in

10 Pencetak Gol Terbanyak Di Dunia

Pencetak gol terbanyak di dunia – Setiap pertandingan sepakbola identik dengan drama, rivalitas, dan gol. Olahraga yang satu ini memang dimainkan oleh 11 orang dengan posisi yang berbeda, tetapi tanpa mengecilkan peran posisi lain mayoritas pecinta sepakbola lebih menyukai posisi striker karena tugasnya membobol gawang lawan.

Nah, selama 15 tahun terakhir, jagat sepakbola dunia diguncang oleh kehadiran dua mesin gol yang tak pernah berhenti memperebutkan gelar “pemain terbaik sepanjang sejarah”. Yup, siapa lagi kalau bukan Cristiano Ronaldo (CR7) dan Lionel Messi.

Baik Ronaldo maupun Messi berhasil memenangkan penghargaan individu dan menjuarai berbagai kompetisi, baik di level klub maupun negara. Bahkan, sejak tahun 2007 sampai 2019, keduanya selalu masuk ke dalam nominasi peraih Ballon D’or.

Ini membuktikan bahwa Messi dan Ronaldo memang bukan pemain sembarangan, terutama dalam urusan mencetak gol. Selain kedua pemain ini, masih ada beberapa pemain lagi yang berada dalam jajaran pencetak gol terbanyak di dunia sepanjang masa.

Daftar Pencetak Gol Terbanyak di Dunia Sepanjang Masa

Pixabay.com

Cristiano Ronaldo (817 Gol dalam 1.120+ pertandingan)

pixabay

Posisi pertama dalam daftar pencetak gol terbanyak di dunia sepanjang masa ditempati oleh mega bintang Portugal, Cristiano Ronaldo. Rival abadi Lionel Messi ini dikenal memiliki ketajaman di depan gawang lawan dan insting mencetak gol yang kuat.

CR7 tercatat sudah mengoleksi 817 gol dalam semua ajang, baik liga maupun internasional. Jumlah yang fantastis itu, dia dapatkan selama membela timnas Portugal maupun di klub Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid dan Juventus.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Posisi Ronaldo di urutan pertama sebagai pencetak gol terbanyak di dunia sepanjang masa rasanya akan sulit dikejar mengingat dia masih aktif sebagai pemain profesional di usianya yang ke 37 tahun. Jadi, masih ada kemungkinan bagi striker asal Portugal itu untuk menambah pundi-pundi golnya.

Josef Bican (805 Gol dalam 530 Pertandingan)

wikipedia

Nama Josef Bican mungkin bukanlah nama yang familiar di telinga para penggemar sepak bola di Indonesia bahkan Dunia. Sebab, Bican merupakan striker yang bermain pada tahun 1930-an hingga 1950-an. Dia adalah salah satu pemain legendaris dari Austria.

Pemain kelahiran 25 September 1913 ini berhasil mencatatkan 24 gol dari 13 pertandingan di periode awal karier profesionalnya, meskipun saat itu dia lebih banyak bermain dari bangku cadangan.

Setelah itu, dia kembali menorehkan 71 gol dalam 75 pertandingan saat bermain di liga tertinggi Austria. Bican juga menghasilkan 18 gol dalam 14 pertandingan yang digelar pada ajang Piala Wina yang berganti nama menjadi Piala Austria.

Setelah bermain di Wina, Bican hijrah ke Cekoslowakia dan melalui puncak karier sepakbolanya bersama tim Slavia Praha, FC Vítkovice, FC Hradec Kralove dan Dynamo Praha.

Selama bermain bagi keempat tim tersebut, Bican berhasil menorehkan 651 gol di semua pertandingan domestik di Cekoslowakia.Selain di klub, pemain yang dijuluki “Pepi” ini, berhasil mencatatkan 14 gol dalam 19 pertandingan bersama timnas Austria.

Secara keseluruhan Josef “Pepi” Bican telah membobol gawang lawan sebanyak 805 kali di sepanjang kariernya.

 

Romario (772 Gol dalam 961 Pertandingan)

wikipedia

Romario de Souza Faria atau akrab disebut Romario merupakan pemain sepakbola legendaris berkebangsaan Brazil yang pernah bermain di beberapa klub terkenal. Seperti Vasco da Gama, PSV Eindhoven, FC Barcelona, Flamengo, Valencia CF, Fluminense, Al Sadd SC, Miami FC dan Adelaide United.

Sepanjang karier sepakbola profesionalnya, Romario berhasil mencetak 772 gol di setiap klub yang dia bela dan juga timnas Brasil. Berikut ini catatan lengkap tentang kehebatan Romario dalam merobek jaring lawannya:

  • Bersama tim nasional Brasil mencetak 56 gol dalam 74 pertandingan
  • Bersama PSV Eindhoven mencetak 165 gol dalam 163 pertandingan
  • Bersama Vasco da Gama mencetak 326 gol dalam 410 pertandingan
  • Bersama FC Barcelona mencetak 53 gol dalam 84 pertandingan
  • Bersama Flamengo mencetak 204 gol dalam 240 pertandingan
  • Bersama Valencia CF mencetak 14 gol dalam 21 pertandingan
  • Bersama Fluminense mencetak 48 gol dalam 77 pertandingan
  • Bersama Miami FC mencetak 22 gol dalam 29 pertandingan dan
  • Bersama Adelaide United mencetak 1 gol dalam 4 pertandingan

Adelaide United merupakan klub terakhir yang dia bela sebelum memutuskan untuk “gantung sepatu” pada tahun 2007 lalu.

Lionel Messi (769 Gol dari 973 dalam 973+ pertandingan)

wikipedia

Lionel Andres Messi atau Leo Messi merupakan pemain sepak bola profesional asal Argentina yang bermain sebagai penyerang. Messi sering dianggap sebagai pemain sepakbola terbaik dan terhebat sepanjang masa oleh banyak orang.

Tentu saja, anggapan ini tidak muncul dengan sendirinya. Sebab “La Pulga” memang bukan pemain sembarangan. Dia berhasil memenangkan 7 Ballon d’Or, 6 Sepatu Emas Eropa dan pernah dinobatkan sebagai Ballon d’Or Dream Team.

Sepanjang karier profesionalnya bersama Barcelona, PSG, dan juga tim nasional Argentina, Messi telah mencetak 769 gol. Messi pun menjadi legenda bagi Barcelona dan tim nasional Argentina.

Pele (767 Gol dalam 831 Pertandingan)

fifa

Edson “Pele” Arantes do Nascimento merupakan legenda sepakbola asal Brasil yang berhasil membawa Brasil menjadi Juara Dunia Piala Dunia sebanyak 3 kali (tahun 1958, tahun 1962, dan tahun 1970).

Sama seperti Messi, Pele juga berhasil meraih 7 penghargaan Ballon d’Or sepanjang karier profesionalnya, yakni pada tahun 1958, 1959, 1960, 1963, 1964 dan 1970. Pele juga menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan tiga Piala Dunia dan mencetak 77 gol dalam 92 pertandingan untuk tim nasional Brasil.

Menariknya, Pele pernah mengklaim bahwa dirinya telah mencetak 1000 gol sepanjang kariernya, namun yang tercatat secara resmi hanya 767 gol. Semua gol ini dia dapatkan ketika bermain di klub Brasil dan klub Amerika Serikat.

 

Ferenc Puskas (746 Gol dalam 754 Pertandingan)

wikipedia

Ferenc Puskas merupakan mantan pemain sepak bola profesional berkebangsaan Hungaria yang bermain untuk klub Budapest Honved FC dan Real Madrid. Selain bermain untuk timnas Hungaria, Puskas juga pernah bermain untuk timnas Spanyol.

Selama bermain untuk Real Madrid, Puskas pernah membawa tim ini menjuarai kejuaraan di Eropa sebanyak 3 kali. Dia juga berhasil mencatatkan namanya sebagai legenda Real Madrid dengan mencatat rekor 242 gol dalam 262 pertandingan resmi.

Berkat prestasinya itu, dunia mengakui bahwa Puskas merupakan salah satu penyerang kaki kiri terbaik sepanjang sejarah Real Madrid. Ferenc Puskas mengakhiri kariernya  pada tahun 1967 dan wafat pada tanggal 17 November 2006.

Sebagai penghormatan kepada Puskas, FIFA menjadikan namanya untuk penghargaan gol terindah, yaitu Puskas Award. Selain itu, namanya juga diabadikan menjadi sebuah Stadion di Budapest, Hungária, yang dikenal dengan nama Stadion Puskas Ferenc.

Gerd Muller (735 Gol dalam 793 Pertandingan)

kompasiana.com

Gerhard “Gerd” Muller merupakan seorang pemain sepak bola profesional berkebangsaan Jerman yang terkenal sebagai striker paling produktif pada masanya dan dijuluki “Der Bomber”. Julukan ini didapatkan berkat kemampuannya mencetak gol dari sekitar kotak penalti.

Bersama tim nasional Jerman Barat, Muller berhasil menorehkan 68 gol dalam 62 pertandingan. Lalu ketika bermain bersama Bayern Munich selama 15 tahun, Muller mencetak rekor 365 gol dalam 427 pertandingan di Bundesliga dan rekor internasional 66 gol dalam 74 pertandingan di klub Eropa.

Muller juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik Eropa pada tahun 1970 berkat 10 gol yang ia sumbangkan bersama Jerman Barat di Piala Dunia 1970.

Tak hanya itu, Muller juga mempertahankan rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala Dunia (14 gol) selama 32 tahun lamanya. Sepanjang karier profesionalnya, Gerd Muller berhasil mengoleksi 735 gol dan membuatnya menjadi salah satu legenda sepakbola Jerman.

Jimmy Jones (647 Gol dalam 614 Pertandingan)

wikipedia

Jimmy Jones merupakan seorang pemain sepak bola berkebangsaan Irlandia Utara dan menjadi pemain legenda di liga utama NIFL. Di awal kariernya, Jones bergabung dengan Belfast Celtic pada tahun 1946 dan langsung memberikan kontribusi yang positif dengan mencetak 62 gol di semua kompetisi.

Di musim berikutnya, Jones mencetak 27 gol dalam 19 pertandingan, termasuk 6 hat-trick sebelum akhirnya Jones dikejar dan diinjak sampai kakinya patah oleh pendukung Linfield. Setelah itu, Belfast Celtic mengundurkan diri dari liga dan meninggalkan dunia sepak bola.

Selanjutnya, Jones bergabung dengan Portadown dan Bangor di Liga Irlandia. Selama bermain untuk Portadown, Jones menorehkan 14 gol dari 28 pertandingan. Sedangkan untuk Bangor dia mencetak 14 gol dari 26 pertandingan.

Di musim terakhirnya Jones bergabung bersama klub Divisi B Liga Irlandia, Newry Town, dan menghasilkan 32 gol dari 32 pertandingan. Jones pensiun pada tahun 1965 dan membuat namanya masuk ke dalam jajaran pencetak gol terbanyak di dunia dengan total gol 647 dalam 614 pertandingan.

Jones juga menjadi satu-satunya pemain sepakbola yang berhasil mencetak gol lebih banyak daripada jumlah pertandingan yang dia lakoni.

Eusebio (623 Gol dalam 639 Pertandingan)

wikipedia

Eusebio da Silva Ferreira merupakan mantan pesepakbola asal Portugal yang menjadi top skor pada Piala Dunia tahun 1966. Eusebio menjadi pencetak gol terbanyak di dunia di urutan ke sembilan dengan torehan 623 gol dalam 639 pertandingan.

setengah dari torehan gol nya dia dapatkan selama bermain untuk klub asal Portugal, Benfica dengan 317 gol dari 301 pertandingan. Berkat itu, Eusebio menjadi legenda bagi Benfica. Selain di level klub, Eusebio juga bermain untuk tim nasional Portugal pada tahun 1961 sampai 1973 dan mengoleksi 41 gol dari 64 pertandingan.

Robert Lewandowski (585 Gol)

kompas.com

Pencetak gol terbanyak di dunia kesepuluh adalah Robert Lewandowski, pemain sepak bola asal Polandia yang sedang memperkuat FC Barcelona. Sebelumnya, Lewandowski pernah bermain untuk beberapa klub seperti Znicz Pruszków, Lech Pozna?, Borussia Dortmund, dan Bayern Munchen.

Selama bermain untuk Znicz Pruszków, Lewandowski berhasil mencetak 36 gol. Lalu di Lech Poznan, dia menorehkan 41 gol. Di Borussia Dortmund, 103 gol. Bayern Munchen, 344 gol. Dan Barcelona, 14 gol.

Lewandowski terkenal sebagai penyerang dengan kemampuan tendangan dan sundulan yang luar biasa. Sampai sekarang, penyerang asal Polandia ini berhasil mengoleksi 585 gol sepanjang kariernya. Jumlah ini masih akan terus bertambah karena dia masih aktif bermain di ajang profesional.

Semua pencetak gol terbanyak di dunia di atas berhasil menorehkan rekor karena keuletan, kerja keras, teknik, dan disiplin. Grameds juga bisa menjadi pemain sepakbola seperti mereka dengan mempelajari teknik-teknik bermain bola yang benar melalui buku Panduan Kepelatihan Sepak Bola Anak yang disusun oleh Erlangga Football Trainers.

Buku ini akan memandu kamu langkah demi langkah untuk menghasilkan rencana kepelatihan yang efektif, dari perencanaan, pelaksanaan, hingga antisipasi nutrisi dan keselamatan selama pelatihan.

 

Daftar Pencetak Gol Terbanyak Berdasarkan Posisinya

Pixabay.com

Mencetak gol umumnya merupakan tugas utama dari seorang penyerang. Namun pemain-pemain dari berbagai posisi lain juga bisa mencetak gol jika memiliki insting yang kuat. Nah, berikut ini daftar pencetak gol terbanyak berdasarkan posisinya.

Kiper – Rogerio Ceni (131 gol)

Rogerio Ceni merupakan kiper legenda asal Brasil yang bermain untuk Sao Paulo. Bersama Sao Paulo, Ceni telah mencetak 131 gol di semua kompetisi. Mayoritas gol yang dia peroleh berasal bola mati sehingga Ceni sering ditunjuk menjadi eksekutor tendangan bebas.

Bek Tengah – Ronald Koeman (253 gol)

Ronald Koeman merupakan mantan pemain dan pelatih sepak bola asal Belanda. Sepanjang kariernya sebagai pemain, Koeman telah mencetak 253 gol di semua kompetisi, baik bersama klub maupun tim nasional dan mencatatkan namanya sebagai Bek Tengah paling produktif.

Bakat Koeman dalam mencetak gol, sudah tercium sejak dia bermain untuk Groningen. Namun kemampuannya baru terlihat ketika bermain dengan PSV Eindhoven di tahun 1986. Saat itu, Koeman mencetak 26 gol.

Bek Kanan – Graham Alexander (107 gol)

Graham Alexander merupakan mantan pemain sepak bola profesional yang sekarang menjadi manajer sebuah klub di Liga Utama Skotlandia. Sepanjang kariernya sebagai Bek Kanan, Graham telah mencetak 107 gol di semua kompetisi.

Bek Kiri – Paul Breitner (113 gol)

Paul Breitner merupakan mantan pemain sepak bola asal Jerman yang pernah bergabung bersama klub utama Bayern Munchen, Real Madrid dan Eintracht Braunschweig. Sepanjang bermain sebagai Bek Kiri di berbagai klub dan timnas Jerman, Paul telah menorehkan 113 gol dan menjadikannya sebagai bek kiri paling produktif sepanjang sejarah.

Gelandang kanan – Frank Lampard (274 gol)

Frank James Lampard merupakan mantan pemain sepak bola asal Inggris yang sekarang menjadi manajer klub Everton. Lampard adalah sosok gelandang kanan yang produktif dan terkenal dengan insting mencetak gol dari tendangan jarak jauh.

Sepanjang karier profesionalnya, Lampard telah mencetak 274 gol di semua ajang bersama beberapa klub. Mulai dari West Ham United, Swansea City, Chelsea, Manchester City dan New York City. Dengan torehan 274 golnya, Lampard dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Chelsea.

 

Gelandang Kiri – John Wark (223 gol)

John Wark merupakan mantan pemain sepak bola asal Skotlandia yang pernah bermain untuk Ipswich Town, Liverpool dan Middlesbrough. Sepanjang karier profesionalnya, Wark telah mencetak 223 gol di semua ajang kompetisi, baik liga maupun Internasional.

Sayap – Cristiano Ronaldo (817 gol)

Ronaldo tercatat sudah mengoleksi 817 gol di semua pertandingan. Catatan itu dia dapatkan saat bermain untuk timnas Portugal, Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid dan Juventus.

Penyerang – Josef Bican (805 gol)

Josef Bican menjadi bintang untuk anak-anak muda di Republik Ceko terlebih bagi para pendukung Slavia Prague, dimana ia telah mencetak 403 gol dalam 211 pertandingan. Yang menarik dari karier Josef Bican adalah total jumlah golnya.

Jika pertandingan resmi dan tidak resmi digabungkan, Bican tercatat berhasil mencetak 1468 gol. Karena itu, Bican dikenal juga sebagai penyerang paling menakutkan sepanjang masa.

Demikian pembahasan tentang pencetak gol terbanyak di dunia. Semoga semua pembahasan di atas dapat menambah wawasan kamu, Grameds. Jika ingin mencari buku tentang sepak bola, maka bisa mendapatkannya gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang Oktaviana Putra

Plagiarism:

Rujukan:

  • https://bola.okezone.com/read/2022/06/17/51/2613569/10-pencetak-gol-terbanyak-di-dunia-sepanjang-masa-nomor-1-megabintang-manchester-united?page=2
  • https://kumparan.com/gosip-pemain-bola/pencetak-gol-terbanyak-di-setiap-posisi-1txIogCzZit/full
  • https://www.libero.id/detail/3595/daftar-8-pemain-pencetak-gol-terbanyak-di-setiap-posisi-sepanjang-masa.html
  • https://www.sonora.id/read/423517884/5-pemain-sepak-bola-pencetak-gol-terbanyak-di-dunia?page=3
  • https://olahraganesia.id/pencetak-gol-terbanyak-sepanjang-masa/


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Fiska Rahma

Saya Fiska Rahma Rianda dan saya suka dunia menulis dan membaca memang menjadi hobi yang ingin disalurkan melalui sastra. Saya juga senang mereview buku dan tentang rekomendasi.

Kontak media sosial Linkedin saya Fiska Rahma