in ,

Sifat Golongan Darah B dan Fakta Uniknya

Sumber: Pexels

Sifat golongan darah B – Tahukan Grameds bahwa mengetahui sifat atau karakter seseorang melalui golongan darah, pertama kali dipopulerkan oleh seorang profesor asal Jepang, bernama Takeji Furukawa pada tahun 1930-an.

Meskipun mengenali karakter dan sifat seseorang melalui golongan darah cukup populer, akan tetapi cara satu ini belum memiliki dasar ilmiah yang dapat membuktikan kebenarannya.

Terlepas dari itu, Grameds pasti pernah menemui kecocokan sifat antara pemilik golongan darah B dengan golongan darah B atau yang lainnya? Seperti pemilik golongan darah B yang dikenal kurang bisa mengikuti peraturan.

Orang yang memiliki golongan darah B adalah sosok yang unik, mereka dikenal sebagai orang yang santai, kreatif serta fleksibel. Mereka juga dikenal sebagai orang yang mudah bergaul dengan orang lain.

Selain karena sifat golongan darah B yang unik, mereka juga memiliki keunikan lainnya. Golongan darah B adalah golongan darah yang memiliki keistimewaan, karena mereka mampu mengobati seseorang yang memiliki penyakit kelainan darah seperti bentuk keping darah yang seperti bulan serta penyakit thalasemia.

https://www.gramedia.com/products/diet-sehat-golongan-darah-b-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Nah, apa sifat golongan darah B yang lain dan apa keunikannya? Simak penjelasannya pada artikel ini ya!

Sifat Golongan Darah B dalam Hubungan Sosial

sifat golongan darah b
Sumber: Pexels

Kesan pertama yang akan Grameds dapatkan ketika mengenali seseorang dengan golongan darah B adalah bersahabat serta ramah. Grameds akan mendapatkan kesan yang berbeda ketika mengenal seseorang dengan golongan darah B, karena mereka memiliki sifat berbeda dari tipe A.

Pada umumnya, seseorang yang memiliki golongan darah B adalah orang yang tidak akan mengorbankan perasaan serta kesenangan mereka sendiri demi orang lain.

Selain itu, golongan darah B adalah tipe orang yang memiliki banyak energi untuk bersosialisasi dengan orang lain dan mudah beradaptasi serta percaya diri ketika bersama dengan banyak orang.

Mereka adalah orang yang memiliki kepribadian kuat, mudah bergaul dan memiliki sikap optimis. Secara umum, mereka adalah orang yang jujur serta selalu berterus terang ketika ingin berkata sesuatu.

Dalam lingkaran pertemanan, golongan darah B adalah sosok teman yang ramah dan menyenangkan, sehingga tidak heran jika mereka memiliki banyak teman. Mereka juga senang menjadi pusat perhatian.

Namun, ketika menjadi pusat perhatian, mereka akan tetap bersikap bijaksana serta dapat memposisikan dirinya sesuai dengan lingkungannya.

Di samping itu, tipe darah B adalah sosok yang memiliki empati tinggi pada orang lain. Oleh karena itu ketika memiliki teman, mereka mampu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain. Selain itu, tipe B adalah teman yang dapat diandalkan oleh orang lain.

Berbeda dari orang tipe A yang dikenal disiplin dan sedikit kaku, orang dengan golongan darah B biasanya cenderung lebih fleksibel terhadap peraturan. Mereka juga menyukai bahasa tubuh untuk lebih mengenal orang lain.

Selain sifat positif yang dimiliki oleh golongan darah B, mereka juga memiliki sifat negatif seperti egois, tidak kooperatif, tidak dapat bertanggung jawab serta sulit untuk diprediksi.

Oleh karena itu, mereka cenderung memilih menyendiri jika sudah mendapatkan diskriminasi khusus atau perlakuan yang tidak mengenakan lainnya.

Sifat Golongan Darah B dalam Hal Percintaan

sifat golongan darah b
Sumber: Pexels

Dalam hubungan percintaan, orang yang memiliki golongan darah B adalah orang yang sangat mengandalkan intuisi yang mereka miliki untuk menilai orang lain atau mendapatkan kesan pertama tentang orang lain.

Hal ini yang membuat mereka mudah memiliki teman baru, akan tetapi cukup sulit menemukan pasangan kekasih yang benar-benar cocok. Karakter dari golongan darah B yang mudah bergaul, terkadang disalah artikan oleh orang lain sebagai sifat main-main atau genit kepada lawan jenisnya.

Karena sifat inilah, orang dengan golongan darah B umumnya akan cocok apabila menjalin hubungan asmara dengan orang yang memiliki golongan darah AB atau B, karena mereka akan saling memahami satu sama lain.

Perempuan yang memiliki golongan darah B adalah tipe perempuan yang mandiri serta menyukai kebebasan. Mereka juga sosok yang spontan serta orang yang dikenal menyenangkan di sekitar orang lain.

Selain menyenangkan, perempuan tipe B adalah orang yang memiliki pikiran terbuka atau open minded. Akan tetapi disaat bersamaan pula, perempuan tipe B adalah orang yang lebih mudah terpengaruh oleh emosinya serta cukup rentan dengan perubahan suasana hati. Karena sifat ini pula, mereka cenderung sulit diajak berkomunikasi.

Sementara itu, laki-laki dengan tipe golongan darah B adalah sosok pasangan yang cerdas, humoris dan sering menjadi pusat perhatian. Hal ini membuat laki-laki tipe B menjadi laki-laki yang cukup populer di kalangan para perempuan.

Meskipun cukup populer, laki-laki tipe B cenderung kehilangan minta dengan cepat dan membuat mereka dicap sebagai laki-laki playboy. Padahal, jika mereka sudah dekat dan memiliki hubungan cukup kuat dengan orang lain, mereka adalah tipe pasangan yang setia dan cukup semangat.

Mereka juga akan berusaha membuat pasangannya menjadi perempuan yang merasa paling beruntung di dunia.

Sifat Golongan Darah B dalam Hal Karier atau Pekerjaan

sifat golongan darah b
Sumber: Pexels

Dalam bidang pekerjaan atau karir, orang dengan golongan darah B adalah sosok yang mudah beradaptasi dengan suatu hal. Sehingga mereka cenderung cepat menyelesaikan suatu pekerjaan, meskipun tugas yang diberikan adalah tugas baru dengan bidang yang baru saja mereka pahami.

Mereka akan menunjukan semangat sekaligus energi positif di lingkungan kerja, sehingga koleganya pun dapat merasakan energi positif yang mereka miliki. Hal ini akan membuat orang dengan golongan darah B lebih cocok menjadi pemimpin atau bekerja pada bidang pekerjaan yang memiliki hubungan dengan banyak orang.

Karakter orang tipe B dapat menjadi karyawan yang jujur, kreatif sekaligus pekerja keras. Mereka tidak suka mengkonfrontasi orang lain dan lebih menyukai cara penyampaian yang diplomatis dan dapat diterima oleh semua pihak.

Dengan karakter diplomatis tersebut, mereka dengan mudah menjadi orang yang dipercaya dalam hal pekerjaan dan dipercaya oleh kolega serta kliennya. Dapat dikatakan, bahwa mereka adalah public speaker yang baik dengan kompetensi tinggi.

Sebagai sosok yang memiliki jiwa kreatif, mereka akan mengambil keputusan dengan baik dan tepat. Akan tetapi di sisi lain, mereka tidak pandai menerima perintah dari atasan atau koleganya. Mereka akan menempatkan setiap bagian dari diri mereka agar menjadi salah satu fokus utama dalam diskusi. Karena mereka selalu ingin menjadi yang terbaik.

Ketika bekerja, orang tipe B ingin selalu menjadi yang terbaik serta berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memenuhi standar yang telah ditentukan. Sayangnya, hal ini justru menjadi batu sandungan bagi orang tipe B, sebab mereka bukanlah tipe yang bisa multitasking.

Sifat Positif Golongan Darah B

sifat golongan darah b
Sumber: Pexels

Orang dengan golongan darah B memiliki sifat dan karakter positif yang membuat mereka disukai oleh banyak orang dan memiliki banyak teman. Salah satu sifat positif yang dimiliki oleh orang tipe B adalah optimis serta mencintai kebebasan. Lalu apa sifat positif lain yang dimiliki oleh tipe B? Berikut penjelasannya.

1. Optimis dan Mencintai Kebebasan

Sifat positif yang pertama dari orang dengan golongan darah B adalah selalu optimis serta mencintai kebebasan. Mereka adalah tipe orang yang ramah pada orang lain, memiliki jiwa kepemimpinan, menyenangkan ketika diajak berbicara serta melakukan segala sesuatu dengan caranya sendiri.

Selain itu, mereka adalah sosok yang mudah bergaul serta tenang ketika memiliki masalah serta ketika berusaha menyelesaikan masalah tersebut. Bahkan ketika mereka terganggu maupun tertekan karena masalah pekerjaan, mereka tetap akan optimis bahwa semuanya akan berjalan baik-baik saja.

Orang tipe B juga sosok yang sering memuji serta menyanjung orang lain. Mereka mudah untuk menyesuaikan diri serta beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan senang apabila menerima pujian.

2. Bijaksana dan Dewasa

Dewasa dan bijaksana mungkin adalah salah satu cara yang tepat untuk mendeskripsikan orang tipe B. mereka mampu mengambil keputusan dengan bijak tanpa berat sebelah dan membuat orang lain merugi atau kecewa dengan keputusannya.

Ketika menghadapi masalah, mereka juga tidak terburu-buru menilai atau panik. Mereka akan bersikap dewasa dan menanggapi masalah dengan cara sebaik mungkin. Selain itu, mereka juga akan memberikan peluang bagi kolega atau temannya untuk dapat bekerja serta memberikan pendapat agar mampu mencapai tujuan bersama.

Mereka adalah orang yang selalu menghargai dunia mereka sendiri, memiliki pola pikir yang cukup fleksibel serta mencintai kebebasan. Selain itu, mereka juga mudah menyerap ilmu dari orang lain dan membuat dirinya cepat maju serta sukses.

3. Selalu Bersikap Ramah

Memiliki hati yang lembut serta selalu bersikap ramah pada orang lain, menjadi sifat positif yang dimiliki oleh orang tipe B. Di sisi lain, mereka adalah orang bersimpati dengan keadaan yang dialami oleh orang lain. Mereka tidak akan segan menunjukan kepeduliannya ketika ada orang yang mengalami kesulitan.

Sering kali orang tipe B menunjukan reaksi atau sikap yang dilakukan tanpa sadar. Mereka tidak merencanakan sebelumnya untuk bersikap baik dengan si A atau si B, karena mereka hanya ingin berbuat baik saja.

4. Public Speaker yang Handal dan Pandai dalam Berkomunikasi

Tidak hanya ramah dan pandai, orang tipe B adalah sosok public speaker yang handal serta pandai berkomunikasi dengan orang lain, meskipun mereka baru mengenalnya.

Mereka mampu membuat orang lain tertarik dengan topik yang mereka bicarakan dan mampu menarik orang lain agar ingin mengenal mereka lebih dekat.

Ketika menjalin komunikasi dengan orang lain, mereka akan menciptakan suasana yang bersahabat serta menyenangkan. Sehingga ketika berbicara dengan orang lain, lawan bicara akan memperhatikan mereka.

Karena sifat ini pula, orang tipe B selalu menjadi pusat perhatian dan incaran bagi lawan jenisnya. Kepribadiannya yang jujur juga membuat mereka lebih mudah bergaul dengan semua orang.

5. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Besar

Jika dibandingkan dengan golongan darah lain, tipe B adalah orang yang memiliki rasa ingin tahu cukup besar tentang segala hal. Mereka selalu penasaran serta berusaha mencari tahu kebenaran.

Hal ini karena mereka ingin merasa puas dengan mencari kebenaran. Sifat ini menjadi salah satu sifat positif yang dimiliki oleh tipe B, terutama ketika mereka sedang belajar atau sedang meniti karier.

Dengan memiliki rasa ingin tahu yang besar, mereka akan berusaha menggali informasi yang benar, sehingga mereka memiliki pengetahuan yang lebih apabila dibandingkan dengan orang lain.

6. Kreatif

Salah satu ciri unik dari seorang tipe B adalah sosoknya yang kreatif dan memiliki daya imajinasi yang tinggi dibandingkan dengan orang lain. Mereka mampu memikirkan hal-hal yang mungkin membuat Grameds merasa terheran-heran, “kok bisa tipe B berpikir seperti ini?” dan lainnya.

Selain kreatif, mereka adalah sosok inovatif. Sifat ini tentu saja menjadi nilai plus bagi tipe B dalam dunia pekerjaan. Karena mereka mampu melakukan problem solving dengan cara yang beda serta tidak membosankan.

Sifat Negatif Golongan Darah B

sifat golongan darah b
Sumber: Pexels

Selain memiliki banyak sifat positif, orang tipe B juga memiliki sifat negatif yang tidak jarang membuat orang di sekitarnya merasa enggan dekat-dekat dengan mereka atau kikuk berada di sekitarnya.

Nah apa saja sifat negatif dari golongan darah B? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Pemalas

Meskipun orang tipe B adalah sosok yang memiliki tujuan dalam hidupnya, akan tetapi mereka akan dianggap bodoh serta malas ketika melakukan suatu hal yang tidak mereka sukai.

Selain itu, ketika mereka mulai mencari tahu tentang hal-hal baru, mereka ingin mempelajari topik tersebut dengan tergesa-gesa. Sehingga mereka juga cepat kehilangan minat untuk belajar topik baru tersebut. Ketika mulai hilang minat, mereka cenderung menjadi sosok pemalas.

2. Individualis

Di samping menjadi sosok yang mudah bergaul, tipe B sebenarnya adalah sosok yang individualis. Mereka lebih suka menghabiskan waktu sendiri di dalam kamar dan sangat menutup privasinya.

Mereka juga cenderung kesulitan untuk percaya pada orang lain merasa bisa menyelesaikan masalah sendiri tanpa bantuan orang lain. Karena sifat individualis inilah, mereka kehilangan banyak waktu dengan orang lain dan memunculkan sifat egoisnya.

3. Egois

Sifat negatif yang hampir selalu dimiliki oleh tipe B adalah egois. Hal ini karena mereka memiliki karakter mandiri dan tidak peduli tentang bagaimana pendapat orang lain terhadap mereka.

Mereka akan menikmati hidup dengan bebas, sesuka hatinya dan selalu memprioritaskan diri sendiri dibandingkan orang lain.

Fakta Unik Seputar Golongan Darah B

Selain soal sifat dan kepribadian, orang dengan tipe memiliki fakta unik yang perlu Grameds ketahui. Berikut penjelasannya.

1. Tipe Golongan Darah yang Langka

Seperti golongan darah A rhesus minus, golongan darah B – dan B + adalah golongan darah yang cukup langkah. Total ketiga golongan darah ini hanya dimiliki oleh kurang lebih 10% dari penduduk dunia.

2. Makanan yang baik untuk tipe B

Bagi orang tipe B, ada beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi seperti sayuran hijau, daging, telur, produk susu rendah lemak. Selain itu mereka juga disarankan membatasi konsumsi beberapa makanan seperti jagung, kacang, gandum serta tomat.

3. Berisiko Besar Terkena Penyakit Jantung

Tipe golongan darah B memiliki gen ABO yang dinilai cukup rentan pada polusi serta lingkungan yang tidak bersih. Jika golongan darah B tinggal di tempat yang banyak polusi, maka mereka akan lebih berisiko terkena penyakit jantung.

4. Rentan Terkena Demensia

Selain berisiko terkena penyakit jantung, tipe darah B juga berisiko lebih tinggi mengalami demensia, karena ada gen ABO dalam darahnya.

https://www.gramedia.com/products/conf-jus-sehat-golongan-darah-b?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Itulah beberapa sifat golongan darah B dan fakta-fakta unik seputar tipe B. apabila Grameds tertarik untuk mengetahui fakta unik lain tentang golongan darah B atau golongan darah yang lain, Grameds bisa mencari infonya dengan membaca buku -buku yang tersedia di Gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi