in

Profil Lee Haechan NCT, Fakta Menarik, dan Perjalanan Karir

Haechan NCT – Bagi Grameds yang merupakan penggemar K-Pop, pastinya sudah tak asing lagi dengan grup idol bernama NCT. Salah satu member grup vokal lelaki asal Korea Selatan yang menarik perhatian banyak orang adalah Lee Haechan. Lee Dong-Hyuck atau yang lebih dikenal dengan nama Haechan merupakan pria kelahiran 6 Juni 2000.

Haechan dikenal sebagai penyanyi berkebangsaan Korea Selatan. Haechan merupakan anggota dari grup idol asal Korea Selatan, NCT, beserta ketiga sub-unitnya, NCT 127, NCT Dream, dan NCT U.

Biografi Singkat Haechan

Haechan lahir di Seoul, Korea selatan, dan tinggal di sana hingga ia berusia 7 tahun. Baru kemudian, ia pindah ke Jeju, Korea Selatan dan tinggal di sana selama kurang lebih 5 tahun. Setelah itu, ia pindah lagi ke Seoul, Korea Selatan, untuk bergabung dengan SM Entertainment.

Haechan merupakan anak pertama, dan ia mempunyai satu adik perempuan yang merupakan saudara kembarnya serta dua adik laki-laki. Lee Haechan menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Hogok dan Sekolah Dasar Halla.

Seusai lulus dari sekolah dasar, ia melanjutkan pendidikannya di Sekolah Menengah Hogok. Setelah pindah ke Seoul, ia melanjutkan bersekolah di School of Performing Arts.

 

Haechan memiliki nama Cina, yaitu Kai Chan, dan nama Jepang, yakni Satoshi. Ia juga memiliki banyak sekali nama panggilan, di antaranya Donkey (Dong Hyuck + Monkey), Haehae, Haechin, HC, Dongsookie, Full Sun, Chinny, Chocoball, Banchan (Sidedish), Pudu, Hae-D, Haejjani,Dong-ah Haechan!, Gochujang, Sun Bear, Gamer Chan, Totoy, Donyeok, Sun-D, Donghae, Slaychan, Channie, dan Fluffy Head.

Di boy group NCT, ia menempati posisi sebagai vokalis utama dan penari utama. Lelaki berzodiak gemini ini sangat menyukai warna merah dan hitam dan olahraga favoritnya adalah sepak bola. Selain itu, ia juga hobi menyanyi, mendengarkan musik,dan bermain piano. Hewan favoritnya adalah sang raja hutan, yakni singa.

Darah seni Haechan ternyata berasal dari kedua orang tuanya yang ternyata mahir bermain musik. Selain itu, Haechan juga terinspirasi menjadi artis oleh lagu Replay milik SHINee. Haechan diketahui telah mulai belajar bermain piano sejak ia berusia lima tahun. Artis favorit Haechan adalah Donghae Super Junior, Michael Jackson, Jaehyun NCT, Maroon 5, Siwon, Dynamic Duo, dan SHINee.

Haechan ternyata sulit membedakan warna. Haechan diketahui sebagai orang yang rajin, karena ia sering membersihkan asramanya. Ia juga paling sering bertanggung jawab untuk mencuci piring. Haechan dikenal sebagai anggota NCT yang paling berisik, yang suka menceriakan suasana grup. Anggota NCT yang lain juga mengatakan bahwa Haechan mirip dengan anjing beagle yang menggemaskan.

Haechan juga dianggap sebagai sosok yang manis dan romantis, hingga Jaemin merasa Haechan sebagai sosok yang tepat untuk diperkenalkan ke adik perempuannya. Haechan sangat dekat dengan Mark sejak mereka masih menjadi trainee. Mark mengungkapkan bahwa Haechan pandai memasak. Haechan dan Mark adalah duo yang dinamis.

Haechan juga diketahui sebagai seorang game master. Para NCTzens pasti sudah mengetahui bahwa Haechan NCT adalah juaranya jika sudah menyangkut tentang games. Sosoknya yang kompetitif selalu memiliki banyak akal untuk menganalisa dan membuat strategi yang mampu membuatnya menjadi pemenang. Kepiawaiannya ini membuatnya menjadi langganan sebagai pemenang dalam berbagai games yang perlu memutar otak.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Fans Haechan menyumbangkan uang ke Kebun Binatang Los Angeles untuk memberi nama salah satu bayi pudu “Haechan”. Haechan berpikir bahwa ia mempunyai nafsu makan paling besar di antara para anggota. Pemain sepakbola favorit Lee Haechan adalah Cristiano Ronaldo. Lee Haechan diketahui sangat suka menggunakan gelang.

Haechan ternyata sudah menulis lirik lagu untuk waktu yang lama, tetapi ia mempunyai kekhawatiran akan hal itu. Maka itu, ia belum percaya diri untuk merilisnya. Bagi Haechan, ruang latihan adalah ruang rahasia dimana semuanya dimulai. Haechan sangat suka makan mi soba, terutama saat musim panas.

Ketika makan enak, tubuh Haechan tak bisa berhenti bergerak. Hal ini diketahui karena Haechan NCT memang memiliki kepribadian yang energik dan riang. Kepribadian yang terlihat di atas panggung ini ternyata sama dengan kepribadiannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain menyukai hitsumabushi dan kimchi jjigae, nasi goreng ternyata masuk ke dalam makanan favorit Haechan NCT.

Idol yang satu ini memiliki kepribadian yang usil, karena ia memiliki golongan darah AB. Memang sudah bukan rahasia lagi jika pemilik golongan darah AB biasanya dikenal memiliki pola pikir yang sulit ditebak, sifat yang unik, tetapi setia kawan. Hal ini juga berlaku pada sosok Haechan NCT yang juga mempunyai golongan darah AB.

Pada sejumlah video yang menampilkan Haechan, kita dapat melihat bagaimana dirinya bertingkah aneh yang tak jarang membuat para member NCT yang lain merasa heran hingga geleng-geleng kepala.

Namun, sifat dan tingkah laku Haechan yang seperti itulah yang membuatnya dicintai oleh para penggemar dan selalu berhasil membuat suasana grup menjadi lebih riang. Hal ini juga yang membuat Haechan NCT dijuluki seorang mood maker. Ukuran kepala Haechan terbilang mungil jika dibandingkan dengan para member NCT lainnya.

Dalam berbagai wawancara, para member NCT Dream terlihat kagum dengan bentuk kepala Haechan yang mungil dibandingkan member lainnya. Dengan ukuran kepalanya yang mungil ini, aksesoris kepala seperti topi kerap terlihat terlalu besar ketika dipakai oleh Haechan. Menggemaskan sekali, ya!

Lee Haechan dikenal sebagai idol K-Pop yang memiliki suara unik. Haechan NCT dikenal memiliki warna suara yang berbeda dan istimewa dibandingkan kebanyakan idol K-Pop lainnya. Oleh karena keunikannya, suara Haechan yang merdu itu dapat langsung dikenal ketika orang baru mendengarnya. Kemampuan vokal Haechan juga terbilang mumpuni, sehingga ia kerap kali diberikan nada-nada tinggi pada sejumlah lagu NCT.

Sosok Haechan juga sempat viral setelah membuat cover lagu Indonesia, yakni lagu “Cinta Luar Biasa” milik Andmesh Kamaleng yang populer sejak tahun 2019 lalu. Hal ini sontak membuat para fansnya dari Indonesia semakin kagum dengan sosok Haechan dan juga Doyoung NCT yang menyanyi bersama Haechan dalam video cover musik tersebut.

Bahkan, saking sukanya Haechan dengan lagu tersebut, ketika konser NCT 127 Neo City Jakarta: THE LINK, Haechan kembali menyanyikan sedikit bagian dari lagu tersebut secara fasih. Saking fasihnya Haechan ketika menyanyikan lagu dalam Bahasa Indonesia, Haechan kerap kali disebut NCTzen seperti orang lokal, secara spesifik seperti orang Bandung.

Nah, setelah mengenal lebih dalam sosok Haechan NCT, selanjutnya akan dibahas tentang perjalanan karir Haechan NCT. Haechan sendiri sudah menekuni karir sebagai anggota NCT sejak tahun 2016, jadi perjalanan karirnya terbilang sudah cukup panjang. Untuk mengetahui secara jelas, simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Rekomendasi Buku Terkait

NCT Multiverse Group

 

“To the world”, tentu salam ini sudah sangat kalian kenal. Dan tentunya kalian semua tidak asing lagi dengan grup yang memiliki penampakan dan penampilan super enerjik ini. Selain itu, parasnya yang rupawan ditambah dengan bakatnya yang luar biasa di bidang musik menjadikan NCT menjadi grup dengan talenta lengkap.

Tidak hanya penampilan NCT yang terlihat keren, namun siapa sangka NCT juga memiliki keunikan lain, yaitu dengan jumlah anggota yang tidak terbatas, ditambah dengan sub unit yang anggotanya berubah-ubah, menjadikan saling berkolaborasi menjadi ciri khas NCT.

NCT, nama grup ini sudah sangat dikenal di Indonesia. NCT adalah grup bentukan dari SM Entertainment dengan jumlah anggota terbanyak dan sering berubah-ubah. Musik yang disuguhkan NCT pun beraneka ragam mulai dari bubblegum pop, EDM, ballad sampai hip hop, namun dengan tetap mengusung tempo musik yang adiktif dan juga easy listening di telinga para penggemarnya.

Bagi Grameds yang penasaran dengan perjalanan NCT, maka bisa mencari tahunya melalui buku NCT Multiverse Group. Dapatkan segera bukunya di gramedia.com.

NCT-TO THE WORLD

 

To The World, Yeogin NCT! Siapa yang sudah familiar dengan greeting boy group termuda dari agensi idola K-Pop terkenal, SM Entertainment ini? Siapa lagi kalau bukan NCT! Boy grup generasi 3 dengan tema terunik. Grup ini terdiri dari 18 anggota yang berasal dari berbagai negara di mana semuanya terbagi ke dalam sub unit dengan ciri khas masing-masing.

NCT U, NCT 127, dan NCT Dream. Kamu akan berkenalan dengan NCT lewat buku ini. Buku NCT – To The World akan membawamu mengetahui tentang perjalanan para cowok-cowok multitalenta ini sejak awal sebelum terbentuk sampai bisa sesukses sekarang.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang perjalanan NCT, maka kamu bisa membaca buku NCT-TO THE WORLD. Buku ini juga menyajikan keseluruhan diskografi dan biodata keseluruhan member. Jadi, tunggu apalagi segera dapatkan bukunya di gramedia.com.

NCT The Superhumans

 

NCT The Superhumans adalah album mini dari boyband Korea Selatan NCT 127, yang dirilis pada 24 Mei 2019 oleh SM Entertainment. Album ini memuat single utama “Superhuman” dan lima lagu lainnya. NCT berkonsep boy grup dengan jumlah member yang tak terhingga.

Mereka pun terbagi ke dalam beberapa sub-unit yang tidak hanya beraktivitas di Korea Selatan saja. Melalui program pelatihan buatan SM Entertainment, SM Rookies, NCT dipersiapkan sejak tahun 2013. Perekrutan member NCT dilakukan lewat berbagai cara, mulai dari perekrutan jalanan, rekomendasi pribadi hingga lewat program SM Global Audition.

Secara keseluruhan, hingga saat ini NCT sudah memiliki 21 member. Mereka adalah Taeil, Jhonny, Taeyong, Yuta, Kun, Doyoung, Ten, Jaehyun, Winwin, Jungwoo. Lucas, Mark, Xioujun, Hendery, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Yangyang, Chenle dan Jisung. Meskipun terdiri dari banyak member, SM Entertainment tentu tidak sembarangan memilih mereka.

Simak lebih lengkap update informasi dari NCT lewat buku berjudul NCT: The Superhumans! Selamat tenggelam bersama superhumans.

 

Perjalanan Karir Haechan

Pada 7 Juli 2016, Haechan melakukan debut bersama 6 orang lainnya, yakni Taeil, Taeyong, Yuta, Jaehyun, Winwin, dan Mark yang tergabung dalam sebuah boy group bernama NCT 127. Mereka berenam melakukan debut dengan lagu “Firetruck”. Kemudian, pada 24 Agustus 2016, Haechan kembali melakukan debut bersama dengan Mark, Jeno, Renjun, Jaemin, Jisung, dan Chenle melalui grup NCT Dream.

Mereka merilis single pertama mereka berjudul “Chewing Gum”. Lalu, pada 14 Maret 2018. Haechan juga berpartisipasi dalam project unit NCT 2018, yakni dalam lagu “Black on Black”. Pada 11 Agustus 2018, Haechan membuat penampilan spesial bersama dengan sub-unit NCT U dengan melakukan penampilan panggung spesial dari lagu “I Wanna Be a Celeb”.

Pada 13 Desember 2019, Haechan melakukan debutnya bersama dengan NCT U dengan lagu “Coming Home” di Station X 4 LOVEs for Winter Part 2. Pada 4 Desember 2020, Haechan berpartisipasi dalam unit project NCT 2020 untuk lagu Resonance.

Diketahui, awal mula Haechan dapat menjadi seorang idol berkat sang ibu yang mendorongnya untuk mengikuti audisi mingguan SM Entertainment. Pada akhirnya, ia pun mengikuti audisi tersebut dan akhirnya lolos menjadi bagian dari SM Entertainment.

Selain sibuk dengan grup NCT, Haechan juga pernah tampil di dua acara TV, yakni Mickey Mouse Club (2015) dan Idol On Quiz (2020). Tidak hanya itu saja, Haechan juga sempat menjadi pembawa acara di beberapa kesempatan. Beberapa contohnya, yaitu M Countdown (MC Tamu Mingguan 2017), Music Bank (MC Tamu 2018), dan Weekly Idol (MC Tamu 2020).

Selain menekuni dunia musik dengan grup musik NCT, NCT Dream, NCT U, dan NCT 127, Haechan juga menjadi penyanyi solo dan beberapa kali melakukan kolaborasi dengan musisi lainnya. Lagu-lagu yang pernah dinyanyikannya, di antaranya, yaitu:

  • Maniac (Prod. Ryan Jhun) (bersama Doyoung & Haechan) yang dirilis pada 12 Agustus 2021
  • Snow Dream 2021 (bersama Chenle, Yeri, Jisung, & Ningning) (Album 2021 Winter SMTOWN: SMCU EXPRESS) yang dirilis pada 27 Desember 2021
  • Good Person (Album PLY FRIENDS: Seoyeon University Class of 22) yang dirilis pada 5 Maret 2022

Nah, itu dia Grameds perjalanan karir Lee Haechan. Luar biasa sekali ya sosok idol tampan yang satu ini. Bagi Grameds yang ingin mengenal sosok Haechan secara lebih dekat, kalian bisa mengikuti kesehariannya dengan menjadi followers di media sosial Instagramnya yang bernama @haechanahceah. Haechan cukup aktif di media sosial Instagram, jadi Grameds dapat tetap up to date dengan kabar terbaru Haechan.

Grameds, sekian artikel “Profil, Fakta Menarik, dan Perjalanan Karir Lee Haechan NCT”. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kalian yang membacanya, dengan menambah informasi baru untuk Anda. Bagi Grameds yang ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang member NCT lainnya atau NCT secara keseluruhan, Grameds bisa mendapatkan informasi melalui berbagai buku yang tersedia di Gramedia.com, lho.

Beberapa buku yang membahas tentang NCT adalah yang direkomendasikan di artikel ini. Selain buku yang telah direkomendasikan, Grameds juga bisa mendapatkan berbagai buku lainnya, baik itu tentang NCT atau dunia K-Pop, serta berbagai buku lainnya di Gramedia.com.

Bahkan, kalian juga bisa mendapatkan berbagai kebutuhan sehari-hari di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi yang terbaik dan terlengkap untuk Anda. Selamat membaca!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Haechan
  • https://smtown-nctzens.fandom.com/wiki/HAECHAN
  • https://www.orami.co.id/magazine/lee-haechan
  • https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/11/2022/29993/11-fakta-unik-haechan-nct-si-imut-bersuara-emas

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy