in

Long Distance Relationship (LDR) & Cara Mempertahankannya

PENGERTIAN Long Distance Relationship (LDR)

Sebenarnya di zaman yang modern ini sudah banyak yang mengetahui arti kata dari Long Distance Relationship atau LDR yaitu hubungan jarak jauh antara pasangan kekasih. Perbedaan jarak antara pasangan kekasih membuat mereka jarang bertemu secara langsung.

 

Beberapa orang mengartikan LDR sebagai pasangan yang sedang menjalin hubungan antar negara. Maksudnya, pasangan kekasihnya ada di negara yang berbeda. Namun, ada juga yang mengartikan LDR seperti hubungan antara pasangan kekasih yang berbeda kota, tetapi masih satu negara, seperti Jakarta dan dan Solo.

 

Pasangan yang tidak melakukan hubungan jarak jauh biasanya bisa melakukan pacaran seperti jalan-jalan, nonton bioskop bersama, makan bersama, dan hal-hal lainnya bisa dilakukan secara bersama-sama tanpa harus menunggu waktu lama. Sementara itu, pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh atau LDR tidak bisa melakukan hal secara bersama-sama dalam waktu dekat. Dibutuhkan kesabaran lebih untuk menunggu waktu yang tepat agar dapat berjalan bersama-sama.

 

Ketika teknologi belum semodern sekarang, pasangan yang melakukan hubungan jarak melakukan komunikasi dengan mengirim surat. Mungkin saja, pada waktu itu sudah ada yang sampai hapal kapan waktu surat dari kekasihnya tiba. Meskipun tidak dapat berjumpa secara langsung, tetapi dengan surat keharmonisan hubungan semakin terjaga.

 

Perkembangan teknologi yang semakin maju seharusnya memudahkan pasangan LDR menjaga hubungan agar tetap harmonis. Bisa dikatakan bahwa jarak yang terpisah bukan menjadi hambatan agar hubungan tetap terjalin. Menjaga hubungan agar tetap harmonis dapat dilakukan dengan cara berkomunikasi melalui handphone untuk menelpon, berkirim pesan, atau video call.

 

Rekomendasi Buku Long Distance Relationship

Long distance Relationship

Long distance Relationship

tombol beli buku

Dua Jam perjalanan dari Paris ke Strasbourg memberikanku cukup waktu untuk merenung. untuk apa aku ada di kereta supercepat ini? Apakah ini keputusan yang tepat? Tapi segera aku tersadar bahwa semua pertanyaan konyol itu sudah terlambat. Aku sudah terlanjur duduk manis di kereta ini. Sambil berpura-pura menikmati hamparan bukti hijau luas nan indah di luar sana.

 



LDR: Long Distance Relationship – L’amore di Romeo

LDR: Long Distance Relationship - L'amore di Romeo

tombol beli buku

Cinta abadi tak hanya ada di Roma! Untuk sementara, biarlah Carrie beranggapan begitu. Jadi sekarang, mari lupakan kesedihan dan siap melangkah ke depan! Carrie pun berkenalan dengan kota baru yang siap mengobati luka hatinya, siap memperkenalkan cinta baru untuknya. Nama kota kecil itu adalah Verona… Di tempat yang menjadi saksi kekuatan cinta abadi Romeo dan Juliet itu, Carrie berharap Verona memberinya kesempatan untuk merasakan cinta. L’amore di Romeo—cinta seorang Romeo… Semoga Verona tak mengecewakannya. Semoga ia bisa mengobati hati Carrie. Dan mempertemukan Carrie dengan Romeo-nya…

 

CARA MERAWAT HUBUNGAN LDR

long distance relationship 1

Hal yang sering menjadi pertanyaan pasangan kekasih ketika sedang menjalin hubungan Long Distance Relationship adalah “apakah dia di sana merindukanku juga?” Pertanyaan seperti ini memunculkan rasa ketidakyakinan terhadap pasangannya. Munculnya rasa ketidakyakinan ketika menjalin LDR adalah hal yang wajar asalkan tidak berlebihan. Rasa ketidakyakinan yang berlebih bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya hubungan LDR.

 

Komunikasi yang baik dan melakukan pertemuan yang kalau bisa dilakukan secara rutin dapat dijadikan cara untuk mempertahankan hubungan Long Distance Relationship. Bukan hanya itu, masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempertahankan hubungan LDR. Simak tips mempertahankan hubungan LDR.

1. Jangan Sering Berburuk Sangka

long distance relationship
gambar dari pixabay

 

Hal pertama yang dilakukan ketika memilih menjalin hubungan jarak jauh adalah jangan selalu sering berburuk sangka atau lebih tepatnya berpikir positif terhadap pasangan. Pikiran positif terhadap pasangan akan menghasilkan rasa percaya akan semua hal yang dilakukan pasangannya. Kepercayaan ini bisa dikatakan sebagai salah satu kunci hubungan jarak jauh tetap terjaga.

 

Rasa percaya dalam hubungan sangat penting untuk dilakukan karena dapat membangun rasa cinta lebih dalam. Membangun rasa percaya dapat dilakukan dengan cara memberi kabar tentang keadaan pasangan. Keadaan pasangan yang dimaksud bisa berupa kondisi pekerjaan, kesehatan, tugas kuliah atau skripsi (kalau masih kuliah), dan lain-lain. Dengan menanyakan keadaan, pasangan akan merasa sedang diperhatikan dan menumbuhkan rasa sayang.


2. Harus Memiliki Keyakinan Bahwa Jarak Hanya Sementara

long distance relationship
Gambar dari pixabay

Cara kedua agar hubungan jarak jauh tetap langgeng adalah harus yakin kelak pasti akan hidup bersama tanpa harus menjalin hubungan jarak jauh. Keyakinan ini dapat dibangun dengan harapan karena tanpa harapan sebuah hubungan tidak akan berjalan sesuai harapan atau berpisah di tengah jalan. Harapan dapat dibangun dengan cara meyakini diri sendiri dan pasangan bahwa kita harus bisa menjalin hubungan secara bersama-sama.

 

Jika sudah tumbuh harapan dari diri sendiri dan pasangan, maka akan memunculkan komitmen. Komitmen adalah salah satu syarat supaya hubungan jarak jauh dapat dijalani dengan serius.

 

Untuk mendapatkan keseriusan dalam sebuah hubungan dapat dilakukan dengan cara memikirkan tentang masa depan (bagi yang belum menikah) atau memikirkan tentang keluarga (bagi yang sudah menikah), dengan memikirkan hal seperti itu pasangan dan diri sendiri akan bersungguh-sungguh untuk mencapai keinginan itu bersama-sama.

3. Selalu Memikirkan Hal-Hal Yang Dapat Dilakukan Bersama-Sama

long distance relationship
Gambar dari pixabay

Cara ketiga dalam mempertahankan hubungan jarak jauh yaitu memikirkan hal-hal yang kelak dapat dilakukan bersama-sama. Jarak yang jauh akan memunculkan rasa rindu pada pasangan. Oleh karena itu, sesekali mencari hal-hal yang dapat dilakukan bersama-sama.

 

Melakukan sesuatu dengan pasangan dapat membangun chemistry dari setiap pasangan. Hal yang dapat dilakukan secara bersama-sama seperti saat ada waktu untuk liburan sebaiknya digunakan untuk bertemu dengan pasangan, setelah bertemu pasangan kamu bisa memilih menghabiskan waktu bersama atau pergi berlibur dengan pasangan.



 

Jika tidak ada hari untuk berlibur bersama pasangan dapat melakukan kegiatan bersama seperti menonton film di layanan streaming dan setelah selesai menonton film dilanjut dengan berdiskusi tentang film yang telah selesai ditonton bersama pasangan. Dengan berdiskusi akan membangun sebuah percakapan dan secara tidak langsung menjalin komunikasi terhadap pasangan.

 

Dengan melakukan kegiatan bersama-sama hubungan jarak jauh tidak akan terasa. Maksudnya seolah-olah kita sedang berada di waktu dan tempat yang sama. Sehingga hubungan akan semakin dekat dan menyenangkan karena dapat melakukan kegiatan bersama dengan pasangan.

4. Jalin Komunikasi Secara Rutin

long distance relationship
Gambar dari pixabay

Cara keempat untuk pejuang LDR menjaga hubungannya yaitu melakukan komunikasi secara rutin. Menjaga komunikasi dengan baik dapat menjaga hubungan menjadi lebih harmonis. Sebaiknya ketika melakukan komunikasi bersama pasangan tidak dengan paksaan karena komunikasi yang dilakukan dengan paksaan bisa membuat hubungan dengan pasangan menjadi renggang.

 

Sesibuk-sibuknya kita dalam melakukan pekerjaan atau tugas kuliah (kalau masih kuliah) harus menyempatkan berkomunikasi dengan pasangan. Komunikasi pasangan dapat dilakukan di waktu-waktu  tertentu, seperti waktu istirahat, sebelum tidur, waktu libur, dan masih banyak waktu-waktu lainnya. Temukan dan pilih waktu yang pas dan nyaman ketika berkomunikasi agar hubungan terjaga dan permasalahan dalam hubungan dapat teratasi.

 

Ketika suasana hati dan pikiran sedang kacau sebaiknya jangan melampiaskannya kepada pasangan karena bisa memunculkan permasalahan atau pertengkaran. Alangkah baiknya tenangkan hati dan pikiran terlebih dahulu sebelum melakukan komunikasi jarak jauh.

 

MANFAAT LDR

 

Mungkin ada beberapa orang yang beranggapan bahwa menjalin hubungan LDR adalah sesuatu yang sulit bahkan tidak ada manfaatnya bagi diri sendiri atau pasangan. Namun, ada beberapa hal dalam hubungan Long Distance Relationship yang dapat bermanfaat bagi pasangan LDR. Berikut manfaat-manfaat hubungan LDR bagi diri sendiri atau pasangan.

1. Kualitas dalam berkomunikasi bertambah

long distance relationship
Gambar dari pixabay

Komunikasi yang dilakukan oleh pejuang Long Distance Relationship biasanya lebih berkualitas karena secara tidak langsung ada ikatan batin antar pasangan yang sudah lama tidak bertemu. Bisa dibilang pejuang LDR melepas rindunya dengan cara berkomunikasi melalui smartphone atau alat komunikasi lainnya.

2. Rasa percaya kepada pasangan semakin bertambah

long distance relationship
Gambar dari pixabay

Pejuang LDR akan memiliki rasa percaya terhadap pasangan lebih tinggi. Meskipun tidak bisa bertemu karena jarak, tetapi pasangan LDR tidak akan curiga berlebihan karena mereka mereka tahu rasa curiga berlebihan akan menimbulkan pikiran negatif dan bisa membuat hubungan tidak harmonis.

3. Saling mendoakan 

long distance relationship
Gambar dari pixabay


Manfaat dari LDR selanjutnya adalah saling mendoakan. Pejuang LDR akan selalu berdoa agar pasangannya tetap diberikan yang terbaik dalam melakukan berbagai macam hal begitu pun sebaliknya. Ketika mendoakan kekasihnya kamu tanpa sadar telah mendekatkan diri kepada tuhan. Semoga Tuhan mengabulkan doa-doa bagi kekasih yang menjalin hubungan Long Distance Relationship.

4. Rasa cinta yang semakin kuat

long distance relationship
Gambar dari pixabay

Ketika kamu berjuang untuk mempertahankan sebuah hubungan tanpa disadari rasa cinta itu semakin kuat. Kekuatan cinta yang bertambah akan mengharmoniskan sebuah hubungan terlebih lagi pasangan LDR. Pertahankan kekuatan cinta dengan cara melakukan komunikasi dengan baik dan penuh kasih sayang.

5. Lebih mudah berbagi cerita dengan pasangan 

long distance relationship
Gambar dari pixabay

Terkadang kamu bingung menuangkan rasa unek-unek kepada siapa. Namun, dengan hubungan LDR semua unek-unek seperti mudah dikeluarkan, tetapi harus ada yang diperhatikan saat menyampaikan unek-unek yaitu penyampaiannya harus baik atau tidak dengan marah-marah. Berbagi cerita dapat memunculkan rasa bahagia karena unek-unek yang ada di dalam terpendam bisa tercurahkan.

6. Menjadi pribadi yang lebih mandiri

long distance relationship
Gambar dari pixabay

Berbeda dengan pasangan biasa atau yang tidak LDR dapat melakukan kegiatan secara bersama-sama tanpa harus memikirkan jarak. Sebagai pejuang LDR kamu akan menjadi lebih mandiri karena sudah terbiasa melakukan berbagai aktivitas sendirian tanpa harus ada pasangan. Terkadang diri kamu perlu bahagia meskipun tanpa pasangan didekatmu.

 

KELEMAHAN LDR

Sebenarnya setiap hubungan pasangan kekasih pasti ada manfaat atau keistimewaan dan kelemahan baik itu yang menjalani hubungan Long Distance Relationship atau yang tidak. Namun, jika kamu pejuang LDR pasti akan berusaha mempertahankan hubungan dengan kekasihnya meskipun terpisah dengan jarak. Jadi untuk pejuang LDR sebaiknya mengetahui kelemahan-kelemahan dari hubungan jarak jauh karena dengan mengetahui kelemahan-kelemahan itu akan mencari solusinya. Berikut kelemahan-kelemahan dari hubungan jarak jauh.

1. Biaya yang tidak terjangkau

Hal pertama yang menjadi kelemahan dari hubungan Long Distance Relationship adalah biaya yang cukup mahal ketika ingin bertatap muka dengan pasangan secara langsung. Kamu harus realistis bahwa saat melakukan pertemuan, kamu akan mengeluarkan biaya pulang pergi untuk naik transportasi umum atau kendaraan pribadi dan biaya penginapan. Belum lagi, ada biaya tambahan yang diperlukan ketika sudah bertemu dengan pasangan.

 

Biaya yang tidak terjangkau untuk beberapa orang merupakan kendala terbesar dalam menjalani hubungan khususnya hubungan LDR. Oleh sebab itu, dibutuhkan komitmen yang tinggi dan perjuangan yang lebih untuk mempertahankan hubungan Long distance Relationship.

2. Mudah terjadi kesalahpahaman

Dalam sebuah hubungan, jarak yang jauh dan hanya melakukan komunikasi melalui telepon atau pesan singkat merupakan salah satu penyebab terjadinya kesalahpahaman terhadap pasangan.

 

Hal itu terjadi karena ketika berkomunikasi sering terjadi salah mengartikan apa yang dimaksud dengan pasangan. Bukan hanya itu, kesalahpahaman bisa juga terjadi karena ketika berkomunikasi dengan pasangan suasana hati dalam keadaan yang tidak baik dan tidak bisa membaca bahasa tubuh secara langsung.

 

Pasangan yang menjalani hubungan LDR beda negara lebih susah untuk mengatur jadwal komunikasinya. Dibutuhkan komitmen tinggi agar bisa melakukan komunikasi walau dalam keadaan waktu yang berbeda.

 

Susahnya mengatur jadwal berkomunikasi, salah paham ketika berkomunikasi, dan tidak bisa membaca tubuh secara langsung saat berkomunikasi termasuk ke dalam bagian dari kelemahan LDR. Dalam menjalani hubungan LDR dibutuhkan kesabaran ekstra dan komitmen yang tinggi dalam mengatur jadwal komunikasi agar tidak terjadi kesalahpahaman terhadap pasangan. Kesalahpahaman yang sering terjadi bisa merusak sebuah hubungan dan hal ini harus dihindari supaya hubungan LDR tetap berjalan sesuai yang diharapkan.

3. Tidak bisa bertatap muka secara langsung

Idealnya dalam sebuah hubungan memiliki waktu khusus untuk memilih kegiatan yang bisa dilakukan bersama pasangan seperti makan bersama atau nonton bersama. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan oleh pasangan Long Distance Relationship, jarak yang jauh dan mencari waktu untuk bersama adalah alasan pejuang LDR tidak bisa jalan bersama.

 

Susahnya melakukan kegiatan yang dilakukan secara bersamaan dan jarang melakukan pertemuan secara langsung merupakan kelemahan dari LDR. Dibutuhkan kesabaran yang lebih supaya dapat melakukan pertemuan secara langsung dan bisa melakukan kegiatan seperti makan bersama atau menonton film.

4. Mudah tidak percaya

Hubungan yang dilakukan secara terpisah cenderung memunculkan kecemburuan dan ketidakpercayaan terhadap pasangan. Hal ini mungkin saja terjadi karena ekspektasi kamu tidak sesuai dengan realita.

 

Dengan kata lain, apa yang kamu harapkan terhadap pasangan belum tentu sama dengan keadaan pasangan kamu. Ekspektasi yang tidak sesuai dengan realita bisa menimbulkan rasa kekecewaan yang berlebihan karena belum bisa menerima realita yang ada. Rasa seperti itu sebaiknya dihilangkan karena bisa membuat hubungan menjadi renggang.

 

Pada dasarnya ada rasanya tidak percaya merupakan hal yang wajar asalkan tidak berlebihan dan tidak mengganggu pasangan. Oleh karena itu, memberikan kepercayaan pada pasangan sangatlah penting dan kamu bisa mengurangi ekspektasi yang berlebihan.

5. Tumbuh terpisah atau tidak bisa melihat perkembangan  pasangan

Perbedaan jarak dan jarangnya melakukan pertemuan secara langsung membuat kamu tidak bisa melihat pasangan kamu tumbuh atau tidak bisa melihat perubahan apa saja yang terjadi terhadap pasangan. Terkadang, ada hal yang lebih menyedihkan yaitu pasangan berubah 180 derajat setelah terakhir kali bertemu. Tidak semua pasangan bisa menerima perubahan 180 derajat itu sehingga ada beberapa pasangan yang memilih untuk menyudahi hubungan jarak jauh ini.

 

Lingkungan dan orang baru dalam kehidupan pejuang LDR biasanya akan mempengaruhi perubahan pada pasangan. Sebelum terjadi perubahan 180 derajat, pejuang LDR harus melakukan komunikasi dengan pasangan secara rutin supaya mengetahui keadaan pasangan dan lingkungan dari pasangan.

6. Merasa kesepian 

Kelemahan dari hubungan LDR yang terakhir adalah merasa sendirian dan kesepian. Ketika sedang menjalani hubungan jarak jauh terkadang kamu merasa sendirian atau kesepian.

 

Apalagi melihat teman-teman kamu yang memiliki pasangan bisa jalan bareng tanpa harus memikirkan waktu dan jarak. Rasa kesepian ini perlahan-lahan bisa memunculkan keinginan untuk mengakhiri hubungan dan mencari pasangan baru agar tidak merasa kesepian.

 

Jadi, bagi kamu yang sedang memperjuangkan hubungan LDR alangkah baiknya menghilangkan rasa kesepian ini dengan kegiatan-kegiatan yang dapat menghibur diri sendiri.

 

Kesimpulan Long Distance Relationship

Long Distance Relationship merupakan hubungan jarak jauh yang dilakukan oleh pasangan kekasih. Biasanya hubungan Long Distance Relationship disingkat menjadi LDR. Beberapa orang mengartikan hubungan LDR seperti hubungan jarak jauh yang dijalani oleh pasangan kekasih beda negara, tetapi ada yang mengartikan beda kota dan provinsi termasuk ke dalam hubungan LDR.

 

Ketika menjalani hubungan Long Distance Relationship sebaiknya memperhatikan kelemahan-kelemahan hubungan LDR. Dalam menjalani hubungan LDR dibutuhkan komitmen yang tinggi, kesabaran yang kuat, dan komunikasi yang baik. Dengan ketiga hal itu kecil kemungkinan akan terjadi perpisahan dalam menjalani hubungan LDR.

 

Artikel Terkait Long Distance Relationship

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy