in

10 Kampus Terbesar di Indonesia

10 Kampus Terbesar di Indonesia – Grameds, apakah kamu sudah menentukan untuk melanjutkan kuliah dimana? Banyak kampus-kampus bagus di Indonesia. Selain bagus, ada juga kampus-kampus yang luas. Artikel ini akan membahas mengenai kampu-kampus terbesar di Indonesia

1. Universitas Sriwijaya

Kampus atau universitas terbesar pertama di Indonesia adalah Universitas Sriwijaya. Universitas Sriwijaya (UNSRI) adalah universitas yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Universitas Sriwijaya ini adalah universitas terluas di Indonesia. Luas kampus ini sebesar 721 Ha. UNSRI memiliki dua lokasi kampus yang berbeda. Ada kampus yang terletak di Bukit Besar, Kota Palembang. Kampus lainnya terletak di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir.

UNSRI terdiri dari 10 fakultas. Diantaranya adanya fakultas ekonomi, fakultas, ilmu komputer, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas kesehatan masyarakat, fakultas pertanian, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas mipa, fakultas teknik, fakultas hukum dan fakultas kedokteran.

UNSRI adalah kampus yang sangat luas, maka banyak fasilitas yang tersedia di kampus ini. Fasilitas pertama yang bisa ditemukan adalah student center. Gedung student center yang ada di UNSRI terdiri dari 5 lantai. Banyak fungsi dari gedung ini, seperti untuk tempat seminar, kegiatan mahasiswa, pentas seni, UKM, dan lain-lain.

Kedua, perpustakaan pusat. Perpustakaan pusat yang ada di UNSRI ada dua bagian, yaitu lesehan dan multimedia. Di dalam ruang multimedia disediakan fasilitas-fasilitas berkualitas seperti komputer yang akan membantu para mahasiswa. Bagi mahasiswa yang membawa laptop sendiri, disediakan tempat khusus di ruang lesehan. Saat ini, perpustakaan UNSRI sudah menjadi perpustakaan digital. Memiliki fasilitas digi-lib dan e-library.

Selain kedua fasilitas di atas, masih banyak fasilitas-fasilitas yang disediakan di UNSRI. Kampus ini juga memiliki jurusan-jurusan favorit yang memiliki banyak peminat.

2. Universitas Riau

Universitas terbesar selanjutnya adalah Universitas Riau. Universitas Riau (UNRI) juga terletak di daerah Sumatera, tepatnya di Pekanbaru. UNRI didirikan oleh beberapa pelopor. Seperti Soesman Hs, Kolonel Kaharuddin Nasution, Drs. Sutan Balia dan Datuk Wan Abdurrahman. Universitas Riau resmi berdiri pada 1 Oktober 1962. Universitas Riau memiliki luas 700 Ha.

Ada 12 fakultas yang ada di UNRI. Fakultas kedokteran, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas teknik, fakultas hukum, fakultas pertanian, fakultas ekonomi, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas perikanan dan ilmu kelautan, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, program studi ilmu keperawatan, pasca sarjana, serta ada program doktor.

Fasilitas yang ada di UNRI juga beragam, termasuk rumah sakit. Untuk mengembangkan pendidikan kedokteran spesialistik, UNRI memiliki Rumah Sakit Pendidikan atau biasa disingkat Teaching Hospital. Rumah sakit ini juga dibuat untuk memfokuskan penguatan pusat pelatihan. Serta sebagai unit pelayanan pada masyarakat.

Selain rumah sakit, UNRI juga memiliki wisma. Wisma ini adalah salah satu fasilitas pendukung yang ada di UNRI. Wisma UNRI didirikan untuk tempat singgah para kerabat atau keluarga yang ingin berkunjung. Wisma ini juga dilengkapi berbagai fasilitas. Fasilitas tersebut digunakan untuk menunjang kepentingan tamu supaya terasa nyaman ketika berkunjung. Wisma UNRI terletak di Jl. Diponegoro, di Pekanbaru.

Fasilitas selanjutnya yang ada di UNRI adalah training center. Training center dibuat dengan tujuan untuk memberikan sebuah pelatihan untuk meningkatkan kualitas civitas akademika. Ada lima bidang yang ada disini. Yaitu bidang kimia, bidang biologi, bidang pertanian, bidang biokimia dan bidang lingkungan.

3. Universitas Andalas

Kampus ketiga terluas di Indonesia juga masih berlokasi di daerah Sumatera. Universitas Andalas terletak di kota Padang. Universitas Andalas (UNAND) memiliki luas 502 Ha.

UNAND terdiri dari 16 fakultas. Diantaranya adalah fakultas ekonomi, fakultas farmasi, fakultas hukum, fakultas ilmu budaya, fakultas ilmu sosial dan politik, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas keperawatan, fakultas kesehatan masyarakat, fakultas pertanian, fakultas peternakan, fakultas teknik, fakultas teknologi pertanian, fakultas mipa, fakultas teknologi informasi dan program pasca sarjana.

Universitas Andalas juga memiliki banyak fasilitas. Seperti convention hall yang digunakan untuk acara-acara kampus seperti workshop, seminar, dan acara lainnya. Auditorium yang juga berfungsi untuk menyelenggarakan acara-acara mahasiswa, gedung ini dapat menampung sekitar 2500 mahasiswa. Fasilitas lain yang ada di UNAND adalah asrama mahasiswa yang ditempati oleh mahasiswa. Asrama mahasiswa memiliki banyak fasilitas penunjang seperti ruang belajar, ruang televisi, kafetaria, masjid, pantry, mini market, dan fasilitas-fasilitas lainnya seperti fasilitas olahraga.

UNAND juga menyediakan dua rumah sakit. Rumah sakit pertama adalah rumah sakit universitas. Rumah sakit ini digunakan sebagai tempat praktek dari mahasiswa kedokteran. Selain itu, rumah sakit ini juga beroperasi menyediakan pelayanan untuk mahasiswa maupun masyarakat umum. Rumah sakit kedua adalah rumah sakit gigi dan mulut. Selain bertujuan sebagai tempat praktik mahasiswa kedokteran gigi , rumah sakit ini juga beroperasi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada mahasiswa dan masyarakat secara umum.

4. Universitas Sumatera Utara

Kampus selanjutnya yang memiliki luas terbesar keempat yaitu Universitas Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara (USU) adalah kampus yang memiliki dua bagian. Bagian pertama terdapat di Padang Bulan, memiliki luas 116 Ha. Kampus kedua terletak di Kwala, luasnya mencapai 300 Ha. Luas keseluruhan dari kampus USU ini jika digabungkan dapat mencapai 416 Ha.

Universitas Sumatera Utara diresmikan oleh Presiden Ir. Soekarno pada tanggal 20 November 1957. Pada saat diresmikan, USU adalah perguruan tinggi negeri ke-7 yang sudah ada di Indonesia.

Ada 16 fakultas yang ada di USU. Seperti fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas farmasi, fakultas hukum, fakultas ilmu budaya, fakultas ilmu komputer dan teknologi informasi, fakultas ilmu sosial dan politik,fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas kehutanan, fakultas keperawatan, fakultas kesehatan masyarakat, fakultas mipa, fakultas pertanian, fakultas psikologi, fakultas teknik dan sekolah pascasarjana.

Fasilitas-fasilitas yang ada di USU juga beragam terutama fasilitas kesehatan. Fasilitas kesehatan yang ada di USU meliputi poliklinik, Rumah Sakit Pendidikan USU dan Rumah Sakit Sakit Gigi dan Mulut USU. Fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada disini juga terbilang lengkap, dapat digunakan oleh mahasiswa dan masyarakat umum. Fasilitas kesehatan ini menyediakan berbagai pelayanan kesehatan. Seperti IGD, kamar bedah, ruang rawat jalan dan rawat inap, ruang bersalin dan lain-lain.

Selain fasilitas kesehatan, masih banyak fasilitas-fasilitas lain yang ada di Universitas Sumatera Utara.

5. Universitas Indonesia

Kampus terbesar selanjutnya adalah Universitas Indonesia. Universitas Indonesia (UI) adalah kampus yang terletak di Depok, Jawa Barat. Kampus UI memiliki luas sebesar 320 Ha. Kampus UI adalah kampus yang memiliki banyak ruang hijau. Sehingga 75% daerah dari kampus ini digunakan untuk daerah hutan kota. 25% daerahnya baru digunakan sebagai gedung-gedung kampusnya.

Universitas Indonesia ini adalah kampus yang memiliki akses transportasi yang lengkap. Dilalui oleh jalur KA KRL dan Transjakarta. Masih membahas mengenai transportasi, UI juga menyediakan sebuah bus yang biasa disebut bikun yang beroperasi di sekitar lingkungan kampus. Tujuan dari bikun ini adalah sebagai transportasi para mahasiswa untuk berkeliling di daerah kampus, dari fakultas ke fakultas.

Fakultas yang ada di UI juga terbilang beragam. Seperti fakultas ilmu budaya, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas farmasi, fakultas hukum, fakultas ilmu administrasi, fakultas ilmu keperawatan, fakultas ilmu komputer, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas kesehatan masyarakat, fakultas psikologi, fakultas teknik, fakultas mipa, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik dan fakultas pendidikan vokasi.

Fasilitas-fasilitas yang ada di kampus UI juga sangat banyak. Terdiri dari perpustakan pusat dan perpustakaan fasilitas, rumah sakit, unit atau klinik kesehatan mahasiswa, auditorium, gedung serbaguna, asrama mahasiswa, stadion atau lapangan olahraga, gedung olahraga, kolam renang, laboratorium, studio penyiaran, kantor bank, tempat ibadah, bus kampus (bikun), toko buku, koperasi mahasiswa, pusat penerbitan, lembaga penelitian, pusat komputer dan pusat pengendalian keamanan.

Supertrik Lolos SIMAK UI Program IPA & IPS
Supertrik Lolos SIMAK UI Program IPA & IPS

tombol beli buku

6. Universitas Gadjah Mada

Universitas terbesar selanjutnya adalah Universitas Gadjah Mada. Kampus ini terletak di DI. Yogyakarta, Jawa Tengah. Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki lebih dari 670 gedung. Sehingga luas keseluruhan dari kampus UGM ini mencapai sekitar 750.000 meter persegi. Maka dari itu kampus ini masuk ke dalam salah satu kampus terluas yang ada di Indonesia

Tidak hanya itu, kampus UGM juga mendapat peringkat pertama dalam urutan kampus terbaik di Indonesia. Tidak heran kalau banyak siswa-siswa yang ingin berkuliah di kampus yang ada di Jawa Tengah ini.

UGM didirikan pada tanggal 19 Desember 1949. Fakultas-fakultas yang ada di kampus ini juga beragam. Seperti fakultas biologi  fakultas farmasi, fakultas filsafat, fakultas hukum, fakultas ilmu budaya, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas kedokteran hewan, fakultas pertanian, fakultas peternakan, fakultas psikologi, fakultas teknik, fakultas teknologi pertanian, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas geografi, fakultas kehutanan dan fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam. Selain itu, tersedia juga sekolah pascasarjana dan sekolah vokasi di Universitas Gadjah Mada.

UGM adalah kampus yang luas serta menjadi incaran banyak siswa. Selain kualitas pendidikannya yang bagus, fasilitas-fasilitas di UGM juga tidak kalah bagus juga. Ada stadion besar bernama Stadion Madya di UGM. Stadion ini berlokasi di kawasan lembah UGM. Stadion ini biasa digunakan untuk kegiatan olahraga seperti atletik, sepak bola atau hockey. Stadion ini tidak hanya digunakan untuk mahasiswa kampus UGM saja. Akan tetapi, masyarakat umum juga dapat menggunakannya. Tentunya harus melalui izin dari Direktur Kemahasiswaan atau Rektor.

Selain stadion, UGM juga memiliki museum. Museum ini adalah tempat untuk menyimpan benda-benda bersejarah di UGM. Contohnya seperti benda perkuliahan yang pertama di keraton. Selain itu, terdapat juga benda peninggalan tokoh pendiri dari UGM. Museum ini berlokasi di Bulaksumur blok D6 dan blok D7. Diketahui bahwa lokasi ini sebelum merupakan tempat tinggal Barack Obama saat masih kecil di Yogyakarta.

99,9% Lolos Ujian Tulis UGM & Ujian Mandiri UNDIP
99,9% Lolos Ujian Tulis UGM & Ujian Mandiri UNDIP

tombol beli buku

7. Universitas Airlangga

Universitas selanjutnya yang masuk ke salah satu kampus terbesar di Indonesia adalah Universitas Airlangga. Universitas ini terletak di Surabaya, Jawa Timur. Luas keseluruhan dari universitas ini mencapai luas 650.308 meter persegi.

Universitas Airlangga (UNAIR) juga merupakan salah satu kampus yang masuk ke dalam daftar kampus favorit pada siswa. Mahasiswa yang masuk ke dalam kampus ini juga tidak hanya berasal dari Surabaya atau Jawa Timur saja. Melainkan berasal dari berbagai provinsi dan pulau.UNAIR diresmikan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 10 November 1954. Bertepatan pada peringatan hari pahlawan yang ke-6.

Awalnya UNAIR hanya memiliki 5 fakultas. Namun sekarang sudah berkembang. Ada fakultas kedokteran, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas psikologi, fakultas perikanan dan kelautan,fakultas kedokteran gigi, fakultas farmasi, fakultas sains dan teknologi, fakultas ilmu budaya, fakultas hukum, fakultas kedokteran hewan,fakultas kesehatan masyarakat, fakultas keperawatan dan fakultas vokasi. Selain itu, UNAIR juga menyediakan sekolah pascasarjana, sekolah teknologi maju dan multi disiplin, serta terdapat juga PSDKU Banyuwangi.

Tidak hanya fakultasnya saja yang berkembang, fasilitas-fasilitas yang ada di UNAIR juga berkembang dan memiliki kualitas yang bagus. Salah satu fasilitas yang ada di UNAIR adalah poliklinik. UNAIR menyediakan sebuah poliklinik bernaka Plo Klinik Unair. Namun poliklinik ini tidak hanya dapat digunakan oleh mahasiswa UNAIR, tapi dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Selain poli klinik, UNAIR juga menyediakan asrama untuk mahasiswa. Asrama mahasiswa ini tersedia untuk mahasiswa dan mama siswa. Terletak di kampus C. Karena lokasinya dekat, fasilitas ini berfungsi untuk memberikan kemudahan para mahasiswa dalam proses belajar. Di dalam asrama ini, terdapat juga fasilitas-fasilitas penunjang lainnya. Seperti dapur umum, kamar mandi, wifi. Kantin, kafe, dan masih banyak fasilitas-fasilitas lainnya.

8. Institut Teknologi Bandung

Kampus terluas selanjutnya adalah Institut Teknologi Bandung. Kampus ini terletak si Bandung, Jawa Barat. Selain itu, ada juga kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berlokasi di Jatinangor. Luas kampus ini sekitar 286.830 meter persegi. ITB didirikan di Bandung pada 2 Maret 1959. ITB adalah kampus teknik pertama yang didirikan di Indonesia.

Kampus yang terakreditasi dengan peringkat A ini memiliki beberapa fakultas. Diantaranya adalah fakultas teknik mesin dan dirgantara, fakultas ilmu dan teknologi kebumian, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas seni rupa dan desain, fakultas teknologi, fakultas teknik pertanbangan dan perminyakan, dan fakultas teknik sipil dan lingkungan. Selain itu, ITB juga memiliki sekolah bisnis dan manajemen, sekolah arsitek, perencanaan dan pengembangan kebijakan, sekolah teknik elektro dan informatika, sekolah farmasi dan sekolah ilmu dan teknologi hayati.

Sama seperti kampus-kampus lain, ITB jiga memiliki berbagai fasilitas. Salah satunya adalah sabuga atau sasana budaya ganesa. Sabuga adalah sebuah pusat ilmu pengetahuan  teknologi dan seni. Saguga berfungsi untuk menjadi jembatan dari berbagai kegiatan akademik yang dilakukan oleh mahasiswa.

Tempat ini dilengkapi oleh fasilitas modern. Kegiatan-kegiatan yang biasanya diselenggarakan disini seperti simposium, seminar, ceramah, pameran, konferensi, dan pertunjukan lain seperti pagelaran musik dan tari. Sabuga dilengkapi dengan adanya Balairung.

Bisa menampung 4000 orang. Selain itu fasilitas yang ada di sabuga ini seperti restoran, ruang audio visual, galeri IPTEKS, ruang pertemuan, sanggar produksi AV, perpustakaan buku langka, ruang kantor, ruang lelang, taman penyawangan dan masih banyak lagi fasilitas lain yang ada di gedung ini.

Selain itu, ada juga penerbit ITB. Penerbit ITB adalah auxiliary business yang bergerak dalam bidang penerbitan dan percetakan buku atau literatur. Di tempat ini, program-program akademik ada difasilitasi. Seperti ketika ingin menerbitkan buku panduan mengajar  pada setiap mata kuliah, menerbitkan buku literatur, dan buku lain. Serta peenrbitan literatur asing ke dalam bahasa Indonesia.

9. Universitas Negeri Manado

Kampus terbesar ke sembilang yang ada di Indonesia adalah Universitas Negeri Manado. Kampus ini terletak di Sulawesi Utara. Kampus ini memiliki luas 270 Ha dan berada di atas ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu, udara dan situasi di kampus Universitas Negeri Manado ini sangat sejuk.

Ada berbagai fakultas di kampus ini. Diantaranya adalah fakultas ilmu pendidikan, fakultas ilmu keolahragaan, fakultas ekonomi, fakultas bahasa dan seni, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas teknik, dan fakultas ilmu sosial.

10. Institut Pertanian Bogor

Kampus terbesar selanjutnya yaitu Institut Pertanian Bogor. Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah kampus terbesar kesepuluh di Indonesia. Luas kampus IPB ini sekitar 250 Ha. Kampus IPB adalah salah satu kampus yang banyak diminati oleh para siswa. Meskipun begitu, persaingan untuk dapat masuk dan berkuliah di kampus ini sangat ketat.

IPB didirikan pada tanggal 1 September 1963 di Bogor. Ada beberapa fakultas yang ada di IPB. diantaranya adalah fakultas pertanian, fakultas kedokteran hewan, fakultas perikanan dan ilmu kelautan, fakultas peternakan, fakultas kehutanan, fakultas teknologi pertanian, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas ekonomi dan manajemen dan fakultas ekologi manusia. Selain itu, di IPB terdapat juga sekolah bisnis.

Salah satu fasilitas unggulan yang ada di IPB adalah IPB Shop. IPB shop adalah sebuah pusat perbelanjaan. Disana menjual berbagai macam produk unggul buatan para mahasiswa IPB. Ada beberapa pusat perbelanjaan IPB. Diantaranya seperti Agrimart I dan II. Ada juga Botani Mart. Terakhir, ada Serambi Botani.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Itulah 10 kampus besar yang ada di Indonesia. Jadilah bagian dari kampus-kampus tersebut. Pelajari soal-soal masuknya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menyediakan rekomendasi buku-buku menarik untuk para Grameds.

The Master Key Utbk Sbmptn Tps-Tka Soshum 2022
The Master Key Utbk Sbmptn Tps-Tka Soshum 2022

tombol beli buku

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih