in

Profil Niki ENHYPEN, Maknae Asal Jepang Yang Multitalenta

https://enhypen.fandom.com/

Niki ENHYPEN – Satu lagi idol K-Pop asal Negara Matahari Terbit yang berhasil menggapai mimpinya di industri K-Pop, siapa lagi kalau bukan Niki ENHYPEN! Sama halnya dengan para idol asing lainnya, Niki pun juga harus belajar beradaptasi dengan lingkungan barunya ini karena tentu saja memiliki banyak perbedaan.

Mulai dari bahasa, budaya, hingga adat istiadat yang ada sehingga Niki pun perlahan-lahan menyadari bahwa untuk meraih mimpinya sebagai penyanyi ternyata tidaklah mudah. Di sisi lain, eksistensi Niki ENHYPEN kerap dipuji banyak pihak karena masa pelatihannya pun cukup singkat yakni 8 bulan saja.

https://enhypen.fandom.com/

 

Itulah mengapa, dalam ajang survival I-Land, Niki berhasil meraih peringkat ke-4 dengan jumlah suara sekitar 1.140.718 juta! Jelas saja hal tersebut langsung membuat Niki melanggengkan karirnya dengan debut bersama ENHYPEN pada tahun 2020.

Lantas, apa saja sih fakta-fakta menarik seputar Niki ENHYPEN? Bagaimana pula jejak perjalanan karir grup ENHYPEN yang menaungi Niki dan kawan-kawan? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini.

Biodata dan Profil Niki ENHYPEN

  • Nama Asli: Nishimura Riki
  • Nama Panggung: Niki
  • Tanggal Lahir: 9 Desember 2005
  • Zodiak: Sagitarius
  • Zodiak China: Ayam Jantan (Rooster)
  • Tinggi Badan: 183 cm (6’00”)
  • Golongan Darah: B
  • Kewarganegaraan: Jepang
  • Pendidikan: Hanlim Multi Art High School
  • Masa Pelatihan: 8 bulan
  • MBTI: ESFP
  • Posisi Di Grup: Main Dancer, Vocalist, Maknae

25+ Fakta Menarik Seputar Niki ENHYPEN

https://enhypen.fandom.com/
  1. Niki ENHYPEN lahir dengan nama asli Nishimura Riki pada 9 Desember 2005 di Okayama, Jepang.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, seorang kakak perempuan yang lahir di tahun 2004, dan seorang adik perempuan.
  3. Sebelum debut tepatnya pada usia 12 tahun, Niki pernah tergabung dalam konser grup SHINee di Jepang sebagai salah satu ‘pemeran’ SHINee kecil sekaligus penari latar.
  4. Awalnya, Niki sama sekali tidak fasih dalam berbahasa Korea. Namun dirinya terus berusaha menggunakan Bahasa Korea ketika bercakap-cakap dan akhirnya dirinya menjadi salah satu kontestan asing I-Land yang mahir berbahasa Korea.
  5. Niki hanya menghabiskan masa pelatihan selama 8 bulan saja sebelum akhirnya bergabung dengan ajang survival I-Land.
  6. Saat episode final I-Land, Niki berhasil meraih peringkat ke-4 dengan total suara 1.140.718 juta.
  7. Di grup ENHYPEN, Niki adalah member termuda alias maknae.
  8. Banyak yang menganggap bahwa Niki adalah main dancer di grup ENHYPEN karena kemampuan menarinya.
  9. Saat di acara I-Land, Niki hanya membutuhkan waktu selama 10 menit saja untuk mempelajari koreografi, sementara peserta lain membutuhkan waktu hingga 1 jam lamanya.
  10. Niki ENHYPEN justru memiliki kepribadian yang bertolak belakang ketika di atas panggung. Saat di luar panggung, dirinya menjadi maknae yang imut.
  11. Niki ENHYPEN mengaku lebih sering menangis karena kesedihan orang lain dibandingkan kisah sedihnya sendiri.
  12. Memiliki beberapa tahi lalat di wajahnya, yakni di bawah mata, bawah dagu, dan di hidungnya.
  13. Niki ENHYPEN menjadi member yang memiliki kemampuan kidal.
  14. Warna favorit: hitam
  15. Niki adalah penggemar dari Key SHINee.
  16. Niki hampir setiap hari memakai hanbok yang diberikan oleh Jungkook BTS.
  17. Sangat suka bermain sepak bola.
  18. Banyak penggemar menganggap Niki ENHYPEN begitu mirip dengan hewan kucing, ayam, maupun bebek.
  19. Niki adalah penggemar berat dari penyanyi Michael Jackson. Konon katanya, sebelum menggunakan nama panggung “Niki”, dirinya hendak memilih nama “Riki Jackson”.
  20. Kedua orang tua Niki memiliki sanggar tari.
  21. Niki ENHYPEN mengaku bahwa pada tahun 2020 lalu, tinggi badannya bertambah hingga 13 cm.
  22. Pada tahun 2022 silam, Niki menempati peringkat ke-9 dalam TC Candler’s 100 Most Handsome Faces of 2022.
  23. Meskipun Niki adalah maknae, tetapi dirinya dijuluki sebagai ‘giant maknae’ karena tinggi badannya.
  24. Niki juga bisa memainkan alat musik piano secara dasar.
  25. Niki mulai belajar menari pada usia 3 tahun secara otodidak dengan meniru tarian Michael Jackson.
  26. Dari seluruh member ENHYPEN, Niki mengaku paling dekat dengan Jungwon karena mereka hampir seumuran.
  27. Niki sering dianggap mirip dengan Jung Ho Yeon, aktris pemain Squid Game.
  28. Hari ulang tahun Niki sama dengan beberapa idol lainnya seperti Minho SHINee, AleXa, Vivi LOONA, Yuna ITZY, dan J STAYC.

Rekam Jejak Perjalanan Karir Grup ENHYPEN

https://enhypen.fandom.com/

Dapat dikatakan bahwa grup ENHYPEN ini adalah “hasil” dari ajang survival I-Land yang diadakan pada 26 Juni hingga 18 September 2020 melalui channel Mnet. Ajang survival ini memiliki total 12 episode dan pada episode finalnya berdurasi 200 menit karena berupa penampilan akhir dari para trainee dan pengumuman pemungutan suara atas ketujuh member yang berhasil debut.

2020: Ajang Survival ‘I-Land’

https://enhypen.fandom.com/

Pada Maret 2019, pihak CJ E&M selaku perusahaan media massa terbesar di Korea Selatan bekerja sama dengan HYBE Corporation (dulunya adalah BigHit Entertainment) untuk membentuk sebuah agensi bernama Belift Lab. Agensi Belift Lab ini nantinya berada dibawah naungan HYBE Corporation dan merencanakan akan mendebutkan sebuah grup baru pada tahun 2020.

Untuk merealisasi rencana tersebut, audisi pun diadakan di sejumlah negara tidak hanya di Seoul saja tetapi juga di Taiwan, Jepang, Amerika Serikat, hingga Vietnam. Proyek grup baru ini difokuskan pada trainee yang lahir antara tahun 1997 sampai 2009.

Pada 8 Mei 2020 akhirnya channel Mnet mengumumkan ajang survival show bertajuk I-Land untuk melahirkan grup baru tersebut. Ajang survival I-Land ini diikuti oleh 23 trainee yang nantinya akan terpilih sejumlah 7 orang saja untuk debut dibawah grup bernama ENHYPEN.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Berhubung ajang survival ini ditujukan untuk membentuk grup junior di HYBE Entertainment, maka tentu saja para grup senior seperti BTS, Seventeen, hingga TXT turut serta tampil di acara ini sebagai juri spesial.

Pada episode awal acara ini, sejumlah 23 trainee akan dibawa ke sebuah kompleks yang disebut sebagai I-Land, terletak di tengah-tengah hutan selama 113 hari. Setelah para trainee memperkenalkan diri satu sama lain, mereka akan tinggal bersama di kompleks tersebut dengan tersedia ruang tamu, ruang gym, studio tari, ruang pelatihan individu, dan kamar asrama.

Sama seperti ajang survival lainnya, pada acara I-Land ini pun juga memiliki sistem ranking yang turut membedakan fasilitas di kompleks I-Land tersebut. Bagi mereka yang meraih ranking 12 teratas dapat menikmati fasilitas berupa ruang tamu mewah, ruang gym, studio tari, ruang pelatihan individu, dan dapur yang berisikan berbagai camilan.

Sementara itu, untuk mereka yang kemampuannya masih rata-rata akan ditempatkan di ruangan bernama “Ground” yang hanya ada studio tari dan ruang makan saja.

Peserta yang meraih ranking 12 teratas juga dapat sewaktu-waktu berpindah ke ruangan “Ground” karena memang acara ini menggunakan sistem voting baik dari penonton, juri, maupun antar peserta. Sesuai dengan konsep acaranya yakni survival show, maka setiap trainee harus bersaing dengan trainee lain supaya dapat mempertahankan ranking dan debut di episode final.

Pembawa acara pada ajang I-Land ini adalah aktor Namkoong Min. Sementara para trainee akan dievaluasi secara langsung oleh produser sekaligus CEO Big Hit Musik yakni Bang Si Hyuk, produser PDogg, rapper Zico, dan solois legendaris Rain. Sementara itu, beberapa grup senior dari HYBE Entertainment seperti BTS, TXT, hingga Seventeen akan turut hadir mengevaluasi para trainee di ajang I-Land ini.

Pada episode final yang ditayangkan pada 18 September 2020, total ada 9 trainee yang tersisa dan line-up untuk debut ENHYPEN adalah 7 member. Akhirnya setelah proses penghitungan suara, terpilihlah Yang Jung Won, Jay, Jake, Niki, Lee Heesung, Sunghoon, dan Kim Sun-oo. FYI, Sun-oo menjadi member yang berhasil debut atas pilihan dari para produser.

Diketahui juga beberapa finalis yang gagal debut bersama ENHYPEN, kembali menjalani masa pelatihan di agensi BigHit Japan dan kabarnya mereka hendak debut di Jepang. Beberapa finalis tersebut adalah Taki, K, Kyungmin, dan Nicholas.

2020: Debut ENHYPEN Dengan Lagu “Given-Taken”

https://enhypen.fandom.com/

Pada 22 Oktober, sebuah trailer berjudul Choose-Chosen diunggah melalui channel YouTube resmi milik ENHYPEN seolah mengumumkan pendebutan grup tersebut. Sebulan kemudian tepatnya pada 30 November akhirnya ENHYPEN resmi debut dengan album bertajuk Border: Day One dan lagu utamanya adalah “Given-Taken”.

Sama halnya dengan grup yang baru debut lainnya, ENHYPEN pun turut hadil menampilkan penampilan debut mereka secara live di acara musik Music Bank KBS untuk lagu “Given-Taken”. Lagu tersebut langsung menempati posisi ke-39 di tangga lagu Japanese Oricon 2020 Yearly Album Chart dan ke-2 di South Korean Gaon Album Chart.

Tidak hanya itu saja, dalam waktu 2 minggu setelah ENHYPEN debut, mereka berhasil memenangkan penghargaan ‘Next Leader Award’ dalam ajang penghargaan Fact Music Award 2020.

2021: Meraih Trofi Untuk Lagu “Drunk-Dazed” dan Debut Jepang

https://enhypen.fandom.com/

Pada bulan Februari, album debut ENHYPEN yang bertajuk Border: Day One menerima sertifikasi platinum dari Korea Music Content Association (KMCA). Sebulan kemudian, pihak Belift Lab mengumumkan bahwa ENHYPEN akan comeback pada bulan April.

Hal ini tentu saja ditunggu-tunggu oleh para penggemar dan pada 5 April akhirnya trailer berjudul “Intro: The Invitation” rilis sebagai langkah awal comeback pertama ENHYPEN.

Dalam trailer tersebut mengungkapkan bahwa comeback pertama ini akan berupa album bertajuk Border: Carnival dengan lagu utama berjudul “Drunk-Dazed”. Sehari setelah album tersebut rilis, total penjualannya mencapai 450.000 eksemplar!

Pada 4 Mei, ENHYPEN melakukan comeback pertama di acara musik The Show SBS untuk lagu “Drunk-Dazed” dan diikuti dengan kemenangan pertama mereka di acara musik Show Champion serta Music Bank.

Tidak hanya itu saja, album Border: Carnival ini juga meraih peringkat ke-1 di tangga lagu Oricon Albums Chart, bahkan penjualan albumnya pun mencapai 83.000 eksemplar. Lagu “Drunk-Dazed” turut menempati posisi ke-3 di tangga lagu Billboard World Digital Song Sales.

https://enhypen.fandom.com/

Pada tahun 2021 ini tepatnya 6 Juli, ENHYPEN turut memperluas promosi mereka di Jepang dengan dengan album bertajuk Border: Hakanai. Salah satu lagu di album tersebut yang berjudul “Forget Me Not” turut dijadikan sebagai lagu pembuka dalam anime Re-Main.

Setelah 3 minggu ENHYPEN melangsungkan debut Jepang, tepatnya pada 29 Juli akhirnya ENHYPEN pun berkolaborasi dengan serial animasi Tayo The Little Bus untuk lagu “Hey Tayo” dan “Billy Poco”. Atas kolaborasi tersebut, tentu saja ketujuh member ENHYPEN juga merilis MV untuk kedua lagu tersebut.

Pada 25 Agustus, pihak agensi Belift Lab mengumumkan bahwa ENHYPEN akan comeback ketiga pada akhir September. Sayangnya, rencana tersebut harus tertunda karena beberapa member yakni Heeseung, Jay, Jake, Sunghoon, Niki, dan Jungwon, dinyatakan positif Covid-19.

Sebulan setelah para member pulih dari Covid-19, akhirnya pihak agensi kembali mengumumkan bahwa album comeback ketiga ini akan bertajuk Dimension: Dilemma dengan lagu utama berjudul “Tamed-Dashed”.

Pada 19 Oktober, lagi-lagi ENHYPEN meraih kemenangan di acara musik The Show untuk lagu “Tamed-Dashed”, disusul dengan kemenangan lainnya di acara musik Show Champion dan Music Bank. Album Dimension: Dilemma ini juga membuat ENHYPEN berhasil masuk dalam daftar Billboard Artist 100 peringkat ke-12.

Pada bulan November, album Dimension: Dilemma berhasil terjual lebih dari 1,1 juta kopi di tangga lagu Gaon Chart sehingga membuat mereka mendapatkan sertifikasi oleh Korea Music Content Association (KMCA) pada bulan Desember.

Pada 20 Desember, pihak agensi Belift Lab mengonfirmasi bahwa pada Februari 2022 ENHYPEN akan merilis lagu berjudul “Always” sebagai lagu tema serial drama NTV Muchaburi!

2022: Comeback Dengan Lagu “Blessed-Cursed” dan Merilis Webtoon ‘Dark Moon’

https://enhypen.fandom.com/

Pada 6 Januari, akhirnya ENHYPEN melangsungkan comeback keempat dengan album bertajuk Dimension: Answer dan lagu utamanya berjudul “Blessed-Cursed”. Tidak hanya berhasil terjual sebanyak 630 ribu eksemplar saja, tetapi album comeback ini juga memenangkan trofi acara musik Show Champion diikuti dengan Music Bank juga.

Setelah itu pada 16 Januari, ENHYPEN merilis serial fiksi webtoon berjudul Dark Moon: The Blood Altar yang sekaligus menjadi kolaborasi antara HYBE dengan Naver Webtoon. Karakter pada webtoon tersebut juga berdasarkan ketujuh member ENHYPEN dan mereka juga turut mempublikasikan MV berjudul “One In A Billion”.

Pada bulan Juli, akhirnya ENHYPEN mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan world tour pertama mulai September di Seoul dan berakhir di Jepang pada November. Tahun 2022 ini sepertinya menjadi waktu yang sangat padat untuk promosi ENHYPEN karena mereka juga merilis lagu OST web drama Mimicus dengan judul “I Need The Light”. FYI, Sunghoon pun turut serta menjadi cameo di web drama tersebut.

Sayangnya pada pertengahan bulan Juli, satu per satu member ENHYPEN dinyatakan positif. Mulai dari Jay, Jake, hingga Heesung.

2023: Comeback Kelima Dengan Lagu “Bite Me”

https://enhypen.fandom.com/

Pada tahun 2023 ini, tepatnya pada 14 April pihak agensi mengumumkan bahwa ENHYPEN akan melangsungkan comeback kelima dengan album bertajuk Dark Blood. Setelah dirilisnya teaser MV, akhirnya pada 22 Mei ini ENHYPEN mengunggah MV berjudul “Bite Me” yang langsung ditonton sebanyak 3 juta penonton setelah 3 jam perilisan.

Penulis: Rifda Arum

6 Rekomendasi Buku Terkait

1. The Battle Of Monster Rookies: ITZY Vs TXT

Salah satu produk Korean Wave yang sangat diminati kaum milenial adalah musik pop. Musik pop Korea ini atau yang sering disebut sebagai K-pop merupakan salah satu sub-sektor hiburan yang mengangkat perekonomian Korea Selatan.

Indonesia yang saat ini merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia merupakan rumah bagi jutaan Kpopers atau pecinta Kpop. Pada tahun 2019 ini, dunia hiburan K-pop mendapat kejutan dengan debutnya dua grup pendatang baru, yaitu ITZY dan TXT. Menariknya, hanya dalam sekejap dua grup rookie ini dipandang layak menyandang predikat sebagai “Monster Rookie”.

Percaya dengan love at first sight? Sepertinya kalimat keramat itu juga berlaku untuk K-popers saat melihat dua grup rookie tersebut debut. Siapa sih sebenarnya ITZY dan TXT ini? Apakah mereka benar-benar sehebat itu hingga dipandang sebagai “Monster Rookie”?

Penasaran? Ayo, berkenalan lebih jauh dengan mereka lewat buku berjudul The Battle of Monster Rookies-ITZY VS TXT karya Kang Jiae ini! Dijamin setelah membaca buku setebal 109 halaman yang terbit pada 23 Juni 2019 ini, kalian akan semakin jatuh cinta dengan kedua monster rookies ini!

2. An Unofficial Book of TXT Tomorrow X Together

Penantian yang cukup lama setelah rumor yang beredar akhirnya terbayar saat BigHit Entertainment secara resmi mengumumkan kehadiran TXT (Tomorrow X Together) di awal tahun 2019. Penggemar di seluruh dunia semakin tak sabar menantikan kehadiran TXT yang merupakan adik dari BTS. Menurut Big Hit, TXT memiliki arti “perbedaan antara kamu dan aku yang datang bersama satu mimpi untuk membuat hari esok bersama”.

Mereka adalah anak-anak yang cerdas dan sehat yang datang bersama satu mimpi dan satu tujuan untuk membentuk grup idola yang berbagi sinergi satu sama lain. Tidak membuat penggemar menunggu lama, satu hari setelah rilis teaser, pada 10 Januari 2019, Big Hit akhirnya mengumumkan secara resmi grup baru dengan nama Together X Together.

Bagaimana perjalanan mereka sebagai grup rookie di tahun ini? Bagaimana interaksi mereka dengan sunbae-nya BTS?

Banyak hal yang tentunya ingin kamu ketahui tentang TXT. Setelah membaca buku ini, kamu pasti akan jatuh cinta dengan kerja keras dan karisma yang mereka miliki. Yeonjun, Soobin, Beomgyun, Taehyun, dan Huening Kai siap membuat kamu jatuh cinta dengan pesona mereka.

Ikuti cerita perjalanan karir mereka dalam buku ini!

3. We Are Different but Together: BTS x TXT

Big Hit Entertainment atau sekarang telah berganti nama menjadi HYBE Corporation adalah perusahaan hiburan yang berasal dari Korea Selatan. Salah satu boyband yang dimanajemeni oleh HYBE adalah BTS dan TXT. Bangtan Boys atau biasa dikenal dengan nama BTS merupakan salah satu boyband yang paling terkenal saat ini di seluruh dunia. Para fans mereka telah tersebar di berbagai belahan dunia saat ini.

Bagaimana ya kehidupan sehari-hari dari anggota BTS dan juga TXT selama mereka berkarir di Big Hit Entertainment? Apa yang membuat TXT digadang-gadang akan sukses seperti para Hyung di grup vokal BTS? Apakah pada tahun 2020 BTS akan vakum?

Temukan jawabannya di dalam buku We Are Different but Together: BTS x TXT ini. Sebab, buku ini hadir diperuntukkan secara khusus bagi para ARMY dan MOA untuk memenuhi asupan Hallyu kalian semua, terutama yang menyangkut kehidupan para oppa BTS dan para dongsaeng TXT.

Selain itu, kalian juga tak akan ketinggalan aegyo para artis multitalenta besutan Big Hit ini. Dengan tajuk BTS x TXT: We Are Different But Together, AYO kita saling menyayangi di tengah perbedaan ini.

4. Seventeen : My Shining Diamonds

Seventeen atau dalam penulisan bahasa aslinya yaitu hangul adalah ???. Seventeen atau SVT adalah sebuah boyband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Pledis Entertainment.

Grup yang terdiri dari 13 anggota ini dibagi berdasarkan spesialisasi keahlian masing-masing ke dalam 3 sub-unit; hip-hop unit, vocal unit, dan performance unit. Adapun ke 13 member dari boyband Seventeen ini adalah S.coups, Wonwoo, Mingyu dan Vernon berada di tim hip hop, Woozi, Jeonghan, Joshua, DK dan Seungkwan berada di tim vocal serta Hoshi, The8, Jun dan Dino yang berada di tim performance.

Penasaran dengan boyband satu ini? Yuk baca selengkapnya di buku ini yang akan memberikan Anda informasi lebih lengkap tentang Seventeen.

Selamat Membaca!

5. The Big 3 New Lords in K-Pop

Hingga saat ini, K-Pop dan Kdrama menjadi dua hal tak terpisahkan dari Gelombang Korea (Korean Wave) di berbagai negara di seluruh dunia. basis penggemar yang besar untuk K-Pop membuatnya makin dikenal. Arti K-Pop di Indonesia pun kini bukan lagi hal asing.

Sebagai pecinta K-pop, pasti kalian nggak asing dengan sebutan “The Big 3”. Yup, tiga agensi K-pop yang terdiri dari SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Tapi kali ini, bukan The Big 3 K-pop Agency yang akan kita bahas, melainkan “The Big 3” grup idol cowok yang mendominasi dunia K-pop sepanjang tahun 2017 hingga saat ini.

Dan “The Big 3” jatuh kepada EXO, BTS, dan Wanna One! Wah, kok bisa? Nah, The Big 3! New Lords in K-pop ini bakal menjawab rasa penasaran kalian. Ada penjelasan berdasarkan data lembaga survei resminya juga, lho. Anyway, no fan war for EXO-L, ARMY, and Wannable! Peace!!

6. K-Pop Idol (Unofficial Book)

Buku K-Pop Idol (Unofficial Book) karya Danas dan Pey yang diterbitkan oleh Romancious pada tahun 2018 ini bukan untuk mengajak pembaca membandingkan prestasi para idol. Buku ini untuk menunjukkan ke pembaca bahwa setiap idol sukses dengan perjuangan masing-masing.

Dari setiap prestasi yang telah mereka capai harus kita hargai. Pembaca juga akan tahu cerita-cerita inspiratif para idol, dukungan dari orang-orang terdekat mereka, interaksi-interaksi manis, hingga pengalaman mistis yang pernah mereka alami.

Profil idol yang diangkat dalam buku adalah idol-idol yang memiliki fandom (kelompok penggemar) yang loyal. Selain berisi informasi umum dari masing-masing idol, terdapat konten fun fact terbaru dari beberapa idol. Buku ini diperuntukkan bagi para penggemar Kpop di Indonesia agar bisa semakin mengenal para idol favorit mereka dan mempelajari perjuangan para idol lainnya.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    74% 485 / 655
  • Belum
    18% 121 / 655
  • Masukkan keranjang
    7% 49 / 655

Sumber:

  • https://en.kepoper.com/
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Enhypen
  • https://kpopping.com/profiles/idol/NI-KI
  • https://kprofiles.com/ni-ki-enhypen-profile-facts/
  • https://www.enhypenguide.com/ni-ki
  • https://enhypen.fandom.com/wiki/NI-KI/Facts

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.