in

10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayahnya

Daftar 10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayahnya – Apa saja negara terbesar di dunia? Batas-batas dunia berubah secara terus menerus karena buni adalah planet yang dinamis. Sejarah mengajarkan batas-batas dunia akan berubah secara dramatis seiring berjalannya waktu. Permukaan bumi sebesar 71% ditutupi oleh air dan 29% sisanya ditutupi oleh daratan.

Karagaman geografi, iklim, dan satwa liar menjadi gambaran-gambaran indah negara terbesar di dunia. Hutan hujan, tundra, pegunungan, lembah, gurun, dan garis pantai secara kolektif dimiliki oleh berbagai negara terbesar di dunia. Negara mana yang akan menjadi negara terbesar di dunia bisa saja berubah dalam dekade mendatang. Berikut ini daftar 10 negara terbesar di dunia versi WorldAtlas.

1. Rusia

rusia dalam peta dunia

Rusia negara yang membentang luas di sebelah utara Rusia dan timur Eropa menempati posisi pertama sebagai negara terbesar di dunia berdasarkan luasnya dengan 17,1 juta kilometer. Luas negara Rusia dua kali luas Amerika Serikat, China, dan Kanada. Siberia menjadi wilayah terbesar di negara Rusia. Meskipun faktanya Rusia telah memotong 7 juta kilometer persegi, ia tetap menjadi negara terbesar di dunia dan mewakili 11% daratan di dunia.

Layaknya China, Rusia berbatasan dengan 11 negara berbeda. Hanya saja Rusia menjadi negara yang tidak beriklim tropis. Iklim Rusia biasa dikenal dengan iklim Tundar, dimana pertumbuhan pohon di suatu area terhambat oleh rendahnya suhu. Tak heran jika Rusia, khususnya wilayah Siberia dikenal sebagai wilayah tanpa pohon.

Musim panas Rusia yang terasa lembab hanya terjadi di Rusia bagian selatan. Rusia memiliki cadangan minyak yang sangat besar di bawah hutan beku dan tundra. Namun, kekayaan minyak Rusia belum tersentuh karena kendala biaya dan kesulitan untuk mengektraksinya. Sebagai negara terbesar di dunia, Rusia memiliki populasi 142 juta jiwa yang menjadikannya negara dengan populasi yang tinggi. Uniknya, Rusia menjadi negara dengan kepadatan penduduk yang rendah dengan jumlah populasi sebesar itu.

2. Kanada

kanada terbesar di dunia

Negara Kanada yang terkenal dengan keindahan alamnya ini menempati posisi kedua sebagai negara terbesar di dunia. Negara tersebut menjadi negara terbesar di belahan bumi barat dan memiliki garis pantai dengan panjang sekitar 200 ribu kilometer.

Kanada yang diposisikan sebagai negara terbesar kedua di dunia memiliki luas sebesar 9,9 juta kilometer. Pegunungan Rocky dengan keindahan alamnya membentang dari Kanada bagian utara ke bagian selatan. Negara yang berada di antara kutub utara dan Amerika Serikat ini memiliki tundra beku besar yang meluas ke Lingkaran Arktik.

Kanada yang dikenal dengan kehidupan rusa besar hingga beruang kutub ini punya sejuta keunikan di dalamnya. Kanada memiliki lebih dari 3.000 danau yang membentang indah dibandingkan dengan negara lain di dunia. Kanada memiliki cadangan minyak terbesar kedua di dunia, menyusul tepat di belakang Arab Saudi. Dalam bidang pendidikan, kebebasan sipil, kebebasan ekonomi, dan standar kehidupan Kanada memiliki peringkat tinggi dalam skala global.

Sama seperti Rusia, Kanada sebagai negara terbesar kedua di dunia memiliki kepadatan populasi terendah. Selain itu, negara Kanada hanya memiliki satu gurun yang terletak di British Colombia. Kanada menjadi salah satu negara maju yang melek terhadap perkembangan teknologi.

Negara ini dikenal memiliki warga yang disiplin dan mendukung berbagai kebijakan yang diberlakukan pemerintahnya. Negara modern yang satu ini masih mengandalkan sumber daya alam untuk menopang ekonomi negaranya. Kemudian Kanada warga Kanada juga dikenal sangat gemar membaca. Hal tersebut dapat terlihat melalui 22.000 perpustakaan umum yang tersedia di Kanada.

3. Amerika Serikat

negara amerika serikat

Posisi ketiga negara terbesar di dunia ditempati Amerika Serikat yang luasnya sedikit lebih besar dari China, tetapi sedikit lebih kecil dari Kanada. Amerika Serikat memiliki luas wilayah sebesar 9,8 juta kilometer persegi. Dikenal sebagai negara super power, Amerika Serikat dengan pemerintahan republik federal ini memiliki kekuatan militer, ekonomi, poltik, dan teknologi yang tinggi.

Indikator lain yang dapat menggambarkan kekuatan Amerika Serikat ialah sumber daya manusia dan sumber daya alamnya. Amerika Serikat terlahir dengan kekayaan alam yang melimpah, mulai dari emas, batu bara, minyak, hingga tanah yang luas dan subur. Selain itu, yang tak kalah penting Amerika Serikat memiliki sumber daya manusia yang besar dan berkualitas sehingga dinilai mampu mengolah kekayaan alam sendiri.

Dikancah Internasional, Amerika Serikat mampu memainkan peran dalam segala hal meskipun banyak menuai kritik dari berbagai kalangan. Amerika Serikat mampu bangkit dan kembali memimpin perekonomian dunia walaupun sempat beberapa kali mengalami krisis. Benteng kekuatan ekonomi Amerika Serikat terlihat dari eksistensinya sebagai kreditor terbesar dunia yang memberikan pinjaman atau bantuan kepada negara yang sedang berkembang.

4. Republik Rakyat China

china

Siapa yang tak kenal China? Negara China menempati posisi keempat sebagai negara terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 9,6 juta kilometer persegi. China dengan ibukota negara Beijing merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Timur. Pemerintah China telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan ekonominya sejak akhir tahun 1970-an. Pemerintah China terus membuat perencanaan pusat yang agresif, mendevaluasi mata uang, dan mengembangkan sistem pabrik yang kuat.

Selain menjadi negara terbesar keempat di dunia dari luas wilayah, negeri Tirai Bambu ini juga memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Perlu diketahui China punya banyak keunikan tersendiri yang menarik untuk dibahas. Keunikannya pun beragam, baik budaya, gaya hidup, makanan, dan keunikan lainnya. China atau Tiongkok memiliki wilayah daratan dengan cakupan yang sangat luas di bekas Peradaban Lembah Sungai Kuning. Dengan luas wilayah yang tergolong cukup besar, China memiliki iklim dan penduduk yang bervariasi.

5. Brasil

brazil negara terbesar di dunia

Negara Brasil menempati posisi ke-5 sebagai negara terbesar di dunia dengan luas wilayah lebih dari 8,51 juta kilometer persegi. Amazon menjadi salah satu hutan hujan terbesar di dunia yang dimiliki negara Brasil. Garis pantai Atlantik membentang sepanjang 8.000 kilometer di bagian sisi timur Brasil.

Negara Brasil berbatasan dengan sepuluh negara lainnya di Amerika Selatan, yakni Argentina, Uruguay, Paraguay, Peru, Kolombia, Bolivia, Guyana, Venezuela, Guyana Prancis, dan Suriname. Brasil menggunakan bahasa Portugis sebagai bahasa resmi negaranya. Sebagian besar wilayah Brasil beriklim tropis dan beriklim sedang karena memiliki tiga zona waktu. Banyak hal menarik yang bisa disimak dari Brasil sebagai negara terbesar ke-5 di dunia.

Faktanya Brasil menempati urutan pertama sebagai negara terbesar di Amerika Selatan. Sepanjang pantai Atlantik dan pusat-pusat kota besar, seperti Rio de Janeiro ditempati sekitar 87% populasi penduduk di Brasil. Selain itu, Sungai Amazon sebagai sungai terpanjang kedua di dunia memiliki rumah di negara Brasil dengan panjang sekitar 4.000 mil.

Perlu diketahui, Brasil menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia dengan 1/3 wilayah tanah pertanian. Selain kopi, Brasil juga memiliki hasil pertanian utama, seperti gandum, tebu, jagung, dan kedelai. Kemudian Brasil juga dikenal sebagai negara dengan tim sepak bola nasional terbaik di dunia. Uniknya Brasil menjadi negara satu-satunya yang berhasil memenangkan piala dunia sebanyak lima kali. Tertarik untuk berkunjung ke Brasil?

6. Australia

australia negara terbesar

Posisi ke-6 negara terbesar di dunia diduduki oleh negara Australia dengan luas wilayah sebesar 7,69 juta kilometer persegi. Negara Australia memiliki besar dua kali lipat daripada India. Dikenal dengan banyaknya satwa liar yang spektakuler, Australia menjadi salah satu tempat yang terkering dan terpanas di dunia.

Australia sebagai negara sekaligus benua ini berada di bagian selatan Indonesia. Negara ini menjadi satu-satunya negara yang menempati satu benua secara keseluruhan. Negara tetangga Australia memiliki beberapa fakta menarik yang bisa kamu kenal lebih dalam lagi.

Dengan luas wilayah yang cukup besar, persebaran penduduki di Australia tidak merata. Kota-kota besar di daerah pesisir, seperti Perth, Sydney, dan Melbourne ditempati 90% populasi di Australia.



Persebaran penduduk yang tidak merata menyebabkan negara ini memiliki wilayah pedalaman gersang dengan suhu ekstrim yang disebut The Outback. Dijuluki sebagai Negeri Kanguru, Australia memiliki sekitar 44 juta kanguru yang melebihi populasi manusia di Australia. Hal menarik lainnya, di Australia bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran pilihan bagi siswa di sana. Menarik bukan?

7. India

india negara terbesar di dunia

Negara yang terletak di Asia Selatan ini menempati posisi ke-7 sebagai negara terbesar di dunia dengan luas wilayah 3,3 juta kilometer persegi. India sebagai negara demokrasi terbesar di dunia berbatasan dengan Laut Arab, Teluk Benggala, dan Samudra Hindia. Tiongkok, Pakistan, Bhutan, Burma, Nepal, dan Bangladesh merupakan enam negara yang berbatasan langsung dengan India.

Negara dengan ibu kota New Delhi ini memiliki 8 wilayah persatuan dan 28 negara bagian. Warga India 80% menganut agama Hindu dan sisanya beragama Jainisme, Islam, Buddhisme, dan Sikhisme meskipun tidak memiliki agama resmi.

Setelah Tiongkok, India menempati posisi kedua sebagai negara terpadat di dunia. India juga memiliki jaringan kantor pos terbesar di dunia jika dibandingkan dengan negara lain. Sekitar 150.000 kantor pos berdiri kokoh di negara India.

India memiliki bahasa resmi yang bernama bahasa Hindi. Menariknya, India menjadi negara pengguna bahasa Inggris terbesar kedua setelah Amerika Serikat. Selain itu, India menyumbang hampir 13% luas wilayahnya dengan penanaman rempah-rempah. Tak heran jika India menjadi salah satu produsen rempah-rempah terbesar di dunia. Taj Mahal sebagai salah satu keajaiban dunia juga berada di India. Dibangunnya Taj Mahal pada tahun 1631 menjadi bentuk penghormatan Kaisar Mughal Shah Jahan untuk istrinya yang meninggal.

8. Argentina

argentina negara terbesar

Argentina sebagai salah satu negara terpadat di dunia menempati posisi ke-8 negara terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 2,78 juta kilometer persegi. Negara tersebut memiliki Cape Horn di bagian ujung selatan yang terkenal sebagai salah satu lokasi paling berbahaya di dunia. Selain lokasi berbahaya, Argentina juga memiliki tempat spektakuler yang membentang dari Andes selatan hingga Samudera Atlantik yang bernama Patagonia.

Argentina juga menjadi salah satu negara populer dengan olahraga sepak bola. Diego Maradona, Alfredo Di Stefano, dan Lionel Messi merupakan nama-nama besar dalam dunia sepak bola yang lahir di Argentina. Negara terbesar ke-8 ini terletak di benua Amerika bagian selatan yang berbatasan langsung dengan negara Paraguay, Bolivia, Chile, dan Uruguay.

Kepopuleran tarian Tango sebagai tarian sensual dengan gabungan iringan musik ternyata lahir di Argentina. Tak heran jika Argentina mendapat julukan negeri Tango. Sebuah kota kecil di Argentina, yakni Necochea mengalami tragedi mengejutkan dengan tewasnya dua anak tanpa adanya saksi mata di sekitar lokasi kejadian. Kemudian detektif mengambil keputusan untuk mengambil sidik jari di lokasi kejadian untuk mengetahui identitas pelaku pembunuhan. Dari tragedi tersebut, Argentina menjadi negara pertama yang menggunakan teknologi sidik jari.

9. Kazakhstan

kazakhastan

Kazakhstan menempati posisi ke-9 sebagai negara terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 2,72 juta kilometer persegi. Negara tersebut memiliki iklim gurun yang cenderung sejuk dan kering. Kazakhstan resmi memerdekakan diri dari Rusia pada tahun 1991. Pada awal kemerdekaan, negara yang terletak di Asia Barat ini dipimpin oleh Nursultan Nazarnayev.



Jika Grameds bepergian di Kazakhstan, ada banyak transportasi yang bisa digunakan, salah satunya ialah taksi non formal. Uniknya, daging kuda menjadi daging andalan masyarakat Kazakhstan karena di setiap penjuru wilayah terdapat kuda. Masyarakat negara ini mengolah daging kuda menjadi berbagai hidangan, mulai dari kuyrdak, kazy, dan beshbarmak. Selain itu, Kazakhstan sebagai negara dengan luas wilayah yang cukup besar ternyata tidak memiliki laut, tetapi mereka punya prajurit angkatan laut.

10. Aljazair

aljzair

Aljazair menempati posisi ke-10 sebagai negara terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 2,38 juta kilometer persegi. Negara ini terletak di bagian Afrika Utara dengan garis pantai Mediterania yang membentang sejauh 998 kilometer. Kemudian Aljazair menjadi negara terbesar di Afrika yang memiliki 80% luas wilayah berupa gurun.

Gurun Sahara yang berada di bagian selatan Aljazair menjadi gurun panas subtropis terbesar di dunia. Negara ini memiliki populasi penduduk yang tidak terlalu banyak dan pada tahun 1962 lebih dari satu juta orang Aljazair terbunuh dalam perjuangan kemerdekaan.

Baca juga artikel terkait “10 Negera Terbesar di Dunia Berdasarkan Wilayahnya” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila