in

20 Tips Pola Hidup Bersih dan Sehat Beserta Manfaatnya

20 Tips Pola Hidup Bersih dan Sehat Beserta Manfaatnya – Kebersihan dan kesehatan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dua istilah ini ibarat dua sisi koin yang saling berkaitan. Misalnya orang yang lebih pasti pasti sehat, sedangkan orang yang sehat pasti memiliki pola hidup yang bersih. Dua hal ini akan menjadi sebab akibat dalam keseharian seseorang.

Pasti kamu sepakat jika kesehatan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Itu lah sebabnya beberapa orang akan melakukan apa saja agar bisa hidup sehat. Bagaimana tidak, sehat itu mahal harganya. Bahkan sampai ada istilah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Hal ini menunjukan bahwa kesehatan adalah sesuatu hal yang perlu diperhatikan oleh seseorang.

Apakah kamu sudah menerapkan pola hidup bersih dan sehat? Perlu kamu ketahui bahwa pola hidup bersih dan sehat adalah rutinitas yang penting untuk dilakukan. Meskipun tapak sulit,namun kebiasaan ini akan mendatangkan banyak manfaat baik, dari kesehatan fisik sampai mental seseorang.

Untuk mulai melakukannya, ada baiknya kamu mengenali lebih dahulu apa itu pola hidup bersih dan sehat. Setelah memahami hal itu lakukanlah beberapa tips melakukan pola hidup bersih dan sehat di bawah ini dan dapatkanlah manfaatnya.

MENGENAL POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan perilaku hidup kesehatan yang dilakukan oleh seseorang karena kesadaran pribadi sehingga keluarganya mampu menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan memiliki peran aktif dengan aktivitas masyarakat. Pola hidup bersih dan sehat sebenarnya adalah sebuah upaya untuk menularkan kebiasaan baik untuk kesehatan melalui individu, kelompok, atau masyarakat yang lebih luas.

Tujuan utama melakukan pola hidup bersih dan sehat adalah memulai kebiasaan yang baik dengan meningkatkan kualitas kondisi kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu untuk dampak yang lebih besar. Itulah sebabnya pola hidup bersih dan sehat tidak bisa hanya dilakukan seorang diri melainkan juga melibatkan orang lain untuk sama-sama melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Pola hidup bersih dan sehat tidak bisa hanya dilakukan 1 atau dua kali, 1 hari, 1 minggu, atau 1 bulan saja. Namun pola hidup ini harus dilakukan konsisten karena akan percuma jika pola hidup ini pada akhirnya tidak menjadi kebiasaan. Sehat bukanlah hal instan, jadi kita perlu menjaganya.

Banyak kebiasaan baik yang bisa kamu lakukan untuk memulai pola hidup bersih dan sehat. Bahkan kamu bisa memulainya dari hal-hal kecil yang terkadang kita tidak sadar bahwa itu adalah hal buruk bagi kesehatan kita. Misalnya rajin cuci tangan, banyak air minum air putih, dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini tips pola hidup bersih dan sehat yang bisa dilakukan secara konsisten.

 

TIPS POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Pola Hidup dan Tidur Sehat ala Rasullah Saw
Pola Hidup dan Tidur Sehat ala Rasullah Saw

tombol beli buku

1. Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Kamu bisa memulainya dengan hal-hal kecil atau kebiasaan di rumah. Misalnya rajin mencuci tangan setelah melakukan sesuatu, seperti keluar dari rumah, bermain, memegang benda yang kotor, dan sebagainya. Perhatikan juga pada hal-hal sekitar seperti kebersihan tempat tidur, dapur, pakaian, sepatu, dan hal-hal lain di rumah. Selain di dalam rumah perhatikan pula kebersihan di sekitar lingkunganmu misalnya halaman, got di sekitar rumah, dan beberapa fasilitas umum yang kamu gunakan.

 

2. Memperhatikan Penggunaan Air Bersih

Pastikan air yang kamu gunakan untuk aktivitas setiap hari adalah air bersih. Misalnya air untuk mandi, air untuk masak, minum, dan air-air yang ada dilingkunganmu. Menggunakan air bersih merupakan kunci dari pola hidup bersih dan sehat. Hal ini karena kebutuhan air sangat penting bagi kehidupan seseorang.

 



3. Menggunakan Toilet serta Menjaga Kebersihannya

Toilet menjadi tempat yang sangat berbahaya bagi kesehatan jika tidak dijaga kebersihannya. Hal ini karena toilet adalah sarang kuman yang bisa saya mengganggu kesehatan seseorang jika memperhatikan kebersihannya. Selain faktor kenyamanan, toilet yang bersih juga dapat menjaga kesehatan seseorang agar terhindar dari penyakit. Kamu perlu membersihkan toilet secara rutin karena kuman penyakit dapat mudah berkembang di sana.

 

4. Membasmi Sarang Nyamuk

Nyamuk adalah hewan yang dapat mendatang petaka bagi manusia. Menjaga kebersihan rumah dari jentik-jentik nyamuk dapat kamu lakukan untuk terhindar dari penyakit DBD atau malaria. Rajinlah menguras bak mandi atau genangan air lainnya dan hindari pakaian gantung di ruang terbuka karena hal itu dapat menjadi sarang nyamuk dewasa. Pastikan tidak ada tempat-tempat lembab dirumah yang dapat mengundang nyamuk dan serangga lainnya.

 

5. Memakai Masker Saat Keluar Rumah

Rutin menggunakan masker saat keluar rumah dapat mencegah terhindar dari virus penyakit. Penggunaan masker terbukti efektif mencegah percikan ludah (droplets) untuk menyebar di udara dan menularkan penyakit kepada orang lain melalui saluran pernapasan. Itulah sebabnya menggunakan masker juga bisa melindungi orang lain selain melindungi diri sendiri dari penyakit.

 

6. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Banyak mengkonsumsi air putih dapat meningkatkan kesehatan tubuh karena tubuh kita memerlukan banyak asupan air putih. Air putih adalah cairan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk akan dikeluarkan melalui keringat, urine, uap pernapasan, atau buang air besar. Dalam kondisi atau cuaca tertentu asupan air juga menjadi penting bagi tubuh, yakni 2,7 sampai 3,7 liter per hari.

 

Seikatsu Kaizen: Reformasi Pola Hidup Jepang
Seikatsu Kaizen: Reformasi Pola Hidup Jepang

tombol beli buku

7. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Tidur dan Istirahat yang cukup akan membantu tubuh untuk terjaga kesehatannya karena pada dasarnya tubuh juga memerlukan istirahat. Istirahat yang cukup artinya tidak kurang istirahat dan juga tidak berlebihan. Tidurlah yang cukup sekitar 9 sampai 10 jam perhari dan kurangi waktu begadang agar pola tidur normal. Perlu kamu tahu bahwa istirahat dan tidur yang cukup dapat mencegah penuaan dini.

 

8. Meditasi

Meditasi dapat menjadi kebiasaan baik untuk pola hidup bersih dan sehat dengan cara menenangkan diri dan jiwa. Ketenangan diri sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama kesehatan mental yang akan menjauhkan dari stress yang dapat mendatangkan banyak penyakit dan masalah mental lainnya.

 

9. Olahraga Teratur dan Lakukan dengan Menyenangkan

Olahraga secara teratur dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena dapat menurunkan resiko penyakit, kepadatan tulan, dan menjaga berat badan. Olahraga yang dilakukan tidak perlu olahraga yang sulit dan proper di pusat kebugaran, kamu juga bisa membiasakan olahraga sederhana seperti lari pagi, bersepeda, senam, atau jalan santai. Asal dilakukan secara rutin dan konsisten, berolahraga akan berdampak pada kesehatan tubuh.

 

10. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah jawaban dari kesehatan seseorang. Banyak asupan vitamin dan kandungan gizi lainnya dalam buah dan sayur yang dibutuhkan tubuh. Memiliki segudang manfaat, buah dan sayur rupanya tidak banyak disukai orang. Banyak orang yang tidak menyukai buah dan sayur karena mengolahnya yang susah dan ribet atau tidak terbiasa dengan rasa buah dan sayur karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat.

 

11. Pilih Makanan Berwarna Cerah Sebagai Antioksidan

Sayuran dan buah-buahan yang memiliki warna cerah biasanya mengandung anti oksidan yang tinggi. Antioksidan sangat diperlukan tubuh dan bermanfaat baik untuk menghilangkan dan menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh. Jadi perbanyaklah konsumsi buah dan sayur segar yang berwarna cerah seperti Stroberi, tomat, alpukat, jeruk, selada, sawi dan masih banyak lagi.

Makan Jangan Asal Kenyang Pola Hidup Makan Sehat
Makan Jangan Asal Kenyang Pola Hidup Makan Sehat

tombol beli buku

 



12. Mengurangi Makanan Olahan atau Instan dan Makanan dalam Kaleng

Makanan olahan instan atau makanan kalengan biasanya tidak memiliki banyak kandungan gizi yang diperlukan tubuh. Makanan ini justru akan mendatangkan penyakit jika sering dikonsumsi karena mengandung pengawet dan bahan-bahan lain yang menimbulkan penyakit. Jadi usahakan menghindari makanan instan dan kalengan dengan mengkonsumsinya sesedikit mungkin. Makanan instan atau kalengan biasanya hanya untuk kondisi mendesak saja.

 

13. Mulai Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri dapat bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang. Banyak cara melakukan self love dengan hal-hal sederhana. Misalnya tindak membandingkan pencapaian diri dengan pencapaian orang lain. Kemudian lebih percaya dengan diri sendiri bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Secara tidak langsung dengan mencintai diri sendir seseorang juga akan sadar dengan pentingnya menjaga kesehatan diri.

 

14. Kendalikan Asupan Gula dan Garam

Tubuh harus memiliki asupan gula dan garam yang cukup, jangan sampai berlebihan. Asupan gula dan garam yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit seperti darah tinggi dan diabetes.

 

15. Makan dalam Porsi Cukup

Untuk menjaga kesehatan perlu juga menjaga porsi makan yang cukup. Porsi makanan yang berlebihan justru akan mendatangkan masalah seperti obesitas dan kegemukan yang justru akan mengganggu kesehatan. Pastikan ukuran porsi makan cukup untuk asupan tubuh setiap harinya.  Misalnya berhenti makan jika perut sudah terasa kenyang.

 

16. Mengurangi Makanan Berlemak

Makanan yang berlemak tidaklah sehat untuk tubuh. Makanan berlemak akan mendatangkan banyak penyakit karena lemak membawa bahan-bahan berbahaya bagi tubuh. Jadi kamu bisa mengurangi makanan yang mengandung banyak lemak, contohnya gorengan dan makanan berlemak lainnya.

 

17. Berhenti merokok dan Mengonsumsi Minuman Beralkohol.

Kebiasaan merokok dapat merusak pola hidup bersih dan sehat karena rokok membawa zat berbahaya bagi tubuh. Kebiasaan merokok dapat menyerang kesehatan pernapasan di paru-paru. Mengkonsumsi minuman beralkohol terlalu banyak juga akan merusak sistem pencernaan tubuh dan menimbulkan banyak resiko penyakit.

 

18. Periksa Kesehatan Secara Berkala

Meskipun kamu sudah merasa melakukan polahidu bersih dan sehat, tetapi tetap perlu juga memeriksa kesehatan secara berkala. Beberapa pemeriksaan yang bisa lakukan adalah pemeriksaan fisik ringan, contohnya tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah, dan sebagainya. Selain itu tidak ada salahnya juga jika melakukan medical check up seperti 1 tahun sekali yang meliputi pemeriksaan penunjang medis, laboratorium, atau radiologi.

 

19. Go Organik



Pola hidup Go Organik adalah salah satu upaya pola hidup sehat yang ampuh untuk memulai kebiasaan baik. Go Organik berarti memperhatikan bahan makanan yang bebas dari sintesis, pestisida atau pupuk kimia lainnya, tidak mengandung organisme rekayasa genetika, tidak diproses dengan radiasi, dan mengandung pelarut kimia lainnya. dengan Go Organik akan menjaga seseorang terhindar dari resiko penyakit yang berbahaya lewat makanan.

 

20. Pengelolaan Stress

Pola hidup bersih dan sehat juga harus diimbangin dengan kondisi psikis yang baik. Menjaga pikiran agar selalu positif dapat mengurangi stress. Ada banyak masalah kesehatan yang disebabkan karena pikiran negatif atau terlalu stres. Hal itu membuktikan kesehatan mental juga akan berpengaruh pada kesehatan fisik seseorang.

Agar lebih konsisten dan yakin melakukan pola hidup bersih dan sehat kamu bisa membaca dua buku di di sini . Buku Perilaku Kesehatan dan Resep Hidup Sehat akan memberimu banyak pemahaman akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat. Buku tersebut juga memberikan cara-cara mudah dalam pla hidup bersih dan sehat namun mendatangkan manfaat. Kesadaran menjaga kebersihan dan pola hidup sehat memang tidak bisa datang begitu saja. Kamu perlu melakukan tindakan terlebih dahulu meskipun baru memahaminya dengan cara membaca buku atau mencari referensi lainnya.

 

Perilaku Kesehatan
Perilaku Kesehatan

tombol beli buku

 

Resep Hidup Sehat
Resep Hidup Sehat

tombol beli buku

 

MANFAAT POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Manfaat yang bisa dirasakan jika melakukan pola hidup bersih dan sehat secara konsisten, antara lain sebagai berikut:

 

1. Terhindar dari Berbagai Penyakit

Kebiasaan pola hidup bersih dan sehat akan membuat seseorang terhindar dari penyakit. Orang yang bersih akan dijauhkan dari resiko penyakit bagi kesehatan tubuhnya, terutama penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Setidaknya pola hidup bersih dan sehat akan menjaga seseorang dari hal-hal buruk yang akan mendatangkan penyakit.

 

2. Memaksimalkan Perkembangan Tubuh

Pola hidup bersih dan sehat akan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembah anak karena masa kondisi kesehatan anak-anak sangat mempengaruhi perkembangannya. Contohnya anak akan terhindar dari gangguan stunting jika keluarganya konsisten menjaga kebersihan dan kesehatan. Stunting merupakan gangguan pada kondisi tumbuh kembang anak yang tidak optimal, sehingga berpengaruh pada panjang, berat, dan tinggi badan sang anak secara normal. Gangguan ini bisa dicegah sedini mungkin dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

 

3. Meningkatkan Produktivitas

Pola hidup bersih dan sehat akan membuat seseorang lebih produktif melakukan aktivitas kesehariannya. Hal ini karena mereka memiliki kondisi tubuh yang fit, pikiran yang sehat, dan situasi hati yang baik. Kondisi semacam ini akan meningkatkan performa seseorang untuk melakukan banyak hal dan konsisten melakukan hal-hal baik bagi dirinya.

 

4. Menjaga Kebersihan Tempat Tinggal

Rumah sebagai tempat tinggal pasti akan bersih jika keluarga dalam rumah tersebut menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Hal ini karena seseorang cenderung akan melakukan hal dengan barang yang lebih dekat dengan dirinya terlebih dahulu. Itulah sebabnya orang yang menerapkan pola hidup bersih dan sehat akan memperhatikan kondisi rumah mereka. Apakah nyaman untuk ditinggal atau tidak.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan jika kita berhasil konsisten menjalani pola hidup bersih dan sehat. Kunci keberhasilan dari pola hidup bersih dan sehat memanglah konsisten. Mungkin sebagian orang akan sulit konsisten pada sesuatu hal yang tidak bisa langsung dirasakan manfaatnya, namun kekonsistenan tersebut akan membayarnya.

Jika konsisten itu sulit, mungkin bisa dilakukan sedini mungkin. Misalnya dalam sebuah keluarga diajarkan sedini mungkin kepada anakmu atau adik dan saudaramu untuk membiasakan diri hidup bersih dan sehat.  Ada banyak referensi buku di www.Gramedia.com yang menarik untuk anak-anak. Kamu bisa mulai mengenalkan pola hidup bersih dan sehat melalui cerita-cerita dan petuah-petuah sederhana dalam buku tersebut.

.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy