in

Top 10 Orang Terkaya di Indonesia dan Fakta Uniknya

Top 10 Orang Terkaya di Indonesia dan Fakta Uniknya – Siapa yang tak ingin sukses dalam menjalani hidup? Tentu saja, kita semua menginginkannya. Setiap orang memiliki definisi sukses yang berbeda.

Tetapi bagi kebanyakan orang, kesuksesan mungkin memiliki arti kehidupan yang bahagia, kaya, dan secara keseluruhan lebih baik daripada apa yang kita jalani saat ini. Tak sedikit orang yang berpikir bahwa kekayaan masih menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang.

Dewasa ini, banyak orang yang menilai orang lain hanya dari kacamata kesuksesan dan kekayaan yang dimiliki. Padahal dibalik itu semua pasti butuh banyak usaha dan proses di dalamnya.

Uang bukanlah segalanya, tetapi setiap orang tentu membutuhkan uang untuk bertahan hidup. Hal itulah yang membuat seseorang ingin mengetahui bagaimana cara menjadi orang kaya. Tak bisa dipungkiri, memiliki banyak uang alias kaya raya menjadi dambaan setiap orang.

Namun, itu semua bukan perkara yang mudah. Perlu usaha dan kerja keras untuk bisa mendapatkanya. Bahkan miliarder sekalipun menghabiskan masa mudanya hanya untuk bekerja.

Forbes menjadi platform yang telah diakui dunia di antara banyak media ekonomi yang beredar. Majalah bisnis dan finansial yang satu ini didirikan tahun 1917 di Amerika Serikat. Daftar perusahaan atau orang-orang terkaya dunia merupakan salah satu topik hangat yang menjadi daya tarik platform ini.

Kepemilikan saham dan informasi keuangan keluarga dan perorangan, analis, bursa saham, dan sumber kekayaan lainnya menjadi komposisi penghitungan kekayaan yang dilakukan Forbes.

Suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang di dunia yang masuk dalam daftar tersebut. Forbes memperbarui data The World’s Real-Time Billionaires setiap hari untuk melacak naik turunnya kekayaan miliarder di dunia.

Daftar orang terkaya di dunia dapat berubah dari tahun ke tahun tergantung pada kekayaan bersih dan kinerja keuangan terbaru mereka. Tidak ada banyak perubahan yang terjadi dalam daftar nama orang terkaya di Indonesia. Nama-nama orang terkaya ini pasti sudah pernah kamu dengar sebelumnya.

Siapa saja orang terkaya di Indonesia? Berikut adalah daftar 10 orang terkaya Indonesia dan fakta menarik tentang mereka.

1. Robert Budi Hartono

budi hartono

Budi Hartono menempati posisi pertama orang terkaya di Indonesia. Pemilik Bank Central Asia (BCA) dan perusahaan rokok Djarum ini memiliki total kekayaan sebesar 20,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 287 triliun. Kemudian Budi Hartono menempati posisi ke-86 dalam daftar 100 orang terkaya di dunia. Sebagian besar kekayaan yang dimilikinya bersumber dari investasi di Bank Central Asia (BCA).

Budi Hartono bersaudara diketahui mewarisi bisnis rokok Djarum dari ayahnya, Oei Wie Gwan. Keduanya mulai mengekspor rokok produksi Djarum di tahun 1972 dan mulai menciptakan merek rokok kretek lintingan mesin pertama di tahun 1976. Kemudian mereka memperkenalkan rokok merek Djarum Super tahun 1981 yang hingga kini menjadi salah satu merek rokok terpopuler di Indonesia. Budi Hartono bersaudara mulai melebarkan sayapnya di dunia bisnis dengan mengakuisisi Bank Central Asia (BCA) dari tangan keluarga Salim sekitar tahun 1997-1998.

Saat ini, bank tersebut tercatat sebagai bank swasta terbesar tanah air. Beberapa tahun belakangan ini, saham bank swasta yang dimiliki Budi Hartono bersaudara mengalami kenaikan yang signifikan. Hal tersebut turut mendorong kenaikan kekayaan yang mereka miliki. Selama lebih dari satu dekade, Budi Hartono bersaudara menempati posisi teratas konglomerat terkaya di Indonesia.

gramedia back to kampus

Tak berhenti sampai di situ, keduanya merambah ke dunia industri digital dengan melahirkan lini usaha perangkat elektronik bernama Polytron dan GDP Venture. Perusahaan tersebut memfokuskan diri pada sektor digital, seperti media, komunitas digital, perdagangan, dan lain-lain. Industri digital GDP Venture mulai mendapatkan suntikan dana dari Halodoc, tiket.com, Blibli.com, Gojek hingga infokost.id. Selain mendapatkan suntikan dana, GDP Ventur juga mendanai sejumlah komunitas digital dan media, seperti Narasi, Kaskus, IDN Media, Kumparan, Bolalob, Historia, Opini.id, Kurio, dan Lokadata.

2. Michael Hartono

michael hartono

Posisi kedua orang terkaya di Indonesia ditempati oleh Michael Bambang Hartono adik dari Budi Hartono. Sama seperti kakaknya, investasi Bank Central Asia (BCA) dan rokok Djarum masih menjadi sumber kekayaan terbesarnya. Kemudian Michael Hartono menempati posisi ke-89 dalam daftar 100 orang terkaya di dunia. Kekayaan Michael Hartono mencapai 19,7 miliar dollar AS atau setara engan Rp 275,8 triliun.

Pria kelahiran Semarang dengan nama lengkap Michael Bambang Hartono dan nama mandarin Oei Hwie Siang ini telah malang melintang menggeluti bisnis sejak muda. Michael Hartono turut mewarisi usaha sang ayah bersama kakaknya, Budi Hartono. Pria lulusan Universitas Diponegoro ini sukses merajai pasar Indonesia dengan mengembangkan perusahaan yang dulu sempat habis dilalap si jago merah. Perlahan tapi pasti, bisnis rokok Djarum yang dikelolanya berkembang pesat.

Hartono bersaudara mengembangkan Grup Djarum dengan beragam usaha, seperti Menara BCA, Grand Indonesia, WTC Mangga Dua, Mal Daan Mogot, dan Perumahan Resinda di Jawa Barat. Beragam usaha yang dikembangkan Hartono bersaudara menjadi akar kekaayaan keluarga konglomerat yang satu ini.

3. Sri Prakash Lohia

sri prakash lohia

Posisi ketiga orang terkaya di Indonesia ditempati oleh orang India yang bermigrasi ke Indonesia pada tahun 1970-an, yakni Sri Prakash Lohia. Bersama ayahnya, dia mendirikan Indorama Coporation sebagai perusahaan pembuat benang pintal. Kekayaan Sri Prakash Lohia mencapai 6,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 93,7 triliun. Kemudian pria kelahiran India ini merupakan orang terkaya ke-404 di dunia.

Produksi polyethylene terephthalate (PET) dan bisnis petrokimia lainnya menjadi sumber kekayaan yang dihasilka Sri Prakash Lohia. Perusahaan Indorama Corporation kini menjadi pembangkit listrik tenaga petrokimia yang membuat produk industri, seperti bahan baku tekstil dan sarung tangan medis. Keluarga Lohia memang berasal dari keluarga kaya terpandang, mengingat adiknya Aloke Lohia juga merupakan miliarder terkenal di Thailand yang juga mengelola PET Indorama Ventures Public Co.

novel romantis

4. Prajogo Pangestu

prajogo pangestu

Prajogo Pangestu sebagai putra seorang pedagang karet menempati posisi keempat orang terkaya di Indonesia. Sumber kekayaan Prajogo Pangestu berasal dari bisnisnya di bidang perkayuan yang telah digeluti sejak tahun 1970-an. Projogo juga merupakan pemilik Perusahaan Barito Pacific yang dulunya bernama Barito Pacific Timber. Kekayaan Prajogo Pangestu saat ini mencapai 6,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 93,7 triliun. Kemudian pria yang menggeluti bidang perkayuan ini merupakan orang terkaya ke-514 di dunia.

Pendiri Barito Grup ini lahir di Sambas, Kalimantan Barat dengan nama Phang Djoem Phen. Pria kelahiran Sambas 1944 ini terlahir dari keluarga miskin yang mengharuskannya merintis karir dari awal. Dari mulai menjadi sopir angkot hingga raja kayu pernah ia rasakan. Kini Prajogo menjadi salah satu konglomerat terkenal di Indonesia dengan gurita bisnisnya, yakni petro kimia, properti, minyak sawit mentah, perkayuan, dan lain-lain.

5. Chairul Tanjung

Booming sebagai anak singkong, Chairul Tanjung menempati posisi ke-5 orang terkaya di Indonesia. Nama Chairul Tanjung cukup familiar di berbagai media sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp.

Selain itu, Chairul juga menjalankan stasiun televisi, menerbitkan kartu kredit, dan memiliki Trans Retail yang dikenal dengan toko kelontong bermerek Transmart Carrefour. Konglomerat yang menempati posisi orang terkaya ke-5 di Indonesia ini juga turut menguasai franchise Wendy’s, Vercase, Jimmy Choo, dan Mango.

Chairul Tanjung juga menanamkan sahan di maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan berbagai industri bisnis lainnya. Kekayaan Chairul Tanjung mencapai 4,8 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 69,2 triliun. Kemudian pengusaha yang menjalankan stasiun televisi ini menempati posisi ke-589 orang terkaya di dunia versi Forbes.

6. Tahir Keluarga

tahir keluarga

Majalah Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia dan menempatkan Tahir keluarga di posisi ke-6 sebagai orang terkaya tanah air. Kemudian Tahir menempati posisi ke-925 orang terkaya di dunia.

Sumber kekayaan Tahir keluarga berasar dari gurita bisnisnya di bidang perbankan, kesehatan, dan real estat. Forbes merilis harta kekayaan Tahir dan keluarga mencapai 3,3 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 48,1 triliun. Tahir terlahir dari keluarga sederhana dengan ayah yang berprofesi sebagai penjual onderdil becak dan ibu yang berprofesi sebagai tukang cat becak.



Kejujuran, kerja keras, dan berbagi tanpa pamrin selalu ditanamkan keluarganya sejak kecil. Tahir mendirikan berbagai bisnis mulai dari Bank Mayapada, Tahir Foundation, dan Mayapada Grup. Anak seorang penjual onderdil becak yang satu ini memiliki saham di Bank Mayapada, Maha Properti Indonesia, dan perusahaam properti lainnya di Singapura. Selain itu, Tahir juga menjadi salah satu pemilik lesensi yang menerbitkan Majalah Forbes Indonesia.

7. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy pendiri Emtek kini menempati posisi ke-7 sebagai orang terkaya di Indonesia. Kekayaan yang dimiliki Eddy bersumber dari bidang media atau teknologi. Kemudian Eddy menempati urutan 1.008 sebagai orang terkaya di dunia. Eddy mendirikan perusahaan Emtek pada tahun 1983 sebagai distributor komputer Compaq eksklusif di Indonesia. Eddy memiliki mayoritas saham di perusahaan distributor komputer tersebut. Forbes merilis kekayaan Eddy Kusnadi mencapai 3 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 43,2 triliun.

Sumber kekayaan dari Eddy tak hanya berasal dari Emtek, ia juga menjalankan beberapa saluran televisi, seperti SCTV, O Channel, dan Indosiar. Konglomerat Eddy Kusnadi juga megakuisisi Omni Hospital dan mulai berkolaborasi dengan Alibaba sistem pembayaran digital belum lama ini.

8. Jerry Ng

orang terkaya di indonesia

Posisi ke-8 orang terkaya di Indonesia ditempati oleh Jerry Ng seorang bankir veteran. Jerry telah memiliki pengalaman di dunia perinvestasian lebih dari tiga dekade lamanya. Kemudian Jerry menempati posisi 1.249 sebagai orang terkaya di dunia.

Kekayaannya kini mencapai 2,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 36 triliun. Pria kelahiran Pontianak ini, sebelumnya memegang posisi teratas Bank Danamon dan Bank Central Asia.

Hingga akhirnya di tahun 2019, sumber terbesar kekayaannya berasal dari investasi Bank Jago (ARTO). Nama Jerry Ng telah malang melintang di dunia industri keungan nasional maupun luar negeri. Bank Jago (ARTO) memfokuskan dirinya menjadi sebuah bank digital di Indonesia.

9. Martua Sitorus

mortua - orang terkaya di indonesia

Posisi ke-9 orang terkaya di Indonesia ditempati oleh Martua Sitorus sebagai seorang pengusaha perkebunan dan pengolahan kelapa sawit. Kemudian Forbes merilis Martua sebagai orang ke-1.580 terkaya di dunia. Konglomerat yang satu ini mendirikan Wilmar pada tahun 1991 bersama seorang miliarder ternama Kuok Khoon Hong.

Martua  turun dari jabatannya sebagai dewan direksi Wilmar dan menjadi pedagang minyak sawit terbesar di dunia. Kekayaan Martua kini mencapai 2 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 28,8 triliun. Martua juga bekerja sama dengan beberapa grup ternama, seperti grup Ciputra dan Gama Land yang membangun proyek apartemen beserta kompleks perbelanjaan. Martua berasal dari keluarga sederhana yang menyebabkannya harus membantu perekonomian keluarga dengan berjualan serabutan. Mulai dari berjualan udang dan ikan, hingga menjadi loper koran pernah ia rasakan.

10. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat

Terakhir, posisi ke-10 orang terkaya di Indonesia ditempati oleh Theodore Rachmat sebagai pendiri Grup Triputra. Kemudian Theodore Rachmat yang kerap disapa Teddy menjadi orang terkaya ke-1.833 di dunia. Kekayaan Teddy bersumber dari sejumlah lini bisnis, seperti agribisnis, manufaktur, dan pertambangan. Kini kekayaan Teddy mencapai 1,7 milliar dollar AS atau setara dengan Rp 24,5 triliun.



Teddy mengawali karirnya pada tahun 1968 di grup otomotif Astra International milik pamannya William Soeryadjaya. Kesuksesan Teddy diiringi dengan sifat dermawan yang dimilikinya. Tahun 2009, Teddy masuk dalam daftar “Heroes of Philantrophy: Catalysts for Change” orang kaya Asia yang dinilai dermawan. Teddy kerap mendermakan sebagian hartanya di bidang kesehatan, kegiatan sosial, dan pendidikan dengan pemberian beasiswa.

Itulah daftar top 10 orang terkaya di Indonesia dengan fakta menarik dibaliknya. Bagaimana, Grameds? Turunnya hujan mungkin akan disertai badai dan akan mendatangkan pelangi yang indah. Menjadi kaya raya tentu bisa diraih siapapun asal mau berusaha dan bekerja dengan rasa senang, semangat, ikhlas, dan tentunya pantang menyerah.

Baca juga artikel terkait “10 Orang Terkaya di Indonesia” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila