in

12 Manfaat Masker Kopi Bagi Wajah dan Langkah Pembuatannya!

Sumber: Pexels

Manfaat Masker Kopi – Kopi umumnya dikonsumsi sebagai minuman atau dicampur ke dalam makanan untuk menambah cita rasa. Ternyata, selain dikonsumsi, kopi juga bermanfaat mengubahnya menjadi masker wajah yang bermanfaat untuk kulit yang sehat.

Masker kopi juga dapat dibuat dengan mengkombinasikan beberapa bahan untuk hasil yang optimal. Berikut di bawah ini beberapa cara membuat masker kopi yang dapat dicoba, mulai dari bahan sederhana hingga rumit, berikut pilihan cara membuat masker kopi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara membuat masker kopi dan juga manfaat masker kopi, kamu bisa simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Cara Membuat Masker Kopi

manfaat masker kopi
Sumber: Pexels

Berikut ini beberapa cara membuat masker kopi dengan beberapa campuran lainnya yang perlu kamu ketahui.

1. Masker Kopi dan Minyak Zaitun

Cara membuat masker kopi dan minyak zaitun. Campurkan minyak zaitun serta bubuk kopi dengan perbandingan yang sama. Oleskanlah ke wajah dengan gerakan melingkar. Biarkan masker ini antara 15-60 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Ulangi langkah ini hingga tiga kali per minggu. Manfaat masker kopi dan minyak zaitun kemudian akan membantu melembabkan dan membuat kulit wajah menjadi sehat.

2. Masker Kopi dan Susu

Untuk mencerahkan kulit, kamu dapat mencoba masker kopi serta susu. Caranya sendiri sangat mudah cukup dengan mengambil setengah cangkir kopi kemudian campur dengan beberapa sendok susu untuk konsistensi yang kental.

Gunakanlah campuran ini sebagai masker wajah selama 10-15 menit. Bilas dengan menggunakan air hangat. Masker wajah ini kemudian akan membantu mengangkat sel kulit mati serta mencerahkan kulit karena kandungan asam laktat di dalam susu.

3. Masker Kopi dan Yogurt

Kopi dan yogurt memiliki sifat antioksidan yang akan membantu mengencangkan kulit serta melawan kerutan. Perpaduan keduanya kemudian akan membuat kulit menjadi lebih cerah serta membantu memperlambat penuaan kulit.

Selain itu, yogurt juga memiliki kandungan asam laktat yang dapat mengencangkan pori-pori serta membantu regenerasi sel kulit. Cara membuat masker kopi dan yogurt sendiri sangat mudah, yaitu Campur 1/4 cangkir Greek yoghurt dengan dua sendok teh kopi bubuk kemudian oleskan ke wajah dan pijat dengan tangan dalam 2-3 menit. Diamkan masker selama 15 menit kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk.

4. Masker Kopi dan Madu

Kamu membutuhkan satu sendok makan bubuk kopi serta satu sendok makan madu. Campurkan kedua bahan ini dengan baik di dalam mangkuk kecil kemudian oleskan adonan ke seluruh wajah dan pijatlah dengan lembut. Biarkan masker selama 20 menit kemudian bilaslah dengan menggunakan air dingin. Kopi dan madu sebagai masker wajah ini akan membantu melembabkan kulit serta mengurangi tanda-tanda penuaan seperti diantaranya keriput dan bintik-bintik gelap.

The Architecture of Love | Di balik Pena

5. Masker Kopi dan Air Mawar

Menggunakan air mawar pada kulit kemudian memiliki banyak manfaat. Manfaat air mawar sendiri terdiri dari sifat anti inflamasi yang dikenal membantu mengobati iritasi kulit, jerawat, serta dermatitis. Selain itu, air mawar juga akan membantu menjadi pembersih kulit untuk membantu menghilangkan kotoran serta minyak yang biasanya menyumbat pori-pori. Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 cangkir kopi bubuk
  • 2 sdt air mawar

Cara membuatnya sangat mudah cukup dengan mengambil mangkuk serta campurkan kedua bahan di dalamnya. Oleskanlah campuran ini ke wajah dan tubuhmu, lalu pijat dengan gerakan melingkar. Pakailah selama tak lebih dari 20 menit dan bilaslah dengan menggunakan air hangat.

6. Masker Kopi dan Aloe Vera

Aloe vera dapat digunakan di musim dingin dan di musim panas oleh orang-orang dari semua jenis kulit. Lidah buaya ini dikemas dengan multivitamin, termasuk diantaranya vitamin C, vitamin E dan beta-karoten. Kandungan ini sendiri diketahui mampu menyehatkan kulit serta membantu mencegah penuaan dini, ungkap Dr. Deepali Bhardwaj, Ahli Perawatan Kulit.

Selain itu, lidah buaya juga akan membantu melembabkan kulit tanpa membuatnya terlalu berminyak. Hal ini sangat baik untuk orang-orang dengan kulit berminyak.
Bahan-bahan yang dibutuhkan::

  • 1 cangkir kopi bubuk
  • 2 sdt air mawar

Cara Membuat: Ambillah mangkuk kemudian campurkan kedua bahan ini di dalamnya. Oleskan campuran tersebut ke area wajah dan tubuh kemudian pijat dengan gerakan melingkar. Pakailah selama tidak lebih dari 20 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Manfaat Masker Kopi

manfaat masker kopi
Sumber: Pexels

Manfaat Masker Kopi: Merawat Area Kulit yang Terbakar

Beraktivitas di luar ruangan tentunya kamu tidak bisa menghindari sinar matahari. Terlalu lama terpapar sinar matahari akan membuat kulit wajah menjadi terbakar dan iritasi. Kopi dapat kamu gunakan untuk merawat kulit wajah yang terpapar lama di bawah sinar ultraviolet (UV)!

Cara membuatnya sendiri sangat mudah cukup dengan mencampurkan kopi dengan es batu, kemudian celupkan handuk ke dalamnya. Usapkanlah handuk ke bagian wajah ataupun kulit yang terbakar. Efek yang diberikan kemudian adalah shoting dan calming. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kopi sebagai masker karena antioksidan di dalam kopi akan membantu menenangkan kulit wajahmu.

Manfaat Masker Kopi: Berfungsi Sebagai Antioksidan

Antioksidan sangat diperlukan bagi kulit. Antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang akan membuat kulit lebih cepat menua dan menimbulkan berbagai permasalah kulit wajah. Sebenarnya, tubuh memproduksi antioksidan sendiri, namun dengan seiring bertambahnya usia, produksi antioksidan menjadi berkurang. Nah, kamu dapat menggunakan masker kopi untuk mendapatkan antioksidan tambahan.

Manfaat Masker Kopi: Membantu Mengurangi Jerawat

Kamu memiliki masalah jerawat yang tak kunjung selesai? Mungkin bahan dari dapur yang satu ini dapat kamu coba. Kandungan chlorogenic acid pada kopi ini bersifat anti-bakteri dan anti-peradangan sehingga kulit tak lagi menjadi tempat berkembang bakteri penyebab jerawat. Kamu juga dapat mencampurkan kopi dengan air kemudian gosokkan perlahan. Selain itu kamu dapat mencampurkan kopi dengan madu untuk menghilangkan bekas jerawatnya.

Manfaat Masker Kopi: Membantu Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Sel kulit mati serta kotoran adalah salah satu penyebab kulit kusam. Untuk membersihkan sel kulit mati, kamu dapat melakukan deep cleaning dengan menggunakan scrub wajah. Bahan alami yang bisa kamu gunakanan untuk scrub diantaranya adalah kopi.

Kandungan asam pada kopi ini akan membantu mengangkat sel kulit mati serta melancarkan aliran darah yang tentunya akan membuat kulit wajah menjadi lebih cerah! Kamu juga dapat mencampurkan kopi dengan susu sapi murni. Campurkanlah hingga sedikit mengental kemudian aplikasikan pada wajah. Gosok perlahan hingga wajah bersih secara merata!

Manfaat Masker Kopi: Samarkan Area Mata Panda

Lingkaran mata yang gelap ataupun mata panda akan mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan masker kopi untuk menyamarkan mata pada, lho! Kandungan kafein pada kopi ini sendiri dipercaya dapat membantu memperlebar peredaran darah di area mata. Hal ini akan membantu menyamarkan lingkaran gelap di area mata, karena penyempitan pembuluh darah merupakan salah satu penyebab mata panda.

Manfaat Masker Kopi: Mengurangi Peradangan Kulit

Kamu juga dapat menggunakan masker kopi untuk meredakan peradangan pada area kulit. Peradangan kulit juga dapat terjadi di wajah. Kandungan polifenol serta asam hidroksamik dalam kopi kemudian akan membantu mengurangi peradangan tersebut. Selain itu, kandungan kafein dalam kopi juga akan membantu mengatasi pembengkakan akibat peradangan.

Manfaat Masker Kopi: Melawan Penuaan Dini

Kopi sangat kaya akan antioksidan yang dapat bekerja sebagai anti aging. Antioksidan yang dimiliki oleh kopi adalah polifenol. Polifenol juga akan membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Selain itu, kandungan polifenol juga akan membantu memperbaiki DNA yang rusak akibat sinar UV dan merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Masker kopi juga akan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan lainnya seperti flek hitam serta kerutan. Jadi, gunakan masker kopi secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang awet muda!

Manfaat Masker Kopi: Mengurangi Selulit

Timbunan lemak di bawah kulit atau biasa dikenal juga sebagai selulit akan mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, dapat menggunakan kopi untuk mengurangi selulit di kulit. Kandungan kafein akan membantu memperlancar peredaran darah di bawah kulit sehingga dapat menyamarkan selulit.

Campurkan saja air dengan kopi hingga kemudian menjadi pasta dan aplikasikan pada bagian selulit. Gosok perlahan ke seluruh bagian yang kamu inginkan. Gunakanlah masker ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Masker Kopi: Mengatasi Komedo

Masker kopi juga akan mampu melawan komedo membandel yang ada di hidung. Komedo hitam ini sendiri disebabkan oleh terbukanya area pori-pori wajah, sehingga bakteri serta minyak bercampur dengan udara kemudian berubah menjadi gelap.

Kamu dapat mengatasi komedo dengan campuran masker kopi serta gula. Siapkan tiga sendok makan kopi dan satu sendok makan gula, kemudian campur dengan air secukupnya. Aplikasikan adonan ini pada bagian kulit yang ada komedo lalu bilas setelah 30 menit.

Manfaat Masker Kopi: Melindungi kulit dari sinar matahari

Kopi mengandung banyak sekali antioksidan, salah satunya adalah polifenol. Zat tersebut dapat membantu melindungi dari sinar matahari yang mengandung ultraviolet (UV) serta beberapa tanda penuaan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Merujuk pada studi tahun 2015 dalam International Journal of Dermatology, partisipan studi dengan kadar polifenol tertinggi dari kopi ataupun sumber lain, memiliki lebih sedikit bintik-bintik penuaan pada wajah mereka. Menggunakan masker kopi pada kulit kemudian akan membantu mengurangi munculnya bintik hitam, kemerahan, dan garis-garis halus akibat penuaan.

Manfaat Masker Kopi: Mengatasi Hiperpigmentasi Pada Kulit

Penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa kopi memiliki kandungang asam klorogenat (chlorogenic acids/CGA). Dengan menggunakan masker kopi kemudian akan membantu menyerap asam klorogenat ke dalam kulit, sehingga bermanfaat.

Dalam buku Medicinal Plants: Chemistry, Pharmacology, and Therapeutic Applications sendiri dijelaskan, asam klorogenat ini terbukti penghambat berbagai aktivitas enzim tirosinase pada sel melanoma B16. Oleh karenanya, asam ini digunakan untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Menggunakan masker kopi secara rutin sendiri akan membantu mengurangi hiperpigmentasi pada kulit sehingga noda hitam ataupun warna kulit yang tidak merata dapat diatasi.

Manfaat Masker Kopi: Mengencangkan kulit

Dalam publikasi American Heart Association, kopi kemudian akan membantu memperlancar aliran darah. Dengan meningkatkan aliran darah, kulit juga akan mengalami peningkatan untuk membuat kolagen di dalam tubuh.

Kolagen sendiri merupakan protein keras, yang tidak larut, dan berserat dan membentuk sepertiga dari protein dalam tubuh manusia. Molekulnya akan membentuk fibril tipis yang panjang. Hal ini bertindak sebagai struktur pendukung yang memberikan kekuatan serta elastisitas kulit. Menggunakan masker kopi akan membantu produksi kolagen sehingga kulit tetap kencang dan sehat.

Penutup

Demikian pembahasan tentang manfaat masker kopi untuk wajah. Dari semua cara membuat masker kopi yang telah dijelaskan, sebaiknya pilihlah sesuai dengan karakteristik dari kulit kamu. Dengan begitu, kesehatan wajah pun akan semakin terjaga. Semoga semua semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu.

Jika ingin mencari buku tentang perawatan kulit, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Masker Kopi yang Wajib Kamu Baca

Rahasia Perawatan Kulit Wajah

https://www.gramedia.com/products/rahasia-perawatan-kulit-wajah-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/rahasia-perawatan-kulit-wajah-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kulit yang sehat, halus serta bersih sudah pasti menjadi dambaan semua wanita termasuk dirimu. Kulit sehat membuat wanita terlihat lebih fresh, cantik serta awet muda. Tentu untuk mendapatkan kulit sehat senantiasa dibutuhkan perawatan dan menjaga kesehatan kulit. Yang menjadi pertanyaan berikutnya, bagaimana langkah untuk perawatan kulit dengan benar?

Buku ini adalah jawabannya, karena buku ini akan mengungkap semua rahasia perawatan kulit wajah dengan penyajian sederhana, praktis dan mudah. Selain itu, buku ini juga dilengkapi informasi mengenai daftar zat dalam kosmetik dan daftar kosmetik berbahaya versi BPOM. Jangan sampai produk yang berbahaya ini masih ada di tanganmu dan digunakan untuk perawatan sehari-hari. Bisa jadi bukan kulit sehat yang kamu dapatkan justru sebaliknya.

Bioteknologi Penuaan, Peran Pangan dalam Peremajaan Kulit

https://www.gramedia.com/products/bioteknologi-penuaan-peran-pangan-dalam-peremajaan-kulit?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/bioteknologi-penuaan-peran-pangan-dalam-peremajaan-kulit?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Ingin tetap tampil prima di usia senja? Hal ini sangat bergantung pada komitmen seseorang dalam menjaga kesehatan tubuhnya, terutama sejak muda. Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Namun, hanya sedikit orang yang memahami cara yang tepat untuk menjaga kondisi tubuh.

F. G. Winarno melalui Bioteknologi Penuaan: Peran Pangan dalam Peremajaan Kulit mengajakmu untuk memahami cara mengenali tubuh sehingga kamu dapat memilih perlakuan yang tepat bagi tubuh mu. Buku ini memaparkan beberapa hal secara mendetail, mulai dari proses kematian sel (apoptosis), sarcopenia, atropi otot, pengerutan otak dan Alzheimer, evolusi kulit, pelebaran pinggul wanita, bioteknologi keremajaan, proses penuaan, sampai genetic editing.

Resep Panjang Umur Sehat & Sembuh

https://www.gramedia.com/products/resep-panjang-umur-sehat-sembuh?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/resep-panjang-umur-sehat-sembuh?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

“Isi Piringku” adalah panduan porsi gizi seimbang yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 50% porsi piring diisi sayur segar dan buah. Lalu, bagaimana memadukan racikan sayur segar (yang bukan “salad”) bersama lauk yang sehat? Bagaimana juga dengan keterampilan memilih, meracik dan mengolah makanan yang bagi generasi masa kini terasa membebani? Buku inilah jawabannya.

Uraian edukasi yang ringkas, ringan, dengan referensi yang dapat dipercaya sehingga memberi bobot tentang mengapa bahan makanan tertentu dipilih, bagaimana meracik yang benar, dan cara olah seperti apa yang tetap mempertahankan kualitas gizi makanan. Dijamin menyiapkan makanan sehat bagi keluarga terasa mudah dan menyenangkan, tanpa menghilangkan rasa enak yang memanjakan lidah.

Buku Resep Panjang Umur, Sehat & Sembuh—yang pernah terbit sepuluh tahun yang lalu, dan mengalami cetak ulang berkali-kali—ini telah mengalami banyak perubahan dan disertai informasi ilmu gizi terkini. Sederhana namun bukan miskin rasa, mudah tapi tidak hanyut dalam kepraktisan, buku ini hadir dengan 32 resep racikan sayur segar dan 40 resep lauk berbumbu asli tanpa harus diberi gula dan minyak goreng apalagi produk rafinasi.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda