in

Profil Felix Lee, Sang Rapper Imut Dari Grup Stray Kids

Felix Lee – Grameds para pecinta K-Pop mungkin sudah tak asing lagi dengan grup vokal Stray Kids yang populer dengan lagu God’s Menu. Stray Kids atau yang sering disingkat SKZ merupakan grup idol pria asal Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment melalui reality show berjudul Stray Kids pada tahun 2017.

Grup ini memiliki total 8 anggota, yakni Bang Chan, Changbin, Lee Know, Hyunjin, Felix, Han, Seungmin, dan I.N ini merilis album mini pra-debut berjudul Mixtape pada Januari 2018, dan debut secara resmi pada 25 Maret 2018 dengan album mini bertajuk I Am Not.

Perjalanan Karir Stray Kids

Pada Agustus 2017, JYP Entertainment (JYPE) secara resmi mengumumkan reality show survival mereka untuk meluncurkan proyek debut grup vokal pria. Informasi lengkap dan teaser acara ini dirilis dalam dua bulan selanjutnya, termasuk tajuk acaranya, yakni Stray Kids. Sebelum penayangan perdana Stray Kids pada 17 Oktober 2017, JYPE merilis music video pertama Stray Kids yang berjudul “Hellevator”, yang kemudian dirilis menjadi single digital.

Terdapat dua peserta yang tereliminasi dari acara tersebut, yakni Felix dan Lee Know. Namun, keduanya berhasil kembali ke acara dan kesembilan partisipan akhirnya menjadi anggota grup idol Stray Kids. Pada 5 Maret 2018, JYPE mengumumkan showcase debut Stray Kids yang berjudul Stray Kids Unveil (Op. 01: I Am Not), yang diselenggarakan pada 25 Maret 2018 di Jangchung Arena.

Stray Kids kemudian debut secara resmi keesokan harinya dengan merilis mini album berjudul I Am Not, bersamaan dengan perilisan MV dari single utama mereka yang berjudul “District 9”. Sedangkan, pada 31 Maret 2018 video musik untuk lagu “Grow Up” dirilis dan pada 23 April 2018 video penampilan dari lagu “Mirror” dirilis.

Pada tanggal 14 April 2018, Stray Kids berpartisipasi di acara KCON Jepang 2018 yang merupakan penampilan resmi pertama mereka di luar negeri sejak mereka debut. Pada 12 Juli, JYPE mengumumkan showcase kedua Stray Kids yang berjudul Stray Kids Unveil (Op. 02: I Am Who), yang diadakan pada 5 Agustus 2018 di Kyung Hee University Grand Peace Palace.

Pada hari berikutnya, dirilis album mini kedua mereka yang berjudul I Am Who, bersamaan dengan single utama “My Pace”. Pada tanggal 4 Oktober 2018, JYPE mengumumkan showcase ketika Stray Kids yang berjudul Stray Kids Unveil (Op. 03: I Am You) yang akan diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 21 di Olympic Hall, yang kemudian diikuti dengan perilisan album mini ketiga Stray Kids yang berjudul I Am You di keesokan harinya.

Pada bulan Januari, Februari, April, Mei, Juli, Agustus, dan September 2019, Stray Kids melaksanakan tur dunia mereka yang berjudul UNVEIL TOUR ‘I Am..’ dengan mengunjungi 13 kota di 10 negara. Pada tanggal 5 Maret 2019, JYPE mengumumkan kembalinya Stray Kids pada tanggal 25 Maret dengan merilis album mini keempat mereka yang bernama Clé 1: Miroh, yang sekaligus untuk merayakan anniversary yang pertama sejak debut.

Pada tanggal 4 April 2019, Stray Kids berhasil mendapatkan tropi acara musik mingguan pertama mereka di acara M Countdown. Kemudian, pada tanggal 19 Juni 2019, di antara jadwal tur Amerika dan tur Eropa dalam tur dunia pertama mereka, Stray Kids merilis album reissues yang berjudul Clé 2: Yellow Wood, dengan single utama berjudul “Side Effects”.

Stray Kids kemudian mengumumkan tur dunia kedua yang bertajuk District 9: Unlock, yang dilaksanakan pada akhir tahun 2019 dan berlanjut sampai ke pertengahan tahun 2020. Tur dunia itu dimulai dengan tampilnya Stray Kids di Olympic Hall, Seoul, pada tanggal 23 dan 24 November 2019. Lalu, pada tanggal 9 Oktober 2019, Stray Kids merilis single digital berjudul Double Knot.

Stray Kids sebelumnya memiliki jadwal untuk merilis album Clé: Levanter pada tanggal 25 November 2019, tetapi jadwal ini ditunda, karena Woojin mengundurkan diri dari grup pada tanggal 28 Oktober. JYP Entertainment pun kemudian mengumumkan bahwa album itu akan dirilis pada tanggal 9 Desember 2019.

Pada tanggal 13 November 2019, Stray Kids merilis video musik untuk lagu Astronaut dengan formasi delapan orang anggota. Kemudian, pada tanggal 9 Desember 2019, Stray Kids merilis album Clé: Levanter bersama dengan video musik dari lagu “Levanter”. Pada tanggal 26 Desember 2019, Stray Kids merilis video musik untuk single digital yang berjudul Mixtape: Gone Days.

Pada tanggal 24 Januari 2020, Stray Kids merilis lagu Double Knot dan Levanter versi bahasa Inggris. Kedua lagu itu kemudian digabungkan dalam single album Step Out of Clé. Pada hari yang sama, video musik dari lagu Double Knot versi bahasa Inggris juga diunggah.

Pada tanggal 1 April 2021, Stray Kids berpartisipasi dalam Survival Show berjudul Kingdom: Legendary War yang ditayangkan di Mnet. Hasil akhirnya, Stray Kids berhasil menjadi pemenang di acara tersebut. Lalu, pada 23 Agustus 2021, Stray Kids merilis Album Studio mereka yang kedua, yang bertajuk Noeasy. Berkat Album Noeasy, Stray Kids berhasil mendapatkan penghargaan dari Acara Musik sebanyak 6 kali.

Nah, itu dia Grameds perjalanan karir grup idol Stray Kids. Setelah mengenal grupnya, selanjutnya kita berkenalan dengan salah satu membernya, yuk. Pada artikel ini, kita akan berkenalan dengan Felix, sang rapper imut yang memiliki suara berat. Simak profilnya di bawah ini, ya!

Profil Felix Lee

Sumber: en.kepoper.com

Bagi Grameds yang merupakan fans Stray Kids, pastinya sudah tidak asing dengan Felix Lee. Felix Lee menjadi populer, karena memulai debut bersama Stray Kids yang berada di bawah asuhan JYP Entertainment. Sosoknya menjadi menarik di mata masyarakat, karena di balik wajah dan tingkah lakunya yang menggemaskan, Felix Lee justru mempunyai suara yang sangat berat.

Suaranya inilah yang menjadi ciri khasnya ketika bernyanyi. Seluruh pesona yang Felix Lee miliki ini menjadi alasan dirinya memiliki penggemar paling banyak di antara anggota Stray Kids yang lain.  Di grup idol Stray Kids, Felix menempati posisi sebagai main dancer, lead rapper, dan sub-vocalist.

Felix Lee lahir di Sydney, Australia, pada 15 September 2000 dengan nama Lee Yongbok. Kedua orang tua Felix Lee adalah orang Korea, tetapi keluarganya menetap di sana. Maka itu, Felix lahir dan dibesarkan di Australia. Felix memiliki seorang kakak perempuan yang bernama Rachel, dan seorang adik perempuan bernama Olivia.

Ketika dirinya masih tinggal di Sydney, Felix menempuh pendidikan di St. Patrick Marist College. Felix memiliki sejumlah nama panggilan dari rekan dan penggemarnya, beberapa di antaranya, yaitu Bbijikseu, Bbujikseu, Bbajikseu, Haengbok (Happiness), Jikseu, Innocent Boy, Sunshine, dan Felix Sunshine.

Lelaki berzodiak Virgo ini memiliki hobi memasak, terutama memanggang kue. Felix paling suka memanggang cookies dan brownies. Felix juga sering membagikan kue yang dia buat sendiri selama masa promosi kepada member Stray Kids yang lain ataupun rekan dari agensi berbeda. Mereka yang telah mencoba kue buatan Felix mengatakan bahwa kue buatan Felix sangat enak.

Felix diketahui menyukai warna hitam, yang dinilai bertolak belakang dengan kepribadian yang imut dan lucu. Terkait dengan warna kesukaannya itu, Felix diketahui sudah memiliki sabuk hitam dalam olahraga bela diri taekwondo. Felix juga sempat menunjukkan kemampuannya dalam olahraga itu dalam beberapa sesi wawancara.

Pada tanggal 9 Februari 2022, JYP Entertainment memberikan berita buruk tentang Felix Lee yang mengalami cedera. Oleh karena keadaan Felix yang tak memungkinkan untuk melaksanakan aktivitas seperti biasa, agensi mengumumkan pembatasan untuk acara fan meeting.

Felix Lee dikabarkan mendapat diagnosa Invertebratal Disk Herniation atau yang disebut sebagai cedera pada punggung. Akibat dari cedera yang dialaminya, JYP Entertainment memutuskan untuk mengistirahatkan Felix secara total. Jadi, selama masa perawatan, Felix harus membatasi kegiatannya. JYP Entertainment mengungkapkan bahwa Felix akan ikut kembali dalam aktivitas Stray Kids jika ia sudah berhasil pulih seperti keadaan semula.

Itu dia Grameds sedikit profil dan fakta menarik tentang Felix Lee, sosok rapper Stray Kids yang menggemaskan. Di bawah ini, akan diuraikan lebih lanjut tentang perjalanan karir Felix Lee. Simak penjelasannya hingga selesai, ya!

Perjalanan Karir Felix Lee

Meskipun Felix merupakan keturunan Korea asli, ia mengatakan bahwa menjadi idol di Korea Selatan bukan sebuah hal yang mudah. Apalagi untuk dirinya yang lahir dan besar di negeri orang. Dalam wawancaranya dengan Rolling Stone Australia, ia sering menceritakan pengalamannya ini bersama Bang Chan yang juga merupakan member Stray Kids yang sama-sama tinggal di Australia.

Felix dan Bang Chan ternyata kerap kali menangis bersama, karena kesulitan untuk beradaptasi dengan kehidupan barunya di Korea. Kendala utama yang mereka temukan ketika pertama kali kembali ke Korea Selatan adalah dalam hal bahasa.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Felix Lee memulai perjalanan karirnya dengan mengikuti survival show Stray Kids. Sayangnya, Felix yang saat itu telah menjalankan satu tahun masa pelatihan terpaksa tereliminasi. Namun, keberuntungan memang berpihak padanya, karena pada episode berikutnya, Felix diberikan kesempatan untuk masuk ke dalam line-up debut.

Akhirnya, pada tanggal 25 Maret 2018, Felix Lee resmi debut sebagai anggota boy group Stray Kids. Popularitas yang Felix dapatkan terus bertambah, karena sosoknya yang tampan, suara beratnya yang khas, dan gerakan tarinya yang lincah.

Karya Felix Lee

Felix diketahui sering ikut berpartisipasi dalam proses pembuatan musik untuk grup idolnya. Selain itu, selayaknya idol K-Pop, yang lain Felix juga beberapa kali diundang dalam acara reality show untuk mempertunjukkan bakatnya. Berikut ini adalah rangkuman karya Felix bersama Stray Kids, dan reality show yang pernah dihadirinya.

Album Studio

  • Go Live (2020)
  • In Life (2020), repackage
  • Noeasy (2021)

Mini Album

  • Mixtape (2018) (pra-debut)
  • I Am Not (2018)
  • I Am Who (2018)
  • I Am You (2018)

Single Digital

  • Hellevator (2017), (pra-debut)
  • Double Knot (2019)
  • Mixtape: Gone Days (2019)
  • Mixtape: On Track (2020)
  • Top (2020)
  • All In (2020)
  • Mixtape: Oh (2021)

Special Single

  • Christmas Evel (2021)
  • Going Dumb (ft Alesso,CORSAK) (2021)

Soundtrack

  • Extraordinary you OST Part 7 (Story That Won’t End) (2019)
  • Tower of God OST (ft TOP, Slump) (2020)

Reality Show

  • Stray Kids: The 9th (VLive, 2018 – sekarang)
  • Finding SKZ (Mnet, 2019)
  • Kingdom (Mnet, 2021)

Solo Live Broadcasts

Puppy Cat School (2019-present) (with Seungmin)

Vlogs

Felix : Sunshine Vlog (2020-present)

Nah, itu dia Grameds profil dan perjalanan karir Felix Lee Stray Kids. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kalian yang membacanya, dengan menambah wawasan baru bagi Anda.

Bagi Anda yang ingin mengenal lebih dalam grup idol Stray Kids atau mempelajari tentang K-Pop, kalian bisa belajar dengan membaca berbagai buku yang tersedia di Gramedia.com. Yuk dapatkan bukunya sekarang!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriela

Rujukan:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Stray_Kids
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Felix_Lee
  • https://stray-kids.fandom.com/wiki/Felix
  • https://www.orami.co.id/magazine/felix-lee

Rekomendasi Buku Terkait

Kpop Party!

Belakangan ini, Hallyu atau Korean Wave bener-bener sedang naik daun secara global di berbagai negara di dunia. Umumnya, Hallyu memicu banyak orang di negara yang terkena imbasnya tersebut untuk ramai-ramai mempelajari bahasa dan kebudayaan Korea. Kegemaran akan budaya pop Korea dimulai di negara Tiongkok dan tentu saja Asia Tenggara mulai akhir 1990-an.

Istilah Hanliu/Hallyu diadopsi oleh media Tiongkok setelah masuknya album musik pop Korea di Tiongkok. Sejurus dengan hal tersebut, serial drama TV Korea mulai diputar di Tiongkok dan menyebar ke negara-negara lain seperti Hongkong, Vietnam, Thailand, Indonesia, Filipina, Jepang, Amerika Serikat, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Pemerintah Korea sendiri sangat mendukung dan memiliki peran dalam mewabahnya Hallyu. Dukungan tersebut. diwujudkan dengan menghindarkan diri dari gempuran industri entertainment barat. Hal ini, menjadikan orang Korea sendirilah yang harus menciptakan produk-produk media massanya sendiri.

Selain itu, dukungan dari pemerintah juga diwujudkan melalui berbagai event seni seperti festival-festival film dan musik bertaraf internasional. Drama Korea merupakan penyebab dari mulainya Hallyu di berbagai negara. Warga Korea Selatan suka menonton drama dan film serta mendengarkan musik.

Bagi Grameds yang ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang entertainment khususnya K-pop, maka bisa membaca buku Kpop Party! Buku ini tidak akan membahas semua grup K-Pop yang pernah ada, namun hanya mengambil sampel supaya Anda yang awam dengan K-Pop bisa mengerti sedikit banyak.

All about K-Food in K-Pop, K-Drama, & K-Variety

Segala sesuatu tentang Korea memang telah menarik perhatian banyak orang. Mulai dari musik, fashion, makeup, skincare, drama, sampai makanan Korea yang berhasil membuat seluruh fans di dunia selalu ingin tahu lebih banyak tentang Korea.

Meski harus menjaga bentuk tubuh dan penampilan agar tetap ideal, banyak bintang atau idola K-Pop ternama yang membeberkan makanan-makanan kesukaan mereka, jika mereka sedang tidak diet atau boleh makan sepuasnya.

Makanan-makanan ini tentunya cukup populer di Korea Selatan, dan memang digemari banyak orang. Seperti sundubu jjigae atau sup tahu yang enak, sampai ayam goreng Korea yang kelezatannya sudah mendunia.

Ketahui berbagai macam masakan Korea yang baik untuk kesehatan, melalui buku All about K-Food in K-Pop, K-Drama, & K-Variety. Buku ini bisa kamu dapatkan di gramedia.com.

Bahasa Korea Untuk Kpopers 1

 

Budaya Korea atau hallyu saat ini semakin saat ini semakin meluas, terutama dalam dunia Kpop. Berbagai grup, seperti BTS, EXO, Super Junior, Blackpink, dan sebagainya digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Lagu-lagu Kpop pun sudah sering didengarkan dan dinyanyikan, terutama oleh para KPopers, sebutan bagi penggemar KPop.

Melihat hal tersebut, maka ada banyak buku yang berisi tentang belajar bahasa Korea. Terutama KPopers untuk mempelajari tata bahasa Korea, sehingga dapat memahami makna lagu-lagu yang dinyanyikan para artis KPop.

Buku yang berjudul Bahasa Korea Untuk Kpopers #1 ini adalah karya dari Areum. Buku ini digemari oleh para pembaca yang merupakan kpopers. Semakin besar fenomena terhadap para selebriti K-Pop tak terlepas dari keberadaan Kpopers.

Buku ini mengajak kalian untuk mengetahui sejarah Hangeul, huruf-huruf Korea beserta cara pengucapannya, angka Korea beserta penggunaanya, dan mempelajari tata bahasa Korea beserta contoh penerapannya dalam lirik lagu KPop. Selain itu, juga disajikan contoh percakapan dan kosakata berbahasa Korea.

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy