in

Profil Soodam Secret Number, Visual Multitalenta di Grup!

https://kpop.fandom.com/

Soodam Secret Number – Di antara keenam member Secret Number yang paling disorot selain Dita Karang adalah Soodam. Yap, Soodam Secret Number dianggap sebagai member yang memiliki visual paling mendekati dengan standar kecantikan di Korea Selatan sana. Terlebih lagi, saat sebelum predebut, Soodam ternyata adalah ulzzang yang mana memang dikenal memiliki visual tidak kaleng-kaleng.

Soodam menjadi member ketiga yang dikonfirmasi sebagai bagian dari member Secret Number. Meskipun wajahnya amat cantik, tentu saja itu semua diimbangi dengan bakatnya yang tidak main-main sehingga dapat berhasil debut sebagai member pada 25 Januari 2020.

Lantas, bagaimana sih biodata dan profil dari Soodam Secret Number? Bagaimana pula perjalanan karir dari Soodam Secret Number yang awalnya adalah ulzzang? Apa saja fakta-fakta mengenai Soodam Secret Number? Supaya Grameds semakin tertarik untuk masuk dalam fandom LOCKEY, yuk kenali Soodam lebih dekat!

Biodata dan Profil Soodam Secret Number

Soodam adalah member ketiga yang dikonfirmasi sebagai bagian dari Secret Number, tepatnya pada 25 Januari 2020. Nama aslinya adalah Lee Soo Dam dan lahir pada 19 November 1999. Di grup Secret Number, Soodam menempati posisi sebagai visual, center, main vocalist, dan main dancer.

Soodam Secret Number
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Lee Soo Dam
  • Nama Panggung: Soodam
  • Tanggal Lahir: 9 November 1999
  • Zodiak: Scorpio
  • Zodiak China: Kelinci (Rabbit)
  • Kewarganegaraan: Korea
  • Pendidikan: Sunhwa Arts Middle School, Sunhwa Arts High School, Ewha Women’s University Jurusan Tari
  • Tinggi Badan: 165 cm (5’5”)
  • Golongan Darah: A
  • Posisi di Grup: Visual, Center, Main Vocalist, dan Main Dancer

Perjalanan Karir Soodam Secret Number

Sebenarnya, Soodam sudah dikenal publik sejak predebut karena dirinya adalah seorang ulzzang. Di Korea Selatan, istilah “ulzzang” merujuk pada seseorang yang memang memiliki paras wajah cantik maupun tampan. Bahkan tak jarang, ada pula voting yang dilakukan melalui internet terkait foto-foto ulzzang yang terbaik. Nah, Soodam Secret Number pun sebelum predebut adalah seorang ulzzang karena wajahnya yang rupawan.

Sedikit trivia saja nih, ada banyak idol K-Pop yang dulunya juga adalah seorang ulzzang. Sebut saja ada Yura Girl’s Day, Karina AESPA, Sehun EXO, Minkyung DAVICHI, Irene Red Velvet, Taeyong NCT, soloist Sunmi, dan masih banyak lainnya.

Nah, bagi para penggemar, wajah Soodam Secret Number memiliki proporsi yang bagus dan dapat memikat orang lain ketika dirinya tersenyum. Itulah mengapa, Soodam didapuk sebagai visual dalam grup Secret Number.

2019: Debut Bersama Secret Number

Soodam Secret Number
https://kpop.fandom.com/

Setelah berlatih sebagai trainee di VINE Entertainment, akhirnya Soodam berhasil debut dengan keempat member Secret Number lainnya pada Mei 2020. Bersama dengan Denies, Lea, Dita, Jinny, dan dirinya, mereka akhirnya debut dengan lagu berjudul “Who Dis?”.

Seperti halnya debut girl grup lainnya, VINE Entertainment pun juga merilis teaser para member yang akan debut pada grup barunya. Mulanya, grup baru dari VINE Entertainment yang memiliki nama Secret Number ini akan debut pada 26 Maret 2020. Sayangnya, karena adanya pandemi Covid-19 pada saat itu membuat debut mereka diundur menjadi 19 Mei 2020.

Secret Number debut dengan lagu berjudul “Who Dis?” dengan konsep girl crush. Soodam yang menempati posisi sebagai visual, main dancer, dan sub vocalist, tentu saja selalu menampilkan bakatnya yang terbaik. Mengingat saat kecil dahulu, Soodam Secret Number pernah belajar tarian tradisional Korea sekaligus menjadi anggota dalam Little Angel Korea.

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa Soodam menjadi member ketiga yang diungkapkan ke publik sebagai bagian dari grup Secret Number, tepatnya pada 25 Januari 2020. Setelah itu, pada 4 November 2020, Soodam dkk melakukan comeback pertamanya dengan lagu “Got That Boom”.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

Dianggap Mirip dengan Irene Red Velvet

Banyak sekali idol K-Pop yang sering dianggap mirip satu sama lain. Hal tersebut juga terjadi pada Soodam Secret Number yang sejak debutnya, banyak dianggap mirip dengan Irene Red Velvet. Baik dari segi kemiripan bentuk wajah, bentuk mata, hingga aura yang terkadang imut dan garang. Apakah Grameds juga berpikir demikian?

15 Fakta Tentang Soodam Secret Number

Soodam Secret Number
https://kpopping.com/
  1. Nama panggilannya adalah Dami.
  2. Soodam jelas menyatakan bahwa dirinya memeluk agama Protestan.
  3. Memiliki riwayat pendidikan di Sunhwa Arts Middle School dan Sunhwa Arts High School. Saat ini, dirinya tengah menempuh pendidikan di Ewha Women’s University pada jurusan tari.
  4. Soodam belajar tarian tradisional Korea sejak kecil dan tergabung dalam keanggotaan Little Angel Korea.
  5. Sangat suka makeup dan memasak.
  6. Lebih suka es kopi daripada kopi panas.
  7. Menurutnya, bagian wajah yang paling menarik adalah mata dan lesung pipinya.
  8. Role-modelnya Bae Suzy.
  9. Soodam mengaku bahwa dirinya mengerti Bahasa Inggris, tetapi tidak bisa berbicara dalam bahasa itu secara spontan.
  10. Berteman dekat dengan soloist Seo Eunkyo yang juga berada di bawah naungan Vine Entertainment.
  11. Dulunya, Soodam adalah seorang ulzzang.
  12. Soodam Secret Number begitu handal dalam hal memasak.
  13. Warna favoritnya adalah mint.
  14. Makanan favorit: sushi, kimchi, kimbab, dan salmon.
  15. Soodam lebih suka es kopi daripada kopi panas.

Sudah diketahui oleh banyak orang apabila, budaya Korea terutama K-pop sudah menyebar ke masyarakat dunia, termasuk masyarakat Indonesia. Nah, untuk kamu yang ingin tahu lebih jauh tentang K-pop, maka bisa membaca buku All About K-pop. Melalui buku ini, pembaca akan bertualang belajar sejarah, sekaligus mengenal girlband dan boyband favorit.

Soodam Secret Number

Riwayat Perjalanan Debut Grup Secret Number

2011-2018: Masa Trainee Alias Predebut

Formasi awal dari grup Secret Number besutan VINE Entertainment ini adalah 5 orang. Sebelum berlatih menjadi trainee di agensi tersebut, para member tersebut telah menjalani karir masing-masing yang tentunya di agensi lain.

Member pertama yakni Lea sebelumnya sudah debut bersama grup Skarf dari Alpha Entertainment pada tahun 2011 dengan nama Hana. Sayangnya, grup tersebut harus bubar pada tahun 2014 dan dirinya pun meninggalkan agensi. Tiga tahun kemudian, Lea mengikuti survival show Mixnine dengan nama aslinya, Ogawa Mizuki, tetapi harus tereliminasi dengan posisi ke-109.

Lalu ada juga Jinny yang sebelumnya adalah trainee YG Entertainment sejak tahun 2013-2017. Bahkan Jinny sudah dielu-elukan masuk dalam line-up PINK PUNK yang kelak menjadi “penerus” 2NE1. Sayangnya, Jinny memilih meninggalkan agensi karena alasan yang tidak diketahui. Setelah itu, dirinya mengikuti variety show Produce 48 tetapi harus tereliminasi pada posisi ke-69.

2019: Rilis Teaser Grup

Pada akhir tahun 2019, tepatnya pada 17 Desember, VINE Entertainment mengunggah teaser debutnya girl grup baru mereka. Selain itu, VINE Entertainment juga mengonfirmasi bahwa grup barunya ini akan debut resmi pada 26 Maret 2020. Sayangnya, pihak agensi harus menunda debut grup baru tersebut karena pandemi Covid-19 yang semakin bahaya di dunia ini.

2020: Debut dengan Lagu “Who Dis?”

Soodam Secret Number
https://kpop.fandom.com/

Tepatnya pada 29 April, pihak VINE Entertainment akhirnya mengungkap nama grup baru mereka yakni SECRET NUMBER sekaligus dengan akun sosial media grup tersebut. Pada hari yang sama, agensi juga mengungkap video dance cover dengan lagu berjudul “Medicine” oleh Jennifer Lopez pada kanal Youtube resmi SECRET NUMBER.

Setelah itu pada 6 Mei, terungkap dalam sebuah artikel di Naver yang menyebutkan bahwa grup SECRET NUMBER akan debut secara resmi pada 19 Mei dengan lagu berjudul “Who Dis?”. Sejalan dengan berita tersebut, masing-masing member pun diperkenalkan ke publik melalui teaser photo mereka.

Akhirnya pada 19 Mei, SECRET NUMBER resmi debut dengan lagu “Who Dis?” dan juga mengadakan acara showcase debut pada hari sama. Dalam album debutnya itu memiliki 2 lagu yakni Who Dis? sebagai main title dan Holiday.

Lima bulan kemudian, tepatnya pada 22 Oktober, VINE Entertainment mengumumkan bahwa SECRET NUMBER akan comeback dengan lagu berjudul Got That Boom. Comeback tersebut terlaksana pada 4 November dengan album yang memiliki 2 lagu yakni Got That Boom itu sendiri dan Privacy.

Tak disangka, Secret Number mendulang kesuksesan dan membuat mereka meraih beberapa penghargaan musik ternama. Mulai dari Asia Artist Awards, APAN Music Awards, Asian Pop Music Awards, hingga Ten Asia Global Top Ten Awards. Bahkan pihak Billboard Korea pun menyebut-nyebut bahwa girl grup asuhan VINE Entertainment ini menjadi rookie menjanjikan pada tahun 2020.

2021: Pengungkapan Nama Fandom

Soodam Secret Number
https://kpop.fandom.com/

Pada 8 Januari, agensi menyatakan bahwa fandom dari Secret Number adalah LOCKEY yang berarti “orang-orang tersebut akan menjadi KUNCI yang membuka daya tarik para member SECRET NUMBER”.

Pada pertengahan tahun 2021, tepatnya pada 30 September, pihak VINE Entertainment mengumumkan bahwa salah satu member Secret Number yakni Denise, tidak berpartisipasi pada comeback ketiga. Alasannya adalah dirinya tengah melakukan negosiasi kontrak dengan agensi. Hal ini membuat para penggemar bertanya-tanya apakah Denise akan keluar dari grup.

Lalu akhirnya pada 5 Oktober, agensi mengumumkan Secret Number akan comeback ketiga dengan lagu Fire Saturday. Selanjutnya pada 16 Oktober, agensi mengumumkan juga adanya anggota baru di SECRET NUMBER yang berjumlah 2 orang yakni Zuu dan Minji.

2022: Denise Keluar Dari Grup

Tepatnya pada 5 Februari, benar saja prediksi netizen terkait kontrak Denise. Yap, agensi menyatakan bahwa Denise keluar dari grup SECRET NUMBER karena masa kontraknya dengan agensi telah habis. Setelah itu, Denise langsung membuka akun Instagram pribadinya.

Lalu pada 8 Juni, SECRET NUMBER melakukan comeback keempat dengan lagu Doomchita. Lima bulan setelahnya, tepatnya pada 16 November, lagi-lagi SECRET NUMBER melakukan comeback kelima dengan lagu berjudul Tap.

Perjuangan dari setiap idol K-pop berbeda-beda. Maka dari itu, kita juga harus menghargai setiap perjuangan yang telah dilakukan oleh idol K-pop dalam menggapai kesuksesan. Nah,  bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh tentang perjuangan idol K-pop, maka bisa membaca buku K-Pop Idol (Unofficial Book).

Diskografi Grup Secret Number

Single Albums

Pengisi OST K-Drama

Partisipasi Konser

  • 2022 G-KPOP Concert (2022)
  • KCON 2022 Saudi Arabia (2022)

Itulah beberapa hal tentang Soodam Secret Number. Semoga saja semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu, Grameds.

Jika ingin mencari buku tentang Korea, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Sumber:

https://kpop.fandom.com/

https://channel-korea.com/

https://kprofiles.com/

https://id.wikipedia.org/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.