in

Daftar Taman Kota Dalam dan Luar Negeri yang Begitu Populer Bagi Para Traveler

Sumber: id.pinterest.com

Taman Kota – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali ruang terbuka. Bahkan, di setiap kota yang ada di Indonesia memiliki taman kota. Tentunya kalian juga tak asing dengan taman kota yang ada di daerah sendiri.

Namun, tahukah kalian ada beberapa taman kota yang begitu populer di setiap daerah Indonesia lho. Bahkan, saking populernya beberapa taman kota ini begitu dikenal hingga orang di luar daerah tersebut.

Bukan hanya di Indonesia saja, taman kota juga terdapat di luar negeri. Jika kamu ingin pergi ke taman kota luar negeri, maka bisa simak artikel ini sebagai referensinya, Grameds.

Rekomendasi Taman Kota Dalam dan Luar Negeri

Nah bagi kalian yang ingin tahu apa saja daftar taman kota terpopuler di Indonesia? Berikut adalah daftar taman kota yang bisa kalian kunjungi.

1. Taman Bungkul, Kota Surabaya

taman kota
Sumber: id.wikipedia.org

Taman Bungkul yang berada di Kota Surabaya berhasil mendapatkan gelar sebagai “The 2013 Asian Townscape Sector Award” atau sebagai salah satu taman terbaik se-Asia dari PBB. Ketika berkunjung ke Taman Bungkul kalian akan disuguhkan banyak bunga, pepohonan yang rindang, saranan oleharaga hingga berbagai macam fasilitas penunjang rekreasi lainnya.

Lokasi tepat dari Taman Bungkul adalah di Jalan Raya Darmo Kota Surabaya dan sampai saat ini masih tetap terawat dengan baik. Dimana untuk bukti nyatanya, kalian bisa melihat sendiri bagaimana keindahan yang ditawarkan oleh Taman Bungkul.

Tampak tak ada satupun sampah yang ada di area kota ini seakan-akan bukan seperti taman pada umumnya. Menariknya pada area Taman Bungkul juga sudah tersedia fasilitas layanan internet gratis. Tentunya kalian tak hanya bisa sekedar rekreasi saja, namun kalian tetap bisa mendapatkan informasi secara mudah karena adanya layanan internet tersebut.

2. Taman Kota Batu, Batu

taman kota
Sumber: malangtimes.com

Bisa dibilang jika alun-alun Kota Batu menawarkan konsep yang begitu unik dan bisa jadi menjadi satu-satunya alun-alun di Indonesia yang memiliki bianglala. Tak hanya itu, Taman Kota Batu juga menawarkan berbagai macam fasilitas seperti ruang informasi yang berbentuk seperti buah stroberi serta toilet dengan bentuk buah apel.

Tak hanya itu saja, pasalnya Taman Kota Batu juga sudah dilengkapi dengan fasilitas playground khusus untuk anak-anak. Adanya Taman Kota Batu bisa jadi solusi bagi kalian yang ingin mendapatkan fasilitas rekreasi gratis yang begitu menyenangkan di Kota Batu Malang.

https://www.gramedia.com/products/12-wisata-pusaka-budaya-nusantara-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/12-wisata-pusaka-budaya-nusantara-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Taman Juanda, Bandung

taman kota
Sumber: id.wikipedia.org

Taman Juanda atau yang memiliki nama resmi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan sebuah taman yang juga kawasan konservasi terbaru antara alam sekunder dengan hutan taman. Dimana untuk mengunjungi Taman Juanda, kalian bisa menjuku ke Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung.

Taman Juanda sendiri memiliki kawasan yang terbilang cukup luas yaitu hampir 600 hektar. Sama seperti taman pada umumnya yang memiliki berbagai macam jenis tanaman dan tumbuhan. Namun khusus Taman Juanda yang memiliki luas area yang cukup besar memiliki jumlah tanaman dan tumbuhan yang terlihat cukup banyak yaitu sekitar 2.500 jenis.

Mayoritas pohon yang tumbuh di Taman Juanda adalah pohon pinus. Lebatnya tanaman yang ada di area taman tersebut mampu menyuguhkan udara yang begitu sejuk. Bahkan para pengunjung juga bisa melihat aneka fauna luar seperti burung jalak, musang dan tupai yang ada di dalam kawasan Taman Juanda.

4. Taman Bukit Bougenville

taman kota
Sumber: infopromodiskon.com

Taman Bukit Bougenville digadang-gadang sebagai salah satu taman dengan bentuk terindah di Indonesia. Dimana tanaman ini mampu menjadikan para pengunjung untuk bisa menikmati keindahan keanekaragaman bunga bougenville.

Seperti namanya, Taman Bukit Bougenville memiliki mayoritas tumbuhan adalah taman bougenville. Kawasan Taman Bukit Bougenville sendiri berada di Jl. Pertanian, Sijangkung, Kec. Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Ketika kalian berkunjung ke Taman Bukit Bougenville, maka udara sejuk akan bisa dirasakan dengan begitu mudah lho. Hal inilah yang menjadikan taman ini selalu ramai dikunjungi para pengunjung.

5. Taman Kota Pecangakan

taman kota
Sumber: kintamani.id

Berikutnya ada Taman Kota Pecangakan yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Negara, Jembrana, Bali. Tentunya, kita juga tahu jika Bali adalah salah satu daerah yang selalu bisa menyulap suatu tempat menjadi begitu eksotis.

Hal ini juga berlaku untuk Taman Kota Pecangakan yang kabarnya juga menjadi salah satu taman terindah di Indonesia. Berbeda dengan taman kota pada umumnya, dimana Taman Kota Pecangakan memiliki sebuah kolam air mancur yang ada beberapa tokoh Mahabharata di sekitar tamannya.

6. Taman Kota Giri Menang

taman kota
Sumber: lombobaratkab.go.id

Taman Kota Giri Menang adalah salatu taman kota yang mampu memberikan kecantikan tak ada duanya. Taman Kota Giri Menang terletak di Kecamatan Gerung, Lombok Barat ini memiliki luas lahan sekitar 1,5 hektar.

Selain itu Taman Kota Giri Menang tak hanya sebagai taman kota saja, namun keberadaan taman ini juga menjadi landmark kembanggan di Lombok Barat. Setiap tanaman yang ada di dalam taman ini memang bisa menampilkan sisi cantiknya.

Namun ketika kalian mengunjungi Taman Kota Giri Menang pada waktu malam hari. Maka kecantikan setiap tanaman yang dipadupadankan dengan kelap-kelip lampu warna-warni akan bisa kalian saksikan. Lalu kalian juga akan disuguhkan monumen Tugu Giri Menang yang berdiri kokoh dan anggun di area Taman Kota Giri Menang.

https://www.gramedia.com/products/jelajah-wisata-nusantara?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/jelajah-wisata-nusantara?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

7. Taman Alam Lumbini

taman kota
Sumber: kompasiana.com

Taman Alam Lumbini terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo juga termasuk ke dalam jajaran taman kota terindah di Indonesia. Taman Alam Lumbini tak hanya terkenal bagi wisatawan lokal saja. Namun keberadaan taman ini juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit pada pelancong mancanegara.

Taman Alam Lumbini menawarkan sebuah pagoda yang begitu cantik serta aneka bunga yang tertata begitu rapi. Pada bagian belakang Taman Alam Lumbini terdapat jembatan Titi Lumbini, yang mana para pengunjung bisa melihat indahnya panorama yang disuguhkan oleh Taman Alam Lumbini melalui jembatan tersebut.

Keberadaan Taman Alam Lumbini menjadikan bukti jika Indonesia memiliki taman kota yang begitu eksotis tak kalah indahnya dengan taman kota yang berada di luar negeri.

8. Taman Dukuh Atas

taman kota
Sumber: kompasiana.com

Berikutnya, ada Taman Dukuh Atas yang menjadi salah satu ruang terbuka baru di Jakarta. Lokasi dari Taman Dukuh Atas dekat dengan pintu masuk dan keluar Stasiun Kereta Sudirman yang juga berada di area perkantoran seperti Landmark Centre, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Selain itu letak dari taman ini juga berdekatan dengan Halte Transjakarta Dukuh Atas 1 dan 2. Ketika kalian berkunjung ke Taman Dukuh Atas, maka kalian akan bisa menikmati berbagai macam fasilitas umum yang disediakan seperti area bermain skateboard.

Meski pohon yang ada di Taman Dukuh Atas belum begitu tinggi. Namun, keberadaan dari Taman Dukuh Atas tak jarang digunakan sebagai lokasi even kecil dan tempat untuk melihat kemegahan arsitektur gedung tinggi di Jakarta.

9. Taman Kota BSD

taman kota
Sumber: megapolitan.kompas.com

Taman Kota BSD adalah salah satu taman yang begitu populer di Tangerang. Dimana taman yang sudah diresmikan sejak tahun 2006 lalu ini mampu menawarkan lahan terbuka hijau yang asri. Tak heran jika Taman Kota BSD selalu ramai dikunjungi warga sekitar hanya untuk sekedar berolahraga atau hanya untuk menghirup udara segar.

Selain itu Taman Kota BSD juga identic dengan jembatan yang kerap dijadikan latar belakang foto. Jika ingin mengunjungi Taman Kota BSD¸kalian bisa memilih untuk memilih Taman Kota 1 atau Taman Kota 2, yang mana kedua tanaman tersebut sama-sama memberikan suasana yang begitu asri di tengah kepadatan kota.

Rekomendasi Taman Kota di Luar Negeri

Setelah membahas taman kota di luar negeri, maka pembahasan selanjutnya adalah rekomendasi taman kota di luar negeri yang bisa kamu kunjungi ketika pergi ke negara tersebut.

1. Bukhansan National Park, Korea Selatan

taman kota
Sumber: id.wikipedia.org

Setelah tahu beberapa rekomendasi taman kota di Indonesia. Berikutnya kita akan membahas bersama tentang beberapa taman di luar negeri. Salah satunya adalah Bukhansan National Park yang berada di dekat Ibu Kota Korea Selatan.

Bukhansan National Park adalah salah satu taman yang begitu populer bagi para wisatawan lho. Taman ini berlokasi di 262 Bukmun-ro, Jeongneung 3 (sam)-dong, Seongbuk-gu, Seoul.

Selain itu, Bukhansan National Park juga menyediakan rute pendakian yang begitu indah serta memiliki beberapa kuil yang bisa dikunjungi di sepanjang jalannya. Bahkan, beberapa kuil tersebut juga menawarkan program temple stay yang bisa membuat para pengunjung untuk menghabiskan waktu sementara dengan tinggal bersama dengan para biksu untuk melihat dan merasakan bagaimana kesederhanaan gaya hidup Buddhis.

https://www.gramedia.com/products/panduan-wisata-korea-seoul-nami-island-dan-jinhae?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/panduan-wisata-korea-seoul-nami-island-dan-jinhae?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

2. Taman Butchart, Kanada

taman kota
Sumber: diadona.id

Berikutnya, ada Taman Butchart yang berada di Kolombia, Kanada yang juga begitu populer di kalangan para traveler. Taman Butchart sendiri memiliki luas area sekitar 50 hektar. Menariknya, ketika mengunjungi Taman Butchart, kalian bisa menikmati enam taman sekaligus.

Mulai dari Taman Sunken, Concert Lawn Walk, kebun mawar, taman Jepang, Taman Italia hingga Taman Mediterania. Beberapa acara menarik juga kerap dilangsungkan di Taman Butchart. Namun ada juga peraturan bagi para pengunjung untuk tidak menggunakan tongkat selfie. Hal ini dilakukan guna mendukung tingkat kenyamanan bagi sesama pengunjung lainnya yang berada di Taman Butchart.

3. Ladang Bunga Lavender, Prancis

taman kota
Sumber: travel.kompas.com

Ladang bunga lavender yang berada di Prancis juga bisa menunjukkan sisi eksotisnya. Dimana bagi para traveler keberadaan dari ladang bunga lavender terbilang cukup terkenal. Bahkan tak jarang banyak orang mengabadikan keindahan ladang bunga lavender di Prancis untuk diunggah pada akun sosial media mereka atau dijadikan sebagai wallpaper smartphone.

Ladang bunga lavender memiliki lokasi tepat di Prevence, bagian tenggara Perancis yang berbatasan langsung dengan Laut Tengah dan Italia. Sama seperti namanya, ladang bunga lavender mampu menampilkan warna, tekstur dan aroma bunga lavender yang begitu mengagumkan.

Menariknya kalian bisa menikmati keindahan ladang bunga lavender dengan menaiki mobil, sepeda atau hanya berjalan kaki saja. Sedangkan untuk spot yang cukup terkenal di area Ladang bunga lavender adalah lapangan di depan Biara Sanaque dekat Gordes.

4. Seoul Botanic Park, Korea Selatan

taman kota
Sumber: tazvita.com

Seoul Botanic Park merupakan fasilitas pertama di Seoul, Korea Selatan yang memiliki konsep gabungan kebun raya dan taman dalam satu ruangan. Seoul Botanic Park sendiri terletak di 161 Magokdong-ro, Gangseo-gu, Seoul, Korea Selatan.

Seoul Botanic Park merupakan sebuah ruang yang di dalamnya terdapat hutan, taman, danau dan rawa yang hidup secara berdampingan. Menariknya di taman ini juga tersedia tanaman dari 12 kota besar di seluruh dunia.

Selain itu Seoul Botanic Park juga berada di lokasi yang begitu strategis. Dari Bandara Gimpo hanya butuh waktu 10 menit untuk bisa mengunjungi lokasi Seoul Botanic Park. Sedangkan dari Bandara Incheon hanya butuh waktu sekitar 40 menit untuk bisa berada di area Seoul Botanic Park.

Tak hanya itu saja, pasalnya Seoul Botanic Park juga terhubung dengan fasilitas stasiun kereta bawah tanah yang kemungkinan para pengunjung untuk bisa secara mudah untuk menggunakan fasilitas tersebut.

https://www.gramedia.com/products/conf-wisata-hemat-korea?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-wisata-hemat-korea?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

5. Taman Bunga Matahari, Italia

taman kota
Sumber: guideku.com

Italia tak hanya terkenal dengan Colosseum, Menara Pisa, dan Venezia saja. Namun di desa Tuscany yang dikenal dengan bangunan kuno abad pertengahan juga memiliki taman bunga matahari yang begitu indah.

Tentang suguhan taman bunga matahari yang dipadupadankan dengan gaya arsitektur bangunan kuno tersebut akan memberikan latar belakang yang begitu megah. Kalian bisa mengunjungi taman bunga matahari pada bulan Juni dan Juni. Hal ini tak lain karena pada bulan-bulan tersebut cuaca sedang dalam kondisi begitu cerah.

6. Taman Keukenhof, Belanda

taman kota
Sumber: travel.kompas.com

Taman Keukenhof adalah salah satu taman yang berada di Kota Lisse negara Belanda. Dengan luas sekitar 32 hektar, Taman Keukenhof mampu menampung sekitar 800 veritas bunga tulip.

Perlu diketahui juga jika bunga tulis yang ada di Taman Keukenhof hanya bisa disaksikan pada musim tertentu saja. Untuk bisa menunjang kenyamanan para pengunjung, Taman Keukenhof menyediakan fasilitas kursi roda gratis, loker gratis serta layanan internet.

Sedangkan untuk harga tiket masuk ke dalam lokasi Taman Keukenhof adalah sekitar 250 ribu rupiah saja.

7. Olympic Park, Seoul

taman kota
Sumber: en.wikipedia.org

Olympic Park adalah salah satu taman luas yang berada di 424 Olympic-ro, Oryun-dong, Songpa-gu, Seoul atau terletak di sebelah timur Seoul dekat dengan Jamsil dan Menara Lotte. Taman ini akan semakin mudah dikunjungi jika dari Jamsil dan hanya memiliki satu pemberhentian jalur kereta bawah tanah merah muda di Halte Mongchontoseong,

Banyak orang menyebutkan jika keberadaan Olympic Park dan World Cup adalah dua ruang terbuka terbaik yang ada di area Seoul Korea Selatan. Dimana Olympic Park begitu bagus sebagai ruang terbuka dan untuk World Cup Stadium mampu memberikan tanaman hias yang begitu bervariasi.
Selain itu keberadaan Olympic Park merupakan rumah untuk Lone Tree yang kerap dijadikan spot foto menarik di Seoul.

8. Gyeongju National Park, Korea Selatan

taman kota
Sumber: id.m.wikipedia.org

Gyeongju National Park merupakan satu-satunya taman nasional yang begitu bersejarah di Korea Selatan. Bahkan, pada tahun 1968, keberadaan Gyeongju National Park ditetapkan sebagai taman nasional kedua. Gyeongju National Park dibagi menjadi delapan bagian di beberapa distrik yang didalamnya terdapat berbagai macam situs Warisan Dunia yang begitu terkenal di berbagai wilayah. Gyeongju merupakan buku sejarah hidup peninggalan Dinasti Silla yang masih terpelihara dengan baik selaras dengan pemandangan alam yang di suguhkan. Tahun 1979, UNESCO mendaftarkan Gyeongju National Park sebagai salah satu dari 10 situs bersejarah terpenting di seluruh dunia.

9. Ttukseom Hangang Park, Seoul

taman kota
Sumber: koreatodo.com

Ttukseom Hangang Park terletak di 139, Gangbyeonbuk-ro, Gwangjin-gu, Seoul atau dekat dengan stasiun kereta bawah tanah Ttukseom Resort yang berdekatan dengan Sungai Han. Meski Ttukseom Hangang Park tek begitu populer seperti taman yang ada di Seoul lainya.

Namun pemandangan yang disuguhkan oleh Ttukseom Hangang Park tentunya akan sepadan dengan perjalanan singkat yang kalian lakukan. Dimana dari stasiun bawah tanah, kalian bisa langsung masuk ke dalam area Ttukseom Hangang Park.

Selain itu kalian juga bisa melakukan banyak hal di Ttukseom Hangang Park. Mulai dari bersepeda, menikmati festival musik atau acara lain yang ada di area tersebut, menyantap kuliner yang tersedia di setiap outlet, berfoto dan lain sebagainya.

Penutup

Nah itulah beberapa taman kota dari dalam dan luar negeri yang begitu populer dan ramai pengunjung hingga saat ini.

Jika kamu ingin menambah wawasan melalui buku atau artikel, maka bisa membacanya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi