in

13 Penyebab Kulit Wajah Kering serta Cara Mengatasi dan Merawatnya!

https://www.alodokter.com/
Penyebab Kulit Wajah Kering
Sumber: Pixabay Engin_akyurt

 

Penyebab kulit wajah kering – Setiap kulit memiliki jenisnya masing-masing. Ada jenis kulit yang sensitif, berminyak, kering dan lainnya. Permasalahan kulit wajah sering kali membuat kita menjadi tidak percaya diri.

Segala hal terkadang telah ditempuh untuk membuat kulit menjadi tampak lebih sehat. Mencoba berbagai macam produk skincare serta merawat wajah hingga ke dokter, terkadang belum juga membuahkan hasil.

Kalau sudah begitu pasti membuat kesal kan, Grameds? Tidak jarang kita menjadi putus asa dan membiarkan kulit wajah apa adanya.

Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi. Jika Anda memiliki masalah kulit kering, maka perlu mengetahui apa sebenarnya penyebabnya kulit wajah kering dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Berikut penjelasannya pada artikel ini!

Penyebab Kulit Wajah Kering

Penyebab Kulit Wajah Kering
pixabay.com/MoonRid3r

Memiliki jenis kulit yang kering memang sedikit menyebalkan. Lalu apa sebenarnya penyebab dari kulit wajah yang kering? Simak penjelasannya:

1. Genetik

Penyebab utama bagi kulit wajah Anda yang kering adalah faktor genetik atau yang berasal dari keturunan keluarga. Biasa saja orang tua memiliki tipe kulit yang kering dan menjadi genetik bagi Anda dengan jenis kulit yang sama.

Nah, supaya Grameds tidak penasaran dan mendapatkan jawaban yang jelas maka tanyakan langsung, ya!

2. Faktor Usia

Kulit yang kering cenderung menjadi permasalahan yang sering dihadapi oleh banyak orang seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini karena seiring dengan bertambahnya usia yang bertambah, maka kulit juga akan menghasilkan lebih sedikit minyak yang bisa membuat kulit menjadi kering.

Terlebih lagi jika protein kolagen yang ada di dalam tubuh yang memiliki peran dalam menjaga kelembapan dan juga kekenyalan pada kulit juga akan berkurang dengan bertambahnya usia.

3. Suhu udara yang ekstrim

Penyebab kulit wajah yang kering lainnya karena adanya perubahan pada suhu yang ekstrim, salah satunya pada saat suhu yang terlalu panas.

Suhu yang panas tentunya bisa membantu dalam menurunkan tingkat kelembapan yang dimiliki oleh kulit, sehingga hal tersebut bisa memicu kulit yang terasa kering dan juga gatal. Bahkan, pada suhu udara yang terlalu panas juga bisa menjadi penyebab ruam pada kulit, sehingga pada beberapa kasus kulit akan menjadi mengelupas.

4. Terlalu Sering dan Keras Saat Mencuci Muka

Mencuci wajah memang diperlukan, tetapi jangan terlalu sering mencuci muka ya, Grameds! Jika membersihkan wajah dengan cara double cleansing tentunya boleh, tetapi jangan dilakukan terlalu sering.

Hal ini karena apabila dilakukan terlalu sering justru akan mengurangi minyak yang alami pada kulit wajah, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering atau bahkan menjadi dehidrasi.

Nah, pada saat Anda mencuci muka, pastikan jika mengusap kulit dengan lembut ya. Hal ini supaya dapat mengurangi friksi atau gesekan yang terjadi pada muka secara berlebih yang tentunya bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

5. Produk Skincare yang Tidak Sesuai

Skincare memang dapat membantu dalam menjaga perawatan kulit. Tetapi jika Anda menggunakan produk skincare maupun kosmetik yang tidak sesuai dengan permasalahan kulit Anda justru akan menimbulkan permasalahan kulit baru, seperti jerawat dan komedo.

Akan tetapi, jangan sampai Anda keliru dalam menggunakan produk kecantikan dan perawatan juga, ya! Hal tersebut bisa menyebabkan kulit wajah Anda menjadi kering.

Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering, yaitu akibat dari menggunakan produk tertentu, misalnya ingredients yang tidak cocok, memiliki kandungan parfum dalam suatu produk, dan lainnya. Jadi, harus Anda pastikan jika memilih dan juga menggunakan produk skincare yang sesuai dengan kulit wajah.

Jika Grameds masih bingung bagaimana memilih skincare yang benar, Grameds bisa membaca buku Panduan Lengkap Untuk Kulit Sehat Dan Cantik. Di dalam buku ini, kamu akan mengetahui tentang skin care lebih jauh lagi, mulai dari cara memakai skin care hingga cara memilih klinik kecantikan yang sesuai.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    74% 482 / 650
  • Belum
    18% 119 / 650
  • Masukkan keranjang
    7% 49 / 650

6. Kondisi Medis Tertentu

Permasalahan kulit seperti haknya psoriasis atau eksim yang bisa menjadi penyebab kulit lebih rentan menjadi kering. Biasanya, kulit yang kering akibat kondisi medis seperti ini akan disertai dengan tekstur kasar seperti halnya bersisik dan juga kemerahan.

Selain itu, beberapa gangguan seperti gangguan pada ginjal, diabetes, dan sejenisnya, maka bisa menjadi salah satu penyebab kulit wajah kering.

Maka dari itu, kita perlu untuk membutuhkan atau memerlukan perawatan khusus dari ahli supaya dapat membantu dalam meringankan gejala serta mengurangi pada kondisi kulit yang kering.

7. Tidak Memakai Pelembab Wajah dan Sunscreen

Menggunakan produk pelembab yang merupakan salah satu basic skincare yang sebaiknya dilakukan oleh semua orang. Hal ini juga perlu bahkan bagi pemilik kulit yang berminyak sekalipun.

Dengan Anda menggunakan pelembab atau bahkan moisturizer yang bisa mengunci kelembaban pada kulit wajah sehingga kulit akan tampak sehat, kenyal dan juga tentunya terhidrasi.

Hal lainnya Anda juga jangan lupa untuk menggunakan sunscreen. Dengan menggunakan sunscreen juga hal yang penting untuk menghindari dampak buruk karena sinar UV yang berlebihan serta bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

8. Mandi Terlalu Lama dengan Air Panas

Mandi dengan menggunakan air hangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran serta tubuh, apalagi jika telah menjalani hari yang cukup melelahkan.

Akan tetapi harus dipastikan pula jika Anda tidak mandi terlalu lama dan menggunakan suhu air yang terlalu panas.

Hal ini karena jika Anda terlalu lama mandi atau berendam dengan air yang panas maka bisa menghilangkan minyak alami yang memang dimiliki oleh kulit, sehingga hal ini akan menyebabkan kulit Anda menjadi kering.

9. Eksfoliasi Berlebih

Eksfoliasi yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati memang perlu untuk dilakukan. Hal ini supaya kulit menjadi tetap halus, lembut, dan juga cerah. Akan tetapi, hal ini tidak akan berguna jika dilakukan dengan berlebihan atau dengan menggunakan alat eksfoliator yang kasar bagi kulit.

Jadi, lakukan eksfoliasi secukupnya dan gunakan alat yang lembut untuk wajah Anda ya, supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Udara kering atau cuaca yang dingin

Salah satu penyebab mengapa kulit wajah menjadi kering adalah adanya udara yang kering atau cuaca yang dingin.

Hal ini disebabkan karena udara yang kering atau cuaca yang dingin bisa menjadi penyebab kelembaban kulit menjadi berkurang. Akibatnya, kulit akan rentan terjadi penyebab kulit kering. Sedangkan, pada saat cuaca panas, kelembaban kulit juga akan menurun yang membuat terjadinya kulit kering pada wajah.

11. Paparan senyawa kimia

Seringkali, jika Anda mungkin tidak menyadari jika paparan dari bahan kimia yang terdapat di sekitar Anda justru bisa menjadi penyebab kulit pada wajah menjadi kering.

Misalnya, pada saat Anda berenang, senyawa klorin yang merupakan zat pembersih kolam renang bisa menjadi penyebab biang keladi kulit wajah Anda menjadi.

12. Merokok

Merokok akan menyebabkan beberapa gangguan, misalnya pada paru-paru dan jantung. Tetapi merokok bukan hanya berdampak pada organ dalam tubuh saja, merokok juga bisa mempengaruhi kesehatan pada kulit Anda karena akan menyebabkan kulit muka menjadi kering dan juga kasar.

Faktanya, kandungan pada rokok yakni nikotin yang banyak mengandung radikal bebas menjadi penyebab rusaknya kolagen dan juga kelenturan pada kulit yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering, kendur dan akan terlihat kusam.

13. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Penyebab kulit wajah kering selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Biasanya, penyebab dari kulit wajah kering yaitu karena beberapa kandungan yang sering ditemukan pada beberapa jenis obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida, retinol, dan asam glikolat.

Selain kandungan yang sering ditemukan pada obat jerawat, terdapat pula beberapa obat medis seperti halnya Isotretinoin, antibiotik, obat penurun kolesterol dan juga obat anti alergi juga bisa menyebabkan efek samping berupa kulit kering.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Setelah memahami beberapa penyebab kulit wajah yang kering, Anda perlu memahami pula cara untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Apabila kulit wajah yang kering tidak segera diatasi dengan tepat, maka akan menyebabkan kulit menjadi kering pada wajah dan bisa menjadi iritasi serta mudah terkena infeksi kulit.

Jadi, perlunya Anda untuk melakukan cara supaya kulit wajah tidak menjadi kering. Berikut ini beberapa cara perawatan wajah kering supaya tetap lembap.

1. Jangan basuh wajah terlalu sering

Salah satu cara untuk mengatasi kulit wajah yang kering adalah dengan tidak membasuh wajah Anda terlalu sering.

Dalam sehari, Anda bisa mencoba untuk mengurangi membasuh wajah. Bagi pemilik kulit wajah yang kering, maka disarankan untuk mencuci muka hanya 1 sampai 2 kali saja dalam sehari, yaitu pada pagi hari dan malam harinya.

2. Memilih sabun pembersih wajah yang tepat

Cara selanjutnya untuk mengatasi kulit wajah yang kering juga perlu untuk berhati-hati dalam memilih sabun pembersih wajah.

Anda bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang memiliki kandungan yang ringan, mengandung pelembap, atau berbentuk gel, serta terbebas dari alkohol, pewarna, dan zat pewangi buatan.

3. Gunakanlah pelembab setiap hari

Cara dalam mengatasi kulit wajah yang kering selanjutnya adalah Anda bisa menggunakan pelembab setiap harinya.

Anda dapat menggunakan pelembap sesaat setelah selesai mencuci muka. Fungsi dari pelembab adalah bisa meningkatkan retensi air pada kulit sehingga dapat mengunci kelembaban pada wajah.

4. Mengeksfoliasi wajah

Eksfoliasi wajah juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Eksfoliasi sendiri merupakan suatu proses pengelupasan kulit guna membantu untuk mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab kulit wajah menjadi kering.

Anda bisa melakukan eksfoliasi wajah dengan menggunakan bahan-bahan kimia maupun dengan memakai alat-alat yang khusus.

5. Menggunakan sunscreen

Paparan dari sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya yang menjadi salah satu cara untuk mengatasi wajah yang kering.

Anda juga disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Oleskan tabir surya pada permukaan wajah sekitar 15 sampai 20 menit sebelum akan pergi ke luar rumah.

6. Mengoleskan masker alpukat

Penggunaan masker alpukat menjadi salah satu cara dalam mengatasi wajah yang kering dengan alami. Cara untuk membuat masker alpukat alami untuk wajah kering juga sangat mudah loh, Grameds!

Anda cukup dengan menyiapkan daging buah alpukat yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Lalu Anda bisa menambahkan 1 sendok teh minyak zaitun dan juga 1 sendok makan madu.

Setelah adonan alpukat tercampur dengan rata bisa langsung mengoleskan masker ke wajah dan diamkan dalam waktu 15 sampai 20 menit. Setelah itu, Anda bisa mencuci wajah sampai bersih.

7. Menghindari produk skincare dan make up yang membuat kulit kering

Bagi Anda yang memang memiliki jenis kulit kering sebaiknya untuk menghindari penggunaan produk make up atau skincare yang mengandung alkohol, retinol, dan zat pewangi.

Pada saat cuaca yang dingin, maka perawatan kulit yang perlu dilakukan sebaiknya untuk diubah. Anda bisa memilih pembersih wajah yang bahan dasarnya adalah krim, Anda juga bisa mengurangi dalam pemakaian toner atau astringent.

8. Minum air putih yang cukup

Seperti yang diketahui bahwa air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, apalagi jika Anda memiliki kulit wajah yang kering. Kulit wajah yang kering bisa menjadi suatu tanda Anda sedang kekurangan cairan atau dehidrasi.

Jadi, Anda bisa meminum air yang cukup untuk membantu kulit terhidrasi dan membuat wajah menjadi lebih lembab. Disarankan tubuh manusia mendapatkan cairan air sekitar 8 gelas air setiap harinya.

Setelah membaca artikel diatas, Grameds sudah sedikit banyak mengetahui apa saja penyebab kulit wajah kering dan cara mengatasinya. Grameds dapat mendapatkan informasi lainnya tentang kulit wajah dengan membaca buku Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Sendiri dan Rahasia Perawatan Kulit Wajah. 

 

Kedua buku itu bisa kamu dapatkan di gramedia.com. Jadi, segera cari tahu lebih dalam lagi tentang perawatan kulit melalui kedua buku itu.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    74% 482 / 650
  • Belum
    18% 119 / 650
  • Masukkan keranjang
    7% 49 / 650

Penutup

Meskipun penyebab kulit wajah kering sangat banyak, tetapi kulit kering pada wajah bisa tetap diatasi. Maka dari itu, kamu tak perlu khawatir jika memiliki kulit kering. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kalau mengatasi kulit wajah kering ini sangat beragam, sehingga kamu bisa pilih salah satu yang paling cocok. Lalu, kamu akan memilih cara mengatasi kulit wajah kering yang seperti apa?

Selain itu, lebih baik lagi apabila kulit wajah kering tak hilang dalam waktu yang lama, sebaiknya segera konsultasikan diri dengan dokter kecantikan. Hal ini perlu dilakukan agar kulit kering bisa segera diatasi dengan baik. Demikian pembahasan seputar penyebab kulit wajah kering hingga cara mengatasinya. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu, ya.

Jika ingin mencari buku seputar kecantikan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rujukan:

https://www.senka.id/senka-stories/penyebab-kulit-wajah-kering#:~:text=Masalah%20kulit%20seperti%20psoriasis%20atau,menjadi%20pemicu%20kulit%20wajah%20kering.

https://www.sehatq.com/artikel/cara-mengatasi-kulit-wajah-kering-yang-mudah-dan-ampuh

https://laidlunos.com/2022/02/12/kulit-kering/</s

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda