in

Review Novel Gagal Cinta Kronis Karya Nara Lahmusi

Ketika semuanya baik-baik saja, kemudian kamu harus mengalami sebuah kejadian yang begitu mengejutkan, kira-kira apa yang akan kamu lakukan? Akankah kamu mengurung diri dan menjauhi semuanya? Atau kamu akan menghadapinya dan melakukan yang terbaik untuk memperbaiki kejadian tersebut?

Ini adalah hal yang dialami oleh Nyala. Ketika semula semua berjalan baik-baik saja, tetapi divonis dengan gagal ginjal kronis membuat hidupnya berantakan. Dirinya sangat ingin langsung bertemu dengan Sang Pencipta dan menyelesaikan semua ini.

Namun, Banyu berusaha untuk meyakinkan Nyala untuk berharap dan berjuang. Kira-kira apakah Banyu berhasil? Mari simak ulasan lengkap tentang buku Gagal Cinta Kronis di bawah ini.

Tentang Buku Gagal Cinta Kronis

Penulis: Nara Lahmusi

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tanggal Terbit: 1 Juli 2022

Jumlah Halaman: 328 Halaman

ISBN: 9786020661285

Sinopsis Gagal Cinta Kronis

Nama project: Project Malaikat 

Target: Orang dengan sakit gagal ginjal yang sedang putus asa dan ingin cepat-cepat pergi dari dunia ini 

Tujuan: Memberikan motivasi secara natural dan tanpa disadari

Aturan Penting: Tidak boleh jatuh hati dan mencintai target!

Banyu adalah seorang pasien yang dinyatakan memiliki gagal ginjal kronis dan sekaligus menjadi orang yang bolak-balik gagal dalam hubungan cinta. Secara mendadak, ia ingin mengubah hidupnya dengan sebuah proyek bombastis yang berjudul “Proyek Malaikat”.

Ia memiliki tekad untuk meyakinkan para target, bahwa penyakit gagal ginjal yang diderita bukanlah akhir dari segalanya. Sayangnya, walaupun namanya Proyek Malaikat, tetapi semua yang terlibat dalam project ini tetaplah manusia biasa. 

Manusia yang sangat rapuh yang dipenuhi oleh perasaan dan rahasia-rahasia yang kelam. Yap, manusia yang bahkan tak selalu mampu menghapus jejak masa lalu yang menyedihkan untuk dirinya sendiri.

Saat menjalankan misi ketiga proyek malaikat, Banyu nyaris saja melanggar peraturan yang dibuatnya. Banyu jatuh hati..

Pros & Cons

Pros
  • Bahasa yang digunakan mudah untuk dimengerti dan dipahami.
  • Alur maju-mundur membuat cerita semakin menarik.
  • Banyak informasi tentang dunia kesehatan yang jarang dibawakan dalam cerita novel.
Cons
  • Terdapat banyak tatanan religi yang membuat pembaca bingung, tetapi di satu sisi dapat membuat pembaca mempelajari arti kehidupan yang penuh dengan harapan dan rasa syukur.

Review Buku Gagal Cinta Kronis

Seperti pada sinopsis yang tertera pada bagian belakang bukunya, buku ini mengisahkan tentang orang yang sedang menderita penyakit gagal ginjal kronis. Diceritakanlah seorang yang bernama Nyala. 

Semula semua berjalan baik-baik saja. Namun, hingga suatu hari ketika Nyala secara tiba-tiba merasa pusing dan pingsan, ia harus segera dilarikan ke rumah sakit. Tak menyangka akan menerima kabar yang begitu mengejutkan ini, setelah diperiksa Nyala dinyatakan mengidap Gagal Ginjal Kronis.

Dengan kondisinya saat ini, dokter mengharuskan Nyala untuk melakukan cuci darah secara rutin. Saat itu, Nyala merasa dirinya telah disambar oleh petir yang sangat menakutkan. Ia terpaku dengan kondisinya saat ini, bahkan Nyala merasa bahwa hidupnya sudah berantakan.

Dikarenakan perasaannya yang masih kacau-balau, Nyala pun akhirnya memutuskan semua hubungannya dengan teman maupun dengan pacarnya. Nyala masih belum bisa menerima kondisinya saat itu.

Namun, ditengah-tengah perjuangannya melawan semua gemuruh kebencian pada dirinya, Nyala dipertemukan oleh seorang perawat bernama Banyu. 

Nyala yang dulu sangat menyukai alam dan penuh dengan semangat, semenjak divonis menjadi seorang yang 180 derajat berbeda. Sekarang, Nyala adalah orang yang sangat keras kepala dan tidak dapat mengontrol emosinya.

Ternyata, saat Banyu memutuskan untuk menjadinya Nyala sebagai target ketiga dari projek malaikat ini, Banyu sudah mengetahui bahwa Nyala akan menjadi salah satu target yang sulit untuk ditangani. Mengapa? Karena Banyu tahu perubahan sifat dan karakter Nyala akibat divonis gagal ginjal kronis.

Kira-kira, bagaimana kisah perjuangan Banyu untuk menjadikan Nyala kembali seperti Nyala yang dulu? Apakah Banyu berhasil melakukan misinya? Saksikan kisah lengkapnya dengan membaca bukunya di Gramedia.com atau klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan bukunya!

 

Saat membaca buku Gagal Cinta Kronis, kamu sebagai pembaca akan diajak untuk mengetahui keseharian para pejuang sakit gagal ginjal kronis. Mulai dari proses cuci darah, perubahan emosi dan psikologis yang dialami, dan masih banyak lagi.

Kamu akan melihat bagaimana perjuangan yang dilakukan oleh pasien gagal ginjal untuk bertahan setiap harinya. Penulis sangat hebat menyajikan cerita yang memilukan ini menjadi sebuah cerita yang menarik dan mudah dipahami.

Setiap pembahasan yang dijelaskan oleh penulis dibuat secara informatif dan tidak terkesan menggurui. Selain itu, dikarenakan pengalam penulis yang mengidap kondisi yang sama dengan tokohnya, membuat wawasan pembaca yang awam dengan penyakit ini, menjadi lebih aware.

Selayaknya kisah tentang perjuangan melawan penyakit yang tak mudah disembuhkan, buku ini akan membuat kamu mengalami banyak keseruan tentang segala emosi. Namun, yang menjadi perhatian utama adalah ketika buku ini menyajikan banyak sekali tatanan religi yang membuat pembaca akan merasa bingung.

Mengapa demikian? Pasalnya, jarang sekali novel remaja dewasa yang disajikan dengan nuansa religi di dalamnya. Namun, dibalik sisi membingungkan tersebut, penulis kembali mengingatkan bahwa apapun yang terjadi di dalam hidup, kamu bisa mengandalkan dan menyerahkannya kepada Yang Maha Kuasa.

 

Melalui buku ini pembaca memang akan diajak menjelajahi dunia gagal ginjal kronis. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana penulis mendeskripsikan proses pengobatan yang dilakukan oleh tokoh. Ternyata proses cuci darah memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 5 jam.

Kemudian, bagaimana ups and downs yang harus dialami pasien dengan penyakit gagal ginjal, bagaimana proses diet ketat yang harus diikuti oleh pasien tersebut, dan mengetahui berbagai kemungkinan yang bisa membuat mental penderita semakin jatuh.

Buku ini diceritakan dari sudut pandang orang ketiga. Namun, terkadang juga bergantian dengan sudut pandang tokohnya, Banyu, Biru, dan juga Nyala. Buku ini ditulis dengan penggunaan bahasa yang mudah untuk dimengerti yang menjadikan cerita seakan-akan mengalir begitu saja. 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa buku ini memiliki unsur religi yang membuat pembaca secara tanpa sadar bisa lebih bersyukur tentang hidup.

Buku ini menjadi salah satu buku penyemangat untuk mereka yang sedang berjuang diluar sana. Baik sedang bergumul tentang penyakit yang dialaminya, atau tentang kondisi mental yang tidak baik-baik saja.

Sebagai penulis, Nara memberikan kesan dan pesan yang luar biasa dalam buku ini. Dimana, meskipun terkena penyakit yang tak tahu kapan sembuh, atau sebuah kondisi di luar harapan. Tetaplah untuk semangat dan berjuang untuk bertahan, serta jangan lupa bersyukur dari hal-hal yang sederhana.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Gagal Cinta Kronis

Buku adalah buku pertama karya Nara. Sang penulis yang juga sangat paham dengan kondisi gagal ginjal kronis. Buku ini menjadi sebuah motivasi dan juga pelajaran tentang hidup. 

Secara keseluruhan, buku ini disajikan penuh informasi tentang dunia kesehatan, khususnya tentang gagal ginjal. Selain itu, banyak sekali pembelajaran hidup yang diberikan penulis dalam buku ini untuk para pembacanya ambil.

Buku ini memiliki tema dan alur dengan porsi yang cukup seimbang. Cinta, persahabatan, keluarga, dan religi. Ada kalanya saat membaca buku ini, kamu akan merasa bahwa penulis menyajikan banyak sekali tatanan religi yang membuat pembaca akan merasa bingung.

Namun, buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin melihat bagaimana dunia pasien yang divonis gagal ginjal berjuang untuk bertahan untuk menerima diri sendiri dan kenyataan.

Rating: 3,83

Kesimpulan Novel Gagal Cinta Kronis

Ketika kenyataan tidak sesuai dengan harapan yang ada dalam benak kita, sudah pasti kita semua akan ragu apakah masih bisa bertahan di dunia ini atau tidak?

Dalam situasi ini, menerima keadaan sangatlah menyulitkan. Begitu juga menerima dan mencintai diri sendiri. Semua pikiran akan tertuju pada kemarahan dan aura negatif yang mengelilingi perasaan kita.

Namun, buku ini mengajarkan hal lain tentang harapan. Tentunya tak semua akan selalu berjalan dengan baik. Namun, tak ada salahnya selalu berharap dan tetap melakukan yang terbaik yang kita bisa.

Buku ini juga mengajarkan arti kata bersyukur. Ternyata, bersyukur bisa dilakukan dengan hal-hal yang sederhana loh. Contohnya, bisa minum banyak air minum tanpa merasa cemas akan mengalami komplikasi penyakit, bisa bernafas tanpa bantuan oksigen, dapat makan apapun yang membuat senang tanpa harus diet dan melakukan pantangan.

Hal yang sering kita lupakan saat bersyukur adalah tentang orang-orang yang menemani kita sampai saat ini. Merekalah yang membantu dan membuat kita kuat. Dari buku ini, sebagai pembaca, kamu akan menemukan hal-hal menarik lainnya loh.

Jadi, jangan lupa untuk menemukan jawaban, apakah Banyu berhasil untuk membuat Nyala memiliki motivasi untuk hidup dan sembuh? Temukan jawabannya di buku Gagal Cinta Kronis ya!

Written by Nandy