in

19 Masjid Terindah di Dunia, Bikin Hati Tambah Nyaman

Masjid Terindah di Dunia – Untuk kaum Muslim, masjid adalah tempat yang sangat suci. Hal itu dikarenakan masjid adalah tempat untuk beribadah. Maka dari itu, seringkali bangunan-bangunan masjid dibangun dengan bahan atau teknik khusus.

Bahkan ada beberapa masjid yang dibangun dengan arsitektur yang indah. Artikel ini akan membahas mengenai beberapa masjid terindah yang ada di dunia.

1. Masjidil Haram

Masjid selanjutnya yang masuk pada jajaran masjid terindah adalah Masjidil Haram. Masjid ini adalah masjid yang sangat terkenal, hampir seluruh dunia tau mengenai masjid ini. Masjid yang menjadi ikon orang Muslim ini adalah salah satu masjid dengan keindahan yang luar biasa.

Masjidil Haram juga menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di dunia. Tidak hanya besar dan indah, Masjidil Haram adalah masjid yang suci. Masjid ini menjadi kiblat bagi orang Muslim. Di dalam masjid ini terdapat Kabah.

Selain itu, masjid ini memiliki sejarah yang sangat panjang.  Masjidil Haram adalah masjid dengan luas 400.800 meter persegi. Pergi ke Masjidil Haram adalah sebuah keinginan yang sangat didambakan oleh umat Muslim.

2. Masjid Sheikh Lotfollah

Masjid Sheikh Lotfollah adalah salah satu masjid terindah di dunia. Masjid ini terletak kawasan Timur Tengah, yaitu di Iran. Tepatnya berada di kota Isfahan. Kota Isfahan adalah sebuah kota yang indah. Keindahannya terpancar dari bangunan-bangunannya.

Arsitektur bangunan pada kota ini sangat menawan karena mengusung tema khas masa-masa lalu. Bahkan beberapa mengatakan bahwa keindahan dari kota Isfahan juga bisa menyaingi Roma atau Athena.

Masjid ini adalah masjid yang dibangun pada masa pemerintahan Shah Abbas I. Pembuatannya dibuat dari tahun 1602 sampai tahun 1618. Awalnya masjid ini digunakan sebagai tempat-tempat perkumpulan, rumah sakit, bahkan sebuah tempat pemandian.

3. Masjid Aqsunqur

Salah satu masjid terindah di dunia juga ada di Mesir. Masjid tersebut adalah Masjid Aqsunqur. Masjid ini terletak di Kairo. Ketika melihat masjid ini, kita akan teringat pada masa-masa abad ke 14.

Bangunan masjid ini sangat indah. Arsitekturnya merefleksikan gaya Ottoman. Lantai atau ubin di masjid ini berbentuk pohon cemara, menggunakan ubin Iznik. Pendiri masjid ini adalah Syams El-Din Aqsunqur. Beliau dimakamkan di dalam masjid Aqsunqur ini.

4. Masjid Hassan II

Masjid indah selanjutnya adalah Masjid Hassan II. Masjid ini terletak di Maroko. Selain indah, masjid ini juga menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di dunia. Menara di masjid ini sangat tinggi. Mencapai 210 meter. Selain itu, menara masjid ini juga dilengkapi oleh sinar laser. Sehingga mampu memberikan penerangan untuk sekitarnya.

Dikatakan indah, karena masjid ini memiliki arsitektur yang sangat indah. Dinding masjid ini terbuat dari marmer yang halus serta berkualitas tinggi. Selain itu, ada beberapa bagian lantai yang menggunakan kaca. Sehingga pengunjung bisa melihat dasar Laut Atlantik.

5. Blue Mosque

Blue Mosque adalah sebutan lain untuk salah satu masjid di Turki. Masjid tersebut bernama Masjid Sultan Ahmed. Masjid ini adalah salah satu tempat yang wajib masuk daftar destinasi wisata ketika berkunjung ke Turki.

Masjid Sultan Ahmed ini adalah masjid yang dibangun pada tahun 1609 sampai tahun 1616. Pada masa itu adalah masa pemerintahan Ottoman Ahmed I.

banner-promo-gramedia

Masjid indah ini sudah dapat terlihat dari kejauhan. Akan terlihat betapa megahnya masjid ini. Masjid Sultan Ahmed ini memiliki enam menara besar. Masjid ini dikatakan sebagai Blue Mosque karena kubah-kubahnya yang besar dan berwarna biru. Kubah-kubah besar itu terbuat dari ubin Iznik biru. Motif dari kubah tersebut adalah pohon, bunga dan beberapa pola abstrak.

6. Masjid Ubudiah

Masjid Ubudiah adalah masjid yang terletak di Malaysia.  Tepatnya berada di kota Kerajaan Kuala Kangsar. Masjid Ubudiah adalah masjid rancangan dari arsitek asal negara Inggris. Yaitu Arthur Benison Hubback. Masjid ini dibangun atas perintah dari Sultan Idris Mushidul Azam shah.

Masjid cantik ini adalah sebuah janji dari Sultan Idris. Ketika ituz Sultan Idris berjanji ingin membuat sebuah masjid yang cantik jika ia sembuh dari penyakitnya. Setelah sembuh, ia menepati janjinya itu dengan membangun Masjid Ubudiah.

7. Masjid Wazir Khan

Pakistan juga memiliki masjid yang masuk dalam jajaran masjid terindah di dunia. Masjid tersebut bernama Masjid Wazir Khan, terletak di kota Lahore. Masjid Wazir Khan sudah ada sejak abad ke 17. Masjid ini juga menjadi landmark dari kota Lahore.

Hiasan yang ada di masjid ini sangat cantik. Ditambah lagi dengan adanya lukisan dan ubin fresco.  Di dalam Masjid Wazir Khan ini juga bisa terlihat jantung dari kota Lahore.

8. Masjid Nasir Al-Mulk

Masjid indah selanjutnya adalah Masjid Nasir Al-Mulk. Masjid ini terletak di Iran. Masjid Nasir Al-Mulk ini adalah masjid tertua tetapi sangat indah. Gaya yang diusung oleh masjid ini adalah bergaya Arab. Langit-langit masjid berbentuk melengkung.

Masjid ini dikenal dengan Masjid Merah Muda. Hal tersebut karena warna dari ubin atau lantainya berwarna merah muda.

Selain ubinnya, masjid ini juga terlihat menawan karena kaca patri yang ada di hampir setiap jendala. Kaca-kaca itu akan memantulkan warna,-warna cantik dari bantuan sinar matahari yang masuk.

9. Masjid Agung Sheikh Zayed

Masjid terindah selanjutnya terletak di kota yang memiliki kehidupan serba mewah. Masjid tersebut adalah Masjid Agung Sheikh Zayed, di Abu Dhabi. Masjid ini adalah masjid yang sangat megah. Terdapat 82 kubah di masjid ini. Kubah-kubah tersebut terbuat dari marmer putih dengan bertahtakan permata semi mulia.

Selain itu, di bagian dalam masjid ini juga terdapat lampung gantung. Berjumlah 7 dan terbuat dari sebuah kristal Swarovski. Lampu gantung tersebut juga dilapisi dengan emas sebesar 24 karat.

Pada bagian aula salat utama, ada karpet besar dan lembut di dalamnya. Dinding dan langit-langit masjid ini juga memiliki pola. Pola tersebut berbentuk bunga yang cukup rumit. Pola-pola tersebut adalah hasil karya Kevin Dean, seorang ilustrator asal Inggris.

10. Masjid Agung Xi’an

Negeri Tiongkok juga memiliki masjid yang sangat indah. Masjid tersebut adalah Masjid Agung Xi’an. Masjid ini memiliki perpaduan arsitektur gaya. Perpaduan tersebut adalah antara gaya tradisional Tiongkok dengan gaya Islam. Hal itulah yang membuat masjid ini terlihat begitu khas dan sangat unik.

Masjid Agung Xi’an adalah masjid terbesar yang ada di Tiongkok. Masjid ini terinspirasi dari gaya arsitektur khas Persia dan Timur Tengah. Akan tetapi, bentuk dari masjid ini tetap mempertahankan gaya infrastruktur lama. Yaitu seperti selama masa Dinasti Ming dan Qing.

11. Masjid Nabawi

Masjid terindah lainnya juga jatuh kepada Masjid Nabawi. Selain masuk ke dalam masjid terbesar, masjid ini juga merupakan masjid terindah. Masjid ini juga memiliki cerita yang panjang, seperti menjadi tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW. Masjid ini terletak di kota Madinah.

Di Masjid Nabawi ini, terdapat ratusan payung hidrolik besar untuk digunakan sebagai atap. Payung-payung yang ditempatkan pada area pelataran tersebut juga berbentuk sangat cantik.

Payung-payung itu adalah buatan Jerman. Payung tersebut akan ditutup ketika musim dingin. Sebaliknya, akan dibuka ketika cuaca sedang panas.

Payung tersebut adalah salah satu dari bagian lainnya dalam Masjid Nabawi yang membuatnya terlihat sangat cantik. Para pengunjung juga sering foto di tempat ini.

Islam Cinta,Keindahan,Pencerahan& Kemanusiaan
Islam Cinta,Keindahan,Pencerahan& Kemanusiaan

tombol beli buku

Esai-esai Kiai Husein dalam buku ini penuh dengan cinta: tidak menohok serangan tajam, tetapi mengingatkan dengan refleksi yang berbobot. Kiai Husein juga menghadirkan renungan- tak hanya umat Muslim, tetapi juga lintas agama tentang makna Islam yang ia pahami sebagai agama cinta, agama yang memberikan pencerahan, bukan dengan kemarahan.

12. Masjid Imam Reza

Iran juga memiliki masjid yang sangat indah. Masjid tersebut adalah Masjid Imam Reza. Masjid yang dibangun pada abad ke-8 ini memiliki luas 598 meter persegi. Pengunjung atau jemaah yang dapat ditampung di masjid ini sampai sekitar 700 ribu orang.

banner-promo-gramedia

Masjid Imam Reza memiliki kubah megah berwarna emas dan tosca. Masjid ini juga tidak hanya digunakan untuk tempat ibadah saja. Di dalam komplek masjid ini terdapat museum, taman, makam, tempat seminar, perpustakaan dan Universitas Islam Razavi Ilmu.

13. Masjid Istiqlal

Masjid terindah selanjutnya terletak di Indonesia, tepatnya di ibu kotanya yaitu DKI Jakarta. Masjid ini adalah masjid yang dirancang oleh orang beragama Kristen, yaitu Frederich Silaban. Selain itu, di depan masjid besar ini juga terdapat gereja yang tidak kalah indahnya.

Masjid yang mampu menampung sampai 200 ribu pengunjung atau jemaah ini masuk ke dalam masjid terindah di dunia. Tidak hanya sebagai tempat ibadah. Masjid ini juga kerap dijadikan destinasi wisata oleh masyarakat.

14. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masih si daerah Asia Tenggara, masjid indah selanjutnya terletak di Brunei Darussalam. Masjid tersebut adalah Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin. Berlokasi di ibu kota Brunei yaitu Bandar Seri Begawan. Masjid ini adalah objek wisata utama di negara Brunei dan dinobatkan sebagai situs yang bersejarah di Brunei.

Nama masjid ini diambil dari sosok yang meminta untuk membangunnya. Saat itu ia adalah pemimpin Brunei yang ke 28. Pembangunan masjid ini berakhir pada tahun 1958.

Masjid ini dibangun diatas laguna buatan yaitu di tepi sungai Brunei. Tepatnya di Kampung Ayer. Kampung ini sangat terkenal dengan sebutan desa di dalam air milik Brunei.

Bangunan pada masjid ini adalah sebuah menara yang terbuat dari marmer dan kubah emas murni. Terdapat halaman besar yang memiliki air mancur. Di sekitar masjid terdapat taman bunga dan pepohonan. Pengunjung yang ingin naik ke menara dapat masuk melalui lift. Di puncak menara akan terlihat keindahan kota.

Bagian dalam masjid digunakan khusus untuk salat. Terbuat dari jendela kaca patri, semu kubah, lengkungan juga kolom marmer. Masjid ini terlihat hampir dari seluruh kota Bandar Seri Begawan.

15. Masjid Kubah Emas

Masjid ini terletak di Yerusalem. Masjid dengan detail menakjubkan ini memiliki ubin mosaik pirus yang sangat menawan. Selain itu, terdapat kubah raksasa dengan lapisan emas. Selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, masjid ini juga dianggap masjid yang suci.

Masjid ini berada di tempat yang tinggi. Kubah emas yang ada pada masjid ini terlihat berkilauan sari jaih. Masjid Kubah Emas ini adalah sebuah simbol dari wilayah Al Quds dan Palestina.

Komik Muslim Cilik: Cintai Masjid
Komik Muslim Cilik: Cintai Masjid

tombol beli buku

Komik ini ditujukan untuk menggugah kesadaran anak-anak agar mau pergi ke masjid, menjaganya, serta mengajak anak untuk memakmurkan masjid. Melengkapi penggalan hadis, komik dengan cerita sederhana ini yang sarat pengetahuan dan mudah diaplikasikan. Komik ini tidak menggurui, namun dengan ramah mengajak para pembaca cilik untuk menjaga dan mencintai masjid sesuai sunnah Rasul.

16. Masjid Putra

Selain Masjid Ubudiah, Malaysia memiliki masjid indah lainnya. Masjid tersebut bernama Masjid Putra. Masjid megah ini terletak di daerah Putrajaya, Malaysia. Nama Putra diambil dari nama perdana menteri pertama di Malaysia, yaitu

Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj. Masjid cantik yang terlihat seperti terapung di danau ini dibangun mulai dari tahun 1997. Proses pengerjaannya memakan waktu dua tahun. Masjid ini terletak berhadapan dengan danau Putrajaya.

banner-promo-gramedia

Bangunan masjid ini didominasi warna merah muda. Masjid ini juga menggabungkan arsitektur berdaya tradisional dan modern. Mengambil seni arsitektur Persia pada zaman kerajaan Safawi. Selain itu ada juga beberapa elemen yang berasal dari budaya Islam.

17. Masjid Biru Mazar-i-Sharif

Masjid indah berikutnya datang dari Afganistan. Masjid tersebut bernama Masjid Biru Mazar-i-Sharif. Sesuai namanya, masjid ini terletak di kota Mazar-i-Sharif. Masjid ini adalah masjid yang dibangun saat masa penguasa Dinasti Seljuk, Sultan Ahmad Sangar. Masjid yang terletak di jantung kota ini sudah berkali-kali mengalami kerusakan dan mengalami renovasi.

Banyak sejarah yang tersimpan dari masjid ini. Pada tahun 1220 Masehi, masjid ini diruntuhkan oleh Genghis Khan. Hal itu karena terjadinya pertempuran di sekitar area. Kemudian pada abad ke 15, Sultan Husayn Mirza Bayqara yang merupakan seorang raja Timurid lalu merenovasi masjid ini kembali. Arsitektur yang diusung setelah direnovasi berdominasi warna biru.

18. Masjid Nur Astana

Masjid indah selanjutnya berada di Ibu kota Kazakhstan, Astana. Masjid tersebut memiliki nam sesuai dengan daerahnya yaitu Masjid Nur Astana. Masjid ini adalah masjid terbesar di Kazakhstan dan terbesar kedua di daerah Asia Tengah. Luas masjid ini sekitar 4000 meter persegi. Masjid ini mampu menampung pengunjung atau jemaah sekitar 5000 orang sampai area pelatarannya.

Masjid ini dibangun pada tanggal 22 Maret 2005. Peresmiannya dilakukan pada tahun 2008. Pengelolaan masjid ini dilakukan oleh Spiritual Association of Muslims of Kazakhstan.

Kubah yang ada pada masjid ini dilapisi dengan emas. Pembangunannya juga dari beton dan batu granit. Terdapat empat menara setinggi 63 meter di masjid ini. Kubah utama masjid ini ditopang dengan pilar-pilar berukuran besar. Sebanyak delapan pilar dengan ukiran kaligrafi Al Quran yang sangat indah.

19. Masjid Siddiqah Fatimah Az-Zahra (As)

Kuwait adalah salah satu negara yang juga memiliki masjid indah. Masjid ini terletak di kota Kuwait, tepatnya dekat dengan Bandara Internasional Kuwait. Masjid tersebut bernama Masjid Siddiqah Fatimah Az-Zahra (As). Pembangunan masjid ini dimulai dan tahun 2008. Pembangunan selesai pada tahun 2011.

Masjid ini memiliki luas total sebesar 3200 meter persegi. Kapasitas pengunjung atau jamaah untuk laki-laki sebanyak 3500 orang. Sedangkan untuk perempuan sebanyak 500 orang. Letak antara jamaah laki-laki dan perempuan juga terpisah. Untuk area parkir, masjid indah ini dapat menampung sekitar 1000 mobil pengunjung.

Baca juga artikel terkait :

Itulah beberapa masjid-masjid terindah di dunia. Masjid adalah salah satu tempat yang suci bagi umat Islam. Maka dari itu masjid biasanya dibangunin dengan bahan-bahan khusus supaya lebih kokoh.

Temukan informasi menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi-rekomendasi terbaik untuk para Grameds.

Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid
Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid

tombol beli buku

Buku Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid ini mengupas fungsi masjid yang menjadi sentra aktivitas perjuangan Islam zaman Nabi Saw. Sebagai seorang pemimpin spiritual dan pemerintahan. Nabi Saw. menggunakan masjid sebagai kantor pemerintahan pusat peradaban Islam. Segala hal tentang keumatan, didiskusikan dan diputuskan di masjid.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih