in

10 Sungai Terpanjang di Dunia, Mulai dari Sungai Nil Hingga Sungai Amur

pinterest/theverybesttop10.com

Sungai Terpanjang di Dunia – Bicara tentang sungai tentunya kalian juga pastinya pernah melihat. Siapa sangka di dunia ini ada beberapa sungai dengan ukuran begitu panjang lho. Bahkan karena beberapa sungai ini terbilang cukup panjang bisa-bisa sampai melewati beberapa Negara.

Cukup menarik memang jika mengulas tentang salah satu aspek bentuk geografis yang ada di bumi seperti sungai. Pasalnya yang kita sering tahu adalah sungai yang berada di area sekitar kita. Maka dari itu informasi yang akan diberikan di artikel ini bisa membantu.

Ya, artikel ini akan membahas beberapa sungai terpanjang di dunia. Tentunya bikin penasaran bukan, lantas apa saja sih deretan sungai yang bisa masuk ke dalam kategori terpanjang. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya terkait dengan hal tersebut.

Daftar Sungai Terpanjang di Dunia

1. Sungai Nil

Sungai Terpanjang di Dunia
pinterest/herodote.net

Pernah mendengar Sungai Nil, ya Sungai Nil masuk ke dalam daftar sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil sendiri terletak di Mesir. Sedangkan untuk total panjang dari Sungai Nil adalah sekitar 6.650 km. Salah satu hal menarik dari Sungai Nil bukan hanya terletak pada sisi panjangnya saja.

Pasalnya Sungai Nil juga menjadi salah satu sungai dengan kondisi paling tua di dunia. Wah tak menyangka bukan. Bahkan konon katanya sumber air dari Sungai Nil kerap dikaitkan dengan Danau Victoria.

Bicara tentang panjang Sungai Nil tak lengkap rasanya jika tak membahas daerah atau bahkan Negara mana saja yang dilewatinya. Tentunya banyak yang dilewati oleh aliran air Sungai Nil. Diantaranya adalah Ethiopia, Mesir, Tanzania, Uganda, Eritrea, Republik Demokratik Kongo, Rwanda, Sudan, Sudan selatan dan Burundi.

Tak sampai di situ saja, ternyata Sungai Nil memiliki dua anak sungai lho. Dua anak sungai dari Sungai Nil adalah Niles Putih dan Niles Biru. Dimana aliran air dari dua anak Sungai Nil tersebut akan menuju ke Laut Mediterania.

Meski ada yang menyebutkan Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia. Namun beberapa kelompok juga ada yang klaim jika Sungai Amazon adalah yang paling panjang.

Akan tetapi sebenarnya ada beberapa hal penting yang harus kalian ketahui terlebih dahulu. Dari adanya sungai besar sekaligus panjang tersebut adalah dari sumber besar. Dimana sumber besar tersebut akan berguna sekali untuk keberlangsungan anak sungai besar maupun kecil.

Nah sumber tersebutlah yang digunakan untuk mengukur panjang dan luas suatu sungai. Namun sangat memerlukan waktu yang cukup lama. Maka dari itu menentukan mana sungai yang lebih panjang dari satu sungai ke lainnya memang susah.

2. Sungai Amazon

Sungai Terpanjang di Dunia
pinterest/Informal Travels

Berikutnya ada Sungai Amazon yang juga masuk ke dalam daftar sungai terpanjang. Menariknya Sungai Amazon juga kerap diperdebatkan dengan Sungai Nil mana yang lebih panjang dari keduanya.

Bisa dibilang juga jika Sungai Amazon adalah sebuah jalur aliran air paling utama di dunia. Meski begitu ada beberapa kelompok yang memberikan pernyataan berbeda terkait dengan panjang dari Sungai Amazon.

Ada yang menyatakan jika Sungai Amazon memiliki panjang 6.400 km. Namun ada juga yang menyatakan jika Sungai Amazon memiliki panjang kurang lebih sekitar 6.900 km.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika menentukan mana yang lebih panjang antara satu sungai dengan dengan yang lainnya. Maka dari itu terkadang ada beberapa pendapat berbeda terkait dengan ukuran panjang suatu sungai.

Namun jika dilihat dari besaran volume pembuangan air. Maka Sungai Amazon adalah yang paling besar di antara lainnya. Aliran air Sungai Amazon juga melewati Negara Brazil.

Karena Sungai Amazon dinobatkan sebagai salah satu sungai terpanjang. Maka muncul beberapa perdebatan. Perdebatan ini sebenarnya tentang asal mula dari Sungai Amazon. Pada tahun 2014 lalu ada sebuah penelitian yang menyatakan jika Sungai Amazon masih bisa dilihat pada daerah Cordillera Rumi Cruz.

3. Sungai Yangtze

Sungai Terpanjang di Dunia
pinterest/traveltrivia.com

Di posisi ketiga ada Sungai Yangtze yang juga masuk ke dalam daftar sungai terpanjang di dunia. Sungai Yangtze sendiri terletak pada Negara Tiongkok. Selain itu aliran air di Sungai Yangtze juga menjadi jalur utama di Negara Tiongkok.

Lalu untuk panjang dari Sungai Yangtze adalah berkisar 6.300 km. Menariknya Sungai Yangtze adalah sebuah sungai yang berada di dalam satu Negara saja. Tak hanya itu saja, pasalnya Sungai Yangtze juga menjadi sungai paling panjang pada kawasan Asia.

Diulas lebih dalam lagi ternyata Sungai Yangtze juga memiliki area tempat tinggal sepertiga populasi di Negara Tiongkok. Bahkan pihak berwenang pada Negara Tiongkok juga menjelaskan jika sumber sungai adalah anak sungai yang kerap juga disebut dengan Tuo Tuo.

Dimana sumber sungai tersebut katanya mengalir dari Pegunungan di Tanggula di Xinjiang. Namun seiring berjalannya waktu ada sebuah penelitian yang menyebutkan pernyataan baru lagi. Pernyataan tersebut tentang sumber Sungai Yangtze bukanlah di Tuo Tuo.

Pernyataan tersebut mengacu jika Sungai Yangtze berasal dari area Jari Hill. Dimana lokasi dari Jari Hill ada di hulu dari Dam Qu Tributary. Anak-anak sungai akan bertemu dan membentulah Sungai Yangtze di Negara Tiongkok yang bermura di Laut Cina Timur.

4. Sungai Mississippi

Sungai Terpanjang di Dunia
pinterest/thegenxtravels.com

Berikutnya ada Sungai Mississippi yang masuk ke posisi ke empat. Sungai Mississippi juga dinyatakan sebagai salah satu sungai terpanjang di dunia. Sungai Mississippi memiliki panjang sekitar 6.275 km dan terletak di Amerika Serikat.

Beberapa cakupan dari Sungai Mississippi adalah Rivers Mississippi, Missouri dan Jefferson. Sungai Mississippi sendiri berasal dari Minnesota Utara. Sedangkan untuk sumber air dari Sungai Mississippi adalah Danau Itasca.

Lalu aliran air Sungai Mississippi akan mengarah ke Teluk Meksiko. Jika kalian memiliki pemikiran Sungai Jefferson adalah salah satu sumber terjauh dari Sungai Mississippi. Maka begini secara ringkas perjalanan Sungai Mississippi-Missouri-Jefferson untuk hasilnya.

Sekitar 10 Negara di Amerika Serikat akan dilewati aliran air Sungai Mississippi. Beberapa Negara tersebut antara lain adalah Mississippi, Missouri, Kentucky, Louisiana, Arkansas, Iowa, Tennessee, Illinois, Lowa, Wisconsin dan Minnesota.

Hal menarik dari Sungai Mississippi bukan hanya karena menjadi sungai terpanjang di dunia saja. Namun Sungai Mississippi juga memiliki sistem sungai terbesar di dunia. Hasil tersebut didapatkan dari perhitungan ukuran, keragaman hayati, dan adanya aktivitas biologis.

5. Sungai Yenisei – Angara – Selenga

Sungai Terpanjang di Dunia
pinterest/worldatlas.com

Posisi ke lima ada Sungai Yenisei – Angara – Selenga. Dengan ukuran panjang sekitar 5.539 membuat Sungai Yenisei – Angara – Selenga masuk ke dalam daftar sungai terpanjang di dunia. Tak hanya menjadi sungai terpanjang di dunia saja.

Namun Sungai Yenisei – Angara – Selenga juga menjadi sungai dengan aliran air terbesar yang menuju ke Samudra Arktik. Lalu untuk hulu dari Sungai Yenisei – Angara – Selenga terletak di Sungai Sellenge.

Perlu diketahui jika Sungai Sellenge memiliki panjang sekitar 992 km. Sedangkan untuk muara dari Sungai Sellenge adalah terletak di Danau Baikal. Lalu untuk Sungai Anggara memiliki hulu di Oblast Irkutsk Rusia. Dan pada akhirnya akan bertemu Sungai Yenisei yang terletak di area dekat Strelka.

Dari semua perjalanan yang dilakukan terebut. Sungai Yenisei akan bermuara di Samudra Arktik.

6. Sungai Huang He

Sungai Terpanjang di Dunia
pinterest/saetori.nl

Posisi keenam ditempati oleh Sungai Huang He. Dimana untuk ukuran panjang dari Sungai Huang He adalah kisaran sekitar 5.464 km. Jika dilihat dari artinya, maka menurut bahasa China Sungai Huang He memiliki arti sungai kuning.

Hal ini karena warna yang ditunjukkan oleh kondisi karakteristik air sungai tersebut. Kondisi kunging yang dialami oleh Sungai Huang He berasal dari adanya sedimen longgar pada area dalam Sungai Huang He.

Ada beberapa hal menarik dari Sungai Huang He. Salah satunya adalah tentang sebuah pernyataan yang menyebutkan jika sebagian besar Sungai Huang He dianggap sebagai tempat lahirnya peradaban daerah Tiongkok Kuno.

Selain itu, ada hal menarik lainnya yang menyebutkan jika Sungai Huang He adalah sungai terpanjang kedua di Negara China. Namun dibalik hal-hal menarik tersebut, Sungai Huang He juga kerap mengalami permasalahan genangan air.

Setiap kali hujan lebat, Sungai Huang He kerap mengalami luapan. Sehingga ketika ada sebuah luapan. Pemerintah Tiongkok akan memberikan aturan kepada warga setempat untuk lebih waspada terhadap hal-hal yang mungkin terjadi seperti luapan air dari Sungai Huang He.

7. Sungai Ob-Irtysh

Sungai Terpanjang di Dunia
pinterest/theverybesttop10.com

Berikutnya ada Sungai Ob-Irtysh yang juga masuk ke dalam daftar sungai terpanjang di dunia. Sungai Ob-Irtysh sendiri terletak tepat di Negara Rusia. Lalu untuk panjang dari Sungai Ob-Irtysh adalah sekitar 5.410 km.

Dengan ukuran panjang tersebut menjadikan Sungai Ob-Irtysh sebagai sungai terpanjang di dunia peringkat ke tujuh. Perlu diketahui juga jika sistem aliran yang dimiliki oleh Sungai Ob-Irtysh sepenuhnya masuk ke dalam wilayah Negara Rusia.

Pada musim tertentu kondisi dari Sungai Ob-Irtysh bisa menjadi berubah membeku seketika. Hampir dalam kurun waktu setengah tahun, kondisi dari Sungai Ob-Irtysh menjadi beku.

Selain itu ternyata hal menarik juga dimiliki oleh Sungai Ob-Irtysh. Dimana Sungai Ob-Irtysh masuk ke dalam daftar tiga sungai hebat di Negara Serbia. Dua sungai lain yang juga masuk ke dalam daftar sungai hebat wilayah Serbia ditempati oleh Sungai Yenisei dan Sungai Lena.

Hulu dari Sungai Ob-Irtysh adalah berada di Pegunungan Atlas dan untuk muaranya terletak di Samudra Arktik.

8. Sungai Parana

Sungai Terpanjang di Dunia
pinterest/naduvidaembarque.com.br

Selanjutnya ada Sungai Parana yang juga masuk ke dalam salah satu daftar sungai terpanjang di dunia. Perlu diketahui juga Sungai Parana memiliki volume debit air yang begitu besar. Adanya hal tersebut membuat Sungai Parana menempati urutan kedua sebagai sungai terbesar di benua.

Ukuran panjang yang dimiliki oleh Sungai Parana sendiri adalah berkisar sekitar 4.880 km. Lalu untuk hulu dari Sungai Parana adalah Amerika serikat. Sedangkan untuk muara yang dimiliki oleh Sungai Parana adalah berada di Rio de la Plata Argentina.

Memiliki ukuran panjang yang cukup besar, keberadaan dari Sungai Parana bisa menjadi pembagi wilayah atau pembatas antar Negara. Negara yang berhasil di batasi oleh Sungai Parana adalah Paraguay, Brasil dan Argentina.

Seiring berjalannya waktu, keberadaan Sungai Parana dimanfaatkan untuk digunakan sebagai media pembangkit listrik. Tentunya di area Sungai Parana juga dibangun sebuah dam. Namun sebelum adanya dam.

Sungai Parana sudah memiliki air terjun yang terbuat secara alami. Baik sebelum maupun sesudah adanya dam, Sungai Parana tetap menawarkan keindahan yang begitu eksotis.

Kondisi terkini dari Sungai Parana mengalami penurunan soal volume air. Kondisi ini juga berdampak ke beberapa aspek khususnya pada sistem pembangkit listrik, pelayaran perdagangan, pariwisata, perikanan, irigasi dan juga ketersediaan air minum.

Yang mana beberapa aspek tersebut memang membutuhkan adanya bantuan air dari Sungai Parana. Bahkan karena penurunan air yang ada di Sungai Parana mengakibatkan permukaan menjadi terlihat lebih rendah.

Pada bulan Mei 2022, Brasil membuka bendungannya. Tujuan dari dilakukannya pembukaan bendungan adalah agar perjalanan transportasi air menjadi lancar. Namun karena terlalu banyak gundukan pada Sungai Parana membuat kondisi transportasi air menjadi sedikit terkendala.

9. Sungai Kongo

Sungai Terpanjang di Dunia
pinterest/ecologiaverde.com

Berikutnya ada Sungai Kongo yang juga termasuk ke dalam sungai terpanjang di dunia. Sungai Kongo sendiri bereada di Negara Afrika. Lalu untuk panjang dari Sungai Kongo sendiri adalah sekitar 4.700 km.

Dengan panjang tersebut, Sungai Kongo berada di peringkat ke sembilan sebagai sungai terpanjang di dunia. Menariknya lagi Sungai Kongo juga termasuk ke dalam salah satu sungai terpanjang di Afrika. Dimana tempat pertama ditempati oleh Sungai Nil.

Tak hanya itu saja, hal menarik lain juga banyak ditunjukkan oleh Sungai Kongo. Pasalnya Sungai Kongo juga menjadi satu-satunya sungai yang memiliki jalur aliran sungai pada jalur khatulistiwa. Bahkan Sungai Kongo melewati jalur katulistiwa sebanyak dua kali.

Lalu Sungai Kongo juga dinobatkan sebagai sungai terdalam di dunia. Beberapa bagian di Kongi kabarnya memiliki kedalaman sekitar lebih dari 700 kaki. Bahkan ada juga yang memiliki kedalaman sekitar 230 m.

Jika kalian mengenal sungai Amazon sebagai sungai terganas di dunia. Maka dengan kedalaman yang begitu menakjubkan, Sungai Kongo juga termasuk ke dalam salah satu sungai yang memiliki sebutan paling berbahaya berikutnya.

Seorang kurator di Departemen Ichthyology di American Museum of Natural History di New York City menyebutkan juga menyebutkan jika Sungai Kongo memang sebagai sungai paling dalam di dunia. Awal temuan yang dilakukannya adalah ketika terjadi peristiwa kematian ikan secara misterius di area Sungai Kongo.

Kondisi kematian ini sudah ada sejak satu dekade lalu. Kematian dari ikan-ikan tersebut biasanya memiliki ciri seperti tubuh menjadi pucat dan mata mengalami kondisi kebutaan. Kondisi ini juga biasa disebut dengan sindrom dekompresi atau tikungan.

Secara mudahnya sindrom dekompresi bisa membuat sebuah gelembung udara yang berada pada darah tubuh ikan. Hal menarik lain yaitu adanya 300 spesies ikan yang menetap pada bagian paling bawah Sungai Kongo.

10. Sungai Amur

Sungai Terpanjang di Dunia
pinterest/dalintourist.com

Terakhir ada Sungai Amur yang juga masuk ke dalam deretan sungai terpanjang di dunia. Sungai Amur juga kerap disebut sebagai sungai Heilong Jiang. Lalu untuk panjang dari Sungai Amur sendiri adalah 4.444 km.

Dengan kisaran ukuran panjang tersebut, Sungai Amur menempati urutan ke sepuluh pada daftar sungai terpanjang. Aliran air dari Sungai Amur adalah pada perbatasan China Timur laut dan juga pada Negara Rusia.

Hal menarik dari Sungai Amur adalah sebagai salah satu sungai yang memiliki makna atau simbol khusus. Dimana Sungai Amur menjadi simbol Dalam Geo Paktor Geopolitik. Atau secara mudahnya keberadaan dari Sungai Amur bisa menjadi tanda adanya hubungan baik antara bangsa Tiongkok dengan bangsa Rusia.

Bahkan pada zaman perpecahan Sino Soviet yang terjadi pada tahun 1960. Keberadaan dari Sungai Amur sangat dianggap penting sekali.

Demikian pembahasan tentang sungai-sungai terpanjang yang ada di dunia. Sampai jumpa di artkel berikutnya!

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda