in

10 Kucing Termahal di Dunia & Langkah Merawatnya

Sumber: Pixabay

Kucing termahal di dunia – Sejak zaman dahulu, kucing kerap dianggap sebagai hewan peliharaan bagi para bangsawan, bahkan pada zaman Mesir kuno, kucing dianggap sebagai hewan suci ataupun utusan dewa yang banyak disembah.

Kucing memiliki visual yang cantik serta imut, anggun dan kalem, sehingga membuat kucing sebagai hewan paling banyak disenangi oleh banyak orang. Hampir sama seperti anjing, kucing juga memiliki puluhan ras berbeda. Ras-ras ini sendiri ada karena rekayasa genetik, seperti perkawinan silang antara ras tertentu untuk menghasilkan ras baru yang lebih cantik, berbentuk lebih unik serta memiliki warna bulu yang baru. Ras-ras ini juga tidak datang dengan gratis.

Dengan semakin unik dan langka ras kucing tersebut berasal, maka semakin mahal pula kucing tersebut. Penasaran ras kucing apa yang paling mahal di dunia? Ini beberapa daftar kucing termahal di dunia dan langkah merawatnya!

Kucing Termahal di Dunia

Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang jenis kucing termahal di dunia beserta dengan harganya. Jadi, simak ulasan, ya, Grameds.

1. British Short Hair–mencapai $1500 atau Rp21,3 juta

kucing termahal di dunia
Sumber: kucingmania.net

British Shorthair lebih mudah beradaptasi, penuh kasih sayang, serta sangat manja pada pemiliknya, sehingga British Shairs juga sangat bagus untuk dipelihara. Dikatakan dalam sejarah kalau jenis kucing ini merupakan kucing domestik yang telah ada dari zaman kekaisaran Romawi.

British Shorthair juga memiliki penampilan yang chubby ciri khasnya adalah pada warna mata tembaga mereka, bulu abu-abu kebiruan, serta wajah lebar. British Shorthair juga adalah kucing yang tenang, tetapi senang menunjukkan kasih sayang. Mereka biasanya tidak energik atau aktif, dan sangat santai.

2. Scottish Fold – mencapai $3000 atau Rp42,7 juta

kucing termahal di dunia
Sumber: Kompas.com

Scottish Fold dalam sejarahnya, pertama kali ditemukan pada tahun 1961 di sebuah peternakan di wilayah Tayside di Skotlandia. Seorang gembala yang bernama William Ross melihat kucing itu, dan mencoba mengembangkan ras tersebut. Scottish Fold juga dibedakan melalui telinga fleksibelnya yang melipat ke bawah dan ke depan serta memberikan kesan wajah kucing tersebut seperti beruang teddy, burung hantu, ataupun peri yang menarik perhatian banyak pecinta kucing Amerika.

Telinganya yang terlipat menjadi ciri khas yang sangat kuat dari jenis kucing ini. Telinga lucu ini sendiri merupakan hasil dari gen dominan yang memengaruhi tulang rawan di seluruh tubuh kucing. Scottish Fold juga umumnya menampilkan penampilan yang tampak sedih ataupun murung karena matanya yang tampak besar serta wajahnya yang kecil. Namun, kepribadian mereka sangat bahagia dan energik, mudah bersosialisasi, dan menyukai perhatian.

3. Sphynx – mencapai $3000 atau Rp42,7 juta

kucing termahal di dunia
Sumber: Kompas.com

Sphynx atau dikenal juga karena penampilannya yang tak berambut dan disebabkan oleh mutasi genetik alami, yang menciptakan ras sehat serta kuat. Asalnya juga dapat ditelusuri kembali ke kucing domestik yang melahirkan anak kucing tak berbulu di tahun 1966 di Toronto, Kanada.

Jenis kucing ini juga sangat ulet serta tidak rentan pada masalah genetik maupun berbagai masalah kesehatan yang serius. Dari segi kepribadian, mereka juga sangat setia, suka bermain, serta menikmati perhatian manusia. Mereka senang bersosialisasi dengan hewan peliharaan lainnya.

Fakta menarik lainnya ternyata asal mula Sphynx bukanlah dari Mesir, melainkan Toronto, Kanada. Kucing Sphynx juga senang bersosialisasi serta bersahabat dengan orang asing. Namun, mereka juga harus sering dimandikan karena mereka menumpuk minyak dalam tubuh di kulit mereka. Selain itu, mereka juga tidak merasa nyaman berada di luar ruangan.

4. Russian Blue – mencapai $3000 atau Rp42,7 juta

kucing termahal di dunia
Sumber: tribunnews

Russian Blue sebagai satu diantara kucing yang menarik perhatian dengan mata hijau cemerlang serta mantel biru keperakan. Ia juga memiliki kepribadian yang menyenangkan serta sangat cerdas. Oleh karena itu, kucing Russian Blue menjadi hewan peliharaan yang sempurna untuk setiap rumah tangga.

Ras kucing ini juga dikenal setia kepada tuannya serta mudah beradaptasi dengan cepat dengan suasana yang baru, sehingga tidak merasa malu dengan orang asing. Selain itu, Russian blue juga dikenal sebagai “The Archangel Cat” atau kucing Malaikat Tertinggi. Julukan itu dapat muncul karena asal-usulnya yang dapat ditelusuri ke kota Archangel di Rusia.

Kemudian, diperkenalkan juga ke seluruh dunia pada tahun 1875 di Inggris. Kucing ini juga memiliki wajah yang lucu seperti sedang tersenyum, sehingga Russian blue menjadi banyak favorit para pecinta kucing.

5. Peterbald – mencapai $5000 atau Rp Rp71,3 juta

kucing termahal di dunia
Sumber: Kompas.com

Peterbald sebagai kucing yang berasal dari Rusia, Peterbald yang pertama kali didokumentasikan pada tahun 1988 ketika laporan mengungkapkan seekor kucing dengan mantel yang tak biasa di Rusia. Setelah itu, Peterbald diekspor ke negara lain di Eropa.

Kucing ras ini juga menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan serta dikenal karena bentuk tubuhnya yang berotot. Peterbald juga pertama diperoleh dari hasil perkawinan antara Donskoy Rusia dan Oriental Shorthair. Oleh sebab itu, jenis kucing ini mirip dengan kucing Donskoy.

Peterbald juga memiliki gen dominan yang membuatnya tak berbulu. Ia merupakan kucing yang cerdas serta penuh kasih sayang, dan akan beristirahat dengan tenang dipangkuan pemiliknya. Namun, kulitnya juga sangat sensitif, sehingga perlu ditangani dengan cermat. Selain itu, kucing jenis ini juga rentan kepada sengatan matahari, sehingga ia tidak dapat menghabiskan waktu lama di luar rumah.

6. Persian Cat – mencapai $5500 atau Rp78,4 juta

kucing termahal di dunia
Sumber: Pixabay

Persian Cat, Kucing persia telah ada semenjak ratusan tahun sebelum Masehi. Mereka juga terkenal karena wajah cantik serta jutek dengan bulu panjang yang mewah dan indah. Selain itu, mereka juga memiliki kepribadian yang lembut, manis dan dapat dengan mudah beradaptasi.

Kucing Persia juga sangat aktif serta sangat senang bermain, mata mereka yang ekspresif akan memberi mereka penampilan yang lucu serta menyenangkan. Namun, memelihara kucing juga memerlukan perawatan yang rumit dan harus dilakukan secara menyeluruh karena bulu mereka yang panjang sangat rentan terhadap bola rambut (menggumpal) dan kusut. Kucing Persia juga sangat senang dengan kasih sayang yang ditunjukkan dengan pelukan.

7. Allerca Hypoallergenic Cat – mencapai $6000 atau Rp85,5 juta

kucing termahal di dunia
Sumber: cermati.com

Allerca Hypoallergenic Cat atau Kucing Allerca merupakan tambahan baru untuk daftar kucing termahal di dunia. Kucing ini sendiri dikembangbiakan secara khusus oleh Allerca, yang merupakan perusahaan yang mengklaim dapat mengembangbiakkan kucing hypoallergenic.

Program pengembangbiakan spesialis ini sendiri terlibat dalam pembuatan kucing-kucing yang membuat harga kucing ini menjadi sangat mahal. Tujuannya adalah memungkinkan orang yang alergi kepada kucing tetap bisa menjadi pemilik kucing tanpa takut kepada alergi dari protein yang ada pada bulu kucing.

8. Bengal Cat- mencapai $25000 atau Rp356 juta

kucing termahal di dunia
Sumber: id.wikipedia.org

Bengal Cat memiliki penampilan liar serta eksotis. Kucing ini juga terkenal karena mantelnya yang terlihat unik seperti macan tutul serta tubuhnya yang berotot. Kucing Bengal juga memiliki sejarah dari tahun 1970-an ketika kucing macan Asia liar ini dikawinkan dengan shorthair domestik yang membuat ras ini menjadi hewan peliharaan menyenangkan karena sangat aktif dan pintar.

Dikarenakan asal-usulnya yang liar, maka ukuran kucing Bengal k jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kucing peliharaan lainnya. Dari segi kepribadian, kucing Bengal menjadi kucing yang penyayang, ramah pada anak kecil, dan dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan lain seperti anjing yang mudah bersosialisasi. Selain itu, mereka juga sangat energik dan menyenangkan, sehingga sangat pas untuk diajak bermain.

9. Savannah – mencapai $50,000 atau Rp713 juta

kucing termahal di dunia
Sumber: Kompas.com

Savannah cat merupakan kucing ras hasil dari perkawinan silang antara kucing liar Afrika serta kucing Persia domestik. Kucing Savannah juga pertama dikenalkan pada tahun 1986 oleh peternak Bengal, Judee Frank. Trah ini menjadi populer serta diterima oleh asosiasi peternak pada pertengahan tahun 1990-an.

Seperti anjing, kucing Savannah juga sangat loyal. Mereka bisa ramah dan mudah bersosialisasi dengan hewan peliharaan lain serta orang asing jika dilatih pada usia dini. Hal ini dikarenakan sesungguhnya kucing Savannah tidak terbiasa dengan orang asing mulai menggeram serta mendesis.

Kucing ini juga sangat kuat dan gesit serta dapat dengan mudah melompat ke lemari tinggi, lemari es, serta bagian atas pintu. Selain itu, mereka juga sangat pintar, penasaran, senang bermain-main, dan aktif, dan membutuhkan banyak latihan agar bisa menjadi lebih aktif.

10. Ashera – mencapai $125,000 atau Rp1,78 miliar

kucing termahal di dunia
Sumber: katadata.co.id

Ashera Cat menempati posisi nomor 1 pada daftar ini karena Ashera menjadi jenis yang sangat langka. Perusahaan yang berbasis di Los Angeles hanya memproduksi 5 anak kucing dari jenis ini setiap tahunnya. Jadi, jika kamu ingin membeli satu, kamu akan menjadi diantara sedikit pemilik jenis kucing yang menakjubkan ini.

Dalam hal penampilan, kucing Ashera menyerupai macan tutul salju dalam pola bulunya. Dari segi perilaku dan wataknya juga sangat mirip dengan kucing Savannah. Bahkan, beberapa ahli berpendapat bahwa pengujian genetik mengungkapkan bahwa kucing Ashera hanyalah kucing Savannah F1 (upgrade version).

Trah eksotis ini juga menjadi hasil rekayasa genetika perkawinan silang antara kucing macan tutul Asia dengan kucing rumahan dan serval Afrika. Dari segi kepribadian, Ashera merupakan tipe kucing yang setia, penuh kasih sayang, serta sangat cerdas. Terlepas dari kontroversi tentang genetika, Ashera juga merupakan kucing peliharaan yang paling berharga di dunia.

Langkah Merawat Kucing

kucing termahal di dunia
Sumber: Pixabay

Menyisir Kucing

Setiap hari dengan menyikat ataupun menyisir kucing akan mengurangi bola bulu yang dapat berkembang di saluran pencernaan. Menyisir rambut kucing juga akan membantu kucing agar tak menghabiskan banyak waktu menghilangkan rambut yang rontok.

Jangan Terlalu Banyak Diberi Makanan Kering

Tak seperti anjing, kucing juga menjadi vegetarian, walau dalam waktu singkat. Kucing mengandalkan daging sebagai makanan utama mereka setiap hari. Memberi kucing makanan kering secara berlebihan juga artinya mereka mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat yang akan berakibat buruk, seperti diantaranya diabetes.

Jadi, jika kamu memelihara anjing atau kucing, keduanya tidak dapat diperlakukan sama dalam makanan. Makanan anjing sendiri tidak baik untuk kucing, karena sistem pencernaan kucing tidak dapat mentolerir karbohidrat seperti pada makanan kering yang dikonsumsi anjing.

Perhatikan Konsumsi Air

Kucing saat ini sangat perlu mendapat asupan air dan makanan yang cukup. Berikan kucingmu akses air segar setiap saat. Kamu juga akan melihat kucing lebih banyak minum saat mereka makan makanan kering. Kucing dewasa serta kucing menyusui juga bisa lebih rentan dehidrasi jika dibandingkan kucing yang lain. Jadi, perhatikan ciri-ciri dehidrasi pada kucing, seperti pada mata cekung, lesu, dan lebih mudah terengah-engah.

Sediakan Kotak Pasir

Idealnya sediakan satu kotak pasir per kucing serta satu kotak tambahan lainnya. Kamu juga harus memperhatikan letak kotak-kotak ini saat berpindah. Hal ini karena kucing cenderung tidak suka menggunakan kotak pasir yang diselipkan di tempat-tempat gelap.

Buku-Buku Terkait

Panduan Lapangan Kucing-Kucing Liar di Indonesia

Panduan Lapangan Kucing-Kucing Liar di Indonesia
Panduan Lapangan Kucing-Kucing Liar di Indonesia

Kucing rumah yang telah menjadi binatang domestik, merupakan hewan yang sangat dekat dengan manusia. Dia bisa masuk ke kamar kita dan dengan mudah manusia berinteraksi dengannya. Namun, bagaimana dengan kucing liar di Indonesia. Indonesia telah kehilangan dua subspesies kucing besar yang ada di alam: harimau Jawa dan harimau Bali.

Keadaan ini mengindikasikan kurangnya perhatian kita dalam konservasi satwa liar yang rentan akan kepunahan tersebut. Mengapa? Minimnya pengetahuan dan informasi juga turut andil dalam berkurangnya atau bahkan punahnya kucing-kucing liar di Indonesia. Tidak dipungkiri, dalam pengetahuan kucing liar di Indonesia, banyak orang mengenal hanya beberapa jenis saja, padahal selain itu masih terdapat jenis-jenis kucing liar lainnya, seperti macan dahan, kucing emas, bahkan yang berukuran kecil seperti kucing hutan.

Buku ini menjelaskan tentang berbagai jenis kucing liar yang hidup di Indonesia dan tersebar di beberapa pulau di indonesia.

Solusi Permasalahan Kucing

Solusi Permasalahan Kucing
Solusi Permasalahan Kucing

Tampilan dan perilakunya memang menggemaskan. Hampir semua orang menggemari klangenan yang lucu ini. Ditambah lagi, memelihara kucing sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Namun, sudah siapkah Anda menjadi pemilik kucing yang bertanggung jawab? Sudah idealkah lingkungan Anda sebagai rumah baru bagi kucing?

Buku ini menawarkan panduan ideal mengenai semua hal yang diperlukan oleh kucing Anda, terutama untuk pemula. Mulai dara rahasia bahasa tubuh kucing, tips perawatan, sampai tips kunjungan ke dokter hewan, dibahas secara rinci. Bahkan, Anda dipersiapkan untuk mampu menangani proses kelahiran pada kucing. Sebab, kucing ras yang bersertifikat maupun kucing yang diadopsi dari jalanan membutuhkan kasih sayang dan ketelatenan dalam pemeliharaannya agar dapat menjalani hidup dengan sehat, cantik, dan bahagia.

Buku Pintar Kesehatan Kucing Ras

Buku Pintar Kesehatan Kucing Ras
Buku Pintar Kesehatan Kucing Ras

Kucing ras cukup digemari oleh berbagai kalangan, bahkan sekarang banyak bermunculan komunitas Cat Lovers dan diberbagai daerah sering diadakan Cat Show. Kucing bukan sekadar teman bermain yang menyenangkan, tetapi lebih dari itu, kucing kini telah menjadi binatang peliharaan dengan prestise tinggi.

Pola dan perilakunya yang lucu membuat penggemarnya selalu ingin bermanja-manja dan menghabiskan waktu bersamanya. Oleh karena itu kesehatan kucing perlu selalu dijaga agar selalu sehat dan aktif.

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman Penulis selama 33 tahun dalam Praktek Dokter Hewan. Harapan penulis adalah dapat melengkapi pengetahuan tambahan tentang Kesehatan Kucing Ras pada umumnya dan bagi semua orang, serta untuk semua penggemarnya sampai pembiak besar (Cattery) maupun akademis.

Panduan Lengkap Kucing

Panduan Lengkap Kucing +vcd
Panduan Lengkap Kucing +vcd

Kucing adalah binatang pintar, menggemaskan, dan menghibur. Hewan ini dapat dijadikan teman ketika kesepian dan teman bermain. Terbukti saat membelai bulunya yang lembut dan bermain-main dengannya, kepenatan dan stres menjadi hilang. Pola dan perilakunya yang lucu membuat penggemarnya selalu ingin bermanja-manja dan menghabiskan waktu bersamanya. Saat ini berbagai jenis kucing ras telah banyak masuk ke Indonesia.

Meskipun demikian, kucing lokal atau dikenal kucing domestik juga tidak juga tidak kalah istimewanya dengan kucing ras, meski keduanya menarik karena memiliki keunggulan masing-masing. Kucing bukan sekedar teman bermain yang menyenangkan, tetapi lebih dari itu, kucing kini telah menjadi binatang peliharaan dengan prestise tinggi. Memelihara kucing penuh dengan kesenangan dan tidak akan melelahkan, justru membuat rileks. Namun, diperlukan tata cara, waktu yang tepat, dan cara memelihara kucing yang baik dan benar agar kucing tidak merasa tersakiti.

Itulah beberapa jenis kucing termahal di dunia, setelah mengetahui jenis dari kucing termahal di dunia, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Kamu juga bisa mencari berbagai macam buku yang berkaitan dengan kucing di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi