in

17 Pemain Reply 1988 Beserta Karakternya di dalam Drama!

IMDb

Pemain Reply 1988 – Apabila para penggemar K-Drama diberikan pertanyaan seputar “apa serial drama bergenre slice of life yang hingga saat ini masih teringat terus akan adegan dan dialognya?”, maka sebagian besar dari mereka pasti akan menjawab Reply 1988.

Yap, walaupun serial drama Reply ini memiliki tiga season tetapi yang begitu membekas dan seolah relate dengan kehidupan sehari-hari kita adalah Reply 1988. Apakah Grameds juga berpikir demikian?

Singkatnya, serial drama ini menceritakan kehidupan 5 remaja yang berkawan baik sejak kecil beserta kehidupan keluarga masing-masing di kompleks perumahan Ssamundong. Latar belakang waktu yang digunakan pun adalah tahun 80-an sehingga Grameds yang belum lahir di tahun itu dapat mengetahui ada peristiwa bersejarah apa yang terjadi di masa tersebut. Mulai dari Olimpiade Seoul hingga aksi demo mahasiswa di wilayah Gwangju.

Segala adegan hingga dialog di serial drama Reply 1988 ini benar-benar mempresentasikan kehidupan sehari-hari kita di dunia nyata. Berhubung K-Drama ini bergenre slice of life, maka tentu saja tidak ada tokoh antagonis di dalamnya, sehingga alur ceritanya pun seolah mengalir begitu saja. Tak heran, serial drama ini mendapatkan rating tertinggi pada episode perdana hingga akhir.

Para pemain Reply 1988 pun juga merupakan aktor dan aktris berbakat yang sering berseliweran di layar kaca. Terlebih lagi, kualitas akting mereka tidak kaleng-kaleng sehingga ketika menonton serial drama ini, kita seolah masuk di dalamnya. Setiap detail dari serial drama ini begitu diceritakan secara apik.

Lantas, siapa saja sih pemain Reply 1988 yang langsung berhasil masuk dan memenangkan berbagai nominasi di acara-acara penghargaan besar berkat serial drama ini? Yuk, berkenalan dengan karakter mereka di serial drama ini! Oh iya, sedikit informasi bahwa artikel ini mengandung beberapa spoiler ya…

Berkenalan dengan 15 Pemain Reply 1988

Tokoh Utama

Pemain Reply 1988
Netflix

1. Deok Seon diperankan oleh Lee Hyeri 

Pemain Reply 1988
https://asianwiki.com/

Deok Seon adalah anak kedua dari keluarga Sung yang tinggal di kompleks Ssamundong sekaligus satu-satunya perempuan di geng para anak-anak Ssamundong. Keluarganya yang sederhana tinggal di bawah basement rumah tetangganya, Jung Hwan. Karakternya begitu ceria, berempati besar, jujur, polos, senang membantu, dan malas belajar.

Yap, di sekolahnya Deok Seon meraih peringkat ke-999 dari seluruh siswa dan sering dianggap tidak berbakat secara akademis. Bahkan tak jarang, ketika belajar bersama kakaknya yang memang pintar matematika, dirinya akan merasa minder dan menangis karena kakaknya begitu galak. Itulah mengapa, Deok Seon selalu bingung akan mimpi apa yang dimilikinya untuk masa dewasa kelak.

Selama menjadi anak kedua di keluarganya, dirinya banyak mengalah untuk saudara-saudaranya terutama untuk hal-hal sekecil apapun. Contohnya seperti tidak mendapatkan sarapan telur mata sapi karena di kulkas hanya ada dua telur saja yang tersisa untuk kakak dan adiknya. Bagi Grameds yang merupakan anak tengah pasti ketika adegan Deok Seon menangis dan meluapkan segala unek-unek kepada keluarganya, pasti akan merasa begitu relate.

Karakter Deok Seon ini dibawakan oleh aktris sekaligus mantan idol Lee Hyeri. Banyak orang yang mengacungkan jempol pada kualitas akting Hyeri yang luar biasa apik sebagai pemain Reply 1988 untuk karakter Deok Seon.

Mengingat tokoh Deok Seon sangat jauh dari karakter gadis anggun, sementara di kehidupan nyata, Hyeri adalah idol yang selalu menjaga citranya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Saat ini Hyeri sudah berulang kali mendapatkan peran sebagai tokoh utama di berbagai serial drama, seperti Two Cops, My Roommate Is A Gumiho, Moonshine, dan May I Help You.

2. Jung Hwan diperankan oleh Ryu Jun Yeol

Pemain Reply 1988
https://www.soompi.com/

Jung Hwan adalah anak kedua dari keluarga Kim yang memiliki rumah paling mewah dan berada di atas rumah Deok Seon. Yap, keluarga Jung Hwan adalah keluarga paling kaya di lingkungan Ssamundong, tetapi mereka tidak pernah sombong dan justru sering berbagi makanan kepada tetangga lainnya. Karakternya cuek, dingin, sulit mengungkapkan perasaannya tetapi sebenarnya sangat perhatian.

Sedari kecil, Jung Hwan sudah menyukai Deok Seon dan selalu mengejek gadis tersebut. Perhatiannya kepada Deok Seon jarang diperlihatkan karena gengsi yang amat besar. Lucunya, sebenarnya Deok Seon juga sempat menyukai Jung Hwan, hanya saja keduanya berada di waktu yang tidak tepat. Alur cerita cinta antara Deok Seon dan Jung Hwan ini mengalir begitu saja kok dan tidak cringe sama sekali.

Berhubung karakternya yang cuek dan dingin, Jung Hwan tidak terlalu dekat dengan ibunya. Jung Hwan hanya akan berbicara dengan ibunya ketika meminta uang saku dan hal-hal lainnya saja. Itulah yang membuat ibunya merasa sedih karena anaknya tidak pernah curhat apapun kepadanya, sekalipun ketika dipalak oleh preman.

Pemain Reply 1988 untuk t Jung Hwan ini diperankan oleh aktor Ryu Jun Yeol yang lahir pada 1986. Sejak tahun 2012, dirinya memang sudah debut di berbagai film dan serial drama. Lucunya lagi, walaupun di serial drama ini dirinya bertepuk sebelah tangan dengan Deok Seon, tetapi di kehidupan nyata dirinya berhasil mendapatkan sosok Hyeri. Yap, pada tahun 2016 dikonfirmasi bahwa Ryu Jun Yeol dan Hyeri telah pacaran dan masih langgeng hingga saat ini!

3. Choi Taek diperankan oleh Park Bo Gum

Pemain Reply 1988
https://asianwiki.com/

Choi Taek adalah anak tunggal dari keluarga Choi yang membuka toko jam tangan di rumahnya. Taek tidak bersekolah seperti anak-anak lainnya dan hanya fokus pada baduk saja. Yap, dirinya adalah pemain baduk profesional paling populer di Korea Selatan yang sering memenangkan pertandingan besar.

Namun, walaupun namanya sangat dikenal, tetapi ketika bersama teman-temannya, dirinya sangatlah lamban dan lugu.

Keluarga Taek pindah ke kompleks Ssamundong setelah ibunya meninggal dunia. Dia sangat menyayangi ayahnya dan sering merasa rindu kepada ibunya. Beruntungnya, para ibu-ibu kompleks Ssamundong lainnya sudah menganggapnya sebagai anak sehingga sering kali meminta Taek datang ke rumah mereka untuk makan. Tak jarang, keluarga Taek akan dikirimi banyak sekali makanan dari tetangga lain.

Taek menyukai Deok Seon sejak kecil walaupun gadis tersebut pernah membuatnya jatuh dari permainan. Seiring berjalannya waktu, Taek berani mendekati Deok Seon dan mengungkapkan perasaannya.

Tokoh Taek ini diperankan oleh aktor tampan Park Bo Gum yang meraih kepopularitasnya berkat menjadi villain di serial drama Hello Monster pada 2015. Selain menjadi aktor terutama sebagai pemain Reply 1988, Park Bo Gum juga seorang MC untuk acara musik Music Bank berpasangan dengan Irene Red Velvet. Itulah mengapa, ketika dirinya masuk wajib militer pada tahun 2020, Bo Gum didapuk sebagai MC untuk acara Navy Concert di baraknya.

4. Sun Woo diperankan oleh Go Kyung Pyo

Pemain Reply 1988
https://breakid161.wordpress.com/

Sun Woo adalah anak pertama di keluarganya dan hanya tinggal bersama ibu dan adiknya perempuannya saja. Ayahnya sudah meninggal dunia sehingga Sun Woo memiliki karakter bijaksana, penyayang, sopan, pintar, dan selalu menuruti ibunya.

Di sekolah, Sun Woo selalu mendapatkan peringkat pertama dan menjabat sebagai ketua OSIS. Baik di sekolah maupun di rumah, dirinya hanya berteman dengan Jung Hwan dan Dong Ryong saja.

Berhubung di keluarganya tidak ada sosok ayah, maka dirinya menggantikan peran tersebut dengan selalu membantu ibunya, apalagi kondisi keluarganya memang serba sulit. Sun Woo selalu curhat hal apapun kepada ibunya dan itu yang membuat ibu Jung Hwan merasa iri karena anaknya tidak pernah berperilaku demikian.

Saking idamannya karakter Sun Woo, Deok Seon pun pernah jatuh hati padanya. Namun ternyata, Sun Woo menyukai kakak Deok Seon yang terkenal galak dan kasar.

Tokoh Sun Woo ini dimainkan oleh Go Kyung Pyo yang debut akting sejak tahun 2010 dengan menjadi anggota di acara komedi Saturday Night Live Korea. Setelah menjadi salah satu pemain Reply 1988, dirinya mendapatkan banyak tawaran serial drama dan akhirnya pada tahun 2017 berhasil menjadi tokoh utama di serial drama Strongest Deliveryman.

5. Dong Ryong diperankan oleh Lee Dong Hwi

Pemain Reply 1988
https://thecantabilelife.tumblr.com/

Dong Ryong adalah anak kedua dari keluarga Yoo yang merupakan seorang dekan di SMA tempat dia bersekolah. Karakternya sangat humoris, usil, suka menyanyi dan menari, sehingga selalu membuat teman-temannya tertawa. Sebenarnya, keluarganya cukup kaya tetapi Dong Ryong selalu sedih karena tidak mendapatkan kasih sayang yang cukup dari kedua orangtuanya. Yap, keluarganya selalu sibuk dan untuk makan malam saja mereka jarang bersama.

Berhubung para keluarga di kompleks Ssamundong ini saling peduli sama lain, Dong Ryong juga sering mendapatkan kiriman makanan dari tetangganya. Tak jarang, para anak-anak kompleks tersebut akan berseliweran untuk mengirimkan makanan dari satu rumah ke rumah lain.

Pemain Reply 1988 untuk tokoh Dong Ryong ini adalah aktor kelahiran 1985 Lee Dong Hwi yang aktif dalam proyek film ternama. Saat ini, dirinya tengah menjalani hubungan pacaran dengan model sekaligus aktris Jung Ho Yeon sejak tahun 2015.

Tokoh Pendukung

Keluarga Deok Sun

Pemain Reply 1988
https://asianwiki.com/
1. Ayah Deok Seon diperankan oleh Sung Do Il 
Pemain Reply 1988
https://thefangirlverdict.com/

Ayah Deok Seon merupakan sosok ayah yang sangat bertanggung jawab kepada keluarga dan selalu bekerja keras di tempatnya bekerja. Karakternya adalah tegas, menyayangi anggota keluarganya, tidak bisa mengungkapkan perasaannya, tetapi sangat peduli dan tidak tega saat melihat orang lain dalam kesusahan.

Yap, ayah Deok Seon selalu membeli barang-barang yang tidak diperlukan karena dirinya membeli dari orang-orang yang dikasihaninya. Pernah suatu hari, dirinya membeli sekotak musik untuk terapi hamil karena merasa kasihan kepada penjualnya. Padahal di sisi lain, kondisi keuangan keluarganya pun sedang tidak baik-baik saja sehingga istrinya akan marah.

Ayah Deok Seon sangat dekat dengan semua anaknya, kecuali anak sulung yakni Bo Ra. Itu karena dirinya dan Bo Ra memiliki sifat sama-sama keras kepala sehingga tidak ada yang mau mengalah ketika bertengkar. Namun sebenarnya, dirinya sangat menyayangi Bo Ra dan tidak mau anak sulungnya terluka apapun.

Spoiler alert! Saat Ayah Deok Seon yang memakai sepatu kebesaran dan disumpal dengan tisu di pernikahan Bo Ra, menjadi salah satu adegan dalam Reply 1988 yang membuat para penonton menangis sesenggukan.

2. Ibu Deok Seon diperankan oleh Lee Il Hwa
https://www.cosmo.ph/

Ibu Deok Seon memiliki karakter lembut, sabar, penyayang kepada ketiga anaknya, dan sosok ibu yang siap melakukan apa saja demi anaknya. Dirinya sangat suka menyanyi dan menari terutama ketika berkumpul dengan keluarga Ssamundong lainnya. Tak jarang dirinya akan menjadi penengah ketika Deok Seon dan Bo Ra bertengkar hanya karena masalah sepele.

3. Sung Bo Ra diperankan oleh Ryu Hye Young
Pemain Reply 1988
https://thefangirlverdict.com/

Sung Bo Ra adalah anak pertama dari keluarga Sung sekaligus kakak Bo Ra yang terkenal galak dan kasar. Namun dirinya sangat pintar sehingga berhasil masuk di Universitas Seoul dan selalu dibanggakan oleh keluarga serta tetangga Ssamundong lainnya. Namun, para anak-anak Ssamundong takut dengannya kecuali Sun Woo yang justru jatuh hati karena sikap tegasnya.

Berbeda dengan Deok Seon yang selalu ceria dan berani mengungkapkan isi hatinya, Bo Ra sulit mengekspresikan rasa sayangnya kepada orang di sekitarnya, termasuk ayah dan ibunya. Selain itu, dirinya juga keras kepala sama seperti ayahnya sehingga hubungan ayah dan anak itu tidak terlalu dekat. Untuk mengungkapkan betapa sayangnya kepada Sang ayah, Bora tidak pernah menyampaikannya melalui ucapan, tetapi hanya lewat surat yang diberikan saat pesta pernikahannya.

Meskipun Bo Ra galak dan kasar, tetapi dirinya peduli dengan keadaan sekitarnya. Pernah suatu waktu, ibu Sun Woo harus pergi menuju rumah saudaranya tetapi tidak ada bus yang lewat. Alhasil karena saat itu Bo Ra sedang membawa mobil milik seniornya, dirinya tanpa basa-basi langsung mengantarkan ibu Sun Woo ke tujuan.

4. Sung No Eul diperankan oleh Choi Sung Won
https://thefangirlverdict.com/

Sung No Eul adalah anak ketiga dari keluarga Sung sekaligus adik bungsu dari Bo Ra dan Deok Seon. Karakternya sangat polos, jujur, dan begitu mengagumi sosok Jung Bong alias kakak Jung Hwan. Ketika anak-anak Ssamundong berkumpul bersama, dirinya akan memanggil Jung Bong dengan sapaan “hyung” dan mengikuti segala perintahnya.

Sama halnya dengan Deok Seon, No Eul juga tidak memiliki keterampilan apik di bidang akademis. Dirinya sangat manja kepada sang ayah dan selalu meminta es krim setiap ayahnya pulang kerja.

Keluarga Jung Hwan (Jung Pal)

Pemain Reply 1988
https://asianwiki.com/
1. Ayah Jung Hwan diperankan oleh Kim Sung Kyun
https://sivibicouch.com/

Ayah Jung Hwan merupakan sosok ayah yang humoris, ceria, dan sering melontarkan lelucon kepada para orang-orang Ssamundong, tetapi hanya Deok Seon saja yang paham dan menanggapinya. Dirinya menjadi keluarga paling kaya karena memiliki toko elektronik dan sering membelikan barang-barang untuk para tetangganya, tetapi tidak dengan dirinya sendiri. Bahkan ketika disuruh untuk membeli sebuah jaket, dirinya malah membeli jaket bekas yang sudah rusak bagian resletingnya sehingga membuat istrinya marah.

Ayah Jung Hwan sering merasa sedih ketika anak-anaknya tidak menanggapi leluconnya. Namun suatu waktu, Jung Hwan memberanikan diri untuk membalas lelucon tersebut dan membuat ayahnya merasa senang bukan main.

2. Ibu Jung Hwan diperankan oleh Ra Mi Ran
https://asianwiki.com/

Ibu Jung Hwan adalah sosok ibu yang sayang kepada kedua anaknya dan sering merasa iri jika ibu-ibu lain memiliki cerita pribadi tentang anaknya, sebab Jung Hwan tidak pernah curhat apapun kepadanya. Meskipun demikian, dirinya adalah sosok tetangga yang baik dan suka memberi. Berhubung keluarganya kaya, maka tak jarang dirinya akan memasak makanan mewah dan mengajak para tetangganya untuk makan bersama.

3. Kim Jung Bong diperankan oleh Ahn Jae Hong
https://www.cloverblossomsblog.com/

Jung Bong adalah anak pertama dari keluarga Kim sekaligus kakak dari Jung Hwan yang selalu gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi. Dirinya sering memiliki hobi yang mudah berubah, mulai dari mengoleksi perangko, poster, hingga album musik. Hobinya adalah bermain game arcade di ujung gang Ssamundong. Kepribadiannya seperti anak kecil dan mudah terganggu akan hal-hal sepele, tetapi dirinya juga baik hati serta sayang dengan anak-anak. Hal itulah yang membuat ibu Sun Woo sering menitipkan anak bungsunya, Jin Joo, kepada Jung Bong ketika hendak ada urusan.

Jung Bong sangat bangga dengan keberadaan Taek sebagai pemain baduk profesional dan Bo Ra sebagai mahasiswa Universitas Seoul yang tinggal di perumahannya. Rasa bangganya itu dia luapkan melalui surat radio dan ketika dibacakan oleh penyiarnya, Jung Bong merasa sangat senang.

Keluarga Sun Woo dan Taek

https://asianwiki.com/
1. Ibu Sun Woo diperankan oleh Kim Sun Young
https://thefangirlverdict.com/

Ibu Sun Woo adalah seorang janda alias ibu tunggal bagi kedua anaknya karena sang suami telah meninggal dunia. Tentu saja, menjadi ibu tunggal itu membuatnya sering menangis karena kesulitan ekonomi. Terlebih lagi saat ibu mertuanya datang dan “mengomelinya” karena kedua cucunya tidak hidup berkecukupan.

Ibu Sun Woo juga sering bekerja diam-diam tanpa sepengetahuan anaknya karena ingin memiliki tabungan untuk kuliah Sun Woo kelak. Seiring berjalannya waktu, dirinya menikah dengan ayah Taek yang berasal dari wilayah sama dengannya.

2. Ayah Taek diperankan oleh Choi Moo Sung
https://sheilaspatio.wordpress.com/

Ayah Taek adalah sosok ayah tunggal dan mengurus Taek sejak kematian istrinya. Sehari-hari, dirinya bekerja di toko jam miliknya dan tak pernah melewatkan pertandingan baduk Taek lewat televisinya. Karakternya adalah penurut, baik hati, dan mudah menangis ketika mengingat tentang masa kecil Taek yang hidup tanpa didampingi sosok ibu.

Nantinya, ayah Taek akan menikah dengan ibu Sun Woo dan pernikahan keduanya pun tidak menimbulkan konflik apapun karena Taek dan Sun Woo juga senang menjadi saudara tiri.

Keluarga Dong Ryong

1. Ayah Dong Ryong diperankan oleh Yoo Jae Myung
https://thefangirlverdict.com/

Ayah Dong Ryong adalah seorang dekan di SMA tempat Dong Ryong dan teman-temannya bersekolah. Karakternya sangat tegas dan menyayangi anaknya. Tak jarang dirinya akan melakukan inspeksi di bioskop, tempat membolos para anak-anak didiknya, termasuk Dong Ryong dan kawan-kawan.

Ayah Dong Ryong jarang mengikuti perkumpulan para tetangga Ssamundong karena sibuk menjadi guru privat untuk siswa lain. Namun meskipun demikian, dirinya tetap ikut dalam perayaan-perayaan besar yang diadakan oleh keluarga Kim.

Tokoh Lainnya

https://asianwiki.com/
1. Jang Mi Ok diperankan oleh Lee Min Ji
https://asianwiki.com/

Jang Mi Ok adalah sahabat Deok Seon yang berasal dari keluarga kaya. Namun karena masalah ekonomi, ayahnya beralih menjadi pemilik toko kain. Di keluarganya, Mi Ok sangat disayang oleh ayahnya. Nantinya, dirinya akan berpacaran dengan Jung Bong.

2. Wang Ja Hyun diperankan oleh Lee Se Young
https://www.cloverblossomsblog.com/

Wang Ja Hyun adalah sahabat Deok Seon lainnya yang hanya memikirkan laki-laki saja. Namun dirinya memiliki mimpi untuk menjadi seorang penata rambut.

Itulah pembahasan kita tentang pemain Reply 1988. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah kamu tertarik untuk menonton film ini? Jika ingin mencari buku yang berkaitan dengan Korea Selatan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku Terkait

1. Annyeong, Drakor!

Ingin belajar Bahasa Korea praktis, mudah, dan asyik? Buku Annyeong, Drakor! hadir sebagai solusi media alternatif untuk kamu belajar Bahasa Korea secara menyenangkan. Melalui buku ini, kamu akan diajak untuk menyelami dialog-dialog dari drama populer.

Buku ini dikemas dalam bentuk komik yang pastinya akan menambah semangat kamu untuk mempelajari Bahasa Korea. Tak hanya itu, selain memperkenalkan hangeul, buku ini juga memuat tata bahasa dasar yang bisa kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari.

2. Korea A To Z: Panduan K-Drama, Traveling, Kuliah, Bekerja, dan Bermigrasi

Buku ini memuat segala sesuatu yang ingin Anda ketahui tentang Korea, baik untuk sekadar menambah pengetahuan, panduan memahami K-Drama, traveling, kuliah, bekerja, maupun bermigrasi.

Berbagai topik menarik seperti sejarah, tradisi, budaya, dan hal-hal mengejutkan yang tidak diketahui orang asing dibeberkan secara lugas di sini.

3. Bahasa Korea Untuk Kpopers

Budaya Korea atau hallyu saat ini semakin saat ini semakin meluas, terutama dalam dunia Kpop. Berbagai grup, seperti BTS, EXO, Super Junior, Blackpink, dan sebagainya digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Lagu-lagu Kpop pun sudah sering didengarkan dan dinyanyikan, terutama oleh para KPopers, sebutan bagi penggemar KPop. Melihat hal tersebut, penyusun berniat untuk mengajak pembaca terutama KPopers untuk mempelajari tata bahasa Korea sehingga dapat memahami makna lagu-lagu yang dinyanyikan para artis KPop.

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.