang jadi sensitif atau cepat tersinggung.

Kondisi seperti ini menyebabkan anak rentan terjebak circle pertemanan yang negatif. Apalagi ketika mereka tidak mendapatkan kedekatan di keluarganya. Rasa tidak aman dan ketidakpercayaan anak pada orang lain bisa sangat meningkat karenanya. Akibatnya, anak mencari rasa aman di luar rumah dengan teman-teman yang dianggap mau mengerti keadaan mereka. Masalah terjadi ketika lingkaran pertemanan yang dimasuki ternyata membawa ke jalur yang salah. Sedangkan kondisi psikis anak pada masa puberitas cenderung labil, bisa jadi mereka terjerumus ke dalam pergaulan yang salah.

 

Ciri-ciri Circle Pertemanan

Circle pertemana

Tidak dapat dipungkiri lagi apabila penghargaan terhadap seseorang sangat berpengaruh juga pada lingkungan pergaulan, atau teman-teman yang dimilikinya. Lingkungan pergaulan seseorang sangat mempengaruhi kesuksesannya. Misalnya, orang yang bergaul dengan mereka yang penuh semangat dan sangat produktif pasti akan terpengaruh jadi orang yang penuh percaya diri. Pengaruh teman-temannya akan membuat dirinya berani mencoba dan ingin maju.

Sebaliknya, bila bergaul dengan orang yang cenderung pesimis, maka dia juga akan ikut terpengaruh jadi kurang percaya diri dan tidak mau maju. Circle pertemanan sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Karenanya, sangatlah penting untuk memahami seperti apakah lingkaran pertemanan yang dijalani selama ini. Apa lingkaran pertemanan tersebut berpengaruh baik, atau malah membawa dampak buruk pada anggotanya.

Beberapa poin berikut ini menjelaskan ciri berada dalam sebuah lingkaran pertemanan. Sekaligus bisa dilihat juga apakah lingkaran pertemanan tersebut baik atau buruk.

 

banner-promo-gramedia
  1. Adanya penerimaan pada diri kita

Ketika berada di antara orang-orang yang bisa menerima apa adanya, berarti kita telah ada dalam sebuah lingkaran pertemanan. Teman-teman yang baik tidak akan menuntut teman yang lainnya untuk sekelas dengan diri mereka. Mereka akan menyukai dan menghargai kita apa adanya. Jadi tiap anggota pertemanan ini bisa menjadi diri mereka sendiri.

Circle pertemanan yang baik tidak akan menuntut macam-macam. Tidak perlu mengubah diri menjadi seseorang yang pastinya akan diterima sekaligus disukai. Kita hanya perlu menjadi diri sendiri dan diterima tanpa perlu mengubah apapun.

 

  1. Adanya penghargaan terhadap privasi masing-masing

Pertemanan yang baik akan menghargai ruang pribadi anggotanya. Baik diri kita ataupun teman kita harus memiliki privasi sendiri pada saat membutuhkannya. Ini sangat menguntungkan, karena berarti tidak selalu harus bersama-sama di hampir seluruh waktu. Lingkaran pertemanan seperti ini sangat baik dan berpengaruh positif.

 

  1. Adanya saling pengertian dan mendengarkan satu sama lainnya

Tandanya kita berada dalam lingkaran pertemanan adalah adanya kepedulian dari anggota lainnya. Teman-teman yang baik tidak akan menjadikan dirinya dominan dalam sebuah percakapan. Mereka akan memberikan kesempatan pada kita untuk mencurahkan segala problem dan masalah.

Pertemanan seperti ini mampu menciptakan dialog dua arah dan sangat terbuka. Percakapan seperti ini akan menimbulkan hubungan yang lebih kuat dan seimbang di antara sesama teman. Pertemanan seperti ini membuktikan adanya sebuah lingkaran yang positif.

 

  1. Adanya hubungan saling dukung pada saat kesulitan

Sudah sewajarnya apabila dalam kehidupan ada pasang surutnya. Teman yang baik akan menolong dan mendukung kita melewati masa sulit tersebut. Lingkaran pertemanan yang baik akan selalu siap sedia membantu anggotanya yang butuh pertolongan.

Hal-hal kecil yang menghibur kita pada saat kesulitan dan didapat dari teman-teman adalah ciri berada dalam circle pertemanan yang baik.

 

  1. Akan saling mengingatkan ketika berbuat kesalahan

Sewajarnya apabila tidak semua orang senang diingatkan ketika berbuat kesalahan. Tapi teman yang baik akan menegur dan mengingatkan ketika kita berbuat salah. Mereka akan melakukannya dengan cara yang baik tanpa membuat kesal. Teman yang baik tidak akan membiarkan diri kita merasa benar ketika melakukan hal yang salah.

Lingkar pertemanan yang saling mendukung dan mengingatkan akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Semua ciri-ciri yang telah disebutkan di atas menunjukkan kita berada dalam lingkungan pertemanan yang baik dan positif.

 

Manfaat Dari Circle Pertemanan

Semua orang pasti setuju kalau teman itu memang kita butuhkan. Hanya saja, belum tentu teman yang kita miliki itu sesuai dengan yang diharapkan. Contohnya saja ketika kita sedang dalam kesulitan dia tidak mendukung ataupun bersimpati. Padahal teman yang baik selalu mendampingi dan mendukung kita baik ketika susah maupun senang.

Lingkaran pertemanan yang positif pasti akan membuat kita bertindak dan berpikir positif. Apalagi kalau pertemanan tersebut membawa ke arah produktivitas, hal ini tentu saja sangat baik untuk masa depan. Karena itulah harus diusahakan kita memiliki circle pertemanan yang positif dan bisa menambah produktifitas. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari lingkaran pertemanan yang harus kita miliki.

 

  1. Sebagai jalan menuju kesuksesan

Sudah sewajarnya kalau kita memiliki sebuah tujuan atau cita-cita dalam kehidupan ini. Menjadi sukses akan sangat mudah apabila kita memiliki lingkaran pertemanan yang mendukung dan banyak memberi akses pada link yang dibutuhkan. Pertemanan yang produktif sangat membantu kita mencapai kesuksesan tersebut.

 

banner-promo-gramedia
  1. Memotivasi untuk tidak mudah menyerah

Berada di tengah pertemanan yang aktif dan sangat produktif akan membuatmu terpicu untuk menjadi lebih baik dari yang sekarang. Melihat kesuksesan teman yang lain akan membuat kita ingin mencapai hal sama atau bahkan lebih baik lagi.

Semisalnya sempat gagal juga tidak akan mudah menyerah karena terpicu semangatnya karena melihat kesuksesan teman yang lain. lingkaran pertemanan yang produktif juga akan mendukung kita mencapai hal yang sama.

 

  1. Selalu mendapatkan hal yang positif

Dikutip dari buku bintangtrainer.com, Dalam lingkaran pertemanan yang produktf yang akan didapatkan hanyalah hal-hal baik dan positif. Akan ada banyak hal positif yang diperoleh dan tak terhitung jumahnya. Tentunya hal positif ini akan sangat berguna untuk masa depan.

Agar semua hal tersebut tercapai dibutuhkan sebuah proses yang tidak sebentar. Pada intinya, semua hal yang dilakukan dengan itikad baik pasti akan berbuah hasil yang baik pula. Jangan pernah ragu untuk mencari dan berada di lingkaran pertemanan yang produktif.

 

  1. Akan lebih menghargai waktu

Ketika berada dalam pertemanan yang produktif akan sangat terasa kalau waktu itu sangat dihargai. Karena orang-orang sukses adalah mereka yang menghargai waktu dan pandai mengatur waktu. Oleh karena itu kita juga akan belajar bagaimana caranya mengelola waktu dalam berkegiatan. Cara mengatur waktu yang baik demi mencapai sebuah kesuksesan.

 

  1. Mudah mendapat solusi ketika ada masalah

Setiap orang pasti punya masalah, tapi tidak semua orang bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. salah satu cara mudah melepaskan segala beban dalam hati dan pikiran adalah dengan berbagi cerita pada teman.

Berada di tengah pertemanan yang produktif membuat masalah lebih mudah dipecahkan. Karena lingkaran pertemanan tersebut akan membantu untuk memberi solusi dan memecahkan masalah.

Orang-orang yang sukses biasanya telah terbiasa dalam menghadapi berbagai problem. Karena itulah mereka pasti membantu untuk memecahkan masalah dan mencarikan jalan keluarnya. Circle pertemanan yang produktif akan membantu kamu   dari segi kekuatan mental, dan ini sangat menguntungkan.

Winner Circle

Untuk mendapatkan lingkaran pertemanan yang baik kamu membutuhkan teman-teman yang bisa diajak maju dan sukses bersama. Pertemanan seperti ini disebut juga dengan winner circle. Winner circle berfungsi baik ketika orang-orang di dalamnya dapat diajak bekerja sama.

Apabila orang-orang yang berada dalam winner circle tidak saling cocok, maka lingkaran tersebut tidak dapat berfungsi baik. Malah bisa sebaliknya, yang harusnya berfungsi untuk mendukung agar sukses, malah jadi penghambat. Memang tidak mudah menemukan teman yang dapat dikategorikan sebagai winner circle. Beberapa poin berikut adalah ciri-ciri teman yang baik dan dapat dimasukkan ke dalam winner circle.



 

  1. Sangat mengenal dirimu

Teman yang baik akan sangat mengenal diri kita. Apa kelebihan dan apa kekurangan yang ada pada kita. Mereka akan paham dengan masalah dan hal-hal yang tengah dihadapi, juga paham dengan kemampuan dalam mengatasinya. Teman seperti ini dapat mengarahkan kita ke arah yang tepat.

 

  1. Memiliki sifat yang positif

Orang positif sikapnya dapat menciptakan suasana yang positif juga. Teman-teman seperti ini akan selalu mendukung dan berharap kita melakukan hal yang terbaik. Mereka akan percaya dan berusaha mendukung juga semangat. Selain itu mereka juga akan memberikan bantuan pada saat kita kesulitan.

 

  1. Menerima apa adanya

Teman yang penuh positif adalah yang menerima apa adanya tanpa ada niat menjatuhkan. Mereka pasti menginginkan yang terbaik dan akan menerima kita apa adanya.

 

  1. Pengalaman dalam mencapai kesuksesan

Belajar sukses dari orang yang sukses adalah wajib. Karena banyak yang dapat dipelajari, baik ketika melakukan kesalahan atau pada saat berhasil. Pengalaman mereka dapat dijadikan pelajaran nantinya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

 

  1. Memiliki koneksi yang luas

Salah satu penentu kesuksesan memang koneksi yang luas. Semakin banyak teman yang dikenal, maka semakin banyak pula dukungan yang didapat untuk mencapai sukses. Jika teman winner circle memiliki koneksi yang luas, berarti semakin luas juga kesempatan bertemu orang baru yang dapat diajak kerjasama.

Memiliki winner circle berarti sama dengan punya tim yang solid. Tim yang saling dukung dan memberi manfaat untuk mencapai kesuksesan. Karena itu perbanyak pertemanan dari selagi masih muda, karena semakin dewasa lingkaran pertemanan juga jadi makin mengecil. Apa sebenarnya penyebab lingkaran pertemanan jadi makin mengecil? Mari kita bahas dalam beberapa poin berikut.

 

Alasan Lingkaran Pertemanan Semakin Mengecil

Semakin kita dewasa, semakin kecil juga lingkaran pertemanan yang dimiliki. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena masalah percintaan. Semakin banyak kejadian ketika teman kita tiba-tiba menghilang. Biasanya karena mereka mulai fokus dengan masa depannya. Selain masalah percintaan, ada juga beberapa faktor lainnya yang jadi penyebab lingkaran pertemanan mengecil.

 

  1. Toxic Friend

Toxic friend adalah teman yang tidak memberikan kontribusi atau nilai positif pada pertemanan. Biasanya teman seperti ini hanya membuat stres dan menambah pikiran. Teman seperti ini malah merusak rasa bahagia dan juga kesehatan psikis.

 

  1. Tidak ada tanggapan lebih lanjut

Media sosial saat ini memudahkan dalam menjalin pertemanan. Sahabat akan saling mencari baik yang baru maupun yang lama. Tapi ketika dalam pertemanan saling menyapa terhenti, biasanya jalinan hubungan pun terhenti. Tidak adanya komunikasi jadi penyebab lingkar pertemanan jadi mengecil.

 

  1. Adanya kesibukan yang berbeda

Pada saat sekolah atau kuliah biasanya ada banyak teman yang bisa diajak ngobrol atau nongkrong. Namun semua berubah ketika mulai memasuki masa bekerja, apalagi ketika sudah menikah. Sangat wajar apabila merasa kehilangan teman-teman yang biasanya ada. tetapi semuanya akan bisa dilewati dan jadi normal kembali.

 

  1. Tidak lagi sejalan

Alasan lain lingkaran pertemanan mengecil karena sudah tidak sejalan. Rata-rata seseorang berteman karena memiliki minat yang sama. Saat waktu berjalan pasti ada hal-hal yang membuat minat atau ketertarikan itu berubah. Hal ini yang menyebabkan kamu dan teman tidak punya topik pembicaraan lagi.

 

  1. Punya teman baru

Semakin bertambah usia, semakin luas pula lingkaran pertemanan. Seringkali kita tidak menyadari kalau jalinan pertemanan kita dengan seseorang jadi jauh karena punya teman yang baru. Begitu juga dengan teman-teman yang lainnya.

Poin-poin di atas adalah beberapa alasan kenapa lingkaran pertemanan semakin mengecil ketika usia bertambah dewasa. Hal tersebut wajar terjadi karena memang termasuk ke dalam fase pertemanan. Ada saatnya orang-orang datang dan ramai mengelilingi kita. Kemudian ada saatnya juga mereka pergi dan memiliki kesibukan masing-masing.

Circle pertemanan akan membawa pengaruh positif pada kita apabila lingkarannya sendiri bersifat positif. Yang jadi sulit adalah ketika kita terjebak dalam lingkaran pertemanan yang salah. Pertemanan yang membawa pengaruh negatif pada kehidupan dan produktivitas kita. Lingkaran pertemanan yang baik akan mengarahkan kita menjadi lebih baik dan maju lagi.

 

Buku Terkait Circle Pertemanan

tombol beli buku

Lingkaran Perencanaan adalah sebuah buku pengembangan diri. Seperti yang sudah dijelaskan oleh penulis bukunya, proses perkembangan tidak terkait dengan kesuksesan secara materi. Tentu saja kita memerlukan uang untuk mendukung kehidupan kita, tetapi kekayaan yang berlebihan tidak menambah kepuasan kita akan kehidupan itu sendiri. Rasa aman, damai, dan kesuksesan tidak terkait dengan peningkatan kekayaan secara finansial. Lingkaran Perencanaan mengungkapkan cara untuk membuat hidup Anda lebih bersinar, untuk berkembang, untuk menjalani kehidupan yang memiliki tujuan dan bermakna. Merupakan hak Anda untuk terbangun setiap hari sambil berkata: “Wow, hidup saya sangat luar biasa.” Menemukan hal-hal yang diperlukan untuk memancarkan kegembiraan, kekuatan, dan kedamaian setiap saat setiap hari selama sisa hidup Anda. Anda memiliki hak untuk berkembang. Ketika Anda sudah menguasai Lingkaran ini: sebuah peta pilihan hidup individual yang membentuk kualitas, kepuasan, dan dampak hidup Anda, Anda akan menemukan kepuasan. Kita semua ingin menjalani kehidupan yang bermakna; buku ini membantu untuk membimbing Anda ke jalur pemenuhan dan pemuasan seumur hidup. Berdasarkan penilaian penulis, yang divalidasi secara ilmiah, Lingkaran Perencanaan ini dengan jelas menunjukkan kepada Anda bagaimana mengevaluasi ukuran, kualitas, dan keseimbangan Lingkaran unik Anda saat ini.

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy