in

45 Sifat Manusia: Sifat Positif & Sifat Negatif

Sifat Manusia –  Setiap manusia pasti memiliki sifat dalam perjalanan waktunya menjadi dewasa. Dengan beberapa faktor tersebutlah seseorang akan memiliki sifat-sifat, baik sifat manusia yang positif maupun negatif. Itulah sebabnya Grameds pasti tidak selalu bertemu dengan orang yang baik saja, namun tetap ada saja manusia yang memiliki sifat buruk di dunia ini. 

Sifat manusia yang baik atau buruk adalah sebuah kewajaran dimiliki oleh seorang individu karena setiap manusia juga mengalami perjalan hidup yang berbeda-beda. Jadi wajar saja jika manusia memiliki sifat yang berbeda antar individu, baik sifat yang positif maupun negatif. Grameds perlu mengetahui sifat-sifat manusia ini agar lebih memahami kepribadian manusia dan dapat mengenali karakter manusia dalam sebuah sosial tertentu. 

Berikut ini penjelasan tentang sifat manusia yang perlu Grameds ketahui, baik sifat yang positif maupun sifat negatif yang dimiliki oleh manusia: 

SIFAT- SIFAT MANUSIA

Dalam kepribadian seseorang pasti memiliki sisi positif dan negatif. Kita tahu bahwa manusia tidak ada yang sempurna, termasuk dalam hal sifat dan kepribadiannya sebagai makhluk sosial. Manusia bisa baik pada sisi tertentu, namun juga bisa memiliki kekurangan pada sifat yang lain. Berikut ini sifat manusia yang perlu Grameds kenali agar bisa memahami seseorang maupun diri sendiri dalam lingkungan sosial: 

A. Sifat Manusia Yang Positif Dalam Kepribadian Seseorang

1. Bijaksana

Bijaksana adalah salah satu sifat manusia yang positif karena mencerminkan kepribadian lebih damai dan tenang dalam menghadapi suatu masalah. Orang yang memiliki sifat bijaksana cenderung lebih santai menghadapi masalah dan bisa mengambil atau memilih solusi yang tepat untuk dirinya sendiri sekaligus bagi orang lain. Sifat bijaksana di dalamnya memerlukan sifat positif manusia lainnya, seperti bersikap adil, logis, dan tidak hanya mementingkan diri sendiri. 

2. Mandiri

Mandiri adalah sifat positif yang bisa dimiliki manusia dimana pribadi tersebut bisa melakukan beberapa hal tanpa bantuan orang lain atau menyusahkan orang lain. Sifat mandiri biasanya dimiliki seseorang karena orang tersebut memilih untuk melakukan beberapa hal sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain.  

3. Supel Atau Mudah Bergaul

Supel atau mudah bergaul adalah sifat seseorang dalam beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Mudah bergaul berarti seseorang mudah mengenal kondisi lingkungan baru meskipun sebelumnya mungkin asing. Sifat ini menjadi sifat manusia yang positif karena biasanya banyak disukai orang dan menunjukan kepribadian yang baik dan menyenangkan sehingga mudah diterima banyak orang. 

4. Sabar

Sabar tentu merupakan sikap positif jika dimiliki oleh manusia karena dalam kehidupan ini pasti ada saja masalah atau ujian yang menimpa seseorang. Sifat sabar seseorang menggambarkan kepribadian yang lebih tenang, ikhlas untuk menghadapi masalah tertentu dan mencari solusi yang paling tepat untuk hal tersebut. Jika Grameds memiliki sIfat sabar pasti tidak akan mudah marah-marah atau stress saat menghadapi masalah tertentu. 

5. Humoris

Sifat humoris adalah kepribadian seseorang yang positif karena biasanya orang yang humoris memiliki aura yang menyenangkan. Sifat humoris menampilkan kepribadian yang santai, tidak mudah tersinggung karena sering bersikap konyol atau melucu baik untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain. Sikap humoris seseorang biasanya mampu mencairkan suasana saat sedang berkomunikasi dengan orang lain. 

6. Kreatif

Kreatif adalah sifat seseorang yang mampu berpikir hal-hal yang baru dan unik. Kreatif sebenarnya tidak hanya sifat namun juga bakat yang bisa diasah. Itulah sebabnya kreatif termasuk dalam sifat positif karena kepribadian yang kreatif dapat membuat seseorang menjadi lebih produktif dan menjadi dirinya sendiri. 

7. Integritas

Integritas adalah sifat seseorang yang memiliki prinsip moral dan nilai-nilai inti yang kuat dalam mengambil keputusan atau melakukan sesuatu hal. Sifat integritas juga mengandalkan sifat kejujuran, jadi meskipun tidak tampak atau terlihat orang lain, seseorang yang berintegritas akan tetap melakukan hal-hal baik atau sesuai dengan norma tanpa melanggarnya.  

8. Kritis

Kritis adalah sifat seseorang yang tidak mudah percaya dengan sesuatu dan kemudian akan melakukan berbagai upaya untuk membuktikan sesuatu hal yang masih diragukan olehnya. Jika Grameds memiliki sifat kritis, pasti memiliki kepribadian yang penasaran, banyak bertanya, dan banyak belajar dan berpikir untuk menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Itulah sebabnya banyak yang mengatakan bahwa sifat kritis dapat membuat seseorang menjadi pintar dan cerdas. 

9. Idealis

Idealis adalah sebuah sifat seseorang dengan pemikirannya yang kuat terhadap suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar berdasarkan pengalamannya. Sifat idealis bisa dibilang sebuah pendirian untuk mencapai suatu hasil yang maksimal dalam kehidupan seseorang. 

10. Kejujuran

Jujur tentu merupakan sifat positif yang dimiliki seseorang, yakni sifat yang dapat dipercaya karena tidak akan melakukan hal kebohongan. Kejujuran juga tidak akan melanggar norma tertentu meskipun tidak terlihat oleh orang lain. Bersifat jujur juga akan menampilkan kepribadian seseorang yang akan berkata apa adanya kepada orang lain tanpa dibumbui kebohongan. 

banner-promo-gramedia

11. Dermawan

Dermawan termasuk dalam sikap positif yang dimiliki manusia karena kemurahan hatinya untuk memberikan sesutu hal kepada orang lain. Baik berupa harta, benda, atau ilmu kepada orang-orang yang lebih membutuhkan hal tersebut. 

12. Setia

Setia menunjukan sifat loyalitas seseorang terhadap sesuatu untuk tetap bertahan dan tidak beralih ke hal yang lainnya. Contoh sifat setia misalnya setia pada pasangan, pekerjaan, atau sesuatu hal lain. Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi memiliki sifat setia, misalnya rasa suka atau menyayangi hal tersebut. 

13. Hormat

Hormat berarti seseorang bisa menghargai orang lain dengan menunjukan sikap yang baik, sopan, dan menyenangkan. Sifat hormat biasanya muncul dari seseorang karena beberapa faktor, misalnya orang yang dihormati tersebut adalah orang yang disegani, orang penting, seorang tokoh, atau rasa respek terhadap orang tersebut. 

14. Adil

Adil adalah sifat seseorang yang bisa bersikap netral atau tidak pilih kasih dan bisa mengambil keputusan sesuai dengan posri penyelesaian masalah tersebut. Sifat adil yang dimiliki oleh seseorang menunjukan hal positif karena bisa men sikap sesuai kondisi secara merata. 

15. Pemaaf

Pemaaf adalah sikap yang positif karena mudah memaafkan kesalahan orang lain atas dasar sikap ikhlas, sabar, dan menyadari bahwa setiap manusia pasti akan melakukan kesalahan. Orang yang pemaaf biasanya memiliki hati yang besar dan memiliki kepribadian yang lebih santai. 

16. Murah Hati

Murah hati adalah sifat manusia yang positif karena cenderung membuat seseorang mudah membantu orang lain yang sedang membutuhkan dengan ikhlas tanpa meminta balasan. Orang yang memiliki sifat murah hati biasanya memiliki kepribadian empati dan kepedulian yang besar terhadap orang lain.  

17. Sopan

Orang yang memiliki sifat sopan biasanya memiliki pengetahuan tata krama yang baik dan memahami norma-norma yang berlaku pada budaya tertentu. SIfat sopan juga menampilkan kesantunan dan etika pada semua orang sebagi bentuk sikap yang baik dalam bersosial. 

18. Optimis

Optimis adalah sifat positif manusia karena menunjukan upaya seseorang yang tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah atau rintangan untuk menuju cita-cita atau harapan keinginan itu tercapai. Sifat optimis membuat seseorang menjadi lebih kuat dan selalu berfikir positif pada kesempatan-kesempatan yang datang kepadanya agar bisa berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai sesuatu. 

19. Tekun

Sifat tekun adalah bentuk kekonsistenan seseorang dalam melakukan Sesuatu agar bisa mencapai suatu hasil dan tujuan tertentu yang diinginkannya. Ketekunan juga merupakan sifat yang positif karena membuat seseorang menjadi lebih kuat, rajin, dan produktif untuk terus mencapai tujuannya. 

20. Rajin

Sifat rajin sebenarnya juga berkaitan dengan sifat tekun yang menjadi kebiasaan seseorang yang baik dalam melakukan sesuatu. Rajin menjadi sebuah sifat manusia karena merupakan kebiasaan yang bisa mempengaruhi kepribadian seseorang untuk lebih disiplin dan teratur dalam melakukan sesuatu hal, misalnya rajin bersih-bersih, rajin belajar, rajin beribadah, dan sebagainya. 

21. Bisa Diandalkan

Bisa diandalkan adalah sifat seseorang yang banyak disukai orang karena membuat orang tertentu bisa bermanfaat bagi orang lain saat mengalami masalah atau kesulitan yang genting. Orang yang bisa diandalkan bisanya memiliki kepribadian yang murah hati untuk membantu orang dan memiliki kemampuan yang besar sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan solusi yang tepat. 

22. Disiplin 

Disiplin adalah sifat positif manusia yang menunjukan kebiasaan baik dengan kekonsistenan tertentu agar bisa mencapai sesuatu yang diinginkan. Orang yang disiplin biasanya memiliki rencana yang matang untuk melakukan sesuatu agar bisa mencapai hal tersebut semaksimal mungkin dan berupaya untuk mempertahankan kebiasaan baik itu sampai tujuannya tercapai. 

23. Penyayang

Sifat penyayang muncul karena seseorang memberikan kasih sayangnya kepada orang lain karena beberapa alasan secara empiris maupun berdasar pengalaman yang dialaminya. Misalnya seseorang memiliki sifat penyayang kepada hewan, penyayang kepada keluarga, dan sebagainya. 

24. Bertanggungjawab

Sifat bertanggung jawab menunjukan seseorang yang siap menanggung resiko atas segala keputusan yang telah dibuat. 

25. Berani

Berani biasanya dikaitkan dengan ketakutan, bahaya, ketidaknyamanan, rasa sakit, maka sifat ini mencoba melawan rasa itu dengan kekuatan mental yang kuat. Seperti rencana yang matang, komitmen, rasa percaya diri, dan keoptimisan bahwa dirinya bisa menaklukan sesuatu hal.  

26. Percaya Diri

Percaya diri adalah sifat yang dimiliki manusia dengan rasa kepercayaan pada diri sendiri bahwa dirinya memiliki kemampuan, kelebihan, dan potensi untuk meraih atau melakukan sesuatu. Sifat percaya diri membutuhkan kesadaran dari diri sendiri dan mengenali diri dengan baik bawa dirinya memiliki kemampuan yang baik. 

27. Tawakal

Tawakal berarti seseorang tidak merasa khawatir yang berlebihan pada sesuatu yang buruk terjadi pada dirinya. Sifat ini bisanya mendasarkan hati seseorang pada kebesaran tuhan dan kepercayaan diri untuk bisa menghadapi dan menyelesaikan masalah yang menimpanya. 

28. Bersyukur

Bersyukur artinya seseorang memiliki rasa syukur atas segala Sesuatu yang dimiliki atau didapatkannya. Meskipun mungkin hasil atau pencapaian tidak sesuai dengan target dan keinginannya. 

29. Ceria

Sifat ceria yang dimiliki seseorang membuatnya memiliki aura positif dan menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang lain. Orang yang ceria biasanya banyak disukai orang karena bisa mencairkan suasana dan mudah bergaul. 

 

banner-promo-gramedia

Rekomendasi Buku Sifat Manusia

Jika Grameds tertarik belajar lebih jauh tentang kepribadian dan sifat manusia maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com dan www.ebooks.gramedia.com. Grameds bisa menemukan banyak referensi  buku psikologi yang membahas tentang kepribadian dan sifat manusia secara lengkap, mulai dari perspektif modern sampai perspektif konsep sejarah kepribadian manusia dalam perkembangan zaman. Berikut ini rekomendasi buku Gramedia yang bisa Grameds baca tentang kepribadian dan sifat manusia dalam kajian ilmu psikologi dan sejarah: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas 

Beli Buku di Gramedia

Beli Buku di Gramedia

Beli Buku di Gramedia

B. Sifat Manusia Yang Negatif Dalam Kepribadian Seseorang

1. Sombong

Sombong adalah salah satu contoh sifat manusia yang negatif karena memandang rendah seseorang dan merasa dirinya lebih baik. Sifat tersebut dapat membuat seseorang menjadi besar kepala dan besar hati. 

2. Labil

Sifat labil adalah bentuk keraguan seseorang untuk mengambil keputusan. Sifat ini menjadi sifat yang negatif karena membuat seseorang berpikir negatif dan menghalangi orang untuk berkembang karena terlalu takut untuk mengambil keputusan. 

3. Minder

Minder adalah kebalikan dari sifat percaya diri dengan perasaan ragu dengan kemampuan, potensi, dan kelebihan yang ia punya. Minder dapat membuat seseorang kurang berkembang dan melewatkan banyak kesempatan karena tidak percaya dengan diri sendiri. 

4. Cari Perhatian (Caper)

Seseorang bisa bersifat caper atau mencari banyak perhatian seseorang karena merasa dirinya lebih baik. Caper masuk dalam sifat negatif karena bisa membuat seseorang tidak menjadi dirinya sendiri dan cenderung hanya melihat pandangan orang lain dari dirinya agar dinilai baik atau positif. 

5. Pendendam

Menyimpan rasa dendam bisa menjadi kebiasaan dan sifat negatif seseorang karena tidak mudah memaafkan seseorang dan merasa dirinya terus tersakiti. Sifat ini akan membuat seseorang menderita karena tidak bisa melepaskan luka atau rasa sakit karena orang lain dengan tidak ikhlas menerima kesalahan tersebut. 

6. Perfeksionis

Perfeksionis adalah sifat seseorang yang menunjukan rasionalisme dan idealisme yang tinggi terhadap sesuatu dan menuntut kesempurnaan. Artinya sifat ini sulit menerima kekurangan atau kesalahan sekecil apapun itu. 

7. Hard To Please

Hard To Please masih berkaitan dengan sifat perfeksionis yang menentukan atau menargetkan suatu standar yang tinggi terhadap sesuatu. 

8. Sensitif

banner-promo-gramedia

Orang yang memiliki sifat sensitif biasanya mudah tersinggung dan mudah membawa perasaannya jika orang lain melakukan atau mengatakan sesuatu. Sensitif sebenarnya adalah bentuk kepekaan hati namun cenderung berlebihan sehingga justru membuat seseorang mudah sedih atau tidak bahagia. 

9. Penyendiri

Orang yang suka menyendiri biasanya memiliki kepribadian yang sulit bergaul dan lebih suka sendirian dibandingkan berkumpul dengan orang lain. Hal ini tentu akan menjadi masalah dalam hubungan sosial seseorang karena merasa tidak nyaman dengan orang lain. 

10. Moody

Moody adalah sifat manusia yang sering ditampilkan mudah berubah. Artinya orang akan mudah berganti suasana atau perasaan hatinya, seperti bisa mudah marah, mudah sedih, dan sebagainya. 

11. Egois

Egois adalah sifat negatif yang dimiliki seseorang karena lebih mementingkan diri sendiri dibandingkan orang lain. Sifat ini ini juga bisa timbul karena beberapa faktor, seperti merasa dirinya lebih baik atau lebih pantas untuk menerima atau mencapai sesuatu hal tertentu. 

12. Pesimis

Pesimis adalah kebalikan dari sifat optimis yang menunjukan sikap mudah menyerah dan cenderung pasrah dan tidak melakukan usaha untuk mencoba hal itu lagi. 

13. Bossy

Sifat bossy biasanya dimiliki oleh seorang pemimpin atau leader yang cenderung banyak berbicara namun tidak banyak bertindak. Sifat ini tentu merupakan sifat negatif karena dapat merugikan orang lain. 

14. Pembangkang

Orang yang memiliki sifat pembangkang biasanya sulit menerima saran, kritik, atau perkataan orang lain dan cenderung memaksakan kehendaknya dalam melakukan sesuatu. Sifat ini juga identic dengan orang yang keras kepala. 

15. Pelit

Pelit adalah kebalikan dari sifat murah hati dan menjadi sifat negatif seseorang karena sulit membantu orang lain yang sedang membutuhkan. Orang yang pelit juga cenderung perhitungan atas apa yang ia lakukan atau berikan kepada orang lain. 

16. Ambisius

Sifat ambisius adalah sifat kepercayaan diri dan optimisme yang berelebihan sehingga cendeurng membuat seseorang menghalalkan segala sesuatu agar bisa mencapai hasil atau keinginannya. Sifat ini menjadi negatif karena mampu membuat seseorang menjadi egois dan hanya mementingkan dirinya sendiri demi mencapai sesuatu hal.

Nah, itulah penjelasan tentang sifat manusia, baik sifat yang positif maupun negatif yang dimiliki oleh kepribadian manusia. Apakah Grameds merasa memiliki salah satu sifat di atas? Mempelajari dan memahami kepribadian dan sifat manusia memang tidak ada habisnya. Hati, jiwa, dan pemikiran manusia itu sangat luas, bahkan diri sendiri belum tentu bisa memahami sifat atau kepribadiannya, apalagi orang lain. Jadi wajar saja jika setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda karena banyak pengaruh yang bisa membentuk sifat-sifat manusia tersebut muncul dalam kepribadian manusia.

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy