in

20 Fakta-fakta Terbaru BTS dan Profil Anggotanya 

Fakta-fakta Terbaru BTS – BTS merupakan salah satu boy band asal Korea Selatan yang memiliki banyak penggemar serta popularitas yang mendunia. BTS bahkan telah melakukan kolaborasi dengan beberapa penyanyi asal Amerika dan lagu-lagu yang dibawakan oleh BTS pun menjadi viral dan mendapatkan perhatian.

Menarik banyak perhatian, para fans BTS atau Army pun kerap mencari tahu soal fakta-fakta unik tentang BTS hingga fakta dari setiap member BTS. Mulai dari leadernya yaitu RM hingga member termuda dari BTS, yaitu Jungkook. Apa sih fakta unik yang dimiliki oleh BTS dan para member? Simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui fakta-fakta terbaru dari BTS ya.

Profil Lengkap Member BTS

BTS atau Bangtan Sonyeondan atau Bangtan Boys merupakan salah satu boy band yang saat ini tengah naik daun. BTS memiliki 7 anggota. Setiap anggota dari member BTS tersebut memegang peranan penting dalam bernyanyi. Mulai dari rap, main vocal, dancer dan lainnya. Nah, untuk mengenal lebih jauh dengan BTS berikut adalah profil lengkap dari masing-masing anggota.

1. RM

profil RMPinterest

RM atau Rap Monster memiliki nama asli Kim Nam Joon. Posisi RM di BTS adalah sebagai seorang leader, selain sebagai leader, RM juga terkenal memiliki kemampuan bernyanyi rap yang luar biasa lho. Karena kemampuan rapnya tersebut, RM juga mendapat posisi sebagai main rapper di BTS.

RM lahir di Gyeonggi-Do pada 12 September 1994 dengan zodiak Virgo yang dimiliki. Selain kemampuannya dalam bernyanyi rap, RM juga dikenal memiliki postur tubuh yang bagus, tinggi dan proporsional. Bagaimana tidak? RM sendiri memiliki tinggi 181 cm serta berat 67 kg. RM memiliki hobi berselancar di internet dan scrolling di media sosial. Nah, baru-baru ini RM juga telah membuat akun resmi di Instagram dengan username @rkive.

2. Jin

profil JinPinterest

Member kedua dari BTS adalah Jin. Jin merupakan member dengan usia tertua di BTS serta memiliki peran sebagai vokalis sekaligus visual. Mendapatkan posisi sebagai seorang visual, Jin memang dikenal memiliki paras yang rupawan.

Meskipun Jin percaya diri soal paras rupawannya, Jin mengaku bahwa ia masih harus banyak bekerja untuk meningkatkan skil bernyanyi dan menarinya.

Sehingga, selama beberapa tahun, Jin pun bekerja keras untuk meningkatkan skill tersebut.

Jin memiliki nama asli Kim Seok Jin, lahir di Anyang, 4 Desember 1992 kini Jin berusia 29 tahun. Jin memiliki zodiak Sagitarius dengan tinggi badan 179 cm serta berat badan 63 kg. Jin memiliki hobi memasak, melakukan swa foto hingga bermain game.

3. Suga

profil SugaPinterest

Suga memiliki nama asli Min Yoon Gi, di kalangan para fans BTS, Suga dikenal memiliki senyum manis yang khas yaitu gummy smile. Meski dikenal oleh para fans memiliki senyum manis, Suga memiliki image swag yang ia bawa ketika bernyanyi rap.

Seperti hal RM, Suga adalah member BTS yang memiliki kemampuan bernyanyi rap yang unggul. Sehingga, Suga pun mendapatkan posisi sebagai lead rapper. Suga pun telah debut sebagai rapper dengan nama Agust D.

banner-promo-gramedia

Lahir di Daegu 9 Maret 1993, Suga memiliki zodiak Pisces dan saat ini berusia 28 tahun serta menjadi anggota tertua kedua setelah Jin. Suga dikenal memiliki postur tubuh yang imut dibandingkan dengan member BTS lainnya.

Memiliki tinggi badan 174 cm dan berat badan 59 kg, tinggi badan Suga sering kali dijadikan sebagai bahan candaan para member BTS lainnya, karena ia terlihat kecil dengan image swag.

Suga memiliki hobi bermalas-malasan di waktu luang dan dikenal sebagai sosok tsundere yaitu terlihat dingin di luar tetapi memiliki hati yang hangat.

4. J Hope

Profil J HopePinterest

Jung Ho Seok adalah nama asli dari J Hope. Ho Seok menempati posisi sebagai main dancer, rapper serta sub vokalis di BTS. Di antara member BTS, J Hope memang terkenal memiliki kemampuan menari yang luar biasa. Beberapa tarian yang ia bawakan pun selalu mendapatkan perhatian publik, karena dinilai sangat bagus dengan gaya khas J Hope.

J Hope lahir di Gwangju pada 18 Februari 1994 dan memiliki zodiak Aquarius. Ia memiliki tinggi badan 177 cm serta berat badan 65 kg. Hope juga memiliki hobi mendengarkan musik. Beberapa kali Hope berhasil membuat lagu yang ia bawakan viral seperti chicken noodle soup dengan gerakan tarian yang khas.

5. Jimin

Profil JiminPinterest

Selain Suga, Jimin adalah member BTS terpendek dengan tinggi badan 173,6 cm dan berat badan 61 kg. Dalam beberapa momen BTS yang berhasil terekam kamera, Jimin seringkali diusili oleh member BTS lainnya soal tinggi badan.

Meski memiliki tinggi badan yang imut, Jimin memiliki kemampuan menari dan menyanyi yang tidak diragukan. Oleh karena itu, Jimin menempati posisi sebagai seorang main dancer serta lead vokalis di BTS.

Park Ji Min lahir di Busa, 13 Oktober 1995 dan saat ini berusia 26 tahun dengan zodiak Libra. Jimin memiliki hobi melakukan relaksasi ketika ia memiliki waktu luang. Seperti yang diketahui, BTS memiliki jadwal yang padat, sehingga Jimin lebih suka menggunakan waktu luangnya untuk berelaksasi.

6. V

profil VPinterest

Selain Jin yang terkenal memiliki paras rupawan, V pun terkenal memiliki paras yang rupawan dan menempati posisi sebagai visual. Selain ganteng, V memiliki kemampuan bernyanyi yang luar biasa. Oleh karena itu, ia menempati posisi sebagai lead dancer, vokalis serta visual di BTS.

V memiliki nama asli Kim Tae Hyung, ia lahir di Daegu pada 30 Desember 1995 dan saat ini berusia 26 tahun. Lahir pada bulan Desember, V memiliki zodiak Capriocon. Selain terkenal dengan wajah tampanya, V juga terkenal memiliki postur tubuh yang bagus. Ia memiliki tinggi badan 178 cm dengan berat badan 62 kg. Ketika memiliki waktu luang, V memiliki hobi berupa mendengarkan musik serta bermain komputer.

7. Jungkook

Profil JungkookPinterest

Jungkook adalah anggota termuda di BTS atau maknae. Meskipun sebagai anggota termuda, ia mendapatkan julukan sebagai golden maknae dari para fans. Hal ini lantarana Jungkook memiliki banyak talenta.

Nama asli dari Jungkook adalah Jeon Jeong guk dan memiliki posisi sebagai main vokalis, lead dancer, sub rapper serta maknae di BTS. Lahir di Busan, 1 September 1997, Jungkook memiliki zodiak Virgo.

Selain memiliki sederet talenta, Jungkook juga dikenal memiliki paras serta bentuk badan yang rupawan. Tinggi bada Jungkook sendiri adalah 178 cm dengan berat badan 66 kg. Selain ahli dalam bernyanyi dan menari, Jungkook juga memiliki hobi menggambar dan ahli ketika menggambar.

Itulah profil lengkap dari ketujuh member BTS, mulai dari leader, anggota tertua hingga maknae atau anggota termuda. Nah, Grameds penggemar BTS atau Army bisa mengenal lebih jauh mengenai BTS serta setiap membernya dengan buku “Unboxing: Unofficial BTS Pictorial Books” yang ditulis oleh Kim Beatrice.

Unboxing : Unofficial Bts Pictorial Books
Unboxing : Unofficial Bts Pictorial Books

tombol beli buku

Dalam buku ini, tersedia tujuh buku yang berisi mengenai informasi dari setiap member BTS. Mulai dari profil, fakta hingga lirik lagu populer milik BTS. Grameds bisa membeli buku ini di Gramedia untuk mendapatkan buku originalnya ya!

banner-promo-gramedia

Fakta-fakta Tentang BTS

Boy band BTS menyimpan beberapa fakta yang jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja fakta di balik boy band BTS? Simak hingga akhir ya.

Sumber: Instagram/ bts.bighitofficial

1. Boy band mandiri yang menulis dan memproduseri musik sendiri

Berbeda dengan kebanyakan boy band lainnya yang diproduseri oleh orang lain, BTS merupakan salah satu boy band mandiri yang menulis serta memproduseri lagunya sendiri.

Setiap anggota dari BTS memiliki kredit sendiri terhadap lagu yang mereka produksi. Namun, RM serta Suga memiliki peran besar menjadi produser dari lagu yang mereka nyanyikan.

Boy band mandiri yang menulis dan memproduseri musik sendiriSumber: ibighit.com

2. Album dengan konsep trilogi

Sejak merilis album pada tahun 2013, BTS telah memiliki konsep trilogi pada album yang rilis. Salah satunya adalah album yang berjudul 2Cool 4Skool yang kemudian memiliki trilogi pada album selanjutnya yang berjudul O!RUL8,2? Dan kemudian ditutup dengan album Skool Luv Affair.

Album dengan konsep trilogiSumber: Twitter @bts_official

3. Musiknya banyak yang beraliran hip hop

Kebanyakan dari lagu-lagu BTS memiliki aliran hip hop atau terpengaruh dengan aliran music hip hop. Tak hanya ikut-ikutan, BTS juga melakukan eksplorasi pada aliran musik hip hop sehingga musik yang mereka produksi tidak hanya itu-itu saja.

4. Ketujuh membernya terkenal rendah hati

Meski telah terkenal dan bahkan mendunia, ketujuh member dari BTS dikenal memiliki sifat yang rendah hati. Hal tersebut terbukti dari tur yang dilakukan oleh BTS dan setiap member berusaha agar dapat berinteraksi dengan para penggemarnya.

Ketujuh membernya terkenal rendah hatiSumber: Twitter @easymoneybey

5. Berhasil membuat sejarah di Industri Kpop

BTS berhasil membuat sejarah baru di industri Kpop dengan merilis album. Dengan dukungan dari fansnya, BTS berhasil naik ke Top Chart di berbagai platform musik mancanegara bahkan Korea. Tak hanya itu, begitu merilis album, BTS juga berhasli menjual album sebanyak 1,2 juta kopi.

Berhasil membuat sejarah di Industri KpopSumber: Twitter @charts_k

6. Dikenal dengan nama lain sebelum terkenal dengan nama BTS

dikenal nama lain sebelum dengan nama BTSSumber: tangkap layar Twitter @baepsayed

Sebelum dikenal sebagai boy band bernama BTS, grup ini sebelumnya diberi nama BPB yaitu singkatan dari Bulletproof Boys. Kemudian, pada tahun 2011, nama BPB kemudian diganti menjadi BTS dan dikenal hingga sekarang.

7. Jimin menulis keseluruhan melodi lagu pada Blood Sweat Tears.

banner-promo-gramedia

Tidak banyak yang tahu, bahwa lagu BTS berjudul Blood Sweat Tears ternyata kedseluruhan melodinya ditulis oleh Jimin. Lagu ini kemudian rilis pada tahun 2016.

8. RM sebagai penulis lagu melakukan riset sebelum melakukan rilis

RM sebagai penulis lagu melakukan riset sebelum melakukan rilisSumber: Twitter

Leader BTS, RM memang memiliki peran besar dalam proses penciptaan lagu BTS. Rupanya, ketika menulis lagu, RM tidak sembarangan menulis lirik. Pada tahun 2017, ia mengatakan bahwa ketika menulis lirik lagu ia meriset dengan konsultasi pada profesor ahli di bidang gender. Tujuannya, agar lirik yang ia buat tidak menyakiti hati siapapun.

BACA JUGA: TOP 10 Lagu BTS Paling Populer Pilihan Army

9. J Hope pernah menang kompetisi yang diadakan JYP Entertainment dan mendapatkan beasiswa

J Hope pernah menang kompetisi yang diadakan JYP Entertainment dan mendapatkan beasiswaSumber: Twitter @kookoosbitch

Hope memang dikenal sebagai sosok yang bertalenta. Rupanya talenta J Hope ini membuat dirinya memenangkan sebuah kompetisi yang diadakan oleh JYP Entertainment. Dari kompetisi tersebut, ia kemudian memenangkan beasiswa penuh di Seoul Fine Arts and Music School serta uang sebesar 300 ribu Won.

10. Jin pernah audisi di SM Entertainment sebelum bergabung dengan Big Hit Entertainment

Jin pernah audisi di SM Entertainment sebelum bergabung dengan Big Hit EntertainmentSumber: Twitter @sugasjoonie

Seok Jin ternyata pernah melakukan audisi di SM Entertainment sebelum akhirnya bergabung bersama Big Hit Entertainment. Jin melakukan audisi di SM ketika berusia 15 tahun dan sempat lolos ke tahap berikutnya. Namun Jin akhirnya tidak datang audisi tahap kedua karena merasa takut.

11. V punya cerita menyentuh di awal debut

V punya cerita menyentuh di awal debutSumber: Twitter @alicekiano

Ketika di awal debut, popularitas BTS memang tidak sebesar sekarang. Sehingga, V yang saat itu belum memiliki cukup uang harus menambal pakaian yang bolong. Namun, baju tambalan yang dikenakan V justru tampak fashionable alih-alih terlihat aneh.

12. Makna awal dari lagu Glow

Makna awal dari lagu Glowsumber : Twitter @crystal_snoww

BTS memiliki lagu berjudul Glow, yang mulanya memiliki makna mengejar seseorang yang tengah jatuh cinta. Namun, BTS kemudian mengganti makna dari Glow tersebut menjadi mengejar mimpi dengan berdaya.

13. Dikenal sebagai dancer terbaik, J Hope pernah memiliki sebuah blog

Dikenal sebagai dancer terbaik, J Hope pernah memiliki sebuah blogSumber: Twitter @jenbisou

J Hope memang dikenal sebagai salah satu member BTS yang memiliki ahli dalam bidang dancer atau menari. Sebelum bergabung dengan BTS, J Hope rupanya telah menunjukan passionate atau ketertarikannya pada menari dengan menulis daftar para penari yang ia sukai serta alasan dirinya menyukai para penari tersebut.

14. Jin juga punya blog pribadi

Jin juga punya blog pribadiSumber :Twitter @ughseokk

Sama halnya dengan J Hope yang suka dengan menari, Jin rupanya juga mencurahkan kegemarannya di bidang kuliner melalui sebuah blog. Sebelum begabung menjadi salah satu anggota BTS, Jin rupanya memiliki sebuah blog yang berisi mengenai review makanan. Seperti yang diketahui, Jin memang gemar makan dan memasak atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kuliner.

15. Memiliki paras tampan, Jin pernah menjadi model

Memiliki paras tampan, Jin pernah menjadi modelSumber: Twitter @jinniebabyot7

Jin adalah visual dari BTS. karena memiliki wajah yang tampan, Jin rupanya pernah menjadi model lho! Jin pernah menjadi model untuk brand skincare Korea yaitu Etude House.

16. Jungkook punya blog soal pengalaman pribadinya

Jungkook punya blog soal pengalaman pribadinyaSumber: Twitter @staywithkm

Rupanya maknae dari BTS pun memiliki blog pribadi. Berbeda dari member BTS lainnya yang menulis blog soal hobi masing-masing, Jungkook memiliki blog untuk menulis pengalaman pribadinya ketika ia tengah mengikuti kursus menari di Amerika. Kursus menari yang diikuti oleh Jungkook ia ikuti setahun sebelum akhirnya ia debut bersama BTS.

17. Jimin pernah menjadi street dancer

Jimin pernah menjadi street dancerSumber: Twitter @PJM_vocal

Memiliki kemampuan di bidang menari, Jimin rupanya pernah menjadi seorang street dancer. Ketika menjadi street dancer, Jimin juga sering melakukan battle dance dengan beberapa klub dance.

18. Hobi bersantai, Suga senang mandi dengan bath bomb

Hobi bersantai, Suga senang mandi dengan bath bombSumber: Instagram @agustd

Suga adalah salah satu member BTS yang dikenal suka bersantai di waktu luang. Rupanya, selain bersantai Suga juga suka mandi dengan menggunakan bath bomb. Bahkan Suga pernah dikabarkan menjilat air yang berisi bath bomb!

19. Boy band pertama yang memberikan pidato di sidang PBB

Boy band pertama yang memberikan pidato di sidang PBBSumber: VOAnews

BTS banyak mencatat sejarah, salah satunya adalah boyband pertama yang memberikan pidato di sidang PBB dan mengkampanyekan untuk berani mengejar mimpi untuk anak-anak muda.

20. BTS masuk nominasi Grammy

BTS masuk nominasi GrammySumber: Twitter @bts_official

Memiliki popularitas mendunia, BTS berhasil masuk nominasi Grammy pada tahun 2018 dengan album yang berjudul ‘Love Yourseld: Tear’. Album BTS tersebut berhasil masuk dalam kategori Best Recording Package yang berada di bawah naungan HuskyFox.

BACA JUGA:

Itulah 20 fakta terbaru mengenai BTS yang jarang diketahui oleh orang serta profil dari masing-masing anggota BTS. Grameds bisa membaca dan mengenal lebih lanjut mengenai member BTS dengan membaca buku-buku yang tersedia di Gramedia. Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan buku berkualitas, lengkap dan original untuk Grameds. Tunggu apa lagi beli dan baca bukunya sekarang juga!

Bts Lost In Humor
Bts Lost In Humor

tombol beli buku

Never Ending Bts : Bts Forever And Ever
Never Ending Bts : Bts Forever And Ever

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih