in

Cara Membuat Lulur Alami di Rumah yang Praktis dan Ekonomis

Cara Membuat Lulur Alami – Bagi kalian yang ingin memiliki kulit mulus dan sehat, cobalah untuk menggunakan lulur secara rutin. Banyak manfaat lulur yang bisa kalian rasakan. Salah satunya adalah untuk mengangkat sel kulit mati, agar kulit kalian tidak kusam.

Lulur merupakan produk perawatan kulit yang sudah dikenal sejak dulu. Saat ini sudah banyak produk lulur yang mengklaim bisa memberikan manfaat untuk kulit. Meski demikian, kalian juga harus cermat dalam memilih produk lulur yang tepat dan aman agar hasilnya maksimal.

Melakukan eksfoliasi secara rutin dengan lulur bisa jadi cara menjaga kulit tetap sehat, mulus, dan putih. Namun, tidak semua orang dapat membeli lulur merk-merk terkenal, khususnya pelajar. Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat dari pemakaian lulur dan cara membuat lulur alami untuk memutihkan kulit.

Manfaat Lulur untuk Kulit

Kulit merupakan pelindung pertama yang memiliki sifat tahan air. Kulit juga membantu pengaturan suhu dengan membantu mendinginkan tubuh melalui keringat. Selain itu, kulit yang sehat dan terawat juga penting penting untuk mendukung kepercayaan diri seseorang. Dikarenakan fungsi dan perannya yang penting, kalian sebaiknya menjaga kesehatan kulit.

Ada beragam cara untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya adalah menggunakan lulur. Beberapa manfaat menggunakan lulur antara lain:

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kulit akan cenderung terlihat kusam ketika ada penumpukan sel mati yang kering di permukaan kulit. Salah satu cara untuk mempercepat pergantian sel kulit mati dan mendapatkan lapisan kulit yang baru adalah dengan menggunakan lulur yang mengandung scrub. Lulur yang mengandung scrub akan membantu pengelupasan kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, lakukanlah lulur paling tidak seminggu sekali.

2. Membuat Kulit Lebih Cerah

Saat menggunakan lulur, sel-sel kulit mati yang membuat kulit kusam akan terangkat, sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah. Selain itu, menggunakan lulur juga bisa merangsang produksi kolagen yang membuat kulit lebih sehat dan berseri.

3. Menyamarkan Selulit

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa produk lulur yang terbuat dari kopi mampu menghilangkan selulit. Hal ini tidak lepas karena efek kafein yang dipercaya mampu membantu mengencangkan kulit. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas dari lulur kopi ini.

Untuk mendapatkan manfaat ini, pilih dan gunakan lulur yang sudah terjamin keamanannya. Jika menggunakan produk yang dijual bebas, pastikan sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Cara Membuat Lulur Alami Pemutih Badan

Mempunyai kulit putih yang mulus tentunya menjadi dambaan bagi banyak orang, khususnya kaum perempuan. Hal ini sering kali menjadi standar kecantikan tertentu.Bagi kaum perempuan, kondisi kulit wajah yang putih dan bersih dapat memberikan beberapa manfaat, seperti riasan make up yang lebih mudah diaplikasikan dan menempel dengan sempurna di permukaan kulit.

Itulah alasan yang membuat banyaknya brand berlomba-lomba mengeluarkan produk perawatan kulit. Selain sangat laku di pasaran, produk perawatan kulit pastinya akan selalu digunakan, terutama bagi kaum perempuan untuk merawat penampilan.

Setiap brand selalu berusaha mengembangkan inovasi-inovasi terbaru untuk produk mereka, termasuk produk untuk memutihkan kulit. Namun, produk yang dijual di pasaran tentunya tidak dibanderol dengan harga murah, apalagi jika berasal dari brand mendunia.

Untuk itu, ada cara alternatif lain agar bisa mendapatkan kulit yang putih dan mulus tanpa harus merogoh kocek besar, yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih aman. Bahan-bahan alami memiliki beragam manfaat, salah satunya dapat memutihkan kulit secara permanen. Tak jarang produk perawatan kulit yang dijual di pasaran juga memanfaatkan khasiat bahan alami sebagai kandungan utamanya.

Bahan-bahan alami tersebut dapat diolah menjadi lulur atau masker yang bisa digunakan sebagai produk perawatan kulit. Perlu dicatat di sini bahwa memutihkan kulit secara alami itu aman, tetapi membutuhkan proses yang cukup lama. Lulur alami bisa dibuat untuk memanfaatkan bahan-bahan yang sederhana yang mudah didapatkan.

Berikut beberapa cara membuat lulur pemutih untuk tubuh yang hasilnya permanen.

1. Lulur Beras

Lulur beras memiliki efektivitas yang cukup tinggi sebagai bahan pemutih kulit alami untuk badan. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang berfungsi untuk melindungi dan memutihkan kulit. Berikut cara mengolah beras menjadi lulur pemutih yang mampu memutihkan badan secara permanen.

  • Siapkan enam sendok beras putih (takaran sendok makan) yang sudah dibersihkan atau sesuai kebutuhan.
  • Siapkan air untuk mengairi beras atau boleh menggunakan susu murni.
  • Siapkan wadah, alat giling beras atau batu, dan sendok.
  • Beras digiling dengan alat penggiling sampai menjadi halus, taruh ke dalam wadah yang sudah disiapkan.
  • Setelah itu, campurkan air atau susu murni dalam wadah dan aduk sampai merata.
  • Setelah beras yang digiling dan air sudah tercampur merata, oleskan di kulit badan sambil digosok secara perlahan.
  • Jika semua area sudah diluluri, diamkan selama satu jam.
  • Setelah satu jam, bilas kulit dari sisa lulur beras yang menempel dan lihat perbandingan kulit sebelum dan sesudah memakai lulur.

2. Lulur Bengkuang

Bengkuang sudah sejak lama dipakai untuk perawatan kulit karena memiliki banyak kandungan vitamin B dan C. Kedua vitamin ini memiliki peran penting untuk memutihkan kulit. Selain itu, vitamin C yang ada di dalam bengkuang merangsang sel-sel kulit untuk beregenerasi. Berikut cara membuat lulur pemutih dari bengkuang.

  • Siapkan bengkuang yang sudah dibersihkan.
  • Siapkan air untuk mengairi bengkuang.
  • Siapkan wadah, alat parut, dan saringan.
  • Parut bengkuang lalu peras airnya dan pisahkan dengan saringan di wadah yang berbeda.
  • Setelah itu, oleskan perasan air bengkuang ke badan secara merata.
  • Diamkan lulur bengkuang selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.
  • Pakai parutan atau ampas bengkuang sebagai scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati agar lebih cerah dan bersinar.
  • Pijat-pijat sembari membalurkan scrub ke wajah selama satu menit, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Lulur Yoghurt

Yoghurt memiliki banyak manfaat untuk kulit, antara lain mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, memudarkan nota hitam, dan mencegah munculnya tanda penuaan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lulur ini, yaitu satu sendok makan yoghurt, satu sendok teh madu, tiga sendok makan gula pasir, dan minyak zaitun secukupnya.

Cara membuatnya cukup sederhana, yaitu campurkan semua bahan menjadi satu sampai membentuk pasta kasar. Jika masih belum mendapatkan konsistensi yang sesuai, tambahkan lebih banyak yoghurt atau madu.

4. Lulur Kunyit

Kunyit sudah banyak digunakan untuk produk perawatan kecantikan di Indonesia. Ini dikarenakan kunyit mempunyai banyak kandungan vitamin C yang mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit. Membuat campuran lulur dari kunyit dan minyak kelapa akan membuat kulit kalian juga lebih lembut.

Bahan yang digunakan untuk membuat lulur ini, yaitu 100 gram gula, dua sendok teh bubuk kunyit, dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuatnya, yaitu siapkan mangkuk dan campurkan semua bahan, lalu aduk rata hingga mendapatkan konsistensi yang diinginkan. Dikarenakan campuran lulur mungkin sedikit kasar karena gula, oleskan lulur ke kulit dengan lembut agar tidak tergores.

5. Lulur Garam Laut

Butiran garam laut bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih sehat. Namun, jangan memilih butiran garam yang terlalu kasar agar tidak menggores dan melukai kulit. Bahan yang digunakan untuk membuat lulur ini, yaitu 100 gram garam laut dan minyak zaitun secukupnya.

Cara membuatnya, yaitu campurkan kedua bahan dalam satu wadah, lalu aduk sampai rata. Jika belum mendapatkan konsistensi yang diinginkan, tambahkan garam atau minyak lagi sampai membentuk pasta. Lulur bisa langsung digunakan atau disimpan di dalam wadah kedap udara.

6. Lulur Lemon dan Gula

Lemon dan gula adalah dua perpaduan bahan alami yang tepat untuk merawat kulit dan mengangkat sel kulit mati. Lulur ini sangat ekonomis dan tentu saja memiliki khasiat yang ampuh. Bahan yang digunakan untuk membuat lulur ini, yaitu dua sendok makan gula pasir, satu sendok makan gula, dan satu buah lemon utuh.

Cara membuatnya, yaitu iris lemon menjadi dua bagian, lalu peras airnya. Campurkan semua bahan dan aduk sampai mendapatkan konsistensi yang diinginkan. Usapkan lulur ke permukaan kulit yang sudah dibersihkan.

7. Lulur Matcha dan Teh Hijau

Bubuk matcha juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sama halnya dengan teh hijau. Lulur matcha dan teh hijau bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Bahan yang digunakan untuk membuat lulur ini, yaitu 100 gram gula, satu sendok teh bubuk matcha, satu sendok teh daun teh, dan minyak jojoba.

Cara membuatnya, yaitu campurkan semua bahan ke dalam mangkuk, lalu aduk sampai membentuk pasta. Tambahkan beberapa tetes minyak jojoba lebih banyak untuk membentuk pasta lulur yang pas.

8. Lulur Alpukat dan Madu

Alpukat adalah buah yang kaya akan antioksidan dan nutrisi yang baik untuk kulit. Sementara itu, madu memiliki properti antiseptik dan anti peradangan. Campuran lulur ini tidak hanya dapat digunakan untuk badan saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai masker untuk wajah.

Bahan yang digunakan untuk membuat lulur ini, yaitu 1/2 buah alpukat dan tiga sendok teh madu. Cara membuatnya, yaitu campurkan kedua bahan, lalu aduk sampai tercampur dengan rata. Tambahkan sedikit gula pasir jika digunakan sebagai lulur badan.

9. Lulur Garam Himalaya

Garam himalaya adalah bahan alami yang dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati. Jika ingin membuat lulur ini, tambahkan minyak alami seperti minyak zaitun untuk memberikan efek melembutkan kulit. Bahan yang digunakan untuk membuat lulur ini, yaitu 100 gram garam himalaya dan minyak zaitun (bisa diganti dengan minyak lain, seperti minyak almond atau minyak jojoba).

Cara membuatnya, yaitu tuangkan garam himalaya ke dalam wadah, kemudian tambahkan minyak zaitun secukupnya sampai garam membentuk pasta kasar. Jika lulur masih belum cukup lembut untuk dioleskan ke kulit, tambahkan beberapa tetes minyak hingga mendapatkan konsistensi yang tepat.

10. Lulur Kopi

Kopi dikenal karena khasiatnya dalam menahan kantuk dan membuat kalian tetap fokus. Ternyata, kandungan kafein di dalamnya juga bisa mencegah munculnya garis halus dan penuaan dini di kulit. Butiran lembut kopi juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

Bahan yang digunakan untuk membuat lulur ini, yaitu 125 gram bubuk kopi, dua sendok makan air panas, dan satu sendok teh minyak kelapa. Cara membuatnya, yaitu campurkan semua bahan ke dalam satu mangkuk. Aduk sampai semua bahan tercampur rata dan lulur siap digunakan.

11. Lulur Oatmeal

Oatmeal juga dikenal mampu mengangkat sel kulit mati dengan efektif. Bahan yang digunakan untuk membuat lulur ini, yaitu 100 gram oatmeal, 100 gram cokelat hitam, 100 mililiter madu, dan minyak jojoba secukupnya. Cara membuatnya, yaitu haluskan oatmeal dan brown sugar dengan blender, lalu tuangkan ke dalam mangkuk. Selanjutnya, campurkan madu dan jojoba oil. Aduk sampai membentuk pasta kasar. Oleskan lulur di permukaan kulit yang sudah dibersihkan.

12. Lulur Mangga

Hampir semua orang menyukai buah mangga. Asam atau pun manis, buah ini sangat menyegarkan, apalagi jika dikonsumsi saat cuaca panas. Tidak hanya menyegarkan mulut, buah mangga juga mampu menyegarkan kulit jika digunakan sebagai lulur karena mengandung banyak vitamin yang mampu meremajakan kulit. Sebut saja vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Untuk membuat lulur mangga, hancurkan daging buah mangga dan campurkan dengan seperempat gelas gula pasir dan setengah gelas minyak kelapa. Gosokan ke seluruh tubuh dan bilas.

13. Lulur Labu

Lulur alami satu ini berbeda dari yang lainnya. Kalau umumnya lulur memiliki tekstur kasar, lulur alami dari labu memiliki tekstur yang sangat lembut dan nyaman di kulit. Namun jangan salah, meskipun memiliki tekstur lembut, lulur alami dari labu tetap bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dalam labu dapat mengembalikan kulit yang rusak dan mencerahkannya.

Cara membuat lulur alami dari bahan labu terbilang sederhana, yaitu kukus labu hingga empuk dan pisahkan dari kulitnya. Selanjutnya, haluskan labu kukus tersebut, lalu tambahkan madu dan soda kue. Setelah tercampur rata, lulur labu siap digunakan.

14. Lulur Kuning Jawa

Lulur kuning jawa menggunakan bahan dasar pandan wangi, sari tepung beras, kunyit, dan temu giring. Lulur ini dapat mendinginkan kulit, sehingga tampak kuning langsat, bersih, serta halus. Cara membuatnya adalah mencampurkan campuran bahan-bahan tersebut dengan air mawar hingga memperolah campuran yang pekat.

Selanjutnya, oleskan minyak cendana di bagian tubuh yang akan dilulur, lalu gosokkan lulur yang sudah dicampur air sari mawar tadi. Gosok dengan gerakan memutar dan tekan dorong agar proses pengangkatan sel-sel kulit mati berjatuhan bersamaan dengan sisa lulur.

15. Lulur Boreh Bali

Lulur dari Bali ini biasanya dibuat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi, menghangatkan tubuh, dan merileksasi otot-otot. Perawatan ini diawali dengan pemijatan agar peredaran darah kita lancar, lalu diikuti dengan saluran getah bening yang lancar. Setelah pemijatan, terapis akan mengoleskan boreh yang dibuat dari campuran bubuk boreh dengan sari air mawar.

Boreh sendiri terbuat dari rempah-rempah alami yang terdiri atas kunyit, cengkeh, pala, lengkuas, jahe, dan kayu manis. Fungsinya untuk memperlancar peredaran darah, melembutkan kulit, memiliki efek menghangatkan tubuh, membantu tubuh mengeluarkan racun, dan memberikan keseimbangan suhu tubuh. Jika kita sedang mengalami gejala flu, keletihan, dan pegal-pegal, silakan melakukan perawatan lulur boreh Bali.

Demikianlah resep lulur alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Bahan-bahan di atas cukup mudah untuk ditemukan di sekitar. Selain mudah, bahan-bahan lulur ini tergolong murah meriah dan tentunya aman untuk digunakan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan masing-masing lulur di atas setidaknya sebanyak tiga kali seminggu.

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Kulit

Selain menggunakan lulur, ada juga beragam tips sederhana yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu:

  • Lindungi kulit dari matahari. Oleskan tabir surya atau gunakan pakaian yang menutupi kulit ketika beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.
  • Rawat kulit dengan baik. Gunakan sabun berbahan lembut dan oleskan pelembab. Sebisa mungkin batasi frekuensi mandi dengan air hangat, karena bisa mengurangi kelembapan kulit.
  • Konsumsi makanan sehat. Beberapa makanan yang bisa membantu kulitmu tetap sehat adalah biji-bijian, protein tanpa lemak, dan makanan yang kaya akan vitamin C.
  • Jangan merokok dan hindari paparan asap rokok. Hal ini dikarenakan zat kimia yang terkandung dalam asap rokok dapat mengganggu aliran darah ke kulit dan mengurangi produksi kolagen.
  • Kelola stres. Stres yang tidak terkelola dengan baik bisa membuat kalian lalai, bahkan tidak merawat kulit. Sebisa mungkin kelola stres dengan cara yang positif, luangkan waktu untuk merawat kulit, dan beristirahatlah dengan cukup.

Lulur yang digunakan secara rutin dapat membantu kulit tetap sehat, kencang, dan cerah. Namun, jika kalian memiliki kondisi kesehatan kulit tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakannya. Selain itu, jangan hanya bergantung kepada lulur saja. Kalian juga disarankan untuk melakukan kebiasaan dan pola hidup sehat agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien