in

Review Novel TeenLit: Vision Karya Cindy Jessica

TeenLit: Vision merupakan sebuah novel yang ditulis oleh Cindy Jessica. Novel TeenLit: Vision ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada Mei 2022. Dapat dilihat dari judulnya, novel ini merupakan novel yang target pembacanya adalah remaja. TeenLit sendiri merupakan gabungan dari dua kata yang berasal dari Bahasa Inggris, yakni teenager yang berarti remaja, dan literature yang berarti kesusastraan.

Berdasarkan dua kata itu saja, kita dapat mengetahui bahwa teenlit berarti kesustraaan untuk remaja. Maka itu, teenlit didefinisikan sebagai karya tulis yang segmentasi pembacanya adalah remaja yang masih berusia belasan tahun. Pada umumnya, karya teenlit juga mengangkat kehidupan dan konflik yang umum ditemukan oleh kalangan remaja.

Jika teenlit merupakan suatu jenis kesusastraan, lantas mengapa dicantumkan dalam judul? Gramedia Pustaka Utama memiliki pengelompokan sendiri untuk menggabungkan buku-buku TeenLit menjadi satu label. Maka dari itu, Grameds bisa menemukan sejumlah buku yang ditambahkan label “TeenLit” di awal judulnya. Dan, salah satunya adalah buku TeenLit: Vision ini.

Buku yang memiliki total 256 halaman ini bergenre romansa dan komedi. Kisah ini berpusat pada seorang gadis bernama Amanda. Amanda memiliki kemampuan yang jarang ditemukan pada mayoritas individu, yakni ia memiliki sixth sense atau indra keenam. Kelihatannya memang keren ya.

Namun, pada kenyataannya, keluarga Amanda selalu merasa khawatir jika Amanda akan dilihat atau dicap aneh oleh orang lain. Maka itu, mereka pun berusaha supaya tidak ada orang yang tahu mengenai kemampuan Amanda yang kerap kali mendapatkan penglihatan tidak terduga. Apalagi, penglihatan itu selalu menunjukkan keadaan orang lain. Tidak ada satu pun penglihatan yang menunjukan tentang Amanda sendiri.

Ketika Amanda baru saja naik kelas 2 Sekolah Menengah Pertama (SMP), Amanda mulai mengenal Utha. Bermula dari situ, kehidupan Amanda jadi seperti permen asam manis. Cowok paling rese itu membuat Amanda mengalami banyak kejadian konyol. Mulai dari melancarkan aksi balas dendam ke mantan pacar yang selingkuh, dikejar oleh Raden Inu Kertapati bohongan, hingga ditangkap satpam bank, karena terlalu lama ngadem di ATM.

Seiring berjalannya waktu, Amanda menyadari bahwa ia menyukai Utha. Lalu, tiba-tiba muncul penglihatan mengenai masa depannya bersama Om Wira. Duh, gak mungkin kan Amanda menikah dengan pamannya Utha yang ganteng selangit itu.

Sebenarnya, apa penglihatan yang didapatkan oleh Amanda? Apakah Amanda pada akhirnya akan menjalin hubungan romansa dengan Utha? Bagaimana kelanjutan kisah mereka berdua? Daripada penasaran, yuk langsung saja dapatkan novel TeenLit: Vision ini hanya di Gramedia.com. Tapi, sebelum itu, baca artikel ulasan ini hingga selesai, ya!

Profil Cindy Jessica – Penulis Novel TeenLit: Vision

Instagram @fjcindy_

Cindy Jessica adalah wanita kelahiran Garut, dan hingga saat ini masih menetap di kota kelahirannya itu. Cindy Jessica mulai gemar menulis sejak pertengahan tahun 2014. Novel Vision ini menjadi novel pertamanya yang berhasil diterbitkan. Bagi Anda yang ingin mengenal sosok Cindy Jessica lebih dalam atau ingin menghubungi Cindy, Anda bisa mengikuti dan mengontak akun media sosial Instagram dan Twitter dengan nama pengguna @fjcindy_.

Sinopsis Novel TeenLit: Vision

Pros & Cons

Pros
  • Novel TeeLit: Vision ini menyajikan kisah yang sangat ringan dan mudah untuk dimengerti.
  • Novel TeenLit: Vision ini juga bukan hanya menyajikan kisah romansa saja, tetapi menyajikan unsur keluarga, pertemanan, dan memuat banyak komedi yang mengundang tawa.
  • Menyajikan sub plot yang menunjang konflik utama. Jadi, seluruh narasinya dinilai memiliki porsi yang pas, tidak ada yang berlebihan dan mendominasi scene tertentu.
  • Alur kisah ini dinilai sangat mengalir dan menyenangkan untuk diikuti.
  • Cindy Jessica dinilai sukses dalam membangun karakter yang mampu menarik perhatian pembaca.
  • Pembangunan hubungan Amanda dan Utha juga dinilai realistis, karena bertahap, tidak langsung tiba-tiba suka dan tiba-tiba dekat begitu saja.
  • Menyajikan plot twist yang dinilai sangat mengejutkan, karena mampu membuat pembaca merasa sakit hati.
  • Novel TeenLit: Vision ini juga bisa membuat pembaca nostalgia ke masa SMA yang penuh dengan romansa menggemaskan.
Cons
  • Alur bagian awal cerita dinilai cukup lambat.
  • Beberapa lelucon kurang pas porsinya, karena terlalu berlebihan.
  • Beberapa bagian cerita yang dinilai kurang realistis.
  • Bagian kemampuan spesial Amanda tidak dieksplor lebih jauh.

Bagaimana rasanya jika kamu mempunyai kemampuan untuk melihat sesuatu yang akan terjadi di masa depan? Apalagi kalau yang terlihat itu adalah siapa yang akan menjadi jodohmu?

Kehidupan Amanda pada awalnya berjalan biasa saja. Ya, tidak bisa dibilang biasa juga sih, karena bagaimanapun, Amanda memiliki kemampuan spesial. Amanda diberkati dengan kemampuan untuk menggunakan sixth sense atau indra keenam. Kemampuan Amanda ini tidak terkait dengan dunia mistis, tetapi memungkinkannya untuk melihat apa yang akan terjadi di masa depan.

Namun, penglihatan Amanda tak pernah tentang dirinya sendiri, dan selalu saja mengenai kehidupan orang lain. Oleh karena kemampuannya itu, keluarga Amanda memiliki kekhawatiran jika kemampuan Amanda ini akan dipandang aneh atau bisa jadi dimanfaatkan juga oleh orang lain. Maka itu, keluarga Amanda memastikan tak ada seorang pun yang mengetahui tentang kemampuan spesial Amanda.

Kehidupan Amanda berjalan seperti hari-hari pada umumnya sebelum ia mengenal anak lelaki bernama Haggara Putra atau yang akrab dipanggil Utha. Amanda bisa mengenal Utha, karena ia merupakan sepupu dari sahabatnya, Tami. Semenjak bertemu dengan Utha, kehidupan Amanda tidak bisa berjalan datar dan tenang. Ya, bagaimana mau datar dan tenang jika kelakuan Utha itu selalu saja bikin geleng-geleng kepala saking randomnya.

Mulai dari awal pertemuan mereka saja, dapat dikatakan sebagai momen yang tidak lazim. Utha bertemu Amanda, karena ia menolongnya yang sedang tiduran, eh pingsan maksudnya, di bawah pohon besar di kala hujan lebat ketika ia sedang dalam perjalanan menuju rumah. Bermula dari situ, keduanya mulai saling mengenal sosok satu sama lain.

Namun, hubungan mereka tidak akur-akur saja. Mereka semakin dekat dalam arti seperti sepasang musuh yang saling merasa geli satu sama lain. Utha selalu saja sukses membuat Amanda mengelus dada. Cowok paling rese itu membuat Amanda mengalami banyak kejadian konyol.

Mulai dari melancarkan aksi balas dendam ke mantan pacar yang selingkuh, dikejar oleh Raden Inu Kertapati bohongan, hingga ditangkap satpam bank, karena terlalu lama ngadem di ATM. Seiring berjalannya waktu, Amanda menyadari bahwa ia menyukai Utha. Amanda sebenarnya sudah dapat berdamai dengan kemampuannya untuk melihat sesuatu yang akan terjadi di masa depan.

Namun, pada suatu ketika, ia mendapatkan penglihatan bahwa Om Wira menyematkan cincin di jarinya. Om Wira sendiri merupakan paman dari Utha yang memang parasnya sangat ganteng. Meski begitu, masa sih jodoh Amanda adalah seorang duda yang usianya terpaut sangat jauh dengannya.

Amanda pun menjadi galau, terutama ketika ia menyadari bahwa dia benar-benar menyukai Utha. Apakah pada. Apakah Amanda pada akhirnya akan menjalin hubungan romansa dengan Utha? Atau Utha pada akhirnya menjadi keponakannya? Bagaimana kelanjutan kisah mereka berdua?

Kelebihan Novel TeenLit: Vision

Sebagai novel teenlit, tentunya novel Vision ini menyajikan kisah yang sangat ringan dan mudah untuk dimengerti. Novel ini menawarkan premis kisah yang unik, di mana kisah romansa yang memiliki kendala akibat kemampuan spesial yang dimiliki tokoh utamanya. Novel TeenLit: Vision ini juga bukan hanya menyajikan kisah romansa saja, tetapi menyajikan unsur keluarga, pertemanan, dan memuat banyak komedi yang mengundang tawa.

Novel TeenLit: Vision ini tipis, tetapi Cindy Jessica menyajikan sub plot yang menunjang konflik utama. Jadi, seluruh narasinya dinilai memiliki porsi yang pas, tidak ada yang berlebihan dan mendominasi scene tertentu. Alur kisah ini juga dinilai sangat mengalir dan menyenangkan untuk diikuti.

Cindy Jessica juga dinilai sukses dalam membangun karakter yang mampu menarik perhatian pembaca. Seperti Amanda yang memiliki kemampuan spesial, dan juga Utha yang kelakuannya sangat random dan konyol. Kemudian, dinamika kedua tokoh tersebut yang selalu berantem juga membuat pembaca merasa gemas kepada keduanya. Pembangunan hubungan Amanda dan Utha juga dinilai realistis, karena bertahap, tidak langsung tiba-tiba suka dan tiba-tiba dekat begitu saja. Hal ini membuat chemistry Amanda dan Utha juga dinilai baik.

Cindy Jessica juga menyajikan plot twist yang dinilai sangat mengejutkan, karena mampu membuat pembaca merasa sakit hati. Kemudian, sampul novel TeenLit: Vision ini juga dipuji, karena menampilkan visual yang sangat menarik perhatian. Sampul novel ini menampilkan gambaran karakter Amanda dan Utha yang sedang berboncengan di motor, keduanya terlihat sangat bahagia, dan semesta seolah mendukung kebahagiaan mereka dengan menampilkan langit berwarna merah muda. Tampilan sampul ini dinilai sangat manis dan menggambarkan kisah dalam buku ini.

Secara keseluruhan, novel TeenLit: Vision ini merupakan novel yang sangat ringan dan sangat cocok dibaca ketika ingin menghilangkan penat. Novel ini dijamin dapat membuat kamu merasa gemas, kesal, dan tertawa geli. Novel TeenLit: Vision ini juga pastinya bisa membuat kamu nostalgia ke masa SMA yang penuh dengan romansa menggemaskan.

Kekurangan Novel TeenLit: Vision

Selain kelebihan, novel TeenLit: Vision ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan pada novel ini terletak pada bagian awal cerita yang dinilai cukup lambat alurnya. Selain itu, sejumlah pembaca merasa beberapa lelucon kurang pas porsinya, karena terlalu berlebihan. Namun, hal ini terkait erat dengan selera individu.

Lalu, beberapa pembaca merasa sedikit terganggu dengan perubahan sudut pandang. Terutama pada bagian awal dan akhir cerita. Perubahan sudut pandang ini dinilai cukup membingungkan dan pergantiannya belum mulus.

Kemudian, pembaca juga menemukan beberapa bagian cerita yang dinilai kurang realistis. Seperti Amanda yang kerap kali bertemu dengan Utha secara tiba-tiba. Juga, hal-hal lain yang tidak mungkin terjadi di kehidupan nyata.

Pembaca juga menyayangkan bagaimana bagian kemampuan spesial Amanda tidak dieksplor lebih jauh. Sebab, kemampuan indra keenamnya tersebut menjadi salah satu unsur yang sangat menarik untuk dibahas.

Pesan Moral Novel TeenLit: Vision

Dari kisah Vision ini, kita dapat belajar bahwa dalam setiap hal, pasti ada bagian yang baik dan yang tidak. Seperti halnya dengan kemampuan spesial Amanda, di mana kemampuannya mungkin dinilai luar biasa, tetapi hal itu juga bisa memberikan dampak buruk kepadanya, seperti dipandang aneh atau malah dimanfaatkan.

Nah, itu dia Grameds ulasan novel TeenLit: Vision karya Cindy Jessica. Menggemaskan sekali ya hubungan Amanda dan Utha. Namun, apakah hubungan mereka dapat berlanjut? Yuk langsung saja temukan jawabannya hanya dengan mendapatkan novel ini di Gramedia.com. Selamat membaca!

Rating: 3.22

Written by Nandy