in

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia – Salah satu bentuk geografi yang ada di bumi adalah sungai. Sungai adalah aliran yang besar dan buatan alam. Di dunia ini, ada banyak sekali sungai. Salah satunya adalah sungai terpanjang.

Sungai terpanjang adalah salah satu jenis sungai yang ada di dunia. Sungai terpanjang biasanya bisa sampai melintasi berbagai negara.

Artikel ini akan membahas mengenai 10 sungai terpanjang yang ada di dunia.

1. Sungai Nil

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia. Sungai yang mencapai panjang sekitar 6.650 km ini terletak di Mesir. Selain sebagai sungai terpanjang, Sungai Nil umumnya dianggap sebagai sungai paling lama di dunia. Secara tradisional, sumber dari sungai tersebut sudah dikaitkan dengan Danau Victoria.

Aliran Sungai Nil yang sangat panjang membuatnya melewati berbagai negara. Negara yang dilewatinya adalah Ethiopia, Mesir, Tanzania, Uganda, Eritrea, Republik Demokratik Kongo, Rwanda, Sudan, Sudan selatan dan Burundi.

Niles putih dan biru adalah dua anak sungai Nil yang alirannya menuju Laut Mediterania.

Meskipun mayoritas orang percaya bahwa sungai Nil pemegang rekor sungai terpanjang, hal berbeda terjadi pada sekelompok orang. Ada kelompok-kelompok tertentu yang menganggap bahwa sungai terpanjang di dunia bukan Sungai Nil. Melainkan Sungai Amazon.

Akan tetapi, ada hal penting di balik itu. Sungai-sungai yang luas dan panjang tersebut memiliki sumber yang besar. Sumber-sumber tersebut berguna untuk berbagai anak sungai besar dan kecil. Sumber-sumber inilah yang digunakan untuk menentukan mana sungai terpanjang di dunia. Sehingga untuk melakukannya, perlu waktu yang lama dan sangat sulit.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon juga masuk daftar 10 sungai terpanjang di dunia. Masih dalam perlombaan dengan Sungai Nil, untuk menentukan mana sungai terpanjang. Sungai Amazon merupakan jalur air yang paling utama di dunia. Sungai Amazon memiliki panjang sekitar 6.400 km. Namun, ada beberapa yang membuktikan bahwa sungai ini mencapai panjang sekitar 6.900 km.

Sungai Amazon menjadi sungai terbesar di dunia dalam hak volume pembuangan airnya. Aliran air tersebut mengalir melalui Brazil. Akibat penentuan gelar sungai terpanjang, munculah perselisihan. Perselisihan itu muncul sebagai akibat dari penentuan asal geografis dari Amazon. Sebuah penelitian tahun 2014 membuktikan bahwa Amazon bisa ditelusuri kembali ke daerah Cordillera Rumi Cruz.

3. Sungai Yangtze

Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang di dunia urutan ketiga. Sungai yang terletak di negeri Tiongkok ini memiliki panjang sekitar 6.300 km. Sungai Yangtze ini adalah jalur air yang utama di Tiongkok.

Sungai ini mengalir penuh di dalam satu negara. Sungai Yangtze merupakan sungai terpanjang di kawasan Asia. Selain itu, The Yangtze River Basin merupakan rumah bagi sepertiga dari populasi di Tiongkok.

Pihak yang berwenang di negara tersebut, secara tradisional mengklaim suatu hal. Hal tersebut adalah bahwa sumber sungainya merupakan anak sungai yang bernama Tuo Tuo. Sumber tersebut mengalir dari pegunungan di Tanggula di Xinjiang.

Akan tetapi, ada sebuah penemuan baru. Beberapa tahun terakhir, ditemukan bahwa sumber Sungai Yangtze tidak terletak di Tuo Tuo. Melainkan berlokasi di Jari Hill. Lokasi adalah lokasi hulu dari Dam Qu Tributary. Anak-anak sungai tersebut bergabung bersama. Sehingga membentuk Sungai Yangtze. Sungai perkasa di Tiongkok ini bermuara ke Laut Cina Timur di daerah Shanghai. Sungai terpanjang ketiga ini mengalir ke Samudra Pasifik.

banner-promo-gramedia

4. Sungai Mississippi

Sungai terpanjang selanjutnya adalah Sungai Mississippi. Sungai Mississippi terletak di Amerika Serikat, panjangnya sekitar 6.275 km. Sungai ini mencakup Rivers Mississippi, Missouri dan Jefferson.

Sungai Mississippi bermula di Minnesota Utara. Danau Itasca dipercaya adalah sumber sungai tersebut. Alirannya mengalir ke arah Teluk Meksiko. Jika beranggapan bahwa Sungai Jefferson adalah sumber terjauh Sungai Mississippi, maka akan mendapatkan sistem Sungai Mississippi-Missouri-Jefferson untuk hasilnya.

Sungai Mississippi mengalir 10 negara di AS. Seperti Mississippi, Missouri, Kentucky, Louisiana, Arkansas, Iowa, Tennessee, Illinois, Lowa, Wisconsin dan Minnesota.

Selain salah satu sungai terpanjang di dunia, sungai ini juga merupakan salah satu sistem sungai besar yang ada di dunia. Kebesarannya diukur melalui ukuran, keragaman habitat dan aktivitas biologi. Sebanyak 36p spesies ikan berumah di sungai ini. Selain itu, sungai ini juga dihuni oleh 326 spesies burung,145 spesies amfibi dan 50 spesies mamalia di dalam setiap bank-banknya.

5. Sungai Yenisei – Angara – Selenga

Sungai ini adalah sungai terpanjang di dunia urutan kelima. Panjangnya mencapai 5.539 km. Selain masuk ke dalam sungai terpanjang, Sungai Yenisei-Angara-Selenga ini adalah yang terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik. Sumber hulu sungai ini adalah Sungai Sellenge.

Sungai Sellenge mempunyai panjang total sekitar 992 km, sungai ini bermuara ke arah Danau Baikal. Sungai Anggara bermula dari Oblast Irkutsk Rusia, sebelum akhirnya bergabung dengan sungai Yenisei di dekat Strelka. Setelah perjalanan yang panjang, sungai Yenisei pada akhirnya mengalir ke Samudra Arktik.

6. Sungai Huang He

Sungai terpanjang di dunia jatuh kepada Sungai Huang He. Sungai ini memiliki panjang sekitar 5.464 km. Sungai ini dinamai dengan nama sungai Kuning. Hal itu lantaran warnanya yang kuning.

Warna kuning tersebut berasal dari sejumlah besar sedimen longgar yang ada di dalam air sungai. Dalam bahasa Cina, Sungai Huang He memiliki arti “Sungai Kuning”.

Secara luas, bagiannya dianggap sebagai tempat kelahiran dari peradaban Tiongkok Kuno. Hal itu menjadi penting untuk negara. Bain secara simbolis, atau secara praktis.

National Geographic Kids: Atlas Dunia Edisi Keempat
National Geographic Kids: Atlas Dunia Edisi Keempat

tombol beli buku

Buku National Geographic Kids Atlas Dunia Edisi 4 ini dapat dipakai oleh pelajar semua jenjang pendidikan, dari tingkat SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi karena mencakup pengetahuan tentang peta dan pemetaan serta seluruh kawasan dan negara di dunia. Buku ini sangat menunjang pembelajaran mata pelajaran IPS, Geografi, dan Sejarah.

7. Sungai Ob-Irtysh

Sungai Ob-Irtysh memiliki panjang sekitar 5.410 km. Sungai terpanjang ketujuh ini juga dikenal sebagai OB River. Sungai inu merupakan salah satu dari 3 sungai yang hebat di Siberia.

Kedua sungai lainnya adalah Yenisei dan Lena. Sungai ini beradal dari pegunungan Atlas. Kemudianbakan mengalir ke tempatnya berakhir, yaitu Samudra Arktik.

8. Sungai Parana

Pada urutan ke delapan, sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Parana. Sungai Parana memiliki panjang sekitar 4.880 km. Sungai ini mengalir dari Amerika Selatan. Sungai Parana adalah sungai terbesar nomor dua di benua. Hal itu karena volume sungai ini sangat besar.

Saat ini, kondisi Sungai Parana mengalami penurunan. Penurunan yang dimaksud adalah berkurangnya jumlah air. Hal ini tentu memiliki akibat yang serius, mengingat bahwa Sungai Parana adalah salah satu sungai terpanjang di dunia. Pengaruh akibat airnya yang menurun berdampak pada pemvangkit listrij, pelayarab pedagang, pariwisata, perikanan, irigasi setta penyediaan air minum.

Akibat dari turunnya air di Sungai Parana, permukaannya juga menjadi rendah. Ini juga membuat sungai tidak dapat digunakan. Pada bulan Mei 2021, Brasil membuka bendungan. Hal itu ditujukan supaya perahu dapat melintas. Namun, akibat banyaknya gundukan tanah, tidak berjalan dengan lancar.

9. Sungai Kongo

Sungai Kongo adalah sungai terpanjang ke sembilan di dunia, memiliki panjang sekitar 4.700 km. Sungai ini awalnya dikenal dengan nama Sungai Zaire. Sungai ini mengalir dalam melengkung. Alirannya melintasi benua Afrika.

Hal istimewa dari Sungai Kongo adalah sungai ini menjadi satu-satunya sungai di dunia yang melintasi jalur khatulistiwa, sebanyak dua kali. Beberapa bagian dari Sungai Kongi juga disebut sebagai yang terdalam. Ada beberapa bagian yang kedalamannya mencapai lebih dari 700 kaki.

Seorang kurator di  Departemen Ichthyology di American Museum of Natural History di New York City, menemukan sebuah fakta mengejutkan. Pasalnya, para ilmuwan sudah menemukan sungai yang paling dalam di dunia.

Sungai tersebut adalah Sungai Kongo. Hal itu berawal dari adanya temuan misteri ikan-ikan yang mati di dalam sungai Kongo. Sudah lebih dari satu dekade yang lalu, para ilmuwan menemukan ikan-ikan yang mati di sungai ini. Semua ikan tersebut dalam kondisi pucat dan buta.

banner-promo-gramedia

Rupanya penyebab dari kematian ikan tersebut adalah adanya sindrom dekompresi atau tikungan. Kondisi ini membuat sebuah gelembung udara di dalam darah dan jaringan tubuh ikan. Selain itu, ditemukan lebih dari 300 spesies ikan yang ditemukan pada Sungai Kongo bagian terbawah.

10. Sungai Amur

Di urutan sepuluh, Sungai Amur menjadi sungai terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 4.444 km. Sungai ini dikenal dengan nama Heilong Jiang.

Alirannya berada pada sepanjang perbatasan antara Cina Timur Laut dengan Rusia.

Ada beberapa orang yang meyakini, bahwa kata Amur adalah kata yang berasal dari istilah untuk “air”. Frasq Cinq Heilong Jiang diterjemahkan menjadi “Sungai Naga Hitam” dalam bahasa Inggris.

Sungai Amur memiliki sebuah makna khusus. Sungai ini adalah simbol dam paktor geopolitik penting. Menandakan hubungan antara bangsa Tiongkok dengan Rusia. Pada peroode perpecahan Sino-Soviet tahun 1960-an, sungai ini menjadi sangat penting.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Itulah 10 sungai terpanjang di dunia. Selain kategori sungai terpanjang, banyak kategori lain seperti sungai terlebar, sungai terdalam, dan lain-lain. Semua hal dapat terjadi di dunia ini. Maka dari itu, temukan hal-hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi artikel menarik serta buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Ensiklopedia Geografi Dengan Atlas Dunia Lengkap - Edisi Revisi
Ensiklopedia Geografi Dengan Atlas Dunia Lengkap – Edisi Revisi

tombol beli buku

Buku terbaru ini mengenalkan kalian pada bidang geografi, mulai dari batuan dan pembentukannya ; sistem tata surya; cuaca dan iklim; samudra; hingga kependudukan manusia, populasi terkini, macam-macam ekosistem dan keprihatinan lingkungan. Selain itu, akan ditampilkan Foto yang memesona dari alam, Diagram yang detail mengenai proses geografi dan geologi, Catatan tentang penduduk dan anak tiap benua.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

banner-promo-gramedia

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih