in

Mengenal Pola Hidup Sederhana, Contoh Hidup Sederhana & Manfaatnya

Pola Hidup Sederhana – Apa pilihan hidupmu saat ini? Kamu masih sulit menjawab pertanyaan tersebut? Bisa jadi kamu masih ragu menentukan pilihan hidup. Pilihan ini tentu bukan pilihan yang mudah, karena setiap manusia memiliki karakter dan perasaan yang berbeda-beda.

Kamu percaya tidak sih, bahwa tidak semua orang ingin hidup mewah, glamor dan populer? Jawabannya ada. Faktanya tidak semua orang ingin hidup mewah dengan segala huru hara di dalamnya.

Apakah pernyataan ini terdengar aneh? Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa orang yang memiliki pemikiran bahwa harta, kekayaan, atau uang bukanlah satu-satunya hal yang membuat mereka bahagia.

Inilah dasar dari mengapa pernyataan itu bisa lahir. Sebagian orang justru memilih hidup biasanya saja namun tetap bahagia dengan apa yang mereka sukai. Nah disinilah pilihan atau cara hidup tidak hanya satu, kamu harus hidup kaya saja, melainkan kamu bisa menjalani kehidupan dengan sederhana, berkecukupan, atau berlebihan. Jadi jangan khawatir atau risau jika saat ini kamu belum memiliki banyak harta atau kaya, kamu tetap memiliki pilihan untuk tetap bahagia.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan hidup sederhana atau istilah hidup minimalis. Saat ini istilah tersebut sudah semakin populer karena perkembangan zaman kian penuh sesak dengan stigma, eksistensi, ambisi yang kurang sehat untuk mental seseorang.

Zaman sekarang orang-orang seolah-olah terlalu berambisi untuk menang. Padahal hidup itu bukan kompetisi, jadi hal itu tidak ada gunanya. Lalu mengapa sekarang kita perlu hidup sederhana? Rupanya hidup sederhana dapat mendatangkan banyak manfaat dalam kehidupan seseorang.

Apakah kamu mulai tertarik untuk hidup sederhana? Meskipun tampak mudah, nyatanya hidup sederhana juga perlu belajar karena mengubah kebiasaan buruk ke baik itu perlu proses dan waktu. Berikut ini adalah penjelasan untuk mengenal hidup sederhana lengkap dengan contoh penerapan dan manfaatnya:

 

MENGENAL APA ITU HIDUP SEDERHANA

Menurut Money Under 30, hidup sederhana atau hidup minimalis merupakan pola hidup yang dijalani dengan tidak berlebihan. Pola hidup sederhana saat ini memang sedang banyak digandrungi orang. Sudah banyak orang yang menganggap sesuatu yang dilakukan dengan berlebih akan memberikan kebahagian kepada mereka.

Konsep hidup sederhana dapat membuat kehidupan seseorang menjadi lebih baik dan efektif. Mengapa demikian? Karena orang yang berupaya melakukan hidup sederhana akan memiliki pola pikir sederhana, tidak rumit untuk menentukan konsep tertentu.

Hal ini lah yang membuat pola hidup sederhana membentuk kualitas hubungan sosial dengan lingkungan sekitar lebih baik. Contohnya kita akan lebih mengenali diri sendiri, menekuni hobi, dan menjadi lebih bersyukur dengan keadaan. Dengan ini, kamu bisa menerima kondisi hidupmu saat ini lebih ikhlas dan bahagia.

Jika kamu memilih hidup sederhana artinya kamu memilih untuk mengenal diri dan menemukan hal-hal yang membuatmu bahagia. Hampir sebagian besar orang menginginkan dan mendambakan hidup bahagia dengan cara mereka sendiri. Dengan cara hidup sederhana, maka kamu sedang memilih pola hidup untuk lebih bahagia.

Hidup sederhana dapat dimulai dari hal kecil di lingkungan terdekat kita. Misalnya mulai dari aktifitas di rumah. Memulai hidup sederhana juga bisa dilakukan secara perlahan dan pelan-pelan.

Hidup Sederhana
Hidup Sederhana

tombol beli buku

gramedia back to kampus

CONTOH PENERAPAN HIDUP SEDERHANA

Setelah mengenal pola hidup sederhana, contoh dan manfaatnya juga perlu kamu pelajari agar bisa memulai hidup sederhana. Berikut ini contoh penerapan hidup sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memulainya:

 

1. Bergaya Sesuai Kemampuan

Cara hidup sederhana yang bisa dilakukan adalah bergaya sesuai dengan kemampuan. Artinya kamu tidak perlu menjadi orang lain cukup menjadi diri sendiri. Gaya hidup sederhana ini bisa kamu lakukan contohnya dalam hal fashion, aksesoris, sampai pembelian hobi atau gaya hidup lain yang tidak terlalu berlebihan. Untuk mengukur batas kemampuan, kamu perlu mengenali dirimu sendiri mengenai kebutuhan atau hanya keinginan saja.

 

2. Selalu Mensyukuri Setiap Pencapaian

Mensyukuri setiap pencapaian dalam hidupmu bisa menjadi contoh hidup sederhana. Sebenarnya hal wajar jika setiap orang mungkin akan berambisi untuk mencapai hal-hal yang lebih besar. Namun ambisiusitas yang berlebihan juga tidak baik untuk pola pikir dan mental seseorang. Mereka seperti ada dalam arena pertandingan dan berkompetisi untuk menang. Pahala hidup seseorang itu bukan untuk berkompetisi dengan orang lain. Hidup sederhana akan membuat seseorang lebih menghargai keberhasilan atau pencapaian dirinya sekecil apapun.

 

3. Jangan Impulsif Saat Membeli Barang

Saat memulai hidup sederhana, hindari hal-hal yang berbau konsumtifitas. Jangan mudah tergiur dengan barang diskon atau barang baru di etalase toko yang tidak kamu butuhkan.  Jika itu merupakan keinginan sesaat maka jangan bersifat impulsivitas. Membeli barang-barang yang sesuai kebutuhan saja dapat lebih menyenangkan saat menggunakan setiap hari karena tidak ada rasa menyesal atau membeli barang yang tidak terlalu bermanfaat.

 

Anda dapat membaca buku mengenai hidup minimalis agar hanya membeli barang-barang yang Anda butuhkan saja.

novel romantis
Perlukah Hidup Minimalis
Perlukah Hidup Minimalis

tombol beli buku

4. Mulai Mengendalikan Diri

Agar sukses melakukan hidup sederhana, kamu perlu mengenali diri sendiri. Minimalist Soul pernah mengungkapkan bahwa ketika seseorang bisa melepaskan ego sendiri, maka dia bisa mengendalikan dan menikmati hidupnya secara nyata. Mengenal diri sendiri akan membantu kamu mengetahui prioritas dan aspek penting dalam hidupmu untuk dilakukan secara efektif dan efisien.

 

5. Mempertimbangkan seberapa Penting Barang Tersebut

Hidup sederhana akan sangat lekat dengan hal mempertimbangkan sesuatu dalam hidupmu. Termasuk barang-barang yang kamu miliki di rumah misalnya, apakah dibutuhkan atau berfungsi dalam hidupmu atau tidak. Kecenderungan ini biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup modernitas yang selalu ingin memiliki barang edisi terbaru atau hal-hal yang sedang tren. Hidup sederhana berarti tidak hanya mengikuti trend barang terbaru tetapi lebih melihat pada fungsi dan kebutuhan dalam kehidupan seseorang.

 

6. Memulai Dari Hal-hal Terkecil

Hidup sederhana bisa dilakukan dari hal-hal kecil yang ada di sekitarmu. Misalnya menyingkirkan barang-barang yang tidak digunakan, mengurangi pikiran negatif untuk hal-hal yang tidak penting, dan mulai melakukan kegiatan atau aktifitas setiap hari dengan ikhlas tanpa paksaan. Hal-hal kecil tersebut mungkin selalu ada dalam keseharianmu sehingga kamu bisa mulai menerapkan pola hidup sederhana dari yang paling sederhana.

 

7. Menikmati Kehidupan Saat Ini

Hidup sederhana bisa kamu lakukan dengan cara menikmati setiap aktivitas yang sedang kamu geluti sekarang. Jika hidup sederhana menjadi pilihan, maka kamu akan melakukan hal-hal yang kamu sukai dan sayangi. Ciptakan setiap pengalaman dalam hidupmu menyenangkan, bahkan jika itu kegagal sekalipun kamu harus tetap menerima karena hal itu juga bagian dari proses hidupmu.  Menikmati hidup berarti juga menghargai setiap kegagalan dalam hidupmu.

 

Buku Hidup Sederhana: Hadir Di Sini & Saat Ini karya  Desi Anwar mengajarkan Anda untuk menikmati proses kehidupan Anda saat ini dan menyadari bahwa hidup Anda bermakna.



Hidup Sederhana: Hadir Di Sini & Saat Ini
Hidup Sederhana: Hadir Di Sini & Saat Ini

tombol beli buku

8. Fokus Dengan Diri Sendiri

Fokus dengan sendiri bukan berarti egois, tetapi kamu menjalani pilihan hidupmu tanpa paksaan orang lain, melainkan pilihan dirimu sendiri. Untuk hidup sederhana seseorang perlu memperhatikan dirinya karena pilihan hidup ini juga dijalankan sesuai dengan kehendak dan tujuannya sendiri.  Contoh penerapannya, kamu bisa mempertimbangkan dirimu sendiri saat memutuskan sesuatu, apakah itu sesuai dengan prinsipmu atau tidak.

 

9. Menjaga Komitmen

Kunci hidup sederhana adalah komitmen karena kebahagiaan atau kedamaian dalam hidup tidak bisa langsung kamu rasakan. Untuk mencapai itu kamu perlu menjaga komitmen untuk kebiasaan baik agar bisa memetik manfaatnya. Hal ini mungkin terdengar sulit dilakukan, namun kamu bisa menjalaninya dengan santai saja. Contohnya selalu membeli stok barang yang habis tanpa tambahan yang berlebihan, merawat perabotan rumah dengan baik, dan sebagainya.

 

10. Memiliki Tujuan Hidup

Hidup sederhana tentu tidak dijalankan tanpa tujuan hidup apapun. Orang memilih jalan hidup yang baik untuk memetik manfaatnya di masa datang. Kamu perlu memiliki tujuan yang jelas ketika memilih hidup sederhana. Hal ini akan terus menjaga motivasimu untuk konsisten melakukan kebiasaan baik. Misalnya kamu ingin hidup sehat, damai, tenang, dan cukup dengan cara hidup sederhana.

 

11. Mengatur Keuangan dengan Bijak

Masalah keuangan pasti erat hubungannya dengan hidup sederhana karena material inilah yang terkadang membuat seseorang menjadi berlebihan. Hidup sederhana bisa diterapkan dalam mengatur uang dalam kehidupanmu dengan bijak. Misalnya menyesuaikan pengeluaran dengan kebutuhan, mulai hidup hemat, mengalokasikan pendapatan untuk menabung, dan menyisihkan pendapatan untuk berbagi atau bersedekah. Hidup sederhana dapat membantu seseorang mengatur keuangannya lebih efektif dan efisien.

 

12. Membuat Skala Prioritas

Cara menerapkan hidup sederhana yang bisa kamu lakukan adalah membuat skala prioritas dalam hidupmu. Skala prioritas yang dimaksud adalah menentukan mana yang kebutuhan dan keinginan dengan parameter terpenting hingga tidak penting dalam kehidupanmu. Skala prioritas akan membuat kamu lebih mudah mencapai tujuan hidup karena telah memiliki rencana yang matang untuk hidup lebih efektif dan efisien.

 

14. Mengurangi dan Menghindari Konflik

Dengan cara menghindari konflik akan kamu bisa memulai hidup sederhana karena tidak mengalami banyak masalah yang justru akan mengganggu hidupmu. Hidup sederhana juga mempertimbangkan hidup yang selaras dengan orang lain. Hubungan yang baik dengan orang lain akan menambah kualitas hidupmu karena merasa lebih damai dan tentram.

 

15. Berbagi Terhadap Sesama

Cara hidup sederhana juga bisa kamu lakukan dengan berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Misalnya membantu orang lain yang terkena musibah, bencana alam, dan sebagainya. Hal ini membuat apa yang kamu miliki bermanfaat untuk orang lain, sehingga meningkatkan keefisienan. Hidup sederhana berarti mencari kebahagian yang lain dari sesuatu yang berlebihan. Dengan berbagi kamu akan membantu sesama agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik.



 

Anda dapat membaca buku Berbagi Bahagia karya  Syakur Yasin untuk lebih memahami berbagi terhadap sesama dari sudut pandang muslim

Berbagi Kebahagiaan
Berbagi Kebahagiaan

tombol beli buku

16. Membuat Pola Pikir Runtut

Ubahlah pola pikirmu untuk memiliki tujuan hidup dengan pemikiran yang terbuka. Hidup sederhana bisa kamu lakukan dengan banyak memikirkan hal-hal baik daripada memikirkan hal-hal keinginan atau ambisimu saja. Pola pikir yang runtut akan membawa kamu untuk lebih memahami kehidupan dan menikmatinya.

 

MANFAAT HIDUP SEDERHANA

Meskipun pola hidup sederhana terlihat mudah dan sepele, namun pola hidup ini membutuhkan keseriusan dan kekonsistenan seseorang untuk berhasil melakukan hidup sederhana.  Hebatnya, kesederhanaan ini justru mendatangkan banyak manfaat bagi seseorang yang menerapkan pola hidup sederhana. Selain bermanfaat bagi diri sendiri, hidup sederhana juga bisa bermanfaat untuk anak-anak dan anggota keluarga lainnya. Berikut ini manfaat hidup sederhana yang bisa kamu rasakan jika konsisten dan berhasil melakukan hidup sederhana:

 

1. Meningkatkan Rasa Syukur

Menerapkan hidup sederhana akan mengajarkan seseorang untuk merasa cukup atas apa yang sudah mereka miliki, sehingga rasa syukur pun tidak akan luput dari orang -orang yang hidup sederhana. Hidup sederhana dengan menerapkan hidup hemat membuat seseorang tidak berlebihan dan lebih mensyukuri nikmat yang mereka miliki sekarang.

 

2. Menambah Sikap Dermawan

Karena tidak ingin hidup berlebihan, hidup sederhana membuat seseorang lebih suka berbagi dan bersedekah. Orang yang hidup sederhana akan merasa senang dan bahagia berbagi kepada kepada orang lain karena kebahagiaan orang lain mampu membuatnya bahagia pula. itulah sebabnya orang yang hidup sederhana memiliki sikap dermawan karena mencari kebahagiaan lain selain dari kekayaan atau uang.

 

3. Memiliki Sistem Pengaturan Keuangan yang Baik 

Gaya hidup sederhana akan sangat mempengaruhimu dalam mengatur keuangan untuk hidup. Orang akan cenderung memiliki sikap selektif dan cermat mengatur keuangannya agar tetap bisa bertahan hidup tanpa berlebihan. Sistem pengaturan keuangan yang baik seperti perilaku hemat dan suka menabung menjadi cerminan baik dalam pola hidup sederhana yang akan bermanfaat di masa yang akan datang.

 

Anda dapat membaca buku Manajemen Keuangan Pribadi Cerdas Mengelola Keuanga karya Diyan Lestari untuk lebih memahami sistem pengaturan keuangan yang baik

Manajemen Keuangan Pribadi Cerdas Mengelola Keuangan
Manajemen Keuangan Pribadi Cerdas Mengelola Keuangan

tombol beli buku

4. Berani Bertanggung Jawab

Bertanggungjawab yang dimaksud adalah sikap menjaga barang-barang yang dibutuhkan dan hati-hati menggunakannya karena mereka tidak memiliki banyak barang dan memastikan keefektifan sesuatu dalam hidupnya.  Hidup sederhana membuat seseorang lebih berani mengambil resiko untuk memilih kebahagiaan lain yang mungkin tidak dipikirkan banyak orang.

 

5. Terhindar dari Stress

Hidup sederhana merupakan kondisi yang sehat bagi mental seseorang. Jika kamu memilih untuk hidup sederhana maka sudah tidak ada ambisi berlebihan yang menguasai dirimu untuk mencapai atau memiliki sesuatu. Pola hidup sederhana secara tidak sadar membuat kamu merasa cukup dan bersyukur. Selain dua hal ini seseorang juga menemukan kebahagian versi dirinya sehingga mereka bisa lebih menikmati hidup.

Anda juga dapat membaca buku 365 Jurus Anti Stress karya Adam Gordon untuk mendapatkan 365 aktifitas pilihan untuk menghindari stress

365 Jurus Anti-Stress
365 Jurus Anti-Stress

tombol beli buku

Nah, itu lah penjelasan lengkap tentang mengenal hidup sederhana, contoh dan manfaatnya. Tidak sulit bukan melakukannya? Meskipun membutuhkan kekonsistenan, hidup sederhana juga kan memberikan banyak manfaat bagi seseorang baik itu secara fisik maupun secara mental.

Gaya hidup yang sedang tren ini mungkin bisa kamu coba, karena kebiasaan baik sayang jika dilewatkan begitu saja. Sebuah tren itu biasanya ada karena kebaruan atau pemecahan masalah terhadap situasi terbaru, sehingga kamu juga bisa bertahan di tengah masalah yang sedang terjadi saat ini.

 

Apakah kamu sudah tertarik ingin hidup sederhana? Agar lebih yakin kamu bisa membaca buku pengembangan diri di www.Gramedia.com unuk lebih memahami tentang hidup sederhana.

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy