in

10 Pulau Terbesar di Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

10 Pulau Terbesar di Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui – Tahukah Grameds? Pulau merupakan sebutan untuk daratan yang terbentuk alami serta dikelilingi oleh ari dan selalu berada di atas permukaan air, meskipun air laut tengah pasang. Secara sederhana, pulau merupakan daratan yang tidak tenggelam, walaupun air pasang dalam keadaan naik tertinggi.

Pulau juga bukan buatan dari manusia, maupun hasil dari reklamasi. Pulau memiliki luas yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan benua. Di bumi, ada sekitar 180.497 pulau sesuai dengan defines pulau di atas.

Dari jumlah seluruh pulau tersebut, ada 10 pulau di dunia yang masuk dalam kategori sebagai pulau terbesar di dunia. Berikut penjelasan dari 10 pulau terbesar di dunia.

10 Pulau Terbesar di Dunia

Berikut adalah 10 pulau terbesar di dunia, beserta gambar dan total luas wilayahnya.

1. Greenland, Denmark

Pulau terbesar di dunia adalah Greenland yang berada di bawah daerah otonom Denmark, walaupun secara geografis, Greenland berada di wilayah Amerika Utara. Pulau Greenland terletak di antara Samudra Arktik serta Atlantik, dan di sebelah timur Kepulauan Arktik dekat Canada.

Total luas wilayah Greenland sebesar 2.175.600 km persegi dan memiliki jumlah penduduk sebanyak 56.480 jiwa pada tahun 2013. Sebagai pulau terbesar di dunia, Greenland merupakan wilayah dengan penduduk terjarang di dunia dengan kepadatan 0,28 km persegi.

Hampir tiga per empat bagian dari Pulau Greenland ditutupi oleh salju abadi, seperti Antartika. Oleh karena itu, Greenland hanya dihuni sesuai musimnya selama kurang lebih 4.500 tahun terakhir oleh suku-suku Arktik.

Penduduk yang mendiami Greenland adalah orang Eskimo atau Inuit, selain itu ada juga beberapa orang Denmark dan campuran dari orang Inuit dan Denmark yang dikenal dengan sebutan orang Tanah Hijau atau Greenland peoples.

2. Papua Nugini

Papua, Papua Nugini atau Irian Jaya merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Pulau Papua terbagi menjadi dua wilayah, bagian barat Papua adalah milik Indonesia sedangkan bagian timurnya milik Papua Nugini.

Total luas wilayah pulau Papua sebesar 785.753 km persegi. Pada tahun 2014, jumlah penduduk Pulau Papua ditaksir mencapai 11.306.940 jiwa dengan kepadatan penduduk 14 jima per km persegi.

Nama Papua saat ini digunakan untuk merujuk pada pulau yang berada di wilayah Indonesia. Sementara itu nama Papua Nugini digunakan untuk merujuk pada keseluruhan pulau oleh dunia internasional. Kata Nugini berasal dari kata New Guinea yang diberikan oleh orang Barat untuk menyebut pulau tersebut. Karena menilai bahwa Papua mirip dengan Guinea yaitu sebuah wilayah di Afrika.

Sebelum dikenal dengan nama Papua, kepulauan ini dahulu diberi nama Irian Jaya yang diusulkan oleh Marcus Kaisiepo pada tahun 1945 dan diambil dari Bahasa Biak yang berarti beruap atau semangat untuk dapat bangkit. Setelah diberi nama Irian Jaya, pada tahun 2001, pulau beserta provinsinya berubah nama menjadi Papua dan digunakan hingga sekarang.

Namun, penduduk Papua terutama yang berada di wilayah Indonesia beranggapan bahwa nama Papua adalah pemberian oleh Jakarta dan lebih menyukai penyebutan pulau dengan nama Irian.

3. Kalimantan 

Kalimantan atau Borneo merupakan pulau terbesar ketiga di dunia yang berada di sebelah utara Pulau Jawa dan Pulau Sulawesi di sebelah barat. Wilayah Kalimantan terbagi menjadi tiga bagian yaitu wilayah bagian Indonesia sebanyak 73 persen, Malaysia sebanyak 26 persen serta Brunei Darussalam sebanyak satu persen.

Pulau Kalimantan memiliki total luas wilayah sebesar 743.330 km persegi. Kalimantan dikenal sebagai Pulau Seribu Sungai, karena ada banyak sungai yang mengalir di pulau ini. Ukuran pulau Kalimantan diperkirakan dua kali dari ukuran Jerman. Selain itu, Kalimantan juga menjadi hutan hujan tertua yang ada di bumi.

Pulau seribu sungai ini dikelilingi oleh Laut Natuna Selatan di bagian baratnya serta utara – barat, di bagian utara – timur terdapat Laut Sulu, Selat Makasar dan Laut Sulawesi di bagian timur serta Laut Jawa dan Selat Karimata di bagian selatannya.

Di Kalimantan, terdapat puncak tertinggi bernama Gunung Kinabalu dengan ketinggian 4095 m dan terletak di Sabah, Malaysia. Selain Gunung Sabah, ada pula Gunung Palung, Gunung Lumut serta Gunung Liangpran.

Mendapat julukan pulau seribu sungai, sungai terpanjang di Kalimantan memiliki panjang 1143 km bernama Sungai Kapuas di Kalimantan Barat. Sungai terpanjang kedua di Kalimantan adalah Sungai Mahakam dengan panjang sungai mencapai 980 km di Kalimantan Timur, kemudian ada pula Sungai Barito dengan panjang 880 km di Kalimantan Tengah dan Sungai Rajang dengan panjang 562,5 km yang berada di Serawak, Malaysia.

Hutan yang berada di Kalimantan merupakan habitat alami untuk orang utan, badak borneo, gajah borneo, rusa, landak, tapir serta spesies lainnya yang terancam punah.

4. Madagaskar

Madagaskar merupakan sebuah pulau yang berada di Samudra Hindia, lepas di pesisir timur Afrika. Madagaskar merupakan pulau terbesar keempat di dunia dengan total luas wilayah mencapai  592.800 kilometer persegi.

Selain sebagai pulau terbesar keempat di dunia, Madagaskar adalah negara terbesar ke-46 di dunia. Madagaskar berada di antara garis lintang 12 °LS dan 26 ° LS, dan 43 ° BT dan 51 °BT. Pulau ini memiliki dataran tinggi yang berada di tengah pulau dengan ketinggian mulai dari 750 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut.

Puncak tertinggi di Pulau Madagaskar adalah puncak Maromokotro dengan ketinggian mencapai 2876 m yang berada di pegunungan Tsaeatanana, kemudian puncak tertinggi kedua adalah Puncak Bobby dengan ketinggian mencapai 2.658 m di pegunungan Andrinitra.

Di sebelah timur Pulau Madagaskar, berbatasan dengan wilayah Prancis Reunion dan Mauritius, sementara di sebelah barat laut ada Komoro, Prancis dan Mayotte, di sebelah baratnya terdapat daratan Mozambik.

Secara historis, wilayah Madagaskar merupakan pusat dari kebudayaan Suku Merina yang berada di kota Ambohimangan dan pusat dari kerajaan Imerina yang pernah berdiri pada abad ke-18 oleh Andrianampoinimerina.

Madagaskar merupakan salah satu tempat yang memiliki keanekaragaman flora paling unik, banyak kelompok tumbuhan yang belum teridentifikasi hingga sekarang. Diketahui bahwa ada lebih dari 12.000 spesies tumbuhan yang ada di Madagaskar, termasuk enam spesies pohon baobab seperti gambar di atas.

5. Pulau Baffin

Pulau terbesar kelima di dunia adalah Pulau Baffin yang berada di wilayah Nunavut, Canada dan termasuk dalam gugus kepulauan Artik. Pulau Baffin merupakan pulau terbesar di Canada dengan total luas permukaannya mencapai 507.451 km persegi. Pada tahun 2007, penduduk Pulau Baffin diperkirakan mencapai 11.000 jiwa.

Pulau ini berada di antara garis lintang 69°N 72°W, berbatasan dengan Selat Hudson dan Quebec di sebelah selatannya, lalu Selat Davis, Teluk Baffin dan Greenland berada di sebelah timur Pulau Baffin, sementara itu, di arah barat dan utaranya terdapat Paparan Foxe, Teluk Boothia serta Lacaster Sound yang memisahkan Pulau Baffin dengan kepulauan lainnya.

Pulau Baffin dikenal memiliki pandangan yang cantik, seperti danau air tawarnya serta taman nasional yang berisi dengan gletser, selain itu Pulau Baffin juga memiliki pemandangan fyord yang menawan.

Nama Pulau Baffin diambil dari nama akhir seorang penjelajah asal Britania Raya, yaitu William Baffin.

6. Sumatra

Total luas wilayah pulau Sumatera mencapai 473.481 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 57.940.351 jiwa menurut sensus penduduk tahun 2018. Pulau Sumatra dikenal pula dengan sebutan lainnya yaitu Pulau Percha, Andalas atau Suwarnadwipa yang berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti pulau emas.

Nama Sumatra berawal dari kerajaan Samudra yang terletak di pesisir timur Aceh. Mulanya Ibnu Batutah, yaitu seorang petualang dari Maroko pergi ke kerajaan Samudra, namun ia salah menyebut kata Samudra menjadi Shumathra. Setelah salah pelafalan tersebut, pulau ini pun disebut dengan Sumatra dan dikenal meluas hingga sekarang.

Mayoritas penduduk pulau Sumatra adalah bangsa Melayu yang kemudian terbagi menjadi beberapa suku maupun subsuku. Selain mayoritas berasal dari bangsa Melayu, ada pula penduduk yang berasal dari suku besar lainnya seperti Aceh, Minangkabau, Batak, Lampung, Nias, Karo, Komering, Rejang serta Gayo. Sementara itu, di wilayah pesisir timur Sumatera serta di beberapa kota besar seperti Batam, Medan, Palembang, Pekanbaru dan Bandar Lampung banyak etnis Tionghoa dan India tinggal di sana.

Penduduk pulau Sumatera mayoritas beragama Islam dan beberapa lainnya menganut Kristen Protestan dan Budha di beberapa daerah pulau Sumatera.

Sumatra merupakan salah satu pulau dengan hasil bumi yang kaya. Dari lima provinsi yang berada di Sumatra, tiga provinsinya merupakan provinsi yang kaya seperti Aceh, Sumatera Selatan dan Riua. Hasil bumi utama dari Pulau Sumatra adalah tembakau, kelapa sawit, timah, minyak bumi, batu bara, bauksit serta gas alam.

Beberapa kota yang berada di Pulau Sumatera juga termasuk kota perniagaan yang penting, contohnya seperti Medan yang menjadi kota perniagaan utama di Pulau Sumatra.

7. Honshu

Honshu merupakan pulau terbesar ketujuh di dunia dan pulau terbesar yang berada di Jepang. Letak Pulau Honshu sendiri berada di selatan Hokkaido, bagian utara Shikoku, seberang Laut Pedalaman Seto serta Kyushu di timur laut dan seberang Selat Shimonoseki.

Dengan total luas wilayah 227.414 km persegi, Pulau Honshu adalah pulau terpadat kedua di dunia, setelah Pulau Jawa. Jumlah penduduk di Pulau Honshu mencapai 98.352.000 dan kebanyakan penduduknya bermukim di dataran rendah, terutama di daerah hamparan Kanto. Diperkirakan sebanyak 25 persen dari seluruh penduduk tinggal di daerah hamparan Kanton dan sekitar Tokyo serta Yokohama.

Honshu dibagi menjadi lima daerah dengan 34 prefektur termasuk Ibukota Jepang yaitu Tokyo. Lima daerah di Pulau Honshu adalah Chubu tengah, Chugoku selatan, Kinki selatan di atas Chugoku, Kanto timur dan Tohoku utara.

Honshu memiliki panjang pulau mencapai 1.300 km dengan lebar pulau sekitar 50 atau 230 km. Honshu merupakan pulau yang memiliki banyak gunung berapi, sehingga sering terjadi bencana gempa bumi di daerah pulau tersebut. Puncak tertinggi Pulau Honshu adalah Gunung Fuji yang memiliki ketinggian 3.776 m dan merupakan gunung berapi yang masih aktif. Honshu memiliki sungai terpanjang di Jepang, yaitu Sungai Shinano.

8. Britania Raya

Britania Raya merupakan pulau yang berada di lepas barat laut daratan Eropa. Pulau ini merupakan pulau terbesar kedelapan dengan total luas wilayah mencapai 219.000 km persegi. Pulau Britania Raya merupakan pulau terluas di Eropa dengan jumlah penduduk sekitar 61 juta jiwa pada tahun 2011 dan menjadikan pulau ini sebagai pulau dengan penduduk terbanyak di dunia, setelah Pulau Jawa dan Pulau Honshu di Jepang.

Selain menjadi pulau terbesar di Eropa, Britania Raya merupakan kepulauan terbesar di Britania, yang meliputi Pulau Irlandia di bagian barat dengan 1.000 pulau kecil di sekitarnya. Pulau ini berada di antara garis lintang 53°50?N 2°25?W dan dibatasi oleh Samudra Atlantik.

Pulau Britania Raya disebut Raya untuk dapat membedakan pulau ini dengan Britania yang lain yaitu region Bretagne di Prancis. Nama pulau ini berasal dari bahasa Prancis yaitu Grand Bretagne, nama ini dipakai, karena pemerintahan Inggris mulai datang di Britania Raya pada tahun 1066 dan menggunakan bahasa Prancis, sebelum bahasa Inggris menjadi bahasa resminya.

9. Pulau Victoria

Pulau Victoria merupakan pulau terbesar kedua di Kanada dengan besar wilayah mencapai dua kali Newfoundland atau total luas wilayah mencapai 217.291 km persegi dengan total luas wilayah tersebut, Pulau Victoria merupakan pulau terbesar kesembilan di dunia.

Populasi penduduk Pulau Victoria mencapai  1,707 sementara di Nunavut ada  1,309 jiwa pada tahun 2001. Kependudukan terbesar berada di Semenanjung Cambridge yang berada di pesisir tenggaranya.

Pulau Victoria masuk dalam gugusan kepulauan Arktik Kanada dan pertama kali ditemukan oleh Thomas Simpson, yaitu seorang penjelajah asal Arktik di awal tahun 1830-an. Sepertiga bagian dari Pulau Victoria adalah bagian dari Inuvik, Northwest Territories lalu sisanya adalah bagian dari Kitikmeot, Nunavut.

Pulau Victoria berseberangan dengan Selat Lebar Melville di utara, Kanal Clintock dan Selat Victoria di sebelah timurnya. Kemudian bagian Teritori Northwest berlanjut ke bagian daratan di selatan yaitu Selat Pease. Di bagian baratnya terdapat Gurun Amundsen serta Banks Island.

10. Pulau Ellesmere

Pulau Ellesmere atau Umingmak Nuna merupakan pulau terbesar kesepuluh di dunia. Pulau ini merupakan bagian dari Daerah Qikiqtaaluk yang berada di wilayah Nunavut, Canada dan berada dalam kepulauan Arktik, Canada.

Pulau Ellesmere dianggap sebagai bagian dari Kepulauan Ratu Elizabeth atau United Kingdom, dengan Tanjung Columbia menjadi titik yang berada di paling utara di Kanada. Pulau ini memiliki total luas wilayah 196.235 km persegi dengan panjang total pulau mencapai 830 km.

Daratan di Pulau Ellesmere, merupakan daratan yang paling bergunung-gunung di Kepulauan Arktik Kanada. Pulau ini memiliki satu jenis flora yang hanya tumbuh di Ellesmere, yaitu pohon dedalu Arktik.

Pulau Ellesmere berada diantara garis lintang 79°50?N 78°00?W, dipisahkan oleh Selat Nares di timur dengan Greenland, Selat Eureka dan Selat Nansen  serta Pulau Axel Heiberg di barat, Selat Jones dan Selat Cardigan di selatan dengan Pulau Devon.

Sebagian besar dari daerah di Pulau Ellesmere ditutupi oleh es serta gletser dengan lapangan es Manson serta Sydkap yang berada di selatan pulau. Dengan daratan yang hampir seluruhnya ditutupi oleh es, Pulau Ellesmere memiliki populasi sebanyak 146 jiwa pada tahun 2006.

Baca juga :

Itulah 10 pulau terbesar di dunia, lengkap dengan total luas wilayah dan gambarnya.

Grameds dapat mempelajari lebih lanjut mengenai pulau-pulau yang ada di dunia dengan membaca dan membeli buku di Gramedia, karena sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan referensi buku berkualitas untuk Grameds! Beli dan baca bukunya sekarang juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay