in

10 Hantu Terseram di Dunia, Kamu Berani?

Hantu Terseram di Dunia – Hantu adalah suatu roh dari orang yang sudah meninggal. Namun, pada beberapa agama dan adat istiadat mengatakan bahwa hantu adalah iblis atau setan yang menyerupai makhluk jahat untuk mengganggu dan menakuti manusia.

Biasanya hantu akan berubah menjadi sosok yang dipikirkan oleh manusia, semakin seseorang takut oleh suatu sosok maka hantu akan semakin menjadi apa yang seseorang pikirkan.

Jika ada hantu yang mengganggu suatu tempat dan orang di dalamnya, maka akan dilakukan pengusiran roh jahat sesuai dengan keagamaan dan adat istiadatnya masing-masing.

Tentunya pengusiran berlangsung dalam waktu yang berbeda-beda, tergantung seberapa kuat energi yang dimiliki hantu ini untuk tetap bertahan di tempat tersebut.

beli sekarang

Teka-teki kematian Pricil belum terurai, tetapi ternyata bahaya yang mengintai Jou beserta teman-temannya jauh lebih besar dibanding yang mereka kira. Haruskah Jou terus berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di balik misteri itu? Di dalam ebook Misteri hantu bergaun merah ini kamu dapat menemukan jawabannya.

Jika hantu memiliki energi yang kuat maka hantu tersebut bisa saja sampai merasuki dan mencelakakan manusia. Ada beberapa hantu di dunia yang memiliki energi yang besar hingga dikatakan sebagai hantu terseram dan juga dapat mencelakakan manusia. Untuk tahu lebih lanjut hantu apa saja yang terseram di dunia, yuk Grameds simak ulasan berikut!

1. Hantu Hanako

hantu hanako
kumparan

Hantu Hanako merupakan cerita hantu dari Jepang, ia adalah suatu sosok gadis yang memiliki rambut pendek, memakai rok merah dan juga baju putih yang ada bercak-bercak darah. Hanako biasanya menghuni di bilik toilet nomor tiga yang ada di lantai tiga.

Cerita ini membuat banyak siswa yang percaya, mereka sering sekali mencoba memanggil Hanako yang ada di bilik toilet nomor tiga di lantai tiga. Ketika mereka memanggil Hanako, Hanako akan menjawab “Ya, aku ada di dalam”.

Kabarnya, Hanako tidak hanya ada di satu sekolah saja, ia bisa saja ada di tiap sekolah. Namun tinggalnya tetap sama, yaitu di bilik toilet nomor tiga yang ada di lantai tiga. Bahkan perilakunya di tiap sekolah juga berbeda-beda.

Di suatu sekolah dikabarkan bahwa jika salah seorang membuka bilik di mana Hanako berada, maka seseorang tersebut akan menemukan sesosok Hanako yang ada di atas toilet sedang melamun dengan tatapan kosong. Tatapan kosong tersebut bukan berarti dia hanya diam saja. Hanako bisa menarik seseorang tersebut dan menguncinya di toilet bersamanya.

Suatu legenda mengatakan bahwa Hanako yang bergentayangan selama ini karena ia salah satu siswa yang sering di-bully dan memutuskan untuk bunuh diri dengan gantung diri di bilik toilet nomor tiga yang ada di lantai tiga.

Rumor lainnya di wilayah Fukushima mengatakan bahwa, Hanako merupakan siswi yang terjatuh dari jendela perpustakaan, lalu roh jahatnya menetap di toilet sekolah. Siswa yang ada di Jepang pun percaya dengan mitos ini. Bahkan mereka semua menjadikannya taruhan untuk siswa baru agar masuk ke dalam toilet yang dihuni oleh Hanako untuk menakuti mereka.

banner-promo-gramedia

2. Hantu Mae Nak Phra Khanong

Hantu Mae Nak Phra Khanong
wikipedia

Hantu Mae Nak Phra Khanong atau bisa saja disebut sebagai Mae Nak adalah hantu yang berasal dari Thailand. Legenda ini sangat terkenal di negara Thailand, bahkan Mae Nak termasuk ke dalam hantu terseram di dunia.

Legenda ini bermula dari seorang perempuan bernama Nak yang menikah dengan laki-laki yang bekerja sebagai militer bernama Mak. Mereka berkeluarga dan tinggal di daerah Phra Khanong, Bangkok. Daerah tersebut dekat dengan salah satu kuil bernama Wat Mahabut.

Singkat cerita, suaminya harus meninggalkan Nak sendiri yang sedang hamil karena tugasnya sebagai militer. Namun, saat menanti suaminya pulang, Nak meninggal dalam keadaan masih mengandung bayi di perutnya.

Menurut kepercayaan warga Thailand bahwa, seorang wanita yang meninggal dalam keadaan hamil maka arwahnya tidak akan tenang dan dapat mengganggu warga sekitar. Arwah dari orang yang meninggal saat hamil disebut dengan Phi Tai Hong Thong Klom dalam bahasa Thailand.

Meninggalnya Nak tidak diketahui oleh suaminya, hingga suaminya pulang ke rumah dan menemui istri dan juga anaknya yang terlihat baik-baik saja. Kehidupan normal dijalani oleh Mak dan Nak meski Mak sudah diperingatkan tetangga kalau istrinya sudah meninggal, namun ia tidak percaya.

Sampai suatu saat Mak merasa ada yang janggal dengan istrinya, dan Mak pun merasa aneh dengan kelakukan dari Istrinya. Hingga akhirnya Mak menyadari bahwa yang selama ini bersamanya adalah hantu, bukan istrinya yang sebenarnya.

Setelah itu, seorang biksu membantu Mak untuk memasukkan arwah tersebut ke dalam kendi dan membuangnya di sungai agar tidak ada lagi masyarakat yang terganggu karena arwah yang gentayangan.

3. Hantu Mananggal

hantu mananggal
pinterest

Hantu Mananggal merupakan makhluk mistis yang berasal dari Filipina. Mananggal adalah sesosok wanita menyeramkan dan juga menjijikkan serta memiliki sayap yang lebar seperti kelelawar, mata yang lebar, gigi dengan banyak taring, serta kukunya yang tajam dan panjang.

Ia dapat memisahkan tubuh bagian atas dan bagian bawahnya saat berubah menjadi Mananggal. Ketika sudah terangkat dan terbang, bagian ususnya akan bergelantungan.

Mananggal dapat memangsa ibu yang sedang hamil ketika sedang tidur pada malam hari. Ia akan menghisap darah dengan lidahnya yang panjang. Bahkan, janin yang ada di perut ibu hamil juga bisa ia makan jantungnya.

Dalam memangsa pria ia akan menggunakan cara dengan menggoda pria hingga seorang pria mau ikut dengannya. Setelah seorang pria terpancing, ia akan langsung berubah menjadi Mananggal dan memakan isi perut, hati, dan juga jantung dari korban.

Untuk dapat menghancurkan Mananggal adalah dengan menggunakan garam atau bawang putih yang telah dihancurkan lalu menaburkannya ke bagian tubuh bagian bawah. Setelah ditaburi garam atau bawang putih, tubuhnya tidak akan bisa menyatu dan semua tubuhnya akan ikut hancur saat matahari terbit.

4. Hantu Pocong

hantu pocong
InsertLive

Hantu Pocong merupakan hantu yang memiliki wujud seperti guling. Namun, pocong adalah seseorang yang telah meninggal tetapi arwahnya terperangkap di dalam kain kafan saat sudah dikuburkan. Di negara Malaysia, Pocong memiliki sebutan lain yaitu Hantu Bungkus karena bentuknya dibungkus dengan kain kafan.

Orang yang sudah meninggal jiwanya akan menetap di bumi selama 40 hari. Namun, jika tali kain kafan yang ada di kepala tidak dilepas ketika menguburkan mayat dalam 40 hari maka mayat akan keluar dari kubur yang berbentuk asap lalu lama-lama berubah menjadi Pocong.

Pocong ini menghantui keluarganya yang belum melepas tali yang ada di kepalanya, ia mendatangi keluarganya karena ingin meminta tolong agar talinya dilepaskan.

Pocong yang sebenarnya adalah mukanya tidak terlihat, yaitu karena kain ikatan tali kain kafan yang belum dibuka. Jika kalian melihat Pocong dengan berbagai wajah yang mereka tampilkan maka kemungkinan besar itu adalah iblis yang menyerupai seperti Pocong dengan  melebih-lebihkan penampilannya agar terlihat lebih seram.

Hal seperti ini sudah dikatakan pada awal artikel ini bahwa, iblis akan merepresentasikan apa yang manusia takutkan. Mereka akan sengaja membuat tampilan seperti apa yang seseorang pikirkan dan membuat mereka takut. Maka dari itu sebaiknya janganlah berpikiran takut dengan makhluk halus agar mereka tidak semakin berani.

5. Hantu La Llorona

La Llorona
youtube.com

Hantu La Llorona memiliki arti wanita menangis. Hantu ini merupakan hantu dari Amerika Latin kerap menangis di pinggir danau yang sedang mencari anaknya. Menurut beberapa orang yang pernah melihat, La Llorona kerap menampakkan dirinya di depan orang-orang yang sedang melintas di area danau.

Hal ini dilakukannya untuk membalaskan dendamnya. Hantu ini mengenakan gaun panjang berwarna putih, tatapannya kosong, serta memiliki kuku jari yang panjang dan siap menerkam korbannya.

Awal dari kisah La Llorona ini adalah bermula dari seorang wanita bernama Maria yang sudah berkeluarga, memiliki suami dan dua orang anak. Keluarganya sangat normal dan terlihat seperti keluarga bahagia. Namun, lambat laun suaminya mulai jarang pulang ke rumah dan ternyata suaminya selama ini selingkuh dari Maria.

banner-promo-gramedia

Maria tentu sangat membenci suaminya karena telah mengkhianatinya. Kemudian, pada saat sore hari berada di pinggir sungai bersama suami dan anaknya, Maria dengan emosi yang tidak tertahankan dengan perasaan benci ia menenggelamkan kedua anaknya ke dalam sungai tersebut. Ia juga membenci anaknya karena emosi yang tak terbendung karena perlakuan suaminya.

Namun, setelah itu ia menyesal karena membunuh kedua anaknya. Oleh karena itu ia juga menenggelamkan dirinya ke dalam sungai sebagai penyesalan karena membunuh orang yang tidak bersalah, yaitu anaknya sendiri. Lalu ia menjadi arwah yang bergentayangan di pinggir sungai.

Tidak hanya mengganggu orang-orang dewasa yang lewat. Ia juga menculik dan membunuh anak kecil yang dikiranya mirip dengan anaknya dulu. Bagi anak-anak yang mendengar Maria dan bertemu dengannya maka dipastikan akan mati.

beli sekarang

Temukan kisah nyata hantu Jakarta dalam buku ini. Kisah dan ilustrasi sosoknya ditampilkan dalam bentuk yang sebenarnya.

6. Hantu Rusalka

Hantu Rusalka
blenderartists

Hantu Rusalka ini merupakan sebuah manusia ikan dengan kelamin perempuan yang ada di Rusia. Biasanya mereka tinggal di danau atau sungai. Makhluk seperti ini dapat dikatakan sebagai putri duyung. Namun makhluk ini tentunya memiliki niat buruk untuk mencelakai orang-orang yang sedang lewat di dekatnya.

Rusalka ini berasal dari perempuan yang telah meninggal karena tenggelam di sungai. Biasanya mereka akan muncul pada tengah malam lalu menari dan bernyanyi untuk memikat pria yang ada di sekitarnya.

Kemudian, bagi pria yang terpikat oleh godaan Rusalka akan berjalan ke arah sungai dan mati tenggelam. Tidak hanya menggoda dari dalam sungai, ada juga Rusalka yang menggoda pria dengan menyisir rambut dari atas pohon.

Wujud Rusalka bila diperhatikan cukup menyeramkan. Wajah mereka pucat, memiliki kulit yang tembus pandang, dan juga tanpa pupil mata. Rambut yang dimiliki oleh Rusalka biasanya berwarna hijau atau emas, dan rambutnya akan selalu basah. Makhluk ini tidak bisa berlama-lama di atas permukaan. Jika mereka kelamaan di atas permukaan dan tubuh serta rambutnya kering, mereka akan mati.

7. Hantu/Iblis Jersey

iblis jersey
Allthatsinteresting

Hantu Jersey atau Iblis Jersey ini memiliki penampakan dengan kepala seperti kuda serta memiliki sayap yang besar. Hantu ini telah meneror rakyat New Jersey, Amerika Serikat selama 250 tahun. Banyak orang yang tidak percaya dengan keberadaan iblis ini, namun dengan laporan lebih dari 1.000 orang di 30 kota pada tahun 1909 membuat orang yang awalnya tidak percaya menjadi percaya.

Legenda ini bermula dari Nyonya Leeds yang memiliki 12 anak. Pada saat itu dia sudah bersumpah tidak ingin memiliki anak lagi. Bahkan dia pun mengatakan jika memiliki anak ke-13 maka biarlah menjadi iblis.

Lalu pada tahun 1735 Nyonya Leeds mengandung anaknya yang ke-13, sesuatu yang tidak ia inginkan terjadi. Ia melakukan persalinan dengan waktu yang sama saat kota itu sedang badai dan diguyur hujan yang sangat lebat.

Pada detik awal bayi itu lahir semua terlihat normal, sampai kemudian bayi itu berubah menjadi makhluk aneh dengan kepala kuda dan memiliki sayap yang lebar, serta ekor yang panjang membentuk garpu.

banner-promo-gramedia

Setelah bayi itu berubah menjadi iblis, ia mengeram sangat keras. Setelah itu ia membunuh bidan yang ada di situ dan ia pergi lewat cerobong asap. Ia sempat mengitari seluruh tempat sebelum meninggalkannya. Setelah itu ia mulai menghantui wilayah Jersey sejak saat itu.

8. Hantu Wanita Baju Putih di Terowongan Belchen, Swiss

wanita berbaju putih di Terowongan Belchen, Swiss
viva

Terowongan Belchen yang ada di Swiss ini dibangun sejak 1960. Terowongan ini menghubungkan kota Eptigen dengan Hagendrof. Pada tahun 1980 nterdengar kabar melalui koran lokal bahwa ada seseorang yang melihat wanita tua dengan pakaian serba putih di terowongan tersebut.

Setelah itu 3 tahun kemudian pada tahun 1983 ada dua orang pengacara yang mengaku pernah memberikan tumpangan kepada wanita tua yang menghuni terowongan tersebut. Mereka juga sempat mengobrol dengan wanita tua tersebut dengan menanyakan kabar, lalu wanita tua itu menjawab bahwa ia sedang tidak dalam keadaan baik. Setelah beberapa lama mereka menengok ke belakang lagi, wanita tua itu telah menghilang.

Sosok ini memang kerap mengganggu para pengguna jalan yang melewati terowongan ini. Bagi mereka yang ditampaki oleh wanita ini pastinya akan membuat trauma dan tidak mau melewatinya lagi. Apalagi jika wanita tua ini sampai menumpang seperti kejadian sebelumnya.

9. Hantu La Ciguapa

La Ciguapa
Artistico RD

Hantu La Ciguapa adalah sesosok wanita yang memiliki kekuatan magis. Ia tinggal di pegunungan yang ada di wilayah Republik Dominika. Yang mengerikan dari sosok ini adalah kakinya terbalik, tidak seperti kaki manusia pada umumnya. Perempuan ini memiliki rambut yang sangat panjang untuk menutupi tubuh telanjangnya.

La Ciguapa ini memiliki suara seperti jeritan anak bayi. Hal ini digunakannya untuk memikat laki-laki yang polos untuk masuk ke dalam hutan untuk menemui La Ciguapa. Setelah mereka terpengaruh maka mereka tidak akan bisa kembali lagi. La Ciguapa ini terdengar seperti putri duyung jahat yang merayu laki-laki agar bisa membunuhnya.

10. El Cuco atau El Viejo del Saco

El Cuco atau El Viejo del Saco
facebook

Kisah El Cuco ini berasal dari Spanyol pada tahun 1910. El Cuco merupakan arwah bergentayangan yang mencari anak-anak untuk diminum darahnya. Hal ini tentunya membuat ketakutan bagi warga di sekitarnya karena penampakannya ini.

Hal ini bermula dari pria bernama Fransisco Ortega yang menderita penyakit Tubercolosis. Lalu ia ingin menyembuhkannya dengan meminta bantuan dari dukun. Dukun tersebut menyarankan agar meminum darah anak mudah dan menggunakan lemaknya sebagai salep untuk dioleskan di dadanya.

Karena ia ingin cepat sembuh, ia mengikuti apa kata dari dukun tersebut. Ia menculik anak berusia 17 tahun dan membawanya dalam kantong kain. Setelah itu ia mengiris bagian bawah ketiaknya untuk memudahkan dia meminum darah anak itu. Setelah kejadian ini terungkap.

Ortega dan dukun ditangkap dan dihukum mati. Setelah dihukum mati, arwahnya masih bergentayangan dengan membawa kantong kain dan mencari anak muda untuk diminum darahnya.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Grameds, itulah paparan mengenai 10 hantu terseram yang ada di dunia. Hantu-hantu tersebut bahkan dapat membahayakan nyawa orang di sekitarnya. Energi yang kuat yang dimiliki hantu-hantu itu membuat orang-orang di sekitar sulit untuk mengusir dan menghindarinya.

Bagi kalian yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai hantu dan bacaan lainnya, kalian bisa membeli buku dari Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan buku-buku bermanfaat yang bisa kalian miliki.

beli sekarang

Buku ini akan mengenalkanmu pada kisah-kisah dari beberapa hantu dan makhluk gaib yang ada di Nusantara mulai dari Sundel Bolong sampai Hantu Casablanca.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq