in

Biografi Kim Hee Sun

Kim Hee Sun – Beberapa waktu lalu, drama Korea berjudul Tomorrow berhasil mendapatkan rating yang cukup baik dan perhatian dari penggemar internasional termasuk penonton di Indonesia. Plot kisah yang menarik dengan aktor dan aktris yang mencuri perhatian pun menjadi salah satu alasannya. Dikarenakan kepopuleran drama Korea Tomorrow ini, salah satu aktor utama wanita menjadi trending.

Ia adalah Kim Hee Sun dalam drama Korea Tomorrow, Kim Hee Sun berperan menjadi Goo Ryun sosok malaikat maut yang cantik dan sangat kharismatik. Namun, tahukah Grameds, bahwa sebelum viral karena drama Tomorrow, Kim Hee Sun adalah aktris senior yang banyak membintangi film serta drama populer lain. Siapakah sosok Kim Hee Sun ini? Simak biografi singkatnya berikut.

Profil Aktris Kim Hee Sun

Kim Hee-sun lahir pada 11 Juni 1977, ia  adalah seorang aktris asal Korea Selatan. Dia menjadi terkenal di tahun 1990-an karena menjadi peran utama dalam serial televisi seperti Men of the Bath House (1995), Propose (1997), Wedding Dress (1997), Forever Yours (1998), Mister Q (1998), Sunflower (1998), dan Tomato (1999). Kim Hee Sun juga membintangi beberapa film bela diri seperti, Bichunmoo (2000) dan The Myth (2005) dan drama dengan genre dan plot cerita yang berbeda-beda.

Seperti aktris, aktor atau selebriti asal Korea Selatan yang lain, Kim Hee Sun juga menutup diri dan tidak membagikan kehidupan pribadinya. Sehingga hanya sedikit informasi yang dapat dirangkum untuk menjelaskan mengenai kehidupan pribadinya.

Perjalanan Karier Kim Hee Sun

Kim Hee-sun mengawali kariernya dengan menang dalam sebuah kontes kecantikan bernama Fair Face pada tahun 1992 ketika ia masih seorang siswa sekolah menengah, dan kemudian mulai menjadi model untuk majalah remaja.

Pada tahun 1993, Kim Hee Sun, saat itu masih duduk di kelas dua sekolah menengah, ia muncul dalam sebuah iklan untuk keripik kepiting Lotte Samkang, setelah membintangi iklan tersebut, Kim Hee Sun pun debut sebagai seorang aktris dengan aktingnya dalam Dinosaur Teacher dan ia menjadi MC untuk acara musik Live TV Music 20 pada tahun yang sama pula.

Ia menikmati popularitas puncak di pertengahan hingga akhir tahun 1990-an, Kim Hee Sun sempat membintangi satu drama Korea yang sukses seperti Men of the Bath House (1995) yang ditulis oleh Kim Soo-hyun, Propose (1997), Wedding Dress (1997) dengan Lee Seung-yeon, Forever Yours (1998) dengan Ryu Si-won, Mister Q (1998) dengan Kim Min-jong dan Song Yun-ah, Sunflower (1998) dengan Ahn Jae-wook dan Tomato (1999) dengan Kim Suk-hoon.

Dari penampilannya tersebut, Kim Hee Sun berhasil memenangkan hadiah utama di Penghargaan Drama SBS tahun 1998 untuk Mister Q yang membuatnya berhasil menjadi pemenang Grand Prize (Daesang) termuda ketika berusia 21 tahun.

Selama periode tersebut pula, ia juga muncul dalam banyak iklan dan menjadi terkenal baik di dalam negeri maupun luar negeri sebagai salah satu aktris Korea Selatan paling cantik dan menentukan tren.

Berbeda dengan kesuksesan yang ia raih di dunia televisi, layar lebar terbukti menjadi tantangan yang lebih besar bagi karier Kim Hee Sun. Ia melakukan debut filmnya pada tahun 1997 dalam film Repechage yang dibintangi oleh Jang Dong-gun dan disutradarai oleh Lee Kwang-hoon.

Kemudian, Kim Hee Sun kembali berperan dalam film selanjutnya yang berjudul Ghost in Love (1999). Dalam peran yang paling banyak dikenalnya sampai saat ini, Kim memerankan seorang putri seorang jenderal Mongolia dalam film fantasi bela diri Bichunmoo dengan anggaran besar, dan film yang difilmkan di China dan dirilis pada musim panas tahun 2000.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Meskipun dikecam karena kualitas aktingnya dalam film tersebut, Kim Hee Sun justru mendapatkan lebih banyak eksposur lokal dan internasional daripada film-film lain yang ia perankan. Bersama dengan drama TV populer lain yang ia perankan, Kim Hee Sun menguatkan posisinya sebagai bintang Korean Wave di Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, dan seluruh Asia Tenggara.

Pada akhir tahun 2001, Kim Hee Sun mengambil peran yang sangat berbeda, ia terlihat memotong rambutnya menjadi pendek dan berperan menjadi seorang animator dalam Wanee & Junah. Meskipun aktingnya dalam film ini mendapat respons positif dari para kritikus, sayangnya film itu sendiri adalah suatu kegagalan komersial.

Kariernya mengalami penurunan pada tahun 2003, ketika melodrama yang diawali dengan perilisan A Man Who Went to Mars, juga dikenal sebagai A Letter From Mars, yang dibintangi Shin Ha-kyun menjadi kegagalan besar di box office.

Namun ia kembali ke televisi, dengan membintang drama berjudul My Fair Lady (2003) yang diadaptasi dari drama televisi Jepang Yamato Nadeshiko dan Sad Love Story (2005) di mana ia memerankan seorang penyanyi buta, namun sayang keduanya menerima rating rendah.

Karena popularitasnya di kalangan penonton Tiongkok, Kim Hee Sun kemudian membintangi sebuah film bersama Jackie Chan berjudul The Myth, di mana ia belajar berbicara Mandarin. Kembali ke Korea, kegagalan kariernya berlanjut dengan Smile Again pada tahun 2006.

Kim Hee Sun kemudian menikah pada tahun 2007, dan dia meninggalkan dunia hiburan untuk menyisihkan waktunya menjadi seorang istri dan ibu. Selama istirahat lima tahun dari dunia akting, selain muncul dalam majalah, Kim Hee Sun juga sempat menerbitkan buku pada tahun 2009 tentang perawatan anak dan cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dengan budul Proyek Ibu Bahagia Kim Hee-sun.

Meskipun ia memiliki peran kecil dalam epik Tiongkok berjudul The Warring States (2011), Kim Hee Sun telah resmi kembali pada tahun 2012 sebagai dokter modern yang melakukan perjalanan waktu ke Goryeo dalam drama romantis berjudul Faith, yaitu sebuah drama kolaborasi terakhir dari penulis skenario Song Ji-na dan sutradara televisi Kim Jong-hak.

Pada tahun 2013, Kim Hee Sun menjadi salah satu pembawa acara musim kedua yang diperbarui dari acara bincang-bincang variety Strong Heart dengan judul Hwasin – Pengendali Hati.

Setelah Hwasin dibatalkan, ia membintangi sebuah drama keluarga akhir pekan yang ditulis oleh Lee Kyung-hee berjudul Wonderful Days (2014). Drama tersebut diikuti pula  oleh perilisan drama Angry Mom pada tahun 2015, di mana peran Kim Hee Sun sebagai karakter utama yang kembali ke sekolah menengah saat ia mengetahui bahwa putrinya sedang diintimidasi, drama Angry Mom sangat dikagumi oleh para kritikus.

Kemudian, Kim Hee Sun mulai syuting kembali untuk drama televisi fantasi Tiongkok Ice Fantasy, yang mulai ditayangkan pada Juli 2016.

Pada tahun 2017, Kim Hee Sun membintangi sebuah serial televisi berjudul The Lady in Dignity bersama Kim Sun-ah. Serial ini berhasil mencapai rating 12,6% untuk final episodenya dan menjadi drama JTBC dengan rating tertinggi pada saat itu. Penampilan Kim Hee Sun pun diterima dengan baik oleh para kritikus dan penonton.

Di tahun 2018, Kim Hee Sun kembali membintangi drama misteri tvN berjudul Room No. 9. Lalu pada tahun yang sama ia mengkonfirmasi kembalinya dirinya ke layar lebar dengan film independen berjudul Paper Flower. Pada tahun 2020, Kim Hee Sun membintangi sebuah drama romansa fiksi ilmiah berjudul Alice yang ditayangkan di SBS pada tahun 2020 dan dirilis di seluruh dunia di Netflix pada tahun 2021.

Pada tahun 2022, Kim membintangi drama fantasi MBC Tomorrow, memerankan peran malaikat kematian bernama Goo-ryeon. Aktingnya sebagai Goo Ryeon dalam drama tersebut kembali menarik perhatian publik dan namanya pun kembali naik daun.

Mulai dari remaja hingga orang dewasa sebagian besar mendengarkan K-pop. Maka dari itu, tak salah apabila perkembangan bahasa Korea untuk K-pop terus mengalami peningkatan. Untuk kamu yang ingin belajar tentang bahasa Korea untuk K-pop, maka bisa membaca seri buku ini, yaitu Bahasa Korea Untuk Kpopers 1 dan Bahasa Korea Untuk Kpopers 2.

Buku ini mengajak kalian untuk mengetahui sejarah Hangeul, huruf-huruf Korea beserta cara pengucapannya, angka Korea beserta penggunaanya, dan mempelajari tata bahasa Korea beserta contoh penerapannya dalam lirik lagu KPop. Selain itu, juga disajikan contoh percakapan dan kosakata berbahasa Korea.

 

Drama Korea Terbaik yang Pernah Dibintangi Kim Hee Sun

AsianWiki

Kim Hee Sun adalah salah satu aktris Korea Selatan yang telah lama berkarir di dunia perfilman serta drama Korea. Ia lahir di tahun 1977 dan mulai berkarir di dunia entertainment sejak tahun 1992, usai berhasil memenangkan sebuah kontes kecantikan.

Di tahun 1990-an, namanya sangat dikenal karena aktingnya yang memukau dalam beberapa drama yang dia bintangi. Dia juga beberapa kali dinominasikan dan memenangkan Daesang atau Grand Prize untuk kualitas aktingnya, seperti dalam drama Mister Q dan The Lady in Dignity.

Nama Kim Hee Sun kembali naik daun usai membintangi drama Tomorrow dan kehadirannya yang terlihat berbeda dan tentunya kualitas akting yang tak diragukan. Apa saja list drama Korea terbaik yang pernah dibintangi oleh Kim Hee Sun? Simak daftarnya berikut ini.

  • Angry Mom

Tahun Rilis : 2015

Genre : Drama, Comedy, Family, School

Sutradara : Ashbun

Pemeran : Kim Hee Sun, Kim Yoo Jung, Kim Ji Soo, Ji Hyun Woo

Angry Mom adalah sebuah drama Korea yang menceritakan kisah seorang ibu tunggal yang menyamar menjadi siswa SMA untuk melindungi anaknya dari bullying di sekolah. Kang Ja (diperankan oleh Kim Hee Sun), sang ibu, pernah mengalami pengalaman yang buruk saat dia menjadi korban perilaku bullying ketika sekolah dulu.

Oleh karena itu, dia berusaha keras untuk dapat melindungi putrinya, Oh Ah Ran (diperankan oleh Kim Yoo Jung), dari kejadian yang sama. Meskipun tidak disukai oleh anaknya karena tindakannya tersebut, Kang Ja tetap berusaha melakukan yang terbaik untuk melindungi putrinya. Drama ini juga menambahkan unsur komedi ketika Kang Ja dikagumi oleh teman-teman putrinya.

  • Woman of Dignity

Tahun Rilis : 2017

Genre : Drama, Mystery, Thriller

Sutradara : Kim Yun Cheol

Pemeran : Kim Hee Sun, Kim Sun A, Jung Sang Hoon, Lee Tae Im, Lee Ki Woo.

Drama Woman of Dignity menceritakan tentang kisah seorang wanita yang berusaha mengambil kembali apapun miliknya dari seorang wanita yang mengejar kekayaan keluarganya.

Woo Ah Jin (diperankan oleh Kim Hee Sun) adalah seorang wanita yang tidak kekurangan apa pun, dia memiliki segala hal, mulai dari paras yang cantik hingga kehormatan yang dia dapatkan dari mertuanya yaitu seorang CEO dari perusahaan besar.

Seperti kebanyakan orang kaya yang lain, Woo Ah Jin juga mempekerjakan seorang pelayan untuk mertuanya. Namun, ternyata pelayan tersebut justru berusaha untuk mengambil dan merebut kekayaan keluarganya dengan cara merayu si CEO. Dia berjuang untuk mendapatkan kembali semua yang menjadi milik keluarganya.

  • Faith/ The Great Doctor

Tahun Rilis : 2012

Genre : Historical Fusion, Fantasy, Romance, Medical Drama

Sutradara : Kim Jong Hak, Shin Yong Hwi

Pemeran : Kim Hee Sun, Lee Min Ho, Yu Oh Seong, Ryu Deok Hwan

Faith adalah sebuah drama Korea yang bergenre medical dengan elemen time-travel. Drama ini menceritakan tentang kisah dari seorang dokter perempuan bernama Dr. Yoo Eun Soo (diperankan oleh Kim Hee Sun) yang dibawa secara paksa ke tahun 700-an di masa Dinasti Goryeo oleh seorang kesatria Goryeo bernama Choi Young (diperankan oleh Lee Min Ho).

Dr. Yoo Eun Soo diminta untuk menyelamatkan nyawa dari seorang putri dari Kerajaan Yuan bernama Putri Nogoog, sang putri terkena sabetan pedang di lehernya dan tidak ada dokter pada masa itu yang dapat menyembuhkan luka sang putri.

Lalu pada suatu hari suami dari sang putri melihat sebuah portal yang dia percayai akan membantu untuk mendapatkan seorang dokter yang mampu membantu menyembuhkan luka sang putri.

Buku Smart Book Bahasa Korea merupakan buku Bahasa Korea yang mengandung materi mulai dari kosakata, tata bahasa, percakapan. Selain itu, bagi kamu yang sedang belajar bahasa Korea dan ingin bisa lolos tes TOPIK, buku ini recommended untuk sahabat semua.

  • Room No.9

Tahun Rilis : 2018

Genre : Mystery, Fantasy

Sutradara : Ji Young Soo

Pemeran : Kim Hee Sun, Kim Hae Sook, Kim Young Kwang

Room No.9 adalah sebuah drama yang menceritakan tentang kisah pertukaran tubuh yang terjadi pada karakter utama yaitu seorang pengacara. Tubuhnya tertukar dengan seorang napi yang dipidana hukuman mati.

Dikisahkan, bahwa Eulji Hae Yi (diperankan oleh Kim Hee Sun) adalah seorang pengacara yang sukses tetapi kesuksesannya ia raih dengan cara manipulatif. Dia memiliki kekayaan dan pasangan yaitu seorang dokter bernama Gi Yoo Jin (diperankan oleh Kim Young Kwang).

Ketika dia sedang melakukan interogasi pada seorang napi yang dipidana mati bernama Jang Hwa Sa (diperankan oleh Kim Hae Sook), dia secara tiba-tiba tertidur. Kemudian saat terbangun, tubuhnya sudah dihuni oleh Jang Hwa Sa dan jiwanya berada di dalam tubuh sang napi tersebut. Dia kemudian berusaha sekuat tenaga untuk mengembalikan tubuhnya kembali dan menukar jiwanya.

Demikianlah informasi tentang biografi aktris Kim Hee Sun, perjalanan karier serta beberapa rekomendasi drama Korea terbaik yang diperankan oleh Kim Hee Sun.

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang drama Korea, idol atau mempelajari bahasa Korea dengan membaca buku. Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku berkualitas dan original untuk Grameds. Jangan ragu untuk membeli buku di Gramedia.

Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Rujukan:

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Kim_Hee-sun#Personal_life
  • https://bacaterus.com/drama-kim-hee-sun/


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.