in

Pengertian Kepribadian Ekstrovert, Ciri-Ciri, Kekurangan & Kelebihannya

Tahukah kamu? Bahwa, sifat karakteristik,dan kepribadian setiap orang mempunyai ciri khas yang berbeda? Semakin majunya perkembangan zaman, beberapa psikolog meneliti tentang kepribadian dengan cara memahami perilaku manusia.

Salah satunya adalah pencetus psikologi analitis yaitu Carl Gustav Jung lebih akrab dengan panggilan Carl Jung. Ia mendefinisikan sebagai berikut:

kepribadian adalah keseluruhan akan perasaan, pemikiran dan tingkah laku baik sadar maupun tidak.

Dan Jung mengelompokan kepribadian itu menjadi 2 yaitu, Introvert dan Ekstrovert.

Sebagaimana pemikira Carl Jung, Introvert adalah tipe kepribadian yang lebih cenderung fokus dari dalam dirinya sendiri  dalam perasaan, pemikiran yang membutuhkan lebih sering di ruang sendiri. Dan

Ekstrovert adalah yang berbanding terbalik dari kepribadian introvert

Ekstrovert adalah kepribadian yang lebih cenderung menikmati ruang bebas yang aktif dengan cara bergaul dan suka berbicara dengan orang sekitarnya.

 

Karena itu sifat ekstrovert lebih membuka diri dan aktif dalam situasi sosial. Bagaimana bila kepribadian ekstrovert tidak ada dalam masyarakat? Mungkin saja hidup ini tidak berwarna bukan? Kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang kepribadian ekstrovert di lingkungan sosial.

 

Ciri-Ciri Kepribadian Ekstrovert

Ciri Kepribadian EkstrovertBanyak hal yang disukai seorang ekstrovert, karena ia sangat berperan aktif di lingkungan masyarakat dengan luwes dan lebih percaya diri dibandingkan introvert. Selain itu, masih banyak lagi ciri-ciri bahwa kamu seorang mungkin ekstrovert yaitu:

 

  • Suka Keramaian & Banyak Teman

Saat bertemu dengan orang-orang, ekstrovert sangat antusias dan berbicara dengan santai tanpa memikirkan dahulu apa yang akan menjadi topik pembicaraan (terkadang basa-basi). Berbanding terbalik dengan introvert yang lebih senang saat ia sendiri dan mengurangi pembicaraan yang tidak begitu penting menurutnya.

 

  • Suka Berbicara 

Mengobrol adalah kewajiban seorang ekstrovert, tidak akan pernah habis ide obrolan menyenangkan dengannya. Terkadang rasa penasarannya melewati rasa percaya diri diselingi humor. Seringnya kebanyakan ekstrovert mempunyai kesan humoris , pandai bergaul, cepat adaptasi menyesuaikan diri dilingkungan baru.

 

  • Ramah & Optimis

Selalu ramah kepada siapapun salah satu kelebihan ekstrovert, merasa sangat senang hatinya jika ada yang menemani. Maka dari itu pikiran terbuka yang sering mengawali keramahan kepada orang yang baru dikenal, dan terkadang teman baru tersebut bisa saja menjadi teman yang berkualitas .  Pemikirannya dan pembicaraannya yang selalu optimis untuk meyakinkan diri dan lainnya dalam melihat suatu perkara, meskipun tidak tahu alur kedepannya seperti apa, optimis selalu mengiri sebagian ekstrovert ini.



 

  • Aktif Mengikuti Kegiatan 

Tidak aneh rasanya jika ekstrovert mengikuti kegiatan sosial, karena memang kehidupan yang ia rasa mendukung adalah dalam hidup keramaian. Selain itu ekstrovert merasa senang jika menjadi pusat perhatian. Tak heran public figure kebanyakan memiliki kepribadian ekstrovert, meskipun tidak semuanya.

 

  • Cenderung Cepat Mengambil Keputusan 

Sangat jelas ekstrovert lebih banyak berbicara, terkadang saat mengambil keputusan pun ia asal jawab sebelum dipikirkan jawaban yang terbaik. Dan ia tidak takut untuk mengambil resiko yang ia pilih, karena resiko adalah sebagai tantangan yang harus dihadapi di situasi apapun.

 

  • Percaya Diri

Sangat mudah untuk bisa percaya diri, karena ekstrovert lebih sering berkecimpung di dunia sosial yang penuh dengan keramaian dan perhatian, jarang sekali merasa cemas saat dimanapun berada. Kelebihan ini akan mudahnya saling membuka koneksi baru sesama apa yang ia rasa saling terkoneksi dan membukanya peluang ide dengan adanya kolaborasi.

 

Hal Apa Yang Berpengaruh Pada Ekstrovert?

 

Sebagai kepribadian ekstrovert, ia sering tertarik pada aktivitas aktif seperti olahraga , waktu luang, dan faktor fisik yang menarik orang lain (ketenaran).

Ekstrovert sering dikaitkan dengan keterampilan komunikasi, ambisi, keinginan, dan banyak bicara, yang sangat berperan aktif pada dirinya. Di sisi lain, orang dengan kepribadian ekstrovert  mempunyai kekurangan dalam hal menimbang keputusan .

 

Kelebihan Kepribadian Ekstrovert

Kelebihan Ekstrovert

Kita sudah mengetahui sebagian ciri-ciri sifat ekstrovert.  Apapun  kepribadian seseorang selalu ada kekurangan dan kelebihan. Salah satu kelebihan ekstrovert yaitu :

  • Berpikiran Terbuka

Ekstrovert sangat terbuka untuk saling bertukar pendapat tentang apapun, makanya ia tak pernah kehabisan topik karena setiap pendapat selalu menjadi pertanyaan yang berkembang menjadi lebih baik dan menerima kritik dan saran dari semua orang. Dan keterbukaan ini menjadikan dirinya seorang yang penuh keramahan meskipun hanya pertama kali bertemu.

  • Memandang Orang lain Menjadi Sumber Inspirasi

Karena sangat senang berbicara dengan sekitar, terkadang orang yang tak kenal saat berada disuatu tempat pun ia ajak bicara, tanpa sadar mungkin waktu berjalan seperti 5 menit padahal sudah berbicara 1 jam. Dan rasa penasaran yang tinggi, hingga tak menyadari berbicara hingga ke berbagai topik pembahasan lainnya, dan terkadang pemikiran ekstrovert menjadikan orang-orang tersebut sebagai pembawa inspirasi.

  • Menghibur Orang Lain

Mendadak menjadi seorang yang menghibur ketika kehabisan topik adalah bukan hal yang sulit untuk ekstrovert. Karena ia sangat sering berkumpul dengan orang-orang yang mungkin mempunyai selera humor yang sama, terkadang ekstrovert sangat kreatif untuk mengembangkan “jokes” menjadi orang lain terhibur.

  • Memperluas Pertemanan

Karena menurut ekstrovert terlalu banyak menyendiri akan merasa dirinya tertekan dan tidak nyaman, salah satu jalan keluarnya adalah berinteraksi dengan orang-orang akan membuatnya lebih merasa lega, meskipun ia berbicara dengan orang yang tidak dikenal.

 

Dan lebih merasa mendapatkan energi ketika saat berkumpul dengan orang-orang. Karena “charge” seorang ekstrovert itu saat berkumpul, berbanding terbalik dengan introvert “charge diri” yang lebih nyaman  berada dalam kesendirian.

  • Menjadi Komunikator Emosional

Seorang ekstrovert bisa jadi logis dan rasional, tetapi ia juga cenderung berkomunikasi dengan cara yang lebih emosional & intens. Salah satu kelebihan inilah nilai tambah untuk seorang ekstrovert akan dengan karir yang lebih baik. Mampu bernegosiasi secara santai namun pasti. Terkadang banyak pikiran lawan bicara bahwa dia memberikan ucapan yang berkesan, padahal ekstrovert ini tidak berniat memberi kesan. (hehehe)



 

Kelemahan Kepribadi Ekstrovert

  • Kelemahan Kepribadi Ekstrovert

 

  • Sulit Menjaga Ucapan

Apapun yang ada dipikiran seorang ekstrovert yaitu akan terus berbicara jika ia belum puas mengatakan kejujuran yang nyata, maupun tentang kebaikan atau keburukan. Hanya saja, memang agak sulit ia saring perkataan tersebut, yang sering bahwa ia tak sadar apa yang diucapkan menjadi sebuah perkara kecil yang bisa menjadi masalah besar.

 

  • Sering Ingin Dipuji

Jika kamu mengenal seorang ekstrovert, kalian tahu bahwa mereka senang dipuji di depan umum. Karena ia merasa lebih dihargai di depan umum. Dan mungkin sebagian orang berpikir bahwa ia suka “pamer” dalam hal apapun. Tetapi sebenarnya yang mereka rasakan adalah bangga pada diri sendiri. Orang ekstrovert tidak takut dengan penilai sifat buruknya, terkadang ia acuh dengan pola pikir orang yang iri. Yang penting ia mendapatkan pujian, meskipun dinilai buruk oleh temannya.

 

  • Cepat Bosan

Ekstrovert sering kali menyukai hal baru, tetapi secara tidak jangka panjang. Seringnya, hanya beberapa waktu saja dan cepat berubah ke hal yang baru lainnya. Bagi orang lain mungkin melihat seorang ekstrovert bisa terlihat tidak memiliki jadwal yang teratur, melakukan banyak hal dengan spontan, tetapi alasan itu karena mereka selalu mencari tantangan baru.

 

  • Menyukai Masalah Baru 

Menyukai masalah baru” memang terdengar aneh, tetapi sering terjadi pada kepribadian ekstrovert ini. Mengapa? Karena sebenarnya ekstrovert suka bersuara keras (vocal) dan bangga dengan apapun yang ia lakukan mau itu baik ataupun buruk. Memang “keras kepala”, tetapi disisi lain ekstrovert itu suka masalah untuk menemukan solusi baru.

Dan ini membantu ia memecahkan masalah dengan cara yang positif, seperti : saat di awal ia akan melampiaskan masalah mereka kepada orang-orang dengan berbicara lantang, lalu mencoba mulai diskusi mencari solusi dengan orang lain, dan terakhir ia akan memilih / meminta nasihat untuk mengambil keputusan yang tepat. Karena, seorang ekstrovert ketika ia mengatakan apa yang mengganjal di hatinya, akan merasa lebih lega.

 

  • Berbohong / Melebih-lebihkan Cerita

Semua orang pernah berbohong baik sengaja maupun tidak, seorang ekstrovert memungkinkan lebih banyak melebih-lebihkan masalah sehingga pesan awal yang seharusnya “A” terkadang tidak tersampaikan sebagaimana mestinya menjadi perbedaan penyampaian. Karena kelebihannya yang banyak bicara terkadang egois dan ingin menang sendiri.

 

Beberapa Jenis Pekerjaan Yang Cocok Untuk Extrovert

 



Karena kepribadian ekstrovert cenderung menyukai berkumpul dan berbicara, mencari koneksi baru, percaya diri, mungkin pekerjaan ini akan cocok dengan kepribadianmu . Dan lebih mengarah pada  kolaborasi untuk mencapai hubungan yang baik, salah satunya adalah:

Pengacara tidak hanya menghabiskan waktunya hanya saat di ruang sidang. Banyak pekerjaan mereka, selain itu bekerja untuk memberikan solusi pada klien, hakim dan kolega, menyelidiki masalah hukum, mengumpulkan bukti, dan menyusun dokumen hukum. Maka dari itu pengacara harus sering berkomunikasi secara intensif bersama klien.

 

  • Bimbingan Konseling 

Pembimbingan konseling ini sangat cocok untuk ekstrovert yang senang menjabarkan dan memberi arahan kepada siswa dan orang tua berkenaan dengan masalah kesehatan, keuangan, psikologis yang akan mempengaruhi kemajuan klien.

 

Konselor terbaik biasanya memiliki sifat ekstrovert, termasuk kemampuan untuk mendengarkan dengan penuh perhatian, berempati dengan masalah klien, dan memecahkan masalah yang kompleks melalui diskusi.

  • Dosen / Guru Bahasa Asing

Semakin majunya perkembangan teknologi, semakin melek peluang masa depan dan pastinya memahami bahasa baru. Profesi guru bahasa dan sastra asing mengajar berbagai macam kursus, dari kursus pengantar bahasa hingga kursus lanjutan dalam sejarah dan budaya sastra.

 

Bahasa umum untuk pengajaran bahasa dan sastra asing selain bahasa Inggris yaitu bahasa Prancis dan Spanyol, dengan permintaan yang meningkat akan  pendalaman bahasa yaitu Bahasa Cina dan Arab. Karier ini ideal untuk orang-orang yang ramah dan percaya diri dengan kecintaan pada bahasa dan sastra.

 

Apakah kamu pecinta hewan? Mungkin menjadi dokter hewan kamu bisa mengembangankan diri sesama makhluk hidup hewan lainya. Dokter hewan adalah dokter yang memberikan perawatan kesehatan pada hewan peliharaan, hewan kebun binatang dan hewan agraria. Dokter hewan biasanya menangani hewan peliharaan di klinik hewan swasta tempat mereka mendiagnosa dan menangani masalah medis.

 

Selain itu, sebagiannya bekerja pada produsen dan pengolah makanan untuk memastikan keamanan sumber hewan dan prosedur inspeksi. Kandidat dokter hewan harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan empati, pola pikir yang berorientasi pada detail, rasa akuntabilitas yang mandiri, dan kasih sayang yang mendalam terhadap hewan dan pemiliknya. Karir ini sangat bagus untuk para pecinta hewan.

 

Psikiater adalah dokter spesial dalam mendiagnosis, mencegah, mempelajari, dan mengobati gangguan mental, emosional, atau perilaku psikologi. Psikiater harus bisa menjadi pendengar dan komunikator yang sangat baik dan memiliki kemampuan untuk bekerja dengan berbagai macam sifat orang yang tidak bisa kita tebak.

 

Mungkin ini akan menjadi sebuah tantangan ekstrovert. Tugas sehari-hari psikiater termasuk menganalisis data pasien dan mendiagnosis sifat dan tingkat gangguan serta meresepkan, mengarahkan, dan memberikan perawatan.

  • Presenter / Pembawa Acara 

Tidak hanya di televisi tetapi pembawa acara sering terlihat di berbagai event formal / non formal yang sangat penting karena ia memimpin berjalannya acara dengan menyampaikan struktur acara yang terkadang diselingi dengan lelucon ringan, seringnya lelucon ini terbawa dari alam bawah sadar dari seorang ekstrovert.

 

Menjelaskan informasi tentang perusahaan dan menjawab pertanyaan para pelanggan yang dimana setiap harinya selalu bertemu dengan orang baru, untuk menjawab, memecahkan masalah, membangun masukan kritik dan saran para pelanggan. Customer service sangat mengandalkan kepribadian introvert dengan bertemu banyak orang, aktif melakukan memasarkan produk dengan penuh semangat.

 

Hubungan masyarakat ini berperan menjadi sebagai jembatan komunikasi dengan menciptakan dan memelihara citra hubungan yang baik untuk atasan atau klien mereka. Pekerjaan sehari-hari mereka termasuk mengkoordinasikan dan mengembangkan strategi pemasaran, mengarahkan media sosial, menganggarkan uang, dan mengevaluasi peluang kemitraan dengan cara berkomunikasi dengan baik.

 

  • Koreografer

Koreografi  adalah komposisi yang mengatur gerakan tarian dalam urutan yang berbeda untuk menciptakan pertunjukan seni yang unik. Ada banyak jenis koreografi, mulai dari mengajar di ruang kelas hingga melatih aktor untuk drama atau film. Dan orang yang merancang gerakan tarian adalah koreografer.

 

Koreografer biasanya melatih asisten, dan mengajarkan aransemen pertunjukan mereka kepada penari lain. Menjadi koreografer harus menjalin komunikasi yang erat dengan sutradara dan staf produksi lainnya.Ekspresi fisik luar dari tarian bersama dengan elemen sosial yang lain. Banyak sekali kepribadian ekstrovert menciptakan seni gerak yang aktif, mungkin kamu adalah bagian dari koreografer.

 

Jika ingin jalan-jalan, dan senang momen sejarah ini adalah alasan untuk bergabung menjadi pemandu wisata. Pemandu wisata bekerja mendampingi dan memberikan informasi sejarah yang bisa kamu pelajari dengan pengemasan yang unik. Maka dari itu memperasah komunikasi untuk seorang ekstrovert sangat menjadi nilai baik untuk melakukan pengetahuan lebih baik lagi.

Mungkin tadi adalah beberapa referensi  pekerjaan yang cocok untuk orang yang berdominan kepribadian ekstrovert. Tenang, masih banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan, karena ekstrovert lebih fleksibel dan mudah untuk menumbuhkan ide yang baru dan menjadikan suatu dorongan / motivasi untuk terus mengembangkan kelebihan yang ia miliki.

 

Kesimpulan:

Kepribadian ekstrovert adalah orang yang luar biasa. Bersifat baik, ramah, dan impulsif. Banyak yang menyukai seorang ekstrovert karena kepercayaan dirinya yang tinggi, meskipun terkadang menyebalkan, egois dan sering ingin mendapatkan pujian.

Jika kamu adalah bagian dari ekstrovert, kalian luar biasa untuk menjadi seorang leader menyampaikan inovasi / ide yang mungkin tidak sering orang lain lakukan. Meskipun ada sifat buruk dalam kepribadian apapun itu mau ekstrovert / introvert, kalian bisa mengurangi kebiasaan buruk dengan melakukan kegiatan & mengembangkan kegiatan positif yang kalian sukai.

Beberapa buku referensi untuk kamu berkepribadian ekstrovert, agar kamu lebih terarah dan menjadi terinspirasi untuk melakukan hal yang lebih baik:

 

BICARA ITU ADA SENINYA – Oh Su HyangKategori : Pengembangan diri

Nama Buku :  BICARA ITU ADA SENINYA – Oh Su Hyang

Link : https://www.gramedia.com/products/bicara-itu-ada-seninya-hardcover

 

 

BERANI TIDAK DISUKAI – Ichiro Kishimi & Fumitake KogaKategori : Pengembangan diri

Nama Buku :  BERANI TIDAK DISUKAI – Ichiro Kishimi & Fumitake Koga

Link : https://www.gramedia.com/products/berani-tidak-disukai

 

THE POWER OF TALK & BODY LANGUAGE – Abichandra YSKategori : Pengembangan diri

Nama Buku :  THE POWER OF TALK & BODY LANGUAGE – Abichandra YS

Link: https://www.gramedia.com/products/the-power-of-talk-body-language-dahsyatnya-seni-bicara-da

 

THINK GROW & RICH – Napoleon HillKategori : Pengembangan diri

Nama Buku :  THINK GROW & RICH – Napoleon Hill

Link : https://www.gramedia.com/products/think-and-grow-rich-3

 

Artikel Lain Terkait Pengertian Kepribadian Ekstrovert

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy