in , ,

Kisaran Harga Kucing Anggora Terbaru

Sumber: Pixabay

Harga kucing anggora – Kucing adalah salah satu binatang yang begitu lucu dan menggemaskan. Oleh karena itu, tak heran banyak orang suka memelihara hewan kucing di rumahnya.

Sama seperti hewan lainnya, kucing juga memiliki beberapa jenis. Salah satunya kucing anggora yang memiliki banyak sekali peminatnya khususnya di Indonesia. Jika kalian menyukai hewan kucing tentunya juga tak asing dengan salah satu kucing ras ini.

Meski sama-sama kucing, tetapi kucing anggora memiliki ciri yang begitu menonjol hingga menjadikannya mudah dikenal banyak orang. Lantas berapa sih harga yang ditawarkan oleh kucing anggora saat ini?

Tak perlu bingung jika kalian belum tahu kisaran harga kucing anggora saat ini. Sebab, dalam artikel ini akan membahas semua hal yang berhubungan dengan kucing anggora. Mulai dari harga, ciri, hingga cara perawatan kucing anggora yang bisa kalian dapatkan di sini dengan penjelasan lengkapnya.

Kisaran Harga Kucing Anggora

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kucing adalah salah satu hewan yang begitu disukai oleh banyak orang. Beberapa alasannya karena kucing memiliki bulu yang lembut, tingkah lucu, dan wajah yang menggemaskan.

Beberapa orang juga memutuskan untuk memilih kucing ras seperti kucing anggora dan Persia sebagai hewan peliharaanya. Sebenarnya perbedaan dari kedua kucing ras ini lebih ke bentuk hidungnya.

Dimana kucing anggora memiliki bentuk hidung yang lebih panjang dan mancung. Sedangkan, untuk kucing Persia sendiri lebih memiliki bentuk hidup pesek, kecil dan pendek.

Jika dilihat dari segi wajah, kucing anggora, memang memiliki bentuk wajah yang tegas dan sedikit runcing. Sedangkan untuk kucing persia lebih memiliki bentuk wajah gemuk dan bulat.

Di Indonesia sendiri umumnya memiliki tiga jenis kucing anggora yaitu kucing anggora asli, kucing anggora campuran dengan kucing persia, dan kucing anggora kampung atau domestik. Ketiganya memiliki perbedaan dasar pada ukuran dan ketebalan bulunya.

Di bawah ini adalah penjelasan tentang ketiga jenis kucing anggora tersebut lengkap dengan kisaran harga yang ditawarkan saat ini.

1. Kucing Anggora Asli

harga kucing anggora
Sumber: Pixabay

Jenis kucing anggora di Indonesia yang pertama kucing anggora asli. Kucing anggora asli ini memiliki ciri wajah runcing, hidung mancung, tulang dan ukuran tubuh yang lebih panjang.

Perlu diketahui juga jika kucing anggora asli ini berasal dari turki dan memiliki warna bulu yang tak berubah. Biasanya warna bulu dari kucing anggora asli ini adalah putih bersih.

Di Indonesia sendiri harga kucing anggora asli terbilang cukup mahal. Untuk harga kucing usia 3 bulan dengan kondisi belum divaksin berkisar sekitar Rp3 jutaan. Sedangkan untuk kucing anggora asli dengan usia yang sama, tetapi sudah divaksin, maka harganya bisa mencapai 7 jutaan rupiah.

Lalu, untuk anggora yang berusia 6 bulan lebih dan belum divaksin akan memiliki harga kisaran 8-9 jutaan rupiah. Di usia yang sama, tetapi kucing sudah dalam kondisi divaksin, maka kucing anggora akan memiliki harga kisaran 12 jutaan rupiah.

2. Kucing Anggora Campuran Kucing Persia

harga kucing anggora
Sumber: www.gramedia.com

Selanjutnya, ada jenis kucing ras hasil perkawinan silang dari kucing anggora dan kucing persia. Kucing keturunan ini terlihat begitu unik. Pada bagian wajah dan hidung seperti kucing persia atau lebih mudahnya wajah dari kucing keturunan ini berbentuk agak bulat dengan hidung pesek.

Sedangkan, dari bentuk badannya sedikit besar dan tinggi seperti kucing anggora. Harga kucing ras campuran ini tidak begitu mahal seperti aslinya. Harga kucing campuran anggora dan persia ini untuk usia 3 bulan dan belum divaksin hanya berkisar antara 600 ribu rupiah hingga 700 ribu rupiah.

Sedangkan, untuk kucing dengan usia yang sama, tetapi sudah divaksin akan dibanderol dengan kisaran harga mulai dari 900 ribu rupiah hingga 1 jutaan. Lalu, untuk kucing ras campuran anggora dan persia yang sudah memasuki usia 6 bulan lebih dan sudah divaksin akan mendapatkan harga sekitar 1,5 juta sampai 2,5 juta rupiah.

3. Kucing Anggora Campuran Kucing Kampung

harga kucing anggora
Sumber: www.gramedia.com

Selanjutnya, ada kucing hasil persilangan antara kucing anggora dengan kucing kampung yang bisa juga disebut dengan nama kucing anggora domestik. Kucing ras jenis ini bisa dibilang paling banyak dan mudah ditemukan di Indonesia serta memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga kucing anggora asli.

Ciri dari kucing anggora domestik ini adalah terdapat pada bagian ukuran badan yang lebih kecil dan bulu yang lebih pendek. Ada juga jenis kucing anggora domestik yang memiliki bulu lebat, tetapi hanya pada bagian ekor saja.

Pada dasarnya, bagian bulu dari kucing domestik lebih condong ke arah kucing kampung. Namun, untuk bentuk wajah kucing domestik lebih mirip dengan kucing anggora.

Harga yang ditawarkan untuk kucing anggora domestik ini berkisar antara 200 ribu hingga 500 ribu rupiah untuk usia 3 bulan. Sedangkan untuk kucing anggora domestic dengan usia 6 bulan biasanya akan memiliki kisaran harga 600 ribu.

Nah, itulah beberapa jenis kucing anggora yang mudah ditemukan di Indonesia lengkap dengan kisaran harga yang ditawarkannya. Tentunya, kalian bisa memelihara diantara jenis kucing anggora tersebut sesuai dengan keinginan pribadi.

Ciri Kucing Anggora

harga kucing anggora
Sumber: Pixabay

Anggora adalah salah satu jenis kucing ras yang begitu dikagumi banyak orang. Bulunya yang panjang, halus, dan berkilau ketika bergerak adalah beberapa ciri yang dimiliki oleh kucing ini. Dibalik bulunya yang begitu mempesona, tubuh dari kucing anggora juga begitu kokoh, panjang dan berotot.

Lalu, dari segi kaki yang unik terutama pada panjangnya. Kucing anggora memiliki kaki bagian belakang lebih panjang dari bagian kaki depan. Sedangkan, pada bagian cakarnya terlihat begitu kecil, bulat dan mungil. Bahkan, kerap kali ada jambul pada jari-jari kakinya.

Selain ciri-ciri tersebut, kalian bisa mengetahui ciri lainnya dari kucing anggora melalui penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Bentuk Wajah Segitiga dan Runcing

Berbeda dengan kucing ras persia, kucing ras anggora memiliki bentuk wajah seperti segitiga dengan bagian dahi yang lebih lebar dan semakin ke bawah akan berbentuk mengerucut. Kucing anggora memiliki bentuk hidung mancung kecuali kucing keturunan campuran persia.

Biasanya, kucing anggora campuran persia akan memiliki hidung lebih kecil dan sedikit lebih pesek daripada jenis kucing anggora asli. Selain itu, pada bagian bawah hidung kucing anggora akan memiliki warna pink atau merah mudah.

Kucing ini juga memiliki bentuk telinga yang lebih lebar serta lebih panjang dibandingkan dengan kucing jenis persia. Lalu, untuk bagian ujung telinga dari jenis kucing ini akan memiliki sebagian bulu yang terlihat.

2. Memiliki Bentuk Mata Seperti Kacang Almond

Ciri yang kedua dari kucing anggora adalah bentuk matanya yang menyerupai kacang almond. Dimana pada bagian ujung mata sedikit lebih runcing yang menjadikannya kerap disebut memiliki mata seperti kacang almond.

Namun, bagi kucing anggora yang memiliki bulu putih biasanya akan memiliki warna mata kuning dan juga ada yang memiliki warna mata biru maupun dua warna mata. Dua warna mata ini bisa terjadi karena adanya kelainan genetik yang dalam kucing tersebut.

https://www.gramedia.com/products/buku-pintar-kesehatan-kucing-ras?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Bentuk Tubuh Lebih Panjang dan Langsing

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika kucing anggora memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dan panjang. Perbedaan bentuk tubuh ini dapat dilihat dari ukuran tubuh jenis kucing anggora jantan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis kucing anggora betina.

Tak hanya itu saja, pasalnya untuk lebih mudah membedakan jenis kelamin dari kucing anggora juga bisa dilihat dari bentuk ekornya. Jenis kucing anggora jantan akan memiliki bulu ekor yang lebih tebal dibandingkan dengan bagian tubuh jenis kucing anggora lainnya.

4. Bentuk Hidung Mancung

Bentuk hidung dari kucing anggora terlihat lebih mancung seperti kucing lokal atau kucing kampung. Sedangkan untuk bentuk telinga kucing anggora terlihat berbentuk runcing dan memanjang.

5. Bulu Lebih Panjang

Dilihat secara sekilas, bulu dari kucing anggora memang terlihat begitu lebat. Namun, perlu diketahui jika kucing anggora hanya memiliki lapisan bulu tunggal. Berbeda dengan jenis kucing lainnya, seperti kucing persia yang memiliki lapisan bulu bagian bawah yang lebih tebal dan membutuhkan perawatan lebih.

Sedangkan untuk bulu bagian bawah dari kucing anggora tidak terlalu tebal dan tidak terlalu panjang, malah cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan jenis kucing lainnya.
Salah satu hal istimewa yang dimiliki oleh kucing anggora adalah ketika cuaca sedang dingin secara otomatis bulu kucing tersebut akan tumbuh lebih panjang dan lebih tebal terutama pada bagian ekor dan bagian dada kucing tersebut.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang ciri kucing anggora. Dengan memahami beberapa penjelasan ciri di atas, tentunya kalian akan lebih mudah untuk membedakan kucing anggora dengan kucing jenis lainnya.

https://www.gramedia.com/products/kisah-kisah-kucing-cat-stories-cover-baru-2019?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Cara Merawat Kucing

harga kucing anggora
Sumber: Pixabay

Kucing anggora merupakan salah satu kucing unik yang banyak dipelihara orang. Siapa sangka jika memelihara kucing juga tidak bisa secara sembarangan. Ada beberapa cara dalam merawat kucing dan tentunya kalian juga harus tahu apa saja cara tersebut.

Tak perlu bingung jika kalian belum tahu apa saja cara yang dibutuhkan dalam merawat kucing khususnya kucing anggora. Sebab, dalam poin ini akan dijelaskan beberapa cara merawat kucing dengan baik dan benar.

1. Rutin Memotong Kuku Kucing

Kucing anggora memiliki bentuk kuku yang mudah panjang. Jadi, kalian sebagai pemilik kucing anggora juga harus rutin memotong kucing ras tersebut.

Jika kalian tak rutin melakukan perawatan, maka akan memungkikan jika kuku panjang kucing anggora kalian akan membahayakan bagi diri kucing tersebut maupun pemiliknya. Selain itu, kalian juga harus rutin membawa kucing tersebut untuk perawatan dan pemeliharaan di toko perawatan binatang.

2. Rajin Menyisir Bulu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika kucing anggora memiliki karakteristik bulu tebal dan panjang. Tentunya, kalian sebagai pemilik kucing anggora tersebut juga sangat disarankan untuk selalu rajin menyisir rambut kucing tersebut menggunakan sikat logam bergigi. Ketika bulu kucing tersebut sudah bersih dan terawat, maka kucing anggora kalian akan merasa selalu nyaman.

3. Rutin Membersihkan Telinga

Kucing anggora juga memiliki bulu tebal pada bagian telinga hingga terkadang menutupi bagian tersebut. Akan lebih baik, jika kalian juga memiliki peralatan khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan telinga kucing. Sangat disarankan juga untuk selalu membersihkan kotoran pada bagian telinga kucing secara rutin agar telinga tetap bersih dan kucing menjadi sehat.

4. Menyikat Gigi Kucing Anggora

Kucing ras anggora adalah salah satu hewan yang begitu rawan terserang penyakit.

Tentunya, kalian sebagai pemilik juga wajib banget nih secara rutin membersihkan gigi kucing dengan menggunakan sikat berbulu lembut serta pasta gigi khusus. Perlu diketahui juga jika rutin dalam melakukan perawatan gigi kucing anggora bisa menjadi salah satu cara pencegahan adanya penyakit pada area mulut dan gigi.

https://www.gramedia.com/products/solusi-permasalahan-kucing?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

5. Rutin Membawa Kucing Anggora Ke Dokter Hewan

Beberapa kucing ras termasuk juga jenis berbulu tebal seperti kucing anggora memang perlu dibawa ke dokter hewan. Hal ini tak lain karena kucing ras rentan akan terserang penyakit jika tidak dilakukan perawatan dengan baik. Nantinya, dokter hewan akan bisa membantu kucing tersebut agar tetap sehat dan tidak mudah sakit.

6. Berikan Makanan Yang Bergizi dan Rutin

Layaknya manusia, kucing juga perlu diberi makan yang bergizi serta seimbang. Hewan peliharaan seperti kucing anggora dapat diberikan makanan bergizi seperti daging maupun ikan.

Gunakan enam cara mudah dalam memelihara kucing anggora seperti pada penjelasan di atas. Perawatan kucing yang baik dan benar mampu menjadikan kucing anggora milik kalian tetap sehat.

Hal Penting Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mengadopsi Kucing

harga kucing anggora
Sumber: Pixabay

Biasanya pemilik kucing anggora akan melakukan adopsi dari orang lain maupun pet shop tertentu. Namun, sebelum memutuskan untuk mengadopsi kucing anggora tersebut. Sebaiknya, kalian juga tahu beberapa hal penting dalam mengadopsi kucing terlebih dahulu.

Nah, agar kalian juga semakin paham akan beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum memutuskan memelihara kucing anggora, berikut ini adalah ulasan yang bisa kalian baca selengkapnya.

1. Usia Kucing Anggora

Hal pertama yang wajib kalian ketahui adalah mempertimbahkan usia kucing yang nantinya akan dipelihara. Kenapa usia kucing wajib untuk dipertimbangkan sebelum diadopsi?

Jawabannya adalah karena hal tersebut berhubungan dengan treatment dari sang pemilik ketika melakukan perawatan. Sebab, memelihara kucing yang memiliki usia lebih muda akan membutuhkan cara perawatan yang berbeda dibandingkan dengan dalam melakukan perawatan kucing usia dewasa.

2. Ketahui Kondisi Kucing

Berikutnya, kalian juga wajib banget untuk memastikan bagaimana kondisi kesehatan dari kucing tersebut. Hal ini dilakukan agar kalian tahu tindakan apa yang perlu dilakukan untuk kucing tersebut.

Perlu diketahui juga jika kondisi kesehatan kucing memang begitu penting untuk dipertimbangkan karena bisa berhubungan dengan kesehatan pemiliknya. Jangan sampai hanya karena memelihara kucing yang tak sehat malah dapat menularkan penyakit tertentu kepada pemiliknya.

Akan lebih baik, jika kalian memilih mengadopsi kucing yang sudah dalam kondisi divaksin dibandingkan dengan kucing yang belum divaksin karena bisa menjadi jaminan jika kondisi kucing tersebut sudah aman dan sehat.

3. Penyayang dan Mau Merawat Kucing

Selanjutnya, kenali tingkah laku dari kucing agar kalian bisa lebih mudah untuk beradaptasi dengannya. Pastikan juga kalau kalian sudah memiliki alasan khusus ketika akan mengadopsi kucing. Jangan sampai ada kejadian ketika kalian sudah memutuskan untuk mengadopsi kucing, malah justru ditelantarkan dan tak dirawat dengan baik dan benar.

4. Ketahui Jenis Makanan dan Kebutuhan Kucing

Hal terakhir yang bisa kalian perhatikan adalah dari segi jenis makanan dan kebutuhan lain milik kucing tersebut. Hal ini perlu diperhatikan agar kalian dan kucing tersebut bisa hidup secara berdampingan.

Pengetahuan yang kurang akan kucing dapat menyulitkan kalian ketika memeliharanya. Bahkan, bukan membuat kalian menjadi senang, karena keterbatasan pengetahuan terkait hal penting seperti makanan dan kebutuhan kucing lainnya malah menjadikan kalian repot sendiri dalam merawat dan memelihara kucing.

Nah, itulah beberapa hal penting yang berhubungan dengan kucing anggora. Mulai dari harga kucing anggora, ciri, hingga cara perawatannya sudah dijelaskan dalam artikel ini secara lebih lengkap.

Jika ingin mencari buku yang berkaitan dengan kucing, maka kamu bisa menemukannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi