in

Profil Eric The Boyz dan Perjalanan Karir

Eric The Boyz – Sosok idol K-Pop selalu saja bisa mencuri perhatian publik, karena penampilannya yang menarik, juga performa mereka ketika di panggung yang selalu maksimal. Salah satu idol K-Pop yang sedang digandrungi banyak orang adalah Eric Sohn. Eric merupakan salah satu anggota grup vokal The Boyz yang berada di bawah asuhan Creative Kernel Entertainment.

Eric resmi debut bersama The Boyz pada tahun 2017, dan hingga sampai saat ini berhasil menjadi idola baru yang dicintai Deobi, nama penggemar grup The Boyz. Di The Boyz, Eric menempati posisi sebagai lead dancer, rapper, dan maknae. Sosok yang tampan ini dinilai menarik, karena ia merupakan sosok berkewarganegaraan ganda, Korea dan Amerika.

Supaya Grameds lebih mengenal sosok Eric lebih dekat, di bawah ini akan diuraikan profil dan juga perjalanan karir Eric bersama The Boyz. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Profil Eric The Boyz

Allkpop.com

Eric lahir dengan nama Son Young Jae pada 22 Desember 2000. Eric Sohn, yang dikenal sebagai nama panggungnya merupakan namanya dalam Bahasa Inggris. Pria berzodiak Capricorn ini berkewarganegaraan Korea dan Amerika. Eric lahir di Korea Selatan dan secara etnis merupakan orang Korea, tetapi ia dibesarkan di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Oleh karena itu, Eric termasuk sebagai English speaker, bersama dengan Jacob dan Kevin. Namun, diketahui bahwa Eric lebih sering menggunakan bahasa ibunya, bahasa Korea. Eric memiliki seorang kakak perempuan yang hanya berbeda satu tahun dengannya. Maka itu, ia diketahui cukup dekat dengan kakaknya.

Eric sangat suka olahraga, karena sedari kecil ia sudah suka bermain basket. Selain basket, ia juga suka bermain bisbol, skateboard, dan memecahkan kubus rubik. Berkat menekuni hobinya itu, Eric pernah menjadi juara 2 dalam kejuaraan bisbol di California ketika SMP, juga menjadi juara 4 dalam kompetisi Rubix’s Cube ketika SD.

Eric dikenal sebagai pemain bisbol saat ia masih duduk di sekolah menengah. Ia bahkan memiliki mimpi untuk bermain di liga utama baseball. Eric memang dikenal sebagai siswa yang energik dan sangat rajin. Tak hanya berprestasi dalam bidang olahraga, nilai akademisnya di sekolahnya juga sangat bagus. Selain menyukai berbagai olahraga, Eric suka menari, skating, bermain video game, dan juga menonton film. Genre film favoritnya adalah thriller.

MBTI dari Eric adalah ENFJ-A. Eric sangat suka warna monokrom, hitam dan putih. Makanan kesukaannya adalah ramen. Eric dikenal sangat cinta kebersihan, maka itu ia suka membersihkan asrama, dan sering mendapatkan jadwal untuk bersih-bersih. Idol yang masih sangat muda ini kerap kali disebut “Baby” oleh rekan dan penggemarnya, padahal ia lebih suka dipanggil “Oppa”.

Eric diketahui sangat mengidolakan Taemin SHINee, hingga ia sempat menjadikan foto Taemin sebagai wallpaper di ponselnya. Eric dikenal sebagai seorang yang mudah bergaul, hal ini dibuktikan dengan ia yang berhasil menjalin hubungan sangat dekat dengan Juyeon sejak mereka masih menjadi trainee. Hingga sekarang sudah menjadi idol pun, Eric memiliki banyak teman sesama idol, di antaranya Felix Stray Kids, Mark GOT7, Daehwi AB6IX, Hohyeon TRCNG, Jihyun TRCNG, dan Mingyu SEVENTEEN.

Nah, itu dia Grameds profil dari Eric The Boyz. Dilihat dari penjelasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa sosok Eric adalah sosok yang energik, ramah, dan rajin. Pantas saja, ia memiliki banyak penggemar. Selanjutnya, akan dibahas tentang perjalanan sang idol yang masih terbilang sangat muda ini. Simak penjelasannya di bawah ini.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Perjalanan Karir Eric The Boyz

Eric The Boyz yang menghabiskan masa remajanya di Los Angeles, California, pada awalnya tumbuh sebagai remaja Amerika biasa. Ketika ia duduk di bangku sekolah menengah atas yang berlokasi di LA, ia sempat tergabung dalam tim baseball sekolahnya, sehingga ia tercatat sebagai atlet. Ia pun memiliki mimpi untuk bisa bermain di liga utama baseball.

Namun, keinginannya ini berubah ketika sang kakak menunjukkan video musik grup vokal pria asal Korea Selatan, EXO yang berjudul “Growl.” Setelah melihat penampilan itu, Eric mulai memiliki keinginan untuk menjadi idol, agar dapat tampil di panggung sebesar itu. Ia benar-benar tak bisa menyingkirkan pikiran untuk menjadi seorang idol, sekalipun ia sedang bermain baseball.

Eric yang tidak mempunyai kemampuan menari dan menyanyi pun kemudian memutuskan untuk mengikuti kursus menari bersama kakak perempuannya. Ia pun mengatakan kepada ibunya bahwa ia akan menjadi idol K-Pop. Sebelum Eric mengikuti audisi global, ia berencana untuk mengikuti kursus menari selama enam bulan.

Namun, baru tiga kali ia mengikuti kursus menari, ia malah diminta untuk mengikuti audisi global suatu agensi K-Pop secara tiba-tiba. Eric yang merasa dirinya belum siap itu pada awalnya menolak, tetapi pada akhirnya mencoba, karena didukung oleh ibunya. Tanpa diduga, walaupun ia tak bisa menyanyi dan menari dengan baik, Eric diminta untuk mengikuti audisi putaran berikutnya dan berhasil lolos.

Setelah itu, demi mengejar mimpinya, Eric pun kembali ke Korea Selatan pada tahun 2015 untuk menjadi trainee di Creative Kernel Entertainment. Eric resmi menjadi trainee pada bulan Oktober 2015. Pada 4 Juli 2017, agensi Creative Kernel Entertainment pertama kali memperkenalkan seluruh member grup The Boyz melalui media sosial.

Berawal dengan beranggotakan 12 orang, pada 23 Agustus sampai 11 Oktober 2017, The Boyz memproduksi reality show pertama mereka yang berjudul “Flower Snack” dan merilis lagu “I’m Your Boy”. Kemudian, pada Oktober 2017, The Boyz langsung membuat acara fan meeting pertama mereka yang berjudul “Heart to Heart” untuk 1.000 penggemar.

Pada 4 Desember 2017, Creative Kernel Entertainment mengonfirmasi bahwa The Boyz sudah menandatangani kontrak dengan Sony Music untuk melakukan promosi di Jepang. Sejak resmi debut pada tahun 2017, Eric bersama The Boyz sudah menghasilkan beberapa karya diskografi. Berikut ini rangkumannya.

Album studio

  • Reveal – 10 Februari 2020 di Korea
  • Breaking Dawn – 17 Maret 2021 di Jepang

Album mini

  • The First – 6 Desember 2017 di Korea
  • The Start – 3 April 2018 di Korea
  • The Only – 29 November 2018 di Korea
  • Dreamlike – 19 Agustus 2019 di Korea
  • Tattoo – 6 November 2019 di Jepang
  • Chase – 21 September 2020 di Korea

Video musik

  • “I’m Your Boy”, “Boy”, “Boy” (Performance ver.) – 2017
  • “Walkin’ In Time”, “Giddy Up”, “Keeper”, “Right Here”, “Right Here” (Performance ver.), “No Air” – 2018
  • “Bloom Bloom”, “D.D.D”, “Tattoo”, “White”- 2019
  • “Reveal”, “The Stealer”, “Christmassy!”, “Breaking Dawn” – 2020
  • “Breaking Dawn” – 2021

Tak hanya diskografi musik, terdapat juga karya filmografi yang sudah dirilis The Boyz. Eric sendiri mengawali debut aktingnya dalam drama One The Woman pada 2021, sebagai pemeran pendukung. Dalam drama populer yang juga dibintangi Lee Ha Nee dan Lee Sang Yoon tersebut, Eric berperan sebagai Han Seung Wook muda. Sedangkan, Han Seung Wook dewasa diperankan oleh Lee Sang Yoon.

One The Woman sendiri mengisahkan tentang seorang jaksa perempuan yang mengalami kecelakaan. Ketika siuman, ia mendapatkan kenyataan bahwa ingatannya sudah hilang, dan sebuah keluarga konglomerat mengakuinya sebagai menantu.

Reality show

Adapun reality show yang diproduksi dan menampilkan Eric bersama The Boyz, yaitu:

  • Flower Snack di MBC Music, MBC every1, 1theK (2017)
  • Come On! The Boyz di 1theK (2018–2019)
  • THE 100 di Naver V Live  (2018)
  • Our Happy Home di MBN dan Naver V Live (2018)
  • Switch di SBS Mobidic (2018)
  • Thumping Travel di Naver TV (2018)
  • Otoseyo di Tokyo MX (2018–sekarang)
  • Are You Hungry? di Olive (2020)
  • Road to Kingdom di Mnet (2020)
  • Kingdom di Mnet (2021)

Penghargaan

Adapun daftar penghargaan yang pernah dimenangkan Eric selama tergabung dalam boy group The Boyz, yaitu

  • Male Rookie of the Year Award dalam Asia Artist Awards 2018
  • Male Rookie Idol of the Year dalam Korea Brand Awards 2018
  • Rookie of the Year dalam Korea Popular Music Awards 2018
  • Best New Male Artist Award dalam Melon Music Awards 2018
  • 1theK Performance Award dalam Melon Music Awards 2019
  • World Rookie Award dalam Gaon Chart Music Awards 2019
  • K-pop Singer Award dalam Korea Culture and Entertainment Awards 2019
  • Rising Star Award dalam MTV Video Music Awards Japan 2019
  • APAN Top 10 Bonsang dalam APAN Music Awards 2020
  • AAA Best Choice (Singer) dalam Asia Artist Awards 2020
  • Best 3 New Artist (Asia) dalam Japan Gold Disc Award 2020
  • 1theK Original Content dalam Melon Music Awards 2020
  • New Hallyu Male Performance Award dalam Soribada Best K-Music Awards 2020
  • Global Hottest dalam The Fact Music Awards 2020
  • Next Generation Award dalam Golden Disc Awards 2021
  • Best Performance Award dalam Seoul Music Awards 2021

Pada Jumat, 4 Maret 2022, IST Entertainment mengumumkan bahwa Eric The Boyz akan hiatus untuk sementara waktu, karena masalah kesehatan. Kabar resmi ini disampaikan agensi melalui fan cafe resmi The Boyz. Dalam pernyataan resmi tersebut, disampaikan bahwa baru-baru ini Eric mengalami masalah kesehatan dan sedang menjalani masa pemulihan, supaya keadaannya bisa kembali stabil dan mendapatkan diagnosis yang lebih tepat.

Setelah berdiskusi dengan Eric dan member The Boyz yang lain, Eric memutuskan untuk fokus kepada pemulihannya. Oleh karena itu, Eric akan beristirahat sebentar dari aktivitasnya bersama grup. Sementara itu, The Boyz akan terus melanjutkan aktivitas mereka dengan 10 member.

IST dan The Boyz juga menyampaikan permintaan maaf kepada penggemar atas kabar yang kurang baik ini. Mereka menyampaikan, oleh karena keputusan ini dibuat demi kesehatan artis, kami meminta pengertian dari Deobi. Pada 16 September 2022, IST Entertainment merilis pernyataan lanjutan di fan cafe resmi grup untuk memberikan kabar tentang kesehatan para anggota The Boyz.

Agensi pun mengumumkan bahwa Eric dan Sunwoo akan segera bergabung kembali dengan The Boyz di aktivitas selanjutnya. Jadwal The Boyz selanjutnya ada pada akhir September, yakni untuk tampil di acara KCON pertama di Arab Saudi.

Nah, itu dia Grameds profil dan perjalanan karir Eric The Boyz. Sekarang Grameds sudah lebih mengenal sosok idol tampan yang satu ini kan. Bagi Grameds yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang K-Pop, kalian bisa belajar dengan membaca berbagai buku yang tersedia di Gramedia.com. Selamat membaca!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://kprofiles.com/eric-boyz-profile/
  • https://www.idntimes.com/korea/kpop/pak/biodata-dan-profil-eric-the-boyz-c1c2?page=all
  • https://www.orami.co.id/magazine/profil-eric-the-boyz
  • https://www.soompi.com/article/1545395wpp/the-boyz-share-updates-on-eric-and-sunwoos-health-announce-their-imminent-returns

Rekomendasi Buku Terkait

K-Pop Dictionary Gaul

 

Selama beberapa tahun terakhir, budaya populer Korea, seperti K-Pop, drama televisi, film, game online, mode, dan bintang Korea, telah meningkat popularitasnya dan telah dianut secara luas di antara orang-orang di negara-negara tetangga di Asia. Indonesia pun telah kebagian dari virus budaya pop ini.

Sebagai seorang penggemar sejati K-Pop, kamu harus tahu bahasa gaul K-Pop! Saat menonton video idola membaca berita atau mengobrol dengan teman-teman yang menyukai K-Pop, Anda pasti menemukan beberapa istilah slang K-Pop ini. Tidak hanya penggemar K-Pop, tetapi penggemar drama Korea juga akrab dengan beberapa istilah slang ini, karena pengaruh dunia hiburan Korea menyebar ke seluruh dunia.

Imbasnya, orang-orang pun turut mempelajari bahasa Korea baik secara formal maupun informal. Tidak ingin ketinggalan, orang-orang pun berbondong-bondong mempelajari kamus gaul K-Pop. Temukan jawabannya di dalam buku K-Pop Dictionary Gaul!

Buku ini adalah buku terjemahan yang sudah best seller di Korea, Portugis, dan Spanyol. Ditulis oleh Woosung Kang, warga Korea Selatan yang konsen dalam bidang branding negara dan promosi kebudayaan Korea. Jadi jelas dong kalau buku ini disusun berdasarkan budaya yang memang sedang berkembang di Negeri Ginseng.

K-Pop Dictionary Gaul 2

 

Kpopers baru sering nggak tahu istilah K-pop yang diomongin teman satu fandom.

Bingung dengan istilah dalam drakor yang nggak bisa dipahami hanya dengan subtitle? Sering gagal paham kalau baca artikel tentang bias karena ada kata yang nggak ada di kamus? Telat ketawa karena nggak tahu apa yang diomongin bias?

Nah, buku K-Pop Dictionary Gaul 2 bisa jadi solusi semua masalah di atas. Sebuah referensi menarik untuk memahami kata slang dan istilah lain yang sering banget dipakai di kalangan K-popers, baik di Korea, Indonesia, maupun negara yang terkena demam K-pop lainnya.

Buku ini berisi 500 kosakata penting yang umumnya tidak ada di kamus Bahasa Korea biasa, tapi wajib banget kalian pahami biar ngerti apa yang diomongin sama idola kamu. Ada hangeul-nya juga, jadi kamu bisa sambil belajar aksara Korea. Contoh percakapannya dijamin bikin kamu nggak bosan buat baca sampai akhir. Selain ilmu, kalian juga bisa dapat hadiah lucu di bukunya.

Why? K-POP

 

K-POP atau Korean POP adalah genre musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Lagu-lagu K-pop banyak dipengaruhi oleh berbagai genre musik, seperti hip-hop, electronic dance, jazz, dan rock. K-pop biasanya dibawakan oleh grup kpop yang terdiri dari empat hingga 21 anggota.

Anggota grup Kpop disebut dengan istilah idol atau kpop idol. Calon Kpop idol harus menjalani pelatihan intensif bersama, belajar koreografi tari dan keterampilan lainnya sampai mereka siap tampil live untuk pertama kalinya.

Kamu bisa langsung cari tahu lewat buku “Why? K-POP” Buku ini merupakan komik pendidikan best seller Why? hadir untuk menjelaskan seluk beluk tentang K-Pop dari A-Z dengan cara yang sangat menarik.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy