in

10 Desain Jersey Bola Terbaik

Kompetisi sepak bola tentunya menjadi salah satu hal yang sangat ditunggu oleh para penggemarnya. Pertandingan dan transfer bursa para pemain juga menjadi hal sering kali diamati oleh para penggemar dari masing-masing klub dan individu perorangan.

Oh ya, tak hanya soal pertandingannya, tetapi mereka juga banyak memerhatikan satu hal yang juga menarik untuk disimak saat dimulainya musim kompetisi baru, yaitu desain seragam atau jersey dari masing-masing tim. 

Mengapa hal ini menjadi salah satu topik yang banyak dijadikan sebagai buah bibir? Yap, pasalnya banyak sekali penggemar yang tak segan dan rela mengeluarkan kocek yang besar untuk mendapatkan merchandise yang sama dengan klub ataupun pemain sepak bola kesayangannya.

Ini juga menjadi salah satu persaingan dalam dunia fashion olahraga. Berbagai merek olahraga seperti Adidas, Nike, hingga Puma akan memamerkan desain dari jersey klub-klub top Eropa yang sedang menjadi buah bibir tersebut.

Semua merek olahraga tadi akan mulai menikmati persaingan desain yang terinspirasi dari berbagai arsitektur bersejarah atau juga prestasi dari klub tersebut di masa lalu. Pastinya tak hanya desain yang baru, brand olahraga tersebut juga akan menampilkan sentuhan ajaib yang khusus yang membedakan jersey desain baru dengan desain yang lama. 

Tentunya, setiap desain mewakili makna tersirat tentang sejarah dari klub tim sepak bola atau arsitektur bersejarah yang ada di negara asal klub sepak bola tersebut. Artikel kali ini akan membahas lebih detail tentang 10 desain jersey atau baju sepak bola terbaik pada musim 2021/2022. 

Tanpa berlama-lama lagi, mari simak dan perhatikan pembahasan di bawah ini. Check this out!

10 Desain Jersey Terbaik

1. AC Milan (Jersey Tandang) 

Sumber: lifestyle.kompas.com

Jersey away atau biasa disebut dengan jersey tandang dari AC Milan pada musim 2021/2022 didesain secara khusus untuk menghormati badan amal klub, yaitu Fondazione Milan. Detail dari badan amal itu dicetak pada bagian kerah belakang dari jersey.

Warna dasar yang digunakan oleh jersey tandang AC Milan ini didominasi dengan warna cream yang dilengkapi juga dengan aksen merah Rossoneri pada teks bertulisan “Emirates Fly Better”. 

Jika diperhatikan secara lebih mendetail, kain jersey AC Milan ini memiliki pola all-over halus yang sebenarnya memiliki arti sebagai perwakilan dari enam kota yang akan bekerja sama dalam kampanye amal tersebut yang dimulai pada bulan September.

Jersey tandang dari AC Milan musim 2021/2022 terbuat dari 100 persen poliester daur ulang yang dibantu dengan teknologi dryCELL dari Puma loh. Jadi, setiap atlet sepak bola yang menggunakannya akan merasa nyaman ketika menggunakannya. 

Hal ini dikarenakan teknologi dryCELL dari Puma ini akan membuat baju tandang dari AC Milan ini bisa menyerap keringat dengan sangat baik dan membuat baju para pemain bola basah karena keringat. 

2. Ajax Amsterdam (Jersey Kandang) 

Sumber: kicker.de

Pastinya warna merah dan putih klasik kembali mewarnai dari jersey Ajax Amsterdam untuk musim 2021/2022 ini. Mungkin jersey ini memiliki perbedaan yang cukup sulit jika dibandingkan dengan jersey tandang versi lamanya. 

Namun, jika kamu memerhatikannya secara detail, kamu pasti melihat garis merah di bagian tengah jersey ini tidak terlalu lebar jika dibandingkan dengan jersey lama dari klub tersebut. Pada bagian dada, tepatnya di sebelah kiri, kamu akan melihat logo lama dari Ajax. 

Logo ini sendiri sempat digunakan dari tahun 1928 hingga tahun 1991. Sudah lama sekali, bukan? Yap, selain itu, terdapat pola garis-garis Adidas yang terletak di bahu. Hal ini terinspirasi dari desain jersey tahun 1970-an lalu. Kemudian, kerah crew neck klasik, dan juga logo sponsor dari “Ziggo” yang terdapat di bagian tengah yang tentunya akan melengkapi jersey ini. 

Ajax juga sempat menyebutkan bahwa pihak dari klub hanya akan menyertakan nomor punggung di bagian belakang jersey ini, tanpa nama dari pemainnya khusus untuk kompetisi lokal. Jadi, kamu hanya bisa melihat nomor punggung dari pemain,  tanpa ada nama, jadi pastikan kamu mengetahui nomor punggung dari pemain favorit kamu ya.

3. Barcelona (Jersey Tandang) 

Sumber: tribuna.com

Semua pasti sudah paham bahwa Nike dan Barcelona bagaikan sahabat. Yap, kerja sama yang dilakukan Barcelona dengan Nike selama 22 tahun ini kembali berlanjut hingga musim ini. Jersey tandang dari klub Barcelona menampilkan warna ungu yang mencolok sebagai salah satu bentuk dari pemberdayaan perempuan.

Program pemberdayaan perempuan ini adalah adalah sebagai bentuk dukungan untuk kaum perempuan tentang kesetaraan gender yang membuat mereka akan berjuang sehingga mereka mampu mengembangkan kemampuannya dan mampu bersaing dalam dunia ini tanpa ada perbedaan gender.

Warna ungu ini juga dipilih karena Barcelona pernah memiliki sejarah dalam memperjuangkan kesetaraan gender loh. Tema tersebut juga diperkuat dengan adanya teks “tots unit fem forca” dan “totes unides fem forca” yang dicetak timbul atau embossed di jersey. 

Jika teks tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka teks tersebut memiliki arti, yaitu “bersama menjadi lebih kuat”. Bukankah ini adalah hal yang sangat keren?

4. Manchester United (Jersey Kandang) 

Sumber: batam.tribunnews.com

Kali ini Adidas menerjemahkan ulang filosofi dari klub Manchester United atau yang biasa kita kenal dengan MU, yaitu “Youth, Courage and Success” atau jika diartikan sebagai bahasa “Muda, Keberanian, dan Kesuksesan”. Filosofi ini lah yang ditampilkan dalam pola garis-garis halus pada jersey kandang MU saat ini. 

Tentunya warna dasar dari klub ini adalah warna khas dari MU, yaitu merah. Dengan garis kerah berwarna putih ini juga menjadikan jersey ini terlihat lebih keren, bukan? Oh ya, logo Chevrolet yang biasa menghiasi jersey ini, pada versi barunya kali ini diganti dengan logo perusahaan teknologi asal Jerman, yaitu Team Viewer. 

Sebelumnya logo Chevrolet ini telah menghiasi bagian tengah jersey MU selama enam tahun terakhir. Tak lupa, kali ini Adidas juga menyematkan logo setan merah keemasan di bagian leher belakang dari baju Jersey ini. 

5. Liverpool (Jersey Tandang) 

Sumber: lifestyle.kompas.com

Kali ini akan masuk pada pembahasan dari jersey away dari Liverpool. Kali ini Nike berhasil mendesain jersey tandang Liverpool pada musim 2021/2022 dengan mengacu pada arsip ataupun juga sejarah masa lalu dari klub ini.

Desain keseluruhan dari jersey yang dikelir dengan warna “stone white” yang ditambah dengan aksen dark green dan juga crimson red ini diambil dari seragam Liverpool yang pernah ada, yaitu pada musim 1996/1997 silam.

Tahukah kamu apa dasar dan makna dari pemilihan warna stone white ini? Yap, pemilihan stone white sebagai warna dasar dari jersey ini terinspirasi dari Three Graces. Three Graces ini adalah tiga bangunan bersejarah yang berdiri dengan kokoh yang ada sampai sekarang di tepi laut kota Liverpool.

Dari bangunan sejarah inilah Nike memilih warna stone white sebagai warna dasar dari Liverpool di musim 2021/2022 ini. 

6. Real Madrid (Jersey Kandang)

Sumber: lifestyle.kompas.com

Siapa yang tak kenal dengan klub sepak bola yang satu ini, bukan? Bahkan orang yang awam sepak bola tentunya pernah mendengar nama dari klub ini. Dalam merancang jersey kandang untuk Real Madrid yang baru, kali ini Adidas menampilkan pola spiral halus yang ada di seluruh bagian jersey.

Pola spiral ini menggambarkan air mancur dari Plaza de Cibeles, area yang menjadi salah satu simbol suporter Los Galacticos. 

Sebagai pelengkap desain jersey Real Madrid ini, Adidas juga memberikan aksen “lucky orange” dan “high-res blue” yang ada di berbagai bagian jersey. 

7. Paris Saint-Germain (Jersey Tandang)

Sumber: buzprop.com

Suporter PSG pastinya sedang bergembira karena klub ini baru saja mendapatkan salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa, yaitu Lionel Messi. Yap, Kontrak Messi dan Barcelona sendiri sudah berakhir pada 30 Juni lalu. 

Selain itu, bukan hanya kegembiraan akan kedatangan Lionel Messi, tetapi PSG juga akan memiliki jersey tandang baru. Logo Swoosh di bagian dada sebelah kanan saat ini akan menjadi logo baru dan bukan lagi logo dari Jumpman. Nike menghadirkan jersey untuk PSG tersebut dalam warna dasar putih yang juga dilengkapi dengan garis merah muda dan hitam pada bagian tengahnya. 

Aksen juga akan kembali kembali terlihat di bagian manset atau yang ada pada ujung lengan. Merah muda terletak pada manset sebelah kanan dan warna hitam pada manset sebelah kiri. Inspirasi Nike dalam merancang desain ini adalah berasal dari arsitektur kota Paris, bersama istilah slang “Paname” yang juga biasa digunakan oleh warga setempat. 

8. Venezia (Jersey Kandang) 

Sumber: veneziafc.it

Jersey kandang dari Venezia 2021/2022 ini bisa dikategorikan sebagai salah satu jersey klub Eropa yang paling mencolok. Venezia saat ini berkolaborasi dengan Kappa dan juga studio kreatif asal New York, yaitu Fly Nowhere untuk menerjemahkan detail dari sisi tradisional kota Venezia pada desain seragam yang akan digunakan untuk klub. 

Jersey ini memiliki warna dasarnya adalah hitam yang memiliki cetakan tekstur dinding trompe l’oleil Venetian, serta terdapat sentuhan emas pada logo klub dan juga sponsor. Di sisi lain, pada bagian kerah dan juga ujung lengan akan dituangkan warna jingga dan hijau. 

9. Olympique Lyon (Jersey Tandang)

Sumber: ifootballshop.com

Jika jersey tandang dari Olympique Lyon pada musim sebelumnya berwarna hitam, maka tahun ini Adidas memberikan look beru yang lebih cerah untuk Olympique Lyon. Untuk musim 2021/2022 ini, Lyon akan melakukan laga tandang dengan menggunakan jersey bermotif camo dengan warna merah. 

Bagian ujung pada kerah, tiga garis pada bagian bahu, dan manset akan diberi warna biru. Selain itu, jersey ini mendapatkan sentuhan akhir berupa sponsor dari Emirates dan logo Adidas putih, serta logo klub yang ikonik yang ada pada pada bagian depan jersey. 

10. Inter Milan (Jersey Kandang)

Sumber: batam.tribunnews.com

Terakhir, seragam kandang dari Inter Milan untuk musim ini akan memiliki motif yang mencolok. Tidak akan ada lagi pola garis-garis vertikal yang berwarna biru-hitam tradisional. Namun, sebagai gantinya, garis-garis tersebut dibuat oleh Nike dengan pola kulit ular yang berwarna biru tua, navy, dan juga hitam.

Perbedaan Jersey Kandang dan Jersey Tandang

Oh ya, tahukah kamu apa bedanya jersey tandang dan jersey kandang? Yap, jersey kandang adalah jersey yang digunakan oleh para pemain sepak bola yang memang menjadi warna utama dari klub bola tersebut. 

Selain itu, jersey kandang akan digunakan oleh pemain sepak bola jika mereka menjadi tuan rumah dari pertandingan tersebut. Ada hal lain yang menarik juga, yaitu jersey kandang si tuan rumah tidak boleh disamakan warnanya dengan jersey yang akan digunakan oleh klub yang bermain menjadi tamu dalam pertandingan tersebut. 

Pasalnya, hal ini bisa membuat kerancuan dan ada pasal-pasalnya yang membuat persamaan warna baju saat bertanding akan menimbulkan dampak negatif.

Jersey tandang ada jersey yang akan digunakan oleh klub bola yang datang sebagai tamu di rumah yang menggelar pertandingan. Oleh karena itu, sebelum melakukan pertandingan pada setiap musimnya, semua klub sepak bola akan menyediakan 3 baju jersey dengan warna yang berbeda untuk mereka gunakan pada situasi yang berbeda. 

Kelebihan dari Jersey

1. Warnanya yang Sangat Beragam

Kelebihan yang pertama adalah kamu bisa membuat jersey dengan warna yang kamu sukai. Mulai dari warna yang cerah sampai pada warna yang gelap sekalipun. Jadi, dengan jersey kamu bisa mendapatkan warna baju yang kamu sukai.

2. Tidak Mudah Kusut

Kelebihan yang kedua dari jersey adalah bahannya yang sangat jatuh dan tidak mudah kusut. Jadi, jika kamu memilikinya, kamu tidak perlu khawatir untuk lupa menggosok baju ini, karena tanpa digosok sekalipun baju ini akan terlihat tetap rapi.

3. Mudah Menyerap Keringat

Alasan mengapa jersey dipakai sebagai salah satu baju olahrafa adalah karena bahan dari jersey yang membuat kamu dapat merasa nyaman dan bahan dari jersey ini dengan mudah menyerap keringat loh. Oleh karena itu para atlet menggunakan jersey.

4. Tekstur Kainnya Elastis atau Fleksibel

Bahan dari jersey ini sangatlah fleksibel dan elastis, dapat dikatakan juga bahwa jersey ini adalah bahan yang sangat jatuh. Namun, dengan bahan tersebut, justru kamu akan dengan mudah bergerak dan melakukan aktivitas loh.

5. Mudah Kering

Hal yang menjadi pertimbangan jersey sebagai baju olahraga adalah bukan hanya karena baju ini memiliki daya serap yang tinggi. Namun, baju jersey ini juga memiliki tingkat mudah kering yang sangat tinggi. 

Sehingga, ketika kamu sedang berkeringat, jersey akan dengan mudah menyerapnya, tetapi kamu juga akan merasakan bahwa baju jersey yang basah akibat keringat tersebut akan lebih cepat kering juga dibandingkan dengan baju lainnya.

Ini adalah beberapa kelebihan dari jersey yang sudah sepatutnya kamu ketahui. Jadi, jika kamu belum mengetahui sebelumnya, semoga dengan artikel ini kamu bisa menambah pengetahuan tentang dua sepak bola, khususnya pada jersey yang digunakan oleh klub yang kamu sukai.

Yap, demikianlah dari artikel ini, semoga pembahasan dari artikel ini bisa membantu kamu untuk mengenal dan mengerti lebih dalam tentang dunia sepak bola dan perkembangannya.

Jika kamu sedang mencari buku dan informasi lainnya, kamu bisa mendapatkan informasi tentang sepak bola dari artikel dan buku yang ada di Gramedia.com loh. Jadi, kamu tak perlu khawatir jika belum mengetahui tentang sepak bola secara mendalam.

Cukup baca buku dan informasi dari Gramedia.com kamu bisa dengan mudah memahami dan mendalami sepak bola seutuhnya.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega