in

Yuk, Mengenal 4 Member STAYC dan Perjalanan Karirnya

Mengenal Member STAYC – Siapa sih yang tidak kenal dengan grup pelantun lagu ASAP ini? Lagu ASAP begitu populer dan banyak sekali pecinta K-Pop maupun idol K-Pop lain yang turut menirukan dance unik dari lagu tersebut. Lagu ASAP dibawakan oleh grup rookie bernama STAYC yang berjumlah enam member di bawah naungan agensi High Up Entertainment. Jika diurutkan, maka girlband STAYC ini masuk dalam K-Pop generasi empat, bersama dengan AESPA dan ITZY.

Keenam member STAYC ini masing-masing memiliki bakat tersendiri tetapi dapat menjadikannya sebagai sesuatu yang harmonis, terutama ketika mereka menunjukkan penampilan bersama-sama. Banyak orang yang menganggap bahwa STAYC terkenal karena adanya Sieun, yang merupakan mantan aktris cilik. Padahal sebenarnya, masing-masing member STAYC menonjol sesuai dengan kemampuannya sendiri. Lalu, siapa saja sih enam member STAYC itu? Yuk simak ulasan berikut ini, siapa tahu Grameds berminat untuk bergabung dalam fandom Swith ini.

https://kpop.fandom.com/

Berkenalan dengan 6 Member STAYC

Sekadar trivia saja nih Grameds, STAYC adalah akronim untuk Star To A Young Culture yang merupakan girlband baru asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan High Up Entertainment. STAYC resmi debut pada 12 Desember 2020 lalu dengan enam member yaitu Sumin, Sieun, Isa, Seeun, Yoon, dan J. Nah, keenam member STAYC berkebangsaan Korea semua alias tidak ada anggota asing di dalamnya.

1. Sumin

https://kprofiles.com/

Sumin alias Bae Sumin adalah member tertua di STAYC sekaligus member kedua yang diperkenalkan kepada publik. Sumin lahir pada 13 Maret 2001 di Pohang. Di dalam grup, Sumin memiliki posisi sebagai leader (ketua), vocalist, sekaligus rapper. Sebelum debut bersama STAYC, Sumin sempat menjadi trainee di agensi Plan A Entertainment (yang sebelumnya bernama Play M Entertainment). Bahkan Sumin juga menjadi trainee bersama dengan member Weekly.

Tidak hanya itu saja, sebelumnya Sumin juga pernah mengikuti audisi untuk survival show bertajuk Produce 48 di channel Mnet, tetapi usahanya tidak berhasil. Atas hal itu, Sumin kemudian keluar dari agensi Plan A dan bergabung dengan High Up Entertainment, tepatnya pada tahun 2018. Jika ditotal, maka Sumin telah menghabiskan waktu sekitar 5 tahun 6 bulan untuk masa trainee. Sebelum debut, Sumin juga pernah muncul di MV milik Huh Gak berjudul The Last Night.

2. Sieun

https://kprofiles.com/

Sebenarnya, Sieun alias Park Sieun ini adalah seorang aktris cilik yang telah memulai debutnya di dunia akting sejak tahun 2014 di bawah naungan agensi FE Entertainment kemudian pindah ke JYP Entertainment pada 2017. Selama di JYP Entertainment, Sieun juga menjadi trainee dan berteman baik dengan para member ITZY. Lahir pada 1 Agustus 2001, merupakan anak dari aktor berkenamaan Park Namjung. Selama menjadi aktris cilik, Sieun sudah banyak membintangi banyak acara televisi hingga drama, sebut saja ada variety show Happy Together, Kids Are Life’s Blessing, hingga drama Signal, Mystic Pop-Up Bar, dan Still 17.

Berhubung Sieun sangat bertekad untuk menjadi idol, dirinya pun pindah ke High Up Entertainment pada tahun 2019 dan akhirnya dapat debut bersama STAYC. Di grupnya, Sieun memiliki posisi sebagai main vocalist dan dirinya juga mampu memainkan piano. Bahkan pada tahun 2019, Sieun juga mengikuti kontes menyanyi dengan karakter Chaos untuk acara The King of Masked Singer.

Meskipun sibuk dengan kehidupan idol, Sieun tidak lantas melupakan pendidikannya begitu saja. Pada tahun 2020 lalu, dirinya mendaftar sebagai mahasiswi di Chung Ang University, Performance and Visual Creation Department, dengan jurusan teater.

3. Isa

https://kprofiles.com/

Isa memiliki nama asli Lee Chae Yong yang lahir pada 23 Januari 2002 di Busan. Di grupnya, Isa mendapatkan posisi sebagai vocalist, main dancer, hingga visual. Sebelum debut bersama STAYC, Isa adalah siswa di Busan’s Hak Enter Academy. Lucunya, Isa ini dianggap sebagai ‘Ibu’ di dalam grup STAYC karena sifatnya lemah lembut dan sabar dalam merawat member lain, layaknya seorang Ibu di sebuah keluarga.

Isa bergabung dengan High Up Entertainment pada tahun 2018 dan menjadi member pertama yang bergabung, karena memang agensi tersebut baru saja didirikan. Selama tiga tahun, Isa menjadi trainee di agensi tersebut. Sebelum debut, Isa kerap menghadiri fansign penyanyi Hyuna dan dianggap sebagai fans yang beruntung.

4. Seeun

https://kprofiles.com/

Seeun alias Yoon Seeun lahir pada 14 Juni 2003 di Pyeongtaek, Gyeonggi. Sama seperti Sieun, Seeun juga pernah menjadi seorang aktris cilik dan berada di bawah naungan Kiara Entertainmnet. Beberapa drama yang yang pernah Seeun bintangi adalah “Circle” dan “The Guardians”. Pada September 2020, Seeun menjadi member ketiga yang diungkap kepada publik. Bahkan Seeun ternyata juga merupakan mantan trainee di Plan A Entertainment, sama seperti Bae Sumin.

Pada tahun 2019, Seeun memilih hengkang dari Plan A Entertainment setelah menghabiskan waktu trainee bersama member Weekly. Seeun adalah seseorang yang kidal dan mahir dalam memainkan alat musik seruling. Ketika sudah debut bersama STAYC, Seeun memiliki posisi sebagai vocalist.

5. Yoon

https://kprofiles.com/

Yoon alias Shim Ja Yoon ini lahir pada 14 April 2004 di Gwangju, Jeolla-do. Di dalam grup, Yoon memiliki posisi sebagai lead vocalist. Sebelum debut, Yoon berlatih di Joy Dance Plug In Academy yang terletak di Gwangju. Hingga sekarang, meskipun Yoon juga telah menjadi idol tetapi dirinya menyatakan masih menjadi seorang Melody, sebutan untuk fandom BTOB. Hal ini dinyatakan dalam wawancara 1THEK IDDP.

Wajah Yoon sering dianggap sama dengan Jooyeon dari girlband senior After School. Yoon memiliki kepribadian yang menyenangkan dan lucu, sehingga suasana di grup akan selalu ceria berkat hadirnya Yoon. Mimpinya adalah berkolaborasi dengan (G)I-DLE atau Little Mix.

6. J

https://kprofiles.com/

Nama J itu bukan nama asli kok, melainkan nama panggung. Nama aslinya adalah Jang Ye Eun, lahir pada 9 Desember 2004 di Daejeon, Chungcheong. Di grup, J memiliki posisi sebagai vocalist, rapper, sekaligus maknae alias member yang paling muda. J adalah seorang INFJ yang sangat menyukai berbagai film Disney. Film favoritnya adalah Rapunzel dan hobinya adalah menggambar.

Jika Sieun dapat menyanyi dengan nada tinggi, maka J dapat menyanyi dengan nada rendah karena dirinya memiliki suara yang dalam. J juga merupakan penggemar Dua Lipa.

Pembentukan Grup STAYC dan Perjalanan Karirnya

https://kpop.fandom.com/

2020

Pada 8 September 2020 menjadi tahun terbaik bagi STAYC karena mereka berhasil debut meskipun High Up Entertainment adalah sebuah agensi baru. Seperti debutnya girlband lain, pihak agensi juga mengumumkan masing-masing member dengan merilis film prolog mereka secara berurutan. STAYC debut dengan single utama bertajuk “So Bad”. Lagu ini diproduksi oleh Black Eyed Pilseung sekaligus founder agensi High Up Entertainment. Perlu diketahui ya Grameds, Black Eyed Pilseung adalah duo produser terkenal yang mana lagu-lagu produksinya selalu populer, sebut saja ada lagu “TT” (Twice), “Touch My Body” (SISTAR), “Roller Coaster” (Chungha-soloist), hingga “Dumhdurum” (APINK). Black Eyed Pilseung memang bertekad menggambarkan STAYC sebagai girlband yang memiliki konsep “Teen Fresh”.

Lalu pada 12 November, MV milik STAYC yang berjudul “So Bad” resmi rilis dan mendapatkan sekitar 2,6 juta penonton pada 24 jam pertama. Bahkan album mereka berhasil terjual sekitar 10.000 copy pada minggu pertama.

Selanjutnya pada 31 Desember, tepat 50 hari setelah debut, STAYC mengumumkan nama fandom resmi mereka yaitu “Swith”. Oh iya, nama fandom “Swith” tersebut adalah hasil undian yang dipilih dari total 1.000 lebih nama atas hasil usulan oleh para penggemar sebelumnya. Makna dari “Swith” tersebut adalah kombinasi dari STAYC dan ‘With’. Selain itu, kata “Swith” ini juga terdengar seperti pelafalan kata “Sweet” oleh orang Korea, yang mengacu pada “sweet dan lovely” (manis dan menyenangkan).

2021

Pada tahun 2021 ini, tepatnya 18 Maret, pihak agensi mengungkapkan bahwa STAYC tengah mempersiapkan comeback pertama mereka. Enam hari kemudian, sebuah teaser diposting di sosial media grup untuk mengumumkan bahwa single kedua mereka akan bertajuk “Staydom” dan lagu utama berjudul “ASAP”. Bahkan untuk comeback tersebut, STAYC juga mengganti logo menjadi lebih komikal dan bubbly, guna menyesuaikan dengan tema comeback kali ini.

Lalu pada 1 April, pihak High Up Entertainment selaku agensi STAYC menyatakan bahwa girlband asuhan mereka telah terpilih sebagai model untuk merk kosmetik LG Household & Health Care.

Kemudian pada 4 Agustus, pihak High Up Entertainment kembali mengkonfirmasi bahwa STAYC akan comeback yang ketiga. Tak lama setelah itu, sebuah gambar spoiler dirilis untuk mini album pertama mereka yang bertajuk Stereotype. Pada 14 September, STAYC berhasil mendapatkan kemenangan pertama mereka di acara musik SBS The Show untuk lagu “Stereotype”.

2022

Pada 28 Januari, pihak agensi yaitu High Up Entertainment telah mengumumkan kembali bahwa STAYC tengah dalam persiapan album baru dan akan rilis sekitar bulan Februari. Hal tersebut tentu saja menjadi berita baik bagi fandom Swith. Kemudian pada 7 Februari, muncul video teaser spoiler guna memperlihatkan bahwa STAYC akan comeback yang ke-4 dengan mini album keduanya yang bertajuk Young.Luv.com. Hari berikutnya, mini album kedua mereka rilis dengan lagu utama berjudul “Run2U.

STAYC akhirnya melakukan comeback kelima pada bulan Juli lalu. Sebelumnya pada 30 Juni, pihak agensi telah mengumumkan bahwa girlband mereka tengah menyelesaikan syuting MV untuk comeback kelima, yang diperkirakan akan rilis pada pertengahan Juli. Kemudian pada 1 Juli, foto teaser diunggah kembali di media sosial grup untuk menyatakan bahwa STAYC akan comeback yang bertajuk We Need Love dengan single utama berjudul “Beautiful Monster“.

Diskografi STAYC

Mini Album

  • Stereotype (2021)
  • Young-Luv.com (2022)

Single Album

  • Star To A Young Culture (2020)
  • Staydom (2021)
  • We Need Love (2022)

OST

Partisipasi Konser

  • KCON 2022 LA (2022)
  • KCON 2022 US Tour (2022)

Reality Show

  • How Do You Play? (MBC, 2020) – tamu di episode 65

Nah, itulah ulasan mengenai siapa saja enam member dari girlband STAYC dan perjalanan karir mereka hingga sekarang. Apakah Grameds sudah tergabung dalam fandom Swith?

 

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum