in

10 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan – Olahraga merupakan salah satu hal yang penting demi menjaga daya tahan atau stamina di dalam tubuh agar tetap bisa beraktivitas sehari-hari dengan baik dan terhindar dari suatu penyakit. Di tengah pandemi covid-19 yang telah terjadi hampir dua tahun di Indonesia ini masyarakat cenderung malas untuk melakukan olahraga di luar rumah karena takut terpaparnya virus.

Dengan demikian, masyarakat patuh terhadap aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai antisipasi penanganan gejala covid-19 agar tidak terus menerus menyebar di sekitar lingkungan masyarakat. Hal ini dapat meminimalisir angka covid-19 yang terus menambah beberapa waktu yang lalu.

Namun, banyak dari masyarakat yang tetap melakukan olahraga di luar rumah. Tentunya dengan tidak menghiraukan ketakutan sebelumnya ya grameds. Tetaplah taat dalam menjaga protokol kesehatan 5M yang telah dicanangkan oleh pemerintah karena hal ini merupakan salah satu bentuk keamanan untuk diri sendiri.

Beragam olahraga sedang tren dikalangan masyarakat. Salah satunya yang cukup populer saat ini adalah olahraga bersepeda. Sebetulnya olahraga ini sudah tidak asing untuk dilakukan, namun seiring dengan adanya perkembangan dan tren yang melanda maka olahraga bersepeda ini cukup digemari kembali dari semua kalangan baik usia tua ataupun muda.

Bersepeda menjadi salah satu jenis olahraga yang praktis dan mudah untuk dilakukan. Tidak hanya bermanfaat sebagai rekreasi saja atau digunakan untuk alat transportasi semata, namun olahraga bersepeda ini juga memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan di dalam tubuh loh grameds.

Olahraga bersepeda ini aman untuk dilakukan karena tidak membebani otot atau persendian. Sebelum itu, janganlah lupa untuk melakukan pemanasan agar  peredaran darah ke otot dapat berjalan dengan lancar dan membuat otot menjadi lebih fleksibel. Cukup bersepeda minimal 30 menit pada setiap harinya, maka kamu akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan di dalam tubuh.

Lalu, apa saja manfaat bersepeda yang baik untuk kesehatan ya grameds? Simak pembahasan pada satu artikel berikut ini hingga akhir ya.

Berikut ini adalah 10 manfaat bersepeda bagi kesehatan di dalam tubuh, antara lain sebagai berikut.

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama dari olahraga bersepeda apabila dilakukan secara rutin dapat menurunkan berat badan. Bersepeda mampu dalam meningkatkan metabolisme, membangun otot, dan menurunkan kadar lemak di dalam tubuh dapat membentuk berat badan ideal yang sehat.

Olahraga bersepeda ini dapat mengeluarkan banyak kalori yang terbakar sesuai dengan jarak dan kecepatan kamu saat bersepedanya. Sebuah studi penelitian menyatakan bahwa dengan bersepeda selama 30 menit pada setiap harinya dapat membakar hampir 5 kilogram lemak dalam setahun loh grameds.

Tapi, perlu diingat grameds jika sudah melakukan olahraga bersepeda ini untuk menurunkan berat badan, maka kamu juga perlu mengatur pola hidup dan makan sehat sesuai dengan gizi yang seimbang.

Salah satu buku berikut ini memberikan tips-tips praktis untuk mengatur pola makan kamu, dengan beberapa resep olahan makanan sehat dan tabel kalori. Semuanya teruji dan terbukti efektif dalam menurunkan berat badan. Di bagian akhir, grameds juga bisa menyimak daftar Glycemic Index beberapa bahan makanan.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Jika kamu telah melakukan program hidup dan makan sehat dengan gizi yang seimbang lalu dibarengi dengan olahraga bersepeda secara teratur maka dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko kanker.

Suatu studi penelitian menyatakan bahwa seseorang yang mempunyai tubuh yang sehat bugar hingga usia tua dapat memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap penyakit kanker, misalnya kanker kolorektal dan kanker paru.

Sementara itu bagi penderita kanker yang sedang mengalami masa pemulihan, bersepeda dapat mengurangi efek samping dari pengobatan kanker dalam meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih sehat.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat bersepeda berikutnya yakni dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini dapat menguatkan otot pada jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Tidak hanya itu bersepeda juga dapat memperbaiki kesehatan jantung, sirkulasi darah, paru-paru hingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Lakukanlah olahraga bersepeda ini minimal satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar kesehatan pada jantung dapat tetap terjaga.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Olahraga bersepeda ini juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental kamu, seperti depresi, stres, dan kecemasan lainnya. Bersepeda juga dapat melatih fokus dan membantu dalam mengembangkan konsentrasi serta kesadaran di dalam diri kamu.

