in

TOP 10 Lagu BTS Paling Populer Pilihan Army

10 Lagu BTS Terfavorit Berdasarkan Pilihan Army –  BTS sebagai boyband besar dan favorit dari Korea Selatan, tentunya memiliki basis fandom yang kuat dan loyal bukan karena tanpa alasan. Selain karena visual membernya yang memukau, alasan terkuat BTS begitu digemari karena lagu yang mereka miliki begitu bagus dan menarik untuk didengar. Selain menyenangkan bagi pendengar makna yang tersirat di dalam lagu juga menyimpan jutaan makna hebat di dalamnya.

Sebagai pelengkap dalam momen BTS FESTA 2020 lalu, agensi yang menaungi BTS Yaitu Big Hit Entertainment menyapa penggemar melalui official twitter akun BTS @bts_bighit. Pada momen tersebut mereka membuka2020 BTS Music Elections untuk Army di seluruh penjuru dunia. Army yang merupakan sebutan bagi fans BTS diberikan kesempatan untuk memilih lagu BTS mana yang menjadi favorit.

Ayo tebak lagu mana saja yang menjadi favorit? Lagu favorit pilihan Army ini diumumkan dalam siaran langsung yang tayang di V live dalam acara DJ Suga’s Honey FM 06.13. Pada saat itu BTS dengan bangga mengumumkan sebanyak 10 lagu BTS yang berhasil menang sebagai lagu terfavorit dari banyaknya lagu BTS yang juga bagus. Voting ini mendapatkan 145.520 suara dari Army yang berpartisipasi mengikuti2020 BTS Music Election. Penasaran? Ini dia 10 lagu BTS terfavorit yang dipilih oleh Army!

TOP 10 Lagu BTS Paling Populer

1. Spring Day

Dan pemenangnya yang menempati posisi pertama adalah Spring Day. Salah satu lagu yang sangat hits dan banyak dikenal banyak orang. Spring Day selalu berada di chart musik Korea Selatan, memperlihatkan bahwa lagu BTS Spring Day tak akan pernah bisa tergantikan.

Spring Day adalah masterpiece yang dimiliki BTS dan siapapun yang mendengarnya akan mencintai lagu ini, tentu saja Army juga mengakui itu, sehingga menempatkan Spring Day di posisi pertama.

Lagu Spring Day sendiri didasarkan pada cerita leader dari BTS yaitu Rap Monster ketika kehilangan sahabat terbaiknya. Lagu ini secara umum membahas tentang cinta dan kehilangan, sehingga pada akhirnya memunculkan kerinduan terhadap masa lalu dan kenangan indah.

Selain itu film karya Bong Joon Ho, sutradara hebat Korea Selatan yaitu Snowpiercer dan juga buku The Ones Who Walk Away From Omelas yang ditulis oleh penulis hebat Ursula K. Le Guin merupakan inspirasi juga untuk lagu ini.

Salah satu tragedi menyedihkan yang terjadi di Korea Selatan, yaitu tragedi Feri Sewol yang terjadi pada 16 April 2014, merupakan tragedi yang sangat memilukan. Kapal pesiar yang melakukan perjalanan dari Incheon ke Pulau Jeju ini terbalik, dan merenggut 250 nyawa siswa Sekolah Menengah Atas yang sedang tumbuh dan mengejar impian.

Memberikan luka yang mendalam peristiwa ini selalu berusaha menjadikan remaja yang hilang dalam tragedi tersebut untuk selalu dikenang dan salah satunya melalui pita kuning. Melalui Spring Day, BTS memberikan penghormatan terhadap mereka yang terenggut nyawanya, dengan munculnya pita kuning dalam musik video Spring Day. Selain itu, BTS melalui Spring Day memperlihatkan tumpukan pakaian dan sepatu yang hanyut di pantai.

2. We Are Bulletproof: The Eternal

Menuju list lagu terakhir, berikutnya ada lagu kesayangan para Amy, dengan menggunakan lagu ini, BTS mengisahkan tentang bagaimana karier mereka berjalan dari mulai di bawah hingga sampai di titik puncak kesuksesan mereka.

Perjalanan BTS untuk menjadi sukses adalah perjalanan panjang yang penuh liku dan perjuangan demi munculnya eksistensi dalam diri mereka. Kesulitan itu terjadi bukan hanya ketika BTS belum debut, namun bahkan setelah debut pun banyak cibiran dan ejekan yang mereka dengarkan. Namun karena keinginan kuat mereka semua bisa melawan itu.

dari lagu We Are Bulletproof: The Eternal Meeka, mengibaratkan menjadi seorang anak muda yang kebal terhadap peluru. Alasan mereka teguh dengan mengejar impian, karena mereka selalu berpikir positif bahwa kesuksesan pada akhirnya akan datang menghampiri atau menunggu bagi kita semua yang tak pernah lelah untuk berjuang.

Lagu ini ditutup dengan sebuah ungkapan yang bagus dan menyentuh hati, mereka berterima kasih terhadap fans terutama Army yang selalu semangat untuk mendukung dan percaya terhadap BTS.

3. Mikrokosmos

Masuk kedalam top 3 lagu paling favorit, di posisi ketiga ada lagu berjudul Mikrokosmos, liriknya Shine… Dream… Smile juga memiliki makna yang sangat mendalam. Dengan lagu ini, BTS mengucapkan syukur dan terimakasih kepada Army yang sudah menjadi penerang di setiap langkah yang harus diambil oleh BTS. Tidak berhenti disana BTS juga memberikan timbal balik dengan memberikan warna di kehidupan fans.

gramedia back to kampus

Mikrokosmos juga menjadi lagu yang indah yang secara jelas memberikan pesan bahwa setiap dari kamu, adalah berharga. Melalui Mikrokosmos, BTS mengibaratkan manusia dengan bintang.

Menurut BTS bukan hanya bintang biasa manusia adalah mikrokosmos (jagad kecil) yang ada di jagat raya. Bintang itu berlaku keberadaanya bagi 7 miliar manusia yang hidup di dunia. Melalui lagu ini dikatakan bahwa wajar jika manusia putus asa, dalam menjalani hidup tapi satu hal yang harus diingat bahwa setiap dari kita adalah bintang.

4. Magic Shop

Selanjutnya ada lagu yang paling pas dan cocok untuk didengarkan ketika merasa mental sedang down dan kesedihan. Yup, betul lagu itu adalah lagu Magic Shop! yang berada di urutan ke 4. Lagu dari musik pop ini memiliki gaya yang begitu positif, sehingga tidak heran jika terpilih menjadi lagu favorit.

Fakta uniknya lagu ini diciptakan oleh Jungkook member termuda BTS, melalui lagu ini Jungkook ingin membantu memberikan semangat terhadap setiap orang yang berjuang untuk sembuh dan mendapatkan kembali kesehatan mental mereka. Memberikan healing untuk pemulihan setiap orang yang sedang merasa harga dirinya rendah.

Lagu ini sendiri terinspirasi melalui buku bertajuk Into The Magic Shop, buku luar biasa yang membuat setiap pembaca merasakan bahwa setiap dari diri manusia adalah berharga dan layak untuk menerima cinta. Setelah layak mendapatkan cinta, tahap berikutnya setiap manusia berhak untuk menjadi individu yang lebih besar lagi, memang lagu ini penuh dengan motivasi bagi setiap pendengar dan penikmat musik.

5. Young Forever

Berikutnya menempati posisi TOP 5 ada lagu terfavorit dengan judul Young Forever. lagu Young Forever sendiri hadir dengan memberikan sisi emosional dimana menceritakan tentang perjalanan BTS, lebih tepatnya perjalanan karir mereka hingga sukses seperti sekarang.

Dengan mendengarkan lagu Young Forever pendengar akan terus merasakan semangat muda. BTS memberikan semangat muda untuk selamanya, demi menggapai cita cita dan keinginan. Meskipun terjatuh dan menyakitkan bagi diri sendiri, tetapi dengan semangat muda, maka kita semua akan terus berlari mencapai impian tersebut.

6. Answer: Love Myself

Lagu selanjutnya adalah Answer: Love Myself yang masuk kedalam bagian dari album pengukir banyak prestasi LOVE YOURSELF: Answer. Melalui lagu ini BTS berharap siapapun yang mendengarkan lagunya dapat mencintai diri sendiri dengan begitu dalam.
Terkadang kita tidak menjadikan diri kita prioritas dan menomorduakannya, terkadang adakalanya kita lebih mudah jatuh cinta kepada orang lain dibandingkan jatuh cinta kepada diri kita sendiri.

Seringkali kata negatif terlontar untuk diri sendiri dan bertindak tidak adil pada diri sendiri. Melalui lagu Anser: Love Myself BTS mengajak kita untuk berhenti membuat standar untuk diri sendiri dan menjadikan diri kita tidak bahagia.

Seringkali kita mengejar standar sosial dan memedulikan apa yang orang lain katakan. Menetapkan standar terlalu tinggi dan tidak realistis dengan tujuan membahagiakan orang lain atau mendapat pengakuan dari masyarakat.

novel romantis

Menjadi diri sendiri adalah hal paling penting seringkali kita berusaha untuk menjadi orang lain, berdamailah dengan diri sendiri dan jadilah bahagia. Selanjutnya maafkan dirimu sendiri yang mungkin dulu mengecewakanmu dan tidak memenuhi ekspektasi. Dengan lagu BTS kita diajarkan untuk mencintai diri kita sendiri tanpa ragu.

Rekomendasi buku tentang Love Yourself, agar senantiasa selalu mencintai diri kita sendiri:

7. Pied Piper

Di peringkat ke 7 ada lagu Pied Piper yang merupakan salah satu lagu dari album Love Yourself: HER. Lagu Pied Piper ini menjadi favorit karena memiliki makna tersirat yang sangat luar biasa. Lagu ini diciptakan dengan inspirasi dari dongeng The Pied Piper of Hamelin dari Jerman. Dalam dongeng tersebut diceritakan tokoh utama, yaitu Pipper adalah seorang peniup seruling dengan pakaian warna warni.

Dia diperintahkan oleh walikota untuk mengusir hama tikus dengan seruling miliknya. Dengan dijanjikan upah, Piper menerima tawaran tersebut tetapi ternyata pemerintah ingkar dan tidak memberikan imbalan setelah Piper berhasil mengusir hama. Karena marah, akhirnya Piper menggunakan sihirnya memikat anak anak di daerah itu untuk masuk ke hutan dan mereka tidak pernah kembali lagi selamanya.

Melalui lagu Pied Piper BTS digambarkan sebagai Piper, Piper sendiri dapat memikat anak anak melalui seruling sedangkan BTS dapat memikat fans melalui musik. Dengan lagu Pied Piper BTS berharap fans menyukai mereka dengan cara yang wajar dan tidak berlebihan serta mengetahui batas.

Fans harus fokus terhadap hal yang seharusnya menjadi prioritas dalam kehidupan mereka. Dengan menjadi fans jangan sampai kehidupan kita terfokus pada idola dan melupakan pentingnya kehidupan sendiri hingga mengabaikan pekerjaan atau pelajaran.
Selain makna yang luar biasa lagu Pied Piper juga merupakan musik yang trendy dan asyik.

8. I Need U

Selanjutnya ada lagu Mega Hits BTS yang dirilis pada tahun 2015, apalagi kalau bukan I Need U, lagu ini merupakan salah satu lagu yang paling banyak disukai oleh fans BTS yaitu Army, bahkan mereka yang bukan fans juga banyak yang menyukai lagu ini.

I Need U sendiri masuk kedalam kedalam album The Most Beautiful Moment in Life , Part 1. Lagu ini sendiri adalah lagu yang mampu membawa kita untuk semangat karena beat nya yang rich dan menyenangkan untuk dinikmati saat bersemangat.



9. 00.00 (Zero O’Clock)

Lagu berikutnya pilihan Army merupakan lagu bernuansa ballad juga yaitu 00:00 (Zero O’Clock). Lirik lagu ini sendiri memiliki makna yang sangat mendalam, dan cocok dengan kehidupan setiap orang. Karena setiap orang pasti pernah berada dalam hari yang terasa membingungkan untuk dimaknai, kehidupan terasa begitu melelahkan seolah berlalu tanpa makna dari hari ke hari. Namun dari setiap hari yang berat kita harus bisa melaluinya.

Dalam proses menjalani hari yang berat tersebut tentunya kita akan membutuhkan self healing dengan media musik. Lagu BTS 00:00 (Zero O’Clock) ini akan menawarkan self healing tersebut melalui nada dan liriknya untuk setiap orang yang sudah menjalani hari yang terasa berat.
Hari dimana diri kita merasakan sedih tanpa alasan, hari dimana kita melihat orang lain sibuk dengan dunianya sedangkan diri kita seolah diam di tempat dan tidak berpindah, hari dimana kita merasa tertinggal dan benci kepada dunia dan diri kita sendiri. Perasaan sedih, perasaan senang yang tiba-tiba datang menghampiri merupakan suatu hal yang wajar dan merupakan pendewasaan diri. Hidup merupakan suatu hal yang tidak selalu harus baik baik saja. Manusiawi jika kita merasa tidak baik – baik saja dan itu tidak apa – apa.

Terkadang kita bergelut dengan pikiran kita sendiri merenungi segala hal yang terjadi dalam hidup kita, mempertanyakan apa yang salah dengan diri ini, mengapa segala hal terjadi tidak sesuai dengan ekspektasi dan pikiran lain yang membuat kita menjadi overthinking. Dari lagu ini kita diajarkan untuk berhenti overthinking dan menerima diri sendiri baik dan buruknya.

Dengan mendengarkan lagu BTS ini tentunya kita belajar mengenai pentingnya self healing dan jangan overthinking, berikut rekomendasi buku yang bisa kamu baca !

The Miracle of Enzyme: Self-healing Program

10. Butterfly

Di peringkat ke-10 ada lagu BTS yang berjudul Butterfly, lagu ni merupakan lagu bernuansa ballad yang menjadi satu diantara everlasting song yang sangat bagus dan akan sulit dilupakan.

Butterfly sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti kupu-kupu. Kupu-kupu sendiri merupakan makhluk yang siapapun tahu bagaimana keindahannya. Kupu-kupu memiliki corak warna sayap yang begitu cantik dan penuh dengan keragaman.

BTS sendiri melalui lagu bertajuk Butterfly menceritakan mengenai bagaimana proses untuk menggapai cita-cita dan impian. Bagaimana sulitnya kita menggapai kupu kupu untuk kita lihat keindahannya dari dekat. Kupu – kupu yang memiliki kebebasan untuk bisa terbang kemanapun tempat yang dia inginkan Selaksa kupu – kupu terbang adalah impian dengan bebas dan indah.

Kupu – kupu yang indah itu sam layaknya dengan cita – cita yang sangat sulit untuk diraih dan diwujudkan, namun ketika kita berhasil menangkapnya. meraihnya dan menggapainya maka kita bisa melihat betapa indahnya impian itu. Dengan meraih impian manusia bisa menikmati keindahan dan hasil dari perjuangan yang telah dilakukan.

Mimpi mungkin terasa amat melelahkan disaat kita berusaha untuk mendapatkannya namun ketika kita berhasil mencapai tujuan kita, cita cita kita maka rawatlah apa yang telah kamu dapatkan. Jaga dan lindungi apa yang sudah dimiliki. Karena sama seperti halnya kupu kupu, segala yang kita miliki ini rapuh dan bisa hilang begitu saja jika kita tidak menjaganya. Impian yang sudah kita bangun dan hancur begitu saja jika kita tidak menjaganya dengan baik.

Itulah top 10 lagu favorit yang dimiliki BTS dengan makna yang begitu mendalam. Selanjutnya baca juga artikel terkait “Lagu BTS” :

Rekomendasi buku tentang BTS:



Penulis : Ai Siti Rahayu

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad