Buku Belajar Bahasa Arab Mudah dan Cepat Best Seller

Jelajahi Buku Belajar Bahasa Arab Mudah dan Cepat Best Seller dari Gramedia yang disusun berdasarkan penjualan terbanyak

buku bahasa arab untuk semua

Buku Bahasa Arab untuk Semua

buku bahasa arab sistem 52m

Bahasa Arab Sistem 52M Vol. 2

buku jago kuasai bahasa arab

Buku Jago Kuasai Bahasa Arab

kamus bergambar bahasa arab sehari-hari

Kamus Bergambar Bahasa Arab Sehari-Hari Untuk Anak Muslim

kamus pepatah bahasa arab

Kamus Pepatah Bahasa Arab Mahfuzat

percakapan bahasa arab

Percapakan Bahasa Arab : Simple Fun And Easy

buku trik cepat kuasai bahasa arab

Trik Cepat Kuasai Bahasa Arab

mudah belajar bahasa arab pemula

Mudah Belajar Bahasa Arab untuk Pemula

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

gramedia best seller

Buku Belajar Bahasa Arab Mudah Untuk Pemula Best Seller

Jelajahi Buku Belajar Bahasa Arab Mudah Untuk Pemula Best Seller. Buku disusun berdasarkan penjualan terbanyak.

Selengkapnya

    Bahasa arab adalah bahasa yang digunakan di dalam kitab suci Al-Qur’an. Tidak sedikit umat muslim yang berusaha untuk menguasainya, meskipun bukan berasal dari Arab. Namun permasalahannya, belajar bahasa arab bukanlah perkara mudah dan seringkali berujung pada kegagalan. Coba ubah metode belajar Anda dan ikuti cara belajar bahasa arab bagi pemula dibawah.

    Bisa jadi hal yang membuat Anda merasa kesulitan belajar bahasa arab adalah metode kurang tepat. Anda tidak mengetahui dasar-dasar yang penting untuk dikuasai terlebih dahulu, baru kemudian ke bab selanjutnya.

    Metode belajar yang tepat akan membantu Anda menguasai dengan cepat dan mudah. Ini dia cara belajar bahasa arab bagi pemula yang efektif.

    Cara Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula Yang Mudah

    1. Berlatih Melafalkan Huruf-Huruf Arab

    Hal pertama yang sangat penting untuk Anda lakukan agar bisa segera menguasai bahasa arab adalah rutin latihan melafalkan huruf terlebih dahulu. Sehingga, Anda akan terbiasa dengan percakapan berbahasa arab dalam kehidupan sehari-hari.

    Nah, apakah sebelumnya Anda sudah mencoba belajar mengucapkan huruf-huruf bahasa arab atau langsung mempelajari teori yang susah? Mungkin inilah kesalahan fatal bagi banyak orang.

    Latihan secara rutin mulai sekarang, terlebih lagi belajar melafalkan sepuluh huruf berikut:

    Kho (Kha-Khi-Khu)
    Tsa’ (Tsa-Tsi-Tsu)
    Dzal (Dza-Dzi-Dzu)
    “Ain (‘A-’I-’U)
    Ha’ (Ha’-Hi’-Hu’)
    Shod (Sha-Shi-Shu)
    Ghain (Gha-Ghi-Ghu)
    Syin (Sya-Syi-Syu)
    Qoof (Qa-Qi-Qu)
    Dhood (Dha-Dhi-Dhu)

    Ke-sepuluh huruf tersebut harus benar-benar Anda kuasai karena bunyinya dalam alphabet bahasa Indonesia tida tersedia. Jangan khawatir merasa kesulitan, silahkan Anda mencari video tutorialnya di YouTube.

    Ada banyak sekali content creator yang berbagi ilmu mereka sehingga memudahkan Anda belajar bahasa arab secara gratis.

    2. Mulai Belajar Kosakata Yang Sering Dijumpai

    Setelah Anda berhasil melafalkan bunyi huruf-huruf bahasa Arab dengan lancar, langkah berikutnya adalah mempelajari kosa kata. Tidak mengapa Anda belajar dari kosakata paling mudah dan belajar seperti anak-anak, yang terpenting hasil belajar memuaskan.

    Mulailah dari kosa kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti kamar, bantal, sendok, pakaian, rumah, makan, duduk, tidur, minum, dan lain-lain.

    Tidak kalah penting, cara belajar bahasa arab bagi pemula adalah memiliki kamus. Kamus adalah referensi yang bagus untuk Anda menemukan berbagai macam kosa kata. Salah satu rekomendasi terbaik adalah Kamus Bahasa Arab Sehari-Hari.

    Di kamus tersebut sudah tersusun secara rapi dan lengkap kosa kata yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Harga Kamus Bahasa Arab Sehari-Hari tergolong murah, mengingat manfaatnya yang begitu besar.

    Karena menganggap sepele kosa kata di dalam kehidupan sehari-hari, banyak pemula yang langsung mempelajari kosa kata asing. Hasilnya tentu sudah bisa ditebak, mereka pasti kesulitan dan berakhir kegagalan karena merasa bosan.

    Supaya progres Anda belajar bahasa arab tersusun dengan baik dan rapi, coba buat target. Semisal 1 hari menghafal 3 kosa kata. Dengan begitu Anda memiliki panduan yang jelas dan lebih bersemangat. Daripada belajar random dan tidak terjadwal.

    Bagi pemula, sebaiknya tidak membuat target yang berlebihan. Meskipun di awal-awal kelihatan bersemangat, namun percayalah semakin banyak target maka semakin membosankan. Lebih baik membuat target realistis dan Anda bisa melakukannya dengan konsisten.

    Setelah berhasil menghafal banyak kosa kata bahasa arab, maka peluang menguasainya juga semakin besar.

    3. Mempelajari Kaidah-Kaidah Bahasa Arab

    Ketika mengulik bagaimana cara belajar bahasa arab bagi pemula, tentu tidak bisa lepas dari ilmu Nahwu dan Sorof. Ke-dua ilmu tersebut adalah bagian dari sekian banyak cabang ilmu berbahasa Arab yang berisi kaidah-kaidah (grammar) tertentu.

    Pertama Ilmu Nahwu, membantu Anda mengetahui posisi/peran sebuah kata di dalam susunan kalimat. Contoh bahasa Indonesia sebagai berikut:

    Saya membaca buku di sekolah tadi pagi

    Penjelasan mengenai posisi kata-kata di susunan kalimat tersebut:

    Saya : Subjek

    Membaca: Predikat

    Buku: Objek

    Di sekolah : Keterangan Tempat

    Tadi pagi : Keterangan Waktu

    Nah, ini dia contoh dalam bahasa Arabnya:

    Ana Aqrau Al-Kitabun Fi Majlis Min Hadzas Shobaah

    Ana : Saya adalah Subjek (dalam bahasa arab disebut sebagai Fa’il)

    Aqrau: Membaca adalah Prediket (dalam bahasa arab disebut sebagai Fi’il)

    Al-Kitabun: Buku adalah Objek (dalam bahasa arab disebut sebagai Maf’ul)

    Fi Majlis: Di sekolah adalah Keterangan Tempat (dalam bahasa arab disebut sebagai Zharaf Makan

    Hadzas Shobah : Tadi Pagi adalah Keterangan Waktu (dalam bahasa arab disebut sebagai Zharaf Zaman

    Apakah Anda merasa bingung?

    Sebagai seorang pemula wajar jika bingung, karena kosa kata bahasa arab yang Anda kuasai masih sangat terbatas. Maka dari itu, Anda harus mengikuti cara belajar bahasa arab bagi pemula ini secara berurutan.

    Tidak boleh melompat dar step I ke step III, karena tidak akan berhasil. Yang ada Anda hanya kebingungan dan berhenti di tengah jalan.

    Tahukah Anda, susunan kata di dalam bahasa Arab itu sangatlah unik dan tidak ditemukan di bahasa manapun. Yaitu setiap baris akhir sebuah kata tergantung dimana posisinya dalam kalimat. Inilah hikmah dari mengapa Allah SWT menurunkan Al-Qur’an dalam bahasa Arab.

    Kedua Ilmu Sharaf, mempelajari tentang tata cara mengubah bentuk sebuah kata di dalam bahasa arab. Contoh:

    Kitab dalam bahasa Arab adalah Kitabun (satu kitab), Kitab Tani (dua kitab), Kutubun (tiga kitab atau lebih).

    Nah, perubahan bentuk kata seperti contoh di atas akan Anda pelajari di dalam Ilmu Sharaf. Memang betul, apabila membayangkan terasa pusing. Namun ada dua tips supaya Anda lebih mudah mempelajari ilmu Nahwu dan Shorof, yaitu:

    Beli buku panduan Ilmu Nahwu dan Shorof dasar

    Langsung praktek setiap kali mempelajari kaidah baru. Yaitu menggunakannya dalam percakapan sehari-hari

    Itu tadi adalah beberapa cara belajar bahasa arab bagi pemula yang cepat dan efektif. Urutan diatas sudah benar, sehingga proses Anda belajar akan memberi hasil memuaskan.

    4. Temukan Pembimbing

    Meskipun Anda bisa belajar bahasa arab sendiri di rumah, namun tidak bisa dipungkiri apabila keberadaan seorang pembimbing sangatlah penting. Mentor atau pembimbing akan membantu mengoreksi setiap kesalahan, sekaligus memberikan panduan yang lebih bagus.

    Tenang, di internet saat ini sudah banyak kok yang menawarkan program belajar bahasa arab online gratis. Baik dalam group WhatsApp, Live di sosmed ataupun webinar.

    Jika Anda memang serius ingin menguasai bahasa arab, dianjurkan supaya tidak belajar sendiri. Temukan guru pembimbing dan belajarlah tatap muka. Dengan begitu, proses belajar bahasa arab lebih cepat.

    5. Install Aplikasi Belajar Bahasa Arab

    Manfaatkan ponsel Anda untuk membantu proses belajar menguasai bahasa arab. Install aplikasi kamus bahasa arab ataupun buku panduannya. Sehingga Anda bisa belajar kapanpun dan dimanapun.

    Demikianlah sedikit pembahasan tentang 5 cara belajar bahasa arab bagi pemula. Semoga tutorial diatas bisa menjadi panduan yang bermanfaat dan membantu Anda menguasai bahasa arab dengan cepat.