in

Kenali 14 Wisata Pantai Banyuwangi beserta Keunikannya

Pantai Banyuwangi – Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, berdekatan dengan pulau Bali. Wilayah ini mempunyai banyak destinasi wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dieksplorasi. Selain itu, Banyuwangi juga terkenal dengan deretan pantainya yang eksotis dan indah sehingga sayang jika grameds lewatkan begitu saja.

Wisata Pantai Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi dengan luas 5.782 km2 ini menyimpan banyak pantai eksotis dengan keunikan tersendiri yang siap untuk dikunjungi. Kekayaan pantai Banyuwangi sebagai destinasi wisata dibarengi dengan melimpahnya sumber daya laut yang dimiliki. Dari tahun ke tahun, Banyuwangi tidak pernah absen sebagai salah satu penghasil ikan terbesar. Ada sekitar 300 lebih Unit Pengelola Ikan (UPI) dan daerah yang paling banyak menghasilkan ikan adalah Muncar.

Wisata pantai Banyuwangi yang sangat digemari oleh warga lokal, terutama yang berasal dari sekitar pulau Jawa. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata pantai Banyuwangi yang dapat grameds kunjungi. Yuk simak!

Kepulauan Belitung: Pesona Negeri Seribu Pantai

1. Pantai Cemara

pantai cemara

travelspromo.com

Sesuai dengan namanya, pantai ini mempunyai banyak pepohonan cemara untuk berteduh. Tidak hanya digunakan untuk berteduh, melainkan juga buat hunting foto estetik. Cocok banget untuk grameds yang lagi mencari pantai dengan udara sejuk, nih!

Lokasi: Desa Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: Rp2.000,.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

 

2. Pantai Syariah

Pantai Syariah

hotelmurah.com

Nama “Syariah” muncul karena Banyuwangi ingin mengenalkan wisata halal. Mulai dari adanya pemisahan area antara perempuan dan laki-laki, makanan halal dan lain sebagainya. Selain itu, di tepi pantai juga disediakan paying dan bean bag warna-warni untuk bersantai.

Lokasi: Desa Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: gratis.

Taman Nasional Ujung Kulon, Berwisata Sekaligus Bertualang

3. Pantai Boom

Pantai Boom

travel.kompas.com

Pantai boom sangat diminati oleh pengunjung, sehingga pantai ini sangat ramai karena lokasinya yang berada di tengah kota. Banyak spot foto menarik jika grameds berkunjung ke pantai boom, seperti jembatan hingga bangunan zaman dahulu yang masih berdiri.

 

Grameds mengejar matahari terbenam? Tempat ini salah satu yang paling cocok untuk hunting sunset. Selain itu, pantai boom juga dapat grameds datangi dengan berjalan kaki atau bersepeda apabila sedang berada di Alun-alun Blambangan.

 

Dari pantai ini, grameds bisa melihat juga pemandangan pulau Bali dari kejauhan. Dengan lokasi yang strategis menjadikan pantai ini sangat populer dan sering dijadikan tempat penyelenggaraan banyak acara besar kota Banyuwangi seperti Banyuwangi Beach Jazz Festival dan lain sebagainya.

Lokasi: Desa Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: gratis.

 

4. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau

travel.kompas.com

Sesuai dengan namanya, pantai ini berbentuk teluk dan berwarna hijau saat dilihat dari jauh. Pantai eksotis yang satu ini merupakan destinasi wisata pantai Banyuwangi terfavorit yang dapat grameds kunjungi ya.

 

Jernihnya air laut di Teluk Hijau menjadikan tempat ini sebagai destinasi snorkeling yang menyenangkan. Grameds bisa melihat keindahan bawah laut yang sangat memukau, mulai dari ikan hingga terumbu karang. Di sekitar pantai ini juga terdapat air terjun dikelilingi batu karang yang cantik, maka akan semakin menambah keindahan pantai teluk hijau ini.

 

Grameds enggak suka snorkeling? Tidak masalah, kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar tempat ini. Wilayah pantai ini juga masih termasuk dalam Taman Nasional Meru Betiri. Pantai teluk hijau Banyuwangi popular juga disebut sebagai Green Bay Banyuwangi.

Lokasi: Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 07.00-16.30 WIB.

Harga: gratis.

Buku Seri Ensiklopedia Pencinta Alam: Pantai

5. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

travel.kompas.com

Sukamade dikenal sebagai tempat penyu bertelur. Pantai sukamade terletak di Taman Nasional Meru Betiri dan menjadi salah satu triangle Diamond setelah kawah ijen dan G- Land. Destinasi wisata ini berjarak sekitar 97 kilometer (km) ke arah barat daya Banyuwangi yang mempunyai pemandangan asri dan tenang karena jauh dari hingar-bingar aktivitas kota. Di sini, terdapat perkebunan seluas 1.200 hektare (Ha) merupakan perkebunan karet, kopi, dan kakao.

 

Pantai ini juga dikenal sebagai surganya penyu, sehingga, kamu bisa menemukan penangkaran penyu yang membantu pelestariannya. Selain itu, grameds juga bisa membantu melepaskan penyu ke bibir pantai dengan bantuan dari petugas penangkaran.

 

Di pantai ini, para wisatawan dapat menyaksikan secara langsung penyu-penyu yang bertelur, melihat penangkapan penyu serta mengikuti kegiatan pelepasan tukik atau anak penyu ke laut.

Selain menyajikan wisata pantai dan penangkaran penyu, pantai sukamade juga mempunyai destinasi wisata lain berupa hutan mangrove. Hutan mangrove memiliki sungai yang bisa digunakan untuk mengamati berbagai jenis burung seperti elang laut, dara laut, burung roko-roko dan masih banyak lainnya.

 

Jalan menuju pantai sukamade sudah tergolong bagus dan halus. Di tengah perjalanan, pengunjung dapat singgah di Teluk Hijau yaitu sebuah teluk yang indah dengan tebing-tebing menjulang tinggi di sekitarnya.

Lokasi: Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: 24 jam.

Harga: Rp10.000,.

 

6. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng

jejakpiknik.com

Rekomendasi selanjutnya yaitu pantai wedi ireng. Pantai unik yang satu ini dijuluki demikian karena pantai ini mempunyai jenis pasir yang berbeda yaitu pasir halus berwarna putih dan pasir hitam yang lumayan kasar.

Secara geografis, posisi pantai ini diapit oleh pantai pulau merah dan pantai teluk hijau. Jaraknya hanya sekitar 5 km dari pantai pulau merah. Pemandangan yang ada juga menjadi tidak kalah indahnya dengan latar  hijaunya perbukitan dan birunya laut.

Untuk mencapai pantai ini diperlukan perjuangan yang cukup berat ya grameds. Apabila grameds tidak ingin melewati medan yang terlalu berat bisa menggunakan jalur laut dengan perahu seharga Rp40.000,.

Karena sulitnya medan yang ditempuh, maka tidak heran sedikit orang yang berkunjung ke pantai wedi ireng ini. Bukan hanya itu, suasananya yang sunyi, deburan ombak yang landau, pepohonan rindang dan angin sepoi membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di pantai wedi ireng. Oleh sebab itu, ketika berkunjung ke pantai ini membuat suasananya lebih nyaman dan tenteram.

Lokasi: Dusun Pancer, desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

 

7. Pantai Mustika

Pantai Mustika

jejakpiknik.com

Pantai Mustika biasanya dimanfaatkan untuk mencari ikan oleh para nelayan atau masyarakat sekitar karena mempunyai ombak yang cukup tenang. Tidak banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini. Jadi, tidak heran jika suasananya masih sangat tenang dan tenteram, tidak seperti di pantai pulau merah yang padat wisatawan.

Lokasi: Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: gratis

 

8. Pantai Lampon Pesanggaran

Pantai Lampon Pesanggaran

banyuwangibagus.com

Jika grameds berkunjung ke pantai pulau merah, tidak ada salahnya untuk mampir sebentar ke pantai lampon pesanggaran. Sebab, kedua lokasi wisata alam ini berdekatan. Meskipun kalah pamor dari pantai pulau merah, keindahan alam pantai lampon pesanggaran tidak boleh diabaikan.

Jika grameds ke pantai lampon pesanggaran akan disambut oleh banyaknya pepohonan kelapa yang tumbuh subur dan kokoh di sekitar pantai. Berbeda dengan pantai yang lain, hamparan pasir di pantai ini berwarna hitam. Saat grameds mendekati ke tepi pantai, maka disarankan untuk berhati-hati karena banyaknya terumbu karang yang bisa bikin terluka.

Pantai landai dengan ombak halus ini dihiasi dengan ornamen alam berupa batu-batu karang. Di sebelah selatan karang, terdapat muara sungai yang sering dijadikan lokasi memancing karena ikannya banyak juga tempatnya sangat aman.

Di pantai ini, terdapat bukit yang bisa dipanjat langsung tanpa bantuan alat ya grameds. Di puncaknya ada gua berukuran kecil yang bisa dijadikan tempat bersantai sembari menikmati indahnya pantai lampon pesanggaran dan terpaan angin yang sejuk.

Lokasi: Desa Lampon, Kecaatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: gratis.

 

9. Pantai Pulau Merah

Pantai Lampon Pesanggaran

travel.kompas.com

Pantai pulau merah dikenal sebagai sebutan Red Island adalah wisata pantai Banyuwangi yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai pulau merah biasanya menjadi destinasi surfing pemula dan profesional. Pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri berupa pasir pantai yang tampak berwarna merah muda lembut dan garis pantai yang panjang.

 

Selain itu, pantai ini juga mempunyai pulau sendiri dengan tanah merah dan vegetasi hijau berbentuk kecil seperti gunung. Ketika air laut surut, wisatawan dapat berjalan kaki menyeberang dan menjelajahi pulau dari dekat. Keunikan yang dimiliki pantai ini yaitu adanya bukit pasir di tengah lautan.

 

Tidak hanya itu, grameds juga bisa mencoba snorkeling, berselancar atau menikmati makanan khas di sekitar tempat ini. Selain itu, di pantai ini terdapat sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki apabila air laut sedang surut. Dan, pulau ini yang sepertinya menjadi cikal bakal nama pantai yang satu ini.

Pantai Pulau Merah juga dikenal karena ombaknya yang cukup tinggi, sehingga tidak jarang para peselancar datang untuk menguji sendiri keganasan ombak di pantai ini. Dengan ombak rata-rata setinggi 2 meter, pantai ini sangat cocok untuk melatih kemampuan berselancar.

Hal ini juga mudah diakses dari pusat kota Banyuwangi. Letaknya sekitar 60 km ke arah selatan kota dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua setengah jam perjalanan.

Lokasi: Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan berjarak 80 km dari pusat kota Banyuwangi.

Jam operasional: 24 jam.

Harga: Rp8.000,.

 

10. Pantai Bama

Pantai Bama

kompasiana.com

Salah satu destinasi wisata menarik yang bisa grameds singgahi saat berkunjung ke Taman Nasional Baluran yaitu Pantai Bama. Hamparan pasir putih yang dipadukan dengan birunya air laut seolah olah menjadi kombinasi yang sempurna. Uniknya dari pantai ini, terdapat ayunan yang bisa grameds naiki sembari bersantai menikmati suasana pantai di bama.

 

Selain ramai wisatawan, pantai Bama juga merupakan rumah bagi sekawanan hewan liar seperti kera dan berbagai burung langka endemic Jawa Timur. Bukan hanya itu, pantai ini juga dikelilingi oleh tumbuhan mangrove. Pengunjung bisa menyaksikan langsung kokohnya tumbuhan mangrove ini dengan menyusuri jembatan pandang.

 

Perihal fasilitas wisata, pengunjung tidak perlu khawatir. Pantai Bama sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas wisata, mulai dari kamar bilas, tempat makan dan istirahat hingga penginapan dengan pemandangan pantai.

Lokasi: Area Taman Nasional Baluran, Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo, Jawa Timur.

Jam operasional : 08.00-16.00 WIB.

Harga: Rp15.000-17.000,. sudah termasuk tiket masuk ke Taman Nasional Baluran.

 

11. Pantai Bedul

Pantai bedul berlokasi di Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini terletak di antara pantai grajangan dan G- Land. Di beri nama pantai bedul karena di perairan pantai ini banyak terdapat ikan belut sejenis ikan gabus.

 

Sama dengan pantai sukamade, di pantai bedul grameds juga bisa menemukan wisata hutan mangrove yang rindang dan asri. Disebut juga dengan nama wisata mangrove bedul, destinasi ini sangat cocok untuk grameds kunjungi bersama keluarga atau pasangan.

12. Pantai Ngagelan

Pantai ngagelan sebagai salah satu spot wisata di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi yang tidak boleh untuk grameds lewatkan. Pantai ini juga menyajikan aktivitas penangkaran penyu, di mana grameds bisa menyaksikan para penyu bertelur pada malam hari.

 

Ada sekitar 4 jenis penyu yang sering menepi di pantai ini untuk bertelur, yakni penyu lekang, penyu sisik, penyu belimbing dan penyu hijau. Waktu yang paling tepat untuk menyaksikan penyu bertelur di pantai ini adalah antara bulan Mei hingga September.

13. Pantai Watu Dodol

Berada di jalur pantura, pantai watu dodol sebagai pantai yang cukup ramai pengunjung. Sebab pantai ini sangat mudah ditemukan ketika grameds hendak melakukan ke pelabuhan ketapang. Jarak menuju pelabuhan ketapang sekitar 2 km, sehingga banyak wisatawan yang memilih singgah ke pantai tersebut sebelum akhirnya menyebrang pulau.

 

Salah satu hal yang menarik dari pantai Watu Dodol adalah pemandangan alam yang khas. Pantai ini memiliki bongkahan batu besar dengan diameter 15 m sedangkan tingginya mencapai 10 m. Konon ada banyak upaya yang telah dilakukan untuk memindahkan batu besar tersebut, namun sampai sekarang masih tetap di tempatnya.

 

Selain keindahan batu besar tersebut, pantai Watu Dodol juga menawarkan panorama pantai yang biru sehingga sesuai bagi para pengunjung yang ingin mengambil foto selfie atau bersama orang – orang tersayang.

Lokasi: Gumukremuk, Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.

14. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

travel.kompas.com

Selain pantai pulau merah yang cukup hits di kalangan peselancar di Banyuwangi, salah satu alternatif untuk berselancar ria yaitu berkunjung ke pantai plengkung. Pantai ini juga dijuluki sebagai G- Land atau the Seven Waves Wonder. Tidak main-main, julukan ini disematkan oleh para peselancar internasional karena mereka menyebut pantai Plengkung memiliki 7 gulungan ombak yang ketinggiannya mencapai hingga 6 meter.

 

Pantai plengkung sebagai destinasi surga bagi para pecinta olahraga selancar, di mana angin lepas pantai yang berhembus antara budaya bulan April dan bulan September menghasilkan ombak paling besar dengan ketinggian hingga mencapai 8 meter dengan panjang 2 km.

Meskipun demikian tidak semua yang berkunjung ke pantai banyuwangi adalah para peselancar. Banyak wisatawan yang hanya untuk menikmati birunya laut dan lembutnya pasir putih serta panorama alam yang memukau. Oleh sebab itu, dapat membuat pikiran yang semula suntuk jadi terasa segar kembali. Selain bisa berkunjung sendiri, grameds juga bisa datang bersama rombongan untuk menikmati keindahan pantai bersama, ya.

Nah, itulah berbagai tempat wisata pantai di Banyuwangi ya, grameds. Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait pantai Banyuwangi beserta keunikannya secara lengkap kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Fiska Rahma

Saya Fiska Rahma Rianda dan saya suka dunia menulis dan membaca memang menjadi hobi yang ingin disalurkan melalui sastra. Saya juga senang mereview buku dan tentang rekomendasi.

Kontak media sosial Linkedin saya Fiska Rahma