in

Profil Ju Haknyeon The Boyz, Idol Pemilik Peternakan Babi Terbesar

https://kpop.fandom.com/
Ju Haknyeon
https://kpop.fandom.com/

Ju Haknyeon – Nama Ju Haknyeon sepertinya tidak akan terdengar asing bagi para penggemar K-Pop sekaligus penikmat survival show Produce 101 Season 2 besutan Mnet pada tahun 2017. Saat berpartisipasi pada survival show tersebut, Haknyeon telah menarik perhatian publik walaupun hanya muncul beberapa detik saja saat lagu tema “Pick Me (Nayana)”.

Namun, jangan salah, walaupun kemunculannya hanya beberapa detik saja tetapi memberikan dampak besar bagi Ju Haknyeon sendiri.

Yap, pada babak kedua dirinya berhasil terpilih menjadi bagian dari Avenger Team yang diciptakan oleh Daehwi, selaku center dari survival show tersebut. Setelah penampilannya bersama Avenger Team untuk lagu “Boy In Luv”, ranking Ju Haknyeon semakin naik hingga akhirnya dapat bertahan sampai babak final.

Sayangnya, Haknyeon tidak berhasil mencapai peringkat 11 besar sehingga tidak dapat debut bersama dengan Wanna One. Meskipun demikian, setahun kemudian dirinya pun debut bersama grup agensinya yakni The Boyz.

Lantas, bagaimana sih profil dan fakta-fakta dari seorang Ju Haknyeon yang dikabarkan memiliki peternakan babi terbesar di Pulau Jeju? Bagaimana pula perjalanan karirnya hingga akhirnya dapat debut sebagai aktor pendatang baru untuk film berjudul Seoul Ghost Story? Yuk, ikuti semuanya dalam ulasan berikut ini!

Biodata dan Profil Ju Haknyeon

  • Nama Asli: Ju Hak Nyeon
  • Nama China: Zhou He Nian
  • Nama Inggris: Brian Ju
  • Nama Panggung: Haknyeon
  • Tanggal Lahir: 9 Maret 1999
  • Zodiak: Pisces
  • Zodiak China: Kelinci (Rabbit)
  • Tinggi Badan: 175 cm (5’7”)
  • Golongan Darah: B
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Hanlim Art High School
  • MBTI: ENTJ-T
  • Posisi Di Grup: Lead Dancer, Sub Vocalist, Sub Rapper

Meniti Perjalanan Karir Ju Haknyeon

Perjalanan karir Ju Haknyeon di industri K-Pop ini diawali ketika dirinya selesai mengikuti ujian masuk di Anyang Arts High School. Saat itu, tiba-tiba saja dirinya ditawari casting oleh staf Cre.Ker Entertainment (saat ini telah menjadi IST Entertainment) untuk menjadi trainee.

Ju Haknyeon yang memang telah menaruh minat besar pada bidang musik, tentu saja menyetujui tawaran tersebut dan menjadi trainee selama 2 tahun.

2017: Berpartisipasi Pada Survival Show ‘Produce 101 Season 2’

Ju Haknyeon
https://produce-101.fandom.com/

Pada April 2017, Haknyeon berpartisipasi pada sebuah survival show besutan Mnet berjudul Produce 101 Season 2. Survival show ini merupakan “lanjutan” dari season sebelumnya yang berhasil membentuk sebuah girl group I.O.I.

Di episode awal, Haknyeon harus berada di kelas F karena penampilannya saat audisi tidak memenuhi persyaratan juri. Alhasil, dirinya pun tidak dapat tampil di panggung saat menampilkan lagu tema “Pick Me (Nayana)”. Namun walaupun demikian, Haknyeon tetap tersorot kamera dalam beberapa detik dan membuatnya dikenal oleh publik.

Lalu pada babak kedua yakni ‘Group Performances’, mengharuskan para peserta untuk membentuk 16 tim dan menampilkan 8 lagu. Artinya, setiap lagu akan ditampilkan oleh 2 tim yang melawan satu sama lain. Nah, tim Haknyeon sendiri bernama Avengers Team dengan membawakan lagu “Boy In Luv”.

Tim Haknyeon ini dapat dikatakan sebagai tim terkuat karena terdiri atas beberapa peserta yang telah menarik perhatian publik saat penampilan “Pick Me (Nayana)” yakni ada Lee Daehwi, Kim Samuel, Lee Jihoon, Park Jihoon, Ha  Sungwoon, Bae Jinyoung, dan Lee Euiwoong. Grup ini tentu saja menang melawan tim milik Baekho dan Guanlin dengan membawakan lagu yang sama.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Sejak episode 1 pun, ranking Ju Haknyeon naik turun tetapi tidak begitu drastis. Pada babak ketiga yakni ‘Position Evaluation’, Haknyeon memilih posisi dancer dengan lagu “Right Round”. Sayangnya, tim Haknyeon tidak memenangkan poin tertinggi dalam kategori dance.

Setelah itu babak keempat yakni ‘Concept Evaluation’ yang mana beberapa produser musik ternama turut andil dalam babak ini. Total ada 5 lagu untuk 5 tim yang akan ditampilkan dalam babak ini. Namun berhubung pada episode 9 adalah eliminasi terakhir, maka para anggota dari 5 tim tersebut tentunya ada yang berkurang.

Ju Haknyeon sendiri bergabung dalam tim Knock of Produce untuk menampilkan lagu “Open Up” bersama dengan Kang Daniel, Kang Dongho, Kim Yongguk, Yoo Seonho, Takada Kenta, dan Lim Youngmin. Tim ini berhasil menerima ‘encore’ dari para penonton dan memenangkan peringkat pertama sekaligus 100.000 poin. Selain itu, tim ini pula tampil dalam M! Countdown sebagai bentuk keuntungan karena berhasil memenangkan peringkat pertama.

Setelah eliminasi terakhir tersebut, total peserta yang tersisa dalam Produce 101 Season 2 ini adalah 20 peserta. BoA selaku perwakilan producer nasional (guk-nim producer) mengumumkan bahwa akan ada 2 lagu final yakni “Hands On Me” dan “Super Hot”. Sesudah ke-20 peserta membentuk tim, Haknyeon masuk dalam tim lagu  “Hands On Me” yang diciptakan The Underdogs and Deez.

Tim “Hands On Me” ini terdiri atas Kim Jaehwan, Kang Daniel, Ong Seongwoo, Bae Jin Young, Hwang Minhyun, Jung Sewoon, Ju Haknyeon, Yoon Jisung, Park Woojin, dan Park Jihoon, dengan Bae Jin Young sebagai center. Nah, setelah 2 lagu final ini ditampilkan, barulah pengumuman ranking final menuju grup Wanna One.

Sayangnya, Haknyeon tidak masuk dalam line-up ranking 11 besar. Dirinya berada pada peringkat ke-19 sehingga tidak dapat debut bersama Wanna One. Meskipun demikian, nama Haknyeon telah dikenal oleh publik sebagai “Jeju Boy” karena dirinya memang berasal dari Pulau Jeju.

FYI aja nih, pada episode 11 dari Produce 101 Season 2 ini akan ditampilkan klip tentang kedatangan keluarga dari beberapa peserta. Hal ini tentu saja menjadi kejutan tersendiri bagi para peserta karena telah lama tidak bertemu dengan anggota keluarga mereka. Haknyeon menjadi salah satu peserta yang didatangi oleh keluarganya, yakni oleh ibunya.

Saat itulah Haknyeon menangis karena begitu merindukan ibunya dan dirinya pun juga harus menjadi kepala keluarga karena sang ayah telah meninggal dunia pada 2016 silam.

2017: Debut Bersama The Boyz

Ju Haknyeon
https://kpop.fandom.com/

Beberapa bulan setelah penampilannya di survival show Produce 101 Season 2, Ju Haknyeon pun diberitakan akan debut bersama grup dari agensinya. Hal ini bahkan menjadi tajuk berita di beberapa media, salah satunya Soompi.

Dilansir dari soompi.com, pihak Cre.Ker Entertainment selaku agensi yang menaungi Haknyeon mengumumkan bahwa Haknyeon akan turut serta menjadi member boygroup yang rencananya akan debut di akhir 2017.

Pada kala itu, grup tersebut sementara disebut sebagai “Cre.Kerz”. Akhirnya barulah diketahui bahwa grup Ju Haknyeon tersebut bernama The Boyz dengan total 12 anggota.

Akhirnya pada 6 Desember pun menjadi waktu dimana The Boyz resmi debut dengan mini-album bertajuk The First dan lagu utamanya adalah “Boy”. Setelah mempromosikan grup dengan 3 kali comeback, The Boyz pun berhasil memenangkan penghargaan kategori ‘Rookie Award’ pada Soribada Best K-Music Awards dan ‘Best New Male Artist Award’ pada 2018 Melon Music Awards.

2022: Debut Sebagai Aktor Layar Lebar

Ju Haknyeon
https://www.soompi.com/

Pada April 2022, tibalah waktu dimana Ju Haknyeon mengikuti jejak rekannya Younghoon yang telah debut sebagai aktor terlebih dahulu dalam serial drama Love Revolution pada 2020 silam.

Dilansir dari soompi.com, Haknyeon pun akhirnya memulai debutnya sebagai aktor lewat layar lebar berjudul Goedam 2 alias Seoul Ghost Story bersama dengan beberapa idol K-Pop lainnya.

Film horror ini berkonsep omnibus-style alias kumpulan film-film pendek yang digabungkan menjadi satu, dengan judul resmi Seoul Ghost Story. Banyak pula orang yang mengatakan bahwa judul film ini adalah Goedam 2. Film ini memiliki 10 episode yang masing-masing akan membahas kengerian dari tempat-tempat angker.

Uniknya, film ini penuh dengan idol K-Pop beserta artis dan aktor rookie. Mulai dari Kim Do Yoon yang telah berperan di film Peninsula, Lee Young Jin dari film Memento Mori, Oh Ryong dari serial drama Pretty Noona Who Buys Me Food, Lee Soo Min dari film The Dude In Me, Lee Yul Eum dari serial drama Nevertheless, dan Jung Won Chang dari serial drama The Uncanny Counter.

Sementara itu, beberapa idol K-Pop yang turut andil dalam proyek film horror ini adalah Shownu MONSTA X, Arin OH MY GIRL, Minhyuk BTOB, Jaehyun GOLDEN CHILD, Jisoo LOVELYZ, SeolA dan Exy WJSN, Hoya ex INFINITE, soloist AleXa, dan tentunya Ju Haknyeon THE BOYZ.

Berhubung film ini berkonsep omnibus-style dengan beberapa kumpulan film pendek, maka tentu saja akan ada sekitar 10 film pendek dengan berbeda-beda judul. Mulai dari The Girl in the Mirror,” “Ghost Marriage,” “A Mannequin,” “The Wall,” “Escape Games,” “Necromancy,” “Tunnel,” “The Women in Red,” “Tooth Worms,” dan “The Closet.”

Menurut yoursay.suara.com, atas penampilan debutnya sebagai aktor di film horor tersebut, Haknyeon pun berhasil mendapatkan penghargaan kategori ‘AAA Focus (Actor)’ pada Asia Artist Awards 2022. Hal ini tentu saja membuat Haknyeon kaget saat namanya disebut sebagai penerima penghargaan.

2023: Rehat Sejenak Karena Masalah Kesehatan

Ju Haknyeon
https://theboyz.jp/

Dilansir dari soompi.com, Haknyeon diberitakan akan absen sementara dari aktivitas promosi grup THE BOYZ karena alasan kesehatan. Pada 18 Januari, IST Entertainment (dulunya Cre.Ker Ent) mengumumkan bahwa Haknyeon akan menunda keberangkatannya ke Jepang dalam acara fan concert karena kesehatannya yang buruk.

Pihak agensi juga menambahkan bahwa bahwa sebagai tindakan pencegahan, Ju Haknyeon akan beristirahat dan mengunjungi rumah sakit sebelum bergabung kembali dengan grup.

Menyusul akan hal tersebut, pada 20 Januari pun IST Entertainment turut merilis pernyataan melalui fancafe grup bahwa Ju Haknyeon tidak akan hadir dalam acara fan concert yang diadakan di Jepang karena masalah kesehatan yakni flu.

30 Fakta Menarik Seputar Ju Haknyeon

Ju Haknyeon
https://kpop.fandom.com/
  1. Haknyeon lahir dan dibesarkan di Pulau Jeju.
  2. Keluarganya terdiri atas ibu, seorang kakak perempuan bernama Jun Ukhyung, dan seorang adik perempuan bernama Ju Suyeon.
  3. Ibu Haknyeon berkebangsaan Korea Selatan dan ayahnya berkebangsaan Hongkong. Saat masih kecil pun, Haknyeon sempat tinggal di Hongkong selama setahun.
  4. Pada tahun 2016 lalu, ayah Haknyeon meninggal dunia karena penyakit kronis.
  5. Haknyeon beragama Katolik dan nama baptisnya adalah Simon.
  6. Sebelum debut, Haknyeon berpartisipasi dalam survival show Produce 101 Season 2 dan berhasil bertahan hingga babak final dengan peringkat akhir ke-19. Itulah mengapa, dirinya lebih dikenal sebagai peserta Produce 101 Season 2.
  7. Haknyeon bersama Hyunjae sempat ke Bogor untuk acara Battle Trip (episode 141 & 142) dan menikmati sate kambing serta makanan Sunda lainnya.
  8. Haknyeon memiliki ekspresi yang jelas menunjukkan emosinya, sehingga dirinya sulit untuk berbohong.
  9. Ibu Haknyeon memiliki peternakan babi terbesar di kota Seogwipo, Pulau Jeju, dan memelihara sekitar 3.000 babi serta ayam.
  10. Haknyeon pun turut memelihara seekor babi yang diberi nama ‘Ggul’. Itulah mengapa maskot yang mempresentasikan dirinya adalah seekor babi.
  11. Dapat berbicara bahasa Kanton karena latar belakang keluarganya berasal dari Hongkong.
  12. Haknyeon di-casting oleh staf agensi setelah dirinya mengikuti tes praktik di Sekolah Menengah Seni Anyang jurusan teater dan film.
  13. Haknyeon dan sesama kontestan Produce 101 Season 2 Park Jihoon, Lai Guanlin, Yoo Seonho, dan Bae Jinyoung, sering mendapatkan julukan sebagai ‘B1F4’.
  14. Haknyeon telah lulus dari Hanlim Arts High School. Dirinya pun juga sekelas dengan Bong Jaehyun Golden Child, Hyunjun IZ, Kwon Eunbin CLC, Xiao UP10TION, dan berteman akrab dengan Chuu LOONA walaupun beda kelas.
  15. Haknyeon tidak pernah memiliki tindik karena ibunya melarangnya.
  16. Bakat khususnya adalah b-boying yang dipelajarinya secara otodidak.
  17. Hobi: bermain ski dan bermain badminton.
  18. Benda yang paling disayanginya adalah kamera peninggalan mendiang ayahnya.
  19. Haknyeon hampir menggunakan nama panggung ‘Brian Ju’.
  20. Mimpi terbesar Haknyeon adalah pergi ke Eropa di usia 50 tahun.
  21. Ibu Haknyeon pernah memberikan sebuah penghargaan kecil-kecilan berupa “Feeding Award” karena dirinya selalu membantu memberi makan babi di peternakan.
  22. Haknyeon berteman akrab dengan Longguo JBJ alias Kim Yongguk karena keduanya sama-sama trainee di Cre.Ker Entertainment sekaligus peserta Produce 101 Season 2.
  23. Saat menjadi trainee, Haknyeon pernah membolos kelas dan pergi ke Lotte World bersama Jaehyun GOLDEN CHILD.
  24. Haknyeon sangat takut dengan ular.
  25. Merupakan penggemar dari Yoona SNSD.
  26. Di grup The Boyz, Haknyeon dikenal sebagai member terkuat sekaligus member paling memahami fashion.
  27. Haknyeon mengaku bahwa dirinya tidak suka mengenakan banyak pakaian yang berlapis-lapis karena mudah merasa kepanasan.
  28. Namanya semakin dikenal publik setelah foto masa kecilnya yang mirip dengan Jin BTS terungkap.
  29. Variety show yang paling ingin didatangi Haknyeon adalah Law Of The Jungle.
  30. Haknyeon sangat pandai dalam menunggang kuda. Hal ini dibuktikan dalam acara Idol Star Athletics Championship untuk kategori ‘horse riding’.

Demikian pembahasan tentang Ju Haknyeon, semoga semua pembahasan di atas dapat menginspirasi kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Bagi Grameds yang ingin mendapatkan berbagai macam buku seputar K-pop, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com atau bisa melihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini. 

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. Let’s FLY HIGH: Know X1 Better Like A Flash

Ju Haknyeon

X1 adalah boyband asal Korea Selatan yang pertama kali dibentuk dari ajang pencarian bakat Produce X 101. Boyband X1 dinaungi oleh agensi CJ E&M dan Swing Entertainment. Sejak debut, X1 telah merilis mini album pertamanya, yaitu Emergency; Quantum Leap yang telah terjual lebih dari 500.000 copy. Antusias yang luar biasa!

“FLY HIGH, X1!”

Ke-11 cowok dari tiap-tiap agensi yang berbeda, Kim Yo Han, Kim Woo Seok, Han Seung Woo, Song Hyeong Jun, Cho Seung Youn, Son Dong Pyo, Lee Han Gyul, Nam Do Hyun, Cha Jun Ho, Kang Min Hee, dan Lee Eun Sang bersatu untuk mencapai mimpi yang sama. Tergabung dalam boy group X1 yang baru saja debut pada 27 Agustus 2019, mereka siap untuk FLY HIGH di dunia musik. Buat kamu yang One It? Atau kepo dengan cowok cowok yang cute sekaligus sexy in? Yuk kenalan dengan mereka di Let’s FLY HIGH! Know X1 Better Like a FLASH!

2. Wanna One: Forever In Our Heart

Wanna One didirikan oleh kontes survival Produce 101 Season 2, yang ditayangkan di Mnet dari 7 April hingga 16 Juni 2017. Ke-11 peserta pelatihan yang dipilih oleh suara penonton dari 101 anggota peserta pelatihan yang mewakili agensi mereka diumumkan secara langsung.

Sebelum tampil di acara itu, beberapa anggota aktif di industri hiburan. Sebagai aktor cilik, Park Ji Hoon tampil dalam serial drama seperti Kimchi Cheese Smile dan The King and I. Dia juga muncul di beberapa variety show dengan Big Bang dan SS501. Hwang Minhyun debut sebagai anggota grup NU’EST pada tahun 2012. Kim Jae-hwan melakukan debut di musim kedua Korea’s  Got Talent, tetapi tersingkir di semifinal. Ha Sung-woon melakukan debut di grup 2014 HOTSHOT.

3. K-Pop Famous

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

4. WHY? K-POP

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai KPopers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik. Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang. Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini?

K-POP semakin mengguncang dunia! Tak dapat dipungkiri lagi, pesona K-Pop telah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Sebenarnya pesona apa yang membuat seluruh dunia bergelora karena K-Pop? Seperti apa awal mula K-Pop dan bagaimana perkembangannya hingga dapat merebut hati orang-orang di seluruh dunia? Di sinilah kalian akan menemukan jawabannya! Bersama Omji dan Komji yang gigih berjuang agar dapat menjadi idola K-Pop, kita akan dibawa untuk menelusuri K-Pop dari A sampai Z!

5. KPopers? So What?

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang K-Popers sudah mendunia. Banyak sekali orang di seluruh dunia ini yang menyukai K-Pop dan mengikuti tren Korean Wave, mulai dari musik, boy atau girl group, hingga cara berpakaian. Bahkan ada satu hobi yang terkenal di kalangan K-Popers, yaitu dance cover yang banyak digandrungi anak-anak muda. Namun, dibalik besarnya K-Popers ini, mereka selalu dicap sebagai orang-orang yang fanatik, dan tidak ada manfaatnya, tapi ternyata stereotip tersebut salah.

Semua stereotip tentang K-Popers dipatahkan dalam buku yang satu ini, dimana di dalamnya berisi kisah-kisah keseruan dari orang-orang yang tentunya adalah K-Popers, dan menjadi sukses karena hobinya itu. Menjadi seorang K-Popers tidak selalu berarti buruk, sejatinya, menjadi seorang K-Popers juga dapat membuka jalan kesuksesan.

Contohnya seperti para pecinta K-Pop yang mengikuti lomba-lomba dance cover dari artis idola mereka, dan mendapatkan penghargaan, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang penyuka K-Pop, dan semuanya dikemas dalam buku menginspirasi yang satu ini.

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Produce_101_(season_2)

https://en.wikipedia.org/wiki/The_Boyz_(South_Korean_band)

https://kprofiles.com/

https://kpopping.com/

https://en.kepoper.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.