in

Profil Mina TWICE, Perjalanan Karir dan Cerita Hiatusnya Pada 2019 Lalu

Mina TWICE – Girl group di bawah naungan JYP Entertainment yang debut pada tahun 2015 yakni TWICE sepertinya akan terus dianggap sebagai grup K-Pop paling populer sepanjang masa. Bahkan sejumlah konten penggemar TWICE yang disebut dengan Once ini sering memperlihatkan betapa dihargainya TWICE di mata para idol K-Pop lain, terutama bagi para junior.

Contohnya adalah pada tahun 2017 lalu, TWICE bersama girl group lain seperti IOI, Red Velvet, dan GFriend, berkolaborasi men-cover lagu “Into The New World” milik SNSD. 4 tahun setelahnya, tepatnya pada November 2022 kemarin, gantian para junior mereka Le Sserafim, IVE,  Kep1er, New Jeans, dan NMIXX men-cover lagu milik TWICE yang berjudul “Cheer Up”. Yap, waktu berlalu secepat itu padahal rasanya baru kemarin TWICE debut bersama lagunya yang berjudul “Like OOH AHH”.

Salah satu member TWICE yang paling banyak disorot karena visual dan bakatnya adalah Mina TWICE. Member asal Jepang ini tentunya harus melewati banyak rintangan terlebih dahulu untuk dapat debut sebagai idol K-Pop, apalagi dengan perbedaan bahasa dan budaya yang membuatnya harus beradaptasi secepat mungkin. Meskipun dalam perjalanannya, Mina harus hiatus terlebih dahulu karena gangguan kecemasan yang dialaminya.

Lantas, bagaimana sih cerita perjalanan karir Mina TWICE? Bagaimana usahanya menghadapi gangguan kecemasan sehingga harus hiatus dari grup terlebih dahulu? Apa saja fakta-fakta menarik dari seorang Myoui Mina TWICE? Yuk, simak ulasannya berikut ini, siapa tahu Grameds langsung kepincut dengan pesonanya!

Mina TWICE
https://twice.fandom.com/

Biodata dan Profil Mina TWICE

https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Myoui Mina
  • Nama Panggung: Mina
  • Nama Inggris: Sharon Myoui
  • Tempat Lahir: San Antonio, Texas, US
  • Tanggal Lahir: 25 Maret 1997
  • Zodiak: Aries
  • Tinggi Badan: 163 cm (5’4”)
  • Golongan Darah: A
  • MBTI: ISFP-T
  • Kewarganegaraan: Jepang-Amerika
  • Pendidikan: Obayashi Sacred Heart School Japan
  • Posisi di Grup: Main Dancer dan Sub Vocalist

Cerita Perjalanan Karir Mina TWICE

Mina TWICE
https://channel-korea.com/

Sebelum menjadi idol besar seperti sekarang ini, Mina tidak pernah membayangkan bahwa dirinya di masa depan adalah member grup K-Pop terpopuler yang pernah ada. Sejak remaja, Mina memang telah menunjukkan ketertarikannya pada K-Pop. Dirinya adalah fans Big Bang dan EXO dan turut tergabung dalam sebuah grup cover dance.

Seperti halnya idol K-Pop lain, foto-foto Mina sebelum debut pun turut beredar. Mulai dari fotonya yang tengah memegang lightstick Big Bang hingga tampil di depan umum untuk men-cover lagu EXO.

Pada salah satu foto, terlihat Mina bersama teman-temannya yang tengah men-cover dance milik EXO dan mengenakan pakaian bertuliskan “WOLF 88”. “WOLF 88” adalah pakaian yang dipakai EXO saat tengah mempromosikan lagu “Wolf”. Selain itu, ada juga foto mempertontonkan adanya Mina saat sudah debut bersama TWICE tengah heboh menari ketika EXO tampil di acara MAMA 2015.

Atas adanya hal ini, banyak netizen yang berkomentar bahwa berawal dari fans sekarang dirinya sudah bisa berada di tempat yang sama dengan idolanya. Wah, beruntung sekali ya, Mina!

Partisipasinya Pada Ajang SIXTEEN

Mina TWICE
https://channel-korea.com/

Cerita perjalanan karir seorang Mina TWICE tentu saja tidak akan lepas dari partisipasinya pada ajang survival show SIXTEEN. Ajang ini dibesut oleh JYP Entertainment dan tayang di channel Mnet pada Juli 2015.

Suatu hari, ketika dirinya tengah berbelanja bersama ibunya di sebuah mall di Osaka, tiba-tiba datanglah staf JYP Entertainment ke arahnya. Staf tersebut menawari Mina untuk mengikuti audisi global dari JYP Entertainment yang kebetulan tengah diadakan di Jepang. Tanpa pikir panjang, tentu saja Mina menyetujui hal tersebut dan ikut audisi.

Sebenarnya, Mina memang sudah memiliki bakat menari karena dirinya sering men-cover dance lagu-lagu K-Pop sebelum dirinya menjadi trainee. Itulah mengapa dirinya hanya menghabiskan waktu kurang lebih satu tahun untuk menjadi trainee di JYP Entertainment. Setelah itu, barulah dirinya ikut dalam ajang survival show SIXTEEN untuk berkompetisi menjadi anggota TWICE.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Ajang survival bertajuk SIXTEEN ini merupakan proyek kolaborasi antara Park Jin Young (selaku produser musik di JYP Entertainment) dengan channel TV Mnet. Sesuai dengan judulnya, ajang survival ini hanya diikuti oleh 16 peserta saja, yang mana 7 diantaranya adalah trainee dari JYP Entertainment. Rencananya, pemenang dari ajang ini akan debut sebagai girl group baru di bawah naungan JYP Entertainment.

Konsep utama dari ajang ini adalah 7 trainee dari JYP Entertainment tersebut adalah kandidat untuk anggota girl group baru tersebut, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba untuk menggantikan posisi ketujuh trainee tersebut. Maka dalam setiap episodenya, akan ditampilkan bagaimana 7 trainee mempertahankan posisinya, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba “menggeser” posisi tersebut.

https://channel-korea.com/

Dari 16 peserta yang ikut acara SIXTEEN ini, tidak semuanya merupakan warga Korea Selatan asli. Ada 4 orang yang berasal dari Jepang, salah satunya adalah Mina, dan 1 orang dari China. Dari episode pertama hingga akhir, Mina selalu menampilkan bakatnya yang terbaik dan mendapatkan banyak dukungan. Ditambah lagi, kepribadiannya yang ceria turut meramaikan acara tersebut.

Setelah proses yang panjang, akhirnya Mina berhasil mengamankan posisinya dan debut bersama delapan member TWICE lainnya dan debut pada 20 Oktober 2015. TWICE debut tepat setelah 5 bulan acara SIXTEEN tamat.

2015: Debut Bersama TWICE

Mina TWICE
https://channel-korea.com/

Pada 20 Oktober 2015 sepertinya menjadi momen paling bersejarah bagi kesembilan member TWICE, tak terkecuali Mina karena akhirnya mereka dapat debut setelah menjalani masa trainee yang panjang. Tepat setelah SIXTEEN tamat, tentu saja banyak netizen berspekulasi bahwa girl group besutan Park Jin Young akan segera hadir mendobrak dunia K-Pop.

Kala itu, JYP Entertainment memang masih memiliki girl group Miss A dan Wonder Girls. Terlebih lagi, Park Jin Young memang tidak ingin “pamer” kepada media bahwa dirinya akan mendebutkan girl group baru di agensinya. Akhirnya, pada 20 Oktober 2015 itu, akun Twitter JYP Entertainment resmi mengumumkan pendebutan sebuah girl group baru yang beranggotakan 9 member.

Dalam rangkaian debut mereka, tentu saja TWICE merilis berbagai teaser individu dengan tema zombie. Uniknya, walaupun pada trailer MV mereka ada sosok zombie, tetapi kesembilan member TWICE terlihat ceria.

2019: Hiatus Karena Gangguan Kecemasan

Pada Juli 2019, TWICE masih disibukkan dengan segala jadwal tur konser yang mendunia dengan tajuk “Twicelights”. Tur konser ini dimulai pada 25 Mei 2019 di Seoul, Korea Selatan dan rencananya berakhir pada Agustus 2019. Sayangnya, ada satu kabar menyedihkan bagi fandom Once. Pasalnya, salah satu member yakni Mina TWICE terpaksa harus absen dari seluruh aktivitas grup terlebih dahulu, tak terkecuali pada tur konser dunia “Twicelights” ini.

Berdasarkan pengumuman yang diposting oleh akun resmi JYP Entertainment pada 11 Juli 2019, menyatakan bahwa Mina TWICE terpaksa tidak bisa mengikuti tur konser tersebut karena gangguan kecemasan alias anxiety disorders, sehingga tidak dapat tampil di atas panggung. Berikut ini adalah pernyataan resmi dari agensi akan kondisi Mina TWICE pada tahun 2019 lalu.

Tidak hanya itu saja, Mina juga turut absen pada acara bertajuk ‘Pocari Challenge Teen Festa’ pada 7 Juli 2019 karena cedera lutut. Akibat cedera lutut itu juga, membuat Mina TWICE kesulitan menari pada konser yang diadakan di Manila. Yap, sepanjang tahun 2019 memang kesehatan fisik dan mental Mina TWICE sedang tidak baik-baik saja.

JYP Entertainment selaku agensi yang menaungi Mina TWICE langsung memberikan informasi terbaru akan kesehatannya kepada para penggemar. Diketahui juga pada 1 Agustus 2019, Mina TWICE tiba di Korea Selatan bersama ibunya. Sebelumnya, memang Mina telah berada di Jepang untuk masa pemulihan.

Pada video ini, terlihat Mina sangat murung dan lelah. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa Mina menangis sesampainya di bandara. Dirinya tiba di bandara Incheon ditemani Ibu dan staf JYP Entertainment.

Kedatangan Mina saat itu membuat publik bertanya-tanya tentang bagaimana aktivitasnya di TWICE sekaligus bagaimana perawatannya akan masalah kesehatannya. Lalu, pihak perwakilan JYP Entertainment pun menjelaskan bahwa kembalinya Mina ke Korea Selatan adalah untuk beristirahat. Sekiranya, akan sulit bagi Mina untuk mengikuti segala jadwal kegiatan TWICE termasuk tur dunia.

Mina Di ONCE Halloween 2
https://channel-korea.com/

Pada September 2019, TWICE merilis comeback-nya yang bertajuk ‘Feel Special’. Mina tetap ikut dalam foto promosi, tetapi tidak ikut selama promosi di acara musik seperti biasanya. Namun pada 20 Oktober 2019, fandom ONCE tiba-tiba kaget akan kemunculan Mina TWICE di ‘ONCE Halloween 2’ sekaligus perayaan ulang tahun debut TWICE ke-4.

Mengingat saat itu, Mina memang tengah dalam kondisi hiatus untuk menjalani pengobatan akan gangguan kecemasan yang dideritanya. Menurut para fans, Mina menjadi lebih baik dibandingkan saat pertama kali kembali ke Korea pasca upaya penyembuhannya pada Agustus 2019 lalu.

Selanjutnya pada awal Februari 2020, rencananya Mina TWICE akan menghadiri fanmeeting di Tokyo. Namun, mengingat saat itu tengah santernya pandemi Covid-19, maka acara tersebut tidak terealisasikan. Barulah pada 11 Februari 2020, Mina TWICE dapat menyapa para fandom ONCE di konser TWICE yang diadakan di Fukuoka, Jepang.

Berkenalan dengan Keluarga Mina TWICE

Sama halnya dengan member grup K-Pop lainnya, keluarga Mina TWICE pun tidak akan luput dari sorotan publik. Banyak netizen bertanya-tanya, bagaimana sosok kedua orang tua Mina sehingga salah satu member TWICE tersebut dapat memiliki visual yang mempesona. Nah, berikut ini adalah uraian singkat mengenai keluarga Mina TWICE yang terdiri atas kakak laki-laki dan kedua orang tuanya.

Ayah Mina TWICE Adalah Seorang Ahli Bedah di Rumah Sakit Universitas Osaka

Mina TWICE
https://channel-korea.com/

Ayah Mina TWICE adalah seorang ahli bedah di sebuah Rumah Sakit Universitas Osaka bernama Akira Myoui. Rumah sakit tersebut terkenal akan fasilitasnya yang begitu modern di Jepang. Tidak hanya itu saja, Akira Myoui juga turut menjadi pembicara pada konferensi medis yang diadakan di sebuah Universitas Monash.

Diketahui bahwa Akira Myoui lulus dari Osaka University Medical School pada tahun 1986 dan berhasil meraih gelar Ph.D pada tahun 1993. Dalam kurun waktu satu tahun, Beliau diangkat sebagai asisten profesor di Departemen Ortopedi. Belakangan juga diketahui bahwa ayah Mina TWICE ini bekerja sebagai profesor klinis di Medical Center for Translation Research (MTR) selama 12 tahun.

https://channel-korea.com/

Dilansir dari channel-korea, Akira Myoui alias ayah dari Mina TWICE dan Kai Myoui ini telah mendapatkan banyak penghargaan. Pada tahun 2015, Beliau mendapatkan penghargaan dari Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri. Lalu, menjadi anggota dewan ARO, menjadi redaktur pelaksana Journal of Artificial Organs and Japanese Society for Biomaterials, dan lainnya. Wah, benar-benar keren ya!

Ibu Mina TWICE Adalah Seorang Pengacara Handal di Jepang

Mina TWICE
https://channel-korea.com/

Sementara itu, sosok ibu dari Mina TWICE bernama Myoui Sachiko. Menurut berbagai sumber, Myoui Sachiko adalah seorang pengacara yang handal di Jepang. Sayangnya, tidak ada lagi informasi detail terkait ibunda Mina TWICE itu. Namun terlihat, Myoui Sachiko begitu mendukung karir Mina sebagai idol K-Pop. Bahkan dirinya juga ikut menemani Mina saat proses penyembuhan akan masalah kesehatan yang diderita putri bungsunya itu.

Kakak Mina TWICE Adalah Seorang Atlet American Football

https://channel-korea.com/

Kakak laki-laki Mina TWICE adalah seorang atlet sepakbola Amerika alias American Football yang bernama Kai Myoui. Berbeda dengan adiknya, Kai Myoui justru memiliki perawakan yang besar dan kuat. Itulah mengapa, dirinya menjadi bagian dari klub American Football di universitasnya.

Mina TWICE tentu saja pernah membicarakan tentang kakaknya ini di suatu acara bincang-bincang Entertainment Weekly pada channel KBS 2TV. Kala itu, dirinya berbicara bahwa kakaknya datang ke konser TWICE yang tengah diadakan di SK Olympic Handball Gymnasium, Seoul, Korea Selatan.

Mina TWICE juga bercerita bahwa saat itu adalah waktu pertama kalinya dirinya melihat sosok kakaknya setelah 2 tahun tidak pernah bertemu. Mina sangat senang dan bersyukur kakaknya turut mendukungnya dengan datang ke konser TWICE.

20 Deretan Fakta Mina TWICE

https://twice.fandom.com/
  1. Mina lahir di San Antonio, Texas, Amerika Serikat. Lalu, ketika dirinya masih di usia balita, keluarganya pindah kembali ke Kobe, Jepang.
  2. Menurut sumber, Mina sempat memiliki kewarganegaraan Amerika, tetapi dilepaskan pada tahun 2019 lalu.
  3. Ayahnya adalah seorang ahli bedah di Rumah Sakit Universitas Osaka, sementara ibunya adalah seorang pengacara.
  4. Mina ditawari casting oleh staf JYP Entertainment ketika dirinya tengah berbelanja bersama ibunya.
  5. Mengikuti audisi JYP Entertainment di Jepang kemudian bergabung sebagai trainee resmi di Korea Selatan pada Januari 2014.
  6. Menjadi member TWICE yang memiliki masa pelatihan paling pendek, yakni satu tahun.
  7. Mina menyukai K-Pop setelah dirinya men-cover lagu milik SNSD bersama teman-temannya.
  8. Telah mempelajari tari balet selama 11 tahun.
  9. Mina menjadi trainee paling populer di kalangan trainee laki-laki yang ada di JYP Entertainment.
  10. Jenis tarian balet favorit Mina TWICE adalah La Corsaire.
  11. Mina sangat suka serial Harry Potter dan mengidolakan karakter Hermione.
  12. Dirinya lebih suka film bergenre thriller-action dibandingkan romance.
  13. Minuman favoritnya adalah Americano.
  14. Mina TWICE dengan jelas mengungkapkan bahwa agamanya adalah Katolik.
  15. Ketika merasa stress, Mina akan menangis.
  16. Menurut mantan trainee JYP lainnya, ketika marah Mina tidak akan berbicara dengan siapapun.
  17. Mina sangat takut menaiki wahana di taman hiburan.
  18. Mina berkali-kali muncul di MV milik seniornya seagensi. Mulai dari MV “Feel” milik Junho 2PM, “Stop Stop It” milik GOT7, “Rose” milik Wooyoung 2PM, dan “Only You” milik Miss A.
  19. Di dorm, Mina TWICE berbagi kamar dengan Jihyo, Sana, dan Nayeon.
  20. Sejak Juli 2019, dirinya hiatus karena gangguan kecemasan yang dideritanya. Namun, sekarang sudah pulih.

Sumber:

https://channel-korea.com/

https://kprofiles.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.