in

Profil Han Jisung Stray Kids, Rapper Muda yang Multitalenta

https://stray-kids.fandom.com/

Han Jisung – Salah satu grup K-Pop yang saat ini tengah digandrungi banyak penggemar adalah Stray Kids atau yang kerap disingkat dengan nama SKZ. Grup yang dibentuk melalui sebuah acara survival show “Stray Kids” ini berada dibawah naungan JYP Entertainment. Meskipun demikian, keseluruhan konsep hingga nama dari Stray Kids itu ditentukan oleh para membernya, terutama Bang Chan sebagai leadernya.

Park Jin Young selaku produser dan pendiri JYP Entertainment sangat percaya dengan segala keterampilan dan kemampuan Bang Chan dalam memimpin grup. Bang Chan juga lah yang memiliki para anggotanya sendiri dari para trainee JYP Entertainment yang ada. Meskipun dalam perjalanannya, ada seorang anggota yang memilih keluar dari grup karena suatu alasan yang tidak dijelaskan sebelumnya.

Salah satu member Stray Kids yang dianggap sama terampilnya dengan Bang Chan dalam hal memproduksi lagu adalah Han Jisung. Sebenarnya, masih ada satu lagi member yang juga sering wara-wiri memproduksi sebuah lagu yakni Seo Changbin yang mana ketiganya ini membentuk suatu sub-unit dari Stray Kids dengan nama 3RACHA.

Namun kali ini kita akan membahas mengenai seorang Han Jisung yang pernah tinggal dan belajar di Malaysia, tetapi tidak pantang semangat untuk menjadi seorang idol K-Pop.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Han Jisung yang kerap dijuluki sebagai “baby squirrel” alias “bayi tupai” ini? Apa saja fakta menarik dari Han Jisung yang membuat banyak penggemar begitu mengidolakannya? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Han Jisung Stray Kids

Han Jisung
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Han Jisung
  • Nama Panggung: Han
  • Nama Inggris: Peter Han
  • Tanggal Lahir: 14 September 2000
  • Zodiak: Virgo
  • Zodiak China: Naga (Dragon)
  • Tinggi Badan: 169 cm (5’5”)
  • Golongan Darah: B
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan:Fairview International School, Malaysia
  • Posisi Di Grup: Main Rapper, Lead Vocalist, Producer
  • MBTI: ISTP-T
  • Akun Spotify: Korean Lyrical Rapper Han’s Playlist

Perjalanan Karir Han Jisung Stray Kids

Sama halnya dengan idol K-Pop lainnya yang merelakan waktu masa remajanya dihabiskan di studio latihan selama bertahun-tahun, Han Jisung pun juga demikian. Dirinya bahkan memutuskan untuk pindah ke Korea Selatan sendirian sebab keluarganya telah tinggal di Malaysia.

2015: Masa Predebut

Han Jisung
https://media.tenor.com/

Sebenarnya, Han Jisung sejak kecil sudah bermimpi untuk menjadi seorang penyanyi karena sering menonton penampilan para penyanyi-penyanyi di televisi.

Han Jisung awalnya mengira bahwa kedua orang tuanya akan menentang mimpinya tersebut, sehingga ketika mendapatkan tawaran untuk menjadi trainee di JYP Entertainment, dirinya berkata akan mencobanya selama setahun saja. Perlu diketahui bahwa keberadaan keluarga Han Jisung tidak ada di Korea Selatan, melainkan di Malaysia.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Yap, keluarganya pindah ke Malaysia saat usia Han Jisung masih sekitar 6 tahun. Dirinya pun juga melanjutkan sekolah di Malaysia, tepatnya di Fairview International School yang terletak di Kuala Lumpur. Di sisi lain, Han Jisung juga merasa tidak dapat berkarir sebagai penyanyi di Malaysia, sehingga dirinya memilih menjadi idol K-Pop di negara asalnya.

Saat remaja, Han Jisung mengenakan kawat gigi dan harus mengejar dua hal yakni mimpinya menjadi penyanyi dan gelar akademiknya. Ketika menjadi trainee, dirinya bolak-balik antara Korea Selatan dan Malaysia untuk ujian sekolah. Setelah lulus sekolah, barulah dirinya lebih fokus mengejar mimpinya menjadi penyanyi dengan berlatih bernyanyi dan akting di D.E.F Academy yang terletak di Seoul.

Selama menjadi trainee di JYP Entertainment, keterampilan Han Jisung untuk memproduksi lagu terutama lagu-lagu rap sudah benar-benar terlihat. Dirinya juga termasuk dalam bagian trio rap 3RACHA, bersama Bang Chan dan Changbin. Trio rap 3RACHA ini sejak predebut memang sudah terkenal, walaupun belum debut secara resmi.

2017: Berpartisipasi Dalam Survival Show “Stray Kids”

Han Jisung
https://aminoapps.com/

Seperti halnya seniornya di agensi, TWICE, grup Stray Kids ini juga merupakan grup hasil proyek survival show yang diadakan oleh JYP Entertainment sendiri. Namun, berbeda dengan acara SIXTEEN yang menghasilkan grup TWICE, acara survival show bertajuk “Stray Kids” ini tidak memiliki konsep eliminasi sama sekali karena yang pesertanya hanyalah 9 trainee.

Konsep survival show ini adalah para trainee secara bersama-sama harus meraih target untuk debut, sehingga kesembilan peserta perlu saling membantu. Para kesembilan trainee yang terdiri atas Bang Chan, Woojin, Minho (Lee Know), Changbin, Hyunjing, Han Jisung, Felix, Seungmin, dan Jeongin ini akan dinilai atas kemampuan secara individu dan kerja sama grup.

Nantinya, akan ada misi-misi tertentu untuk membuktikan bahwa kesembilan trainee ini layak debut sebagai idol K-Pop. Mulai dari misi menampilkan lagu di khalayak umum yang diam-diam dinilai dan dipantau oleh senior mereka yakni DAY6, GOT7, dan 2PM, hingga battle dance dengan para trainee dari YG Entertainment.

Han Jisung
https://aminoapps.com/

Saat acara ini ditayangkan, terutama ketika misi bertanding keterampilan dengan trainee YG Entertainment, banyak penggemar yang mengacungi jempol atas usaha dari para trainee, tak terkecuali Han Jisung. Pada misi ini dinilai langsung oleh Park Jin Young selaku produser JYP Entertainment dan Yang Hyun Suk selaku produser YG Entertainment.

Han Jisung bersama dengan Seo Changbin sebagai perwakilan dari trainee JYP Entertainment, menampilkan lagu berjudul “Matryoshka”. Sedikit trivia saja nih, lagu tersebut diproduksi oleh Han Jisung dan Seo Changbin sendiri ketika masih menjadi trainee dan ditampilkan ke publik melalui acara survival ini.

Sayangnya, hingga saat ini lagu tersebut tidak dimasukkan ke album SKZ sama sekali, tetapi telah diunggah dalam versi audio dan diunggah di saluran Youtube 3RACHA. Jika Grameds ingin mendengarkannya secara full version, dapat klik link ini.

Mulai dari episode pertama hingga akhir, Han Jisung selalu mendapatkan pujian dari Park Jin Young sehingga dirinya lolos untuk menjadi line-up member Stray Kids. Setahun setelah acara ini selesai, Han Jisung bersama para member lainnya dipersiapkan untuk debut.

2018: Berhasil Debut Bersama Stray Kids (SKZ)

Han Jisung
https://stray-kids.fandom.com/

Tepatnya pada 25 Maret, Han Jisung dan kedelapan member lainnya berhasil debut secara resmi dengan grup bernama Stray Kids atau yang kerap disingkat sebagai SKZ. Penampilan debut mereka yang bertajuk ‘Stray Kids Unveil (Op. 01: I Am Not)’ diadakan di Jangchung Arena. Keesokan harinya, barulah Han Jisung dan para member Stray Kids merilis lagu debut berjudul “District 9”. Lalu diikuti pula dengan perilisan lagu lainnya yang berjudul “Grow Up” dan “Mirror”.

Sesuai ekspektasi para penggemar, album debut Stray Kids langsung terjual habis lebih dari 54 ribu eksemplar fisik dan menempati peringkat ke-4 di Gaon Album Chart. Di grup SKZ ini, Han Jisung menempati posisi sebagai Main Rapper, Lead Vocalist, dan Producer.

Yap, di usianya yang masih begitu belia, dirinya sudah memproduksi beberapa lagu seperti My Pace, Case 143, God’s Menu, Domino, Silent Cry, Close, Alien, hingga Run sebagai lagu solonya pada album ‘SKZ Replay’.

2019-2023: Mulai Beraktivitas Individu dan Memproduksi Lagu Solo

https://www.soompi.com/

Wajar saja jika para idol K-Pop yang debut di sebuah grup, memiliki jadwal individu masing-masing, tak terkecuali Han Jisung. Setahun setelah debut, tepatnya pada 31 Maret 2019, Han Jisung berpartisipasi pada sebuah acara ‘King of Mask Singer’ dengan memakai topeng Imgeokjjeong. Dirinya menyanyikan lagu milik Paul Kim yang berjudul “Me After You” dan “D (Half Moon)” milik DEAN.

Sayangnya, dirinya harus tereliminasi dan tidak bisa lanjut ke babak final. Namun aksinya tersebut menjadi penampilan pertamanya secara solo.

Lalu, pada tahun 2020, Han merilis lagu solo pertamanya yang berjudul “Close” dan MV-nya dirilis pada 8 Mei. Han mengaku bahwa selama memproduksi lagu tersebut, dirinya terinspirasi oleh sebuah film. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang tertarik dengan orang asing dan begitu ingin dekat dengannya. Di tahun yang sama yakni pada 6 November, Han merilis lagu solo keduanya berjudul “I Got It”.

Pada 30 Januari 2021, Han merilis lagu solo ketiganya berjudul “Alien” dan “Wish You Back”. FYI aja nih, lagu “Alien” ini mengisahkan tentang rasa kesepian yang dialaminya seolah dirinya seperti alien yang jatuh ke planet bumi. Lalu empat bulan setelahnya, barulah lagu “Wish You Back” dirilis.

Setelah itu, lagu solo kelimanya yang berjudul “HaPpY” dirilis pada 5 Juni. Lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang berharap adanya kebahagiaan meskipun sudah lama ditinggalkan oleh seseorang yang disayanginya.

Pada tahun 2023 ini, tepatnya 12 Februari, Stray Kids comeback dan Han turut merilis lagu solonya berjudul “Volcano”. Lagu tersebut diproduksi bersama dengan Bang Chan dan Han sendiri yang menulis liriknya.

Kehidupan Pribadi Han Jisung Stray Kids

Latar Belakang Keluarga

Han Jisung lahir di Incheon, Korea Selatan pada tanggal 14 September 2000. Keluarga Han terdiri atas ayah, ibu, dan kakak laki-lakinya. Sayangnya, tidak diketahui secara detail tentang bagaimana keluarga Han, hanya saja terdapat kabar bahwa ayahnya adalah seorang insinyur dan ibunya adalah ibu rumah tangga.

Keluarga Han pindah ke Malaysia karena ayahnya mendapatkan pekerjaan disana, ketika Han masih berusia 6 tahun. Sejak saat itulah dirinya tinggal di Malaysia dan melanjutkan sekolah di Fairview International School yang terletak di Kuala Lumpur. Berhubung Han merasa dirinya tidak bisa berkarir sebagai penyanyi di Malaysia, maka dirinya bertekad untuk menjadi idol K-Pop dan kembali ke negara asalnya.

Riwayat Pendidikan

Setelah pindah ke Malaysia, Han meneruskan sekolah di Fairview International School yang terletak di Kuala Lumpur. Han juga pernah berkata bahwa dirinya ingin kembali ke Malaysia untuk bernostalgia tentang kehidupannya di masa kecil.

Hiatus Karena Masalah Kesehatan

Han Jisung
https://www.koreaboo.com/

Pada 16 Desember 2019, pihak JYP Entertainment mengumumkan bahwa Han Jisung menunjukkan gejala kecemasan dan merasa sangat tegang ketika berada di sekelompok orang banyak. Hal itulah yang membuat agensi menyatakan bahwa Han akan hiatus dari jadwal grup Stray Kids untuk sementara waktu. Setelah itu, Han kembali dari hiatusnya dan beraktivitas sebagai member Stray Kids seperti biasanya.

Sayangnya, pada Juni 2022 kemarin, Han jatuh di bandara setelah dikerumuni oleh para penggemar. Hal itu membuat kondisi mentalnya kambuh hingga dirinya jatuh tersungkur. Ditambah lagi, para penggemar yang melakukan aksi dorong-mendorong membuat Han terjatuh dan melukai sikunya. Alhasil, Seungmin dan I.N turut serta membantu Han untuk bangkit dan berjalan bersama.

20 Fakta Tentang Han Jisung

https://media.tenor.com/
  1. Han Jisung lahir di Incheon dan kemudian barulah pindah ke Malaysia ketika usianya 6 tahun.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan kakak laki-laki yang memiliki usia 3 tahun lebih tua.
  3. Saat di Malaysia, Han bersekolah di Fairview International School yang terletak di Kuala Lumpur.
  4. Han menjadi bagian dari grup rap 3RACHA bersama Bang Chan dan Changbin yang ikut andil dalam penyusunan lagu-lagu Stray Kids.
  5. Sebelum debut menjadi member Stray Kids, Han telah merilis sebuah mixtape berjudul “J:/2017/mixtape” pada tahun 2017.
  6. Ketika berada di grup 3RACHA, Han menggunakan nama alias yakni J.ONE.
  7. Kepribadiannya adalah cerah, aktif, dan selalu positif. Namun meskipun demikian dirinya sangat canggung ketika bertemu dengan orang baru.
  8. Han dipuji oleh Park Jin Young karena memiliki kemampuan rap dan vokal yang sama bagusnya.
  9. Banyak penggemar yang mengatakan bahwa Han memiliki wajah yang mirip dengan YoungK dari DAY6. FYI aja nih, YoungK adalah salah satu juri yang turut menilai Stray Kids ketika masih predebut di acara survival.
  10. Han mengaku bahwa masakan ibu Hyunjin sangat enak dan rasanya mengalahkan makanan-makanan di restoran.
  11. Han mendapatkan julukan sebagai squirrel alias tupai karena begitu mirip dengan hewan tersebut.
  12. Makanan favorit: cheese cake dan ice americano.
  13. Han sangat takut dengan ketinggian.
  14. Han mengaku bahwa dirinya sangat cepat dalam menghafalkan koreografi, tetapi juga mudah melupakannya.
  15. Pada tahun 2019 lalu, Han dinyatakan hiatus dari segala aktivitas grup SKZ karena gangguan kecemasan.
  16. Han sangat suka rasa mint-choco.
  17. Han pernah berkata kepada orang tuanya bahwa dirinya ingin menjadi penyanyi di Korea Selatan. Alhasil, Han membuat kesepakatan dengan orang tuanya bahwa jika tidak bisa masuk di sebuah agensi dalam waktu setahun, maka dirinya akan kembali ke Malaysia untuk kembali belajar.
  18. Ketika Han pergi audisi ke sebuah agensi bersama temannya, tiba-tiba juga dirinya mendapatkan informasi bahwa JYP Entertainment sedang membuka audisi. Awalnya, Han merasa tidak mungkin untuk masuk ke agensi tersebut, tetapi temannya meyakinkan untuk mencoba bersama.
  19. Han menderita trypophobia alias fobia akan lubang-lubang berukuran kecil.
  20. Han memelihara seekor anak anjing bernama Bbama.
  21. Saat masih kecil, Han mengenakan kawat gigi.
  22. Jika tidak menjadi idol K-Pop, Han pernah bermimpi ingin menjadi seorang produser.
  23. Role-modelnya adalah Zico Block B.
  24. Di dorm, Han sekamar dengan Hyunjin dan Seungmin.
  25. Mottonya adalah “This too, shall pass”. Artinya, segala yang terjadi, mau tidak mau pasti akan dilaluinya.

Itulah pembahasan kita tentang biografi singkat Han Jisung hingga beberapa fakta menariknya. Setelah selesai membaca artikel ini, apakah Grameds ingin jadi fans dari Han Jisung?

Jika ingin mencari buku tentang grup penyanyi Korea, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

6 Rekomendasi Buku Terkait

1. Step Out! We Are Stray Kids

Stray Kids (SKZ) adalah grup penyanyi pria Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment pada tahun 2017 melalui reality show bernama Stray Kids. Grup ini terdiri dari delapan anggota: Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin, dan I.N. Mereka secara resmi memulai debut mini album mereka pada 25 Maret. Woojin meninggalkan grup pada Oktober 2019.

Pada bulan Agustus 2017, JYP Entertainment (JYPE) secara resmi mengumumkan reality show survival untuk memulai proyek debut grup idola pria tersebut. Informasi lengkap dan teaser, termasuk judul acaranya, Stray Kids, dirilis selama dua bulan berikutnya. Menjelang pemutaran perdana 17 Oktober, JYPE merilis video musik pertama Stray Kids berjudul “Hellevator”, yang kemudian dirilis sebagai single digital.

Adik Seperguruan 2PM dan GOT7 ini terjun ke panggung K-pop dengan mendobrak stereotip grup idol nggak hanya memproduksi lagu dan koreografi sendiri, Stray Kids juga dibentuk dengan cara yang berbeda ketimbang grup idol normal. Berkat musik dan penampilan yang keren, Stray Kids berhasil menjadi salah satu boy group favorit.

Siapa mereka? Step Out! We are Stray Kids siap menemani kalian untuk mengenal lebih jauh cowok-cowok berbakat ini.

2. The Battle of Monster Rookies: ITZY vs TXT

Salah satu produk Korean Wave yang sangat diminati kaum milenial adalah musik pop. Musik pop Korea ini atau yang sering disebut sebagai K-pop merupakan salah satu sub-sektor hiburan yang mengangkat perekonomian Korea Selatan. Indonesia yang saat ini merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia merupakan rumah bagi jutaan Kpopers atau pecinta Kpop.

Pada tahun 2019 ini, dunia hiburan K-pop mendapat kejutan dengan debutnya dua grup pendatang baru, yaitu ITZY dan TXT. Menariknya, hanya dalam sekejap dua grup rookie ini dipandang layak menyandang predikat sebagai “Monster Rookie”.

Percaya dengan love at first sight? Sepertinya kalimat keramat itu juga berlaku untuk K-popers saat melihat dua grup rookie tersebut debut. Siapa sih sebenarnya ITZY dan TXT ini? Apakah mereka benar-benar sehebat itu hingga dipandang sebagai “Monster Rookie”?

Penasaran? Ayo, berkenalan lebih jauh dengan mereka lewat buku berjudul The Battle of Monster Rookies: ITZY VS TXT karya Kang Jiae ini! Dijamin setelah membaca buku setebal 109 halaman yang terbit pada 23 Juni 2019 ini, kalian akan semakin jatuh cinta dengan kedua monster rookies ini!

3. K-Pop Fever

Teruntuk kita, para penggemar yang selalu mendukung idola. Jangan pernah mendukung dengan cara yang salah, apalagi dengan menjatuhkan idola lainnya. Jangan terlalu sibuk mencari kesalahan idola lainnya, hingga lupa bahwa semua idola berhak bahagia. Ya, semua idola, bukan hanya idola kamu saja.

So, Guys, jangan suka ikut fanwar ya. Apalagi mancing-mancing fanwar. Nanti bias-bias kita sedih. Gak percaya? Kamu bisa baca interaksi manis para idol di buku ini. Plus, kamu bisa tahu cerita-cerita para idol, dari yang inspiratif sampai yang lucu. Jangan takut bosan ketika membacanya, karena buku ini full colour, lho! Pokoknya, paket komplit untuk kita yang sedang demam K-pop!

4. K-Pop Idol (Unofficial Book)

Buku K-Pop Idol (Unofficial Book) karya Danas dan Pey yang diterbitkan oleh Romancious pada tahun 2018 ini bukan untuk mengajak pembaca membandingkan prestasi para idol. Buku ini untuk menunjukkan ke pembaca bahwa setiap idol sukses dengan perjuangan masing-masing.

Dari setiap prestasi yang telah mereka capai harus kita hargai. Pembaca juga akan tahu cerita-cerita inspiratif para idol, dukungan dari orang-orang terdekat mereka, interaksi-interaksi manis, hingga pengalaman mistis yang pernah mereka alami.

Profil idol yang diangkat dalam buku adalah idol-idol yang memiliki fandom (kelompok penggemar) yang loyal. Selain berisi informasi umum dari masing-masing idol, terdapat konten fun fact terbaru dari beberapa idol. Buku ini diperuntukkan bagi para penggemar Kpop di Indonesia agar bisa semakin mengenal para idol favorit mereka dan mempelajari perjuangan para idol lainnya.

5. K-Pop Famous

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

Exo adalah sebuah grup vokal pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Grup ini beranggotakan sembilan orang: Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen. Grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012.

BTS atau Bangtan Boys adalah grup vokal pria asal Korea Selatan. Grup ini beranggotakan tujuh orang, antara lain RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin, yang dikelola oleh Big Hit Music.

Blackpink adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan. Blackpink dibentuk oleh YG Entertainment dengan beranggotakan empat orang, diantaranya Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé. iKON adalah grup idola pria asal korea selatan yang dibentuk pada tahun 2015 oleh YG Entertainment dan beranggotakan enam orang.

Penasaran dengan keempat grup ini? Yuk baca buku selengkapnya di buku ini yang akan memberikan Anda informasi lebih lengkap tentang K-POP Famous. Selamat membaca!

6. The Dark Side of K-Pop: Skandal, Harrasment, dan Penipuan

Saat ini, perkembangan musik di dunia mengalami peningkatan pesat, salah satunya yaitu K-Pop. Musik dari budaya Korea yang paling banyak dikenal di dunia adalah musik bergenre pop atau biasa disebut dengan Korean pop atau K-Pop. K-Pop sendiri identik dengan adanya girlband dan boyband yang merupakan sekumpulan perempuan maupun laki-laki yang berada di bawah suatu manajemen atau agensi.

Banyak orang berpikir bahwa dunia K-Pop itu menyenangkan, karena penyanyi-penyanyinya sangat terkenal dan memiliki banyak penggemar. Namun, faktanya dunia K-Pop selama ini yang diketahui banyak orang sebenarnya jauh dari kata sempurna, glamor, dan meriah. Tidak dapat dimungkiri bahwa semua yang “bersinar” dapat menimbulkan bayangan gelap, sama halnya dengan dunia K-Pop.

Buku The Dark Side Of K-Pop: Skandal, Harassment, dan Penipuan akan membahas tentang sisi gelap dunia K-Pop dengan pemeran utamanya adalah para idol K-Pop dari generasi pertama hingga generasi ketiga saat ini. Segala kejadian yang dibahas dalam buku ini adalah kisah nyata yang dialami oleh beberapa idol K-Pop. Cerita yang ada di dalam buku ini beberapa telah terselesaikan dan beberapa masih dalam proses. Selamat membaca!

Rujukan:

https://kpopwiki.org/

https://kprofiles.com/

https://en.kepoper.com/

https://kpopping.com/

https://kpop.fandom.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.