Apabila kamu merasa lemas, letih, lesu, atau semacamnya dapat menaikkan intensitas dalam bersepeda setidaknya selama 10 menit. Hal ini bermanfaat dalam melepaskan endorfin di dalam tubuh sehingga dapat membantu dalam menurunkan tingkat stres tersebut.

Buku di bawah ini berisi tentang serangkaian tes psikologi. Terdapat sebuah tes yang semua jawabannya benar asalkan dikerjakan secara jujur. Jangan ragu untuk mengerjakan semua soal sehingga hasilnya menampilkan kepribadian kita yang sebenarnya. Bagaimanapun hasilnya, jangan berputus asa. Kondisi mental tidak sepenuhnya bersifat permanen. Masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri sehingga kehidupan bisa berjalan dengan menyenangkan.

5. Mencegah Diabetes

Aktivitas fisik yang tidak efektif atau berkurang dapat menjadi salah satu faktor dari risiko adanya diabetes. Maka dari itu, bersepeda dapat menjadi salah satu solusi bagi kamu untuk mencegah adanya risiko diabetes.

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti malas bergerak dan tidak adanya aktivitas yang cukup efektif dalam bekerja dapat menghambat hal tersebut. Oleh karena itu, bersepeda secara rutin minimal 30 menit pada setiap harinya dapat membantu dalam mencegah hingga menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

6. Meningkatkan Keseimbangan dan Kekuatan Tubuh

Manfaat bersepeda lainnya yakni dapat meningkatkan keseimbangan dan kekuatan dalam menjaga postur tubuh yang sehat. Keseimbangan pada tubuh ini dapat mencegah adanya risiko patah tulang.

Secara tidak langsung belum tentu dapat mengurangi risiko itu, namun bersepeda dapat dijadikan salah satu solusi sebagai bentuk latihan agar terhindar dari penyakit osteoarthritis atau pengapuran sendi sehingga keseimbangan dan kekuatan tubuh dapat terjaga dengan baik.

7. Mengatasi Insomnia

Pola tidur yang baik memerlukan waktu 7 hingga 8 jam sehari. Tidur yang nyenyak akan membuat tubuh dan pikiran menjadi sehat serta dapat beraktivitas dengan baik. Namun, sebagian orang mengalami gangguan susah tidur atau yang biasa disebut insomnia. Hal ini tentu berakibat pada menurunnya daya tahan tubuh dan stamina di dalam tubuh.

Apabila grameds merupakan salah satu penderita insomnia atau sedang mengalaminya kamu bisa mencoba olahraga bersepeda ini sebagai salah satu solusi sehingga memiliki pola tidur yang baik. Lakukanlah bersepeda secara rutin setiap harinya jika menginginkan hasil yang maksimal.

Buku ini membahas tentang berbagai permasalahan tidur yang kerap kita alami yaitu insomnia. Kamu yang kerap kali mengalami kesulitan jatuh tertidur, tidur tak berkualitas, atau seringnya terbangun di pertengahan malam buku berikut ini dapat menjadi salah satu bacaan di rumah.

8. Meningkatkan Kekuatan Otot

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang mengajarkan bagaimana cara untuk tetap seimbang dengan pedal yang dikayuhnya agar tidak mudah jatuh. Otot lengan dan kaki bergerak secara bersamaan mengikuti laju saat mengayuh sepeda. Maka dari itu, manfaat bersepeda dapat meningkatkan kekuatan pada otot di dalam tubuh.

9. Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh

Manfaat bersepeda berikutnya yakni dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. Jika memiliki imun tubuh yang kuat maka kesehatan di dalam tubuh akan lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Lakukanlah secara rutin minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang baik pada sistem imun tubuh kamu.

10. Meningkatkan Kemampuan Otak

Tahukah grameds? Apabila kamu melakukan olahraga bersepeda secara rutin dapat bermanfaat bagi kesehatan di dalam otak. Hal ini dapat meminimalisir adanya penurunan pada fungsi pola pikir dan risiko penyakit demensia. Mengapa demikian? Karena bersepeda dapat meningkatkan aliran darah yang sangat baik menuju ke otak. Lakukanlah secara rutin minimal 45 hingga 60 menit setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga:

Nah, itulah ulasan pada satu artikel ini tentang 10 manfaat bersepeda bagi kesehatan. Semoga setelah membaca artikel ini grameds bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang manfaat bersepeda yang belum kamu ketahui.

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari manfaat lainnya tentang bersepeda bagi kesehatan kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu dalam berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Elsya Islamay



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay