in

11 Penyebab Orang Merasa Iri

Membangun hubungan dalam lingkungan sosial tentu tidaklah mudah. Ada kalanya kamu harus menyesuaikan diri terlebih dahulu untuk meraba dan berkenalan dengan lingkungan tersebut. Namun, seiring dengan berjalannya waktu kamu mulai mengenal dan mengetahui tentang lingkungan tersebut dan mulai bisa membuka diri lebih dalam.

Dalam menjalani kehidupan sosial sehari-hari, terkadang kamu akan menemukan perlakuan yang kurang mengenakkan atau membuat kamu merasa tidak nyaman dari orang-orang yang ada di sekitar kamu. 

Pada saat seperti itu, ada pula saat dimana kuping kamu akan terasa sangat panas akibat adanya perkataan dan ucapan dari orang lain yang menyakitkan hatimu. Ucapan tersebut bisa berisi tentang kritikan, hujatan, maupun gosip.

Envy Images | Free Vectors, Stock Photos & PSD

Sumber: Freepik.com

Meskipun lingkungan kamu kamu adalah lingkungan yang termasuk dapat dipercaya dan kamu sayangi. Tak jarang dari mereka yang suka melayangkan ucapan yang sangat menyakiti hati kamu dan membuat orang lain menjadi tidak suka dengan apa yang kamu lakukan.

Namun, tahukah kamu kalau orang yang bersikap seperti itu adalah ciri-ciri dari orang yang iri kepada kamu? Artikel kali ini akan membahas alasan mengapa orang lain bisa merasa iri terhadap kamu dan mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi tidak nyaman tersebut.

Mengapa orang lain bisa merasa tidak senang saat melihat kehidupan yang kamu jalani ini? Padahal kamu sama sekali tidak pernah mengganggu ataupun mengomentari kehidupan mereka bahkan belum pernah mencari masalah dengan mereka. 

Ternyata, ini adalah sebuah fenomena yang sering kali terjadi dalam kehidupan dan hampir dirasakan oleh semua orang loh. Kira-kira, apa yang menjadi penyebab orang lain merasa iri dengan kamu? Mari simak dan pahami penjelasan di bawah ini.

Penyebab Orang Lain Iri Kepada Kamu

1. Orang Hanya Melihat Kamu dari Tampak Luarnya Saja

First impression kadang menjadi sesuatu yang penting untuk beberapa orang. Yap, pasalnya saat ini banyak orang ketika melihat seseorang hanya dari penampilan dan tampak luarnya saja. Hal ini biasa disebut dengan “cover luar”.

Dengan melihat dari tampak luar yang kamu miliki atau kamu kenakan. Seseorang dapat menilai secara langsung dan juga menyimpulkan bagaimana kepribadian dan sikap kamu tanpa mengenal kamu terlebih dahulu.

Melihat dari penilaian yang hanya berdasarkan tampak luar diri kamu, secara tanpa sadar juga akan membuat perasaan iri dan dengki muncul dalam pemikiran seseorang tersebut. Sangat disayangkan jika masih banyak orang-orang di luar sana yang mengadaptasi pemikiran seperti ini.

2. Orang Lain Merasa Tersaingi dengan Keberadaan Kamu

Perasaan iri yang ada pada pemikiran seseorang itu muncul karena dirinya merasa kamu lebih unggul dibandingkan dengan dirinya sendiri. Tanpa sadar orang tersebut mulai merasa tersaingi dengan adanya keberadaan diri kamu di lingkungan sekitarnya.

Sering kali orang yang merasa tersaingi dan iri ini tidak sadar dengan apa yang ia rasakan. Mengapa demikian? Hal ini karena dirinya telah dipenuhi dengan pikiran negatif tentang kamu yang tidak disukai oleh dirinya.

Jadi, beberapa dari mereka akan berpikir bahwa kamu adalah orang yang menyebalkan dan suka menjadi pusat perhatian, sehingga sudah sewajarnya kalau mereka tidak suka dengan dirimu. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. 

Bayang-bayang negatif yang selalu ada dipikirannya lah yang membuat dirinya merasa iri kepadamu.

3. Ingin Menjadi Sama Seperti Dirimu, Tetapi Tidak Bisa

Sikap cemburu adalah salah satu hal yang paling menyiksa perasaan, bukan? Yap, inilah yang dirasakan oleh orang yang iri dengan kamu. Perasaan cemburu yang menghantui dirinya membuat dia menjadi iri terhadap dirimu.

Apa lagi jika ada sesuatu yang tidak dapat dimiliki oleh seseorang tersebut. Kemampuan maupun keterampilan yang kamu punya dan tidak bisa dimiliki olehnya bisa membuat dirinya merasa tercabik-cabik dengan perasaan cemburu tersebut.

Oleh karena itu, seseorang dapat merasa iri kepada kamu dengan semua kemampuan dan keterampilan yang kamu punya, tetapi ia tidak.

4. Merasa Kamu Lebih Tinggi dari Dirinya

Banyak sekali orang yang mengincar posisi ataupun jabatan. Saat merasa ada orang yang lebih tinggi dibandingkan dirinya, maka ia akan merasa iri dan dengki saat melihat kamu. Oleh karena itu, mereka ingin sama seperti kamu, tetapi tidak akan bisa menjadi seperti kamu, karena semua orang berbeda.

Orang yang merasa kamu lebih tinggi dari pada dirinya, bisa jadi adalah orang yang juga sering merasa rendah diri. Namun, ia tidak mau mengembangkan kemampuan dan keterampilannya, serta hanya meratapi keterpurukannya. Makanya, ia hanya dapat merasakan iri terhadap pencapaian kamu.

5. Tidak Suka Saat Melihat Orang Lain Bahagia

Semua orang pastinya ingin merasa bahagia, bukan? Namun, tak jarang di lingkungan sekitar kamu ada yang akan bersikap sebaliknya. Mereka akan sebal dan marah saat melihat orang lain merasa bahagia.

Yap, ini adalah salah satu ciri dari orang yang iri hati. Setiap kali mereka melihat ada orang lain yang mendapatkan kebahagiaan dan kenikmatannya, maka akan ada saja orang yang merasa iri hati dan tidak senang melihat kebahagiaan tersebut. Seharusnya, ia adalah orang yang juga merasakan kebahagiaan agar ia juga bisa mendapatkan kebaikan. 

6. Orang Itu Hanya Menganggap Kamu Adalah Musuhnya

Terkadang, ada saja orang yang tidak menyukai kamu. Apapun alasannya, orang tersebut hanya tidak suka dengan kamu. Sehingga dengan sikapnya yang seperti ini, secara tanpa sadar dan tidak langsung, mereka menganggap kalau kamu adalah musuh dan saingannya.

Dengan menganggap kamu seperti ini, mereka akan menjadikan kamu sebagai seseorang yang menjadi titik penentu untuk perlombaan kehidupan. Bagaimana maksudnya? Yap, perlombaan siapa yang lebih unggul dan menang, serta patut untuk dikalahkan.

Padahal, hal ini tidak berlaku untuk kedua belah pihak. Hanya orang yang merasa iri dengan pencapaian kamu yang akan memiliki pemikiran seperti ini.

7. Tidak Suka Melihat Keberhasilan yang telah Kamu Dapatkan

Di luar sana, banyak sekali orang yang secara tulus merasakan kebahagiaan bersama kamu. Mereka akan turut senang dan gembira atas semua kebahagiaan dan segala pencapaian kamu. Namun, tak semua orang seperti itu.

Ada di antara mereka yang akan merasakan kemarahan saat melihat diri kamu bahagia. Malahan, orang tersebutlah yang dapat berpikir kalau kebahagiaan yang kamu dapatkan itu tidak pantas dan bukan untuk kamu.

Bukankah hal ini sangat menyedihkan? Yap, ini adalah ciri dari orang yang merasa iri dengan kebahagiaan kamu.

8. Selalu Menganggap Remeh

Seseorang yang selalu menganggap buruk dan meremehkan segala hal yang mereka temui, akan timbul di dalam lubuk hatinya perasaan iri dan dengki jika melihat sebuah kebaikan terjadi. Kebaikan tersebut bukan hanya apa yang diterima oleh orang lain. Namun, kebaikan tersebut bisa berupa keberhasilan, kebahagiaan, ataupun kenikmatan yang menimpa diri kamu.

Hal ini menjadi pemicu perasaan iri. Mengapa? Pasalnya, ia tidak terima jika kamu, orang yang diremehkan oleh dirinya malah mendapatkan pencapaian yang lebih baik dari pada dirinya. Oleh karena itu, ia menjadi orang yang iri hati.

9. Tidak Mau Merasa Kalah dan Selalu Berlomba

Ada kalanya perlombaan menjadi sesuatu yang menyenangkan dan menambah semangat. Namun, ada juga orang yang menganggap bahwa perlombaan keberhasilan dan pencapaian menjadi sesuatu yang harus dilakukan oleh dirinya.

Perasaan tidak ingin disaingi dan dikalahkan membuat dirinya merasa kalau kamu tidak layak, sehingga ia menjadi iri terhadap diri kamu. Orang yang bersikap seperti ini juga biasanya memiliki sikap yang angkuh.

Begitulah alasan mengapa orang bisa iri saat melihat kamu, mereka tidak mau kalah dengan kamu dan akan selalu berusaha untuk bisa mengejar kamu agar bisa lebih baik dari diri kamu. 

10. Kamu Memiliki Kelebihan yang Tak Dimiliki Olehnya

Lagi-lagi perasaan iri berangkat dari rasa cemburu seseorang. Dimana dirinya menginginkan sesuatu yang sebenarnya tidak ada pada dirinya. Contohnya adalah kecantikan, kepintaran, dan juga bakat yang dimiliki oleh seseorang.

Semua manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentunya kamu juga diwajibkan untuk selalu bisa merasa bersyukur dengan apa yang telah kamu miliki. Namun, banyak orang yang belum bisa mengontrol emosinya dan termakan oleh perasaan iri. Sehingga dirinya merasa terus tersaingi dan bukan bersyukur.

11. Orang Iri Memiliki Hati Yang Tidak Bersih

Orang dengan hati yang tidak bersih sudah pasti terlihat dengan sangat jelas sifat iri dari dalam dirinya. Ia akan selalu berusaha untuk menunjukkan kelemahan dan kekurangan dari diri kamu menggunakan kata sindiran ataupun juga menggunakan perbuatan yang akan memojokkan diri kamu. 

Mereka memiliki sejuta cara yang dapat membuat orang lain ikut terhasut dengan rasa iri yang dimiliki oleh dirinya.

Nah, itu adalah 11 penyebab dan ciri dari orang yang iri terhadap diri kamu. Sikap dan rasa iri yang ada dalam dirinya, tidak muncul dari ulah kamu yang mengganggunya. Namun, pemikirannya yang selalu tidak mau kalah.

Orang-orang terdekat kamu seperti teman atau pun juga keluarga, bisa saja memiliki rasa iri hati dan kebencian terhadapmu. Janganlah kamu menjadi takut atau bersedih begitu lama sampai berlarut-larut. 

Berikut ini adalah 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi mereka yang sedang iri terhadap diri kamu.

5 Tips Bijak Menghadapi Orang yang Sedang Iri Pada Dirimu 

1. Janganlah Membebani Pikiranmu Dengan Sikap Iri Mereka

Cara yang pertama untuk menghadapi orang yang iri hati terhadap dirimu adalah dengan fokus kepada hal lain yang menjadi prioritas kamu. Kamu tak perlu membuang banyak energi untuk memikirkan mereka yang sedang iri terhadap diri kamu.

Janganlah juga kamu menjadi merasa tidak enak kepada mereka dan membuat diri kamu berhenti belajar dan berkembang. Pikiran dan perasaan mereka adalah sesuatu yang berada di luar kendali dirimu.

Lakukanlah apa yang menjadi prioritas utama kamu saat ini dan fokuslah untuk selalu mencapai wishlist yang sedang kamu impikan ya, Grameds. Jika kamu berlarut-larut dengan memikirkan orang lain, kamu akan menjadi tidak fokus dan gusar.

2. Jalani Hari-harimu dengan Sangat Luar Biasa 

Tidak perlu merasa gusar dan menjadi berhenti berkembang. Jika mereka merasa iri kepada diri kamu, maka tunjukkan kepada mereka bahwa kamu memang pantas berada di posisi saat ini. Janganlah karena perasaan dan sikap mereka membuat kamu menjadi terbebani.

Sehingga pencapaian kamu menurun. Justru hal inilah yang diinginkan oleh mereka yang iri. Dengan merosotnya kemampuan kamu, mereka akan semakin menilai bahwa kamu memang tidak pantas. Jadi, lakukan yang terbaik dan jalani hari-hari kamu dengan perasaan bangga dan bahagia yang luar biasa ya.

3. Jauhi Orang Yang Membenci dan Tidak Suka dengan Kamu

Tahukah kamu jika lingkungan pertemanan, pekerjaan, dan lain-lainnya adalah hal yang dapat memengaruhi diri kamu? Jika kamu terjun ke dalam lingkungan yang negatif, maka secara tanpa sadar kamu akan menjadi serupa dengan mereka.

Namun, jika kamu berada dilingkungan yang positif dan memiliki niat untuk saling berkembang, maka pertahankanlah jika itu juga membuat kamu menjadi berkembang. Jauhilah lingkungan yang membuat kamu merasa tidak nyaman. Apa lagi jika ada orang yang tidak menyukai dan membenci diri kamu atas semua pencapaian kamu.

Segeralah meninggalkan orang-orang tersebut dan jalanilah hari kamu dengan lebih baik bersama orang yang bisa menerima kamu dengan sepenuh hati.

4.Jangan Mudah untuk Terpancing 

Jika kamu merasa ada yang memancing diri kamu untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan dirimu. Maka, sabarlah dan fokuslah pada apa yang menjadi kebutuhan dan kepentingan kamu saat itu.

Jika mereka mulai keterlaluan dan berlebihan, barulah kamu mengambil tindakan. Jangan buru-buru termakan emosi dan membuat mereka merasa senang karena kamu telah mengambil umpan dari mereka.

Fokuslah kepada diri kamu sendiri dan selalu merefleksikan apa yang baik dan buruk yang telah kamu lakukan, agar kedepannya kamu bisa belajar untuk menjadi orang yang lebih baik.

5. Abaikan Saja Orang-orang Iri Itu

Jika kamu merasa terbebani dengan semua yang mereka rasakan atas diri kamu. Maka, abaikanlah saja mereka. Perasaan cemburu, iri, dan dengki bukanlah sesuatu yang mudah untuk di atasi.

Jika kamu merasa bahwa semua yang kamu lakukan tidak pernah menyakiti dan menyinggung orang tersebut, maka abaikan perasaan mereka dan tetaplah berkembang dan tunjukkan diri kamu kalau kamu memang pantas untuk merasa bahagia dengan semua usaha dan kerja keras yang belum tentu pernah mereka lihat.

Jadi, jangan mudah untuk terganggu dan selalu fokus ya.

Demikianlah dari artikel yang membahas tentang penyebab, ciri, dan cara menghadapi orang yang iri terhadap diri kamu. Semoga dengan membaca artikel ini, kamu bisa semakin kuat dan tetap melanjutkan kegiatan yang menjadi prioritas kamu tanpa memusingkan perasaan iri yang dirasakan oleh orang lain.

Semoga kamu terbantu dengan semua penjelasan dalam artikel tentang orang yang iri. Selamat membaca, Grameds!

Jika kamu ingin mencari artikel dan buku best seller tentang membangun hubungan dengan orang lain. Kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com loh. Banyak sekali artikel menarik yang dapat membantu kamu untuk menyelesaikan permasalahan yang kamu alami.

Begitupun dengan buku yang tersedia di Gramedia.com. Cukup kunjungi laman dari www.gramedia.com, maka kamu bisa mendapatkan pembelajaran baru dari membaca! Tingkatkan semangat membaca di Indonesia dari hal yang sederhana. Selamat membaca, Grameds!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega