in

8 Laut Terdalam di Dunia

8 Laut Terdalam di Dunia – Untuk menikmati keindahan laut yang luas bukan hanya dari permukaannya, melainkan dinikmati dari kedalaman dasar lautnya pula. Dari sekian banyaknya palung laut yang ada di Indonesia, bahkan dunia, tentunya ada pula beberapa palung laut terdalam di dunia yang sebenarnya menarik untuk ditinjau lebih jauh.

Apakah palung laut itu? Pada hakikatnya, palung laut adalah semacam cekungan amat terjal yang dapat ditemukan di dasar laut atau laut terdalam. Mungkin, beberapa orang menyebutnya sebagai relief laut. Setiap laut perairan tentu memiliki keunikan dan keistimewaannya masing-masing.

Terdapat bagian-bagian laut yang ada di dunia ini memiliki intensitas kedalaman yang menakjubkan. Kedalaman beberapa laut tersebut memang sudah ditelaah sebelumnya oleh para ilmuwan sehingga dapat diketahui seberapa dalamnya laut-laut tersebut dan ada beberapa di antaranya yang dikategorikan laut terdalam di dunia.

Lantas, apa saja laut terdalam di dunia? Untuk mengetahui dan memahami laut terdalam di dunia, artikel ini tentu akan membahas terkait hal tersebut. Simak penjelasan di bawah ini hingga akhir!

8 Laut Terdalam di Dunia 

1. Palung Laut Mariana, Samudra Pasifik

Palung Laut Mariana
Palung Laut Mariana

Hingga saat ini, Laut Palung mariana masih dianggap sebagai laut terdalam yang ada di dunia. Laut Palung Mariana terletak di dasar barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Kepulauan Mariana, dekat dengan negara Jepang.

Palung ini memiliki kedalam jauh di bawah permukaan laut, bahkan lebih jauh dari ketinggian gunung tertinggi di dunia, yakni Gunung Everest di atas permukaan laut. Laut Palung Mariana mempunyai kedalam maksimum 11.035 meter, tepatnya 10.927 di bawah permukaan laut. Apabila diibaratkan, dalamnya palung ini sekitar 35 kali ketinggian menara Eiffel.

Lalu, tekanan air di Palung Laut Mariana, yaitu kurang lebih sebesar 1.086 bar atau 8 ton per inci persegi. Apabila diibaratkan, layaknya 50 unit pesawat jet terbesar di dunia, atau dapat pula diibaratkan seperti 1.600 gajah Afrika yang ditumpukkan.

Bentuk laut Palung Mariana sendiri, yaitu berbentuk cekungan melengkung layaknya huruf V dan membentang sejauh 2.550 kilometer dan lebarnya 63 meter dari Samudra Pasifik sampai timur Pulau Mariana. Asal mula Palung Mariana terbentuk diakibatkan adanya tabrakan hebat antara lempengan Filipina dan lempeng tektonik Pasifik sekitar 180 juta tahun yang lalu.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, laut palung yang diketahui paling dalam di dunia ini, disebut sebagai Palung Mariana sebab letaknya yang berdekatan dengan Kepulauan Mariana. Pertama kali ditemukannya Palung Mariana ini pada tahun 1875 oleh kapal Angkatan Laut Britania saat melakukan pelayaran keliling dunia dan dengan peralatan suara, HMS Challenger.

Adapun titik paling dalam laut palung ini terletak di Challenger Deep yang bentuknya seperti lembah curam dan terletak di dasar parit utama, sebelah barat daya Guam atau pulau di Samudra Pasifik. Hingga akhirnya, kapal Bathyscaphe Trieste mencapai Challenger Deep pada tahun 1960 yang berawak Letnan Angkatan Laut AS, Don Walsh dan ilmuwan bernama Jacques Piccard dari Swiss.

Menurut para ilmuwan terdapat lebih dari 200 mikroorganisme laut yang dapat berlangsung hidup di kedalaman laut palung tersebut, tepatnya yang ditemukan di lumpur Challenger Deep. Ada beberapa mikroba yang mampu bertahan hidup dan hidupnya bergantung pada bahan kimia, seperti pada belerang atau metana, bahkan beberapa di antaranya ada pula yang saling memangsa antara satu sama lain.

Ada beberapa jenis organisme yang ditemukan di dasar palung ini, di antaranya teripang kecil, amphipoda, xenophyophores, kemudian para ilmuwan juga mendapati jenis ikan siput di kedalaman 26.200 kaki atau sekitar 8.000 meter.

Selain itu, berdasarkan pada penelitian dari Universitas Newcastle, ditemukan pula polutan bahan kimia berbahaya yang sudah dilarang penggunaannya sejak 1970 dan sebagian besar bahan kimia tersebut berada di bagian terdalam laut.

Kemudian, karena sebagian besar wilayah Palung Mariana adalah zona yang amat dilindungi, pada tahun 2009 lalu, Presiden George W. Bush merealisasikan wilayah tersebut sebagai bagian dari Mariana Trench Marine National Monument (Monumen Nasional Kelautan Palung Mariana).

banner-promo-gramedia
Buku Pintar: Kehidupan Laut
Buku Pintar: Kehidupan Laut

tombol beli buku

Buku ini menghadirkan fakta dan keunikan berbagai kehidupan laut yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Sajiannya yang simple dan dilengkapi foto-foto yang sangat bagus, membuat buku ini tidak saja akan menambah pengetahuan kita tentang kehidupan suaka air asin terbesar di muka bumi ini, sekaligus enak dibaca. Selamat berpetualang di dunia laut yang menakjubkan!

2. Laut Puerto Rico, Samudra Atlantik

Laut Puerto Rico
Laut Puerto Rico

Laut terdalam di dunia berikutnya, yaitu laut Puerto Rico yang letaknya berada di perbatasan Laut Karibia dengan Samudra Atlantik. Bagian paritnya mempunyai panjang sekitar 800 kilometer, sedangkan palungnya sendiri berkedalaman kurang lebih 8.376 meter di bawah permukaan laut.

Berdasar pada studi ilmiah yang telah dilakukan, apabila terjadi gempa bumi di sepanjang zona patahan ini, dapat mendatangkan tsunami yang merusak juga signifikan. Sebagai contohnya, yaitu gempa bumi San Fermin yang telah terjadi pada 11 Oktober tahun 1918 lalu, mengakibatkan tsunami dahsyat yang merusak.

Kemudian, karena laut Puerto Rico merupakan salah satu laut terdalam di dunia, ia mendapati berbagai perhatian dari para peneliti. Para peneliti itu mencoba untuk mencari-cari tahu terkait makhluk yang bertahan hidup di laut dalam dan dampak berbagai aktivitas kehidupan manusia terhadap laut.

3. Laut Jawa atau Cekungan Jawa

Palung Laut Jawa
Palung Laut Jawa

Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia memang menjadi negara yang dikelilingi oleh lautan. Maka tak heran apabila Indonesia pun mempunyai laut terdalam di dunia, yaitu Laut Jawa.

Laut ini dikenal pula dengan Sunda Double Trench, Palung Jawa yang terletak di bagian timur laut Samudra Hindia. Laut Jawa atau Cekungan Jawa ini luasnya mencapai hingga 7.725 meter dengan ukuran cekungannya 2.600 kilometer.

Berdasarkan Britannica, lokasi Laut Jawa ini secara spesifiknya ialah 305 kilometer dari barat daya pantai Sumatera dan Jawa. Kedalaman maksimum 7.450 meter merupakan titik terdalam atau terdasar Palung Jawa dari Samudra Hindia. Palung ini adalah palung terdalam kedua di Samudra Hindia setelah Palung Diamantina.

Lalu, pernah terjadinya gempa bumi masif yang terjadi di dasar laut dengan kekuatan 9.1 magnitudo di tahun 2004, hingga mengakibatkan tsunami dan berpengaruh sangat besar.

4. Palung Tonga

Palung Tonga
Palung Tonga

Palung Tonga adalah palung laut terdalam di dunia yang kedua, setelah Palung Mariana. Palung Tonga terletak di sebelah barat daya wilayah Samudra Pasifik dan merupakan parit terdalam di bagian bumi selatan dengan panjangnya kurang lebih 1.375 kilometer yang membentuk batas timur pungguh Bukti Tonga.

Kemudian, Palung Tonga ini mempunyai kedalaman dengan rata-rata 6.000 meter atau setara 20.000 kaki dan lebarnya kurang lebih 80 kilometer atau 50 mil. Bagian terdalam dari palung ini memiliki istilah yang disebut sebagai Deep Horizon atau lubang horison dengan kedalaman maksimumnya mencapai 10.882 meter di bawah permukaan laut atau setara dengan 35.702 kaki.

Bagian terdalam Palung Tonga atau Deep Horizon Ini, ditemukan pertama kali pada Desember tahun 1952. Hal menariknya adalah Palung Laut Tonga ini mempunyai keanekaragaman biota laut dan biodiversitas, seperti hewan cacing laut yang melimpah ruah.

60 Aktivitas Seru Dunia Laut
60 Aktivitas Seru Dunia Laut

tombol beli buku

Buku aktivitas untuk anak TK, berisi berbagai aktivitas untuk mengasah logika dan kecerdasan sekaligus berlatih motorik, kognitif, berhitung, dan mewarnai dengan tema tentang laut.

5. Palung Filipina: Palung Mindanao

Palung Laut Filipina
Palung Laut Filipina

Palung Filipina atau yang memiliki nama lain palung Mindanao ini, merupakan sebuah parit di bawah laut bagian timur Filipina dan di sebelah barat Samudra Pasifik. Palung Filipina ini memiliki panjang 1.320 kilometer dengan lebarnya kurang lebih 30 kilometer. Palung ini diketahui membentang mulai dari pusat pulau Luzon di Filipina sampai ke pulau Halmahera di Maluku Utara.

Tak hanya itu, titik terdalam dari Palung Filipina, yaitu mencapai 10.540 meter di bawah permukaan laut atau sekitar 34.580 kaki, kemudian dikenal pula dengan Jeluk Galathea. Pada kedalam tersebut, dipercaya bawah deuterium, yaitu sebuah isotop hidrogen terletak di dekat bagian terdalam palung dari ventilasi hidrotermal laut dalam, bahkan mempunyai kebutuhan komersial yang terbilang tinggi.

Tidaklah heran, apabila Palung Filipina atau Palung Mindanao ini menjadi urutan ketiga palung laut terbesar di dunia sebab kedalaman maksimumnya pun cukup fantastis, setelah urutan pertamanya Palung Mariana, kemudian Palung Tonga.

Palung ini diperkirakan lebih muda dari 8 atau 9 juta tahun yang lampu. Palung ini terbentuk akibat benturan antara lempeng Zamboanga dan lempeng Palawan. Adapun bagian tengah sesar Filipina terbentuk saat masa Plio-Pleistosen yang diduga sebagai depresi kerak bumi aktif.

Palung ini mencapai salah satu kedalaman terbesar di samudra, merupakan yang ketiga setelah Palung Mariana dan Palung Tonga. Titik terdalamnya dikenal sebagai Jeluk Galathea dan mencapai 10.540 meter (34.580 kaki) atau (5.760 depa).[2] Pada kedalaman ini, diyakini bahwa deuterium, sebuah isotop hidrogen, berada di dekat bagian dasar palung dari ventilasi hidrotermal laut dalam dan memiliki kepentingan komersial tinggi.

6. Palung Sandwich Selatan

Palung Sandwich Selatan
Palung Sandwich Selatan

Palung ini berada 100 kilometer di bagian timur Kepulauan Sandwich Selatan, tepatnya di Britania Raya. Palung Sandwich Selatan merupakan parit arkuata yang terbilang dalam di Samudra Atlantik bagian Selatan. Hebatnya, Kepulauan Sandwich Selatan merupakan busur vulkanik dengan gunung berapi yang masih aktif di sekitarannya.

banner-promo-gramedia

Untuk panjang dari Palung Sandwich Selatan, yakni sekitar 965 kilometer dengan kedalaman maksimumnya mencapai 8.266 meter di bawah permukaan laut. Pengukurannya sendiri pun dilakukan dari 2 sampai 7 Februari tahun 2019 menggunakan sonar multibeam Kongsberg EM 124 ketika berlangsungnya Five Deeps Expedition. 

Raja Ampat: Lebih dari Sekadar Keindahan Bawah Laut
Raja Ampat: Lebih dari Sekadar Keindahan Bawah Laut

tombol beli buku

Raja Ampat lebih dari sekadar keindahan bawah laut. Karena itu, buku ini juga berkisah tentang kegiatan wisata lain yang asyik dilakukan di sana.

Sebagai panduan, buku yang merupakan petilan dari buku Wisata Bahari Indonesia, 17 Destinasi Favorit (2012) ini juga memuat tip perjalanan, seperti bagaimana mencapai kawasan tersebut, akomodasi, kuliner, dan tip lain yang penting untuk diketahui sebelum menyambangi kawasan indah tersebut.

7. Laut Karibia: Laut Terdalam Cayman Way

Laut Karibia
Laut Karibia

Berikutnya, ada Laut Karibia. Laut Karibia adalah lautan tropis yang terletak di bagian Samudra Atlantik dan terletak di bagian tenggara Teluk Meksiko. Laut Karibia bukanlah kategori samudra atau laut yang luas sebab bisa dikatakan Laut Karibia merupakan perairan yang sempit.

Laut Karibia adalah laut yang istimewa. Hal ini dibuktikan bahwa Laut Karibia memiliki kadar garam yang amat besar luasnya hingga 2.754.000 kilometer persegi. Laut Karibia dikategorikan laut terdalam yang mempunyai kedalaman rata-ratanya 2.575 meter dengan titik paling dalam atau paling dasar kurang lebih mencapai 7.686 meter di bawah permukaan laut dan disebut sebagai Cayman Way. Palung Cayman, yaitu antara Kuba dan Jamaika.

Adapun seluruh wilayah Laut Karibia, terkhusus pulau-pulaunya dikenal sebagai Kepulauan Karibia.

Meskipun laut ini terbilang menyeramkan, tetapi laut terdalam Karibia atau Cayman Way sering kali dijadikan objek wisata bagi turis atau orang-orang yang suka akan menyelam. Oleh sebab itu, saat ini Laut Karibia menjadi tercemar diakibatkan limbah manusia, terlebih ada jutaan ton plastik yang menumpuk di lautan itu.

Ensiklopedia Dunia Ikan Air Laut (FC)
Ensiklopedia Dunia Ikan Air Laut (FC)

tombol beli buku

Ensiklopedia Dunia Ikan Air Laut akan memberikan wawasan pada kalian terkait kehidupan ikan atau biota laut. Dengan begitu, kalian akan mengetahui terkait ikan apa saja yang belum kalian ketahui sebelumnya.

8. Palung Diamantina 

Laut terdalam di dunia berikutnya adalah Palung Diamantina yang terletak di barat daya Perth, tepatnya Australia Barat. Palung Diamantina memiliki luas yang membentang sepanjang 1.900 kilometer dari Ninety East Ridge sampai Naturaliste Plateau. Untuk titik terdalam dari Palung Diamantina ini mencapai 7.079 meter di bawah permukaan laut yang berada di Samudera Hindia.

Akan tetapi, terdapat beberapa ahli yang masih pula bertentangan pendapat terkait kedalaman palung ini. Seperti halnya berdasarkan laman Sciencing yang menjelaskan bagian terdalam dari Palung Diamantina ialah 8.047 meter di bawah permukaan laut.

9. Laut Mediterania

Laut Mediterania
Laut Mediterania

Asal mula Laut Mediterania, yaitu dari Bahasa Latin ‘mediterraneus’ yang berarti “di tengah bumi’ atau “antara tanah”. Laut Mediterania adalah laut yang terletak di antara beberapa benua

Laut Mediterania menjadi perbatasan antara tiga dunia, yaitu Asia bagian timur, Afrika bagian selatan, dan Eropa bagian utara. Hal ini membuat Laut ini mempunyai titik terdalam, bahkan titik terdalam atau titik dasarnya sebagai salah satu laut yang dianggap amat misterius di dunia.



Kedalaman Laut Mediterania rata-rata mencapai 1.501 yang mana titik terdalam laut ini berada pada Calypso Deep dengan kedalaman maksimumnya mencapai 5.627 meter di bawah permukaan laut, kemudian mempunyai luas sejauh 2,5 juta kilometer persegi dan dikategorikan sebagai salah satu laut paling luas di dunia.

Memang sejak dahulu, Laut Mediterania menjadi portal oleh berbagai negara di tiga benua tersebut guna interaksi antarsesama sebab keberadaan laut ini terbilang cukup strategis dan penting.

Kesimpulan Laut Terdalam di Dunia

Itulah informasi terkait beberapa laut terdalam di dunia. Terdapat beberapa dari laut terdalam tersebut yang berupa laut samudra dan ada pula yang merupakan bagian dari beberapa samudra. Hal tersebut menjadi bukti bahwa samudra di dunia atau di Bumiini sangatlah luas ukurannya, bahkan dapat terbagi-bagi menjadi beberapa laut yang berbeda.

Kemudian, terbukti pula bahwa titik paling dasar atau dalam pun adalah titik terendah yang ada di Bumi, yaitu palung laut. Dengan begitu, palung laut adalah dasar laut yang curam dan palung laut terdalam di dunia adalah Palung Mariana sebab kedalamannya sampai pada titik terendah di Bumi.

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Sumber: dari berbagai sumber

Seri Penjelajahan Dunia : Penakluk Samudra
Seri Penjelajahan Dunia : Penakluk Samudra

tombol beli buku

Tahukah kamu kisah Christopher Columbus yang berhasil menemukan Benua Amerika? Seperti apa kisah kapten kapal terkenal di dunia, James Cook? Kenapa kapal Discovery bisa terombang-ambing dalam perjalanannya ke Pasifik?

Temukan jawabannya di dalam buku ini! Terdapat 10 kisah bersejarah tentang perjalanan para bajak laut dan pelaut tersohor yang mengarungi samudra, didukung foto asli dan ilustrasi 3 dimensi. Ayo, lengkapi Seri Penjelajahan Dunia!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha