in ,

10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Tertarik Tinggal di Sana?

Sumber: CNN Indonesia

Negara paling bahagia di dunia – Siapakah negara paling bahagia di dunia? Pasti Grameds sedang menebak-nebak. Apakah Indonesia masuk dalam negara paling bahagia? Berikut negara-negara paling bahagia di dunia!

Dalam menghitung ukuran kebahagiaan suatu negara memang bukan hal yang mudah karena tidak ada sebuah standar yang pasti. Walaupun begitu, ada berbagai aspek yang bisa menjadi sebuah ukuran apakah masyarakat di negara itu merasa bahagia atau tidak. Seperti halnya masalah kualitas kesehatan, harapan hidup, stabilitas keuangan, kebebasan dan hubungan sosial.

Semua itu juga punya pengaruh atas skala kebahagiaan. Meski tetap sulit menentukan peringkat kebahagiaan, World Happiness Report selama sembilan tahun mencoba untuk meneliti hal tersebut.

Kompas Traveller - Amerika dan Eropa
Kompas Traveller – Amerika dan Eropa

Selain mempertimbangkan data biasa, pada 2021 World Happiness Report juga mengkaji dampak Covid-19 terhadap kualitas hidup masyarakat. World happiness report mempertimbangkan segala sesuatu mulai dari kesehatan mental dan interaksi sosial hingga keamanan kerja dan respons pemerintah terhadap pandemi.

Deretan Negara Paling Bahagia di Dunia Menurut Travel and Leisure

1. Finlandia

Negara paling bahagia di dunia
Sumber: Viva

Negara Finlandia mungkin memiliki musim dingin yang dingin dan gelap. Namun, gaya hidup warganya di daerah di bagian Utara ini bisa dibilang baik. Oleh karena itu, selama tiga tahun berturut-turut, Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia dan mendapat peringkat pertama sedangkan sebelumnya pada 2017 berada di posisi lima.

Dengan skor 7,889 Finlandia sekali lagi mengungguli negara lain dalam bidang dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan, persepsi korupsi dan distopia. Finlandia diketahui menawarkan penduduk dan para pengunjungnya akses ke air, hutan belantara yang luas dengan taman nasional dan resort ski mewah. Kemudian wilayah Lapland yang ikonik di negara itu juga menjadi rumah bagi orang Sami, rusa kutub dan northern lights.

Bahasa Swedia adalah bahasa Swenak atau bahasa Swedia (Svenska) ialah bahasa jermanik Utara dengan sekitar 9.000.000 penutur di Swedia, Finlandia,Estonia, Norwegia, Kanada dan Amerika Serikat. Finlandia berada di benua Eropa bagian Utara. Negara dengan ibukota Helsinki ini sangat dikenal akan ketepatan waktu dan kedisiplinan yang baik.

Secara geografi, negara ini memiliki luas wilayah mencapai 337.030 km2 dan berbatasan dengan Laut Baltic, Teluk Both ia, Rusia, Norwegia, Swedia hingga teluk Finlandia. Fakta unik negara Finlandia pertama adalah menjadi negara paling bahagia di dunia. Bahkan, Lembaga World Happiness Report telah menetapkan Finlandia sebagai juara pertama dalam kurun waktu 4 tahun.

2. Islandia

Negara paling bahagia di dunia
Sumber: Okezone Travel

Negara yang berada di kepulauan Nordik ini banyak disukai para pelancongnya karena menyuguhkan panorama indah. Wilayahnya dipenuhi mata air panas, gunung berapi, geyser dan pemandangan air terjun yang menakjubkan. Meski negara ini menjadi tujuan liburan yang terkenal bagi banyak wisatawan, penduduknya tetap bisa menikmati hidup berkualitas.

Bahkan, kini Norwegia naik peringkat dua sebagai negara paling bahagia di dunia. Sebelumnya Islandia mendapatkan peringkat keempat pada tahun 2020 lalu naik level di posisi kedua.

Bahasa Islan atau bahasa Islandia (Islenska) adalah bahasa yang dipertuturkan di Islandia. Bahasa ini merupakan sebuah bahasa dari rumpun bahasa Jermanik Utara yang paling arkais. Bahasa ini tidak banyak berbeda dengan bahasa Nordik Kuno. Kerabat terdekat bahasa Islandia adalah bahasa Faroe yang dituturkan orang Faroe.

Islandia juga memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah yang dikaitkan dengan standar hidup yang tinggi, populasi kecil, sikap sosial yang kuat terhadap kejahatan, tingkat kepercayaan yang tinggi pada kepolisian mereka yang terlatih dan berpendidikan tinggi, dan kurangnya ketegangan antara kelas sosial dan ekonomi.

Selain itu negara ini tidak memiliki militer, dan polisi tidak membawa senjata api, hanya tongkat yang dapat diperpanjang dan semprotan merica). Islandia juga memiliki undang-undang untuk menjamin kesetaraan, seperti pernikahan sesama jenis yang sah dan adopsi sesama jenis, kebebasan beragama, dan upah yang setara untuk pria dan wanita.

3. Denmark

Negara paling bahagia di dunia
Sumber: Pajakku

Denmark telah menjadi jembatan atas kesenjangan antara negara-negara Skandinavia Norwegia dan Swedia serta daratan Eropa. Negara ini kaya akan air dengan banyak pulau dan adanya pelabuhan Nyhavn yang ikonik berikut Ibu Kota Kopenhagen yang indah. Sayangnya, peringkat kebahagiaan di negara ini turun dari nomor dua pada tahun 2020 menjadi tiga pada tahun 2021.

Namun Denmark tetap konsisten dan masih menempati lima besar negara paling bahagia di dunia selama bertahun tahun. Bahasa Denmark adalah kongeriget Danmark adalah negara Nordik yang paling kecil dan paling selatan.

Denmark terletak di sebelah barat daya dari Swedia dan selatan dari Norwegia. Negara 8ni terletak di Skandinavia, Eropa Utara sehingga termasuk Uni Eropa namun tidak berada di Semenanjung Skandinavia.

Denmark adalah salah satu negara teraman dan paling bahagia di dunia. Denmark adalah salah satu dari sedikit negara di mana orang melaporkan merasa aman setiap saat, siang atau malam, bahkan anak-anak. Denmark memiliki tingkat kesetaraan yang tinggi dan rasa tanggung jawab bersama yang kuat untuk kesejahteraan sosial, dua hal yang berkontribusi pada keselamatan dan kebahagiaan Denmark.

Korupsi jarang terjadi dalam bisnis atau politik, karena kejujuran dan kepercayaan adalah prioritas utama di Denmark. Denmark juga merupakan negara kesejahteraan, artinya setiap orang menerima layanan dan fasilitas yang membantu mereka menjalani kehidupan yang nyaman. Setiap orang di negara ini memiliki akses ke perawatan kesehatan tanpa biaya tambahan, pendidikan gratis, dan manula disediakan pembantu perawatan di rumah.

4. Swiss

Negara paling bahagia di dunia
Sumber: CNN Indonesia

Swiss bisa dibilang sebagai negara pemecah arus bagi negara negara Nordik dan Skandinavia, itu karena negara kecil ini terselip di antara Perancis, Jerman, Austria dan Italia. Letaknya yang berada di tengah-tengah gunung terindah membuat negara ini menjadi rumah bagi desa-desa Alpine kuno, danau yang indah, resort ski, jalur hiking serta industri jam tangan dan coklat terkenal di dunia.

Faktor lainnya yang bisa membuat Swiss disebut termasuk negara bahagia adalah karena memiliki PDB yang stabil dan tinggi yang menawarkan keamanan finansial bagi penduduknya. Swiss secara resmi bernama Konfederasi Swiss adalah negara federal berisi 26 kanton di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman di utara, Perancis di barat, Italia di selatan, Liechtenstein dan Austria di Timur. Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen.

Berikut beberapa fakta unik mengenai negara Swiss:

a. Negara Terbersih di Dunia

Dengan kebersihan yang terjaga, Swiss menjadi tempat terindah karena memiliki hutan yang masih terjaga, beberapa pegunungan, margasatwa dalam kondisi terjaga, dan kualitas air yang bersih serta aman.

Kebersihan itu memberikan banyak efek baik, seperti tingginya tingkat kesehatan dan juga meningkatkan tingkat kebahagiaan masyarakat.

b. Wajib Militer

Swiss memiliki aturan wajib militer untuk laki-laki bisa berlaku sampai pada usia 55 tahun. Peraturan wajib militer pun sedikit berbeda, yaitu wajib militer dilakukan selama tiga minggu setiap tahun. Jadi laki-laki dewasa berusia di bawah 55 tahun harus melakukan wajib militer setiap tahunnya.

c. Memiliki Banyak Gunung yang Tinggi

Swiss juga terkenal karena menjadi tempat banyak gunung tertinggi di Eropa. Bahkan ada sekitar 208 gunung yang ada di Swiss dan menjadi tempat wisata para pendaki gunung dari berbagai negara.

d. Wajib Akrab dengan Tetangga

Dalam ujian untuk mendapatkan paspor, akan ada pertanyaan tentang hubungan pribadi dengan tetangga di sekitar tempat tinggal. Tetangga di sekitar tempat tinggal pun akan memberikan penilaian tentang orang yang ingin mendapatkan paspor. Sehingga sangat penting untuk menjalin keakraban dengan tetangga di sekitar tempat tinggal.

e. Coklat Menjadi Produk Kebanggaan Swiss

Coklat olahan dari Swiss memiliki cita rasa khas yang membuatnya menjadi terkenal. Bahkan ada banyak produk coklat dari Swiss yang terkenal di dunia.

5. Belanda

Negara paling bahagia di dunia
Sumber: Detik Travel

Belanda adalah sebuah negara yang sebagian besar terletak di Benua Eropa. Belanda merupakan bagian dari Kerajaan Belanda, sebuah negara monarki konstitusional yang mencakup seluruh bagian Belanda Eropa serta Belanda Karibia. Belanda terdiri dari dua belas provinsi di Eropa Barat dan tiga pulau teritori di Karibia. Belanda Eropa berbatasan dengan Laut Utara di utara dan barat, Belgia di selatan, dan Jerman du timur, serta berbagai perbatasan maritim dengan Belgia, Jerman, dan Britania Raya.

Belanda sendiri menganut sistem pemerintahan demokrasi parlementer yang disusun sebagai negara kesatuan. Ibu kota dan kota terbesarnya adalah Amsterdam, sedangkan pusat pemerintahan dan kedudukan monarkinya berada di Den Haag. Belanda sebagai keseluruhan sering kali disebut Holland meskipun istilah tersebut hanya mencakup provinsi Holland Utara dan Holland Selatan.

Negara yang terletak di sepanjang pantai barat laut benua Eropa ini telah menjadi lokasi favorit para pelancong. Ibu Kota Amsterdam juga terkenal dengan kanalnya, jalan yang ramah sepeda, museum dan rumah tempat Anne Frank bersembunyi selama Perang Dunia II.

Selain memiliki jumlah pengunjung yang mengesankan dari tahun ke tahun, negara ini adalah rumah bagi beberapa penduduk setempat yang merasa sangat bahagia. Oleh karena itu Belanda bisa meraih posisi lima menurut World Happiness Report pada tahun 2021.

Hygge:Seni Hidup Bahagia Orang Denmark
Hygge:Seni Hidup Bahagia Orang Denmark

6. Swedia

Negara paling bahagia di dunia
Sumber: Kompas.com

Swedia akhirnya bergabung juga dengan sesama negara Skandinavia dengan peringkat kebahagiaan tinggi yakni keenam. Negara ini kaya akan pulau-pulau pesisir, pegunungan glasial dan hutan serta danau yang luas. Populasi Swedia yang paling padat berada di ibu kota Stockholm dan kota kota besar seperti Gothenburg dan Malmo.

Kebahagiaan yang dimiliki dari warganya adalah akses ke alam yang bebas, harapan hidup yang tinggi, dukungan sosial yang kuat dan kebebasan hidup diantara kualitas lainnya. Wah, apakah Grameds tertarik tinggal di Swedia?

7. Jerman

Negara paling bahagia di dunia
Sumber: Detikcom

Jerman bisa dibilang naik peringkat dengan cukup pesat, sebelumnya berada di pulau tujuh. Dulunya, negara ini ada di peringkat 17 pada tahun 2020. Sebagai negara Eropa yang relatif besar dan berbatasan dengan sejumlah negara paling bahagia, seperti Denmark, Swiss dan Belanda, akhirnya Jerman bisa masuk ke dalam peringkat sepuluh.

Sebagai negara Eropa yang relatif besar dan berbatasan dengan sejumlah negara paling bahagia, seperti Denmark, Swiss dan Belanda, akhirnya Jerman bisa masuk ke dalam peringkat sepuluh. Selain menyediakan kehidupan yang bahagia bagi masyarakatnya. Jerman terkenal dengan banyak hal, terutama Ibu Kota Berlin yang kaya akan seni dan kehidupan malam, serta Oktoberfest tahunan di Munich yang meriah.

8. Norwegia

Negara paling bahagia di dunia
Sumber: Gora Juara

Norwegia merupakan negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, Rusia, Britania, Raya di barat daya dan 1.000 kilometer dari Islandia di arah barat. Pantainya yang berada di Samudra Atlantik Utara dan Laut Barents adalah lokasi dari fyord terkenal. Svalbard dan Jan Mayen di bawah kedaulatan Norwegia berdasarkan Traktat Svalbard. Norwegia memiliki sebuah pulau bernama Bouvet yang terletak di Samudra Atlantik. Luas total Norwegia adalah 385,207.

Norwegia pada tahun 2021 berada di urutan delapan dan cukup turun dibandingkan pada tahun 2020 yang masuk ke peringkat lima dan sempat berada di posisi tiga pada 2019. Meski turun peringkat kebahagiaan, Norwegia tetap mengesankan bagi World Happiness Report selama ini. Apalagi sebagai negara pesisir yang berbatasan dengan Swedia, Norwegia dikenal sebagai tanah Viking dengan lanskap yang mencakup Fjord, pegunungan dan gletser raksasa yang indah.

9. Selandia Baru

Negara paling bahagia di dunia
Sumber: Yoursay

Peringkat sembilan sebagai negara paling bahagia dari negara non Eropa adalah Selandia Baru. Negara pulau di Oseania itu berada di lepas pantai Australia dan terdiri dari dua pulau utama yakni Pulau Utara dan Pulau Selatan dengan lebih dari 700 pulau kecil. Sebelumnya, Selandia Baru pada 2020 masuk ke peringkat delapan dan turun satu peringkat untuk tahun 2021. Bisa dibilang negara ini tetap stabil berkat sistem dukungan sosial yang kuat dan perasaan distopia yang rendah di antara faktor lainnya.

Selandia Baru adalah negara teraman kedua di dunia. Seperti Islandia, Selandia Baru memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah, terutama kejahatan dengan kekerasan. Meski begitu, pencurian masih menjadi kejadian umum, terutama bagi wisatawan. Selandia Baru tidak memiliki hewan yang mematikan, tidak seperti negara tetangganya Australia, yang dikenal memiliki beberapa satwa liar yang berbahaya.

Namun skor Selandia Baru sedikit menurun dari tahun sebelumnya akibat serangan teror di dua masjid di Christchurch pada 15 Maret 2019, yang menewaskan 51 orang. Warga Selandia Baru umumnya berpikiran terbuka dan memiliki undang-undang yang berlaku untuk mencegah penyalahgunaan kebebasan berbicara atau berekspresi siapa pun. Seperti Islandia, polisi di Selandia Baru tidak membawa senjata api.

10. Austria

Negara paling bahagia di dunia
Sumber: Hotel

Austria menjadi negara yang baru saja masuk ke sepuluh besar World Happiness Report 2021. Negara Eropa ini berada di tengah-tengah masuk daratan yang terkenal dengan pegunungannya yang indah, tempat bermain ski yang bagus dan kota musik Wina yang artistik sekaligus menjadi ibu kota Austria. Selain olahraga dan pemandangan seni yang indah, Austria terus mendapat peringkat yang baik dalam faktor-faktor yang membuat suatu negara bahagia, termasuk kemurahan hati. PDB dan harapan hidup yang baik.

Austria juga menjadi negara teraman keempat di dunia. Meski begitu, Austria sempat melihat penurunan indikator demonstrasi kekerasan setelah pemilihan Partai Rakyat Sebastian Kurz pada Oktober 2017. Karena ketidakstabilan politik negara, kerusuhan sosial telah meningkat. Namun sebaliknya, Austria adalah negara yang sangat aman untuk dikunjungi. Kejahatan serius jarang terjadi, meskipun orang harus waspada terhadap pencopet dan pencuri dompet. Selain itu, Austria telah terhindar dari tindakan terorisme besar.

Hidup Sehat Dan Seimbang Ala Orang Finlandia
Hidup Sehat Dan Seimbang Ala Orang Finlandia

Lalu Indonesia menduduki peringkat berapa? Meski didominasi oleh negara-negara Eropa, namun terdapat negara Asia Tenggara yang masuk 40 besar dalam peringkat negara paling bahagia di dunia, lho! Negara itu adalah Singapura yang menempati posisi ke 32. Disusul negara Asia Tenggara kedua adalah Thailand yang menempati peringkat 53. Sementara Indonesia berada di peringkat ke 80 sebagai negara paling bahagia di dunia berdasarkan World Happiness Report 2022.

Jika Grameds ingin mengetahui lebih dalam mengenai negara paling bahagia di dunia yang disebutkan di atas, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi